Teks -- Imamat 23:10-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Im 23:10
Full Life: Im 23:10 - HASIL PERTAMA DARI PENUAIANMU.
Nas : Im 23:10
Hari Raya Buah Sulung (ayat Im 23:10-14), yang mengakui bahwa
panen hasil bumi berasal dari Tuhan, dirayakan dalam hubungan dengan H...
Nas : Im 23:10
Hari Raya Buah Sulung (ayat Im 23:10-14), yang mengakui bahwa panen hasil bumi berasal dari Tuhan, dirayakan dalam hubungan dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi. Hasil panen yang pertama harus diserahkan kepada Tuhan, yang menunjuk kepada penyerahan seluruh hidup orang percaya PB kepada Allah. Orang Kristen merupakan buah sulung karya keselamatan Kristus (Yak 1:18; Wahy 14:4).
Jerusalem: Im 17:1--27:34 - -- Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tam...
Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tampaknya terbentuk pada akhir zaman para raja dan memuat adat kebiasaan yang ditepati dalam bait Allah di Yerusalem. Dalam "Hukum Kekudusan" itu tampaklah dengan jelas sejumlah besar dengan ajaran nabi Yehezkiel. Ini berarti bahwa ajaran nabi itu tidak lain kecuali suatu perkembangan dari apa yang sudah ada sebelum masa pembuangan Israel ke Babel. Adapun kekudusan ialah sebuah sifat hakiki Allah Israel, bdk Ima 11:44-45; 19:2; 20:7,26; 21:8; 22:23 dst. Arti pertama kata "Kudus" ialah: yang terpisah yang transenden dan tidak terhampiri, sehingga menimbulkan rasa takut keagamaan, Kel 33:20+. Kekudusan Allah itu meliputi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah atau diserahkan kepadaNya, yaitu: tempat, Kel 19:12+, masa dan waktu, Kel 16:23; Ima 23:4+, tabut perjanjian, 2Sa 6:7+, manusia, Kel 19:6+, khususnya para imam, Ima 21:6, benda-benda, Kel 30:29; Bil 18:9, dll. Mengingat hubungannya dengan ibadat maka "kudus" berdekatan dengan "tahir". Sejauh itu "Hukum Kekudusan" dapat juga disebut "Hukum Ketahiran". Akan tetapi sifat moril Allahnya Israel merohanikan pandangan primitip itu. "Kudus" tidak hanya berarti: dipisahkan dari apa yang profan (teruntuk bagi keperluan manusia), tetapi terutama: dipisahkan dari dosa: ketahiran lahiriah bergabung dengan kesucian hati manusia, bdk penglihatan nabi Yesaya, Yes 6:3+.
Jerusalem: Im 23:1-44 - -- Bab 18-20 menguraikan tentang kemurkaan akhlak yang perlu untuk mempersembahkan korban, lalu bab 21-22 menyajikan peraturan-peraturan tentang korban, ...
Jerusalem: Im 23:9-14 - -- Antara hari raya Roti Tidak Beragi dan hari raya Tujuh Minggu. Hukum Kekudusan menyisipkan di sini peraturan tentang upacara persembahan berkas pertam...
Antara hari raya Roti Tidak Beragi dan hari raya Tujuh Minggu. Hukum Kekudusan menyisipkan di sini peraturan tentang upacara persembahan berkas pertama (dari panen jelai) Tempatnya dalam rangkaian perayaan-perayaan ini sesuai dengan urutan tahun pertanian. Peraturan itu hanya merumuskan kembali peraturan tentang persembahan hasil bumi pertama (hulu hasil) seperti sudah lazim dahulu, Kel 23:19; 34:26.
Ende -> Im 17:1--26:46; Im 23:9-14
Ende: Im 17:1--26:46 - -- Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang
dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, da...
Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, dari pelbagai segi. Bagian ini djauh lebih mendalam adjarannja daripada pasal 1-16 jang lebih memperhatikan segi lahiriah dan rituil sadja. Kekudusan Tuhan Israil menuntut dari umatNja kesutjian jang tidak terdiri atas ketahiran lahiriah dan rituil semata-mata, tetapi djuga dan terutama atas kesutjian moril dan batiniah. Pasal #TB Ima 1-16 memperbintjangkan segala sesuatu jang menghalang umat berhadapan Allah dalam ibadah; pasal #TB Ima 17-26 mengutarakan apa jang dituntut dari orang jang hendak menghubungi Jahwe.
Perajaan itu hanja disini sadja disebut dalam Kitab Sutji.
Ref. Silang FULL: Im 23:10 - Kuberikan kepadamu // menuai hasilnya // membawa seberkas // dari penuaianmu · Kuberikan kepadamu: Bil 15:2,18
· menuai hasilnya: Im 19:9; Im 19:9
· membawa seberkas: Im 19:9; Im 19:9
· dari penuaian...
Ref. Silang FULL: Im 23:11 - hadapan Tuhan // Tuhan berkenan · hadapan Tuhan: Kel 29:24; Kel 29:24
· Tuhan berkenan: Kel 28:38; Kel 28:38
Ref. Silang FULL: Im 23:12 - berumur setahun // tidak bercela · berumur setahun: Im 12:6; Im 12:6
· tidak bercela: Kel 12:5; Kel 12:5
Ref. Silang FULL: Im 23:13 - korban sajiannya // persepuluh efa // korban curahannya // hin anggur · korban sajiannya: Im 2:14-16; Im 6:20; Im 6:20
· persepuluh efa: Im 23:17; Im 24:5; Bil 15:6; 28:9
· korban curahannya: Kej 3...
· korban sajiannya: Im 2:14-16; Im 6:20; [Lihat FULL. Im 6:20]
· persepuluh efa: Im 23:17; Im 24:5; Bil 15:6; 28:9
Ref. Silang FULL: Im 23:14 - bertih gandum // persembahan Allahmu // kamu turun-temurun // tempat kediamanmu · bertih gandum: Yos 5:11; Rut 2:14; 1Sam 17:17; 25:18; 2Sam 17:28
· persembahan Allahmu: Kel 34:26
· kamu turun-temurun: Im 3:17...
· bertih gandum: Yos 5:11; Rut 2:14; 1Sam 17:17; 25:18; 2Sam 17:28
· persembahan Allahmu: Kel 34:26
· kamu turun-temurun: Im 3:17; Bil 10:8; 15:21
· tempat kediamanmu: Yer 2:3