Teks -- Yesaya 63:10-13 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yes 40:1--Yer 2:4 - HIBURKANLAH.
Nas : Yes 40:1-66:24
Pasal-pasal ini ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. Allah
menyatakan nubuat-nubuat ini supaya memberikan pengharapa...
Nas : Yes 40:1-66:24
Pasal-pasal ini ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. Allah menyatakan nubuat-nubuat ini supaya memberikan pengharapan dan penghiburan kepada umat-Nya selama mereka tertawan di Babel 150 tahun sesudah zaman Yesaya (lih. Yes 39:5-8); pasal-pasal ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai Mesias yang akan datang dan kerajaan-Nya di bumi kelak. Beberapa peristiwa yang dinubuatkan digenapi berhubungan dengan tertawannya Yehuda oleh Babel dan pemulihannya. Banyak nubuat lain lebih khusus berhubungan dengan datangnya Yesus Kristus ke bumi, dan yang lain lagi masih menunggu penggenapan. Secara umum, pasal Yes 40:1-48:22 menekankan pelepasan, pasal Yes 49:1-57:21 penebusan, dan Yes 58:1-66:24 kemuliaan.
Full Life: Yes 63:7--65:11 - KASIH SETIA TUHAN.
Nas : Yes 63:7-64:12
Yesaya memuji belas kasihan dan kasih setia Allah, mengakui dosa
Israel, dan berdoa bagi kelepasan mereka dari hukuman dan unt...
Nas : Yes 63:7-64:12
Yesaya memuji belas kasihan dan kasih setia Allah, mengakui dosa Israel, dan berdoa bagi kelepasan mereka dari hukuman dan untuk penebusan yang dijanjikan Allah.
Full Life: Yes 63:10 - MENDUKAKAN ROH KUDUS-NYA.
Nas : Yes 63:10
"Mendukakan" mengemukakan pelanggaran terhadap kasih Roh Kudus dan
pemberontakan terhadap jalan-jalan-Nya. Roh Kudus adalah oknum i...
Nas : Yes 63:10
"Mendukakan" mengemukakan pelanggaran terhadap kasih Roh Kudus dan pemberontakan terhadap jalan-jalan-Nya. Roh Kudus adalah oknum ilahi yang dapat dilukai dan didukakan (bd. Ef 4:30). "Kudus" mengacu kepada kekudusan yang agung dan kemurnian-Nya yang tak bercacat. Roh Kudus telah diberikan kepada semua orang percaya untuk menuntun mereka kepada kasih karunia, penyataan, kuasa, kasih, kehadiran, bimbingan, dan kekudusan Allah.
BIS -> Yes 63:11
Kemungkinan besar artinya mereka; menurut naskah Ibrani: dia.
Mengenai bagian terakhir kitab Yesaya ini lihat Pengantar.
Jerusalem: Yes 63:7--64:12 - -- Sajak yang panjang ini berupa mazmur, sebuah doa permohonan umat. Bdk khususnya Maz 44 dan Maz 89 serta Ratapan. Dalam Yes 63:18 dan Yes 64:9-10 tersi...
Sajak yang panjang ini berupa mazmur, sebuah doa permohonan umat. Bdk khususnya Maz 44 dan Maz 89 serta Ratapan. Dalam Yes 63:18 dan Yes 64:9-10 tersinggung kemusnahan Yerusalem serta bait Allah pada th 587 seb Mas. Ini menyatakan bahwa sajak itu tidak lama kemudian dikarang. Maka mazmur ini boleh ditanggalkan pada awal masa pembuangan. Caranya sejarah yang baru lalu itu direnungkan sesuai dengan alam pikiran tradisi Ulangan. Pokok pikirannya begini: Tuhan menghukum umatNya, tetapi kemudian menyelamatkannya pula.
Jerusalem: Yes 63:11-14 - -- Ayat-ayat ini mengenai tindakan penyelamatan Allah yang pertama, yaitu pembebasan umat Israel dari perbudakan di negeri Mesir. Tindakan pertama itu me...
Ayat-ayat ini mengenai tindakan penyelamatan Allah yang pertama, yaitu pembebasan umat Israel dari perbudakan di negeri Mesir. Tindakan pertama itu menjamin keselamatan mendatang juga.
Jerusalem: Yes 63:11 - hambaNya itu Ini menurut beberapa naskah Ibrani dan terjemahan Siria. Dalam naskah-naskah lain terbaca: umatNya
Ini menurut beberapa naskah Ibrani dan terjemahan Siria. Dalam naskah-naskah lain terbaca: umatNya
Ende -> Yes 63:7--64:11; Yes 63:11
Ende: Yes 63:7--64:11 - -- Mazmur jang pandjang ini kiranja dikarang pada achir pembuangan atau waktu
Israil baru pulang. Ia mengingatkan sedjarah Israil dan hukuman umat Jahwe
...
Mazmur jang pandjang ini kiranja dikarang pada achir pembuangan atau waktu Israil baru pulang. Ia mengingatkan sedjarah Israil dan hukuman umat Jahwe (Yes 63:7-14), meratapi kemalangan Israil tapi penuh kepertjajaan (Yes 63:15-19) dan achirnja berdoa, agar Jerusjalem dibangun kembali (Yes 64:1-11).
Penjeberangan Laut Merah disindir.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ia".
diperbaiki menurut terdjemahan Syriah.
Tertulis: "umatNja".
Endetn: Yes 63:11 - menghantar si diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "menghantar mereka para".
diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "menghantar mereka para".
Ref. Silang FULL: Yes 63:10 - mereka memberontak // Roh Kudus-Nya // menjadi musuh // sendiri berperang · mereka memberontak: Mazm 78:17; Mazm 78:17; Yeh 20:8; Kis 7:39-42
· Roh Kudus-Nya: Mazm 51:13; Mazm 51:13; Kis 7:51; Ef 4:30
· ...
· mereka memberontak: Mazm 78:17; [Lihat FULL. Mazm 78:17]; Yeh 20:8; Kis 7:39-42
· Roh Kudus-Nya: Mazm 51:13; [Lihat FULL. Mazm 51:13]; Kis 7:51; Ef 4:30
· menjadi musuh: Mazm 106:40; Yes 10:4; [Lihat FULL. Yes 10:4]
Ref. Silang FULL: Yes 63:11 - dari laut // kambing domba-Nya // Roh Kudus-Nya · dari laut: Kel 14:22,30; Kel 14:22; Kel 14:30
· kambing domba-Nya: Mazm 77:21; Mazm 77:21
· Roh Kudus-Nya: Bil 11:17; Bil 11:17...
· dari laut: Kel 14:22,30; [Lihat FULL. Kel 14:22]; [Lihat FULL. Kel 14:30]
· kambing domba-Nya: Mazm 77:21; [Lihat FULL. Mazm 77:21]
Ref. Silang FULL: Yes 63:12 - dengan tangan-Nya // membelah air // nama abadi · dengan tangan-Nya: Kej 49:24; Kej 49:24; Kel 3:20; Kel 3:20
· membelah air: Kel 14:21-22; Yes 11:15
· nama abadi: Mazm 102:13; ...
· dengan tangan-Nya: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Kel 3:20; [Lihat FULL. Kel 3:20]
· membelah air: Kel 14:21-22; Yes 11:15
· nama abadi: Mazm 102:13; [Lihat FULL. Mazm 102:13]; Yes 55:13; [Lihat FULL. Yes 55:13]; Yer 13:11; [Lihat FULL. Yer 13:11]
Ref. Silang FULL: Yes 63:13 - yang menuntun // samudera raya // pernah tersandung · yang menuntun: Ul 32:12; Ul 32:12
· samudera raya: Kel 14:22; Kel 14:22
· pernah tersandung: Mazm 119:11; Mazm 119:11; Yer 31:9...
· yang menuntun: Ul 32:12; [Lihat FULL. Ul 32:12]
· samudera raya: Kel 14:22; [Lihat FULL. Kel 14:22]
· pernah tersandung: Mazm 119:11; [Lihat FULL. Mazm 119:11]; Yer 31:9