Teks -- Yohanes 16:20-22 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 16:20 - berdukacita...sukacita Ialah dukacita yang disebabkan sengsara Yesus dan sukacita karena melihat Yesus yang bangkit dari alam maut, bdk Yoh 20:20.
Ialah dukacita yang disebabkan sengsara Yesus dan sukacita karena melihat Yesus yang bangkit dari alam maut, bdk Yoh 20:20.
Jerusalem: Yoh 16:21 - sesudah ia melahirkan anaknya Ini kiasan alkitabiah yang lazim yang diungkapkan bahwa datangnya dunia baru, dunia Mesias disertai penderitaan hebat, bdk Mat 24:8+.
Ini kiasan alkitabiah yang lazim yang diungkapkan bahwa datangnya dunia baru, dunia Mesias disertai penderitaan hebat, bdk Mat 24:8+.
Ref. Silang FULL: Yoh 16:20 - dan meratap // menjadi sukacita · dan meratap: Mr 16:10; Luk 23:27
· menjadi sukacita: Yoh 20:20
Ref. Silang FULL: Yoh 16:21 - perempuan berdukacita · perempuan berdukacita: Yes 13:8; 21:3; 26:17; Mi 4:9; 1Tes 5:3
· perempuan berdukacita: Yes 13:8; 21:3; 26:17; Mi 4:9; 1Tes 5:3
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 16:20; Yoh 16:16-33; Yoh 16:20; Yoh 15:1--16:33; Yoh 13:1--20:31; Yoh 16:21; Yoh 16:21; Yoh 16:22; Yoh 16:22
Hagelberg: Yoh 16:20 - -- 16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,1123 tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu112...
16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,1123 tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu1124 akan berubah menjadi sukacita.
Penjelasan yang mereka harapkan akhirnya disampaikan, dengan diawali ungkapan khidmat Aku berkata kepadamu. "Tinggal sesaat saja", Dia akan meninggal, dan mereka akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira.
Sukacita kebangkitan yang dijanjikan dalam ayat ini memang dialami oleh murid-murid-Nya dalam pasal 20:20.1125
4. Sukacita sesudah dukacita (16:16-33)
Hagelberg: Yoh 16:20 - -- 16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,1123 tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu112...
16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,1123 tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu1124 akan berubah menjadi sukacita.
Penjelasan yang mereka harapkan akhirnya disampaikan, dengan diawali ungkapan khidmat Aku berkata kepadamu. "Tinggal sesaat saja", Dia akan meninggal, dan mereka akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira.
Sukacita kebangkitan yang dijanjikan dalam ayat ini memang dialami oleh murid-murid-Nya dalam pasal 20:20.1125
C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 16:21 - -- 16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena keg...
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.
Perubahan yang dijanjikan dalam ayat 20 di atas (dukacita menjadi sukacita) diuraikan dalam ayat ini. Uraian ini pasti membawa pikiran mereka pada Hari Kiamat. Baik dalam Perjanjian Baru (Matius 24:8) maupun dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 21:2-3; 26:16-21; 66:7; Yeremia 13:21; Hosea 13:13; dan Mikha 4:9-10) penderitaan akhir zaman dikiaskan sebagai sakit lahir. Kiasan ini juga muncul dalam sastra dan ajaran rabi-rabi Israel pada zaman itu. Mereka memakai ungkapan "sakit lahir Mesias" untuk menceritakan kesusahan-kesusahan yang akan dialami oleh dunia sebelum Mesias datang.1126
Namun Tuhan Yesus tidak membahas kedatangan-Nya yang kedua kali. Yang dibahas adalah kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, yang mendirikan Kerajaan Allah di dalam hati kita. Dukacita dan sukacita yang mereka alami terkait dengan dukacita dan sukacita akhir zaman, karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan akhir zaman bagi mereka.
Hagelberg: Yoh 16:21 - -- 16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena keg...
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.
Perubahan yang dijanjikan dalam ayat 20 di atas (dukacita menjadi sukacita) diuraikan dalam ayat ini. Uraian ini pasti membawa pikiran mereka pada Hari Kiamat. Baik dalam Perjanjian Baru (Matius 24:8) maupun dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 21:2-3; 26:16-21; 66:7; Yeremia 13:21; Hosea 13:13; dan Mikha 4:9-10) penderitaan akhir zaman dikiaskan sebagai sakit lahir. Kiasan ini juga muncul dalam sastra dan ajaran rabi-rabi Israel pada zaman itu. Mereka memakai ungkapan "sakit lahir Mesias" untuk menceritakan kesusahan-kesusahan yang akan dialami oleh dunia sebelum Mesias datang.1126
Namun Tuhan Yesus tidak membahas kedatangan-Nya yang kedua kali. Yang dibahas adalah kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, yang mendirikan Kerajaan Allah di dalam hati kita. Dukacita dan sukacita yang mereka alami terkait dengan dukacita dan sukacita akhir zaman, karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan akhir zaman bagi mereka.
Hagelberg: Yoh 16:22 - -- 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat ...
16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.
Sebelum dunia mengalami Kerajaan Allah, dunia harus mengalami Masa Kesusahan Besar. Demikian juga, sebelum murid-murid-Nya mengalami Kerajaan Allah secara batin, mereka harus mengalami kesusahan. Baik kesusahan yang akan dialami oleh dunia, maupun kesusahan yang dialami oleh murid-murid-Nya, dikiaskan sebagai sakit lahir. Dunia belum mengalami Kesusahan Besar itu, karena Mesias belum datang kembali. Murid-murid-Nya mengalami kesusahan itu pada waktu Tuhan Yesus disalibkan, karena bagi mereka Kerajaan Allah mulai pada waktu Dia bangkit dari antara orang-orang mati.1127
Ungkapan hatimu akan bergembira juga ada dalam Yesaya 66:14.1128 Dalam Yohanes 16:22 permulaan Zaman Masehi yang rahasia diceritakan, sedangkan dalam Yesaya 66:14 permulaan Zaman Masehi yang nyata diceritakan.
Memang mereka akan melihat Dia, tetapi Tuhan Yesus berkata, Aku akan melihat kamu lagi, karena kebenaran itu lebih pokok. Hal yang sama nyata dalam pasal 15:16 dan juga Galatia 4:9.1129
Tuhan Yesus berjanji bahwa tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Janji ini tidak berarti bahwa orang percaya tidak mengalami kesedihan. Janji ini berarti bahwa dalam segala situasi orang percaya memiliki suatu sukacita yang mendasar, yang tidak tergantung pada lingkungan, keadaan, situasi, atau pengalaman yang terjadi di bumi ini.1130
Hagelberg: Yoh 16:22 - -- 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat ...
16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.
Sebelum dunia mengalami Kerajaan Allah, dunia harus mengalami Masa Kesusahan Besar. Demikian juga, sebelum murid-murid-Nya mengalami Kerajaan Allah secara batin, mereka harus mengalami kesusahan. Baik kesusahan yang akan dialami oleh dunia, maupun kesusahan yang dialami oleh murid-murid-Nya, dikiaskan sebagai sakit lahir. Dunia belum mengalami Kesusahan Besar itu, karena Mesias belum datang kembali. Murid-murid-Nya mengalami kesusahan itu pada waktu Tuhan Yesus disalibkan, karena bagi mereka Kerajaan Allah mulai pada waktu Dia bangkit dari antara orang-orang mati.1127
Ungkapan hatimu akan bergembira juga ada dalam Yesaya 66:14.1128 Dalam Yohanes 16:22 permulaan Zaman Masehi yang rahasia diceritakan, sedangkan dalam Yesaya 66:14 permulaan Zaman Masehi yang nyata diceritakan.
Memang mereka akan melihat Dia, tetapi Tuhan Yesus berkata, Aku akan melihat kamu lagi, karena kebenaran itu lebih pokok. Hal yang sama nyata dalam pasal 15:16 dan juga Galatia 4:9.1129
Tuhan Yesus berjanji bahwa tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Janji ini tidak berarti bahwa orang percaya tidak mengalami kesedihan. Janji ini berarti bahwa dalam segala situasi orang percaya memiliki suatu sukacita yang mendasar, yang tidak tergantung pada lingkungan, keadaan, situasi, atau pengalaman yang terjadi di bumi ini.1130