kecilkan semua  

Teks -- Ayub 3:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keluh kesah Ayub
3:1 Sesudah itu Ayub membuka mulutnya dan mengutuki hari kelahirannya. 3:2 Maka berbicaralah Ayub: 3:3 "Biarlah hilang lenyap hari kelahiranku dan malam yang mengatakan: Seorang anak laki-laki telah ada dalam kandungan. 3:4 Biarlah hari itu menjadi kegelapan, janganlah kiranya Allah yang di atas menghiraukannya, dan janganlah cahaya terang menyinarinya. 3:5 Biarlah kegelapan dan kekelaman menuntut hari itu, awan-gemawan menudunginya, dan gerhana matahari mengejutkannya. 3:6 Malam itu -- biarlah dia dicekam oleh kegelapan; janganlah ia bersukaria pada hari-hari dalam setahun; janganlah ia termasuk bilangan bulan-bulan. 3:7 Ya, biarlah pada malam itu tidak ada yang melahirkan, dan tidak terdengar suara kegirangan. 3:8 Biarlah ia disumpahi oleh para pengutuk hari, oleh mereka yang pandai membangkitkan marah Lewiatan. 3:9 Biarlah bintang-bintang senja menjadi gelap; biarlah ia menantikan terang yang tak kunjung datang, janganlah ia melihat merekahnya fajar, 3:10 karena tidak ditutupnya pintu kandungan ibuku, dan tidak disembunyikannya kesusahan dari mataku. 3:11 Mengapa aku tidak mati waktu aku lahir, atau binasa waktu aku keluar dari kandungan? 3:12 Mengapa pangkuan menerima aku; mengapa ada buah dada, sehingga aku dapat menyusu? 3:13 Jikalau tidak, aku sekarang berbaring dan tenang; aku tertidur dan mendapat istirahat 3:14 bersama-sama raja-raja dan penasihat-penasihat di bumi, yang mendirikan kembali reruntuhan bagi dirinya, 3:15 atau bersama-sama pembesar-pembesar yang mempunyai emas, yang memenuhi rumahnya dengan perak. 3:16 Atau mengapa aku tidak seperti anak gugur yang disembunyikan, seperti bayi yang tidak melihat terang? 3:17 Di sanalah orang fasik berhenti menimbulkan huru-hara, di sanalah mereka yang kehabisan tenaga mendapat istirahat. 3:18 Dan para tawanan bersama-sama menjadi tenang, mereka tidak lagi mendengar suara pengerah. 3:19 Di sana orang kecil dan orang besar sama, dan budak bebas dari pada tuannya. 3:20 Mengapa terang diberikan kepada yang bersusah-susah, dan hidup kepada yang pedih hati; 3:21 yang menantikan maut, yang tak kunjung tiba, yang mengejarnya lebih dari pada menggali harta terpendam;
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom
 · buaya a twisting aquatic monster, possibly the crocodile of the Nile, and used symbolically of Assyria and Babylonia (by the twisting Euphrates River IBD).
 · Lewiatan a twisting aquatic monster, possibly the crocodile of the Nile, and used symbolically of Assyria and Babylonia (by the twisting Euphrates River IBD).


Topik/Tema Kamus: Ayub | Gelap, Kegelapan | Mati, Kematian | Bintang | Sungai, Bersungut-Sungut | Pagi | Waktu Atau Masa | Hukum Terhadap Orang | Lewiatan | Ular | Mati, Kematian Orang-Orang Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 3:1 - MENGUTUKI HARI KELAHIRANNYA. Nas : Ayub 3:1 Ayub sedang menderita, terhina dan menderita sakit. Kesedihannya yang terbesar ialah bahwa Allah tampaknya telah meninggalkannya. ...

Nas : Ayub 3:1

Ayub sedang menderita, terhina dan menderita sakit. Kesedihannya yang terbesar ialah bahwa Allah tampaknya telah meninggalkannya.

  1. 1) Dalam tutur katanya (ayat Ayub 3:2-26) Ayub dengan terus-terang memberitahukan perasaannya kepada Allah. Ia mulai dengan mengutuki hari lahirnya dan keadaannya yang menyedihkan, tetapi perhatikan bahwa dalam semua ini Ayub tidak mengutuk Allah. Seruannya merupakan ungkapan penderitaan dan keputusasaan, bukan seruan yang menentang Allah.
  2. 2) Senantiasa yang terbaik bagi orang percaya ialah mengungkapkan keraguan dan perasaannya dengan jujur kepada Tuhan di dalam doa. Menghampiri Allah dengan kesedihan dan dukacita kita untuk menjumpai Dia serta memohon belas kasihan-Nya tidak pernah salah. Yesus Kristus sendiri bertanya kepada Allah demikian, "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Mat 27:46; bd. juga Yer 20:14-18; Rat 3:1-18).

Full Life: Ayb 3:13 - AKU TERTIDUR DAN MENDAPAT ISTIRAHAT. Nas : Ayub 3:13 Ayub membayangkan kubur sebagai suatu tempat perhentian. Ia tidak menganggapnya sebagai kemusnahan, tetapi sebagai tempat untuk men...

Nas : Ayub 3:13

Ayub membayangkan kubur sebagai suatu tempat perhentian. Ia tidak menganggapnya sebagai kemusnahan, tetapi sebagai tempat untuk meneruskan keberadaan pribadi (ayat Ayub 3:13-19;

lihat cat. --> Mazm 16:10, ttg. Sheol).

[atau ref. Mazm 16:10]

BIS: Ayb 3:8 - Lewiatan Lewiatan: Ada yang menerangkannya sebagai buaya, atau binatang raksasa laut. Para tukang sihir dianggap dapat menyuruh Lewiatan membuat gerhana mataha...

Lewiatan: Ada yang menerangkannya sebagai buaya, atau binatang raksasa laut. Para tukang sihir dianggap dapat menyuruh Lewiatan membuat gerhana matahari dan mengacaukan dunia.

Jerusalem: Ayb 3:3 - Biarlah hilang... Ada dua kutukan yang sejalan, yang satu mengenai hari kelahiran Ayub dan yang lain mengenai malam ia diperkandungkan.

Ada dua kutukan yang sejalan, yang satu mengenai hari kelahiran Ayub dan yang lain mengenai malam ia diperkandungkan.

Jerusalem: Ayb 3:6 - bersukaria pada Dalam terjemahan Siria dan Latin Vulgata terbaca (kiranya tepat): menggabungkan diri dengan.

Dalam terjemahan Siria dan Latin Vulgata terbaca (kiranya tepat): menggabungkan diri dengan.

Jerusalem: Ayb 3:8 - para pengutuk hari Ini dapat diartikan dengan berbagai cara. Boleh jadi para pengutuk hari itu ialah mereka yang membenci cahaya hari siang dan yang suka bekerja dalam k...

Ini dapat diartikan dengan berbagai cara. Boleh jadi para pengutuk hari itu ialah mereka yang membenci cahaya hari siang dan yang suka bekerja dalam kegelapan, bdk Ayu 24:13 dst; Ayu 38:15; atau: mereka yang sama seperti Ayub mengutuk hari kelahirannya; ataupun: para ahli jampi dan tukang serapah yang menurut kepercayaan merubah hari yang baik menjadi hari sial, atau menyebabkan gerhana, apabila untuk sementara waktu Lewiatan menelan matahari

Jerusalem: Ayb 3:8 - Lewiatan Lewiatan, bdk Ayu 40:20, atau "ular yang tangkas", "naga yang meluncur", bdk Ayu 26:13; Yes 27:1; 51:9; Ams 9:3; Maz 74:14; 104:26, dalam mitologi Fen...

Lewiatan, bdk Ayu 40:20, atau "ular yang tangkas", "naga yang meluncur", bdk Ayu 26:13; Yes 27:1; 51:9; Ams 9:3; Maz 74:14; 104:26, dalam mitologi Fenisia adalah sebuah makhluk dahsyat dari zaman purba yang kalang kabut, bdk Ayu 7:12+. Rakyat selalu takut kalau-kalau naga itu akan bangkit lagi terangsang oleh sebuah jampi dan kutuk berdaya yang merusakkan keadaan teratur seperti sekarang ada. Naga yang tampil dalam Wah 12:3 mempunyai beberapa ciri dari naga purba, Lewiatan itu. Dalam kitab Wahyu naga itu mempribadikan kuasa jahat yang melawan Allah.

Jerusalem: Ayb 3:14 - yang mendirikan kembali.... Mengingat Yes 58:12 dan Yes 61:4 ungkapan itu dapat diartikan secara biasa: yang mendirikan kembali reruntuhan. raja-raja Babel dan Asyur sering berba...

Mengingat Yes 58:12 dan Yes 61:4 ungkapan itu dapat diartikan secara biasa: yang mendirikan kembali reruntuhan. raja-raja Babel dan Asyur sering berbangga bahwa mereka mendirikan kembali kota dan kuil yang sudah menjadi puing. Tetapi sebaik-baiknya ungkapan Ayu 3:14 ini diartikan demikian: mendirikan makan di tempat sunyi dan sepi sebelum penguasa itu meninggal dunia. Hal yang sedemikian terutama terjadi di negeri Mesir. Kata Ibrani harabot (reruntuhan) pada orang Ibrani barangkali berarti juga: piramide.

Jerusalem: Ayb 3:15 - rumahnya Ialah "rumah yang kekal", Pengk 12:5 artinya: makam. Memang ahli-ahli ilmu purbakala sudah menemukan kubur raja-raja dan penguasa-penguasa yang berisi...

Ialah "rumah yang kekal", Pengk 12:5 artinya: makam. Memang ahli-ahli ilmu purbakala sudah menemukan kubur raja-raja dan penguasa-penguasa yang berisikan banyak harta benda, khususnya di negeri Mesir dan di Ur.

Jerusalem: Ayb 3:17 - Di sanalah Yaitu di dunia orang mati (syeol), bdk Bil 16:33+; Maz 6:6+.

Yaitu di dunia orang mati (syeol), bdk Bil 16:33+; Maz 6:6+.

Ende: Ayb 3:7 - -- Terdjemahan ini tiada pasti.

Terdjemahan ini tiada pasti.

Ende: Ayb 3:7 - sorak gembira jakni karena anak jang baru lahir, atau sorak gembira mempelai dalam malam pernikahannja.

jakni karena anak jang baru lahir, atau sorak gembira mempelai dalam malam pernikahannja.

Ende: Ayb 3:8 - laut disini sama dengan Leviatan dan dibajangkan sebagai seekor naga jang mendahsjatkan, musuh Sang Pentjipta dan jang melawani pekerdjaanNja. Laut ini ada...

disini sama dengan Leviatan dan dibajangkan sebagai seekor naga jang mendahsjatkan, musuh Sang Pentjipta dan jang melawani pekerdjaanNja. Laut ini adalah laut purba, asal terbitnja alam.

Ende: Ayb 3:15 - -- Penguasa2 disini adalah penguasa2 jang sudah mati dan karena itu sama sadja dengan semua orang mati, kendati kekuasaannja dan kekajaannja didunia ini....

Penguasa2 disini adalah penguasa2 jang sudah mati dan karena itu sama sadja dengan semua orang mati, kendati kekuasaannja dan kekajaannja didunia ini. Orang2 mati dalam pratala dianggap sebagai bajang2 jang tidak bergerak atau mengalami barang sesuatu atau dapat berbuat sesuatu. Mereka ada, tetapi tidak hidup benar2 (aj. Ayu 17-19).

Endetn: Ayb 3:8 - laut diperbaiki. Tertulis: "hari".

diperbaiki. Tertulis: "hari".

Ref. Silang FULL: Ayb 3:1 - hari kelahirannya · hari kelahirannya: Yer 15:10; 20:14

· hari kelahirannya: Yer 15:10; 20:14

Ref. Silang FULL: Ayb 3:3 - dalam kandungan · dalam kandungan: Ayub 3:11,16; Ayub 10:18-19; Pengkh 4:2; 6:3; Yer 20:14-18; Mat 26:24

Ref. Silang FULL: Ayb 3:5 - dan kekelaman · dan kekelaman: Ayub 10:21,22; 34:22; 38:17; Mazm 23:4; 44:20; 88:13; Yer 2:6; 13:16

Ref. Silang FULL: Ayb 3:6 - oleh kegelapan · oleh kegelapan: Ayub 23:17; 30:26

· oleh kegelapan: Ayub 23:17; 30:26

Ref. Silang FULL: Ayb 3:7 - suara kegirangan · suara kegirangan: Mazm 20:6; 33:3; 65:14; Yes 26:19; Yer 51:48

· suara kegirangan: Mazm 20:6; 33:3; 65:14; Yes 26:19; Yer 51:48

Ref. Silang FULL: Ayb 3:8 - ia disumpahi // marah Lewiatan · ia disumpahi: Ayub 10:18; Yer 20:14 · marah Lewiatan: Kej 1:21; Kej 1:21; Ayub 40:20,27; 41:1,16; Mazm 74:14; 104:26

· ia disumpahi: Ayub 10:18; Yer 20:14

· marah Lewiatan: Kej 1:21; [Lihat FULL. Kej 1:21]; Ayub 40:20,27; 41:1,16; Mazm 74:14; 104:26

Ref. Silang FULL: Ayb 3:9 - merekahnya fajar · merekahnya fajar: Ayub 41:19; Hab 3:4

· merekahnya fajar: Ayub 41:19; Hab 3:4

Ref. Silang FULL: Ayb 3:11 - dari kandungan · dari kandungan: Ayub 3:3; Ayub 3:3

· dari kandungan: Ayub 3:3; [Lihat FULL. Ayub 3:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 3:12 - menerima aku · menerima aku: Kej 48:12; Kej 48:12; Yes 66:12

· menerima aku: Kej 48:12; [Lihat FULL. Kej 48:12]; Yes 66:12

Ref. Silang FULL: Ayb 3:13 - sekarang berbaring // mendapat istirahat · sekarang berbaring: Ayub 17:13; 30:23 · mendapat istirahat: Ayub 3:17; Ayub 7:8-10,21; 10:22; 13:19; 14:10-12; 19:27; 21:13,23; 27:19;...

Ref. Silang FULL: Ayb 3:14 - di bumi // kembali reruntuhan · di bumi: Ayub 9:24; 12:17; Yes 14:9; Yeh 32:28-32 · kembali reruntuhan: Ayub 15:28; Yer 51:37; Nah 3:7

· di bumi: Ayub 9:24; 12:17; Yes 14:9; Yeh 32:28-32

· kembali reruntuhan: Ayub 15:28; Yer 51:37; Nah 3:7

Ref. Silang FULL: Ayb 3:15 - bersama-sama pembesar-pembesar // dengan perak · bersama-sama pembesar-pembesar: Ayub 12:21; Yes 45:1 · dengan perak: Ayub 15:29; 20:10; 27:17; Mazm 49:17-18; Ams 13:22; 28:8; Pengkh ...

· bersama-sama pembesar-pembesar: Ayub 12:21; Yes 45:1

· dengan perak: Ayub 15:29; 20:10; 27:17; Mazm 49:17-18; Ams 13:22; 28:8; Pengkh 2:26; Yes 2:7; Zef 1:11

Ref. Silang FULL: Ayb 3:16 - seperti anak // melihat terang · seperti anak: Mazm 58:9; Pengkh 4:3; 6:3 · melihat terang: Ayub 3:3; Ayub 3:3; Mazm 71:6

· seperti anak: Mazm 58:9; Pengkh 4:3; 6:3

· melihat terang: Ayub 3:3; [Lihat FULL. Ayub 3:3]; Mazm 71:6

Ref. Silang FULL: Ayb 3:17 - menimbulkan huru-hara // mendapat istirahat · menimbulkan huru-hara: Ayub 3:26; Ayub 30:26; Pengkh 4:2; Yes 14:3 · mendapat istirahat: Ayub 3:13; Ayub 3:13

· menimbulkan huru-hara: Ayub 3:26; Ayub 30:26; Pengkh 4:2; Yes 14:3

· mendapat istirahat: Ayub 3:13; [Lihat FULL. Ayub 3:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 3:18 - para tawanan // mendengar suara // pengerah · para tawanan: Yes 51:14 · mendengar suara: Ayub 39:10 · pengerah: Kej 15:13; Kej 15:13

· para tawanan: Yes 51:14

· mendengar suara: Ayub 39:10

· pengerah: Kej 15:13; [Lihat FULL. Kej 15:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 3:19 - Di sana · Di sana: Ayub 9:22; 17:16; 21:33; 24:24; 30:23; Pengkh 12:5

Ref. Silang FULL: Ayb 3:20 - pedih hati · pedih hati: 1Sam 1:10; 1Sam 1:10; Yeh 27:30-31

· pedih hati: 1Sam 1:10; [Lihat FULL. 1Sam 1:10]; Yeh 27:30-31

Ref. Silang FULL: Ayb 3:21 - kunjung tiba // menggali harta · kunjung tiba: Wahy 9:6 · menggali harta: Mazm 119:127; Ams 2:4

· kunjung tiba: Wahy 9:6

· menggali harta: Mazm 119:127; Ams 2:4

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ayb 3:1-10 - Ayub Mengutuki Hari Kelahirannya “Kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub,” kata sang rasul (...

Matthew Henry: Ayb 3:11-19 - Keluhan Ayub tentang Kehidupannya Keluhan Ayub tentang Kehidupannya (3:11-19) ...

Matthew Henry: Ayb 3:20-26 - Keluhan Ayub tentang Kehidupannya Keluhan Ayub tentang Kehidupannya (3:20-26) ...

SH: Ayb 3:1-26 - Datanglah kepada-Nya (Jumat, 19 Juli 2002) Datanglah kepada-Nya Datanglah kepada-Nya. Elisabeth Kubler Ross, yang terkenal dengan bukunya, Death and...

SH: Ayb 3:1-26 - Penderitaan sementara (Jumat, 22 Agustus 2003) Penderitaan sementara Penderitaan sementara. Penderitaan adalah fakta kehidupan. Tidak seorang pun da...

SH: Ayb 3:1-26 - Memahami penderitaan (Selasa, 6 November 2012) Memahami penderitaan Judul: Memahami penderitaan Berandai-andai adalah sesuatu yang sering dilakukan k...

SH: Ayb 3:1-26 - Persimpangan Jalan (Sabtu, 4 Maret 2023) Persimpangan Jalan Dalam hidup ini, kadang kala kita diperhadapkan pada pilihan seolah-olah kita berada di sebuah...

SH: Ayb 3:1-20 - Bukan manusia luar biasa (Minggu, 28 November 2004) Bukan manusia luar biasa Bukan manusia luar biasa. Ucapan Ayub mengutuki hari kelahirannya, mungkin m...

Topik Teologia: Ayb 3:13 - -- Eskatologi Kematian Natur Kematian Kematian adalah Keterpisahan dari Keberadaan di Dunia ...

Topik Teologia: Ayb 3:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Jiwa Manusia Jiwa sebagai Keadaan dari Pi...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (...

Matthew Henry: Ayub (Pendahuluan Kitab) Kitab Ayub ini berdiri sendiri, tidak terkait dengan kitab lain, sehingga...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan k...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang ...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehi...

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenan...

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah jug...

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA