Teks -- Wahyu 3:11 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Why 3:11
Full Life: Why 3:11 - AKU DATANG SEGERA.
Nas : Wahy 3:11
Kaitan yang erat antara ayat ini dengan ayat Wahy 3:10
menunjukkan
(1) bahwa kedatangan Kristus untuk mengangkat jemaat-Nya da...
Nas : Wahy 3:11
Kaitan yang erat antara ayat ini dengan ayat Wahy 3:10 menunjukkan
- (1) bahwa kedatangan Kristus untuk mengangkat jemaat-Nya dari bumi ini akan menjadi cara untuk membebaskan mereka (bd. 1Tes 1:10; 1Tes 4:14-18), dan
- (2) bahwa keluputan dari hari pencobaan dan kesengsaraan itu hanya akan terjadi bagi mereka yang setia dalam gereja yang berpegang erat kepada Kristus dan Firman-Nya (ayat Wahy 3:8).
Jerusalem -> Why 2:1--3:22
Jerusalem: Why 2:1--3:22 - -- Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau anc...
Bab 2-3 Ketujuh surat yang tercantum di sini tersusun secara sama. Dijelaskan dahulu bagaimana keadaan jemaat (Aku tahu), lalu menyusul janji atau ancaman, yang melayangkan pandangan ke akhir zaman. Ajaran yang termaktub dalam surat-surat ini sangat padat, khususnya ajaran mengenai Yesus Kristus. Surat-surat itu juga memberi informasi tentang hidup Kristen di kawasan Asia-Kecil sekitar th 90.
Ref. Silang FULL -> Why 3:11
Ref. Silang FULL: Why 3:11 - datang segera // ada padamu // mengambil mahkotamu · datang segera: Mat 16:27; Mat 16:27
· ada padamu: Wahy 2:25
· mengambil mahkotamu: 1Kor 9:25; 1Kor 9:25
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Why 3:11; Why 3:11; Why 3:11; Why 3:11; Why 3:11; Why 3:9-12; Why 3:11; Why 3:7-13; Why 2:1--3:22
Hagelberg: Why 3:11 - -- 3:11 Aku datang214 dengan tiba-tiba.215 Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
"Tuntutan" ini agak ringan. Bagi ...
3:11 Aku datang214 dengan tiba-tiba.215 Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
"Tuntutan" ini agak ringan. Bagi mereka di Filadelfia, kedatangan Tuhan Yesus menjadi penghiburan, sedangkan bagi mereka di Efesus, Pergamus, dan sebagian dari mereka di Sardis, kata-kata seperti Aku datang segera merupakan hal yang menakutkan. Tuhan Yesus senang dengan sifat dan kelakuan mereka yang ada di Filadelfia, tetapi mereka tidak boleh berpuas diri.
Hagelberg: Why 3:11 - -- 3:11 Aku datang214 dengan tiba-tiba.215 Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
"Tuntutan" ini agak ringan. Bagi ...
3:11 Aku datang214 dengan tiba-tiba.215 Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
"Tuntutan" ini agak ringan. Bagi mereka di Filadelfia, kedatangan Tuhan Yesus menjadi penghiburan, sedangkan bagi mereka di Efesus, Pergamus, dan sebagian dari mereka di Sardis, kata-kata seperti Aku datang segera merupakan hal yang menakutkan. Tuhan Yesus senang dengan sifat dan kelakuan mereka yang ada di Filadelfia, tetapi mereka tidak boleh berpuas diri.
Hagelberg: Why 3:11 - -- 6. Ancaman (3:11b)
supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu
"Ancaman" ini agak ringan juga. Tuhan mengingatkan mereka bahwa mahkota yang disediaka...
6. Ancaman (3:11b)
supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu
"Ancaman" ini agak ringan juga. Tuhan mengingatkan mereka bahwa mahkota yang disediakan bagi setiap mereka bukan merupakan jaminan. Kalau mereka berpuas diri dan tidak rajin lagi bagi Kristus, mereka tidak akan menerima hadiah sebagai pemenang. Perlombaannya belum selesai.
Hagelberg: Why 3:11 - -- 3:11 Aku datang dengan tiba-tiba226. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
Tuhan berjanji Dia akan datang denga...
3:11 Aku datang dengan tiba-tiba226. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
Tuhan berjanji Dia akan datang dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, maka mungkin mereka sendiri akan menikmati apa yang dijanjikan dalam pasal 3:10.
Sekali lagi mahkota227 diterangkan sebagai pahala. Kalau mereka tetap memegang apa yang ada pada mereka, kalau mereka mempertahankan tingkat kerohanian yang telah mereka capai, maka mahkota mereka aman. Ini mirip dengan apa yang dijanjikan kepada jemaat Smirna dalam pasal 2:10. Sebaliknya kalau seandainya mereka digoda, dan jatuh, sehingga tidak hidup berkenan lagi, maka dikatakan bahwa siapa yang menggodai dan menjatuhkan mereka sudah "mengambil" mahkota mereka.
3:12a Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku
Yang menang akan dijadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah. Ternyata ada kebiasaan di zaman itu, yakni di dalam kuil mereka, sokoguru yang didirikan bertuliskan nama orang yang akan dihormati.228 Jadi, orang yang setia akan dihormati secara terbuka, untuk diketahui semua orang.
3:12b ia tidak akan keluar lagi dari situ
Orang yang menerima janji ini akan berhak menikmati persekutuan dengan Allah selama-lamanya. Janji ini dapat dibandingkan dengan Mazmur 27:4. Sikap permanen dari janji ini perlu dibandingkan dengan keadaan gedung-gedung Filadelfia yang hancur akibat gempa bumi yang dahsyat. Di sana tidak ada gempa bumi lagi!
3:12c padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem Baru, yang turun dari surga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.
Tuhan Yesus akan menulis tiga nama terhadap yang menang, yaitu:
Nama Allah Yesus,
Nama kota Allah, yaitu Yerusalem Baru dan
Nama Yesus yang baru
Orang Yahudi sama sekali tidak menulis nama Allah229 di luar naskah Firman Allah, karena mereka takut penulisan itu akan dihina orang, atau akan dinajiskan, tetapi Tuhan akan menghormati orang yang menang dengan nama-Nya, karena Dia tidak malu akan mereka. Ini merupakan suatu kehormatan yang amat besar!
Ada tokoh Yahudi230 yang berkata, "Tiga dinamakan menurut nama Allah, yaitu orang-orang benar, Mesias, dan Yerusalem." Rupanya Yesaya 43:7; Yeremia 23:6; dan Yehezkiel 48:35 melatarbelakangi perkataan itu.
Enam janji ini mungkin aneh, tetapi juga indah sekali, dan selayaknya kita melayani Tuhan dengan segenap hati untuk meraih janji-janji ini.
Jemaat di Filadelfia adalah sebuah jemaat yang sepertinya tidak kuat, yang diberi kesempatan luar biasa untuk melayani satu wilayah yang saat itu belum dijangkau. Mereka setia dan tekun dalam kesusahan yang mereka alami di Filadelfia. Oleh karena itu maka mereka tidak ditegur, tetapi mereka diberi janji-janji yang indah.
7. Janji (3:9-12)
Jemaat yang setia ini ditawari enam janji.
Hagelberg: Why 3:11 - -- 3:11 Aku datang dengan tiba-tiba226. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
Tuhan berjanji Dia akan datang denga...
3:11 Aku datang dengan tiba-tiba226. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
Tuhan berjanji Dia akan datang dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, maka mungkin mereka sendiri akan menikmati apa yang dijanjikan dalam pasal 3:10.
Sekali lagi mahkota227 diterangkan sebagai pahala. Kalau mereka tetap memegang apa yang ada pada mereka, kalau mereka mempertahankan tingkat kerohanian yang telah mereka capai, maka mahkota mereka aman. Ini mirip dengan apa yang dijanjikan kepada jemaat Smirna dalam pasal 2:10. Sebaliknya kalau seandainya mereka digoda, dan jatuh, sehingga tidak hidup berkenan lagi, maka dikatakan bahwa siapa yang menggodai dan menjatuhkan mereka sudah "mengambil" mahkota mereka.
3:12a Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku
Yang menang akan dijadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah. Ternyata ada kebiasaan di zaman itu, yakni di dalam kuil mereka, sokoguru yang didirikan bertuliskan nama orang yang akan dihormati.228 Jadi, orang yang setia akan dihormati secara terbuka, untuk diketahui semua orang.
3:12b ia tidak akan keluar lagi dari situ
Orang yang menerima janji ini akan berhak menikmati persekutuan dengan Allah selama-lamanya. Janji ini dapat dibandingkan dengan Mazmur 27:4. Sikap permanen dari janji ini perlu dibandingkan dengan keadaan gedung-gedung Filadelfia yang hancur akibat gempa bumi yang dahsyat. Di sana tidak ada gempa bumi lagi!
3:12c padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem Baru, yang turun dari surga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.
Tuhan Yesus akan menulis tiga nama terhadap yang menang, yaitu:
Nama Allah Yesus,
Nama kota Allah, yaitu Yerusalem Baru dan
Nama Yesus yang baru
Orang Yahudi sama sekali tidak menulis nama Allah229 di luar naskah Firman Allah, karena mereka takut penulisan itu akan dihina orang, atau akan dinajiskan, tetapi Tuhan akan menghormati orang yang menang dengan nama-Nya, karena Dia tidak malu akan mereka. Ini merupakan suatu kehormatan yang amat besar!
Ada tokoh Yahudi230 yang berkata, "Tiga dinamakan menurut nama Allah, yaitu orang-orang benar, Mesias, dan Yerusalem." Rupanya Yesaya 43:7; Yeremia 23:6; dan Yehezkiel 48:35 melatarbelakangi perkataan itu.
Enam janji ini mungkin aneh, tetapi juga indah sekali, dan selayaknya kita melayani Tuhan dengan segenap hati untuk meraih janji-janji ini.
Jemaat di Filadelfia adalah sebuah jemaat yang sepertinya tidak kuat, yang diberi kesempatan luar biasa untuk melayani satu wilayah yang saat itu belum dijangkau. Mereka setia dan tekun dalam kesusahan yang mereka alami di Filadelfia. Oleh karena itu maka mereka tidak ditegur, tetapi mereka diberi janji-janji yang indah.
Hagelberg: Why 3:7-13 - -- F. Surat kepada Jemaat di Filadelfia (3:7-13)
1. Alamat surat ini: Jemaat di Filadelfia (3:7a)
3:7a Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelf...
F. Surat kepada Jemaat di Filadelfia (3:7-13)
1. Alamat surat ini: Jemaat di Filadelfia (3:7a)
3:7a Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia
Kota Filadelfia dibangun antara tahun 189 SM hingga tahun 138 SM.208 Kota ini dinamakan Filadelfia ("kasih persaudaraan") karena kasih Attalus II bagi kakaknya, Eumenes II, dua raja Pergamus.209 Kota Filadelfia dibangun di perbatasan wilayah tiga bangsa: Misia, Lidia, dan Frigia. Bangsa Misia sudah memeluk kebudayaan Yunani, tetapi bangsa Frigia dan Lidia saat itu belum mau menerima bahasa dan budaya Yunani. Mereka dianggap liar dan tidak beradab. Filadelfia dibangun dengan suatu harapan menjadi saluran atau pintu gerbang untuk membawa kebudayaan Yunani kepada bangsa Frigia dan Lidia, atau untuk "meyunanikan" mereka. Maka dapat dikatakan, sejak didirikan Kota Filadelfia memang memiliki peranan "misionaris".
Kota Filadelfia terletak di Lembah Kogamis, dan ini sungguh baik sebagai jalur perdagangan. Barang dari Lidia dan dari pelabuhan Smirna yang dibawa ke Frigia dan seluruh wilayah timur dari Frigia akan lewat Filadelfia. Tetapi dari segi yang lain, letak Kota Filadelfia tidak menguntungkan sebab gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi di daerah itu. Pada tahun 17 M ada gempa bumi yang dianggap paling dahsyat sampai saat itu. Dua belas kota di daerah itu, termasuk Filadelfia dan Sardis, hancur. Ada penghuni Filadelfia yang begitu takut sehingga mereka tinggal dalam pondok di luar kota, dan tidak mau membangun kembali rumah mereka di kota.210 Pengalaman, perasaan dan ketakutan itu dapat dibandingkan dengan janji Tuhan Yesus bagi mereka yang setia, bahwa "ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ."211
Juga, di Filadelfia, kalau tokoh kota yang mengabdi dengan setia akan pensiun, sebuah sokoguru yang bertuliskan nama orang itu didirikan di kuil untuk menghormatinya. Mereka yang datang untuk menyembah di kuil itu melihat sokoguru itu dan mengingat dia yang telah mengabdi dengan setia.
Hagelberg: Why 2:1--3:22 - -- II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22)
Fungsi pasal dua dan pasal tiga:
Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincia...
II. Bagian Kedua: \"...apa yang terjadi sekarang...\" (2:1-3:22)
Fungsi pasal dua dan pasal tiga:
Bagian ini menjelaskan dan menerapkan rincian-rincian yang sulit dimengerti dari penglihatan tentang Tuhan Yesus dalam pasal satu. Juga perintah-perintah yang harus kita turuti untuk mengalami kebahagiaan yang disebutkan dalam pasal 1:3, terdapat dalam bagian ini. Kalau kita mau menerima berkat yang diucapkan di dalam pasal 1:3, maka kita perlu membaca bagian ini dan menaati perintah-perintah yang ada di dalamnya.
Isi bagian ini:
Bagian ini terdiri dari tujuh surat kepada tujuh jemaat. Setiap jemaat adalah sebuah gereja setempat yang harfiah. Oleh karena jemaat-jemaat sepanjang zaman ini mempunyai ciri-ciri yang diuraikan dalam pasal dua dan tiga, maka dapat dikatakan bahwa ketujuh jemaat itu juga mewakili setiap jemaat. Jadi, walaupun sesuatu ditulis untuk jemaat di Efesus, tetapi hal itu juga berlaku bagi kita "yang bertelinga". Wahyu 2:7 berbunyi, "Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat...." Jadi, semua ini dikatakan kepada jemaat-jemaat Kristus, dan bukan kepada satu jemaat saja. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa surat-surat ini milik kita juga.
Ketujuh Kota di Asia Kecil
Bentuk bagian ini:
Ketujuh surat disusun menurut suatu pola yang mempunyai tujuh bagian, yaitu:
1. Alamat Surat
2. Sifat Kristus
3. Pujian untuk Jemaat
4. Kritikan
5. Tuntutan
6. Ancaman
7. Janji
Ada perkecualian: jemaat di Laodikia tidak dipuji, dan jemaat di Smirna tidak dikritik.
Morris137 mengamati bahwa jemaat pertama dan jemaat ketujuh berada dalam keadaan yang amat parah, jemaat kedua dan keenam berada dalam keadaan yang sangat baik, dan keadaan jemaat yang ketiga, keempat, dan kelima sedang-sedang saja.
Beberapa penafsir berkata bahwa setiap jemaat melambangkan suatu masa dalam sejarah gereja. Misalnya jemaat di Efesus, yang ajarannya mantap, melambangkan gereja yang mula-mula, pada masa rasul-rasul. Menurut pola penafsiran itu, mungkin jemaat di Sardis (yang "dikatakan hidup, padahal engkau mati") melambangkan gereja pada zaman Reformasi. Penulis menolak tafsiran tersebut, berdasarkan atas lima alasan berikut. Pertama, sebenarnya tafsiran tersebut tidak berdasarkan pengamatan yang teliti. Alasannya karena sejarah gereja tidak begitu sesuai dengan jalannya dua pasal ini. Kedua, kita perlu mengerti bahwa ada jemaat seperti setiap ketujuh jemaat ini pada setiap generasi sejak kitab ini ditulis. Ketiga, tafsiran tersebut cenderung menarik perhatian kita dari penerapan nas ini dalam pribadi kita masing-masing dan dalam jemaat kita masing-masing. Keempat, tampaknya urutan kota yang ada dalam nas ini disamakan bukan dengan sejarah gereja tetapi dengan letaknya kota-kota ini di jalan raya di wilayah itu. Kelima, tidak ada satu petunjuk pun dalam nas ini yang dapat dipakai sebagai alasan atau bukti untuk menafsirkan secara alegoris (lambang).
Oleh karena setiap "surat" ini dimulai dengan kata "Inilah Firman dari Dia...",138 kata yang juga dipakai sebagai kata pengantar pada nubuatan dalam Perjanjian Lama (LXX),139 maka beberapa penafsir140 menegaskan bahwa apa yang kita sebut "surat" sebaiknya disebut "nubuatan". Menurut mereka, khas nubuatan ketujuh surat perlu ditegaskan.