Teks -- Yohanes 12:20-33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 12:23 - ANAK MANUSIA DIMULIAKAN.
Nas : Yoh 12:23
Yesus berbicara tentang kematian-Nya sebagai suatu pemuliaan dan
bukan sebagai suatu tragedi. Dia mengajarkan murid-murid-Nya bahwa...
Full Life: Yoh 12:25 - TIDAK MENCINTAI NYAWANYA DI DUNIA INI.
Nas : Yoh 12:25
Membenci hidup sendiri menunjukkan sikap yang menilai hal-hal
sorgawi lebih penting daripada hal-hal di dunia ini. Mereka yang meng...
Nas : Yoh 12:25
Membenci hidup sendiri menunjukkan sikap yang menilai hal-hal sorgawi lebih penting daripada hal-hal di dunia ini. Mereka yang mengikuti Kristus kurang mementingkan kesenangan, filsafat, sukses, nilai, tujuan atau cara dunia. Mereka akan memperoleh "hidup kekal" karena mereka tidak begitu mengindahkan dunia ini sehingga mereka akan bersedia mengorbankannya demi Tuhan (Mat 16:24-25; Mr 8:34-35).
Full Life: Yoh 12:26 - BARANGSIAPA MELAYANI AKU.
Nas : Yoh 12:26
Beriman pada Yesus berarti komitmen pribadi untuk mengikuti Dia,
menaati semua ajaran-Nya serta berada di mana Dia ada. Mengikuti Y...
Full Life: Yoh 12:31 - PENGUASA DUNIA INI AKAN DILEMPARKAN KE LUAR.
Nas : Yoh 12:31
Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah
dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke da...
Nas : Yoh 12:31
Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang (Wahy 20:10). Namun, pada saat ini Iblis masih aktif sebagai pemimpin atau "penguasa dunia ini" (Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; bd. Ef 2:2). Iblis mempunyai kuasa dan wibawa dalam dunia serta memakai hal-hal duniawi untuk menentang Kristus dan gereja-Nya. Oleh karena itulah "persahabatan dengan dunia ini adalah permusuhan dengan Allah" (Yak 4:4; juga lih. 1Yoh 2:15-16).
Full Life: Yoh 12:32 - MENARIK SEMUA ORANG DATANG KEPADA-KU.
Nas : Yoh 12:32
Kasih karunia Allah tidak bersifat eksklusif, yaitu untuk kalangan
tertentu saja, dan bukan untuk orang lain. Akan tetapi, karena m...
Jerusalem: Yoh 12:20 - orang Yunani Ialah orang bukan Yahudi yang bersimpati dengan monoteisme Israel dan sedikit banyak mengindahkan beberapa aturan hukum Musa. Dalam Kis 10:2+, mereka ...
Ialah orang bukan Yahudi yang bersimpati dengan monoteisme Israel dan sedikit banyak mengindahkan beberapa aturan hukum Musa. Dalam Kis 10:2+, mereka disebut "yang takut akan Allah".
Yaitu dalam kemuliaan Bapa, bdk Yoh 14:3; 17:24.
Jerusalem: Yoh 12:27 - jiwaKu terharu Terjemahan lain: jiwaKu gelisah. Adegan ini agak sama dengan peristiwa di Getsemani: kegelisahan terhadap "saat" yang mendekat; Yesus mohon belas kasi...
Terjemahan lain: jiwaKu gelisah. Adegan ini agak sama dengan peristiwa di Getsemani: kegelisahan terhadap "saat" yang mendekat; Yesus mohon belas kasihan Bapa; Ia menyatakan kesediaanNya untuk mengorbankan diri; Ia diberi hiburan dari sorga (bdk Lukas). Namun ada juga perbedaan: Yesus tetap berdiri tegak; permintaanNya hanya dalam hati (Yohanes); menurut Lukas, Yesus berlutut, sedangkan menurut Matius dan Markus Ia sujud/merebahkan diri ke tanah. Bdk Yoh 18:4-6; 10:18+.
Jerusalem: Yoh 12:28 - namaMu Var: AnakMu. Nama Bapa ialah diri Bapa sendiri. Yesus merelakan diri untuk mati guna menyelesaikan karya yang memuliakan Bapa dan memperlihatkan kasih...
Var: AnakMu. Nama Bapa ialah diri Bapa sendiri. Yesus merelakan diri untuk mati guna menyelesaikan karya yang memuliakan Bapa dan memperlihatkan kasihNya kepada dunia. Yoh 17:6+.
Jerusalem: Yoh 12:30 - Oleh karena kamu Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.
Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.
Jerusalem: Yoh 12:31 - dilemparkan ke luar Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manus...
Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manusia dari kekuasaan yang lalim itu. Bdk Yoh 3:35+ dan Mat 8:29+; Luk 8:31+; Rom 8:3; Kol 1:12-13.
Jerusalem: Yoh 12:32 - dari bumi Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Y...
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Yoh 8:28, bdk Yoh 6:62, pada hari kebangkitan, Yoh 20:17+. Sebab kedua kejadian itu hanya dua segi dari misteri yang sama, Yoh 13:1+. Setelah ditinggikan di sisi kanan Bapa, dalam kemuliaan, Yoh 12:23; 17:5+, maka Kristus akan mengutus Roh, Yoh 7:39, dan melalui Roh itu Ia memperluas kekuasaanNya atas dunia, Yoh 16:14; bdk Yoh 3:35+
Var: semuanya, atau: segala sesuatunya
Jerusalem: Yoh 12:32 - kepadaKu Setelah ditinggikan di kayu salib Yesus nampak di hadapan semua sebagai Juru selamat dunia, bdk Yoh 19:37. Inilah tanggapanNya terhadap orang Yunani y...
Ende: Yoh 12:20 - Orang Junani Jang dimaksudkan ialah orang bukan Jahudi dan berkebudajaan
Junani, jang dalam beberapa hal menganut agama Jahudi, jaitu pertjaja kepada
Allah jang Ma...
Jang dimaksudkan ialah orang bukan Jahudi dan berkebudajaan Junani, jang dalam beberapa hal menganut agama Jahudi, jaitu pertjaja kepada Allah jang Mahaesa dan mentaati adat-istiadat Jahudi, tetapi tidak disunat. Bdl. Kis 10:2,22,33 dan Kis 13:16-20.
Ende: Yoh 12:23 - -- Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi
setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak
la...
Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak langsung kepada orang Junani tersebut.
Bdl. Mat 10:39 dan Mat 16:24-27.
didalam kemuliaan surgawi.
Seperti di Getsemani, Bdl. Mat 26:38; Mar 14:32-42; Ibr 5:7-10.
jaitu dengan membiarkan Jesus mengurbankan DiriNja disalib.
setan sebagai pokok segala kedjahatan jang maharadjalela didunia.
Ende: Yoh 12:32 - Ditinggikan Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga
keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari
misteri ja...
Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari misteri jang sama, jaitu penebusan kita.
Jesus akan menarik kepadanja segala orang jang luhur hatinja, jang "dipanggil" untuk mengikuti djedjakNja diatas bumi, dan kemudian kedalam kemuliaan abadi. Bdl. Yoh 19:37.
Ref. Silang FULL: Yoh 12:23 - tiba saatnya // Manusia dimuliakan · tiba saatnya: Mat 26:18; Mat 26:18
· Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1
· tiba saatnya: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]
· Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1
· dan mati: 1Kor 15:36
Ref. Silang FULL: Yoh 12:25 - akan memeliharanya // yang kekal · akan memeliharanya: Mat 10:39; Mr 8:35; Luk 14:26; 17:33
· yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46
· akan memeliharanya: Mat 10:39; Mr 8:35; Luk 14:26; 17:33
Ref. Silang FULL: Yoh 12:26 - akan berada · akan berada: Yoh 14:3; 17:24; 2Kor 5:8; Fili 1:23; 1Tes 4:17
· akan berada: Yoh 14:3; 17:24; 2Kor 5:8; Fili 1:23; 1Tes 4:17
Ref. Silang FULL: Yoh 12:27 - jiwa-Ku terharu // Kukatakan? Bapa // saat ini · jiwa-Ku terharu: Mat 26:38,39; Yoh 11:33,38; 13:21
· Kukatakan? Bapa: Mat 11:25; Mat 11:25
· saat ini: Yoh 12:23
· jiwa-Ku terharu: Mat 26:38,39; Yoh 11:33,38; 13:21
· Kukatakan? Bapa: Mat 11:25; [Lihat FULL. Mat 11:25]
· saat ini: Yoh 12:23
Ref. Silang FULL: Yoh 12:31 - dunia ini // dunia ini · dunia ini: Yoh 16:11
· dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19
· dunia ini: Yoh 16:11
· dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19
Ref. Silang FULL: Yoh 12:32 - dari bumi // datang kepada-Ku · dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28
· datang kepada-Ku: Yoh 6:44
· dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28
· datang kepada-Ku: Yoh 6:44
· akan mati: Yoh 18:32; 21:19
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 12:20; Yoh 12:20-36; Yoh 12:20; Yoh 11:55--12:36; Yoh 11:1--12:50; Yoh 12:21; Yoh 12:21; Yoh 12:22; Yoh 12:22; Yoh 12:23; Yoh 12:23; Yoh 12:24; Yoh 12:24; Yoh 12:25; Yoh 12:25; Yoh 12:26; Yoh 12:26; Yoh 12:27; Yoh 12:27; Yoh 12:28; Yoh 12:28; Yoh 12:29; Yoh 12:29; Yoh 12:30; Yoh 12:30; Yoh 12:31; Yoh 12:31; Yoh 12:32; Yoh 12:32; Yoh 12:33; Yoh 12:33
Hagelberg: Yoh 12:20 - -- 12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.
Status beberapa orang Yunani itu tidak dijel...
12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.
Status beberapa orang Yunani itu tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah memeluk agama Yahudi secara resmi, tetapi mungkin tidak.910 Juga, istilah Yunani dapat merujuk pada suku dan negara asal mereka, tetapi istilah itu juga dapat berarti "orang bukan Yahudi", seperti dalam Kisah Para Rasul 19:17, karena mereka telah "diYunanikan", yaitu mereka telah meninggalkan budaya dan bahasa setempat, dan memeluk budaya dan bahasa Yunani.
Hagelberg: Yoh 12:20-36 - -- 4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa...
4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa permohonan beberapa orang Yunani. Susunan ini tidak sembarangan. Sekali lagi musuh Tuhan Yesus mengucapkan suatu kebenaran, tanpa menyadari bahwa perkataan mereka mempunyai arti yang ironis. Dalam pasal 11:51-52 Yohanes menjelaskan bahwa perkataan Imam Besar merupakan nubuatan, tetapi dalam nas ini Yohanes tidak menjelaskan keironisan perkataan mereka secara terang-terangan. Namun kisah ini mengenai permohonan beberapa orang Yunani menyatakan bahwa memang "seluruh dunia mengikuti Dia", sementara ini diwaklili oleh beberapa orang Yunani.
Seolah-olah tanggapan Tuhan Yesus kurang tepat. Tampaknya tidak ada kaitan antara permohonan mereka dan tanggapan Tuhan Yesus. Namun ada kaitan. Bagi Tuhan Yesus, orang-orang Yunani itu melambangkan seluruh dunia yang harus dijangkau dengan berita kematian dan kenaikan-Nya. Lagipula mereka tidak akan dijangkau kecuali pengikut-pengikut Tuhan Yesus rela mengikuti teladan-Nya, dan tidak mengasihi nyawanya. Dengan demikian pokok-pokok yang diungkapkan dalamm nas ini memiliki kesatuan dan tujuan yang sangat tepat.
Hagelberg: Yoh 12:20 - -- 12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.
Status beberapa orang Yunani itu tidak dijel...
12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.
Status beberapa orang Yunani itu tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah memeluk agama Yahudi secara resmi, tetapi mungkin tidak.910 Juga, istilah Yunani dapat merujuk pada suku dan negara asal mereka, tetapi istilah itu juga dapat berarti "orang bukan Yahudi", seperti dalam Kisah Para Rasul 19:17, karena mereka telah "diYunanikan", yaitu mereka telah meninggalkan budaya dan bahasa setempat, dan memeluk budaya dan bahasa Yunani.
C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)
Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
Hagelberg: Yoh 12:21 - -- 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."...
12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."
Apa yang menarik mereka kepada Tuhan Yesus tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah mendengar Dia, atau mereka telah mendengar kabar angin mengenai Dia. Jika mereka dari Dekapolis, mereka dapat mengetahui tentang pelayanan-Nya di Galilea.912
Hagelberg: Yoh 12:21 - -- 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."...
12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."
Apa yang menarik mereka kepada Tuhan Yesus tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah mendengar Dia, atau mereka telah mendengar kabar angin mengenai Dia. Jika mereka dari Dekapolis, mereka dapat mengetahui tentang pelayanan-Nya di Galilea.912
Hagelberg: Yoh 12:22 - -- 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.
Tampaknya Filipus agak segan memperken...
12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.
Tampaknya Filipus agak segan memperkenalkan mereka kepada Tuhan Yesus, mungkin karena dia belum mengerti apakah Tuhan Yesus ingin melayani orang bukan Yahudi, yaitu orang yang disebut "kafir". Dia berharap supaya Andreas memberi usulan atau menemani dia.
Hagelberg: Yoh 12:22 - -- 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.
Tampaknya Filipus agak segan memperken...
12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.
Tampaknya Filipus agak segan memperkenalkan mereka kepada Tuhan Yesus, mungkin karena dia belum mengerti apakah Tuhan Yesus ingin melayani orang bukan Yahudi, yaitu orang yang disebut "kafir". Dia berharap supaya Andreas memberi usulan atau menemani dia.
Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...
12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.
Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.
Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".
Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.
Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.
Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...
12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.
Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.
Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.
Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".
Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.
Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.
Hagelberg: Yoh 12:24 - -- 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia aka...
12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
Pengamatan ini mengenai biji gandum biasa dan nyata. Namun apa yang biasa dan nyata menjadi pelajaran rohani yang dalam. Kemuliaan Tuhan Yesus dapat disamakan dengan biji gandum yang jatuh ke dalam tanah dan mati. Dia rela mentaati Bapa-Nya demi kepentingan suku-suku bangsa yang diwakili oleh orang-orang Yunani itu, sehingga Ia akan menghasilkan banyak buah. Prinsip ini tidak hanya berlaku bagi Dia saja, tetapi bagi kita juga. Ayat yang berikut menyatakan bahwa prinsip ini berlaku bagi "barangsiapa", yaitu umat manusia.
Hagelberg: Yoh 12:24 - -- 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia aka...
12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
Pengamatan ini mengenai biji gandum biasa dan nyata. Namun apa yang biasa dan nyata menjadi pelajaran rohani yang dalam. Kemuliaan Tuhan Yesus dapat disamakan dengan biji gandum yang jatuh ke dalam tanah dan mati. Dia rela mentaati Bapa-Nya demi kepentingan suku-suku bangsa yang diwakili oleh orang-orang Yunani itu, sehingga Ia akan menghasilkan banyak buah. Prinsip ini tidak hanya berlaku bagi Dia saja, tetapi bagi kita juga. Ayat yang berikut menyatakan bahwa prinsip ini berlaku bagi "barangsiapa", yaitu umat manusia.
Hagelberg: Yoh 12:25 - -- 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya ...
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya sampai919 hidup yang kekal.
Fokus ayat ini tetap lebar, menjangkau Tuhan Yesus dan seluruh umat mausia.920 Dia mengerti bahwa jalan yang terbaik adalah jalan yang mengutamakan orang lain. Orang yang mengutamakan hidup mereka sendiri sebenarnya justru merusak hidup mereka, dan orang yang mengutamakan orang lain sebenarnya memperkayakan diri mereka dalam kekekalan. Tuhan Yesus tidak mengajar bahwa manusia dapat beroleh keselamatan dengan cara perbuatan yang baik.
Hagelberg: Yoh 12:25 - -- 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya ...
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya sampai919 hidup yang kekal.
Fokus ayat ini tetap lebar, menjangkau Tuhan Yesus dan seluruh umat mausia.920 Dia mengerti bahwa jalan yang terbaik adalah jalan yang mengutamakan orang lain. Orang yang mengutamakan hidup mereka sendiri sebenarnya justru merusak hidup mereka, dan orang yang mengutamakan orang lain sebenarnya memperkayakan diri mereka dalam kekekalan. Tuhan Yesus tidak mengajar bahwa manusia dapat beroleh keselamatan dengan cara perbuatan yang baik.
Hagelberg: Yoh 12:26 - -- 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dih...
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.
Ayat ini tidak terfokus kepada Tuhan Yesus, tetapi pada orang-orang yang melayani Dia. Seorang ahli Injil Yohanes berkata,921 "Mengikuti Yesus merupakan seluruh keawajiban orang Kristen, dan berada di mana Tuhan Yesus berada merupakan seluruh pahalahnya." Dalam konteks ini, ungkapan ia harus mengikut Aku berarti "ia harus menderita seperti Tuhan Yesus menderita". Bukankah hal yang sama dikatakan oleh Rasul Paulus dalam Filip 3:10, yang berbunyi, "yang kuhendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya...."
Perjanjian Baru sering mengajar bahwa orang yang melayani dengan setia akan menerima pahala. Dalam ayat ini bentuk pahala adalah hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:26 - -- 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dih...
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.
Ayat ini tidak terfokus kepada Tuhan Yesus, tetapi pada orang-orang yang melayani Dia. Seorang ahli Injil Yohanes berkata,921 "Mengikuti Yesus merupakan seluruh keawajiban orang Kristen, dan berada di mana Tuhan Yesus berada merupakan seluruh pahalahnya." Dalam konteks ini, ungkapan ia harus mengikut Aku berarti "ia harus menderita seperti Tuhan Yesus menderita". Bukankah hal yang sama dikatakan oleh Rasul Paulus dalam Filip 3:10, yang berbunyi, "yang kuhendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya...."
Perjanjian Baru sering mengajar bahwa orang yang melayani dengan setia akan menerima pahala. Dalam ayat ini bentuk pahala adalah hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:27 - -- 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam...
12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.
Dalam bagian ini Dia mulai menceritakan mengenai penderitaan-Nya dan salib-Nya secara lebih jelas. Injil Yohanes tidak menceritakan pergumulan Tuhan Yesus di taman Getsemani, namun di sini kita mengerti bahwa pergumulan mengenai kerelaan-Nya untuk menjalankan pekerjaan penyaliban dan kematian bukanlah suatu teori bagi Dia, melainkan penderitaan yang sungguhan.
Hagelberg: Yoh 12:27 - -- 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam...
12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.
Dalam bagian ini Dia mulai menceritakan mengenai penderitaan-Nya dan salib-Nya secara lebih jelas. Injil Yohanes tidak menceritakan pergumulan Tuhan Yesus di taman Getsemani, namun di sini kita mengerti bahwa pergumulan mengenai kerelaan-Nya untuk menjalankan pekerjaan penyaliban dan kematian bukanlah suatu teori bagi Dia, melainkan penderitaan yang sungguhan.
Hagelberg: Yoh 12:28 - -- 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"
Dia tidak minta su...
12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"
Dia tidak minta supaya Bapa-Nya menyelamatkan Dia dari penderitan dan kematian. Yang Dia minta adalah supaya Dia muliakanlah nama-Nya. Lagi pula kita mengerti bahwa kemuliaan yang Dia sebutkan memerlukan ketaatan Dia sampai mati sebagai Penebus di kayu salib.
Suara Allah Bapa menjawab doa Tuhan Yesus pada baptisan-Nya dan di atas gunung pada waktu Yesus berubah rupa, tetapi dua peristiwa itu tidak tercatat dalam Injil Yohanes. Di sini Dia menyatakan bahwa Dia telah memuliakan-Nya (dalam pelayanan Tuhan Yesus sampai saat itu) dan bahwa Dia akan memuliakan-Nya lagi (di kayu salib-Nya).
Hagelberg: Yoh 12:28 - -- 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"
Dia tidak minta su...
12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"
Dia tidak minta supaya Bapa-Nya menyelamatkan Dia dari penderitan dan kematian. Yang Dia minta adalah supaya Dia muliakanlah nama-Nya. Lagi pula kita mengerti bahwa kemuliaan yang Dia sebutkan memerlukan ketaatan Dia sampai mati sebagai Penebus di kayu salib.
Suara Allah Bapa menjawab doa Tuhan Yesus pada baptisan-Nya dan di atas gunung pada waktu Yesus berubah rupa, tetapi dua peristiwa itu tidak tercatat dalam Injil Yohanes. Di sini Dia menyatakan bahwa Dia telah memuliakan-Nya (dalam pelayanan Tuhan Yesus sampai saat itu) dan bahwa Dia akan memuliakan-Nya lagi (di kayu salib-Nya).
Hagelberg: Yoh 12:29 - -- 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara ...
12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."
Mereka mendengar sesuatu, tetapi mereka tidak dapat memastikan apa itu bunyi guntur atau suara malaikat. Mereka tidak dapat memahami arti suara itu.
Hagelberg: Yoh 12:29 - -- 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara ...
12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."
Mereka mendengar sesuatu, tetapi mereka tidak dapat memastikan apa itu bunyi guntur atau suara malaikat. Mereka tidak dapat memahami arti suara itu.
Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...
12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.
Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...
12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.
Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi n...
12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.
Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923
Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.
Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."
Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi n...
12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.
Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923
Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.
Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."
Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...
12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.
Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.
Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...
12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.
Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.