Teks -- Yohanes 12:5 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 12:5 - -- 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
Menurut Matius 20:2 satu dinar adala...
12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
Menurut Matius 20:2 satu dinar adalah upah harian yang berlaku waktu itu, sehingga tiga ratus dinar merupakan upah seorang buruh selama satu tahun.893 Nilai itu sangat besar. Kita tidak tahu apa keluarga Lazarus sangat kaya, atau sampai saat itu mereka menyimpan sebuah warisan yang mahal. Pertanyaan Yudas menuntut supaya kepentingan pelayanan sosial dibanding dengan kepentingan penyembahan. Dalam kasus ini kita melihat bahwa rasa prihatin terhadap orang-orang miskin merupakan topeng yang menyembunyikan sikap tidak mau mengasihi dan menyembah Tuhan Yesus.894
Hagelberg: Yoh 12:1-11 - -- 2. Yesus diurapi Maria (12:1-11)
Pasal 12 merupakan pasal peralihan. Kematian Tuhan Yesus disebutkan berkali-kali dalam pasal ini. Perisitiwa dan perk...
2. Yesus diurapi Maria (12:1-11)
Pasal 12 merupakan pasal peralihan. Kematian Tuhan Yesus disebutkan berkali-kali dalam pasal ini. Perisitiwa dan perkataan pasal ini menuju pada salib, yaitu kemuliaan Tuhan Yesus.
Morris878 dan Carson879 membahas peristiwa pengurapan Tuhan Yesus yang diceritakan dalam Injil Matius pasal 26:6-13; Injil Markus pasal 14:3-9; Injil Lukas pasal 7:36-50; dan Injil Yohanes pasal 12:1-11. Baik Morris maupun Carson setuju bahwa Matius, Markus, dan Yohanes membahas peristiwa yang sama dengan perincian yang sesuai dengan tema-tema yang ditekankan oleh masing-masing penulis.880 Mereka juga berkata bahwa Lukas 7:36-50 membahas peristiwa yang lain.
Perbandingan antara Matius pasal 26:6-13 dan Markus pasal 14:3-9 mudah. Dua perikop tersebut menceritakan peristiwa yang sama, dan menekankan tema-tema yang sama.
Tampaknya peristiwa yang dicatat dalam Lukas pasal 7:36-50 bukanlah sama dengan yang diceritakan oleh Matius dan Markus. Lukas menceritakan sesuatu yang terjadi lebih awal, dan di Galilea, bukan di Betania. Rupanya kedua peristiwa terjadi di rumah yang dimiliki oleh orang yang bernama "Simon", tetapi nama itu sangat lazim di kalangan orang Yahudi. Simon yang diceritakan dalam Injil Lukas adalah seorang Farisi yang perlu ditegur, sedangkan Simon yang diceritakan dalam Injil Markus disebutkan "Simon si kusta". Perempuan yang mengurapi Tuhan Yesus dalam Injil Lukas adalah perempuan "yang terkenal sebagai seorang berdosa". Pengampunannya merupakan salah satu pokok peristiwa itu dalam Injil Lukas, tetapi pengampunan tidak dikmukakan dalam Injil Markus.
Tampaknya pengurapan yang diceritakan oleh Markus (dan Matius) adalah sama dengan pengurapan yang diceritakan oleh Yohanes, tetapi Yohanes menyebutkan perincian-perincian yang lain karena tujuan dan tema yang dia tekankan tidak sama dengan Markus. Misalnya, Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, karena mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus adalah raja yang diurapi, sedangkan Yohanes menceritakan bahwa kaki Tuhan Yesus diurapi, karena kerendahan hati Maria. Dengan demikian, sikap Maria jauh berbeda dari sekap murid-murid-Nya yang tidak siap membasuh kaki Tuhan Yesus dalam pasal 13. Tampaknya banyak minyak dipakai (lihat penjelasan di bawah), lebih dari apa yang diperlukan untuk mengurapi kepala Tuhan Yesus. Walaupun Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, mereka juga mencatat bahwa Tuhan Yesus berkata bahwa tubuh-Nya diurapi (Matius 26:12 dan Markus 14:8), bukan kepada saja.
Dalam Injil Yohanes pengurapan itu jelas terjadi sebelum mereka masuk kota Yerusalem disongsong dengan daun-daun palem, tetapi dalam Injil Matius dan Injil Markus pengurapan diceritakan sesudah Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem. Namun kita harus ingat bahwa dalam Injil Sinoptik urutan perikop tidak selalu mengikuti urutan waktu. Kesimpulannya adalah bahwa Matius, Markus, dan Yohanes menceritakan peristiwa pengurapan yang sama, tetapi perincian masing-masing sesuai dengan tema masing-masing.
Hagelberg: Yoh 12:5 - -- 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
Menurut Matius 20:2 satu dinar adala...
12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
Menurut Matius 20:2 satu dinar adalah upah harian yang berlaku waktu itu, sehingga tiga ratus dinar merupakan upah seorang buruh selama satu tahun.893 Nilai itu sangat besar. Kita tidak tahu apa keluarga Lazarus sangat kaya, atau sampai saat itu mereka menyimpan sebuah warisan yang mahal. Pertanyaan Yudas menuntut supaya kepentingan pelayanan sosial dibanding dengan kepentingan penyembahan. Dalam kasus ini kita melihat bahwa rasa prihatin terhadap orang-orang miskin merupakan topeng yang menyembunyikan sikap tidak mau mengasihi dan menyembah Tuhan Yesus.894
C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)
Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)