Teks -- Hosea 1:2 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Hos 1:2
Full Life: Hos 1:2 - PEREMPUAN SUNDAL.
Nas : Hos 1:2
Hubungan Allah dengan Israel sering kali disamakan dengan ikatan
pernikahan (mis. Yes 54:5; Yer 3:14; bd. Ef 5:22-32). Tindakan
Israe...
Nas : Hos 1:2
Hubungan Allah dengan Israel sering kali disamakan dengan ikatan pernikahan (mis. Yes 54:5; Yer 3:14; bd. Ef 5:22-32). Tindakan Israel "membelakangi Tuhan" untuk menyembah dewa-dewa dianggap oleh Allah sebagai ketidaksetiaan atau perzinaan rohani. Pernikahan Hosea akan menjadi pelajaran peraga bagi kerajaan utara yang tidak setia. Gomer mungkin sekali bukan seorang pelacur ketika menikah, tetapi kemudian ia akan melakukan perzinaan dan kebejatan jasmaniah, mungkin sebagai pelacur di kuil Baal. Meninggalkan Tuhan bukan hanya membawa dia kepada penyembahan palsu tetapi juga kepada norma kesusilaan yang makin rendah. Pola kehidupan tunasusila yang sama dapat dilihat dewasa ini manakala umat Allah berbalik dari pengabdian sejati kepada-Nya
(lihat cat. --> Ams 5:3).
[atau ref. Ams 5:3]
Jerusalem: Hos 1:2 - kawinlah seorang perempuan Seperti nabi-nabi lain melakukan tindakan-tindakan yang merupakan lambang dan nubuat, bdk Yer 18:1+, demikian hidup nabi Hosea menjadi lambang yang me...
Seperti nabi-nabi lain melakukan tindakan-tindakan yang merupakan lambang dan nubuat, bdk Yer 18:1+, demikian hidup nabi Hosea menjadi lambang yang menyingkapkan rahasia rencana Allah. Hosea sampai dua kali mencintai seorang perempuan yang hanya menanggapi cinta kasih nabi dengan ketidaksetiaan. Begitu juga Tuhan terus mengasihi umatNya, Israel, isteriNya yang tidak setia. Tuhan mencobai Israel, tetapi kemudian menganugerahkan kepadanya kebahagiaan kasih pertama itu dam membuat kasih isteriNya menjadi bertahan tak tergoncang lagi (bab 1-3). Agaknya di masa sebelum nabi Hosea orang sudah menyebut ibadat kepada dewa-dewa yang diadakan penduduk negeri Kanaan sebagai "persundalan", oleh karena memang dalam ibadat itu persundalan bakti dipraktekkan (Kel 34:15). Dengan meniru ibadat penduduk Kanaan Israelpun bersundal (Kel 34:16). Tetapi nabi Hosea adalah nabi pertama yang membandingkan persatuan Allah dengan Israel berdasarkan perjanjian yang diikat di gunung Sinai, dengan perkawinan. Karena itu nabi Hosea tidak hanya menyebut pemujaan dewa-dewa sebagai persundalan, tetapi sebagai zinah. Dengan mengikuti nabi Hosea nabi-nabi lain juga berkata demikian, Yes 1:21; Yer 2:2; 3:1; 3:6-12. Nabi Yehezkiel sampai dua kali mengutarakan pikiran itu dalam kiasan yang panjang terperinci, Yeh 16:23. Kitab Deutero-yesaya membandingkan pemulihan umat Israel di masa sesudah pembuangan dengan rujuk isteri yang tidak setia, Yes 50:1; 54:6-7; bdk Yes 62:4-5. Kidung Agung barangkali juga menggambarkan hubungan Allah dengan Israel sebagai hubungan suami-isteri. Dalam Perjanjian Baru Yesus membandingkan kebahagiaan di zaman Mesias dengan pernikahan, Mat 22:1-14; 25:1-13. Ia sendiri adalah mempelai-suami, Mat 9:15; bdk Yoh 3:29. Dengan jalan itu Yesus mengajar bahwa di dalam diriNya sendiri terikatlah perjanjian nikah, Pulau juga memanfaatkan lambang itu, 2Ko 11:2; Efe 5:25-33; bdk 1Ko 6:15-17. Akhirnya kitab Wahyu berkata tentang pernikahan Yerusalem sorgawi, Wah 21:2. - Bab 1-3 kitab Hosea merupakan suatu kesatuan tersendiri. Bab-bab ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, masing-masing terdiri atas sejumlah ayat yang mengenai mata sekarang di mana Allah mengecam Israel oleh karena dosanya, dan sejumlah ayat yang mengenai masa depan yang bahagia, Hos 1:2-9,10-11; 2:1-12; 2:13-22; 3:1-4; 3:5
Jerusalem: Hos 1:2 - perempuan sundal Ini dapat diartikan dengan dua cara; Gomer sudah bersundal sebelum diperisteri oleh Hosea, atau: ia menjadi bersundal setelah kawin dengan Hosea (tafs...
Ini dapat diartikan dengan dua cara; Gomer sudah bersundal sebelum diperisteri oleh Hosea, atau: ia menjadi bersundal setelah kawin dengan Hosea (tafsir ini agaknya paling tepat)
Jerusalem: Hos 1:2 - anak-anak sundal Mereka disebut "sundal" bukannya oleh karena lahir dari zinah, tetapi oleh karena mereka ternyata mempunyai sifat sundal ibu mereka; Anak-anak serupa ...
Mereka disebut "sundal" bukannya oleh karena lahir dari zinah, tetapi oleh karena mereka ternyata mempunyai sifat sundal ibu mereka; Anak-anak serupa dengan ibu, bdk Yeh 16:44; Sir 41:5.
Ende -> Hos 1:2--3:3; Hos 1:2
Persoalan perkawinan Hosea telah dibahas dalam pendahuluan.
Ende: Hos 1:2 - -- Boleh djadi perempuan "tjendala" itu sudah demikian sebelum kawin, tetapi
mungkin djuga, baru sesudahnja sifat ini nampak.
Tidak usahlah diterima, bah...
Boleh djadi perempuan "tjendala" itu sudah demikian sebelum kawin, tetapi mungkin djuga, baru sesudahnja sifat ini nampak.
Tidak usahlah diterima, bahwa nabi sudah tahu tentang makna perkawinannja sebagai lambang ketidak-setiaan Israil terhadap Jahwe, ketika ia kawin dengan Gomer.
Ref. Silang FULL -> Hos 1:2
Ref. Silang FULL: Hos 1:2 - perempuan sundal // ini bersundal · perempuan sundal: Yer 3:1; Yer 3:1; Hos 2:1,4; 3:1
· ini bersundal: Ul 31:16; Yer 3:14; Yeh 23:3-21 Hos 5:3
· perempuan sundal: Yer 3:1; [Lihat FULL. Yer 3:1]; Hos 2:1,4; 3:1
· ini bersundal: Ul 31:16; Yer 3:14; Yeh 23:3-21 Hos 5:3