Teks -- Yesaya 28:19-29 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yes 28:1-29; Yes 28:23-29
Full Life: Yes 28:1-29 - EFRAIM.
Nas : Yes 28:1-29
Dalam pasal Yes 28:1-33:24 Yesaya kembali ke zamannya sendiri
untuk bernubuat tentang Israel (disebut Efraim) dan Yehuda. Dia men...
Nas : Yes 28:1-29
Dalam pasal Yes 28:1-33:24 Yesaya kembali ke zamannya sendiri untuk bernubuat tentang Israel (disebut Efraim) dan Yehuda. Dia mencela dosa dan kemurtadan mereka serta menyatakan hukuman Allah yang akan datang. Namun hukuman ini tidak akan lebih keras daripada yang diperlukan untuk memurnikan umat pilihan Allah dan menghasilkan kaum sisa yang kudus.
Full Life: Yes 28:23-29 - DENGARKANLAH SUARAKU.
Nas : Yes 28:23-29
Allah akan bertindak sedemikian rupa sehingga akan muncul kaum sisa
yang benar dari ujian hukuman itu.
Nas : Yes 28:23-29
Allah akan bertindak sedemikian rupa sehingga akan muncul kaum sisa yang benar dari ujian hukuman itu.
BIS -> Yes 28:25
Dalam naskah Ibrani ada tambahan satu kata yang tidak jelas artinya.
Jerusalem: Yes 28:7-22 - -- Nubuat-nubuat yang terkumpul di sini dibawakan menjelang penyerbuan yang dilancarkan raja Sanherib pada th 701. Raja Hizkia sedang mempertimbangkan me...
Nubuat-nubuat yang terkumpul di sini dibawakan menjelang penyerbuan yang dilancarkan raja Sanherib pada th 701. Raja Hizkia sedang mempertimbangkan menggabungkan diri dengan suatu persekutuan melawan Asyur. Nubuat pertama, Yes 28:7-13, mengecam mereka yang turut serta dalam perjamuan kudus (selamatan) yang diadakan dalam bait Allah. Mereka menganggap dan mengejek firman nabi sebagai omongan kanak-kanak yang tidak dapat dimengertinya. Tetapi merekapun tidak akan mengerti bahasa prajurit Asyur yang hendak didatangkan Tuhan.
Jerusalem: Yes 28:14-22 - -- Bagian ini (kecuali Yes 28:16-17) mengecamkan para penasehat yang mengajak raja masuk persekutuan melawan Asyur. Persekutuan semacam itu tidak lain da...
Bagian ini (kecuali Yes 28:16-17) mengecamkan para penasehat yang mengajak raja masuk persekutuan melawan Asyur. Persekutuan semacam itu tidak lain dari perjanjian dengan maut dan dunia orang mati, Yes 28:15.
Ayat ini agaknya sebuah peribahasa rakyat yang dikutip nabi.
Jerusalem: Yes 28:23-29 - -- Ini sebuah perumpamaan. Kebijaksanaan petani yang menanam dan mengirik padi-padiannya masing-masing menurut jenisnya mengibaratkan kebijaksanaan Tuhan...
Ini sebuah perumpamaan. Kebijaksanaan petani yang menanam dan mengirik padi-padiannya masing-masing menurut jenisnya mengibaratkan kebijaksanaan Tuhan dalam membimbing umatNya.
Jerusalem: Yes 28:27 - eretan pengirik Ini sebuah papan beroda tajam atau berbatu-batu tajam yang dipakai untuk mengirik gandum.
Ini sebuah papan beroda tajam atau berbatu-batu tajam yang dipakai untuk mengirik gandum.
Ende: Yes 28:17-22 - -- Bagian ini melangsungkan Yes 28:14-15 dan menubuatkan hukuman para
penasehat jang buruk itu.
Bagian ini melangsungkan Yes 28:14-15 dan menubuatkan hukuman para penasehat jang buruk itu.
Ende: Yes 28:19 - pengertian....dst Nubuat jang dibawakan Jesaja ini nanti akan di mengerti
dan tentu sadja mendahsjatkan orang2 jang tertimpa.
Nubuat jang dibawakan Jesaja ini nanti akan di mengerti dan tentu sadja mendahsjatkan orang2 jang tertimpa.
Ende: Yes 28:20 - -- Ajat ini merupakan sebuah pepatah jang artinja: Orang tidak dapat menemukan
sesuatu jang menolong.
Ajat ini merupakan sebuah pepatah jang artinja: Orang tidak dapat menemukan sesuatu jang menolong.
Ende: Yes 28:21 - -- Digunung Perasim Dawud mengalahkan orang2 Felesjet berkat pertolongan Allah,
seperti di Gibe'on pula.
Digunung Perasim Dawud mengalahkan orang2 Felesjet berkat pertolongan Allah, seperti di Gibe'on pula.
Jesaja berbitjara kepada para penasehat2 buruk.
Ende: Yes 28:23-29 - -- Perumpamaan (dua?) ini mengibaratkan kebidjaksanaan Allah terhadap umatnja.
Allah tidak terus2an memperlakukan umatNja setjara sama sadja, tapi sesuai...
Perumpamaan (dua?) ini mengibaratkan kebidjaksanaan Allah terhadap umatnja. Allah tidak terus2an memperlakukan umatNja setjara sama sadja, tapi sesuai dengan keperluan2: kadang2 menolong, kadang2 menghukum untuk membersihkannja, seturut kelakuan umatNja. Kebidjaksanaan pak tani merupakan tjerminan kebidjaksanaan Allah itu.
Dua kata ditinggalkan.
diperbaiki menurut naskah Qumran.
Ref. Silang FULL: Yes 28:19 - akan menyeret // demi pagi // semata-mata kengerian · akan menyeret: 2Raj 24:2
· demi pagi: Mazm 5:4; Mazm 5:4
· semata-mata kengerian: Ayub 18:11; Ayub 18:11
· akan menyeret: 2Raj 24:2
· demi pagi: Mazm 5:4; [Lihat FULL. Mazm 5:4]
· semata-mata kengerian: Ayub 18:11; [Lihat FULL. Ayub 18:11]
· dipakai menyelubungi: Yes 59:6
Ref. Silang FULL: Yes 28:21 - gunung Perasim // dekat Gibeon // melakukan perbuatan-Nya · gunung Perasim: Kej 38:29; Kej 38:29; 1Taw 14:11; 1Taw 14:11
· dekat Gibeon: Yos 9:3; Yos 9:3
· melakukan perbuatan-Nya: Yes 10...
· gunung Perasim: Kej 38:29; [Lihat FULL. Kej 38:29]; 1Taw 14:11; [Lihat FULL. 1Taw 14:11]
· dekat Gibeon: Yos 9:3; [Lihat FULL. Yos 9:3]
· melakukan perbuatan-Nya: Yes 10:12; 65:7; Luk 19:41-44
Ref. Silang FULL: Yes 28:22 - kamu mencemooh // sudah pasti // seluruh negeri · kamu mencemooh: 2Taw 36:16; 2Taw 36:16; Yer 29:18; Rat 2:15; Zef 2:15
· sudah pasti: Yes 10:22; Yes 10:22
· seluruh negeri: Yes...
· kamu mencemooh: 2Taw 36:16; [Lihat FULL. 2Taw 36:16]; Yer 29:18; Rat 2:15; Zef 2:15
· Pasanglah telinga: Yes 32:9
· untuk menabur: Pengkh 3:2
Ref. Silang FULL: Yes 28:25 - jintan putih // dan jelai // dan sekoi · jintan putih: Mat 23:23
· dan jelai: Kel 9:31; Kel 9:31
· dan sekoi: Kel 9:32; Yeh 4:9
· telah diajari: Mazm 94:10; [Lihat FULL. Mazm 94:10]
Ref. Silang FULL: Yes 28:27 - tidak diirik // eretan pengirik // dengan tongkat · tidak diirik: Yes 21:10
· eretan pengirik: Ayub 41:21; Ayub 41:21
· dengan tongkat: Yes 10:5
· tidak diirik: Yes 21:10
· eretan pengirik: Ayub 41:21; [Lihat FULL. Ayub 41:21]
· dengan tongkat: Yes 10:5