Teks -- Hakim-hakim 6:33-40 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hak 6:34 - ROH TUHAN MENGUASAI GIDEON.
Nas : Hak 6:34
Kata kerja "menguasai" secara harfiah berarti "mengenakan,"
"membajui." Roh Allah sendiri mengenakan diri-Nya pada Gideon supaya
mel...
Nas : Hak 6:34
Kata kerja "menguasai" secara harfiah berarti "mengenakan," "membajui." Roh Allah sendiri mengenakan diri-Nya pada Gideon supaya melengkapinya untuk melayani umat Allah, dan Gideon pun keluar dengan kuasa Roh (bd. 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Luk 24:49). Pengalaman dikuasai dan didiami oleh Roh dijanjikan kepada semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus (lih. Kis 2:4,38-39;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Full Life: Hak 6:37 - GUNTINGAN BULU DOMBA.
Nas : Hak 6:37
Gideon membentangkan guntingan bulu domba untuk memperkuat imannya
dan menyokong keyakinannya bahwa Allah sungguh-sungguh telah mema...
Nas : Hak 6:37
Gideon membentangkan guntingan bulu domba untuk memperkuat imannya dan menyokong keyakinannya bahwa Allah sungguh-sungguh telah memanggilnya untuk membebaskan Israel (ayat Hak 6:36). Permohonan Gideon akan kepastian disertai dengan sikap iman, kerendahan hati, dan ketaatan.
- 1) Allah yang memahami tabiat manusia (bd. Mazm 103:14) menanggapi dalam kasih dan kasih karunia. Semua anak Allah yang setia berhak untuk meminta Allah memperkuat iman mereka (bd. Kej 17:17-20; Kel 3:2; Kel 4:1-9; Mr 9:24).
- 2) Bahkan mereka yang dipenuhi dengan Roh Kudus kadang-kadang dapat mengalami ketakutan dan ketidakpastian dalam situasi sulit. Pada saat-saat seperti itu, Allah ingin mendorong kita dan memperkuat iman kita (ayat Hak 6:38-40).
Jerusalem -> Hak 6:1--9:57; Hak 6:36-40
Jerusalem: Hak 6:1--9:57 - -- Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sud...
Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sudah dipersatukan, lalu menyadurnya sedikit. Ada beberapa tradisi mengenai tindakan-tindakan kemiliteran yang dilakukan Gideon melawan orang Midian, baik di wilayah bangsa Israel maupun di luar daerah seberang sungai Yordan. Pada tradisi-tradisi tsb ditambah tradisi-tradisi lain yang bersangkutan dengan ibadat, yaitu tentang sebuah mezbah di Ofra yang disahkan, tentang sebuah mezbah guna dewa baal dan tentang tanda guntingan bulu domba. Ceritera-ceritera itu cukup penting oleh karena memperlihatkan kemerosotan agama di Israel yang disebabkan kenyataan bahwa orang Israel mulai menetap di negeri Kanaan dan berkenalan dengan ibadat setempat kepada dewa Baal; ceritera-ceritera itupun memperlihatkan kekacauan di bidang politik yang menyatakan diri dalam ditawarkannya jabatan raja kepada Gideon dan dalam pengalaman yang menyedihkan dengan raja Abimelekh.
Jerusalem: Hak 6:36-40 - -- Inilah tanda yang diminta Gideon dalam Hak 6:17. Bdk Kel 4:1-7, di mana dua tanda membuktikan bahwa Musa diutus oleh Tuhan.
Endetn -> Hak 6:40
(2x), diperbaiki. Tertulis: "keatas".
Ref. Silang FULL: Hak 6:33 - orang Amalek // dan orang-orang // lembah Yizreel · orang Amalek: Bil 13:29
· dan orang-orang: Kej 25:6; Kej 25:6
· lembah Yizreel: Yos 15:56; Yos 15:56; Yeh 25:4; Hos 1:5
Ref. Silang FULL: Hak 6:34 - Tuhan menguasai // ditiupnyalah sangkakala // orang-orang Abiezer · Tuhan menguasai: Hak 3:10; Hak 3:10
· ditiupnyalah sangkakala: Yos 6:20; Yos 6:20; Hak 3:27; Hak 3:27
· orang-orang Abiezer: Yo...
Ref. Silang FULL: Hak 6:35 - suku Asyer // dan Naftali // dengan mereka · suku Asyer: Yos 17:7; Yos 17:7
· dan Naftali: Hak 4:6; Hak 4:6
· dengan mereka: Hak 7:23
Ref. Silang FULL: Hak 6:37 - guntingan bulu // tempat pengirikan // maka tahulah · guntingan bulu: Ayub 31:20
· tempat pengirikan: Bil 18:27; Bil 18:27; 2Sam 6:6; 24:16
· maka tahulah: Kej 24:14; Kej 24:14
· guntingan bulu: Ayub 31:20
· tempat pengirikan: Bil 18:27; [Lihat FULL. Bil 18:27]; 2Sam 6:6; 24:16