kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 10:1-9 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Gembala yang baik
10:1 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; 10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. 10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. 10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." 10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 10:1 - YESUS GEMBALA YANG BAIK. Nas : Yoh 10:1 Ajaran mengenai gembala yang baik ini (ayat Yoh 10:1-30) menunjukkan Yesus sebagai gembala yang sejati dan pemimpin umat-Nya bertent...

Nas : Yoh 10:1

Ajaran mengenai gembala yang baik ini (ayat Yoh 10:1-30) menunjukkan Yesus sebagai gembala yang sejati dan pemimpin umat-Nya bertentangan dengan semua gembala palsu. (Untuk lebih memahami pasal ini, bagian-bagian PL yang menghakimi gembala palsu harus dibaca: Yes 56:9-12; Yer 23:1-4; Yeh 34:1-31; Za 11:1-17). Dalam ayat Yoh 10:7-18 Yesus mengenakan ayat Yoh 10:1-5 kepada diri-Nya sendiri.

Full Life: Yoh 10:9 - AKULAH PINTU. Nas : Yoh 10:9 Mereka yang masuk melalui Yesus akan "selamat", yaitu akan memperoleh hidup kekal yang berkelimpahan (ayat Yoh 10:10); mereka akan m...

Nas : Yoh 10:9

Mereka yang masuk melalui Yesus akan "selamat", yaitu akan memperoleh hidup kekal yang berkelimpahan (ayat Yoh 10:10); mereka akan memiliki semua yang diperlukan untuk dibebaskan dari dosa, kesalahan, dan hukuman. Yesus adalah satu-satunya pintu keselamatan; tidak ada yang lain (Kis 4:12).

Jerusalem: Yoh 10:3 - masing-masing menurut namanya Terjemahan lain: satu demi satu.

Terjemahan lain: satu demi satu.

Jerusalem: Yoh 10:6 - kepada mereka Ialah orang-orang Farisi yang buta, Yoh 9:40. Mereka tidak mengerti bahwa perumpamaan itu mengenai mereka sendiri.

Ialah orang-orang Farisi yang buta, Yoh 9:40. Mereka tidak mengerti bahwa perumpamaan itu mengenai mereka sendiri.

Jerusalem: Yoh 10:7 - Akulah pintu Ialah pintu masuk kandang. Supaya dengan syah dapat menggembalakan kawanan orang yang harus masuk melalui Yesus, Yoh 21:15-17.

Ialah pintu masuk kandang. Supaya dengan syah dapat menggembalakan kawanan orang yang harus masuk melalui Yesus, Yoh 21:15-17.

Jerusalem: Yoh 10:8 - sebelum Aku Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Yang dimaksudkan kiranya orang-orang Farisi, bdk Mat 23:1-36; Luk 11:39-52 dan Mat 9:36; Mar 6:34.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Yang dimaksudkan kiranya orang-orang Farisi, bdk Mat 23:1-36; Luk 11:39-52 dan Mat 9:36; Mar 6:34.

Ende: Yoh 10:1 - Kandang domba Pada orang Jahudi kandang itu berbentuk lapangan tanah, berpagar tembok jang agak tinggi, untuk melindungi domba-domba waktu malam terhadap pentjuri-p...

Pada orang Jahudi kandang itu berbentuk lapangan tanah, berpagar tembok jang agak tinggi, untuk melindungi domba-domba waktu malam terhadap pentjuri-pentjuri dan binatang-binatang buas. Pada sore hari para gembala masing-masing menuntun kawanannja kedalam kandang itu, lalu pintu dikuntji dan seorang pendjaga mengawalinja sepandjang malam.

Ende: Yoh 10:8 - Jang datang dahulu dari padaKu Jang dimaksudkan barangkali mesias-mesias palsu jang memang sudah banjak jang muntjul.

Jang dimaksudkan barangkali mesias-mesias palsu jang memang sudah banjak jang muntjul.

Ref. Silang FULL: Yoh 10:1 - seorang perampok · seorang perampok: Yoh 10:8,10

· seorang perampok: Yoh 10:8,10

Ref. Silang FULL: Yoh 10:2 - gembala domba · gembala domba: Yoh 10:11,14; Mr 6:34

· gembala domba: Yoh 10:11,14; Mr 6:34

Ref. Silang FULL: Yoh 10:3 - mendengarkan suaranya // ke luar · mendengarkan suaranya: Yoh 10:4,5,14,16,27 · ke luar: Yoh 10:4,5,14,16,27

· mendengarkan suaranya: Yoh 10:4,5,14,16,27

· ke luar: Yoh 10:4,5,14,16,27

Ref. Silang FULL: Yoh 10:4 - mengenal suaranya · mengenal suaranya: Yoh 10:3; Yoh 10:3

· mengenal suaranya: Yoh 10:3; [Lihat FULL. Yoh 10:3]

Ref. Silang FULL: Yoh 10:6 - dalam perumpamaan // kepada mereka · dalam perumpamaan: Yoh 16:25; Yoh 16:25 · kepada mereka: Mr 9:32; Mr 9:32

· dalam perumpamaan: Yoh 16:25; [Lihat FULL. Yoh 16:25]

· kepada mereka: Mr 9:32; [Lihat FULL. Mr 9:32]

Ref. Silang FULL: Yoh 10:7 - sesungguhnya Akulah // pintu · sesungguhnya Akulah: Yoh 6:35; Yoh 6:35 · pintu: Yoh 10:9

· sesungguhnya Akulah: Yoh 6:35; [Lihat FULL. Yoh 6:35]

· pintu: Yoh 10:9

Ref. Silang FULL: Yoh 10:8 - sebelum Aku // dan perampok · sebelum Aku: Yer 23:1,2; Yeh 34:2 · dan perampok: Yoh 10:1

· sebelum Aku: Yer 23:1,2; Yeh 34:2

· dan perampok: Yoh 10:1

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 10:1 - -- 10:1 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang793 domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adal...

10:1 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang793 domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;

Kandang domba yang diceritakan dalam bagian ini adalah tempat yang melindungi domba dari pencuri dan cuaca yang buruk. Pencuri dan perampok tidak mungkin lewat pintu, karena ada jaga di situ yang melindungi domba.

Para pemimpin agama Yahudi dikiaskan sebagai pencuri dan perampok, sama seperti para pemimpin Israel pada zaman nabi-nabi. Yehezkiel 34:4 berkata, "Yang lemah tidak kamu kuatkan, yang sakit tidak kamu obati, yang luka tidak kamu balut, yang tersesat tidak kamu bawa pulang, yang hilang tidak kamu cari, melainkan kamu injak-injak mereka dengan kekerasan dan kekejaman."

Hagelberg: Yoh 10:1-5 - -- a. Kiasan Pintu (10:1-5) Tuhan Yesus membentuk beberapa kiasan dari bidang peternakan domba untuk mengajar mengenai diri-Nya dan karya-Nya. Peternakan...

a. Kiasan Pintu (10:1-5)

Tuhan Yesus membentuk beberapa kiasan dari bidang peternakan domba untuk mengajar mengenai diri-Nya dan karya-Nya. Peternakan domba adalah pekerjaan yang biasa pada zaman itu, sehingga kiasan-kiasan yang dipakai dalam bagian ini menimbulkan banyak tema bagi para pembaca pertama.792

Dalam pasal 9:39-41 Tuhan Yesus berkata bahwa mereka yang menindas orang yang disembuhkan adalah buta. Sikap mereka sebagai orang yang tidak mencari kebenaran dinyatakan. Bagian ini merupakan perkembangan dari pasal 9, karena dalam bagian ini mereka disebut "pencuri dan perampok". Jika mereka mau menjadi pemimpin yang baik, mereka harus masuk melalui Pintu, mereka harus memperoleh tugas melalui Dia. Akan tetapi mereka tidak mau mengenal Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 10:1 - -- 10:1 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang793 domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adal...

10:1 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang793 domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;

Kandang domba yang diceritakan dalam bagian ini adalah tempat yang melindungi domba dari pencuri dan cuaca yang buruk. Pencuri dan perampok tidak mungkin lewat pintu, karena ada jaga di situ yang melindungi domba.

Para pemimpin agama Yahudi dikiaskan sebagai pencuri dan perampok, sama seperti para pemimpin Israel pada zaman nabi-nabi. Yehezkiel 34:4 berkata, "Yang lemah tidak kamu kuatkan, yang sakit tidak kamu obati, yang luka tidak kamu balut, yang tersesat tidak kamu bawa pulang, yang hilang tidak kamu cari, melainkan kamu injak-injak mereka dengan kekerasan dan kekejaman."

Hagelberg: Yoh 10:1-21 - -- 3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21) Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dije...

3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21)

Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dijelaskan oleh Rasul Yohanes. Namun kedua bagian ini menceritakan sikap para pemimpin agama Yahudi. Kedua bagian ini juga menegaskan kontras antara sikap Tuhan Yesus dan sikap para pemimpin agama Yahudi. Dalam pasal 9 kita melihat bahwa mereka tidak mencari kebenaran, dan mereka bersikap keras terhadap seseorang yang disembuhkan. Dalam pasal 10:1-21 mereka disebut "pencuri" dan "perampok" domba.

Bagian ini dilatarbelakangi oleh beberapa nas dalam Perjanjian Lama yang menegur para pemimpin agama Yahudi, yang disebut "gembala". Lihat Yeremia 23:1-4; 25:32-38; Zakharia 11; dan Yesaya 56:9-12. Dalam Mazmur 80:1 Allah dikiaskan sebagai Gembala Israel. Lihat juga Mazmur 23:1 dan Yesaya 40:11. Dalam Yehezkiel 34:20-24, Tuhan Allah menjelaskan bahwa Dia akan menempatkan seorang gembala atas mereka, karena domba-domba Israel telah menjadi mangsa gembala-gembala Israel. Gembala itu, yang dikiaskan sebagai "Daud", adalah Mesias.790

Dalam pasal 10:1-9 Dia adalah "pintu", suatu kiasan yang menceritakan kepada kita bahwa Dia adalah Juru Selamat yang benar, yang satu-satu. Akan tetapi dalam ayat 10-21 Dia adalah "Gembala yang Baik". Kiasan "Gembala yang Baik" mengembangkan ajaran mengenai Dia sebagai Juru Selamat. Kedua kiasan ini ("Pintu" dan "Gembala yang Baik") sulit disatukan secara logika. Namun ada beberapa kasus yang mirip kasus ini.791

Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 10:2 - -- 10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Walaupun ada "pencuri dan perampok", ada juga gembala.

10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.

Walaupun ada "pencuri dan perampok", ada juga gembala.

Hagelberg: Yoh 10:2 - -- 10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Walaupun ada "pencuri dan perampok", ada juga gembala.

10:2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.

Walaupun ada "pencuri dan perampok", ada juga gembala.

Hagelberg: Yoh 10:3 - -- 10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunn...

10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Jika kandang itu besar, terpisah dari rumah orang, dan mengandung domba yang dimiliki beberapa keluarga, ada penjaga yang mengenal gembala. Di Timur Tengah, gembala-gembala dapat berdiri di luar kandang dan memanggil domba mereka masing-masing. Domba-domba itu mengenal suara gembala mereka, dan mereka datang kepada gembala mereka masing-masing.794 Ada gembala di Timur Tengah yang memberi nama kepada setiap domba, dan domba itu datang jika nama mereka sendiri dipanggil.795 Tuhan Yesus juga memanggil kita menurut nama kita masing-masing, dan kita datang ke luar dari kandang.

Hagelberg: Yoh 10:3 - -- 10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunn...

10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Jika kandang itu besar, terpisah dari rumah orang, dan mengandung domba yang dimiliki beberapa keluarga, ada penjaga yang mengenal gembala. Di Timur Tengah, gembala-gembala dapat berdiri di luar kandang dan memanggil domba mereka masing-masing. Domba-domba itu mengenal suara gembala mereka, dan mereka datang kepada gembala mereka masing-masing.794 Ada gembala di Timur Tengah yang memberi nama kepada setiap domba, dan domba itu datang jika nama mereka sendiri dipanggil.795 Tuhan Yesus juga memanggil kita menurut nama kita masing-masing, dan kita datang ke luar dari kandang.

Hagelberg: Yoh 10:4 - -- 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Kand...

10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Kandang itu aman, tetapi kotor. Lagi pula di dalamnya tidak ada air, dan tidak ada rumput. Domba-domba itu harus dibawa ke luar. Di Timur Tengah, gembala berjalan di depan domba-domba. Kebiasaan ini menjadi gambar yang indah mengenai hubungan antara "gembala" dan jemaat. Dia berjalan di depan mereka. Dia meneladani segala sesuatu yang dia minta dari mereka. Mereka mengikuti dia, bukan karena dia menjabat sebagai pejabat, tetapi karena mereka mengenal suaranya. Mereka mengikuti dia karena hubungan pribadi.

Hagelberg: Yoh 10:4 - -- 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Kand...

10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Kandang itu aman, tetapi kotor. Lagi pula di dalamnya tidak ada air, dan tidak ada rumput. Domba-domba itu harus dibawa ke luar. Di Timur Tengah, gembala berjalan di depan domba-domba. Kebiasaan ini menjadi gambar yang indah mengenai hubungan antara "gembala" dan jemaat. Dia berjalan di depan mereka. Dia meneladani segala sesuatu yang dia minta dari mereka. Mereka mengikuti dia, bukan karena dia menjabat sebagai pejabat, tetapi karena mereka mengenal suaranya. Mereka mengikuti dia karena hubungan pribadi.

Hagelberg: Yoh 10:5 - -- 10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." Dia yang matan...

10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Dia yang matanya dicelikkan dalam pasal 9 menjadi contoh dari kebenaran rohani ini. Dia adalah "domba" Tuhan Yesus, dan dia menolak para pemimpin Yahudi yang menyelidiki kasusnya.

Hagelberg: Yoh 10:5 - -- 10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." Dia yang matan...

10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Dia yang matanya dicelikkan dalam pasal 9 menjadi contoh dari kebenaran rohani ini. Dia adalah "domba" Tuhan Yesus, dan dia menolak para pemimpin Yahudi yang menyelidiki kasusnya.

Hagelberg: Yoh 10:6 - -- 10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan796 kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. Dal...

10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan796 kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka.

Dalam pasal 8:43 Tuhan Yesus berkata, "Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku." Dalam pasal 10:4 Dia berkata bahwa domba-Nya mengenal suara-Nya. Mereka tidak dapat mengerti karena mereka bukan domba-Nya. Dalam Injil Yohanes kesalahpahaman sering diikuti dengan penjelasan. Demikian juga dalam kasus ini.

Hagelberg: Yoh 10:6 - -- b. Kesalahpahaman (10:6)

b. Kesalahpahaman (10:6)

Hagelberg: Yoh 10:6 - -- 10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan796 kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. Dal...

10:6 Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan796 kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka.

Dalam pasal 8:43 Tuhan Yesus berkata, "Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku." Dalam pasal 10:4 Dia berkata bahwa domba-Nya mengenal suara-Nya. Mereka tidak dapat mengerti karena mereka bukan domba-Nya. Dalam Injil Yohanes kesalahpahaman sering diikuti dengan penjelasan. Demikian juga dalam kasus ini.

Hagelberg: Yoh 10:7 - -- 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah797 pintu798 ke domba-domba itu. Perkataan yang samar-samar menjadi lebih ...

10:7 Maka kata Yesus sekali lagi, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah797 pintu798 ke domba-domba itu.

Perkataan yang samar-samar menjadi lebih jelas. Dia mengkiaskan diri-Nya sebagai pintu yang disebutkan dalam ayat 1, 2, dan 3. Maka jika orang tidak mengenal Dia, mereka tidak ada urusan yang benar dengan domba-domba.

Hagelberg: Yoh 10:7-10 - -- c. Kiasan dikembangkan (10:7-10)

c. Kiasan dikembangkan (10:7-10)

Hagelberg: Yoh 10:7 - -- 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah797 pintu798 ke domba-domba itu. Perkataan yang samar-samar menjadi lebih ...

10:7 Maka kata Yesus sekali lagi, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah797 pintu798 ke domba-domba itu.

Perkataan yang samar-samar menjadi lebih jelas. Dia mengkiaskan diri-Nya sebagai pintu yang disebutkan dalam ayat 1, 2, dan 3. Maka jika orang tidak mengenal Dia, mereka tidak ada urusan yang benar dengan domba-domba.

Hagelberg: Yoh 10:8 - -- 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Sifat dan identitas semua orang ...

10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.

Sifat dan identitas semua orang yang datang sebelum Tuhan Yesus diuraikan dalam ayat-ayat berikut. Zaman itu banyak orang mencalonkan diri mereka sebagai Mesias. Mereka menjanjikan kemerdekaan, tetapi mereka hanya menghasilkan perang, penderitaan, dan perbudakan.799 Orang banyak mungkin berbondong-bondong mengikuti mereka, tetapi domba-Nya sendiri tidak mendengarkan mereka.

Kiasan "pintu" dan kiasan "gembala yang baik" (yang dinyatakan dalam ayat 11) telah agak campur dalam ayat ini, karena domba mendengarkan suara gembala, dan bukan suara pintu.

Hagelberg: Yoh 10:8 - -- 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Sifat dan identitas semua orang ...

10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.

Sifat dan identitas semua orang yang datang sebelum Tuhan Yesus diuraikan dalam ayat-ayat berikut. Zaman itu banyak orang mencalonkan diri mereka sebagai Mesias. Mereka menjanjikan kemerdekaan, tetapi mereka hanya menghasilkan perang, penderitaan, dan perbudakan.799 Orang banyak mungkin berbondong-bondong mengikuti mereka, tetapi domba-Nya sendiri tidak mendengarkan mereka.

Kiasan "pintu" dan kiasan "gembala yang baik" (yang dinyatakan dalam ayat 11) telah agak campur dalam ayat ini, karena domba mendengarkan suara gembala, dan bukan suara pintu.

Hagelberg: Yoh 10:9 - -- 10:9 Akulah800 pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pernyataan Akulah pintu...

10:9 Akulah800 pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Pernyataan Akulah pintu diulangi dalam ayat ini, dan dijelaskan. Dalam kiasan ini, domba aman jika mereka masuk melalui pintu yang ada, dan domba kenyang jika mereka keluar melalui pintu yang ada, karena lewat situ ada padang rumput. Kiasan ini merujuk pada kehidupan kekal dan kelimpahan hidup yang ada di dalam Yesus Kristus. Hal ini dinyatakan secara terang-terangan dalam ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 10:9 - -- 10:9 Akulah800 pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pernyataan Akulah pintu...

10:9 Akulah800 pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Pernyataan Akulah pintu diulangi dalam ayat ini, dan dijelaskan. Dalam kiasan ini, domba aman jika mereka masuk melalui pintu yang ada, dan domba kenyang jika mereka keluar melalui pintu yang ada, karena lewat situ ada padang rumput. Kiasan ini merujuk pada kehidupan kekal dan kelimpahan hidup yang ada di dalam Yesus Kristus. Hal ini dinyatakan secara terang-terangan dalam ayat berikut.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 10:1-18 - Gembala yang Baik Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Perumpamaan Kristus mengen...

SH: Yoh 10:1-10 - Tipe gembala (Selasa, 26 Januari 1999) Tipe gembala Tipe gembala. Yesus mengatakan ada dua tipe gembala. Tipe pertama, gembala yang sama ...

SH: Yoh 10:1-10 - Gembala vs pencuri (Sabtu, 18 Februari 2006) Gembala vs pencuri Judul: Gembala vs pencuri Yehezkiel pernah menyampaikan khotbah keras yang menu...

SH: Yoh 10:1-10 - Hidup yang berkelimpahan (Senin, 18 Februari 2008) Hidup yang berkelimpahan Judul : Hidup yang berkelimpahan Siapa yang tak ingin memiliki hidup yang berkeli...

SH: Yoh 10:1-18 - Menyebar cinta (Kamis, 28 Februari 2002) Menyebar cinta Menyebar cinta. Setelah Yudas pergi, Yesus mengatakan banyak hal kepada para muridnya,...

SH: Yoh 10:1-21 - Sang Gembala, Sang Anak (Selasa, 28 Januari 2014) Sang Gembala, Sang Anak Judul: Sang Gembala, Sang Anak Kisah orang buta yang disembuhkan Yesus di pasa...

SH: Yoh 10:1-21 - Pilih Asli atau Palsu (Jumat, 5 Maret 2021) Pilih Asli atau Palsu Kadang kita diperhadapkan pada barang atau sesuatu yang benar-benar mirip aslinya, tetapi p...

Utley: Yoh 10:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:1-6...

Utley: Yoh 10:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:7-10...

Topik Teologia: Yoh 10:1 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 10:2 - -- Keselamatan Yesus adalah Seorang Gembala ...

Topik Teologia: Yoh 10:3 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pem...

Topik Teologia: Yoh 10:4 - -- Keselamatan Yesus adalah Seorang Gembala ...

Topik Teologia: Yoh 10:5 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gambaran dan Kiasan untuk Orang-orang Benar (Umat Allah) Ora...

Topik Teologia: Yoh 10:6 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gambaran dan Kiasan untuk Orang-orang Benar (Umat Allah) Ora...

Topik Teologia: Yoh 10:7 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Pintu Yoh 10:7-9 ...

Topik Teologia: Yoh 10:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Pintu Yo...

Topik Teologia: Yoh 10:9 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Menentukan Otoritas Kekal atas Manusia ...

TFTWMS: Yoh 10:1-10 - Akulah Pintu "AKULAH PINTU" (Yohanes 10:1-10) Pelajaran ini dimulai de...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) GEMBALA YANG BAIK (Yohanes 10:1-21) Mungkin gambaran mental Allah y...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Michael Green, Illustrations for Biblical Preaching (Grand Rapids, Mich.: Baker Book Ho...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.34 detik
dipersembahkan oleh YLSA