Teks -- Ezra 3:3-13 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ezr 3:4 - HARI RAYA PONDOK DAUN.
Nas : Ezr 3:4
Lihat cat. --> Im 23:34-43.
[atau ref. Im 23:34-43]
Full Life: Ezr 3:8 - RUMAH TUHAN.
Nas : Ezr 3:8
Prioritas tertinggi umat itu setelah kembali ke Yerusalem ialah
membangun kembali Bait Suci dan dengan demikian memulihkan penyembaha...
Nas : Ezr 3:8
Prioritas tertinggi umat itu setelah kembali ke Yerusalem ialah membangun kembali Bait Suci dan dengan demikian memulihkan penyembahan yang setia kepada Tuhan. Tahun-tahun pembuangan telah mengajarkan mereka bahwa Allah tidak akan menjadi pelindung dan penolong mereka kecuali mereka mengutamakan Dia dalam kehidupan mereka. Demikian pula, kita tidak dapat mengharapkan pertolongan dan berkat Allah jikalau kehidupan dan keinginan kita tidak selaras dengan kerajaan dan tujuan-Nya yang benar
(lihat cat. --> Mat 6:33).
[atau ref. Mat 6:33]
Full Life: Ezr 3:11 - MENYANYIKAN BAGI TUHAN NYANYIAN PUJIAN DAN SYUKUR.
Nas : Ezr 3:11
Umat itu menyanyikan pujian mereka kepada Tuhan ketika mereka
menyaksikan landasan Bait Suci telah diletakkan karena itu merupakan
j...
Nas : Ezr 3:11
Umat itu menyanyikan pujian mereka kepada Tuhan ketika mereka menyaksikan landasan Bait Suci telah diletakkan karena itu merupakan jawaban Allah kepada doa mereka serta kemurahan-Nya kepada mereka. Pujian alkitabiah meninggikan Allah dan karya-Nya serta menjadi unsur ibadah yang harus diikuti oleh seluruh umat
(lihat art. PUJIAN).
Full Life: Ezr 3:12 - BANYAK ... MENANGIS DENGAN SUARA NYARING ... BANYAK ORANG BERSORAK-SORAI ... KARENA KEGIRANGAN.
Nas : Ezr 3:12
Sekalipun hukum Allah mendorong umat untuk beribadah dengan tertib,
hal itu tidak membatasi penyembahan pada satu bentuk atau pola t...
Nas : Ezr 3:12
Sekalipun hukum Allah mendorong umat untuk beribadah dengan tertib, hal itu tidak membatasi penyembahan pada satu bentuk atau pola tertentu. Beberapa orang yang telah menyaksikan kemuliaan bait Salomo menangis, niscaya karena merasa lega bahwa aib kehancurannya kini sudah tidak ada lagi; yang lain bersorak-sorak kegirangan. Penyembahan kita hendaknya senantiasa luwes sehingga memberi peluang untuk berbagai ungkapan yang spontan. Allah menciptakan kita secara berbeda; kita tak perlu heran melihat keanekaragaman ketika umat-Nya menyerah kepada Roh Kudus.
"Meskipun" atau Oleh karena.
Jerusalem: Ezr 3:3 - di tempatnya semula Begitu menurut terjemahan Yunani dan Siria, bdk Ezr 2:68. Dalam naskah Ibrani tertulis: pada landasannya
Begitu menurut terjemahan Yunani dan Siria, bdk Ezr 2:68. Dalam naskah Ibrani tertulis: pada landasannya
Jerusalem: Ezr 3:3 - penduduk negeri Ungkapan ini (Ibraninya: am ha-arets) adalah semacam istilah. Artinya: semua orang merdeka dari salah satu daerah yang sepenuh-penuhnya memiliki hal w...
Ungkapan ini (Ibraninya: am ha-arets) adalah semacam istilah. Artinya: semua orang merdeka dari salah satu daerah yang sepenuh-penuhnya memiliki hal warga negara "penduduk negeri" itu dibedakan dengan para pemimpin. Hingga masa pembuangan penduduk Yehuda dan Israel disebut demikian. Dalam Ezr 4:4; 9:1-2; 10:2,11 dan dalam Neh 10:28,31 dst ungkapan itu (hampir selalu pakai jamak) menunjuk orang Samaria, Amon, Moab dst, yang sudah menduduki daerah yang menjadi kosong waktu orang Yahudi (Israel) diangkut ke pembuangan. Mereka itulah kini mempunyai hak warga negara. "Penduduk negeri" itu dibedakan dengan "penduduk Yehuda". Perkembangan makna ungkapan "penduduk negeri" (am ha-arets) tsb menyiapkan peristilahan para rabi Yahudi: "Am ha-arets" ialah mereka yang tidak mentaati hukum Taurat dan tradisi nenek moyang, bdk Yoh 7:49.
Jerusalem: Ezr 3:5 - korban bakaran pada bukan baru Dalam 3Ezr 5:51 (bdk 2Ta 2:4) terbaca: korban bakaran pada hari Sabat, pada bulan baru
Dalam 3Ezr 5:51 (bdk 2Ta 2:4) terbaca: korban bakaran pada hari Sabat, pada bulan baru
Jerusalem: Ezr 3:5 - persembahan suka rela Ialah korban yang tidak diwajibkan oleh hukum Taurat atau menjadi wajib oleh karena orang bernazar, bdk Ima 7:11+.
Ialah korban yang tidak diwajibkan oleh hukum Taurat atau menjadi wajib oleh karena orang bernazar, bdk Ima 7:11+.
Jerusalem: Ezr 3:6 - mulai mempersembahkan korban Dalam pikiran si Muwarikh itu berarti bahwa kembali mulailah seluruh sebagaimana ditetapkan oleh nas-nas tradisi Para Imam yang termaktub dalam hukum ...
Dalam pikiran si Muwarikh itu berarti bahwa kembali mulailah seluruh sebagaimana ditetapkan oleh nas-nas tradisi Para Imam yang termaktub dalam hukum Taurat.
Jerusalem: Ezr 3:7 - memberikan uang ... Persiapan-persiapan untuk membangun bait Allah ini menyerupai persiapan-persiapan untuk pembangunan bait Allah dahulu, bdk 1Ta 22:4; 2Ta 2:9,14.
Persiapan-persiapan untuk membangun bait Allah ini menyerupai persiapan-persiapan untuk pembangunan bait Allah dahulu, bdk 1Ta 22:4; 2Ta 2:9,14.
Jerusalem: Ezr 3:8 - Para tahun yang kedua Menurut Hag 1:14; 2:10 dst; Zak 4:9 orang mulai membangun bait Allah pada tahun yang kedua pemerintahan Darius. Pada kenyataannya pekerjaan sudah dimu...
Menurut Hag 1:14; 2:10 dst; Zak 4:9 orang mulai membangun bait Allah pada tahun yang kedua pemerintahan Darius. Pada kenyataannya pekerjaan sudah dimulai di masa pemerintahan Koresy, Ezr 5:16, tetapi pekerjaan macet, bdk Ezr 4:24
Si Muwarikh selalu suka menonjolkan peranan orang Lewi.
Jerusalem: Ezr 3:9 - orang-orang Yehuda Harafiah: anak-anak (bani) Yehuda. Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: anak-anak Hodawya, bdk Ezr 2:40
Harafiah: anak-anak (bani) Yehuda. Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: anak-anak Hodawya, bdk Ezr 2:40
Jerusalem: Ezr 3:9 - Demikian juga... Bagian ayat ini berupa sisipan yang diambil dari Neh 3:18,24; 10:10.
Bagian ayat ini berupa sisipan yang diambil dari Neh 3:18,24; 10:10.
Ende: Ezr 3:3 - kaum negeri merupakan istilah chas untuk penduduk Palestina, tjampuran kaum
kafir dan orang2 Jahudi jang tinggal waktu pembuangan, dan jang tidak suka,
bahwa oran...
merupakan istilah chas untuk penduduk Palestina, tjampuran kaum kafir dan orang2 Jahudi jang tinggal waktu pembuangan, dan jang tidak suka, bahwa orang2 Jahudi kembali menduduki tempatnja dahulu dengan rugi untuk orang2 itu.
Ende: Ezr 3:8 - -- Si penjusun mementingkan peranan kaum Levita dalam pembangunan bait Allah,
meskipun "rohaniwan" memang tidak mahir dalam seni pembangunan. Bukan Zerub...
Si penjusun mementingkan peranan kaum Levita dalam pembangunan bait Allah, meskipun "rohaniwan" memang tidak mahir dalam seni pembangunan. Bukan Zerubabel, jang mulai, melainkan Sjesjbasar. Si penjusun menambahkan berita disini, jang diambil dari Ezr 5:2.
Endetn: Ezr 3:3 - ditempatnja diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "diatas dasar2nja".
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "diatas dasar2nja".
ditambahkan menurut III Esr 5:51.
Endetn: Ezr 3:9 - Hodawja diperbaiki menurut Ezr 2:40. Tertulis: Juda. Ditinggalkan "kaum Hinadad serta anak2 dan saudara2nja, para Levita,".
diperbaiki menurut Ezr 2:40. Tertulis: Juda. Ditinggalkan "kaum Hinadad serta anak2 dan saudara2nja, para Levita,".
Endetn: Ezr 3:12 - atas dasarnja diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: waktu dasar2nja diletakkan". Ditinggalkan djuga: "jakni Bait Allah"
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: waktu dasar2nja diletakkan". Ditinggalkan djuga: "jakni Bait Allah"
Ref. Silang FULL: Ezr 3:3 - mereka ketakutan // waktu petang · mereka ketakutan: Ezr 4:4; Dan 9:25
· waktu petang: Kel 29:39; Kel 29:39; Bil 28:1-8
· mereka ketakutan: Ezr 4:4; Dan 9:25
· waktu petang: Kel 29:39; [Lihat FULL. Kel 29:39]; Bil 28:1-8
Ref. Silang FULL: Ezr 3:4 - Pondok Daun · Pondok Daun: Kel 23:16; Kel 23:16; Bil 29:12-38; Neh 8:15-19; Za 14:16-19
· Pondok Daun: Kel 23:16; [Lihat FULL. Kel 23:16]; Bil 29:12-38; Neh 8:15-19; Za 14:16-19
Ref. Silang FULL: Ezr 3:5 - bulan baru // bagi Tuhan · bulan baru: Bil 28:3,11,14; Bil 28:3; Bil 28:11; Bil 28:14; Kol 2:16
· bagi Tuhan: Im 23:1-44; Bil 29:39; Bil 29:39
· bulan baru: Bil 28:3,11,14; [Lihat FULL. Bil 28:3]; [Lihat FULL. Bil 28:11]; [Lihat FULL. Bil 28:14]; Kol 2:16
· bagi Tuhan: Im 23:1-44; Bil 29:39; [Lihat FULL. Bil 29:39]
Ref. Silang FULL: Ezr 3:7 - tukang kayu // kayu aras // dari Libanon // Koresh · tukang kayu: 1Taw 22:15
· kayu aras: 1Taw 14:1; 1Taw 14:1
· dari Libanon: Yes 35:2; 60:13
· Koresh: Ezr 1:2-4; Ezr 1:2 s...
· tukang kayu: 1Taw 22:15
· kayu aras: 1Taw 14:1; [Lihat FULL. 1Taw 14:1]
· dari Libanon: Yes 35:2; 60:13
Ref. Silang FULL: Ezr 3:8 - dalam bulan // maka Zerubabel // dua puluh · dalam bulan: 1Raj 6:1
· maka Zerubabel: Za 4:9
· dua puluh: Bil 4:3; Bil 4:3
Ref. Silang FULL: Ezr 3:10 - Tuhan diletakkan // membawa nafiri // untuk memuji-muji // petunjuk Daud // raja Israel · Tuhan diletakkan: Ezr 5:16; 6:3; Hag 2:16
· membawa nafiri: Bil 10:2; Bil 10:2; 2Sam 6:5; 2Sam 6:5; 1Taw 16:6; 2Taw 5:13; Neh 12:35
&m...
Ref. Silang FULL: Ezr 3:11 - kepada Israel // umat bersorak-sorai // karena dasar · kepada Israel: 1Taw 16:34,41; 2Taw 7:3; 2Taw 7:3; Mazm 30:6; 107:1; 118:1; 138:8
· umat bersorak-sorai: Yos 6:5,10; Yos 6:5; Yos 6:10
...
· kepada Israel: 1Taw 16:34,41; 2Taw 7:3; [Lihat FULL. 2Taw 7:3]; Mazm 30:6; 107:1; 118:1; 138:8
· umat bersorak-sorai: Yos 6:5,10; [Lihat FULL. Yos 6:5]; [Lihat FULL. Yos 6:10]
· karena dasar: Hag 2:19; Za 4:9; 8:9
Ref. Silang FULL: Ezr 3:12 - melihat rumah // dahulu, menangis · melihat rumah: Hag 2:4,10
· dahulu, menangis: Yer 31:9; 50:4
· melihat rumah: Hag 2:4,10
· dahulu, menangis: Yer 31:9; 50:4
Ref. Silang FULL: Ezr 3:13 - sorak-sorai kegirangan · sorak-sorai kegirangan: Ayub 8:21; 33:26; Mazm 27:6; 42:5; Yes 16:9; Yer 48:33
· sorak-sorai kegirangan: Ayub 8:21; 33:26; Mazm 27:6; 42:5; Yes 16:9; Yer 48:33