Teks -- Ulangan 27:1-23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Ul 27:15
Full Life: Ul 27:15 - MENDIRIKANNYA DENGAN TERSEMBUNYI.
Nas : Ul 27:15
Banyak dosa yang terdaftar di sini dilakukan dengan
sembunyi-sembunyi (ayat Ul 27:15,24). Dengan demikian bangsa Israel
mengakui bah...
Nas : Ul 27:15
Banyak dosa yang terdaftar di sini dilakukan dengan sembunyi-sembunyi (ayat Ul 27:15,24). Dengan demikian bangsa Israel mengakui bahwa seseorang bertanggung jawab kepada Allah sekalipun dia itu sendirian. Semua perbuatan dan pikiran kita terjadi di hadapan Allah dan dilihat oleh-Nya (lih. Mazm 139:1-24).
Jerusalem: Ul 26:16--28:68 - -- Bagian ini menlanjutkan wejangan Musa yang kedua, bdk Ula 4:44+. Tetapi wejangan itu kembali terputus oleh bab 27 yang berupa sisipan, sedangkan bab 2...
Bagian ini menlanjutkan wejangan Musa yang kedua, bdk Ula 4:44+. Tetapi wejangan itu kembali terputus oleh bab 27 yang berupa sisipan, sedangkan bab 28 adalah majemuk.
Jerusalem: Ul 27:1-26 - -- Bab ini terdiri atas tiga unsur yang berbeda-beda, yakni: Ula 27:1-8; 27:9-10 dan Ula 27:11-26; 27:9-10 barangkali melanjutkan Ula 26:19. Kedua bagian...
Bab ini terdiri atas tiga unsur yang berbeda-beda, yakni: Ula 27:1-8; 27:9-10 dan Ula 27:11-26; 27:9-10 barangkali melanjutkan Ula 26:19. Kedua bagian lain merupakan sisipan. Dalam bagian-bagian ini tidak disajikan peraturan umum, tetapi dibebankan beberapa kebaktian yang bersangkutan dengan tempat kudus di Sikhem. Dengan disadur sedikit beberapa tradisi tua dimanfaatkan. Memang kitab Ulangan tidak mungkin menyuruh membangun mezbah di gunung Ebal (atau Gerizim), Ula 27:4 dst, dan hukum Taurat yang dituliskan pada batu-batu haruslah lebih singkat dari pada Kitab Hukum Ulangan yang dituliskan dalam sebuah kitab, bdk Ula 31:24-26. Upacara yang tercantum dalam Ula 27:11-26 juga tidak sesuai dengan hukum yang hanya mengizinkan satu tempat kudus saja.
Jerusalem: Ul 27:4 - gunung Ebal Dalam Pentateukh orang Samaria terbaca: gunung Gerizim. Dan inilah barangkali teks asli juga yang kemudian dirubah untuk menentang orang Samaria yang ...
Dalam Pentateukh orang Samaria terbaca: gunung Gerizim. Dan inilah barangkali teks asli juga yang kemudian dirubah untuk menentang orang Samaria yang tempat kudusnya di gunung Gerizim, mungkin sesuai dengan tradisi tua. Kecuali itu, dalam Ula 27:12-13 (dan Ula 11:29) berkat-berkat diucapkan di atas gunung Gerizim.
Jerusalem: Ul 27:11-26 - -- Dalam bagian ini ada dua upacara tergabung: 1. Ula 27:12-13: suku-suku Israel dijadikan dua kelompok, lalu bergilir mengucapkan kutuk dan berkat. teta...
Dalam bagian ini ada dua upacara tergabung: 1. Ula 27:12-13: suku-suku Israel dijadikan dua kelompok, lalu bergilir mengucapkan kutuk dan berkat. tetapi sebagian teks asli dihilangkan dan diganti dengan upacara lain. 2. Ula 27:14-26: Orang Lewi mengucapkan dua belas kutuk yang masing-masing ditanggapi rakyat dengan seruan: Amin. Kutuk pertama dan yang kedua belas jelas berasal dari tradisi Ulangan, sedangkan kesepuluh kutuk yang lain merumuskan larangan-larangan tua yang terdapat juga dalam Kitab Perjanjian dan dalam lapisan tertua kitab Ima 18.
Ende: Ul 27:1 - -- Dalam chotbah penutup jang pertama ini diberitakan tentang pentjatatan resmi
daripada kewadjiban-kewadjiban perdjandjian. Dengan demikian maka perdjan...
Dalam chotbah penutup jang pertama ini diberitakan tentang pentjatatan resmi daripada kewadjiban-kewadjiban perdjandjian. Dengan demikian maka perdjandjian itu mendjadi sah.Kurban persembahan mempunjai makna seperti itu pula. Penutup ini nampaknja dikumpulkan dari berbagai naskah jang lebih tua. Ada persamaan tertentu dengan upatjara dari Yos 4 dan lebih-lebih Yos 8:30-35. Karenanja maka teks-teks itupun biasanja dihubungkan dengan pembaharuan-perdjandjian pada djaman Josjua di Sichem. Berkat dan kutuk seperti jang dinjatakan disini sebagai sangsi: kiranja dipindjam oleh pengarang dari tradisi Josjua dan dipergunakan sebagai penutup dari hukum Deuteronomium. Memang menjolok sekali bahwa dalam Yos 24(pembaharuan-perdjandjian di Sichem) rumusan berkat dan kutuk itu tidak terdapat. Ringkasan dari pembaharuan- perdjandjian Josjua dalam Yos 8:30-35 itu barangkali ditempatkan pada permulaan tampilnja Josjua: sesudah penjeberangan dan pendudukan jang pertama di Kanaan: dengan maksud untuk menandaskan persamaannja dengan Musa: ikatan Perdjandjian sesudah pengungsian dari Mesir.
Ende: Ul 27:5 - -- Disini peraturan mengenai satu tempat jang eksklusif bagi ibadat belum tampak:
meskipun hal itu telah ditetapkan dengan djelas dalam hubungan jang ter...
Disini peraturan mengenai satu tempat jang eksklusif bagi ibadat belum tampak: meskipun hal itu telah ditetapkan dengan djelas dalam hubungan jang terlebih dahulu. Djadi teks ini berasal dari djaman sebelum usaha sentralisasi seperti dilantjarkan oleh gerakan deuteronomistis.
Ende: Ul 27:15 - -- Dalam beberapa hal kutukan-kutukan ini menundjukkan persamaannja dengan dekalog
Musa: akan tetapi didasarkan pada bentuk jang lebih terurai dan lebih
...
Dalam beberapa hal kutukan-kutukan ini menundjukkan persamaannja dengan dekalog Musa: akan tetapi didasarkan pada bentuk jang lebih terurai dan lebih disesuaikan. Jang menjolok ialah menghukum terhadap pelanggaran setjara rahasia. Menurut sementara orang kutukan-kutukan itu berasal dari djaman permulaan pendudukan bangsa Israel di Kanaan. Tatapanggung peristiwa ini: jakni kedua gunung dan kedua kelompok suku itu mungkin menundjukkan kearah hal itu. (lih. Ula 27:1 tjat).
· segenap perintah: Mazm 78:7
Ref. Silang FULL: Ul 27:2 - sungai Yordan // menegakkan batu-batu // dan mengapurnya · sungai Yordan: Yos 4:1
· menegakkan batu-batu: Kel 24:4; Yos 24:26; 1Sam 7:12
· dan mengapurnya: Yos 8:31
Ref. Silang FULL: Ul 27:5 - sana mezbah // dengan perkakas · sana mezbah: Kel 20:24; Kel 20:24
· dengan perkakas: Kel 20:25
Ref. Silang FULL: Ul 27:7 - korban keselamatan // dan bersukaria // Tuhan, Allahmu · korban keselamatan: Kel 32:6; Kel 32:6
· dan bersukaria: Ul 16:11; Ul 16:11
· Tuhan, Allahmu: Yos 8:31
Ref. Silang FULL: Ul 27:8 - pada batu-batu // pada batu-batu · pada batu-batu: Yes 8:1; 30:8; Hab 2:2
· pada batu-batu: Yos 8:32
· pada batu-batu: Yes 8:1; 30:8; Hab 2:2
· pada batu-batu: Yos 8:32
Ref. Silang FULL: Ul 27:9 - orang Lewi // Tuhan, Allahmu · orang Lewi: Ul 17:9; Ul 17:9
· Tuhan, Allahmu: Ul 26:18
Ref. Silang FULL: Ul 27:12 - gunung Gerizim // Yehuda, Isakhar // dan Benyamin · gunung Gerizim: Ul 11:29; Ul 11:29
· Yehuda, Isakhar: Kej 30:18; Kej 30:18
· dan Benyamin: Yos 8:35
Ref. Silang FULL: Ul 27:15 - patung tuangan // suatu kekejian // menjawab: Amin · patung tuangan: Kel 20:4; Kel 20:4
· suatu kekejian: 1Raj 11:5,7; 2Raj 23:13; Yes 44:19; 66:3
· menjawab: Amin: Bil 5:22; 1Kor ...
· patung tuangan: Kel 20:4; [Lihat FULL. Kel 20:4]
· suatu kekejian: 1Raj 11:5,7; 2Raj 23:13; Yes 44:19; 66:3
· menjawab: Amin: Bil 5:22; 1Kor 14:16; [Lihat FULL. 1Kor 14:16]