kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 2:1 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keselamatan yang besar
2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Panggil, Panggilan Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 2:1-3 - SUPAYA KITA JANGAN HANYUT DIBAWA ARUS. Nas : Ibr 2:1-3 Salah satu alasan penulis surat ini menegaskan keunggulan Putra Allah dan penyataan-Nya ialah untuk menekankan kepada orang-orang y...

Nas : Ibr 2:1-3

Salah satu alasan penulis surat ini menegaskan keunggulan Putra Allah dan penyataan-Nya ialah untuk menekankan kepada orang-orang yang telah menerima keselamatan bahwa mereka harus dengan sungguh-sungguh menerima kesaksian dan ajaran asli dari Kristus dan para rasul. Oleh karena itu kita harus sangat memperhatikan Firman Allah, hubungan kita dengan Kristus, dan pimpinan Roh Kudus (Gal 5:16-25).

  1. 1) Kelalaian, kurang perhatian atau sikap acuh tak acuh bisa berakibat fatal. Orang percaya yang karena kelalaian membiarkan kebenaran dan ajaran Injil luput dari perhatiannya, adalah dalam bahaya terbawa arus melewati tempat pendaratan yang telah ditentukan dan gagal mencapai tempat yang aman.
  2. 2) Seperti halnya para penerima surat ini, semua orang Kristen tergoda untuk mengabaikan Firman Allah. Karena kelalaian dan sikap masa bodoh, kita dengan mudah tidak lagi memperhatikan peringatan-peringatan Allah (ayat Ibr 2:2), berhenti bertekun dalam perjuangan kita melawan dosa (Ibr 12:4; 1Pet 2:11), dan secara perlahan-lahan hanyut sehingga meninggalkan Putra Allah, Yesus Kristus (ayat Ibr 2:1-3; 6:4-8; Ibr 10:31-32;

    lihat cat. --> Rom 8:13).

    [atau ref. Rom 8:13]

Jerusalem: Ibr 2:1 - Karena itu Maksudnya: Jika Allah berfirman kepada manusia dengan perantaraan Anak, yang menyelamatkan manusia dan berhamba malaikat, masakan Allah tidak menyungg...

Maksudnya: Jika Allah berfirman kepada manusia dengan perantaraan Anak, yang menyelamatkan manusia dan berhamba malaikat, masakan Allah tidak menyungguhkan tata penyelamatan itu.

Ende: Ibr 2:1 - Oleh sebab itu Sebab Kristus demikian Agung kedudukanNja.

Sebab Kristus demikian Agung kedudukanNja.

Ende: Ibr 2:1 - Tergelintjir jaitu dari djalan jang benar. Aslinja dapat diterdjemahkan djuga: "Djangan kita sampai terpeleset haluan". Kalau demikian kiasan mengandung arti bahwa...

jaitu dari djalan jang benar. Aslinja dapat diterdjemahkan djuga: "Djangan kita sampai terpeleset haluan". Kalau demikian kiasan mengandung arti bahwa kita selalu harus berpedoman pada adjaran Kristus.

Ref. Silang FULL: Ibr 2:1 - dibawa arus · dibawa arus: Rom 11:22; Rom 11:22

· dibawa arus: Rom 11:22; [Lihat FULL. Rom 11:22]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 2:1 - -- 2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan. apa yang telah kita dengar.. Berdasarkan apa yang sudah diuraikan di dalam pasal satu, yaitu ba...

2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan. apa yang telah kita dengar..

Berdasarkan apa yang sudah diuraikan di dalam pasal satu, yaitu bahwa berita baru ini disampaikan dengan perantara Anak, dan bukan hanya sekedar malaikat, maka kita harus lebih teliti. Mengapa? Apa bahayanya kalau kita tidak lebih teliti dengan "apa yang telah kita dengar"?

...supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Dia mengatakan, "supaya kita jangan hanyut dibawa arus." Kata kerja ini, pararrew/pararreo, menggambarkan bahaya yang dihadapi kita semua. Kata ini dipakai dalam sastra Yunani zaman itu untuk menceritakan beberapa hal:

1) cincin yang terlepas dan jatuh dari jari

2) rakit yang terhanyut melewati tempat penambatan

3) pecahan makanan yang tertelan/menyumbat

4) suatu hal yang tidak layak terlanjur disebutkan

Tidak berbahaya kalau cincin dipermainkan, tetapi kalau dipermainkan waktu kita berdiri disamping jurang, dan cincin itu terlepas jauh ke dalam jurang, sayang sekali. Tidak berbahaya kalau rakit kita terhanyut dibawa arus setengah meter, tetapi sayang kalau rakit kita terhanyut dibawa arus dua meter sehingga tempat penambatan itu tidak dapat dipegang lagi, dan arus sungai semakin cepat sehingga kita terhanyut ke arah yang tidak menentu. Sampai pada ayat ini penulisnya belum menjelaskan keadaan akhir bagi orang yang "hanyut dibawa arus." Sampai saat ini dia hanya menjelaskan bahwa pada permulaannya bahaya itu tidak terasa, tetapi kemudian sudah tak tertolong lagi, sudah terlanjur masuk bahaya itu.

Pendekatan Peringatan-Peringatan Surat Ibrani

Penulis Surat Ibrani sudah banyak mengamati cara bagaimana orang percaya meninggalkan iman mereka. Dia sudah mengerti bahwa orang percaya tidak akan jadi dingin terhadap Tuhan Yesus dengan seketika. Mungkin pertama-tama dia hanya kurang rajin melayani, lalu dengan perlahan-lahan sukacita dia mulai hilang, tidak berdoa lagi seperti yang semula, tidak senang lagi dengan Firman Tuhan. Akhirnya orangnya sulit dibedakan dari orang yang tidak percaya. Tidak apa apa kalau pada suatu hari orang tidak berdoa sepanjang hari itu. Masalahnya muncul kalau itu menjadi pola, dan orang itu jadi jarang berdoa. Jadi, lebih baik, menurut Surat Ibrani, kalau kita menjaga kesetiaan kita setiap hari.

Hagelberg: Ibr 2:1-4 - -- B. Peringatan Pertama (2:1-4) Hal Peringatan dalam Surat Ibrani Surat ini mempunyai lima peringatan. Struktur surat ini adalah eksposisi lalu pering...

B. Peringatan Pertama (2:1-4)

Hal Peringatan dalam Surat Ibrani

Surat ini mempunyai lima peringatan. Struktur surat ini adalah eksposisi lalu peringatan, secara bergantian, sampai selesai. Jelas sekali, hal peringatan, dan sikap kita terhadap peringatan itu, sangat penting.

Kalau buku-buku tafsiran, dan sejarah tafsiran kitab ini, diselidiki, maka bisa dikatakan bahwa pada umumnya penafsir-penafsir mengabaikan peringatan-peringatan surat ini dengan berkata bahwa peringatannya dimaksudkan untuk orang Kristen yang nominal dan tidak berlaku untuk orang Kristen yang sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi. Tetapi dengan kesimpulan dalam bagian Pendahuluan bahwa surat ini dimaksudkan untuk orang percaya, maka kita harus menolak pendapat bahwa peringatannya dimaksudkan untuk orang-orang yang sebenarnya belum percaya. Justru peringatannya diarahkan kepada "kita" (pasal 2:1) dan kepada saudara-saudara seiman. Maka kita sebagai orang percaya, sama seperti para pembaca pertama, harus menerima peringatan-peringatan ini sebagai orang yang perlu diberi peringatan sesuai dengan peringatan ini.

Hubungan 2:1-4 dengan bagian yang mendahuluinya

Hal "mewarisi keselamatan" sudah dikemukakan di dalam 1:14. Di dalam 2:3 hal "keselamatan" itu dikemukakan lagi. Peringatan ini dimulai dengan kata "Karena itu," dan memang, peringatan ini muncul secara lancar dari apa yang dikatakan di dalam pasal satu. Dengan kata lain, oleh karena AnakNya sudah duduk di sebelah kanan Bapa, dan oleh karena Ia akan mengalahkan segala musuhNya, dan mendirikan KerajaanNya, dan oleh karena para pembaca bisa mewarisi kemenangan/keselamatan itu, maka haruslah "keselamatan" itu (yang diberitakan bukan lewat malaikat, dan bukan lewat nabi, tetapi lewat Anak) sangat diperhatikan. Jadi peringatan ini berkaitan erat dengan apa yang diketengahkan dalam pasal satu.

Penerima Peringatan ini

Dengan memakai istilah "kita" maka si penulis memasukkan dirinya sendiri sebagai orang yang layak diperingati. Peringatan ini tidak dimaksudkan hanya untuk orang-orang yang imannya goyang dan lemah, tetapi untuk kita semua. Kenyataan ini harus mempengaruhi pengertian kita mengenai maksud dari peringatan ini. Peringatan ini dimaksudkan untuk kita semua, bukan untuk sebagian dari pembaca surat ini saja.

Hagelberg: Ibr 2:1 - -- 2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan. apa yang telah kita dengar.. Berdasarkan apa yang sudah diuraikan di dalam pasal satu, yaitu ba...

2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan. apa yang telah kita dengar..

Berdasarkan apa yang sudah diuraikan di dalam pasal satu, yaitu bahwa berita baru ini disampaikan dengan perantara Anak, dan bukan hanya sekedar malaikat, maka kita harus lebih teliti. Mengapa? Apa bahayanya kalau kita tidak lebih teliti dengan "apa yang telah kita dengar"?

...supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Dia mengatakan, "supaya kita jangan hanyut dibawa arus." Kata kerja ini, pararrew/pararreo, menggambarkan bahaya yang dihadapi kita semua. Kata ini dipakai dalam sastra Yunani zaman itu untuk menceritakan beberapa hal:

1) cincin yang terlepas dan jatuh dari jari

2) rakit yang terhanyut melewati tempat penambatan

3) pecahan makanan yang tertelan/menyumbat

4) suatu hal yang tidak layak terlanjur disebutkan

Tidak berbahaya kalau cincin dipermainkan, tetapi kalau dipermainkan waktu kita berdiri disamping jurang, dan cincin itu terlepas jauh ke dalam jurang, sayang sekali. Tidak berbahaya kalau rakit kita terhanyut dibawa arus setengah meter, tetapi sayang kalau rakit kita terhanyut dibawa arus dua meter sehingga tempat penambatan itu tidak dapat dipegang lagi, dan arus sungai semakin cepat sehingga kita terhanyut ke arah yang tidak menentu. Sampai pada ayat ini penulisnya belum menjelaskan keadaan akhir bagi orang yang "hanyut dibawa arus." Sampai saat ini dia hanya menjelaskan bahwa pada permulaannya bahaya itu tidak terasa, tetapi kemudian sudah tak tertolong lagi, sudah terlanjur masuk bahaya itu.

Pendekatan Peringatan-Peringatan Surat Ibrani

Penulis Surat Ibrani sudah banyak mengamati cara bagaimana orang percaya meninggalkan iman mereka. Dia sudah mengerti bahwa orang percaya tidak akan jadi dingin terhadap Tuhan Yesus dengan seketika. Mungkin pertama-tama dia hanya kurang rajin melayani, lalu dengan perlahan-lahan sukacita dia mulai hilang, tidak berdoa lagi seperti yang semula, tidak senang lagi dengan Firman Tuhan. Akhirnya orangnya sulit dibedakan dari orang yang tidak percaya. Tidak apa apa kalau pada suatu hari orang tidak berdoa sepanjang hari itu. Masalahnya muncul kalau itu menjadi pola, dan orang itu jadi jarang berdoa. Jadi, lebih baik, menurut Surat Ibrani, kalau kita menjaga kesetiaan kita setiap hari.

Hagelberg: Ibr 2:1-4 - -- 2:1-4 ditulis seolah-olah dalam kurung, dan dengan 2:5 pikiran dari akhir pasal satu dilanjutkan. Ini menjadi jelas kalau kita membaca pasal satu, la...

2:1-4 ditulis seolah-olah dalam kurung, dan dengan 2:5 pikiran dari akhir pasal satu dilanjutkan. Ini menjadi jelas kalau kita membaca pasal satu, lalu langsung membaca pasal dua ayat lima dan seterusnya. Pada dasarnya, 2:5-18 menekankan bahwa Anak Allah diinkarnasikan untuk mengangkat banyak orang pada suatu kemuliaan yang khusus.

Hagelberg: Ibr 2:1-4 - -- 2:1-4 ditulis seolah-olah dalam kurung, dan dengan 2:5 pikiran dari akhir pasal satu dilanjutkan. Ini menjadi jelas kalau kita membaca pasal satu, la...

2:1-4 ditulis seolah-olah dalam kurung, dan dengan 2:5 pikiran dari akhir pasal satu dilanjutkan. Ini menjadi jelas kalau kita membaca pasal satu, lalu langsung membaca pasal dua ayat lima dan seterusnya. Pada dasarnya, 2:5-18 menekankan bahwa Anak Allah diinkarnasikan untuk mengangkat banyak orang pada suatu kemuliaan yang khusus.

Hagelberg: Ibr 1:5--4:16 - -- II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16) Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk ...

II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)

Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. PerananNya sebagai Raja menjadi dasar peringatan kita, karena, sebagai seorang Raja yang menang, Dia akan mengumpulkan orang-orang yang setia kepadaNya untuk diberi kepercayaan melayani di dalam pemerintahanNya. Bukan sembarang orang akan Dia pilih, tetapi hanya mereka yang setia kepadaNya pada zaman ini. Seperti seorang jendral yang memenangkan wilayah yang luas, perwira-perwira yang dia anggap baik dan setia akan diberi wilayah dan kekuasaan dalam pemerintahannya yang baru.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 2:1-4 - Bahaya Penyia-nyiaan Di dalam pasal ini, Rasul Paulus, ...

SH: Ibr 2:1-4 - Peringatan penting (Sabtu, 2 Oktober 1999) Peringatan penting Peringatan penting. Peringatan ini diberikan kepada orang beriman, yang maknany...

SH: Ibr 2:1-4 - Keselamatan adalah Anugerah Terbesar (Selasa, 1 Agustus 2017) Keselamatan adalah Anugerah Terbesar Adalah hal yang wajar memberikan hadiah bagi orang yang dicintai atau dikasi...

SH: Ibr 2:1-4 - Perhatikan Firman Allah! (Selasa, 20 Juni 2023) Perhatikan Firman Allah! Pada zaman teknologi informasi ini, kita dapat mengakses informasi apa pun dengan mudah....

SH: Ibr 2:1-9 - Yesus lebih rendah demi manusia (Selasa, 19 Juli 2005) Yesus lebih rendah demi manusia Yesus lebih rendah demi manusia Penulis serius mengingatkan para pembaca s...

Utley: Ibr 2:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 2:1-4...

TFTWMS: Ibr 2:1-3 - Meperhatikan Dengan Sungguh-sungguh Meperhatikan Dengan Sungguh-Sungguh (Ibrani 2:1-3a) 1 Karena itu haru...

TFTWMS: Ibr 2:1 - Karena Itu—kesimpulan Ditarik "KARENA ITU"—KESIMPULAN DITARIK (Ibrani 2:1a) Ayat ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "PERHATIAN YANG LEBIH SEKSAMA" (Ibrani 2:1) Apakah persyaratan Perj...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) HAL APAKAH YANG MENYEBABKAN ORANG HANYUT? (Ibrani 2:1-4) Bahaya hanyu...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) APAKAH DOSA ITU (Ibrani 2:1, 2) Salah satu contoh kematian karena ket...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 F. F. Bruce, The Epistle to the Hebrews, The New International Commentary on the New Te...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA