kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 8:2-9 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
8:2 Lalu aku melihat ketujuh malaikat, yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. 8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu. 8:4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah. 8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.
Keempat sangkakala yang pertama
8:6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakala. 8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau. 8:8 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah, 8:9 dan matilah sepertiga dari segala makhluk yang bernyawa di dalam laut dan binasalah sepertiga dari semua kapal.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 8:3 - DOA SEMUA ORANG KUDUS. Nas : Wahy 8:3 Doa-doa orang kudus yang disinggung berulang-ulang (Wahy 5:8; Wahy 8:3-4) menunjukkan bahwa doa syafaat dari orang percaya sangat pe...

Nas : Wahy 8:3

Doa-doa orang kudus yang disinggung berulang-ulang (Wahy 5:8; Wahy 8:3-4) menunjukkan bahwa doa syafaat dari orang percaya sangat penting dalam pembinasan kejahatan dan penegakan kebenaran di atas bumi

(lihat cat. --> Wahy 5:8).

[atau ref. Wahy 5:8]

  1. 1) Yohanes menyebut doa-doa dari semua orang kudus. Demikianlah, doa orang kudus dari masa kesengsaraan besar di bumi digabung dengan doa orang kudus di sorga (bd. Wahy 6:9-11). Orang kudus di sorga menaruh perhatian besar terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.
  2. 2) Perhatikanlah bahwa dalam satu arti Allah menyimpan doa-doa kita. Sekalipun Tuhan tampaknya tidak menjawab semua doa kita secara langsung, Ia tidak mengesampingkannya, melainkan Ia menyimpannya bagi suatu saat yang tepat untuk menggenapinya.

Full Life: Why 8:7 - HUJAN ES, DAN API, BERCAMPUR DARAH. Nas : Wahy 8:7 Empat sangkakala hukuman yang pertama dimulaikan. 1) Sepertiga tumbuh-tumbuhan di bumi binasa oleh api dan hujan es; seperti...

Nas : Wahy 8:7

Empat sangkakala hukuman yang pertama dimulaikan.

  1. 1) Sepertiga tumbuh-tumbuhan di bumi binasa oleh api dan hujan es; sepertiga laut dan sungai-sungai dicemarkan; langit, matahari, bulan, dan bintang-bintang menjadi gelap selama sepertiga bagian dari siang dan malam hari (ayat Wahy 8:7-13).
  2. 2) Hukuman-hukuman itu juga mempengaruhi manusia, sebab banyak orang mati (ayat Wahy 8:11) Hukuman itu dibatasi pada sepertiga bagian dunia, karena sebagian maksud hukuman itu adalah untuk memperingatkan manusia dan menyebabkan mereka bertobat (Wahy 9:20-21).

Full Life: Why 8:8 - GUNUNG BESAR, YANG MENYALA-NYALA OLEH API. Nas : Wahy 8:8 Barangkali ini sebuah meteor besar yang menyala-nyala, yang jatuh ke dalam laut dan membunuh sepertiga makhluk laut dan menghancurka...

Nas : Wahy 8:8

Barangkali ini sebuah meteor besar yang menyala-nyala, yang jatuh ke dalam laut dan membunuh sepertiga makhluk laut dan menghancurkan banyak kapal.

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 6:1--9:21 - -- Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah ...

Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah 8:2-9, lalu ada penglihatan-penglihatan mengenai kejadian-kejadian yang memberitakan dan menyiapkan kemusnahan negara Roma, yang melambangkan segala musuh Allah. Bdk Mat 24 dsj.

Jerusalem: Why 8:3 - mezbah Ialah mezbah pembakaran ukupan, bdk Kel 30:1; 1Ra 6:20; Ibr 9:4

Ialah mezbah pembakaran ukupan, bdk Kel 30:1; 1Ra 6:20; Ibr 9:4

Jerusalem: Why 8:3 - pendupaan emas Mungkin apa yang dimaksudkan bukan pendupaan, tetapi penjepit yang dipakai untuk membawa arang berapi dari mezbah korban bakaran kepada mezbah pembaka...

Mungkin apa yang dimaksudkan bukan pendupaan, tetapi penjepit yang dipakai untuk membawa arang berapi dari mezbah korban bakaran kepada mezbah pembakaran ukupan.

Jerusalem: Why 8:6 - -- Bencana-bencana yang selanjutnya digambarkan berupa lambang, bdk Wah 6:1+. Semua mengingatkan tulah-tulah yang menimpa negeri Mesir, Kel 7-10; Wis 11:...

Bencana-bencana yang selanjutnya digambarkan berupa lambang, bdk Wah 6:1+. Semua mengingatkan tulah-tulah yang menimpa negeri Mesir, Kel 7-10; Wis 11:5-12:2. Bdk Wah 15:5 dst.

Ende: Why 8:2 - Sangkakala tugas memaklumkan malapetaka-malapetaka sebagai hukuman Allah.

tugas memaklumkan malapetaka-malapetaka sebagai hukuman Allah.

Ende: Why 8:3 - Doa-doa para orang sutji jaitu dari para pengabdi Allah dibumi. Mengenai malapetaka-malapetaka inipun, urutan pernjataannja tidak dimaksudkan sebagai urutan waktu dia akan ter...

jaitu dari para pengabdi Allah dibumi.

Mengenai malapetaka-malapetaka inipun, urutan pernjataannja tidak dimaksudkan sebagai urutan waktu dia akan terlangsung dalam sedjarah atau diachir zaman.

Ref. Silang FULL: Why 8:2 - ketujuh malaikat // tujuh sangkakala · ketujuh malaikat: Wahy 8:6-13; Wahy 9:1,13; 11:15 · tujuh sangkakala: Mat 24:31; Mat 24:31

· ketujuh malaikat: Wahy 8:6-13; Wahy 9:1,13; 11:15

· tujuh sangkakala: Mat 24:31; [Lihat FULL. Mat 24:31]

Ref. Silang FULL: Why 8:3 - seorang malaikat // orang kudus // atas mezbah · seorang malaikat: Wahy 7:2 · orang kudus: Wahy 5:8 · atas mezbah: Wahy 8:5; Kel 30:1-6; Ibr 9:4; Wahy 9:13

· seorang malaikat: Wahy 7:2

· orang kudus: Wahy 5:8

· atas mezbah: Wahy 8:5; Kel 30:1-6; Ibr 9:4; Wahy 9:13

Ref. Silang FULL: Why 8:4 - hadapan Allah · hadapan Allah: Mazm 141:2

· hadapan Allah: Mazm 141:2

Ref. Silang FULL: Why 8:5 - dari mezbah // bunyi guruh // gempa bumi · dari mezbah: Im 16:12,13 · bunyi guruh: Wahy 4:5; Wahy 4:5 · gempa bumi: Wahy 6:12; Wahy 6:12

· dari mezbah: Im 16:12,13

· bunyi guruh: Wahy 4:5; [Lihat FULL. Wahy 4:5]

· gempa bumi: Wahy 6:12; [Lihat FULL. Wahy 6:12]

Ref. Silang FULL: Why 8:6 - ketujuh sangkakala · ketujuh sangkakala: Wahy 8:2; Wahy 8:2

· ketujuh sangkakala: Wahy 8:2; [Lihat FULL. Wahy 8:2]

Ref. Silang FULL: Why 8:7 - yang pertama // dan api // terbakarlah sepertiga // dan hanguslah · yang pertama: Wahy 8:2; Wahy 8:2 · dan api: Yeh 38:22 · terbakarlah sepertiga: Wahy 8:7-12; Wahy 9:15,18; 12:4 · dan han...

· yang pertama: Wahy 8:2; [Lihat FULL. Wahy 8:2]

· dan api: Yeh 38:22

· terbakarlah sepertiga: Wahy 8:7-12; Wahy 9:15,18; 12:4

· dan hanguslah: Wahy 9:4

Ref. Silang FULL: Why 8:8 - gunung besar // Dan sepertiga // menjadi darah · gunung besar: Yer 51:25 · Dan sepertiga: Wahy 8:7; Wahy 8:7 · menjadi darah: Wahy 16:3

· gunung besar: Yer 51:25

· Dan sepertiga: Wahy 8:7; [Lihat FULL. Wahy 8:7]

· menjadi darah: Wahy 16:3

Ref. Silang FULL: Why 8:9 - matilah sepertiga · matilah sepertiga: Wahy 8:7; Wahy 8:7

· matilah sepertiga: Wahy 8:7; [Lihat FULL. Wahy 8:7]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 8:2 - -- 8:2 Lalu aku melihat ketujuh malaikat itu,350 yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. Apakah saat yang sunyi seny...

8:2 Lalu aku melihat ketujuh malaikat itu,350 yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala.

Apakah saat yang sunyi senyap ini sudah menjadi saat Akhir Zaman? Ternyata tidak. Masih ada hukuman-hukuman lain yang harus dijatuhkan ke bumi. Di atas, setiap hukuman diawali dengan pembukaan segel, tetapi dalam bagian ini hukuman diawali dengan peniupan sangkakala. Sangkakala sering ditiup dalam konteks perang (Yosua 6:20; Hakim-hakim 3:27; 1 Samuel 13:3 dst.) dan dalam konteks sukacita hari raya (Bilangan 10:10).351 Maka layaklah bahwa sangkakala juga ada dalam konteks hari kiamat (Zefanya 1:14-16; Matius 24:31; 1 Korintus 15:52; dan 1 Tesalonika 4:16),352 karena kedatangan Mesias untuk mendirikan Kerajaan Allah di bumi membawa kesusahan seperti kesusahan perang bagi orang-orang tertentu (lihat misalnya Amos 5:16-20) dan sukacita bagi orang-orang tertentu (lihat misalnya Yesaya 40).

Tujuh malaikat itu berdiri di hadapan Allah. Mereka siap melayani Dia.353

Hagelberg: Why 6:1--8:6 - -- 1. Ketujuh Segel (6:1-8:6) Pada saat setiap segel dibuka, hukuman disampaikan kepada yang diam di bumi. Ingatlah, hukuman ini berasal dari surga, buka...

1. Ketujuh Segel (6:1-8:6)

Pada saat setiap segel dibuka, hukuman disampaikan kepada yang diam di bumi. Ingatlah, hukuman ini berasal dari surga, bukan dari Iblis atau Anti-Kristus. Bumi ini dihakimi Allah. Juga, gulungan kitab itu (surat wasiat untuk "barangsiapa yang menang") sedang dibuka oleh Tuhan, bukan oleh Iblis.

Empat segel yang pertama: Empat Kuda (6:1-8)

a. Segel Pertama (6:1-2)

Hagelberg: Why 8:2 - -- 8:2 Lalu aku melihat ketujuh malaikat itu,350 yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. Apakah saat yang sunyi seny...

8:2 Lalu aku melihat ketujuh malaikat itu,350 yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala.

Apakah saat yang sunyi senyap ini sudah menjadi saat Akhir Zaman? Ternyata tidak. Masih ada hukuman-hukuman lain yang harus dijatuhkan ke bumi. Di atas, setiap hukuman diawali dengan pembukaan segel, tetapi dalam bagian ini hukuman diawali dengan peniupan sangkakala. Sangkakala sering ditiup dalam konteks perang (Yosua 6:20; Hakim-hakim 3:27; 1 Samuel 13:3 dst.) dan dalam konteks sukacita hari raya (Bilangan 10:10).351 Maka layaklah bahwa sangkakala juga ada dalam konteks hari kiamat (Zefanya 1:14-16; Matius 24:31; 1 Korintus 15:52; dan 1 Tesalonika 4:16),352 karena kedatangan Mesias untuk mendirikan Kerajaan Allah di bumi membawa kesusahan seperti kesusahan perang bagi orang-orang tertentu (lihat misalnya Amos 5:16-20) dan sukacita bagi orang-orang tertentu (lihat misalnya Yesaya 40).

Tujuh malaikat itu berdiri di hadapan Allah. Mereka siap melayani Dia.353

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 8:3 - -- 8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk...

8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.

Dalam pasal 5:8 kemenyan adalah doa orang-orang kudus, sedangkan dalam nas ini kemenyan dipersembahkan bersama-sama dengan doa semua orang kudus. Sama seperti hukuman ketujuh segel diawali dengan kemenyan/doa, demikian juga hukuman ketujuh sangkakala diawali dengan kemenyan/doa.

Keluaran 30:1-10 menceritakan mezbah kemenyan yang dilayani oleh imam-imam dalam Perjanjian Lama. Dalam Kemah Suci, pedupaan yang dipakai dibuat dari tembaga (Keluaran 27:3), sedangkan yang dipakai dalam Bait Suci dibuat dari emas (1 Raja-raja 7:50).

Hagelberg: Why 8:3 - -- 8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk...

8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.

Dalam pasal 5:8 kemenyan adalah doa orang-orang kudus, sedangkan dalam nas ini kemenyan dipersembahkan bersama-sama dengan doa semua orang kudus. Sama seperti hukuman ketujuh segel diawali dengan kemenyan/doa, demikian juga hukuman ketujuh sangkakala diawali dengan kemenyan/doa.

Keluaran 30:1-10 menceritakan mezbah kemenyan yang dilayani oleh imam-imam dalam Perjanjian Lama. Dalam Kemah Suci, pedupaan yang dipakai dibuat dari tembaga (Keluaran 27:3), sedangkan yang dipakai dalam Bait Suci dibuat dari emas (1 Raja-raja 7:50).

Hagelberg: Why 8:4 - -- 8:4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah. Yohanes menegaskan bahwa asap ...

8:4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

Yohanes menegaskan bahwa asap dan doa orang-orang kudus memang naik dari situ ke hadapan Allah. Oleh karena doa semua orang kudus disucikan di mezbah (karena pengorbanan Anak Domba), maka doa kita menjadi berkenan di hadapan Dia yang duduk di atas takhta. Pengamatan ini sungguh membesarkan hati mereka yang dianiaya di Asia Kecil, karena mereka diyakinkan bahwa doa mereka didengarkan oleh Dia, bahwa doa yang ada dalam skala global pun didengarkan-Nya.

Hagelberg: Why 8:4 - -- 8:4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah. Yohanes menegaskan bahwa asap ...

8:4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

Yohanes menegaskan bahwa asap dan doa orang-orang kudus memang naik dari situ ke hadapan Allah. Oleh karena doa semua orang kudus disucikan di mezbah (karena pengorbanan Anak Domba), maka doa kita menjadi berkenan di hadapan Dia yang duduk di atas takhta. Pengamatan ini sungguh membesarkan hati mereka yang dianiaya di Asia Kecil, karena mereka diyakinkan bahwa doa mereka didengarkan oleh Dia, bahwa doa yang ada dalam skala global pun didengarkan-Nya.

Hagelberg: Why 8:5 - -- 8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai hal...

8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.

Pedupaan yang baru saja dipakai untuk membawa doa orang-orang kudus ke hadapan Allah, sekarang dipakai untuk menyampaikan hukuman kepada mereka yang diam di bumi.

Doa kita bukan hanya sekadar didengarkan, namun lebih dari itu doa kita juga dikabulkan! Dalam pasal 6:10 mereka yang jiwanya ada di bawah mezbah berseru, "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?" Dalam nas ini doa mereka naik ke hadapan Allah, dan doa mereka dikabulkan. Nampaknya sebagai tanggapan dari doa orang-orang kudus, Dia yang duduk di atas takhta menghakimi dan membalaskan darah mereka dengan bunyi guruh, halilintar dan gempa bumi.

Dengan suatu tindakan yang keras, tiba-tiba, dan tak terduga, pedupaan emas itu dilemparkan ke bumi,354 dan hukuman Allah berlangsung. Doa orang kudus tidak sia-sia, melainkan doa itu sangat diperhatikan oleh Dia yang duduk di atas takhta.

Dalam ayat ini ada kesamaan dengan Yehezkiel 10:2, dan juga Keluaran 19:16-18.355

Hagelberg: Why 8:5 - -- 8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai hal...

8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.

Pedupaan yang baru saja dipakai untuk membawa doa orang-orang kudus ke hadapan Allah, sekarang dipakai untuk menyampaikan hukuman kepada mereka yang diam di bumi.

Doa kita bukan hanya sekadar didengarkan, namun lebih dari itu doa kita juga dikabulkan! Dalam pasal 6:10 mereka yang jiwanya ada di bawah mezbah berseru, "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?" Dalam nas ini doa mereka naik ke hadapan Allah, dan doa mereka dikabulkan. Nampaknya sebagai tanggapan dari doa orang-orang kudus, Dia yang duduk di atas takhta menghakimi dan membalaskan darah mereka dengan bunyi guruh, halilintar dan gempa bumi.

Dengan suatu tindakan yang keras, tiba-tiba, dan tak terduga, pedupaan emas itu dilemparkan ke bumi,354 dan hukuman Allah berlangsung. Doa orang kudus tidak sia-sia, melainkan doa itu sangat diperhatikan oleh Dia yang duduk di atas takhta.

Dalam ayat ini ada kesamaan dengan Yehezkiel 10:2, dan juga Keluaran 19:16-18.355

Hagelberg: Why 8:5 - -- 8:5 bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi

8:5 bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi

Hagelberg: Why 8:5 - -- 8:5 bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi

8:5 bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi

Hagelberg: Why 8:6 - -- 8:6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakalanya. Segala persiapan di surga sudah diselesaikan. D...

8:6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakalanya.

Segala persiapan di surga sudah diselesaikan. Dalam ayat ini perhatian kita diarahkan kembali kepada ketujuh malaikat yang bersiap-siap untuk membawa hukuman.

Hagelberg: Why 8:6 - -- 8:6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakalanya. Segala persiapan di surga sudah diselesaikan. D...

8:6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakalanya.

Segala persiapan di surga sudah diselesaikan. Dalam ayat ini perhatian kita diarahkan kembali kepada ketujuh malaikat yang bersiap-siap untuk membawa hukuman.

Hagelberg: Why 8:7 - -- 8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terb...

8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau.

Malapetaka ini mirip tulah yang ketujuh dalam Keluaran 9. Pembagian seluruh bumi ini mirip dengan apa yang dinubuatkan dalam Yehezkiel 5:12 dan Zakharia 13:8-9.

Mungkin hanya sepertiga dari bumi dan pohon-pohon terbakar sebagai tanda bahwa mereka yang tinggal di bumi masih berkesempatan untuk bertobat. Unsur pertobatan lebih nyata dalam bagian ini, sesuai dengan pemakaian sangkakala untuk memperingatkan bangsa Israel dalam Yehezkiel 33.

Hagelberg: Why 8:7--11:19 - -- 2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19) Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. H...

2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19)

Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. Hubungan tersebut diuraikan dalam pembahasan nas masing-masing.

a. Keempat Sangkakala Pertama (8:7-12)

Sama seperti keempat segel yang pertama menjadi satu kelompok, demikian juga keempat sangkakala yang pertama menjadi satu kelompok.357

Hukuman-hukuman ini penuh dengan hal yang aneh. Rincian-rinciannya sebaiknya ditafsirkan secara harfiah asal arti harfiah itu masuk akal. Misalnya, dalam 8:10 ada sebuah "bintang besar" yang menimpa bumi. Tidak mungkin ini ditafsirkan secara harfiah, karena bintang beribu-ribu kali lebih besar dari bumi ini. Hal ini merupakan suatu kiasan yang menggambarkan peristiwa yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 8:7 - -- 8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terb...

8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau.

Malapetaka ini mirip tulah yang ketujuh dalam Keluaran 9. Pembagian seluruh bumi ini mirip dengan apa yang dinubuatkan dalam Yehezkiel 5:12 dan Zakharia 13:8-9.

Mungkin hanya sepertiga dari bumi dan pohon-pohon terbakar sebagai tanda bahwa mereka yang tinggal di bumi masih berkesempatan untuk bertobat. Unsur pertobatan lebih nyata dalam bagian ini, sesuai dengan pemakaian sangkakala untuk memperingatkan bangsa Israel dalam Yehezkiel 33.

Hagelberg: Why 8:8-9 - -- 8:8-9 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar,358 yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. D...

8:8-9 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar,358 yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah, dan matilah sepertiga dari segala makhluk yang bernyawa di dalam laut dan binasalah sepertiga dari semua kapal.

Sangkakala yang pertama membawa malapetaka ke bumi, sedangkan yang kedua membawa malapetaka ke laut.

Yohanes hanya melihat visi-visi ini. Kalau ada sesuatu yang di luar pengetahuannya, ataupun di luar jangkauan bahasa Yunani atau bahasa-bahasa lain yang dia kuasai, maka dia hanya dapat menulis ada sesuatu seperti.... Rupanya tidak ada kata dalam bahasa Yunani yang tepat untuk menceritakan apa yang dia lihat yang dilemparkan ke dalam laut. Dia hanya dapat menjelaskan bahwa yang dilemparkan ke dalam laut seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api. Akibatnya, sepertiga dari laut itu menjadi darah, sama seperti tulah yang pertama dalam Kitab Keluaran. Kerusakan tetap menjangkau sepertiga darinya. Mounce359 menegaskan bahwa hukuman ini masih dimaksudkan untuk mengingatkan dan menobatkan.

Hagelberg: Why 8:8-9 - -- 8:8-9 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar,358 yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. D...

8:8-9 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar,358 yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah, dan matilah sepertiga dari segala makhluk yang bernyawa di dalam laut dan binasalah sepertiga dari semua kapal.

Sangkakala yang pertama membawa malapetaka ke bumi, sedangkan yang kedua membawa malapetaka ke laut.

Yohanes hanya melihat visi-visi ini. Kalau ada sesuatu yang di luar pengetahuannya, ataupun di luar jangkauan bahasa Yunani atau bahasa-bahasa lain yang dia kuasai, maka dia hanya dapat menulis ada sesuatu seperti.... Rupanya tidak ada kata dalam bahasa Yunani yang tepat untuk menceritakan apa yang dia lihat yang dilemparkan ke dalam laut. Dia hanya dapat menjelaskan bahwa yang dilemparkan ke dalam laut seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api. Akibatnya, sepertiga dari laut itu menjadi darah, sama seperti tulah yang pertama dalam Kitab Keluaran. Kerusakan tetap menjangkau sepertiga darinya. Mounce359 menegaskan bahwa hukuman ini masih dimaksudkan untuk mengingatkan dan menobatkan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 8:1-6 - Meterai Ketujuh Dibuka Dalam pasal ini kita mendapati, ...

Matthew Henry: Why 8:7-13 - Dibunyikannya Empat Sangkakala Dibunyikannya Empat Sangkakala (8:7-13) ...

SH: Why 8:1-13 - Setengah jam yang menentukan (Minggu, 3 November 2002) Setengah jam yang menentukan Setengah jam yang menentukan. Setelah pasal ...

SH: Why 8:1-13 - Surga sunyi senyap! (Sabtu, 13 Agustus 2005) Surga sunyi senyap! Surga sunyi senyap! Dalam PL, sunyi senyap tidak selalu menandai keengganan orang untu...

SH: Why 8:1-13 - Kemurahan dalam murka (Sabtu, 22 Desember 2012) Kemurahan dalam murka Judul: Kemurahan dalam murka Dalam kitab Wahyu terdapat tiga seri penghukuman Al...

SH: Why 8:1-5 - Sangkakala Realitas yang Berbeda (Kamis, 22 September 2022) Sangkakala Realitas yang Berbeda Siapakah penguasa atas kehidupan? Dunia kuno akan memandang pada kaisar, karena ...

SH: Why 8:6-13 - Penghakiman dan Keselamatan dari Allah (Jumat, 23 September 2022) Penghakiman dan Keselamatan dari Allah Sangkakala yang dibunyikan di dalam Kitab Wahyu mendahului berbagai hukuma...

Utley: Why 8:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 8:1-2...

Utley: Why 8:3-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 8:3-5...

Utley: Why 8:6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 8:66 Dan k...

Utley: Why 8:7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 8:77 Lalu ...

Utley: Why 8:8-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 8:8-9...

Topik Teologia: Why 8:3 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Why 8:4 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Nama-nama Untuk Orang Kristen Orang Kristen Disebut Orang Sa...

Topik Teologia: Why 8:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Pelayanan Kris...

TFTWMS: Why 8:2 - Malaikat Meniup Sangkakala Malaikat Meniup Sangkakala (Wahyu 8:2) Literatur apokaliptik Yahudi yang tak ...

TFTWMS: Why 8:1-2 - Tujuan Persiapan TUJUAN PERSIAPAN (Wahyu 8:1, 2) Pasal ini dimulai, "Dan ketika A...

TFTWMS: Why 8:1-6 - Kekuatan Doa KEKUATAN DOA (Wahyu 8:1-6) Kita sekarang beralih ke inti pelajaran ki...

TFTWMS: Why 8:7-12 - Allah Mencoba Membangunkan Manusia—berkali-kali ALLAH MENCOBA MEMBANGUNKAN MANUSIA—BERKALI-KALI (Wahyu 8:7-12) Di da...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Seruan BANGUN OLEH Allah WAHYU 8:2, 6-13 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertanyaan Untuk Ulasan & Diskusi (Wahyu 8:2, 6-13) ...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Bersiap-siap untuk meniup sangkakala" mungkin hanya berarti bahwa para malaikat itu...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Ketika Orang Kristen Berdoa WAHYU 8:1-6 Di pasa...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 8:1-6) Di ...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Beberapa komentator bersikeras bahwa tindakan meterai ketujuh berakhir di ayat ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA