Teks -- Roma 16:23-27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
BIS -> Rm 16:27
BIS: Rm 16:27 - -- Dalam beberapa naskah kuno ayat 25-27 ditempatkan di sini dan sesudah Rom 14:23; atau sesudah Rom 14:23 saja; dan satu naskah menempatkannya sesudah R...
Jerusalem: Rm 16:1-27 - -- Soal apakah bab ini termasuk tidaknya ke dalam surat asli sudah dibicarakan dalam pengantar.
Soal apakah bab ini termasuk tidaknya ke dalam surat asli sudah dibicarakan dalam pengantar.
Jerusalem: Rm 16:24 - -- Sejumlah naskah tidak memuat salam ini dan dalam naskah-naskah yang memuatnya ada kelainan-kelainan. Ada juga naskah-naskah yang menempatkannya sesuda...
Jerusalem: Rm 16:25-27 - -- Kebanyakan naskah dan terjemahan kuno menempatkan doksologi (pujian) ini pada akhir bab 16. Tetapi dalam naskah-naskah lain terdapat pada akhir bab 15...
Kebanyakan naskah dan terjemahan kuno menempatkan doksologi (pujian) ini pada akhir bab 16. Tetapi dalam naskah-naskah lain terdapat pada akhir bab 15 atau bab 14, sedangkan naskah-naskah lain lagi tidak memuatnya sama sekali. Mengenai rumus meriah ini, bdk Efe 3:20; Yud 24:25. Dalam doksologia ini pokok-pokok utama surat Roma ditampilkan sekali lagi.
Jerusalem: Rm 16:25 - menguatkan kamu Ialah menguatkan dalam ajaran dan kehidupan Kristen. Bdk Rom 1:11; 1Te 3:2,13; 2Te 2:17; 3:3; 1Ko 1:8; 2Ko 1:21; Kol 2:7
Ialah menguatkan dalam ajaran dan kehidupan Kristen. Bdk Rom 1:11; 1Te 3:2,13; 2Te 2:17; 3:3; 1Ko 1:8; 2Ko 1:21; Kol 2:7
Jerusalem: Rm 16:25 - pernyataan rahasia Gagasan mengenai suatu "rahasia" penuh hikmat, Rom 16:27; 1Ko 2:7; Efe 3:10; Kol 2:2-3, yang lama sekali tersembunyi dalam Allah tetapi sekarang dinya...
Gagasan mengenai suatu "rahasia" penuh hikmat, Rom 16:27; 1Ko 2:7; Efe 3:10; Kol 2:2-3, yang lama sekali tersembunyi dalam Allah tetapi sekarang dinyatakan, Rom 16:25; 1Ko 2:7,10; Efe 3:5,9 dst; Kol 1:26, oleh Paulus dipungut dari Apokaliptik Yahudi, Dan 2:18-19. Hanya Paulus memperdalam gagasan itu dengan mengetrapkannya pada rencana penyelamatan dalam tahap paling tinggi, yaitu: keselamatan yang dikerjakan melalui salib Kristus, 1Ko 2:8; panggilan kaum kafir kepada keselamatan itu, Rom 16:26; Rom 11:25; Kol 1:26-27; Efe 3:6, hal mana menjadi pokok khusus dalam Injil Paulus, Rom 16:26; Rom 11:25; Kol 1:28; 4:3; Efe 3:3-12; 6:19; akhirnya pemulihan dunia seluruhnya dalam Kristus sebagai Kepalanya yang tunggal Efe 1:9-10. Lihat juga 1Ko 4:1; 13:2; 14:2; 15:51; Efe 5:32; 2Te 2:7; 1Ti 3:9,16; 2Ti 1:9-10; Mat 13:11 dsj; Wah 1:20; 10:7; 17:5,7.
Bdk Rom 11:33-36; 1Ko 1:24; 2:7; Efe 3:10; Kol 2:3; Wah 7:12
Jerusalem: Rm 16:27 - Amin Perjanjian Baru mengambil alih pujian dan doksologi-doksologi yang dipakai Israel, bdk Kej 14:19; Maz 41:13; 72:18-19; 106:48 dll, tetapi Allah sering...
Perjanjian Baru mengambil alih pujian dan doksologi-doksologi yang dipakai Israel, bdk Kej 14:19; Maz 41:13; 72:18-19; 106:48 dll, tetapi Allah sering kali disebut Bapa dan Kristus disebut di sampingNya, Rom 9:5; 11:35-36; 1Ko 8:6; bdk Gal 1:5; Efe 3:21; Fili 4:20; 1Ti 1:17; 6:16; 2Ti 4:18; Ibr 13:21; 1Pe 3:18; Yud 25; Wah 1:6+. Doksologi-doksologi yang kemudian biasanya menyebut ketiga diri ilahi, bdk 2Ko 13:13+.
Ende -> Rm 16:21-23
Ende: Rm 16:21-23 - Timoteus sudah tjukup kita kenal.
Lusius disebut dalam Kis 13:2, Jason dalam Kis 17:5;
Sosipatros dalam Kis 20:4; Kajus dalam 1Ko 1:14; Erostos dalam
Kis 19:22...
Ref. Silang FULL: Rm 16:23 - dari Gayus // dari Erastus · dari Gayus: Kis 19:29; Kis 19:29
· dari Erastus: Kis 19:22; 2Tim 4:20
Ref. Silang FULL: Rm 16:25 - yang berkuasa // menurut Injil // pernyataan rahasia · yang berkuasa: 2Kor 9:8; Ef 3:20; Yud 1:24
· menurut Injil: Rom 2:16; 2Tim 2:8
· pernyataan rahasia: Yes 48:6; Ef 1:9; 3:3-6,9;...
· yang berkuasa: 2Kor 9:8; Ef 3:20; Yud 1:24
· menurut Injil: Rom 2:16; 2Tim 2:8
· pernyataan rahasia: Yes 48:6; Ef 1:9; 3:3-6,9; Kol 1:26,27; 2:2; 1Tim 3:16
Ref. Silang FULL: Rm 16:26 - para nabi // kepada ketaatan · para nabi: Rom 1:2
· kepada ketaatan: Rom 1:5
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Rm 16:23; Rm 16:21-24; Rm 16:23; Rm 15:14--16:27; Rm 16:24; Rm 16:24; Rm 16:25; Rm 16:25-27; Rm 16:25; Rm 16:26; Rm 16:26; Rm 16:27; Rm 16:27
Hagelberg: Rm 16:23 - -- 16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara ne...
16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri,1010 dan dari Kwartus, saudara kita.
Kasih karunia Allah disalurkan kepada Paulus melalui Gayus. Nampaknya Gayus menyediakan rumahnya sendiri untuk dipakai sebagai tempat kebaktian, dan juga untuk dipakai oleh Rasul Paulus serta rombongannya.
...dari Erastus, bendahara negeri...
Kadang-kadang kasih karunia Allah disalurkan kepada orang melalui pejabat atau pembesar, tetapi menurut I Korintus 1:26-28 berkat itu agak jarang.1011
...dan dari Kwartus, saudara kita.
Sesuai dengan kebiasaan Paulus untuk menambahkah sebutan pada nama orang, Kwartus disebut saudara. Mungkinkah Rasul Paulus telah mengamati kasih persaudaraan yang menonjol dalam orang ini? Budakpun menjadi saluran kasih karunia Allah.
Dalam persekutuan rombongan ini dua budak (atau bekas budak) bergaul dengan bendahara negeri dan pemilik rumah yang cukup besar. Orang Yahudi bergaul dengan orang Yunani. Dalam Kristus pembesar tidak malu menyebut budak sebagai saudara, dan budak tidak harus segan bergaul dengan pembesar. Demikianlah kasih karunia Allah!
Kita sudah mengerti bahwa Rasul Paulus di situ untuk mengarang surat ini, dan bahwa Tertius di situ sebagai juru tulis, tetapi mengapa ketujuh orang yang memberi salam berada di situ? Mereka di situ karena, walaupun mungkin mereka semua orang sibuk, orang yang biasa mengurus banyak hal, tetapi mereka merasa bahwa mereka harus berteduh di situ untuk mendengar dan merenungkan ajaran Rasul Paulus mengenai bagaimana caranya orang yang dibenarkan karena iman akan hidup. Mereka tidak bosan, dan mereka tidak kecewa.
Hagelberg: Rm 16:21-24 - -- E. Salam dari Saudara-saudara Seiman 16:21-24
Mereka yang berkumpul di tempat ini menyampaikan salam, dan berkat kasih karunia Allah diulangi.
Paulu...
E. Salam dari Saudara-saudara Seiman 16:21-24
Mereka yang berkumpul di tempat ini menyampaikan salam, dan berkat kasih karunia Allah diulangi.
Paulus mengembalikan alat tulis kepada juru tulis agar dia mencatat salam dari teman-teman Paulus yang berkumpul di situ.
Hagelberg: Rm 16:23 - -- 16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara ne...
16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri,1010 dan dari Kwartus, saudara kita.
Kasih karunia Allah disalurkan kepada Paulus melalui Gayus. Nampaknya Gayus menyediakan rumahnya sendiri untuk dipakai sebagai tempat kebaktian, dan juga untuk dipakai oleh Rasul Paulus serta rombongannya.
...dari Erastus, bendahara negeri...
Kadang-kadang kasih karunia Allah disalurkan kepada orang melalui pejabat atau pembesar, tetapi menurut I Korintus 1:26-28 berkat itu agak jarang.1011
...dan dari Kwartus, saudara kita.
Sesuai dengan kebiasaan Paulus untuk menambahkah sebutan pada nama orang, Kwartus disebut saudara. Mungkinkah Rasul Paulus telah mengamati kasih persaudaraan yang menonjol dalam orang ini? Budakpun menjadi saluran kasih karunia Allah.
Dalam persekutuan rombongan ini dua budak (atau bekas budak) bergaul dengan bendahara negeri dan pemilik rumah yang cukup besar. Orang Yahudi bergaul dengan orang Yunani. Dalam Kristus pembesar tidak malu menyebut budak sebagai saudara, dan budak tidak harus segan bergaul dengan pembesar. Demikianlah kasih karunia Allah!
Kita sudah mengerti bahwa Rasul Paulus di situ untuk mengarang surat ini, dan bahwa Tertius di situ sebagai juru tulis, tetapi mengapa ketujuh orang yang memberi salam berada di situ? Mereka di situ karena, walaupun mungkin mereka semua orang sibuk, orang yang biasa mengurus banyak hal, tetapi mereka merasa bahwa mereka harus berteduh di situ untuk mendengar dan merenungkan ajaran Rasul Paulus mengenai bagaimana caranya orang yang dibenarkan karena iman akan hidup. Mereka tidak bosan, dan mereka tidak kecewa.
Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...
III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.
Hagelberg: Rm 16:24 - -- 16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal ...
16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal 16:21-23 dilingkari dengan berkat kasih karunia Allah. Struktur ini wajar karena orang yang disebut dalam ayat tersebut merupakan saluran penggenapan berkat kasih karunia Allah dalam pengalaman Rasul Paulus.
Demikianlah surat Paulus yang paling berbobot berakhir, dengan suasana keakraban antara kesembilan hamba Tuhan yang kagum akan kasih karunia Allah terhadap orang yang benar karena iman.
Hagelberg: Rm 16:24 - -- 16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal ...
16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal 16:21-23 dilingkari dengan berkat kasih karunia Allah. Struktur ini wajar karena orang yang disebut dalam ayat tersebut merupakan saluran penggenapan berkat kasih karunia Allah dalam pengalaman Rasul Paulus.
Demikianlah surat Paulus yang paling berbobot berakhir, dengan suasana keakraban antara kesembilan hamba Tuhan yang kagum akan kasih karunia Allah terhadap orang yang benar karena iman.
Hagelberg: Rm 16:25 - -- 16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pe...
16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia,1019 yang didiamkan1020 berabad-abad lamanya,
Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus berpusat pada - dan menerima kuasanya dari - pribadi Yesus Kristus, dan bukan peraturan mengenai makanan, minuman, ataupun hari-hari khusus yang harus dipelihara. Hodges1021 berkata, "Hati yang terpusat pada Kristus yang diberitakan dalam Injil Rasul Paulus dapat memperoleh kekuatan rohani yang diperlukan (bandingkanlah Roma 8)."
...sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
Oleh karena rahasia ini telah dinyatakan, maka pembenaran serta kemenangan/keselamatan melalui iman dapat diberitakan kepada segala bangsa. Sekarang orang bukan Yahudi dapat dibenarkan melalui iman, sama seperti orang Yahudi, dan dapat memperoleh status yang sama dalam Tubuh Kristus. Oleh karena itu, maka Allah berkuasa menguatkan orang percaya melalui Injil.
Hagelberg: Rm 16:25-27 - -- F. Pujian 16:25-27
Oleh karena kekuatan rohani diperoleh bukan melalui ketaatan pada peraturan-peraturan tertentu, tetapi dari Allah, maka Dia layak...
F. Pujian 16:25-27
Oleh karena kekuatan rohani diperoleh bukan melalui ketaatan pada peraturan-peraturan tertentu, tetapi dari Allah, maka Dia layak dipuji selama-lamanya.
Dari segi bukti naskah, dalam mayoritas naskah, pujian ini merupakan akhir pasal 14, tetapi demi kelancaran pemakaian bahasan ini, lebih baik ayat-ayat ini dijelaskan di sini, sebagai akhir pasal 16, sesuai dengan beberapa naskah yang sangat kuno.1013
Pujian ini berkaitan erat dengan pasal 14 dan pasal 15.1014 Dalam pujian ini Allah dipuji sebagai Dia yang dapat menguatkan orang yang lemah (pasal 14). Orang yang dikuatkan dengan demikian "wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat" (pasal 15:1-12).
Dalam pujian ini terdapat secara ringkas beberapa tema yang amat penting dalam Surat Roma, yaitu:
Pemberitaan Injil kepada segala bangsa (1:5, 14; 15:14-24)
Injil sebagai kekuatan Allah (1:16)
Dukungan dari kitab-kitab para nabi (pasal 4 dll.)
Kekuatan dari Allah untuk orang percaya (pasal 6-8)
Rahasia kesatuan Yahudi dan bukan Yahudi dalam Kristus (pasal 9-11)
Hagelberg: Rm 16:25 - -- 16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pe...
16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia,1019 yang didiamkan1020 berabad-abad lamanya,
Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus berpusat pada - dan menerima kuasanya dari - pribadi Yesus Kristus, dan bukan peraturan mengenai makanan, minuman, ataupun hari-hari khusus yang harus dipelihara. Hodges1021 berkata, "Hati yang terpusat pada Kristus yang diberitakan dalam Injil Rasul Paulus dapat memperoleh kekuatan rohani yang diperlukan (bandingkanlah Roma 8)."
...sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
Oleh karena rahasia ini telah dinyatakan, maka pembenaran serta kemenangan/keselamatan melalui iman dapat diberitakan kepada segala bangsa. Sekarang orang bukan Yahudi dapat dibenarkan melalui iman, sama seperti orang Yahudi, dan dapat memperoleh status yang sama dalam Tubuh Kristus. Oleh karena itu, maka Allah berkuasa menguatkan orang percaya melalui Injil.
Hagelberg: Rm 16:26 - -- 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala ba...
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman.1022
Rahasia yang dikemukakan di atas dikembangkan dalam ayat ini. Rahasia itu telah dinyatakan. Rahasia itu telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa, yaitu kepada mereka yang pada zaman ini diberikan kesempatan untuk percaya kepada Kristus dan menjadi anggota Tubuh Kristus. Penjangkauan buah pernyataan rahasia sangat luas, yaitu sampai ke ujung bumi. Penjangkauan yang luas itu adalah jauh lebih penting bilamana dibandingkan dengan masalah makanan dan minuman, yang adalah hal-hal yang enteng, kecil.1023
...untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman -
Zaman ini orang dari seluruh dunia diberi kesempatan untuk mentaati Injil Kristus. Oleh karena hanya iman saya yang diperintahkan oleh Injil Kristus, maka tujuan pernyataan rahasia disebut ketaatan iman, suatu tujuan yang telah disebut sebagai tujuan jabatan rasul yang dikaruniakan kepada Paulus (pasal 1:5).
Menurut pasal 6-8, iman yang merupakan ketaatan pada Injil dapat menghasilkan hidup yang berkelimpahan.
Hagelberg: Rm 16:26 - -- 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala ba...
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman.1022
Rahasia yang dikemukakan di atas dikembangkan dalam ayat ini. Rahasia itu telah dinyatakan. Rahasia itu telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa, yaitu kepada mereka yang pada zaman ini diberikan kesempatan untuk percaya kepada Kristus dan menjadi anggota Tubuh Kristus. Penjangkauan buah pernyataan rahasia sangat luas, yaitu sampai ke ujung bumi. Penjangkauan yang luas itu adalah jauh lebih penting bilamana dibandingkan dengan masalah makanan dan minuman, yang adalah hal-hal yang enteng, kecil.1023
...untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman -
Zaman ini orang dari seluruh dunia diberi kesempatan untuk mentaati Injil Kristus. Oleh karena hanya iman saya yang diperintahkan oleh Injil Kristus, maka tujuan pernyataan rahasia disebut ketaatan iman, suatu tujuan yang telah disebut sebagai tujuan jabatan rasul yang dikaruniakan kepada Paulus (pasal 1:5).
Menurut pasal 6-8, iman yang merupakan ketaatan pada Injil dapat menghasilkan hidup yang berkelimpahan.
Hagelberg: Rm 16:27 - -- 16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yan...
16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yang disebut dalam pujian ini menyatakan hikmat Allah. Dia akan dipuji selama-lamanya oleh karena kasih karuniaNya yang menghasilkan iman dan hidup kepada segala bangsa.
Mari kita memuji Allah kita oleh karena Dia berkuasa untuk menguatkan kita melalui iman. Kita tidak usah memandang dan mempermasalahkan urusan kecil seperti makanan dan minuman.
Hagelberg: Rm 16:27 - -- 16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yan...
16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yang disebut dalam pujian ini menyatakan hikmat Allah. Dia akan dipuji selama-lamanya oleh karena kasih karuniaNya yang menghasilkan iman dan hidup kepada segala bangsa.
Mari kita memuji Allah kita oleh karena Dia berkuasa untuk menguatkan kita melalui iman. Kita tidak usah memandang dan mempermasalahkan urusan kecil seperti makanan dan minuman.