Teks -- Yohanes 16:21 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Yoh 13:2--17:26; Yoh 16:21
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 16:21 - sesudah ia melahirkan anaknya Ini kiasan alkitabiah yang lazim yang diungkapkan bahwa datangnya dunia baru, dunia Mesias disertai penderitaan hebat, bdk Mat 24:8+.
Ini kiasan alkitabiah yang lazim yang diungkapkan bahwa datangnya dunia baru, dunia Mesias disertai penderitaan hebat, bdk Mat 24:8+.
Ref. Silang FULL -> Yoh 16:21
Ref. Silang FULL: Yoh 16:21 - perempuan berdukacita · perempuan berdukacita: Yes 13:8; 21:3; 26:17; Mi 4:9; 1Tes 5:3
· perempuan berdukacita: Yes 13:8; 21:3; 26:17; Mi 4:9; 1Tes 5:3
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 16:21 - -- 16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena keg...
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.
Perubahan yang dijanjikan dalam ayat 20 di atas (dukacita menjadi sukacita) diuraikan dalam ayat ini. Uraian ini pasti membawa pikiran mereka pada Hari Kiamat. Baik dalam Perjanjian Baru (Matius 24:8) maupun dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 21:2-3; 26:16-21; 66:7; Yeremia 13:21; Hosea 13:13; dan Mikha 4:9-10) penderitaan akhir zaman dikiaskan sebagai sakit lahir. Kiasan ini juga muncul dalam sastra dan ajaran rabi-rabi Israel pada zaman itu. Mereka memakai ungkapan "sakit lahir Mesias" untuk menceritakan kesusahan-kesusahan yang akan dialami oleh dunia sebelum Mesias datang.1126
Namun Tuhan Yesus tidak membahas kedatangan-Nya yang kedua kali. Yang dibahas adalah kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, yang mendirikan Kerajaan Allah di dalam hati kita. Dukacita dan sukacita yang mereka alami terkait dengan dukacita dan sukacita akhir zaman, karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan akhir zaman bagi mereka.
4. Sukacita sesudah dukacita (16:16-33)
Hagelberg: Yoh 16:21 - -- 16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena keg...
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.
Perubahan yang dijanjikan dalam ayat 20 di atas (dukacita menjadi sukacita) diuraikan dalam ayat ini. Uraian ini pasti membawa pikiran mereka pada Hari Kiamat. Baik dalam Perjanjian Baru (Matius 24:8) maupun dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 21:2-3; 26:16-21; 66:7; Yeremia 13:21; Hosea 13:13; dan Mikha 4:9-10) penderitaan akhir zaman dikiaskan sebagai sakit lahir. Kiasan ini juga muncul dalam sastra dan ajaran rabi-rabi Israel pada zaman itu. Mereka memakai ungkapan "sakit lahir Mesias" untuk menceritakan kesusahan-kesusahan yang akan dialami oleh dunia sebelum Mesias datang.1126
Namun Tuhan Yesus tidak membahas kedatangan-Nya yang kedua kali. Yang dibahas adalah kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, yang mendirikan Kerajaan Allah di dalam hati kita. Dukacita dan sukacita yang mereka alami terkait dengan dukacita dan sukacita akhir zaman, karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan akhir zaman bagi mereka.
C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.