Teks -- Roma 15:19 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Rm 15:19
Jerusalem: Rm 15:19 - dari Yerusalem sampai ke Ilirikum Ini dua ujung karya kerasulan Paulus sampai saat ditulisnya Roma. Apakah Ilirikum termasuk atau tidak termasuk masih diperdebatkan.
Ini dua ujung karya kerasulan Paulus sampai saat ditulisnya Roma. Apakah Ilirikum termasuk atau tidak termasuk masih diperdebatkan.
Ende -> Rm 15:19
Ende: Rm 15:19 - Ilirikum Disebut "Iliria", kemudian sebagai propinsi Romawi bernama
"Dalmatia", sekarang masuk Jugoslawia.
Disebut "Iliria", kemudian sebagai propinsi Romawi bernama "Dalmatia", sekarang masuk Jugoslawia.
Ref. Silang FULL -> Rm 15:19
Ref. Silang FULL: Rm 15:19 - dan mujizat-mujizat // kuasa Roh // dari Yerusalem // Injil Kristus · dan mujizat-mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48; Kis 19:11
· kuasa Roh: Rom 15:13; Rom 15:13
· dari Yerusalem: Kis 22:17-21
· In...
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Rm 15:19 - -- 15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitak...
15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.901
Memang pelayanan pemberitaan Injil disertai dengan keajaiban-keajaiban, tetapi keajaiban itu tidak menjadi bukti bahwa Paulus mempunyai dasar untuk memegahkan dirinya. Adanya tanda-tanda dan mujizat-mujizat menyatakan bahwa segala yang dia hasilkan memang "dikerjakan Kristus", dan merupakan "kasih karunia".
...aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
Maksud dari kata memberitakan sepenuhnya Injil Kristus menjadi jelas dalam empat ayat yang berikut. Tidak ada ruangan lagi bagi dia dalam wilayah itu, karena panggilan dia adalah panggilan pada perintisan Injil Kristus. Paulus "menanam, Apolos menyiram..." (I Korintus 3:6). Dia tidak dipanggil untuk menyelesaikan penginjilan di suatu daerah, sehingga semua penghuni sudah mantap dalam Kristus, tetapi dia dipanggil untuk merintis di kota-kota besar yang kemudian harus menjadi basis penjangkauan wilayah itu. Menurut panggilan yang spesifik itu, dia sudah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus. Jemaat yang sudah dirintis harus diserahkan kepada penatua-penatua di setiap tempat (seperti dalam Titus 1:5). Jemaat-jemaat baru bertanggung jawab untuk menjangkau daerah di sekitar mereka (KPR 19:10; II Korintus 1:1; dan I Tesalonika 1:8) dan Paulus sendiri meneruskan perjalanannya ke wilayah yang belum dirintis orang. Dengan pengertian itu, dalam seluruh wilayah dari Yerusalem sampai ke perbatasan Ilirikum Injil Yesus Kristus sudah diberitakan sepenuhnya.
Hagelberg: Rm 15:14-21 - -- A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada me...
A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada mereka dan bermegah dalam pelayanan perintisan yang dianugerahkan kepadanya.
Setelah dia menulis uraian yang lengkap kepada mereka mengenai arti teologis dari Injil, Rasul Paulus kembali pada nada yang lebih sederhana dan akrab, di mana dia berbicara kepada mereka sebagai teman yang membuka hati. Bagi Dunn,887 suasana dan pokok pasal 1:8-15 diteruskan di sini, seolah-olah seluruh pasal 1:16 sampai 15:13 ditutup dalam kurung.
Dalam bagian ini arti dari Injil Kristus (yang diuraikan di atas) diceritakan. Dia dipanggil untuk merintis pemberitaan Injil kepada suku-suku bangsa yang dahulu dalam kegelapan.
Dia menegaskan hubungannya antara dia dan mereka. Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, dia menulis kepada mereka, bukan karena suatu kekurangan dalam keadaan mereka. Bagian ini menjadi jembatan sehubungan dengan rencana Paulus untuk mengunjungi mereka, suatu rencana yang diceritakan dalam pasal 15:22-33.
Hagelberg: Rm 15:19 - -- 15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitak...
15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.901
Memang pelayanan pemberitaan Injil disertai dengan keajaiban-keajaiban, tetapi keajaiban itu tidak menjadi bukti bahwa Paulus mempunyai dasar untuk memegahkan dirinya. Adanya tanda-tanda dan mujizat-mujizat menyatakan bahwa segala yang dia hasilkan memang "dikerjakan Kristus", dan merupakan "kasih karunia".
...aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
Maksud dari kata memberitakan sepenuhnya Injil Kristus menjadi jelas dalam empat ayat yang berikut. Tidak ada ruangan lagi bagi dia dalam wilayah itu, karena panggilan dia adalah panggilan pada perintisan Injil Kristus. Paulus "menanam, Apolos menyiram..." (I Korintus 3:6). Dia tidak dipanggil untuk menyelesaikan penginjilan di suatu daerah, sehingga semua penghuni sudah mantap dalam Kristus, tetapi dia dipanggil untuk merintis di kota-kota besar yang kemudian harus menjadi basis penjangkauan wilayah itu. Menurut panggilan yang spesifik itu, dia sudah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus. Jemaat yang sudah dirintis harus diserahkan kepada penatua-penatua di setiap tempat (seperti dalam Titus 1:5). Jemaat-jemaat baru bertanggung jawab untuk menjangkau daerah di sekitar mereka (KPR 19:10; II Korintus 1:1; dan I Tesalonika 1:8) dan Paulus sendiri meneruskan perjalanannya ke wilayah yang belum dirintis orang. Dengan pengertian itu, dalam seluruh wilayah dari Yerusalem sampai ke perbatasan Ilirikum Injil Yesus Kristus sudah diberitakan sepenuhnya.
Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...
III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.