kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 20:7-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Iblis dihukum
20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. 20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka, 20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.
Hukuman yang terakhir
20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. 20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Gog a figurative person,son of Shemaiah of Reuben,prince of the people/land of Magog: eschatological
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Magog symbolic name for peoples from the remote corners of the earth,son of Japheth son of Noah,a symbol of all the pagan nations united against God


Topik/Tema Kamus: Lihat, Penglihatan | Wahyu | Penghakiman | Hukuman, Penghukuman | Iblis | Datang, Kedatangan Kristus | Kitab | Neraka | Hakim Penghakiman | Iblis (Penggoda) | Laut | Naga | Penjara | Bangkit, Kebangkitan Orang Mati | Gog | Mati, Kematian | Palsu | Seribu Tahun | Hak Istimewa Dari Orang-Orang Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 20:7 - IBLIS AKAN DILEPASKAN. Nas : Wahy 20:7 Pada akhir pemerintahan Kristus, Iblis akan dilepaskan. 1) Iblis sendiri yang tertipu hingga percaya bahwa ia masih dapat m...

Nas : Wahy 20:7

Pada akhir pemerintahan Kristus, Iblis akan dilepaskan.

  1. 1) Iblis sendiri yang tertipu hingga percaya bahwa ia masih dapat mengalahkan Allah, akan diizinkan untuk memperdaya mereka yang berhasrat untuk memberontak melawan pemerintahan Kristus. Ia akan menghimpun sekumpulan besar pemberontak.
  2. 2) "Gog dan Magog" (ayat Wahy 20:8; berasal dari Yeh 38:1-39:29) menggambarkan semua bangsa di dunia dan roh pemberontakan mereka melawan Allah dan kebenaran.

Full Life: Why 20:8 - MENYESATKAN BANGSA-BANGSA. Nas : Wahy 20:8 Ini merupakan pemberontakan terakhir dalam sejarah terhadap Allah. Banyak dari antara mereka yang lahir dalam kerajaan seribu tahun...

Nas : Wahy 20:8

Ini merupakan pemberontakan terakhir dalam sejarah terhadap Allah. Banyak dari antara mereka yang lahir dalam kerajaan seribu tahun akhirnya memilih untuk menolak ketuhanan Kristus yang tampak dan sebagai gantinya memilih Iblis dan dustanya. Hukuman Allah adalah kebinasaan total (ayat Wahy 20:9).

Full Life: Why 20:10 - IBLIS ... LAUTAN API DAN BELERANG. Nas : Wahy 20:10 Kuasa Iblis tidak akan bertahan selama-lamanya, karena Allah akan melemparkannya ke dalam lautan api dan belerang (lih. Yes 14:9-1...

Nas : Wahy 20:10

Kuasa Iblis tidak akan bertahan selama-lamanya, karena Allah akan melemparkannya ke dalam lautan api dan belerang (lih. Yes 14:9-17). Di sana ia tidak akan memerintah, tetapi akan disiksa siang dan malam untuk selama-lamanya.

Full Life: Why 20:11-13 - TAKHTA PUTIH YANG BESAR. Nas : Wahy 20:11-13 Penghakiman yang digambarkan di sini disebut "Penghakiman Takhta Putih yang Besar" dan meliputi semua orang yang terhilang dari...

Nas : Wahy 20:11-13

Penghakiman yang digambarkan di sini disebut "Penghakiman Takhta Putih yang Besar" dan meliputi semua orang yang terhilang dari segala zaman. Beberapa orang berpendapat bahwa mereka yang diselamatkan dalam pemerintahan Kristus selama seribu tahun di bumi itu akan termasuk dalam penghakiman ini.

Full Life: Why 20:11 - LENYAPLAH BUMI DAN LANGIT. Nas : Wahy 20:11 Barangkali ini menunjuk kepada kehancuran alam semesta dan penciptaan langit yang baru dan bumi yang baru (Wahy 21:1; bd. Yes 51:6...

Nas : Wahy 20:11

Barangkali ini menunjuk kepada kehancuran alam semesta dan penciptaan langit yang baru dan bumi yang baru (Wahy 21:1; bd. Yes 51:6; 2Pet 3:7,10-12).

Full Life: Why 20:14 - LAUTAN API. Nas : Wahy 20:14 Alkitab melukiskan gambaran yang dahsyat sekali mengenai nasib akhir orang-orang terhilang. 1) Gambaran itu berbicara tentang...

Nas : Wahy 20:14

Alkitab melukiskan gambaran yang dahsyat sekali mengenai nasib akhir orang-orang terhilang.

  1. 1) Gambaran itu berbicara tentang "penderitaan dan kesesakan" (Rom 2:9), "ratap dan kertak gigi" (Mat 22:13; 25:30), "kebinasaan selama-lamanya" (2Tes 1:9), dan "dapur api" (Mat 13:42,50). Gambaran ini berbicara tentang "gua-gua yang gelap" (2Pet 2:4), "siksaan yang kekal" (Mat 25:46), dan sebuah "neraka ... api yang tak terpadamkan" (Mr 9:43), suatu "lautan api yang menyala-nyala oleh belerang" (Wahy 19:20), dan "asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa" (Wahy 14:11). Sungguh, "ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup" (Ibr 10:31); "adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan" (Mat 26:24; juga

    lihat cat. --> Mat 10:28).

    [atau ref. Mat 10:28]

  2. 2) Orang percaya dari jemaat PB sadar sekali mengenai nasib orang-orang yang hidup di dalam dosa. Demi alasan inilah mereka berkhotbah dengan cucuran air mata

    (lihat cat. --> Kis 20:19)

    [atau ref. Kis 20:19]

    dan membela Firman Allah yang tak pernah salah dan Injil Keselamatan melawan segala bentuk pemutarbalikan dan ajaran yang palsu

    (lihat cat. --> Fili 1:17;

    lihat cat. --> 2Tim 1:14;

    [atau ref. Fili 1:17; 2Tim 1:14]

    lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA)

  3. 3) Kenyataan yang sungguh-sungguh mengenai hukuman kekal untuk orang fasik merupakan daya pendorong yang terbesar untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia dan berusaha sekuat-kuatnya untuk meyakinkan orang untuk bertobat dan menerima Kristus sebelum terlambat

    (lihat cat. --> Yoh 3:16).

    [atau ref. Yoh 3:16]

Full Life: Why 20:15 - KITAB KEHIDUPAN. Nas : Wahy 20:15 Lihat cat. --> Wahy 3:5. [atau ref. Wahy 3:5]

Nas : Wahy 20:15

Lihat cat. --> Wahy 3:5.

[atau ref. Wahy 3:5]

Jerusalem: Why 20:8 - Gog dan Magog Kedua nama ini diambil dari Yeh 38:1-39:29. Dalam Yehezkiel Gog adalah raja negeri Magog, pada hal dalam Wahyu dua-duanya tokoh yang melambangkan bang...

Kedua nama ini diambil dari Yeh 38:1-39:29. Dalam Yehezkiel Gog adalah raja negeri Magog, pada hal dalam Wahyu dua-duanya tokoh yang melambangkan bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah dan bersekutu melawan Gereja menjelang akhir zaman.

Jerusalem: Why 20:9 - kota yang dikasihi itu Ialah Yerusalem yang menjadi ibu kota negeri baru yang dijanjikan, Wah 21:2+. Negeri itu dapat melawan penyerbuan terakhir itu dan mempertahankan diri...

Ialah Yerusalem yang menjadi ibu kota negeri baru yang dijanjikan, Wah 21:2+. Negeri itu dapat melawan penyerbuan terakhir itu dan mempertahankan diri. Negeri baru melambangkan seluruh Gereja, meskipun nampaknya terletak di tempat tertentu.

Jerusalem: Why 20:11-14 - -- Setelah semua orang mati bangkit, Wah 20:12-13, Hakim, Wah 2:23; 3:5; bdk Wah 19:13+; Dan 7:10, tampil ke depan. Ciptaan yang sekarang hilang lenyap, ...

Setelah semua orang mati bangkit, Wah 20:12-13, Hakim, Wah 2:23; 3:5; bdk Wah 19:13+; Dan 7:10, tampil ke depan. Ciptaan yang sekarang hilang lenyap, Wah 20:11, diganti ciptaan baru, Wah 21:1+.

Jerusalem: Why 20:12 - semua kitab Kitab-kitab ini berisikan perbuatan-perbuatan manusia yang baik dan yang jahat, bdk Dan 7:10

Kitab-kitab ini berisikan perbuatan-perbuatan manusia yang baik dan yang jahat, bdk Dan 7:10

Jerusalem: Why 20:12 - kitab kehidupan Bdk Wah 3:5. Kitab ini berisikan nama semua orang yang ditentukan untuk keselamatan, Wah 3:5; 17:8; 20:12,15; 21:27; bdk Fili 4:3; Dan 7:10; 12:1; Kis...

Bdk Wah 3:5. Kitab ini berisikan nama semua orang yang ditentukan untuk keselamatan, Wah 3:5; 17:8; 20:12,15; 21:27; bdk Fili 4:3; Dan 7:10; 12:1; Kis 13:48+.

Jerusalem: Why 20:14 - -- Sesudah penghakiman terakhir bahkan kematian tidak berdaya lagi, bdk Wah 20:10; 21:4 dan Wah 20:6.

Sesudah penghakiman terakhir bahkan kematian tidak berdaya lagi, bdk Wah 20:10; 21:4 dan Wah 20:6.

Ende: Why 20:8 - Gog dan Magog Dalam Yeh 38 dan Yeh 39 Gog adalah radja beberapa bangsa kafir jang bermusuh dengan kaum Israel, dan disini melambangkan segala bangsa kafir jang mend...

Dalam Yeh 38 dan Yeh 39 Gog adalah radja beberapa bangsa kafir jang bermusuh dengan kaum Israel, dan disini melambangkan segala bangsa kafir jang mendjelang achir zaman akan dikerahkan oleh naga untuk memerangi Keradjaan Allah. Mereka semua musnah oleh api jang djatuh dari langit dan nagapun ditangkap dan ditjampakkan kedalam api abadi.

Ende: Why 20:11-15 - -- Sesudah lenjaplah segala musuh diadakan pengadilan terachir. Semua orang mati dibangkitkan dan dihadapkan kepada tahcta Allah untuk diadili masing-mas...

Sesudah lenjaplah segala musuh diadakan pengadilan terachir. Semua orang mati dibangkitkan dan dihadapkan kepada tahcta Allah untuk diadili masing-masing. Bdl. Mat 19:28-29.

Ref. Silang FULL: Why 20:7 - itu berakhir · itu berakhir: Wahy 20:2

· itu berakhir: Wahy 20:2

Ref. Silang FULL: Why 20:8 - menyesatkan bangsa-bangsa // penjuru bumi // dan Magog // untuk berperang // di laut · menyesatkan bangsa-bangsa: Wahy 20:3,10; Wahy 12:9 · penjuru bumi: Yes 11:12; Yeh 7:2; Wahy 7:1 · dan Magog: Yeh 38:2; 39:1 &mi...

· menyesatkan bangsa-bangsa: Wahy 20:3,10; Wahy 12:9

· penjuru bumi: Yes 11:12; Yeh 7:2; Wahy 7:1

· dan Magog: Yeh 38:2; 39:1

· untuk berperang: Wahy 16:14; [Lihat FULL. Wahy 16:14]

· di laut: Yeh 38:9,15; Ibr 11:12

Ref. Silang FULL: Why 20:9 - lalu mengepung // yang dikasihi // dari langit · lalu mengepung: Yeh 38:9,16 · yang dikasihi: Mazm 87:2 · dari langit: Yeh 38:22; 39:6; Wahy 13:13; Wahy 13:13

· lalu mengepung: Yeh 38:9,16

· yang dikasihi: Mazm 87:2

· dari langit: Yeh 38:22; 39:6; Wahy 13:13; [Lihat FULL. Wahy 13:13]

Ref. Silang FULL: Why 20:10 - menyesatkan mereka // dan belerang // tempat binatang // nabi palsu // sampai selama-lamanya · menyesatkan mereka: Wahy 20:3,8; Wahy 12:9; 19:20 · dan belerang: Wahy 9:17; Wahy 9:17 · tempat binatang: Wahy 16:13 · n...

· menyesatkan mereka: Wahy 20:3,8; Wahy 12:9; 19:20

· dan belerang: Wahy 9:17; [Lihat FULL. Wahy 9:17]

· tempat binatang: Wahy 16:13

· nabi palsu: Wahy 16:13

· sampai selama-lamanya: Wahy 14:10,11

Ref. Silang FULL: Why 20:11 - takhta putih // Dari hadapan-Nya · takhta putih: Wahy 4:2; Wahy 4:2 · Dari hadapan-Nya: Wahy 6:14; Wahy 6:14

· takhta putih: Wahy 4:2; [Lihat FULL. Wahy 4:2]

· Dari hadapan-Nya: Wahy 6:14; [Lihat FULL. Wahy 6:14]

Ref. Silang FULL: Why 20:12 - dan kecil // Lalu dibuka // kitab kehidupan // mati dihakimi // menurut perbuatan · dan kecil: Wahy 19:5; Wahy 19:5 · Lalu dibuka: Dan 7:10 · kitab kehidupan: Wahy 20:15; Kel 32:32; Ul 29:20; Dan 12:1; Mal 3:16;...

· dan kecil: Wahy 19:5; [Lihat FULL. Wahy 19:5]

· Lalu dibuka: Dan 7:10

· kitab kehidupan: Wahy 20:15; Kel 32:32; Ul 29:20; Dan 12:1; Mal 3:16; Luk 10:20; Wahy 3:5; 21:27

· mati dihakimi: Wahy 11:18

· menurut perbuatan: Yer 17:10; Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Why 20:13 - kerajaan maut // orang-orang mati // menurut perbuatannya · kerajaan maut: Wahy 1:18; 6:8 · orang-orang mati: Yes 26:19 · menurut perbuatannya: Mat 16:27; Mat 16:27

· kerajaan maut: Wahy 1:18; 6:8

· orang-orang mati: Yes 26:19

· menurut perbuatannya: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Why 20:14 - Lalu maut // kerajaan maut // lautan api // Itulah kematian · Lalu maut: 1Kor 15:26 · kerajaan maut: Wahy 20:13 · lautan api: Wahy 19:20; Wahy 19:20 · Itulah kematian: Wahy 2:11; Wah...

· Lalu maut: 1Kor 15:26

· kerajaan maut: Wahy 20:13

· lautan api: Wahy 19:20; [Lihat FULL. Wahy 19:20]

· Itulah kematian: Wahy 2:11; [Lihat FULL. Wahy 2:11]

Ref. Silang FULL: Why 20:15 - kitab kehidupan · kitab kehidupan: Wahy 20:12; Wahy 20:12

· kitab kehidupan: Wahy 20:12; [Lihat FULL. Wahy 20:12]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 20:7 - -- 20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya Rasanya pembahasan mengenai masa seribu tahun sangat singkat, t...

20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya

Rasanya pembahasan mengenai masa seribu tahun sangat singkat, tetapi Yohanes telah menyampaikan apa yang harus disampaikan mengenai apa yang akan terjadi pada masa itu.

Pada akhir masa seribu tahun itu, dengan sengaja Iblis dibebaskan, sehingga sekali lagi dia menyesatkan bangsa-bangsa. Iblis tidak membebaskan diri, namun dia dilepaskan, dan Tuhan Allah mempunyai suatu tujuan tertentu.

Hagelberg: Why 20:7-10 - -- 2. Pemberontakan Terakhir (20:7-10) Pada akhir masa seribu tahun itu, Iblis akan dilepaskan. Dia akan memimpin sebuah pemberontakan melawan Kristus. P...

2. Pemberontakan Terakhir (20:7-10)

Pada akhir masa seribu tahun itu, Iblis akan dilepaskan. Dia akan memimpin sebuah pemberontakan melawan Kristus. Pemberontak itu, termasuk Iblis, dihanguskan dengan api dari langit.

Hagelberg: Why 20:7 - -- 20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya Rasanya pembahasan mengenai masa seribu tahun sangat singkat, t...

20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya

Rasanya pembahasan mengenai masa seribu tahun sangat singkat, tetapi Yohanes telah menyampaikan apa yang harus disampaikan mengenai apa yang akan terjadi pada masa itu.

Pada akhir masa seribu tahun itu, dengan sengaja Iblis dibebaskan, sehingga sekali lagi dia menyesatkan bangsa-bangsa. Iblis tidak membebaskan diri, namun dia dilepaskan, dan Tuhan Allah mempunyai suatu tujuan tertentu.

Hagelberg: Why 20:4-15 - -- C. Kerajaan Seribu Tahun (20:4-15) Kerajaan Seribu Tahun diceritakan hanya dalam dua belas ayat. Tiga ayat menceritakan apa yang terjadi di dalam Kera...

C. Kerajaan Seribu Tahun (20:4-15)

Kerajaan Seribu Tahun diceritakan hanya dalam dua belas ayat. Tiga ayat menceritakan apa yang terjadi di dalam Kerajaan itu, empat ayat menceritakan pemberontakan terakhir, dan lima ayat menceritakan Penghukuman Terakhir. Hanya sedikit sekali yang dikatakan mengenai Kerajaan Seribu Tahun itu sendiri. Pasal 20:4-6 menceritakan mengenai mereka yang bertakhta dalam Kerajaan Seribu Tahun.

Mengapa cerita mengenai Kerajaan Seribu Tahun begitu singkat? Mungkin karena sudah amat banyak yang diceritakan mengenai mereka yang akan memerintah selama masa Kerajaan Seribu Tahun. Mereka sudah disebutkan dalam pasal 1:3 ("Berbahagialah ia yang... menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya"), dalam pasal 2-3 ("Barangsiapa yang menang"), dalam pasal 4:4 ("dua puluh empat tua-tua"), dalam pasal 6:9 ("jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena Firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki"), pasal 7:14 ("orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba"), pasal 11:18 ("saat... untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut pada nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar"), pasal 12:11 ["Dan mereka mengalahkan (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut"], pasal 14:4-5 ("Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi... di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela"), pasal 15:2 ("di tepi lautan kaca itu berdiri orang-orang yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya. Pada mereka ada kecapi Allah"), dan pasal 17:6 ("Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus"). Sungguh nyata bahwa tema ini bukan hanya sekadar tema sampingan. Seluruh Kitab Wahyu menguraikan persyaratan-persyaratan untuk ikut memerintah dengan Tuhan Yesus selama Kerajaan Seribu Tahun, dan juga hukuman atas mereka yang melawan Dia. Maka apa lagi yang harus Dia uraikan mengenai aktivitas umat-Nya di dalam Kerajaan Seribu Tahun?

Sebenarnya sungguh tepat yang dikatakan, dan juga yang tidak dikatakan, mengenai Kerajaan Seribu Tahun. Seandainya rincian-rincian yang lain dicantumkan, maka perhatian kita dialihkan dari apa yang sebenarnya menjadi hal pokok. Bukankah Dia sendiri yang berkata, "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya" (pasal 22:12)? Tekanan yang sama jelas terdapat dalam pasal 11:18, yang berkata "...telah datang... saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu... dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 20:8 - -- 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah me...

20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.

Sesuai dengan sifatnya sejak semula, usaha terakhir Iblis adalah menyesatkan bangsa-bangsa.

Setelah Tuhan Yesus sendiri memerintah di bumi selama seribu tahun, yaitu suatu masa keemasan bagi manusia, saat lingkungan disempurnakan dengan hikmat dan keadilan Tuhan Yesus, tibalah saatnya banyak orang ikut Iblis dan melawan Tuhan. Peristiwa ini membuktikan bahwa manusia menjadi jahat oleh karena kehendak sendiri, dan bukan karena lingkungan. Hati manusia yang tidak dibaharui selalu jahat, walaupun lingkungan hidupnya sudah disempurnakan. Masalahnya manusia sendiri, bukan keadaannya, bukan latar belakang, dan bukan pengaruh dari luar.

Identitas mereka yang akan disesatkan Iblis dalam Kerajaan Seribu Tahun ini perlu ditentukan. Adanya orang yang rela melawan Kristus dalam Kerajaan Seribu Tahun dianggap aneh. Mereka yang masih hidup setelah Masa Kesengsaraan, yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus pada masa itu, akan masuk Kerajaan Seribu Tahun dengan tubuh biasa, dan mereka akan bisa punya anak dan cucu (Yesaya 65:20-25). Sebagian dari keturunan mereka akan percaya dan memihak kepada Kristus pada akhir seribu tahun itu, tetapi sebagian tidak akan percaya, dan akhirnya mereka akan memihak kepada Iblis.

Dalam Yehezkiel pasal 36-37 dinubuatkan pemulihan umat Israel di tanah Kanaan pada permulaan Kerajaan Mesias, dan setelah itu, dalam pasal 38-39, dinubuatkan tentang peperangan Gog dan Magog. Menurut Yehezkiel 38:2 Gog adalah "raja agung negeri Mesekh dan Tubal."646 Nama pribadi Gog hanya muncul dalam 1 Tawarikh 5:4, Yehezkiel 38-39, dan Wahyu pasal 20:8.

Dalam Kejadian 10:2 dan 1 Tawarikh 1:5 kita membaca bahwa Magog adalah cucu Nabi Nuh. Dalam Yehezkel 38:2 dan 39:6 kita membaca bahwa Magog adalah suku yang bermusuhan dengan umat Allah.

Di dalam surat yang dibuat dari tanah liat yang ditemui di Tel el-Amarna, sebutan Gog menunjuk pada suku-suku yang berada di sebelah utara Israel.647

Hagelberg: Why 20:8 - -- 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah me...

20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.

Sesuai dengan sifatnya sejak semula, usaha terakhir Iblis adalah menyesatkan bangsa-bangsa.

Setelah Tuhan Yesus sendiri memerintah di bumi selama seribu tahun, yaitu suatu masa keemasan bagi manusia, saat lingkungan disempurnakan dengan hikmat dan keadilan Tuhan Yesus, tibalah saatnya banyak orang ikut Iblis dan melawan Tuhan. Peristiwa ini membuktikan bahwa manusia menjadi jahat oleh karena kehendak sendiri, dan bukan karena lingkungan. Hati manusia yang tidak dibaharui selalu jahat, walaupun lingkungan hidupnya sudah disempurnakan. Masalahnya manusia sendiri, bukan keadaannya, bukan latar belakang, dan bukan pengaruh dari luar.

Identitas mereka yang akan disesatkan Iblis dalam Kerajaan Seribu Tahun ini perlu ditentukan. Adanya orang yang rela melawan Kristus dalam Kerajaan Seribu Tahun dianggap aneh. Mereka yang masih hidup setelah Masa Kesengsaraan, yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus pada masa itu, akan masuk Kerajaan Seribu Tahun dengan tubuh biasa, dan mereka akan bisa punya anak dan cucu (Yesaya 65:20-25). Sebagian dari keturunan mereka akan percaya dan memihak kepada Kristus pada akhir seribu tahun itu, tetapi sebagian tidak akan percaya, dan akhirnya mereka akan memihak kepada Iblis.

Dalam Yehezkiel pasal 36-37 dinubuatkan pemulihan umat Israel di tanah Kanaan pada permulaan Kerajaan Mesias, dan setelah itu, dalam pasal 38-39, dinubuatkan tentang peperangan Gog dan Magog. Menurut Yehezkiel 38:2 Gog adalah "raja agung negeri Mesekh dan Tubal."646 Nama pribadi Gog hanya muncul dalam 1 Tawarikh 5:4, Yehezkiel 38-39, dan Wahyu pasal 20:8.

Dalam Kejadian 10:2 dan 1 Tawarikh 1:5 kita membaca bahwa Magog adalah cucu Nabi Nuh. Dalam Yehezkel 38:2 dan 39:6 kita membaca bahwa Magog adalah suku yang bermusuhan dengan umat Allah.

Di dalam surat yang dibuat dari tanah liat yang ditemui di Tel el-Amarna, sebutan Gog menunjuk pada suku-suku yang berada di sebelah utara Israel.647

Hagelberg: Why 20:9 - -- 20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit t...

20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka

Adanya pemberontakan yang hebat, yang masal, diceritakan dengan satu kalimat. Penyelesaiannya juga diceritakan dengan satu kalimat. Sebenarnya tidak sulit bagi Tuhan Allah untuk menangani kejahatan, karena Ia Mahakuasa. Zaman ini kejahatan jarang ditangani dengan cara yang demikian, karena Tuhan Allah mempunyai tujuan-tujuan yang lain. Tetapi jika tiba pemberontakan yang terakhir, Dia akan membereskannya dengan gampang.

Istilah seluruh dataran diterjemahkan "lebarnya". Kata ini muncul sekali dalam Efesus 3:18 dan muncul dua kali dalam Wahyu 21:16. Dalam Habakuk 1:6 hal yang sama dikatakan tentang orang Kasdim, "yang melintasi lintang bujur bumi untuk menduduki tempat kediaman yang bukan kepunyaan mereka." Rupanya ini berarti bahwa mereka muncul dari seluruh dunia, atau mereka menguasai seluruh bumi.

Dengan membaca kata perkemahan tentara orang-orang kudus kita mengerti bahwa sejak pengalaman di padang gurun (lihat misalnya Keluaran 14:19) umat Allah tetap berziarah sampai pada waktu bumi ini ditiadakan.

Ungkapan kota yang dikasihi itu rupanya menunjuk pada Kota Yerusalem, yang merupakan lawan Kota Babel.

Dalam 2 Raja-raja 1; Yehezkiel 38:22; dan 39:6 ada peristiwa di mana dari langit turunlah api. Dalam karangan apokaliptik yang bukan Firman Tuhan, yaitu 2 Esdras 13:1-12, sesuatu yang hampir sama terjadi. Mereka yang berkumpul untuk melawan Mesias dibakar sampai menjadi abu oleh api yang keluar dari mulut Mesias.648

Hagelberg: Why 20:9 - -- 20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit t...

20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka

Adanya pemberontakan yang hebat, yang masal, diceritakan dengan satu kalimat. Penyelesaiannya juga diceritakan dengan satu kalimat. Sebenarnya tidak sulit bagi Tuhan Allah untuk menangani kejahatan, karena Ia Mahakuasa. Zaman ini kejahatan jarang ditangani dengan cara yang demikian, karena Tuhan Allah mempunyai tujuan-tujuan yang lain. Tetapi jika tiba pemberontakan yang terakhir, Dia akan membereskannya dengan gampang.

Istilah seluruh dataran diterjemahkan "lebarnya". Kata ini muncul sekali dalam Efesus 3:18 dan muncul dua kali dalam Wahyu 21:16. Dalam Habakuk 1:6 hal yang sama dikatakan tentang orang Kasdim, "yang melintasi lintang bujur bumi untuk menduduki tempat kediaman yang bukan kepunyaan mereka." Rupanya ini berarti bahwa mereka muncul dari seluruh dunia, atau mereka menguasai seluruh bumi.

Dengan membaca kata perkemahan tentara orang-orang kudus kita mengerti bahwa sejak pengalaman di padang gurun (lihat misalnya Keluaran 14:19) umat Allah tetap berziarah sampai pada waktu bumi ini ditiadakan.

Ungkapan kota yang dikasihi itu rupanya menunjuk pada Kota Yerusalem, yang merupakan lawan Kota Babel.

Dalam 2 Raja-raja 1; Yehezkiel 38:22; dan 39:6 ada peristiwa di mana dari langit turunlah api. Dalam karangan apokaliptik yang bukan Firman Tuhan, yaitu 2 Esdras 13:1-12, sesuatu yang hampir sama terjadi. Mereka yang berkumpul untuk melawan Mesias dibakar sampai menjadi abu oleh api yang keluar dari mulut Mesias.648

Hagelberg: Why 20:10 - -- 20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa s...

20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Akhirnya Iblis tidak dapat menyesatkan lagi, karena dia akan dilemparkan ke dalam lautan api untuk selama-lamanya. Dia tidak dihakimi, tetapi hukuman kekal langsung dijatuhkan padanya.

Binatang dan nabi palsu itu adalah yang pertama masuk lautan api. Dalam nas ini Iblis... dilemparkan ke dalam lautan api yang sama. Terakhir, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 20:14-15, "maut dan kerajaan maut itu" dan "setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu", dilemparkan ke dalam lautan api itu. Dalam Matius 25:41 kita membaca bahwa "api yang kekal" itu disediakan "untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya", tetapi mereka yang memihak Iblis harus ikut dalam hukuman itu.649

Rupanya Daniel melihat peristiwa yang sama: "Aku... terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar" (Daniel 7:11).

Hagelberg: Why 20:10 - -- 20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa s...

20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Akhirnya Iblis tidak dapat menyesatkan lagi, karena dia akan dilemparkan ke dalam lautan api untuk selama-lamanya. Dia tidak dihakimi, tetapi hukuman kekal langsung dijatuhkan padanya.

Binatang dan nabi palsu itu adalah yang pertama masuk lautan api. Dalam nas ini Iblis... dilemparkan ke dalam lautan api yang sama. Terakhir, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 20:14-15, "maut dan kerajaan maut itu" dan "setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu", dilemparkan ke dalam lautan api itu. Dalam Matius 25:41 kita membaca bahwa "api yang kekal" itu disediakan "untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya", tetapi mereka yang memihak Iblis harus ikut dalam hukuman itu.649

Rupanya Daniel melihat peristiwa yang sama: "Aku... terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar" (Daniel 7:11).

Hagelberg: Why 20:11 - -- 20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya bumi dan langit melarikan diri650 dan tidak dite...

20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya bumi dan langit melarikan diri650 dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

Dalam pasal 4:2 takhta Allah merupakan yang paling menarik perhatian Yohanes. Lebih-lebih dalam pasal 20:11 saat bumi dan langit sudah melarikan diri, sesuai dengan apa yang dinubuatkan dalam Yesaya 51:6 dan 2 Petrus 3:11-13.651

Identitas Dia yang duduk di atas takhta putih yang besar tidak diuraikan. Dalam Wahyu pasal 4-5 Allah Bapa duduk di atas takhta-Nya, tetapi dalam pasal 3:21 kita membaca bahwa Tuhan Yesus ikut duduk di atas takhta Bapa-Nya! Dalam Yohanes 5:22, 30; 8:16; 12:47-50 ada kesan bahwa baik Allah Bapa maupun Tuhan Yesus adalah Hakim.

Sebenarnya tidak dikatakan apakah takhta putih yang besar tersebut adalah satu dengan takhta Tuhan Yesus, yang Dia janjikan kepada barangsiapa yang menang dalam pasal 3:21. Kalau sama, berarti orang percaya yang menang akan ikut menghakimi mereka yang tidak percaya. Dalam 1 Korintus 6:3, Rasul Paulus berkata, "Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?"

Hagelberg: Why 20:11-15 - -- 3. Penghakiman di Takhta Putih (20:11-15) Sesudah pemberontakan yang paling akhir, terjadi penghakiman yang terakhir. Pada saat itu langit dan bumi ya...

3. Penghakiman di Takhta Putih (20:11-15)

Sesudah pemberontakan yang paling akhir, terjadi penghakiman yang terakhir. Pada saat itu langit dan bumi yang lama berakhir. Tampak suatu "takhta putih yang besar", dan lenyaplah bumi dan surga. Zaman Kerajaan Seribu Tahun diakhiri. Penghukuman yang dikisahkan di sini khusus untuk orang yang tidak pernah percaya pada Tuhan Yesus. Mereka, berdasarkan perbuatan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api itu. Mereka dihakimi dan dihukum sesuai dengan perbuatan mereka.

Hagelberg: Why 20:11 - -- 20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya bumi dan langit melarikan diri650 dan tidak dite...

20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya bumi dan langit melarikan diri650 dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

Dalam pasal 4:2 takhta Allah merupakan yang paling menarik perhatian Yohanes. Lebih-lebih dalam pasal 20:11 saat bumi dan langit sudah melarikan diri, sesuai dengan apa yang dinubuatkan dalam Yesaya 51:6 dan 2 Petrus 3:11-13.651

Identitas Dia yang duduk di atas takhta putih yang besar tidak diuraikan. Dalam Wahyu pasal 4-5 Allah Bapa duduk di atas takhta-Nya, tetapi dalam pasal 3:21 kita membaca bahwa Tuhan Yesus ikut duduk di atas takhta Bapa-Nya! Dalam Yohanes 5:22, 30; 8:16; 12:47-50 ada kesan bahwa baik Allah Bapa maupun Tuhan Yesus adalah Hakim.

Sebenarnya tidak dikatakan apakah takhta putih yang besar tersebut adalah satu dengan takhta Tuhan Yesus, yang Dia janjikan kepada barangsiapa yang menang dalam pasal 3:21. Kalau sama, berarti orang percaya yang menang akan ikut menghakimi mereka yang tidak percaya. Dalam 1 Korintus 6:3, Rasul Paulus berkata, "Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?"

Hagelberg: Why 20:12 - -- 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yait...

20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Dalam pasal 20:5 dikatakan bahwa "orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa seribu tahun itu". Di sini mereka sudah dibangkitkan untuk dihakimi. Mereka yang disebut orang-orang mati, besar dan kecil bukan mereka yang bangkit ataupun mereka yang "diangkat" sebelum Masa Kesengsaraan (1 Tesalonika 4:16-17). Mereka bukan orang-orang yang mati syahid karena tidak mau menyembah Anti-Kristus. Kebangkitan mereka sudah diceritakan dalam pasal 20:4. Mereka yang disebut orang-orang mati adalah mereka yang tidak percaya pada Kristus. Mereka yang disebut mati dalam ayat ini adalah mereka yang tidak percaya pada Kristus, sedangkan mereka yang dibangkitkan dalam pasal 20:4 dikatakan "hidup kembali". Mereka yang dibangkitkan pada kebangkitan yang pertama (pasal 20:4) masuk dalam kemuliaan yang kekal, sedangkan mereka yang dibangkitkan pada kebangkitan yang kedua (pasal 20:12) tetap disebut orang-orang mati, karena mereka masuk dalam hukuman kekal.

Kalau demikian, apakah orang percaya tidak mengalami penghakiman? Dalam Injil Yohanes pasal 5:24 Tuhan Yesus menjawab: "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup." Memang ada penghakiman untuk orang percaya, tetapi penghakiman itu bukan untuk menentukan siapa yang boleh masuk surga, melainkan untuk menilai perbuatan setiap orang, untuk menentukan pahala dan mahkota yang akan dibagi, seperti apa yang diuraikan dalam 1 Korintus 3:12-15; 9:25-27; 2 Timotius 4:8; Ibrani 11:35; Yakobus 1:12; Wahyu 2:10, 26-28; dan 3:21.

Mereka, yang disebut sebagai orang-orang mati, tidak dihakimi dengan sembarangan, tetapi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Rupanya di dalam semua kitab itu, perbuatan mereka ditulis, dan mereka dihakimi menurut catatan yang ada tentang perbuatan mereka. Selain kitab itu, ada satu lagi, yaitu kitab kehidupan, yang sudah disebutkan dalam pasal 3:5.652

Orang yang tidak menerima pengampunan melalui pengorbanan Anak Domba Allah akan dihakimi menurut perbuatan mereka. Firman Allah sangat jelas mengenai hal ini. Lihatlah Mazmur 62:12; Yeremia 17:10; Roma 2:6; dan 1 Petrus 1:17.653

Hagelberg: Why 20:12 - -- 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yait...

20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Dalam pasal 20:5 dikatakan bahwa "orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa seribu tahun itu". Di sini mereka sudah dibangkitkan untuk dihakimi. Mereka yang disebut orang-orang mati, besar dan kecil bukan mereka yang bangkit ataupun mereka yang "diangkat" sebelum Masa Kesengsaraan (1 Tesalonika 4:16-17). Mereka bukan orang-orang yang mati syahid karena tidak mau menyembah Anti-Kristus. Kebangkitan mereka sudah diceritakan dalam pasal 20:4. Mereka yang disebut orang-orang mati adalah mereka yang tidak percaya pada Kristus. Mereka yang disebut mati dalam ayat ini adalah mereka yang tidak percaya pada Kristus, sedangkan mereka yang dibangkitkan dalam pasal 20:4 dikatakan "hidup kembali". Mereka yang dibangkitkan pada kebangkitan yang pertama (pasal 20:4) masuk dalam kemuliaan yang kekal, sedangkan mereka yang dibangkitkan pada kebangkitan yang kedua (pasal 20:12) tetap disebut orang-orang mati, karena mereka masuk dalam hukuman kekal.

Kalau demikian, apakah orang percaya tidak mengalami penghakiman? Dalam Injil Yohanes pasal 5:24 Tuhan Yesus menjawab: "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup." Memang ada penghakiman untuk orang percaya, tetapi penghakiman itu bukan untuk menentukan siapa yang boleh masuk surga, melainkan untuk menilai perbuatan setiap orang, untuk menentukan pahala dan mahkota yang akan dibagi, seperti apa yang diuraikan dalam 1 Korintus 3:12-15; 9:25-27; 2 Timotius 4:8; Ibrani 11:35; Yakobus 1:12; Wahyu 2:10, 26-28; dan 3:21.

Mereka, yang disebut sebagai orang-orang mati, tidak dihakimi dengan sembarangan, tetapi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Rupanya di dalam semua kitab itu, perbuatan mereka ditulis, dan mereka dihakimi menurut catatan yang ada tentang perbuatan mereka. Selain kitab itu, ada satu lagi, yaitu kitab kehidupan, yang sudah disebutkan dalam pasal 3:5.652

Orang yang tidak menerima pengampunan melalui pengorbanan Anak Domba Allah akan dihakimi menurut perbuatan mereka. Firman Allah sangat jelas mengenai hal ini. Lihatlah Mazmur 62:12; Yeremia 17:10; Roma 2:6; dan 1 Petrus 1:17.653

Hagelberg: Why 20:13 - -- 20:13 Maka laut654 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut655 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya,...

20:13 Maka laut654 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut655 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Supaya penghakiman yang disebutkan di atas dapat terjadi, laut dan maut dan kerajaan maut harus menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya. Penafsir yang cenderung mencela Firman Tuhan berkata bahwa ada kontradiksi antara ayat 11, saat bumi sudah tidak ada lagi, dan ayat 13, saat laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya. Tetapi sikap yang demikian malah menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan tidak begitu memahami ciri sastra apokaliptik, yang memang agak lebih bebas daripada peraturan logika dan waktu.

Yohanes mengulangi dan menegaskan bahwa mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya, dan Tuhan Allah tidak akan mengampuni seorang pun tanpa dasar pengorbanan Tuhan Yesus, Anak Domba Allah. Bagaimanapun juga, dasar pengampunan tersebut tidak berlaku bagi mereka, karena mereka tidak percaya kepada Yesus Kristus.

Hagelberg: Why 20:13 - -- 20:13 Maka laut654 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut655 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya,...

20:13 Maka laut654 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut655 menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Supaya penghakiman yang disebutkan di atas dapat terjadi, laut dan maut dan kerajaan maut harus menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya. Penafsir yang cenderung mencela Firman Tuhan berkata bahwa ada kontradiksi antara ayat 11, saat bumi sudah tidak ada lagi, dan ayat 13, saat laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya. Tetapi sikap yang demikian malah menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan tidak begitu memahami ciri sastra apokaliptik, yang memang agak lebih bebas daripada peraturan logika dan waktu.

Yohanes mengulangi dan menegaskan bahwa mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya, dan Tuhan Allah tidak akan mengampuni seorang pun tanpa dasar pengorbanan Tuhan Yesus, Anak Domba Allah. Bagaimanapun juga, dasar pengampunan tersebut tidak berlaku bagi mereka, karena mereka tidak percaya kepada Yesus Kristus.

Hagelberg: Why 20:14 - -- 20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. Mungkin apa yang dikatakan dalam pas...

20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

Mungkin apa yang dikatakan dalam pasal 20:13 hanya diulangi di sini. Kalau begitu, maka Yohanes memakai suatu kiasan yang berarti bahwa maut, yaitu mereka yang dipegang oleh kuasa maut, diserahkan ke dalam lautan api itu.

Tetapi tampaknya sesuatu yang lebih dalam terkandung dalam ayat ini. Maut dan kerajaan maut merupakan kuasa yang terakhir yang harus dikalahkan oleh Tuhan Yesus.656 Apa yang diuraikan secara logis dalam 1 Korintus 15:24-28 dan 15:54-55 dikisahkan melalui sastra apokaliptik dalam Wahyu 21:13-14.

Kematian yang kedua disebutkan dalam pasal 2:11; 20:6, 14; dan 21:8.

Hagelberg: Why 20:14 - -- 20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. Mungkin apa yang dikatakan dalam pas...

20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

Mungkin apa yang dikatakan dalam pasal 20:13 hanya diulangi di sini. Kalau begitu, maka Yohanes memakai suatu kiasan yang berarti bahwa maut, yaitu mereka yang dipegang oleh kuasa maut, diserahkan ke dalam lautan api itu.

Tetapi tampaknya sesuatu yang lebih dalam terkandung dalam ayat ini. Maut dan kerajaan maut merupakan kuasa yang terakhir yang harus dikalahkan oleh Tuhan Yesus.656 Apa yang diuraikan secara logis dalam 1 Korintus 15:24-28 dan 15:54-55 dikisahkan melalui sastra apokaliptik dalam Wahyu 21:13-14.

Kematian yang kedua disebutkan dalam pasal 2:11; 20:6, 14; dan 21:8.

Hagelberg: Why 20:15 - -- 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. Ayat ini merupakan ...

20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Ayat ini merupakan ringkasan mengenai penghakiman takhta putih. Dalam ayat ini ditegaskan bahwa satu-satunya syarat untuk bisa lepas dari lautan api, yakni nama kita harus tertulis di dalam kitab kehidupan itu.657 Orang yang tidak mempunyai kewarganegaraan dalam Kerajaan Allah harus dilemparkan ke dalam lautan api itu. Tidak ada tempat lain.

Hagelberg: Why 20:15 - -- 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. Ayat ini merupakan ...

20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Ayat ini merupakan ringkasan mengenai penghakiman takhta putih. Dalam ayat ini ditegaskan bahwa satu-satunya syarat untuk bisa lepas dari lautan api, yakni nama kita harus tertulis di dalam kitab kehidupan itu.657 Orang yang tidak mempunyai kewarganegaraan dalam Kerajaan Allah harus dilemparkan ke dalam lautan api itu. Tidak ada tempat lain.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 20:1-10 - Masa Seribu Tahun; Peperangan dengan Gog dan Magog Di sini kita dapati gambaran tentang, ...

Matthew Henry: Why 20:11-15 - Takhta Pengadilan Kristus Takhta Pengadilan Kristus (20:11-15) ...

SH: Why 20:7-15 - Puncak perlawanan, puncak penghukuman (Selasa, 19 November 2002) Puncak perlawanan, puncak penghukuman Puncak perlawanan, puncak penghukuman. Bukan saja kejahatan...

SH: Why 20:7-10 - Iblis Dikalahkan (Rabu, 19 Oktober 2022) Iblis Dikalahkan Setelah masa seribu tahun Iblis akan dilepaskan dari tempat dia diikat dan akan melanjutkan kegi...

SH: Why 20:1-6 - Panggilan Kristiani (Selasa, 18 Oktober 2022) Panggilan Kristiani Dalam perikop ini terdapat dua penglihatan. Pertama, Yohanes melihat Iblis dirantai dan dibua...

SH: Why 20:1-15 - Kemenangan Gereja dalam Kristus (Senin, 18 Desember 2006) Kemenangan Gereja dalam Kristus Judul: Kemenangan Gereja dalam Kristus "Aku melihat Iblis jatuh seperti ki...

SH: Why 20:1-15 - Judul: Baca Gali Alkitab 6 (Jumat, 12 Desember 2014) Judul: Baca Gali Alkitab 6 Apa saja yang Anda baca? 1. Siapakah yang turun dari surga dan apa yang dia lakuka...

SH: Why 20:11-15 - Penghakiman Terakhir (Kamis, 20 Oktober 2022) Penghakiman Terakhir Wahyu 20:12 tertulis demikian: "Dan aku meli...

Utley: Why 20:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 20:7-10...

Utley: Why 20:11-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 20:11-15...

Topik Teologia: Why 20:7 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Semua Malaikat Jahat Dijatuhi Hukuman untuk Masuk ke Tempat Penghakiman Final ...

Topik Teologia: Why 20:9 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Penghukuman Akan Datang untuk Para Malaikat Jahat Semua Malaikat ...

Topik Teologia: Why 20:10 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Semua Malaikat Jahat Dijatuhi Hukuman untuk Masuk ke Tempat Penghakiman Final ...

Topik Teologia: Why 20:11 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kutukan Kekal Yeh 18:4,...

Topik Teologia: Why 20:12 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kutukan Kekal Yeh 18:4,...

Topik Teologia: Why 20:13 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kutukan Kekal Yeh 18:4,...

Topik Teologia: Why 20:14 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Penghukuman Akan Datang untuk Para Malaikat Jahat Semua Malaikat ...

Topik Teologia: Why 20:15 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Penghukuman Akan Datang untuk Para Malaikat Jahat Semua Malaikat ...

TFTWMS: Why 20:3-7 - Kapan? Yang Tidak Relevan "KAPAN?" YANG TIDAK RELEVAN (Wahyu 20:3, 7) Satu masalah (...

TFTWMS: Why 20:7-10 - Apa? Yang Penting "APA?" YANG PENTING (Wahyu 20:7-10) Ingatlah bahwa nas in...

TFTWMS: Why 20:1-8 - Mengapa? Yang Tak Dapat Dijelaskan "MENGAPA?" YANG TAK DAPAT DIJELASKAN (Wahyu 20:1-3, 7, 8) ...

TFTWMS: Why 20:12-15 - Anda Akan Dihakimi Menurut perbuatan Anda ANDA AKAN DIHAKIMI MENURUT PERBUATAN ANDA (Wahyu 20:12, 13, 15) ...

TFTWMS: Why 20:14-15 - Anda Akan Dimasukkan Ke sorga atau neraka ANDA AKAN DIMASUKKAN KE SORGA ATAU NERAKA (Wahyu 20:14, 15) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertempuran Yang Tak Pernah & Tak Akan Pernah Ada ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 16:13, 14, 1 6-21) Jika...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Mereka yang menggunakan pendekatan sejarah-berlanjut umumnya menafsirkan ketiga pertempuran in...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) AKHIR KEJAHATAN WAHYU 20:1-3, 7-10 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 20:1-3, 7-10) Kita telah menghabi...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Anda mungkin ingin meninjau lagi apa yang telah kita pelajari tentang musuh-musuh Kristus yang...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) LIMA FAKTA PENGHAKIMAN YANG ANDA PERLU KETAHUI WAHYU 20:11-15 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 20:11-15) Pada kesimpulan salah satu khotbah Gle...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kisah ini disadur dari Walter B. Knight, Knight's Master Book of 4,000 Illustrations ...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.28 detik
dipersembahkan oleh YLSA