Teks -- Hakim-hakim 19:1-23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hak 19:1 - PADA ZAMAN ITU.
Nas : Hak 19:1
Peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam pasal Hak 19:1-30
menunjukkan betapa buruk dan bejat beberapa orang di Israel setelah
berpal...
Nas : Hak 19:1
Peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam pasal Hak 19:1-30 menunjukkan betapa buruk dan bejat beberapa orang di Israel setelah berpaling dari Allah.
- 1) Beberapa orang Israel (yaitu, suku Benyamin) sudah menjadi kaum homoseksual, pemerkosa, dan pembunuh (ayat Hak 19:22-30).
- 2) Seorang Lewi (yaitu, pelayan firman Allah) memberikan istrinya untuk diperkosa dan dibunuh untuk menyelamatkan dirinya sendiri (ayat Hak 19:1,22,25-30). Jadi, baik orang awam maupun para hamba Tuhan terjerumus ke dalam keburukan moral pada waktu Allah dan firman-Nya diabaikan (bd. Hos 9:9; 10:9).
Full Life: Hak 19:1 - SEORANG GUNDIK.
Nas : Hak 19:1
Dalam Alkitab seorang gundik adalah wanita yang menikah dengan sah,
tetapi kedudukannya di bawah seorang istri. Tidak pernah PL memb...
Nas : Hak 19:1
Dalam Alkitab seorang gundik adalah wanita yang menikah dengan sah, tetapi kedudukannya di bawah seorang istri. Tidak pernah PL membenarkan kebiasaan poligami ini (Kel 21:7-11; Ul 21:10-14;
lihat cat. --> Kej 29:28).
[atau ref. Kej 29:28]
Full Life: Hak 19:22 - BAWALAH KE LUAR ORANG ... ITU.
Nas : Hak 19:22
Salah satu contoh terbesar dari pencemaran dan kebejatan moral Allah
terjadi di Gibea, ketika orang-orang yang dahulu menjadi umat ...
Nas : Hak 19:22
Salah satu contoh terbesar dari pencemaran dan kebejatan moral Allah terjadi di Gibea, ketika orang-orang yang dahulu menjadi umat Allah menyerahkan diri kepada nafsu homoseksual dan pemerkosaan (bd. Hos 9:9; Hos 10:9); mereka telah menjadi seperti orang Sodom (Kej 19:1-11). Alkitab memandang homoseksualitas dan lesbianisme sebagai salah satu hasil akhir dari penolakan terhadap Allah oleh seorang atau suatu bangsa yang jahat
(lihat cat. --> Rom 1:27).
[atau ref. Rom 1:27]
Apabila orang tidak bertobat, maka homoseksualitas akan mendatangkan "pikiran yang terkutuk" (Rom 1:28) dan mungkin menghasilkan kekejaman sebagaimana yang digambarkan dalam pasal Hak 19:1-30.
marah atau berlaku serong.
BIS: Hak 19:18 - ke rumah ke rumah: Dalam naskah Ibrani tertulis ke Rumah TUHAN, sebab tempat tinggal orang Lewi disebut Rumah TUHAN.
ke rumah: Dalam naskah Ibrani tertulis ke Rumah TUHAN, sebab tempat tinggal orang Lewi disebut Rumah TUHAN.
Jerusalem -> Hak 17:1--21:25; Hak 19:1--21:25; Hak 19:2; Hak 19:10; Hak 19:11-30; Hak 19:18; Hak 19:23
Jerusalem: Hak 17:1--21:25 - -- Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada ki...
Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada kitab Hakim oleh karena mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di zaman sebelum masa para raja. Mungkin bab-bab ini ditambahkan pada kitab Hakim sesudah masa pembuangan.
Jerusalem: Hak 19:1--21:25 - -- Seorang penyusun di masa sesudah pembuangan menggabungkan dalam bab 19-21 dua tradisi yang jelas tampil dalam bab 20-21. Tradisi yang satu bersangkuta...
Seorang penyusun di masa sesudah pembuangan menggabungkan dalam bab 19-21 dua tradisi yang jelas tampil dalam bab 20-21. Tradisi yang satu bersangkutan dengan tempat kudus di Mizpa dan yang lain dengan tempat kudus di Betel. Penggabungan itu menjelaskan mengapa ada dua ceritera mengenai orang Benyamin yang dikalahkan dan tentang Gibea yang direbut (bdk misalnya Hak 20:30-32 dan Hak 20:36-44+), dan kedua sarana untuk menjamin kelanjutan suku Benyamin, Hak 21:1-12,15-23.
Dalam terjemahan-terjemahan kuno terbaca: marah sebentar.
Jerusalem: Hak 19:10 - Yebus Nama Yerusalem ini hanya dipakai di sini, Hak 19:10-11, dan dalam 1Ta 11:4 dst. Nama itu menunjuk penduduk kota itu. Nama kota sendiri selalu Yerusale...
Nama Yerusalem ini hanya dipakai di sini, Hak 19:10-11, dan dalam 1Ta 11:4 dst. Nama itu menunjuk penduduk kota itu. Nama kota sendiri selalu Yerusalem.
Jerusalem: Hak 19:11-30 - -- Di Gibea, sebuah kota suku Benyamin, orang Lewi itu hanya mendapat tumpangan pada seorang dari suku Efraim, Hak 19:16. Orang itu tersedia menepati kew...
Di Gibea, sebuah kota suku Benyamin, orang Lewi itu hanya mendapat tumpangan pada seorang dari suku Efraim, Hak 19:16. Orang itu tersedia menepati kewajibannya sebagai tuan rumah terhadap tamu sampai mengorbankan anak perempuannya, Hak 19:24. Sebaliknya, orang Benyamin, penduduk kota itu, melanggar kewajiban terhadap seorang tamu, Hak 19:15, dan berlaku keji. Cerita ini (yang berasal dari suku Yehuda) sebenarnya menentang raja Saul yang menjadikan Gibea ibu kotanya. Ceritera ini agak serupa dengan ceritera tentang Lot, Kej 19:1-11.
Jerusalem: Hak 19:18 - pulang ke rumah Dalam naskah Ibrani terbaca: pergi ke rumah TUHAN. Tetapi bdk Hak 19:29.
Dalam naskah Ibrani terbaca: pergi ke rumah TUHAN. Tetapi bdk Hak 19:29.
Jerusalem: Hak 19:23 - berbuat noda Kata Ibrani yang dipakai berarti: pelanggaran hukum Allah yang berat, terutama perbuatan mesum. Perbuatan itu dilarang dengan keras untuk menentang ke...
Kata Ibrani yang dipakai berarti: pelanggaran hukum Allah yang berat, terutama perbuatan mesum. Perbuatan itu dilarang dengan keras untuk menentang kemesuman yang lazim dalam ibadat agama Kanaan.
Ende -> Hak 19:1--21:25; Hak 19:23
Ende: Hak 19:1--21:25 - -- Kalau fasal 17-18(Hak 17-18) menjatakan merosotnja hidup keigamaan di
Israil, maka kisah jang kedua ini menggambarkan keruntuhan tatasusila bangsa
ter...
Kalau fasal 17-18(Hak 17-18) menjatakan merosotnja hidup keigamaan di Israil, maka kisah jang kedua ini menggambarkan keruntuhan tatasusila bangsa terpilih. Dengan tjaranja sendiri tjerita inipun menandaskan adjaran umum kitab Hakim2. Bila bangsa terpilih murtad dari Jahwe pasti dihukum pula; bila lalu bertobat, Jahwe berbelas-kasihan dan Ia tak pernah lupa akan umatNja. Pokok inilah jang mau dikemukakan dan si pengarang tidak memberikan pernilaian mengenai segala sesuatu jang diperbuat suku2 jang masih primitip ini. Pada umumnja seluruh kedjadian itu dinilai dengan keluhan ini: Tidak ada radja di Israil sehingga setiap orang memperbuat apa sadja (Hak 19:21-25). Dalam kisahnja nampak djuga persatuan Israil jang asasi dalam agamanja, sehingga semua suku ber-sama2 bertindak untuk menghapus kedjahatan dari tengah2 bangsa. Karenanja merekapun tidak membiarkan satu suku ditumpas sama sekali.
Kedurdjanaan itu ialah pelanggaran hak tamu. Kitab Sutji IV
diperbaiki menurut maknanja. Tertulis: "berajallah".
Ditinggalkan "sertanja" (2x tertulis).
diperbaiki menurut kiraan. Kata Hibrani tidak dapat diartikan.
diperbaiki. Tertulis mufrad.
diperbaiki. Tertulis: "bagimu".
Ref. Silang FULL: Hak 19:1 - pegunungan Efraim // dari Betlehem-Yehuda · pegunungan Efraim: Hak 19:16,18
· dari Betlehem-Yehuda: Rut 1:1
· pegunungan Efraim: Hak 19:16,18
· dari Betlehem-Yehuda: Rut 1:1
· makan, minum: Hak 19:6,8; Kel 32:6; [Lihat FULL. Kel 32:6]
Ref. Silang FULL: Hak 19:14 - suku Benyamin · suku Benyamin: Yos 15:57; 1Sam 10:26; 11:4; 13:2; 15:34; Yes 10:29
· suku Benyamin: Yos 15:57; 1Sam 10:26; 11:4; 13:2; 15:34; Yes 10:29
Ref. Silang FULL: Hak 19:15 - untuk bermalam // tanah lapang · untuk bermalam: Kej 24:23; Kej 24:23
· tanah lapang: Kej 19:2; Kej 19:2
Ref. Silang FULL: Hak 19:16 - pada malam // pegunungan Efraim · pada malam: Mazm 104:23
· pegunungan Efraim: Hak 19:1; Hak 19:1
· pada malam: Mazm 104:23
Ref. Silang FULL: Hak 19:19 - dan makanan // untuk keledai // dan anggur · dan makanan: Kej 24:25
· untuk keledai: Kej 42:27; Kej 42:27
· dan anggur: Kej 14:18; Kej 14:18
· dan minum: Kej 24:32-33; Luk 7:44
Ref. Silang FULL: Hak 19:22 - menggembirakan hatinya // orang-orang dursila // pakai dia · menggembirakan hatinya: Hak 16:25; Hak 16:25
· orang-orang dursila: Ul 13:13; Ul 13:13
· pakai dia: Kej 19:4-5; Hak 20:5; Rom 1...
· menggembirakan hatinya: Hak 16:25; [Lihat FULL. Hak 16:25]
· orang-orang dursila: Ul 13:13; [Lihat FULL. Ul 13:13]
· pakai dia: Kej 19:4-5; Hak 20:5; Rom 1:26-27