kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 4:21-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesus | Sumur Yakub | Yohanes, Injil | Doa | Jujur, Kejujuran | Samaria Pada Zaman Kristus | Orang Yahudi | Allah | Kurban | Gunung | Benar Kebenaran | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 4:23 - MENYEMBAH ... DALAM ROH DAN KEBENARAN. Nas : Yoh 4:23 Yesus mengajarkan beberapa hal dalam ayat ini: 1) "Dalam roh" menunjukkan tingkatan di mana terjadi penyembahan yang benar. ...

Nas : Yoh 4:23

Yesus mengajarkan beberapa hal dalam ayat ini:

  1. 1) "Dalam roh" menunjukkan tingkatan di mana terjadi penyembahan yang benar. Seseorang harus menghampiri Allah dengan hati yang sungguh-sungguh dan roh yang diarahkan oleh kehidupan dan tindakan Roh Kudus.
  2. 2) "Kebenaran" (Yun. _aletheia_) merupakan ciri Allah (Mazm 31:6; Rom 1:25; 3:7; 15:8), terjelma di dalam Kristus (Yoh 14:6; 2Kor 11:10; Ef 4:21), menjadi hakikat Roh Kudus (Yoh 14:17; Yoh 15:26; Yoh 16:13) dan merupakan inti Injil (Yoh 8:32; Gal 2:5; Ef 1:13). Oleh karena itu, penyembahan harus dilaksanakan menurut kebenaran Bapa yang dinyatakan di dalam Anak dan diterima melalui Roh Kudus. Mereka yang mengajarkan penyembahan terlepas dari kebenaran dan ajaran Firman Allah sebenarnya telah mengesampingkan satu-satunya landasan penyembahan yang benar

    (lihat art. IBADAH).

Full Life: Yoh 4:24 - KEBENARAN. Nas : Yoh 4:24 Karena Yesus adalah kebenaran (Yoh 1:14; 5:31; 14:6; Luk 4:25; Luk 9:27; 12:44), hidup di dalam Kristus menuntut bahwa kita berbicar...

Nas : Yoh 4:24

Karena Yesus adalah kebenaran (Yoh 1:14; 5:31; 14:6; Luk 4:25; Luk 9:27; 12:44), hidup di dalam Kristus menuntut bahwa kita berbicara benar (1Kor 5:8; Ef 4:25). Menyatakan bahwa kita bersekutu dengan Kristus dan memiliki keselamatan, namun tidak hidup dan berbicara sesuai dengan kebenaran, berarti ditipu (1Yoh 1:6). Mereka yang tidak memiliki kebenaran di dalam dirinya menunjukkan keadaan sesungguhnya dari hati mereka (Yoh 8:44; Kis 5:3), bahwa mereka sebenarnya bertentangan dengan Allah dan berada di luar kerajaan sorga (Wahy 21:8,27; 22:15; bd. Wahy 14:5). Seorang pendusta adalah dari "jemaah Iblis" (Wahy 3:9).

Jerusalem: Yoh 4:23 - roh Roh Yoh 14:26+, yang merupakan prinsip kelahiran baru, Yoh 3:5, menjadi juga prinsip ibadat yang baru, bdk Yoh 2:20-21+; Rom 1:9+; Ibadat itu ada "dal...

Roh Yoh 14:26+, yang merupakan prinsip kelahiran baru, Yoh 3:5, menjadi juga prinsip ibadat yang baru, bdk Yoh 2:20-21+; Rom 1:9+; Ibadat itu ada "dalam kebenaran" oleh karena ibadat itu satu-satunya yang sesuai dengan wahyu yang disampaikan Allah melalui Yesus tentang ibadat yang sesungguhnya.

Jerusalem: Yoh 4:24 - menyembahNya Var: menyembah, bdk Yoh 12:20.

Var: menyembah, bdk Yoh 12:20.

Ende: Yoh 4:23 - -- Menurut tafsiran jang sudah agak lazim, dimaksudkan ibadat jang lebih bersifat rohani dan terbit dari hati dan tidak mengutamakan upatjara lahiriah se...

Menurut tafsiran jang sudah agak lazim, dimaksudkan ibadat jang lebih bersifat rohani dan terbit dari hati dan tidak mengutamakan upatjara lahiriah seperti mempersembahkan binatang-binatang sebagai kurban. Tetapi tafsiran jang dianggap lebih tepat, ialah bahwa penjembah Allah jang sedjati itu merekalah jang

Ende: Yoh 4:23 - dilahirkan dari Roh (Yoh 3:3-8) dan "dikuduskan oleh sabda Allah" (Yoh 17:17-19) jaitu para anak Allah.

(Yoh 3:3-8) dan "dikuduskan oleh sabda Allah" (Yoh 17:17-19) jaitu para anak Allah.

Ref. Silang FULL: Yoh 4:21 - akan tiba // di Yerusalem · akan tiba: Yoh 5:28; 16:2 · di Yerusalem: Mal 1:11; 1Tim 2:8

· akan tiba: Yoh 5:28; 16:2

· di Yerusalem: Mal 1:11; 1Tim 2:8

Ref. Silang FULL: Yoh 4:22 - kamu kenal // bangsa Yahudi · kamu kenal: 2Raj 17:28-41 · bangsa Yahudi: Yes 2:3; Rom 3:1,2; 9:4,5; 15:8,9

· kamu kenal: 2Raj 17:28-41

· bangsa Yahudi: Yes 2:3; Rom 3:1,2; 9:4,5; 15:8,9

Ref. Silang FULL: Yoh 4:23 - sudah tiba // dalam roh · sudah tiba: Yoh 5:25; 16:32 · dalam roh: Fili 3:3

· sudah tiba: Yoh 5:25; 16:32

· dalam roh: Fili 3:3

Ref. Silang FULL: Yoh 4:24 - itu Roh · itu Roh: Fili 3:3

· itu Roh: Fili 3:3

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 4:20-24 - -- 4:20-24 Menyembah di Yerusalem (atau Gunung Gerizim) dan menyembah dalam roh dan kebenaran

4:20-24 Menyembah di Yerusalem (atau Gunung Gerizim) dan menyembah dalam roh dan kebenaran

Hagelberg: Yoh 4:20-24 - -- 4:20-24 Menyembah di Yerusalem (atau Gunung Gerizim) dan menyembah dalam roh dan kebenaran

4:20-24 Menyembah di Yerusalem (atau Gunung Gerizim) dan menyembah dalam roh dan kebenaran

Hagelberg: Yoh 4:21 - -- 4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah403 kepada-Ku, hai perempuan, saatnya404 akan tiba, bahwa kamu akan menyembah405 Bapa bukan di gunung ini dan bu...

4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah403 kepada-Ku, hai perempuan, saatnya404 akan tiba, bahwa kamu akan menyembah405 Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

Tanggapan Tuhan Yesus terdiri dari tiga bagian. Pertama (ayat 21) Dia memberitakan bahwa sebentar lagi kedua tempat ibadah menjadi usang, kedua (ayat 22) Dia menekankan bahwa keselamatan memang muncul dari umat Yahudi, bukan dari mereka, dan ketiga (ayat 23-24) Dia menjelaskan mengenai sifat keselamatan itu.

Tuhan Yesus menjelaskan bahwa sebenarnya perdebatan yang dikemukakan tidak begitu berfaedah, karena pada suatu saat yang belum diuraikan, kedua tempat itu sama-sama sudah tidak memiliki keistimewaan rohani. Dalam nas ini kontras yang sering kelihatan dalam Injil Yohanes, yaitu kontras antara agama lama dan Yesus Kristus, muncul lagi.406

Walaupun mereka tidak menyebutkan Allah sebagai Bapa, tetapi Tuhan Yesus memakai sebutan tersebut, tanpa penjelasan, mengapa Dia berani menyebut Allah sebagai Bapa.407

Hagelberg: Yoh 4:1-42 - -- 9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42) Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yah...

9. Yesus dan perempuan Samaria (4:1-42)

Percakapan ini luar biasa. Orang Yahudi laki-laki biasanya tidak mau berbicara dengan perempuan, dan orang Yahudi yang memelihara agama Yahudi tidak mau berbicara dengan orang Samaria. Percakapan ini, yang merupakan sebagian dari sejarah Yesus Kristus, juga mengandung teologia yang amat indah dan dalam. Ada dua kontras yang timbul. Ada kontras antara air sumur dan air hidup, dan ada kontras antara Yakub dan Yesus.

Percakapan ini dapat dibandingkan dengan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus. Di situ ada kontras antara kelahiran jasmani dan kelahiran rohani. Kiasan yang dipakai dalam dua percakapan masing-masing jauh berbeda, tetapi pelajaran rohani di balik kedua kiasan itu sebenarnya sama. Tuhan Yesus membicarakan kehidupan kekal yang diperoleh melalui Dia.

Perempuan itu juga dapat dibandingkan dengan Nikodemus. Dari segi latar belakang, perempuan itu (yang namanya tidak disebutkan) adalah orang berdosa dari suku yang dianggap hina, sedangkan Nikodemus adalah tokoh agama Yahudi yang terkemuka. Sedangkan dari segi tanggapannya, Nikodemus bingung dan belum percaya. Mungkin dia pergi dari ruangan itu, tetapi kepergiannya pun tidak disebutkan. Tanggapan perempuan itu jauh lebih baik. Dia percaya, dan dia membawa banyak orang kepada Yesus. Latar belakang yang mantap bukan merupakan syarat untuk melayani Tuhan Yesus secara efektif!

Peristiwa ini tidak diceritakan dalam ke tiga Injil Sinoptik, tetapi kiasan panen dipakan dalam Matius 9:35-38 ("Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit"), dan keperluan untuk roti jasmani disingkirkan demi kepentingan rohani dalam Matius 4:1-4.

Ringkasan Ephrem dari Suria indah dan tepat:

Yesus datang pada air mancur itu sebagai pemburu.... Dia melemparkan sebiji gandum di depan seekor merpati untuk menangkap seluruh kelompok burung.... Pada permulaan percakapan Dia tidak menyatakan diri-Nya kepada perempuan itu.... Semula dia hanya melihat seorang manusia yang haus, lalu seorang Yahudi, lalu seorang rabi, kemudian seorang nabi, akhirnya Mesias. Dia berusaha untuk mengalahkan orang haus itu, dia tidak senang dengan orang Yahudi itu, dia mengejek rabi itu, dia dimenangkan oleh nabi itu, dan dia menyanggung Mesias.362

Hagelberg: Yoh 4:21 - -- 4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah403 kepada-Ku, hai perempuan, saatnya404 akan tiba, bahwa kamu akan menyembah405 Bapa bukan di gunung ini dan bu...

4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah403 kepada-Ku, hai perempuan, saatnya404 akan tiba, bahwa kamu akan menyembah405 Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

Tanggapan Tuhan Yesus terdiri dari tiga bagian. Pertama (ayat 21) Dia memberitakan bahwa sebentar lagi kedua tempat ibadah menjadi usang, kedua (ayat 22) Dia menekankan bahwa keselamatan memang muncul dari umat Yahudi, bukan dari mereka, dan ketiga (ayat 23-24) Dia menjelaskan mengenai sifat keselamatan itu.

Tuhan Yesus menjelaskan bahwa sebenarnya perdebatan yang dikemukakan tidak begitu berfaedah, karena pada suatu saat yang belum diuraikan, kedua tempat itu sama-sama sudah tidak memiliki keistimewaan rohani. Dalam nas ini kontras yang sering kelihatan dalam Injil Yohanes, yaitu kontras antara agama lama dan Yesus Kristus, muncul lagi.406

Walaupun mereka tidak menyebutkan Allah sebagai Bapa, tetapi Tuhan Yesus memakai sebutan tersebut, tanpa penjelasan, mengapa Dia berani menyebut Allah sebagai Bapa.407

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 4:22 - -- 4:22 Kamu408 menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa409 Yahudi. Pengenalan merek...

4:22 Kamu408 menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa409 Yahudi.

Pengenalan mereka akan Allah yang mereka sembah sangat terbatas, mungkin karena mereka menolak Kitab Yosua sampai dengan Kitab Maleakhi. Memang mereka menerima kelima Kitab Musa, Kejadian sampai dengan Ulangan, maka dapat dikatakan bahwa mereka menyembah Allah Abraham, Ishak, dan Yakub, namun mereka tidak mengenal Dia.410

Dalam ayat ini Allah hanya disebut apa yang, sedangkan dalam ayat yang berikut Dia disebut "Bapa". Mungkinkah perubahan ini mencerminkan pengenalan atau persekutuan yang amat dalam yang akan diberikan kepada mereka dalam Kristus?

Dalam Injil Yohanes nampaknya ada kesan bahwa Rasul Yohanes bersifat anti-Yahudi, karena seolah-olah dia berpikir bahwa semua orang Yahudi melawan Tuhan Yesus. (Lihat misalnya pasal 5:16-18, yang berbunyi "...orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat...." Juga pasal 7:13; 8:48, 52; 9:22; 10:31; 18:28, 36, 38; 19:4, 7, 12, 14, 38; dan 20:19.) Namun ayat ini menyatakan bahwa istilah Yahudi dapat merujuk pada orang-orang Yahudi yang tinggal di Propinsi Yudea, yang melawan Tuhan Yesus, ataupun kepada seluruh bangsa Yahudi, yaitu umat pilihan Allah, keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub. Ungkapan keselamatan datang dari bangsa Yahudi menegaskan bahwa Yesus Kristus sendiri, yaitu "Juruselamat dunia" adalah seorang anggota bangsa Yahudi.

Hagelberg: Yoh 4:22 - -- 4:22 Kamu408 menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa409 Yahudi. Pengenalan merek...

4:22 Kamu408 menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa409 Yahudi.

Pengenalan mereka akan Allah yang mereka sembah sangat terbatas, mungkin karena mereka menolak Kitab Yosua sampai dengan Kitab Maleakhi. Memang mereka menerima kelima Kitab Musa, Kejadian sampai dengan Ulangan, maka dapat dikatakan bahwa mereka menyembah Allah Abraham, Ishak, dan Yakub, namun mereka tidak mengenal Dia.410

Dalam ayat ini Allah hanya disebut apa yang, sedangkan dalam ayat yang berikut Dia disebut "Bapa". Mungkinkah perubahan ini mencerminkan pengenalan atau persekutuan yang amat dalam yang akan diberikan kepada mereka dalam Kristus?

Dalam Injil Yohanes nampaknya ada kesan bahwa Rasul Yohanes bersifat anti-Yahudi, karena seolah-olah dia berpikir bahwa semua orang Yahudi melawan Tuhan Yesus. (Lihat misalnya pasal 5:16-18, yang berbunyi "...orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat...." Juga pasal 7:13; 8:48, 52; 9:22; 10:31; 18:28, 36, 38; 19:4, 7, 12, 14, 38; dan 20:19.) Namun ayat ini menyatakan bahwa istilah Yahudi dapat merujuk pada orang-orang Yahudi yang tinggal di Propinsi Yudea, yang melawan Tuhan Yesus, ataupun kepada seluruh bangsa Yahudi, yaitu umat pilihan Allah, keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub. Ungkapan keselamatan datang dari bangsa Yahudi menegaskan bahwa Yesus Kristus sendiri, yaitu "Juruselamat dunia" adalah seorang anggota bangsa Yahudi.

Hagelberg: Yoh 4:23 - -- 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang,411 bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh412 dan kebenaran; sebab Bapa...

4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang,411 bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh412 dan kebenaran; sebab Bapa mencari413 penyembah-penyembah demikian.

Oleh karena kerinduan hati Allah Bapa, maka hal-hal seperti tempat ibadah, yaitu apa yang lahirah, tidak berarti dan tidak relevan pada hubungan kita dengan Allah. Yang penting ialah sikap hati kita. Bukankah pernyataan ini, bahwa Bapa mencari penyembah-penyembah yang menyembah Dia dalam roh dan kebenaran, merupakan inti dari Perjanjian Baru? Kebenaran yang begitu pokok ini telah dinubuatkan dalam Yeremia 31:31-34, yang berkata:

Sesungguhnya, akan datang waktunya... Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir.... Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu... Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku... mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku... sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.

Rasul Paulus menjelaskan bahwa Perjanjian Baru itu "tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan" (2 Korintus 3:6). Demikian juga Ucapan Bahagia dalam Matius 5:3-12 tidak membahas tata tertib ibadah, tetapi hal-hal yang terpusat pada hati manusia, "karena dari situlah terpancar kehidupan", menurut Amsal 4:23. Efesus 4:24 membahas manusia baru, "yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya", dan bukan "kekudusan" yang terdiri dari pakaian tertentu, ataupun tata tertib yang tertentu.

Kehidupan Kristen yang digambarkan dalam Firman Tuhan bukanlah merupakan daftar peraturan yang harus ditaati supaya selamat. Kehidupan Kristen juga bukanlah merupakan daftar peraturan yang harus ditaati oleh karena kita telah diselamatkan. Pada dasarnya kehidupan Kristen merupakan suatu hubungan pribadi antara manusia dan Allah. Hubungan itu diadakan oleh Allah berdasarkan karya Tuhan Yesus di kayu salib. Masalah peraturan, tata tertib, dan liturgi kebaktian merupakan tema sampingan, sedangkan bagi Tuhan Allah yang pokok adalah sikap hati kita dalam penyembahan, dan dalam segala kegiatan kami.

Dengan berkata bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran, Tuhan Yesus juga menolak kesalahan ajaran mereka di Samaria. Unsur kebenaran juga tidak dapat diabaikan. Mereka salah dalam beberapa pokok ajaran, dan hal itu juga ditegur.

Hagelberg: Yoh 4:23 - -- 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang,411 bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh412 dan kebenaran; sebab Bapa...

4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang,411 bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh412 dan kebenaran; sebab Bapa mencari413 penyembah-penyembah demikian.

Oleh karena kerinduan hati Allah Bapa, maka hal-hal seperti tempat ibadah, yaitu apa yang lahirah, tidak berarti dan tidak relevan pada hubungan kita dengan Allah. Yang penting ialah sikap hati kita. Bukankah pernyataan ini, bahwa Bapa mencari penyembah-penyembah yang menyembah Dia dalam roh dan kebenaran, merupakan inti dari Perjanjian Baru? Kebenaran yang begitu pokok ini telah dinubuatkan dalam Yeremia 31:31-34, yang berkata:

Sesungguhnya, akan datang waktunya... Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir.... Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu... Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku... mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku... sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.

Rasul Paulus menjelaskan bahwa Perjanjian Baru itu "tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan" (2 Korintus 3:6). Demikian juga Ucapan Bahagia dalam Matius 5:3-12 tidak membahas tata tertib ibadah, tetapi hal-hal yang terpusat pada hati manusia, "karena dari situlah terpancar kehidupan", menurut Amsal 4:23. Efesus 4:24 membahas manusia baru, "yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya", dan bukan "kekudusan" yang terdiri dari pakaian tertentu, ataupun tata tertib yang tertentu.

Kehidupan Kristen yang digambarkan dalam Firman Tuhan bukanlah merupakan daftar peraturan yang harus ditaati supaya selamat. Kehidupan Kristen juga bukanlah merupakan daftar peraturan yang harus ditaati oleh karena kita telah diselamatkan. Pada dasarnya kehidupan Kristen merupakan suatu hubungan pribadi antara manusia dan Allah. Hubungan itu diadakan oleh Allah berdasarkan karya Tuhan Yesus di kayu salib. Masalah peraturan, tata tertib, dan liturgi kebaktian merupakan tema sampingan, sedangkan bagi Tuhan Allah yang pokok adalah sikap hati kita dalam penyembahan, dan dalam segala kegiatan kami.

Dengan berkata bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran, Tuhan Yesus juga menolak kesalahan ajaran mereka di Samaria. Unsur kebenaran juga tidak dapat diabaikan. Mereka salah dalam beberapa pokok ajaran, dan hal itu juga ditegur.

Hagelberg: Yoh 4:24 - -- 4:24 Allah itu roh414 dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Pedomen ini, bahwa Allah harus disembah dalam roh d...

4:24 Allah itu roh414 dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Pedomen ini, bahwa Allah harus disembah dalam roh dan kebenaran, memiliki dua dua dasar teologis: pertama, karena Allah Bapa merindukan penyembah-penyembah demikian, dan kedua, karena Allah sendiri adalah roh, dan bukan daging. Jelaslah, bahwa Allah yang roh adanya, tidak boleh disembah jika bukan dalam roh kita, secara munafik.415 Penyembah yang menyembah Dia secara badaniah, tetapi tidak dalam roh mereka, tidak berkenan.

Bagi perempuan Samaria itu, segala sesuatu yang diungkapkan oleh orang Yahudi itu rasanya benar. Mungkin sebuah pikiran timbul di hati perempuan itu: "Apa aku dapat menjadi salah satu penyembah yang dicari oleh Allah? Jelas tidak, kecuali aku dapat dibersirkan - mungkinkah air hidup itu tadi yang Dia tawarkan, mungkinkah air hidup itu menahirkan jiwaku, sehingga aku dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran?"416

Hagelberg: Yoh 4:24 - -- 4:24 Allah itu roh414 dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Pedomen ini, bahwa Allah harus disembah dalam roh d...

4:24 Allah itu roh414 dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Pedomen ini, bahwa Allah harus disembah dalam roh dan kebenaran, memiliki dua dua dasar teologis: pertama, karena Allah Bapa merindukan penyembah-penyembah demikian, dan kedua, karena Allah sendiri adalah roh, dan bukan daging. Jelaslah, bahwa Allah yang roh adanya, tidak boleh disembah jika bukan dalam roh kita, secara munafik.415 Penyembah yang menyembah Dia secara badaniah, tetapi tidak dalam roh mereka, tidak berkenan.

Bagi perempuan Samaria itu, segala sesuatu yang diungkapkan oleh orang Yahudi itu rasanya benar. Mungkin sebuah pikiran timbul di hati perempuan itu: "Apa aku dapat menjadi salah satu penyembah yang dicari oleh Allah? Jelas tidak, kecuali aku dapat dibersirkan - mungkinkah air hidup itu tadi yang Dia tawarkan, mungkinkah air hidup itu menahirkan jiwaku, sehingga aku dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran?"416

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 4:4-26 - Kristus di Sumur Samaria Kristus di Sumur Samaria (4:4-26) Di sini diceri...

SH: Yoh 4:16-26 - Sang Mesias memperkenalkan diri (Minggu, 03 Januari 1999) Sang Mesias memperkenalkan diri Sang Mesias memperkenalkan diri Bila kita mengikuti alur percakapan Ye...

SH: Yoh 4:15-26 - Yesus memperbarui hidup (Rabu, 2 Januari 2002) Yesus memperbarui hidup Yesus memperbarui hidup. Perjumpaan dan pembicaraan dengan Tuhan Yesus telah meng...

SH: Yoh 4:15-26 - Berpusat pada Allah (Sabtu, 26 Januari 2008) Berpusat pada Allah Judul : Berpusat pada Allah Bertemu dengan Yesus membuat orang harus berhadapan dengan...

SH: Yoh 4:15-30 - Mata Air Hidup (Kamis, 5 Januari 2006) Mata Air Hidup Judul: Mata Air Hidup Sebagai ciptaan Tuhan yang unik, manusia baru memiliki kepuas...

SH: Yoh 4:1-26 - Belajar menginjili dari Yesus (Jumat, 3 Januari 2014) Belajar menginjili dari Yesus Judul: Belajar menginjili dari Yesus Penginjilan bisa menjadi isu sensit...

SH: Yoh 4:1-42 - Air yang Sejati (Jumat, 3 Januari 2020) Air yang Sejati Percaya kepada Yesus bukan hanya pengakuan di bibir. Ini juga bukan tentang gelora perasaan yang ...

Utley: Yoh 4:15-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 4:15-26...

Topik Teologia: Yoh 4:23 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wanita-wanita sebagai Teladan ...

Topik Teologia: Yoh 4:24 - -- Allah yang Berpribadi Allah (Yun.: Theos) Mat 1:23 ...

TFTWMS: Yoh 4:1-42 - Air Hidup AIR HIDUP (Yohanes 4:1-42) Begitu banyak aspek kehidupan yang peremp...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 4:1-42) Menyusul perkataan Yesus tentang ibadah,...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam permainan baseball, jika seorang pemain membuat tiga kali strike (gagal memukul bola), p...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.78 detik
dipersembahkan oleh YLSA