Teks -- Galatia 3:15-20 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Gal 3:19
Full Life: Gal 3:19 - KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh a...
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau "pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26). Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
BIS -> Gal 3:20
Ia sendiri bertindak: atau Dialah Allah yang esa.
Jerusalem: Gal 3:16 - "kepada keturunanmu" Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus ...
Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus menjelaskan pemikirannya tentang keselarasan antara Perjanjian Lama dan peristiwa Kristus.
Jerusalem: Gal 3:17 - janji itu kehilangan kekuatannya Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kat...
Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kata Yunani yang sama berarti baik perjanjian maupun wasiat), bdk Ibr 9:16-17. Bahkan kalau janji itu mau dianggap sebagai perjanjian yang mewajibkan manusia, namun tidak boleh dianggap perjanjian timbal-balik, Gal 3:20, yang menggantungkan keselamatan pada hukum Taurat yang dilakukan manusia. Allah bertentangan dengan diriNya sendiri, seandainya hukum Taurat tidak membiarkan janji itu tetap janji yang cuma-cuma belaka. Peranan hukum Taurat ialah menyingkapkan dosa (begitulah maksud Gal 3:19) dan menuntun hati nurani manusia kepada kepercayaan Kristus, Gal 3:24-25.
Jerusalem: Gal 3:19 - Ia ditambahkan ... Mengenai maksud ucapan yang tidak diberi keterangan itu, bdk Rom 7:7+, dan catatan pada Gal 3:17. Ada var 19 yang berbunyi sebagai berikut: Kalau demi...
Jerusalem: Gal 3:19 - dengan perantaraan malaikat-malaikat Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Jerusalem: Gal 3:20 - sedangkan Allah adalah satu Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Ende: Gal 3:15 - Wasiat Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia
ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada
waktu...
Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada waktu jang ditentukan Allah. Rahasia itu dibuka oleh Kristus sebagai wakil segala ahli waris, dan Ialah jang membagikannja kepada sekalian ahliwaris masing-masing, jaitu kepada segala orang jang pertjaja akan Kristus. Bdl. Gal 3:29; 4:7 dan Rom 8:17
Ende: Gal 3:16 - Tidak dikatakan kepada kepada kaum turunan Itu menurut tafsiran Paulus jang
memang sah.
Itu menurut tafsiran Paulus jang memang sah.
Ende: Gal 3:17-18 - -- Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian
ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam dj...
Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam djandji itu, kalau engkau tetap melaksanakan segala perintah hukum. Kalau dengan sjarat itu, maka anugerah diubah mendjadi upah.
Ende: Gal 3:19 - Demi pelanggaran-pelanggaran Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita
batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja:
supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Huku...
Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja: supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Hukum merupakan suatu pudjian bagi orang Jahudi. Pelangggaran-pelanggaran itu tidak dikehendaki Allah, tetapi dibiarkanNja agar mereka lebih insjaf akan kelemahan dan dosanja, sehingga mereka lebih merindukan kedatangan Penebus dan rela mengikutiNja.
Ende: Gal 3:20 - -- Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung
dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedan...
Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedangkan hukum dengan perantaraan machluk.
Ref. Silang FULL: Gal 3:16 - kepada keturunannya // kepada keturunanmu · kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:...
· kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:15; 17:7,8,10; 24:7
· puluh tahun: Kej 15:13,14; Kel 12:40; Kis 7:6
Ref. Silang FULL: Gal 3:19 - karena pelanggaran-pelanggaran // datang keturunan // perantaraan malaikat-malaikat // seorang pengantara · karena pelanggaran-pelanggaran: Rom 5:20
· datang keturunan: Gal 3:16
· perantaraan malaikat-malaikat: Ul 33:2; Kis 7:53
&middo...
Ref. Silang FULL: Gal 3:20 - Seorang pengantara · Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24
· Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24