Teks -- Daniel 3:23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Dan 3:23 - -- Sesudah Dan 3:23 ini terjemahan Yunani dan Siria menyisipkan (Aza 1:1-68) sebuah doa yang dipanjatkan Azarya (Abednego) dan (dengan catatan peralihan)...
Sesudah Dan 3:23 ini terjemahan Yunani dan Siria menyisipkan (Aza 1:1-68) sebuah doa yang dipanjatkan Azarya (Abednego) dan (dengan catatan peralihan) suatu lagu pujian yang dinyanyikan ketiga pemuda itu sementara dalam perapian. Bagian ini aselinya ditulis dalam bahasa Ibrani atau Aram. Lihat Tambahan pada Kitab Daniel, hal 752
Dan 3:24-45
Jerusalem: Dan 3:23 - -- Bdk Dan 9:4+; Ezr 9:6-15; Bar 1-2 Doa Azarya ini menyinggung banyak ayat dan nas Alkitab
Bdk Dan 9:4+; Ezr 9:6-15; Bar 1-2 Doa Azarya ini menyinggung banyak ayat dan nas Alkitab
Dan 3:35
Jerusalem: Dan 3:23 - Abraham, kekasihMu Terjemahan lain: Abraham sahabatMu. Ini sebutan Abraham yang paling bagus dalam Alkitab. Dalam tradisi Arab dan kaum muslimin Abraham tetap disebut Sa...
Dan 3:49
Bdk Tob 5:4+
Dan 3:55
Jerusalem: Dan 3:23 - bersemayam di atas kerub-kerub begitu orang menyebut TUHAN dalam ibadat sekitar tabut perjanjian, bdk 1Sa 4:4+. Mengenai kerub-kerub dalam bait Allah di Yerusalem bdk Kel 25:18+; 1R...
begitu orang menyebut TUHAN dalam ibadat sekitar tabut perjanjian, bdk 1Sa 4:4+. Mengenai kerub-kerub dalam bait Allah di Yerusalem bdk Kel 25:18+; 1Ra 6:23-29; 2Ta 3:10-13.
Ende: Dan 3:23 - -- [(25)-(45)] Lagu ini merupakan suatu pengakuan dosa jang diutjapkan oleh 'Azarja
sadja. Seluruh bagian ini (Dan 3:24-30; Aza 1-68), jang
terdapat hanj...
[(25)-(45)] Lagu ini merupakan suatu pengakuan dosa jang diutjapkan oleh 'Azarja sadja. Seluruh bagian ini (Dan 3:24-30; Aza 1-68), jang terdapat hanja dalam terdjemahan Junani, memutuskan djalan pikir kisah dalam naskah Hibrani (rumahnja sebagian dari naskah ini hilang djuga, oleh sebab kisah tidak langsung diteruskan ajat 24(Dan 3:24) dalam naskah Hibrani. Suatu peristiwa sebagaimana jang ditjeritakan naskah Junani diandaikan).
Bagian Junani itu kemudian diselipkan kedalam kisah. Aselinja pasti dikarang dalam bahasa Hibrani (Aram). Teks Junani jang diterdjemahkan disini adalah teks Theodotion. Si penjusun kitab melihat keadaan ketiga pemuda itu dalam dapur api sebagai suatu lambang keadaan malang bangsa Jahudi (th.168-165). Karena lagu itu tidak menjindir dapur api, melainkan keadaan bangsa pada masa Antiochos IV Epifanes.
Ende: Dan 3:23 - -- [(32)] Musuh durdjana dan radja lalim itu ialah si pengedjar agama Jahudi
Antiochos IV.
[(32)] Musuh durdjana dan radja lalim itu ialah si pengedjar agama Jahudi Antiochos IV.
Ende: Dan 3:23 - -- [(38)] Pengarang menjindir penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochus IV jang
memaksakan ibadah kafir pada bangsa Jahudi (th.165).
[(38)] Pengarang menjindir penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochus IV jang memaksakan ibadah kafir pada bangsa Jahudi (th.165).
Ende: Dan 3:23 - -- [(39)-(40)] Suatu anggapan jang halus mengenai ibadah diutjap ajat2 ini. Bila
ibadah lahir tak mungkin, maka ibadah batin menggantinja dan sama hargan...
[(39)-(40)] Suatu anggapan jang halus mengenai ibadah diutjap ajat2 ini. Bila ibadah lahir tak mungkin, maka ibadah batin menggantinja dan sama harganja djuga, karena kebatinan itu selalu merupakan unsur jang paling penting dalam ibadah.
Ende: Dan 3:23 - -- [(46)-(50)]Bagian ini sedjadjar dengan ajat 21-23(Dan 3:21-23) (dengan
mengulang aj. 22(Dan 3:2) jang dirobah sedikit) meneruskan kisahnja.
[(46)-(50)]Bagian ini sedjadjar dengan ajat 21-23(Dan 3:21-23) (dengan mengulang aj. 22(Dan 3:2) jang dirobah sedikit) meneruskan kisahnja.
Ende: Dan 3:23 - -- [(49)] Malaekat Tuhan itu ialah bukan Allah sendiri (seperti seringkali arti
ungkapan itu dalam perdjandjian lama), melainkan suatu machluk rohani jan...
[(49)] Malaekat Tuhan itu ialah bukan Allah sendiri (seperti seringkali arti ungkapan itu dalam perdjandjian lama), melainkan suatu machluk rohani jang tidak sama dengan Allah, hanja utusanNja, seorang malaekat betul.
Ende: Dan 3:23 - -- [(51)-(90)] Lagu pudji dan sjukur ini djuga tidak menjindir keadaan ketiga orang
dalam dapur api itu, selain 88a-b bersifat tambahan. lagu itu terdiri...
[(51)-(90)] Lagu pudji dan sjukur ini djuga tidak menjindir keadaan ketiga orang dalam dapur api itu, selain 88a-b bersifat tambahan. lagu itu terdiri atas dua bagian: Aza 3-7 langsung memudji Allah; Aza 8-68 mengundang semua machluk ikut memuliakan Tuhan. Lagu itu berbentuk "litani".
Ende: Dan 3:23 - bait kemuliaanMu jang sutji [(53)] Maksudnja kurang terang, entah surga entah
baitullah di Jerusjalem.
[(53)] Maksudnja kurang terang, entah surga entah baitullah di Jerusjalem.
Ende: Dan 3:23 - -- [(60)] Langit dibajangkan sebagai sebangsa kubah dan diatasnja ada lautan (laut
purba).
[(60)] Langit dibajangkan sebagai sebangsa kubah dan diatasnja ada lautan (laut purba).
[(61)] ialah perbintangan.
Ende: Dan 3:23 - -- [(88)] Ajat ini (dengan ditjoretnja a-b) menjampaikan dasar untuk seluruh lagu
sjukur itu: Allah menjelamatkan dari pratala, maut, api, jaitu dari dar...
[(88)] Ajat ini (dengan ditjoretnja a-b) menjampaikan dasar untuk seluruh lagu sjukur itu: Allah menjelamatkan dari pratala, maut, api, jaitu dari darurat jang besar.