Teks -- 1 Tesalonika 4:13--5:11 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: 1Tes 4:13 - TENTANG MEREKA YANG MENINGGAL.
Nas : 1Tes 4:13
Frasa ini menunjuk kepada orang percaya yang telah mati dan jiwanya
sudah masuk sorga; ini tidak berarti orang mati itu tidak sadar...
Nas : 1Tes 4:13
Frasa ini menunjuk kepada orang percaya yang telah mati dan jiwanya sudah masuk sorga; ini tidak berarti orang mati itu tidak sadar dalam semacam keadaan tertidur jiwanya (bd.
lihat cat. --> Fili 1:21).
[atau ref. Fili 1:21]
Jemaat Tesalonika tidak paham bagaimana kebangkitan orang Kristen yang sudah mati berhubungan dengan pengangkatan orang Kristen yang hidup pada kedatangan Kristus
(lihat cat. --> Yoh 14:3).
[atau ref. Yoh 14:3]
Rupanya mereka berpikir bahwa orang yang sudah mati sebelum Kristus datang kembali untuk gereja (ayat 1Tes 4:16-17) tidak akan dibangkitkan sehingga saat lebih kemudian. Paulus mengatakan bahwa orang yang mati di dalam Kristus akan bangkit pada saat yang bersamaan dengan kedatangan Tuhan kembali untuk mereka yang setia dalam gereja-Nya
(lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Full Life: 1Tes 4:14-18 - KEDATANGAN TUHAN.
Nas : 1Tes 4:14-18
Peristiwa yang dijelaskan Paulus dalam ayat-ayat ini sering kali
disebut sebagai "Keangkatan Gereja". Untuk pembahasan tentang p...
Nas : 1Tes 4:14-18
Peristiwa yang dijelaskan Paulus dalam ayat-ayat ini sering kali disebut sebagai "Keangkatan Gereja". Untuk pembahasan tentang peristiwa yang akan datang ini
(lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Full Life: 1Tes 4:18 - HIBURKANLAH SEORANG AKAN YANG LAIN.
Nas : 1Tes 4:18
Paulus membangkitkan harapan jemaat Tesalonika, bukan dengan
memberitahukan mereka untuk siap mati syahid selama periode "hari Tuha...
Nas : 1Tes 4:18
Paulus membangkitkan harapan jemaat Tesalonika, bukan dengan memberitahukan mereka untuk siap mati syahid selama periode "hari Tuhan" (1Tes 5:2-10), yaitu kesengsaraan besar (pasal Wahy 6:1-19:21), tetapi dengan menjelaskan tentang keangkatan gereja (ayat 1Tes 4:14-17; 1Kor 15:51-58;
lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Dengan mengetahui ajaran ini, mereka dapat saling menguatkan.
Full Life: 1Tes 5:1 - ZAMAN DAN MASA.
Nas : 1Tes 5:1
Setelah membicarakan kedatangan Kristus untuk mengangkat para
pengikut-Nya (1Tes 4:13-18), Paulus kini membahas penghakiman terakhir...
Nas : 1Tes 5:1
Setelah membicarakan kedatangan Kristus untuk mengangkat para pengikut-Nya (1Tes 4:13-18), Paulus kini membahas penghakiman terakhir oleh Allah atas semua orang yang menolak keselamatan Kristus pada hari-hari terakhir, yaitu saat mengerikan yang disebut "hari Tuhan" (ayat 1Tes 5:2). Pengangkatan orang percaya (1Tes 4:17) harus terjadi secara serentak dengan permulaan "hari Tuhan" supaya kedatangan Kristus menjadi dekat dan tidak disangka-sangka, sebagaimana yang diajarkan oleh Kristus sendiri
(lihat cat. --> Mat 24:42).
lihat cat. --> Mat 24:44).
[atau ref. Mat 24:42,44]
Full Life: 1Tes 5:2 - HARI TUHAN.
Nas : 1Tes 5:2
Istilah "hari Tuhan" pada umumnya menunjuk bukan kepada suatu masa
selama 24 jam, tetapi suatu jangka waktu yang lama ketika musuh-m...
Nas : 1Tes 5:2
Istilah "hari Tuhan" pada umumnya menunjuk bukan kepada suatu masa selama 24 jam, tetapi suatu jangka waktu yang lama ketika musuh-musuh Allah dikalahkan (Yes 2:12-21; 13:9-16; 34:1-4; Yer 46:10; Yoel 1:15-2:11,28; Yoel 3:9,12-17; Am 5:18-20; Za 14:1-3), diikuti oleh pemerintahan Kristus di bumi ini (Zef 3:14-17; Wahy 20:4-7).
- 1) "Hari" ini mulai pada saat hukuman ilahi jatuh atas dunia mendekati
akhir zaman ini (ayat 1Tes 5:3). Kesengsaraan besar termasuk dalam
hari Tuhan ini (pasal Wahy 6:1-19:21;
lihat cat. --> Wahy 6:1).
[atau ref. Wahy 6:1]
Murka Allah ini akan memuncak dengan kedatangan Kristus untuk memusnahkan semua orang jahat Wahy 19:11-21;(lihat cat. --> Yoel 1:14;
lihat cat. --> Yoel 2:30-31;
lihat cat. --> Zef 1:7;
lihat cat. --> Wahy 16:16).
[atau ref. Yoel 1:14; 2:30-31; Zef 1:7; Wahy 16:16]
- 2) Hari Tuhan rupanya berawal pada saat manusia mengharapkan tibanya saat damai dan keamanan (ayat 1Tes 5:3).
- 3) "Hari" itu tidak akan menimpa orang percaya yang setia seperti pencuri, karena mereka sudah ditetapkan untuk menerima keselamatan dan bukan murka, dan mereka berjaga-jaga dan mengendalikan diri, hidup dalam iman, kasih, dan kebenaran (ayat 1Tes 5:4-9).
- 4) Orang percaya akan selamat dari "murka yang akan datang" ini
(lihat cat. --> 1Tes 1:10)
[atau ref. 1Tes 1:10]
oleh Tuhan Yesus Kristus (ayat 1Tes 5:9) ketika Dia datang untuk mengangkat jemaat-Nya ke sorga (bd. 1Tes 4:17;lihat cat. --> Yoh 14:3;
lihat cat. --> Wahy 3:10;
[atau ref. Yoh 14:3; Wahy 3:10]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
- 5) Hari Tuhan akan berakhir setelah kerajaan seribu tahun (Wahy 20:4-10) pada penciptaan langit dan bumi baru (bd. 2Pet 3:13; Wahy 21:1).
Full Life: 1Tes 5:2 - SEPERTI PENCURI PADA MALAM.
Nas : 1Tes 5:2
Metafora ini berarti bahwa waktu hari Tuhan akan mulai tidak pasti
dan tidak disangka-sangka. Tidak mungkin seseorang dapat mengetah...
Nas : 1Tes 5:2
Metafora ini berarti bahwa waktu hari Tuhan akan mulai tidak pasti dan tidak disangka-sangka. Tidak mungkin seseorang dapat mengetahui tanggalnya
(lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Mat 24:43;
lihat cat. --> Mat 24:44
[atau ref. Mat 24:42-44]
mengenai pengajaran Tuhan tentang saat kedatangan-Nya yang tak terduga untuk gereja).
Full Life: 1Tes 5:3 - DAMAI DAN AMAN.
Nas : 1Tes 5:3
Orang tidak percaya yang akan berkata, "Damai dan aman." Hal ini
dapat berarti bahwa dunia menantikan dan mengharapkan perdamaian. H...
Nas : 1Tes 5:3
Orang tidak percaya yang akan berkata, "Damai dan aman." Hal ini dapat berarti bahwa dunia menantikan dan mengharapkan perdamaian. Hari Tuhan dan masa kesesakan seluruh dunia akan menimpa mereka dengan mendadak, membinasakan semua harapan untuk perdamaian dan keamanan.
Full Life: 1Tes 5:4 - KAMU, SAUDARA-SAUDARA, KAMU TIDAK HIDUP DI DALAM KEGELAPAN.
Nas : 1Tes 5:4
Orang percaya tidak hidup di dalam dosa dan pemberontakan. Mereka
adalah anak-anak siang yang mendahului malam dan tidak akan mengal...
Nas : 1Tes 5:4
Orang percaya tidak hidup di dalam dosa dan pemberontakan. Mereka adalah anak-anak siang yang mendahului malam dan tidak akan mengalami malam murka Allah yang telah ditetapkan (ayat 1Tes 5:8-9;
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Full Life: 1Tes 5:6 - BAIKLAH ... KITA ... BERJAGA-JAGA.
Nas : 1Tes 5:6
Berjaga-jaga (Yun. _gregoreo_) berarti "tetap sadar dan waspada".
Konteks (ayat 1Tes 5:4-9) menunjukkan bahwa Paulus tidak menasihat...
Nas : 1Tes 5:6
Berjaga-jaga (Yun. _gregoreo_) berarti "tetap sadar dan waspada". Konteks (ayat 1Tes 5:4-9) menunjukkan bahwa Paulus tidak menasihati para pembacanya agar "berjaga-jaga" untuk "hari Tuhan" (ayat 1Tes 5:2), tetapi sebaliknya untuk bersiap secara rohani supaya luput dari murka pada hari itu, (bd. 1Tes 2:11-12; Luk 21:34-36).
- 1) Jikalau kita ingin luput dari murka Allah (ayat 1Tes 5:3), maka
kita harus tinggal bangun dan sadar secara rohani dan terus hidup dalam
iman, kasih, dan harapan keselamatan (ayat 1Tes 5:8-9;
lihat cat. --> Luk 21:36;
lihat cat. --> Ef 6:11).
- 2) Karena mereka yang setia akan terlindung dari murka Allah
(lihat cat. --> 1Tes 5:2;
[atau ref. 1Tes 5:2]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA),
mereka tidak perlu takut hari Tuhan tetapi harus "menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga ... Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang" (1Tes 1:10).
Full Life: 1Tes 5:6 - SADAR
Nas : 1Tes 5:6
(versi Inggris NIV -- self controlled - penguasaan diri). Kata sadar
(Yun. _nepho_) di zaman PB memiliki arti ganda.
1) Arti ya...
Nas : 1Tes 5:6
(versi Inggris NIV -- self controlled - penguasaan diri). Kata sadar (Yun. _nepho_) di zaman PB memiliki arti ganda.
- 1) Arti yang harfiah, seperti yang diberikan dalam berbagai leksikon Yun., adalah "keadaan pertarakan anggur", "berpantang anggur", "sama sekali tidak terpengaruh anggur" atau "dalam keadaan sadar". Secara kiasan mengandung arti "kesiagaan", "penguasaan diri", yaitu sadar secara rohani dan menguasai diri seperti halnya seseorang yang tidak minum anggur yang mengandung alkohol.
- 2) Konteks mendukung pandangan bahwa Paulus tidak meniadakan arti yang harfiah. Kata-kata "berjaga-jaga dan sadar" bertentangan dengan kata-kata dalam ayat berikut "mereka yang mabuk, mabuk waktu malam" (ayat 1Tes 5:7). Demikianlah pertentangan nepho dengan kemabukan oleh Paulus akan menunjukkan bahwa dia bermaksud arti harfiah "pertarakan anggur". Bandingkan pernyataan Yesus tentang mereka yang makan dan minum bersama dengan pemabuk sehingga kedatangan-Nya menimpa mereka dengan tidak terduga (Mat 24:48-51).
Full Life: 1Tes 5:9 - TIDAK MENETAPKAN KITA UNTUK DITIMPA MURKA.
Nas : 1Tes 5:9
Satu alasan mengapa harapan akan kedatangan Kristus merupakan
penghiburan besar bagi orang percaya (1Tes 4:17-18) ialah bahwa Dia
me...
Nas : 1Tes 5:9
Satu alasan mengapa harapan akan kedatangan Kristus merupakan penghiburan besar bagi orang percaya (1Tes 4:17-18) ialah bahwa Dia menyelamatkan kita dari murka Allah yang dahsyat, yaitu hukuman-hukuman pada hari Tuhan (ayat 1Tes 5:2-3; bd. Wahy 6:16-17; 11:18; 14:10,19; Wahy 15:1,7; 16:1,19; 19:15).
Full Life: 1Tes 5:10 - HIDUP BERSAMA-SAMA DENGAN DIA.
Nas : 1Tes 5:10
Paulus menyamakan harapan kita akan keselamatan dan pembebasan dari
hari murka Allah dengan kematian Kristus sebagai korban dan ked...
Nas : 1Tes 5:10
Paulus menyamakan harapan kita akan keselamatan dan pembebasan dari hari murka Allah dengan kematian Kristus sebagai korban dan kedatangan-Nya untuk mengambil kita untuk hidup bersama-sama dengan Dia.
Jerusalem -> 1Tes 4:13-18; 1Tes 4:13; 1Tes 4:15; 1Tes 4:15; 1Tes 4:16; 1Tes 4:17; 1Tes 5:1-11; 1Tes 5:1; 1Tes 5:4; 1Tes 5:9-10
Jerusalem: 1Tes 4:13-18 - -- Dengan menanggapi kegelisahan dan kebimbangan sementara orang yang baru masuk Kristen dan beranggapan bahwa orang yang meninggal kurang beruntung kare...
Dengan menanggapi kegelisahan dan kebimbangan sementara orang yang baru masuk Kristen dan beranggapan bahwa orang yang meninggal kurang beruntung karena tidak hadir waktu Tuhan datang, Paulus kembali meneguhkan ajaran fundamentil tentang kebangkitan orang mati. Maksudnya ialah menguatkan iman dan pengharapan semua orang Kristen.
Jerusalem: 1Tes 4:13 - yang meninggal Harafiah: yang berbaring, atau: tertidur. Maksudnya memang: meninggal. Penghalusan bahasa semacam itu adalah wajar dan lazim baik dalam Perjanjian Lam...
Harafiah: yang berbaring, atau: tertidur. Maksudnya memang: meninggal. Penghalusan bahasa semacam itu adalah wajar dan lazim baik dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru maupun di dunia Yunani-Romawi. Sesuai dengan itu kebangkitan disebut "bangun"; bdk 1Te 5:10. Akhir 1Te 4:14 dapat juga diterjemahkan sbb: ... mereka yang telah meninggal; oleh karena Yesus, mereka akan dikumpulkan Allah ...
Jerusalem: 1Tes 4:15 - firman Tuhan Sukar menemukan perkataan Yesus dalam injil-injil (lihat barangkali Mat 24 kalau dibandingkan dengan Mat 15-17). Tetapi mungkin juga Paulus tidak berm...
Sukar menemukan perkataan Yesus dalam injil-injil (lihat barangkali Mat 24 kalau dibandingkan dengan Mat 15-17). Tetapi mungkin juga Paulus tidak bermaksud mengutip salah satu perkataan Yesus, tetapi hanya berseru kepada kewibawaan Yesus sendiri. Bdk Dan 7:1,13,16
Jerusalem: 1Tes 4:15 - kita yang hidup Maksudnya mereka yang masih hidup pada saat Parusia. Dengan pengandaian Paulus memasukkan dirinya juga ke dalam kalangan orang yang waktu itu masih hi...
Maksudnya mereka yang masih hidup pada saat Parusia. Dengan pengandaian Paulus memasukkan dirinya juga ke dalam kalangan orang yang waktu itu masih hidup. Dengan jalan itu Paulus hanya mengungkapkan pengharapannya, bukanlah kepastian, bdk 1Te 5:1+.
Jerusalem: 1Tes 4:16 - -- Harafiah: Waktu seruan, waktu suara penghulu malaikat (=malaikat agung), waktu sangkakala Tuhan, Allah sendiri...Suara dan sangkakala yang berbunyi da...
Harafiah: Waktu seruan, waktu suara penghulu malaikat (=malaikat agung), waktu sangkakala Tuhan, Allah sendiri...Suara dan sangkakala yang berbunyi dan awan-awan (yang lazimnya menyertai penampakan Allah, bdk Kel 13:22; 19:16, dll) merupakan hal-hal yang biasa dalam sastra apokaliptip dalam menggambarkan akhir zaman, bdk Mat 24:30 dst+; 2Te 1:8+.
Jerusalem: 1Tes 4:17 - yang masih tinggal Sejumlah naskah tidak memuat anak kalimat ini. Terlebih dahulu orang mati akan menanggapi tanda, yang membuka akhir zaman dan bangkit. Kemudian orang ...
Sejumlah naskah tidak memuat anak kalimat ini. Terlebih dahulu orang mati akan menanggapi tanda, yang membuka akhir zaman dan bangkit. Kemudian orang yang masih hidup akan menyusul. Akhirnya semua bersama-sama akan diantar menjemput Tuhan dan menyertaiNya menghadapi penghakiman yang memulai KerajaanNya, yang tidak kunjung akhir. Ciri pokok ialah: kita hidup bersama-sama dengan Dia, bdk 1Te 5:10; 2Te 2:1. Itulah keselamatan, kemuliaan dan Kerajaan yang dikaruniakan Yesus kepada mereka yang telah dipilihNya, 1Te 2:12.
Jerusalem: 1Tes 5:1-11 - -- Dengan memungut keterangan Tuhan sendiri tentang ketidak-pastian saat kedatanganNya yang terakhir, Mat 24:36 dsj; Kis 1:7, yang harus ditunggui orang ...
Dengan memungut keterangan Tuhan sendiri tentang ketidak-pastian saat kedatanganNya yang terakhir, Mat 24:36 dsj; Kis 1:7, yang harus ditunggui orang sambil berjaga-jaga, Mat 24:42 dsj, Mat 24:50; 25:13, Paulus menegaskan bahwa tidak tahu akan saat itu. Hari Tuhan, 1Ko 1:8+, datang seperti pencuri pada malam hari, bdk Mat 24:43 dsj; orang harus berjaga-jaga, 1Te 5:6; bdk Rom 13:11; 1Ko 16:13; Kol 4:2; 1Pe 1:13; 5:8; Wah 3:2 dst; Wah 16:15, sebab waktunya memang singkat, 2Ko 6:2+. Meskipun dahulu dapat mengandaikan, bahwa akan dia antara mereka yang mengalami Hari itu, 1Te 4:17; bdk 1Ko 15:51, namun kemudian Paulus menganggap mungkin bahwa akan mati dahulu, 2Ko 5:3; Fili 1:23. Ia pun menegur mereka yang menyangka bahwa Hari itu sudah di ambang pintu, 2Te 2:1 dst. Pendapatnya mengenai pertobatan bangsa-bangsa bukan Yahudi, Rom 11:25, menyarankan bahwa waktu penantian itu akan berlangsung lama, bdk Mat 25:19; Luk 20:9; 2Pe 3:4,8-10.
Jerusalem: 1Tes 5:1 - zaman dan masa Ini sebuah ungkapan yang lazim, bdk Kis 1:7. Ia menunjuk kepada Allah yang menguasai waktu dan kepada prakarsa berturut-turut dari pihak Allah, yang m...
Jerusalem: 1Tes 5:4 - hari itu Dengan berkata "Hari itu" (bdk 1Ko 1:8+) tanpa tambahan makna kata itu mudah bergeser. Terang dan hari (siang), ialah waktu jaga, diperlawankan dengan...
Dengan berkata "Hari itu" (bdk 1Ko 1:8+) tanpa tambahan makna kata itu mudah bergeser. Terang dan hari (siang), ialah waktu jaga, diperlawankan dengan kegelapan dan malam, waktu tidur (di sini bukan bermakna "mati" seperti dalam 1Te 4:13 dst). Demikianpun "anak-anak terang" ialah orang Kristen diperlawankan dengan "anak-anak kegelapan". Bdk Yoh 8:12+.
Jerusalem: 1Tes 5:9-10 - -- Kembali Paulus mengikhtisarkan pewartaannya: Allah menyelamatkan kita dengan perantaraan Yesus Kristus yang mati untuk kita. "Berjaga-jaga" ... "tidur...
Kembali Paulus mengikhtisarkan pewartaannya: Allah menyelamatkan kita dengan perantaraan Yesus Kristus yang mati untuk kita. "Berjaga-jaga" ... "tidur" berarti: hidup ... mati", seperti dalam 1Te 4:14-17. Semua orang beriman akan mengambil bagian dalam keselamatan terakhir.
Ende: 1Tes 4:13-14 - Jang sudah meninggal Aslinja "jang tertidur".
Umat Tesalonika tjemas tentang nasib saudara-saudara jang meninggal sebelum hari
kedatangan Kristus, entah merekapun akan men...
Aslinja "jang tertidur".
Umat Tesalonika tjemas tentang nasib saudara-saudara jang meninggal sebelum hari kedatangan Kristus, entah merekapun akan menikmati hari itu dan mendapat bagian dalam kemuliaan Kristus.
Ende: 1Tes 4:15 - Kita jang masih hidup Utjapan itu djangan ditafsirkan seolah-olah Paulus
pertjaja, bahwa ia dan pembatja-pembatja sertanja masih hidup pada hari
kedatangan Kristus. Itu su...
Utjapan itu djangan ditafsirkan seolah-olah Paulus pertjaja, bahwa ia dan pembatja-pembatja sertanja masih hidup pada hari kedatangan Kristus. Itu sudah bertentangan dengan adjarannja dilain-lain tempat misalnja Rom 11:25-32; 1Ko 15:5, atau pula dalam fasal berikut. Menurut 2Ko 4:14 ia malah jakin, bahwa ia akan masuk golongan orang jang "dibangkitkan", djadi jang mati sebelum kedatangan Kristus itu.
Ende: 1Tes 4:15 - Kita digunakan disini hanja sebagai lawan "mereka". Terbajang didepan mata
Paulus seluruh umat Kristus diseluruh dunia, jang "kebetulan" masih hidup pada
k...
digunakan disini hanja sebagai lawan "mereka". Terbajang didepan mata Paulus seluruh umat Kristus diseluruh dunia, jang "kebetulan" masih hidup pada kedatangan Kristus, dan Paulus merasa dirinja demikian bersatu dengan para pembatjanja, sehingga digunakannja kata ganti orang "kita" itu.
Ende: 1Tes 4:16 - -- Tentang ungkapan ajat ini bdl. Zak 14:5; 1Ko 15:52; Yoh 5:27-28; Mat 25:31
dan Mar 13:26-27.
Tentang ungkapan ajat ini bdl. Zak 14:5; 1Ko 15:52; Yoh 5:27-28; Mat 25:31 dan Mar 13:26-27.
Ende: 1Tes 5:1 - -- Masa dan ketikanja". Paulus ingat dan memperingatkan akan sabda Jesus dalam
Mat 24:36 dan Mar 13:32-33.
Masa dan ketikanja". Paulus ingat dan memperingatkan akan sabda Jesus dalam Mat 24:36 dan Mar 13:32-33.
hari kedatangan Tuhan.
Bdl. Mat 24:42-44 dan Luk 12:39-40.
Ende: 1Tes 5:3 - Sedjahtera dan aman Utjapan bertjorak sembojan, guna membungkamkan suara
hati-nurani, bagi orang jang ingin menikmati bumi tanpa diganggu atau diragu-ragukan
oleh ingatan...
Utjapan bertjorak sembojan, guna membungkamkan suara hati-nurani, bagi orang jang ingin menikmati bumi tanpa diganggu atau diragu-ragukan oleh ingatan akan murka Allah" jang mengantjam.
Ende: 1Tes 5:4-5 - Putera tjahaja jang terdjelma dari tjahaja dan termasuk keradjaan tjahaja
dimana tjuatja tetap tjerah dan tidak terdapat malam gelap.
jang terdjelma dari tjahaja dan termasuk keradjaan tjahaja dimana tjuatja tetap tjerah dan tidak terdapat malam gelap.
Ende: 1Tes 5:6 - Sadar djangan dibiusi oleh kenikmatan duniawi, sehingga tidak sadar lagi
akan kepentingan-kepentingan abadi. Mungkin pula Paulus disini hendak mengulangi
te...
djangan dibiusi oleh kenikmatan duniawi, sehingga tidak sadar lagi akan kepentingan-kepentingan abadi. Mungkin pula Paulus disini hendak mengulangi tegurannja dalam 1Te 4:11, jaitu supaja mereka djangan dibiusi kegelisahan dalam menganggap hari Tuhan segera tiba.
Ende: 1Tes 5:8 - -- Ketiga keutamaan ilahi kepertjajaan, tjinta dan harap membuat kita kuat dan aman
(kebal) terhadap andjuran-andjuran palsu dan penggoda manapun djuga. ...
Ketiga keutamaan ilahi kepertjajaan, tjinta dan harap membuat kita kuat dan aman (kebal) terhadap andjuran-andjuran palsu dan penggoda manapun djuga. Bdl. Efe 6:13-17.
hukuman abadi jang mahaadil.
Ref. Silang FULL: 1Tes 4:13 - tidak mengetahui // yang meninggal // mempunyai pengharapan · tidak mengetahui: Rom 11:25; Rom 11:25
· yang meninggal: Mat 9:24; Mat 9:24
· mempunyai pengharapan: Ef 2:12
Ref. Silang FULL: 1Tes 4:14 - telah bangkit // dalam Yesus · telah bangkit: Rom 14:9; 1Kor 15:3,4; 2Kor 5:15
· dalam Yesus: 1Kor 15:18
· telah bangkit: Rom 14:9; 1Kor 15:3,4; 2Kor 5:15
· dalam Yesus: 1Kor 15:18
Ref. Silang FULL: 1Tes 4:15 - kedatangan Tuhan // telah meninggal · kedatangan Tuhan: 1Kor 1:7; 1Kor 1:7
· telah meninggal: 1Kor 15:52
· kedatangan Tuhan: 1Kor 1:7; [Lihat FULL. 1Kor 1:7 ]
· telah meninggal: 1Kor 15:52
Ref. Silang FULL: 1Tes 4:16 - penghulu malaikat // sangkakala Allah // dari sorga // dahulu bangkit · penghulu malaikat: Yud 1:9
· sangkakala Allah: Mat 24:31; Mat 24:31
· dari sorga: Mat 16:27; Mat 16:27
· dahulu bangki...
· penghulu malaikat: Yud 1:9
· sangkakala Allah: Mat 24:31; [Lihat FULL. Mat 24:31 ]
· dari sorga: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27 ]
· dahulu bangkit: 1Kor 15:23; 2Tes 2:1; Wahy 14:13
Ref. Silang FULL: 1Tes 4:17 - masih tinggal // dalam awan // dengan Tuhan · masih tinggal: 1Kor 15:52
· dalam awan: Kis 1:9; Kis 8:39; Kis 8:39; Wahy 1:7; Wahy 1:7; Wahy 11:12
· dengan Tuhan: Yoh 12:26;...
· masih tinggal: 1Kor 15:52
· dalam awan: Kis 1:9; Kis 8:39; [Lihat FULL. Kis 8:39]; Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]; Wahy 11:12
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:1 - dan masa // dituliskan kepadamu · dan masa: Kis 1:7
· dituliskan kepadamu: 1Tes 4:9
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:2 - hari Tuhan // pada malam · hari Tuhan: 1Kor 1:8; 1Kor 1:8
· pada malam: Luk 12:39; Luk 12:39
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:3 - dan aman // maka tiba-tiba // akan luput · dan aman: Yer 4:10; 6:14; Yeh 13:10
· maka tiba-tiba: Ayub 15:21; Mazm 35:8; 55:16; Yes 29:5; 47:9,11
· akan luput: 2Tes 1:9
· dan aman: Yer 4:10; 6:14; Yeh 13:10
· maka tiba-tiba: Ayub 15:21; Mazm 35:8; 55:16; Yes 29:5; 47:9,11
· akan luput: 2Tes 1:9
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:4 - dalam kegelapan // seperti pencuri · dalam kegelapan: Kis 26:18; Kis 26:18; 1Yoh 2:8
· seperti pencuri: 1Tes 5:2
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:6 - kita tidur // tetapi berjaga-jaga // dan sadar · kita tidur: Rom 13:11
· tetapi berjaga-jaga: Mat 25:13; Mat 25:13
· dan sadar: Kis 24:25; Kis 24:25
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:8 - orang-orang siang // sadar, berbajuzirahkan // dan berketopongkan // pengharapan keselamatan · orang-orang siang: 1Tes 5:5
· sadar, berbajuzirahkan: Ef 6:14; Ef 6:14
· dan berketopongkan: Yes 59:17; Ef 6:17
· pengh...
Ref. Silang FULL: 1Tes 5:9 - ditimpa murka // Tuhan kita · ditimpa murka: 1Tes 1:10
· Tuhan kita: 2Tes 2:13,14
· ditimpa murka: 1Tes 1:10
· Tuhan kita: 2Tes 2:13,14