kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 5:9-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa, 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!" 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!" 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 5:9 - membeli mereka bagi Allah Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Var: membeli kami, atau: membeli kami bagi Allah. Var ini mengandaikan bahwa tua-tua itu adalah manusia, barangkali para bapa bangsa Perjanjian Lama

Jerusalem: Why 5:9 - dari tiap-tiap suku... Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Ini sebuah ungkapan yang lazim dengan arti: dari segala bangsa, seluruh umat manusia. Bdk Dan 3:4,7,96; Dan 6:26.

Jerusalem: Why 5:10 - mereka...mereka Var: kami...kami.

Var: kami...kami.

Ende: Why 5:11 - -- Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Semua Malaekat, tak terhitung banjaknja, turut menjembah dan memuliakan Kristus sama seperti Allah.

Ref. Silang FULL: Why 5:9 - suatu nyanyian // Engkau layak // dengan darah-Mu // telah membeli // dan bangsa · suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4 · Engkau layak: Wahy 4:11 · dengan darah-Mu: Ibr 9:12 · t...

· suatu nyanyian: Mazm 40:4; 98:1; 149:1; Yes 42:10; Wahy 14:3,4

· Engkau layak: Wahy 4:11

· dengan darah-Mu: Ibr 9:12

· telah membeli: 1Kor 6:20; [Lihat FULL. 1Kor 6:20]

· dan bangsa: Wahy 13:7; [Lihat FULL. Wahy 13:7]

Ref. Silang FULL: Why 5:10 - menjadi imam-imam // di bumi · menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; 1Pet 2:5 · di bumi: Wahy 3:21; 20:4

· menjadi imam-imam: 1Pet 2:5; [Lihat FULL. 1Pet 2:5]

· di bumi: Wahy 3:21; 20:4

Ref. Silang FULL: Why 5:11 - takhta, makhluk-makhluk // dan tua-tua // beribu-ribu laksa · takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · dan tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:1...

· takhta, makhluk-makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· dan tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· beribu-ribu laksa: Dan 7:10; Ibr 12:22; Yud 1:14

Ref. Silang FULL: Why 5:12 - Anak Domba // yang disembelih // dan puji-pujian · Anak Domba: Wahy 5:13 · yang disembelih: Wahy 5:9 · dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

· Anak Domba: Wahy 5:13

· yang disembelih: Wahy 5:9

· dan puji-pujian: Wahy 1:6; 4:11

Ref. Silang FULL: Why 5:13 - di bumi // atas takhta // Anak Domba // sampai selama-lamanya · di bumi: Wahy 5:3; Fili 2:10 · atas takhta: Wahy 5:1,7; Wahy 5:1; Wahy 5:7 · Anak Domba: Wahy 5:6; Wahy 6:16; 7:10 · sam...

· di bumi: Wahy 5:3; Fili 2:10

· atas takhta: Wahy 5:1,7; [Lihat FULL. Wahy 5:1]; [Lihat FULL. Wahy 5:7]

· Anak Domba: Wahy 5:6; Wahy 6:16; 7:10

· sampai selama-lamanya: 1Taw 29:11; Mal 1:6; 2:2; Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

Ref. Silang FULL: Why 5:14 - keempat makhluk // Amin // Dan tua-tua // dan menyembah · keempat makhluk: Wahy 4:6; Wahy 4:6 · Amin: Wahy 4:9 · Dan tua-tua: Wahy 4:4; Wahy 4:4 · dan menyembah: Wahy 4:10

· keempat makhluk: Wahy 4:6; [Lihat FULL. Wahy 4:6]

· Amin: Wahy 4:9

· Dan tua-tua: Wahy 4:4; [Lihat FULL. Wahy 4:4]

· dan menyembah: Wahy 4:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 5:8-14 - -- 4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14) Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kita...

4. Pujian kepada Dia yang mengambil gulungan kitab (5:8-14)

Bagi setiap orang dalam nas tersebut, kepentingan permintaan dan pengambilan gulungan kitab itu sangat jelas. Tanggapan mereka semua merupakan pujian. Pada saat pengambilan itu waktu kedatangan Tuhan Yesus dan kerajaan-Nya sudah ditentukan. Mereka yang setia akan diberi pahala dengan segera. Mereka akan segera "memerintah atas bangsa-bangsa." Tetapi bangsa-bangsa itu harus lebih dahulu dibersihkan dengan hukuman yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah dise...

5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka segel-segelnya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli kami284 bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nyanyian yang mereka nyanyikan bukan saja "baru" dari segi waktu,285 tetapi pada hakikatnya memang baru, dan sebelumnya tidak pernah ada nyanyian yang sama dengan nyanyian baru tersebut.286

Allah Bapa dipuji sebagai yang layak287 dalam pasal 4:11 karena Dia menciptakan segala sesuatu. Dalam nas ini Tuhan Yesus dipuji sebagai yang layak288, karena Dia telah menjadi Penebus. Selain Dia yang menebus umat manusia yang berdosa, tidak ada yang lain yang layak menyediakan warisan bagi mereka yang menang, tidak ada yang lain yang layak mengangkat mereka untuk memerintah bersama-sama dengan Dia.

Nyanyian mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus bukan hanya Penebus Israel, tetapi juga Penebus manusia dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Keselamatan yang disediakan-Nya boleh dinikmati oleh seluruh manusia dari segala latar belakang. Menurut Mounce,289 usaha untuk membedakan arti dari keempat istilah ini sia-sia. Yang harus diperhatikan bukanlah beda antara misalnya istilah suku dan kaum, tetapi bahwa tanpa terkecuali, ada orang yang ditebus dari tiap masyarakat di muka bumi ini.

Ungkapan dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa perlu diamati dengan saksama.290 Ternyata anak kalimat tersebut diulangi tujuh kali, yang masing-masing mengandung empat unsur, yang berbeda urutannya.291

Hagelberg: Why 5:9 - -- 5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

5:9 suku dan bahasa dan kaum dan bangsa

Hagelberg: Why 4:1--5:14 - -- A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14) Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuh...

A. Visi Ruangan Takhta sebagai Pendahuluan (4:1-5:14)

Pendahuluan ini melukiskan ruangan takhta Allah di surga. Para pembaca perlu mengingat bahwa Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah kepada semua orang yang menaati Firman-Nya. Dalam bagian ini Dia mulai menyediakan pahala-pahala itu. Oleh karena bumi masih penuh dengan orang jahat, maka bumi perlu "dibersihkan". Musuh Tuhan dan orang-orang yang menindas jemaat Kristus belum dikalahkan.

Sama seperti ketujuh surat diawali dengan satu visi mengenai Tuhan Yesus, demikian juga ada visi Tuhan Yesus di surga yang mengawali bagian ini. Apa yang dialami oleh Yohanes, yang diceritakan dalam pasal 4-5, merupakan "engsel" dalam struktur Kitab Wahyu. Dari satu segi, bagian ini terkait erat dengan pasal 1-3 mengenai pahala-pahala yang dijanjikan, karena dalam pasal 4-5 ada juga takhta, pakaian putih, dan mahkota. Dari segi yang lain, bagian ini terkait dengan apa yang diceritakan dalam pasal 6-22, dengan ketujuh segel dari gulungan kitab, yang dibuka satu per satu.

Dalam pasal 4 Dia yang bertakhta, yang dikelilingi dengan takhta dan empat makhluk, dipuji sebagai Pencipta. Dalam pasal 5 Domba Allah yang mendekati Dia yang bertakhta dipuji sebagai Penebus. Peristiwa pengambilan gulungan kitab yang ada di tangan Dia yang bertakhta menjembatani dua pasal ini. Makna dari gulungan kitab tersebut sangat penting, dan akan dibahas dalam bagian berikut ini.

Menurut pengalaman jemaat-jemaat yang diceritakan dalam pasal 2-3, kuasa kejahatan di bumi ini dengan bebas mengancam dan menyusahkan jemaat-jemaat Kristus. Tetapi menurut perspektif ruangan takhta yang digambarkan dalam pasal 4-5, yang berkuasa mutlak adalah Tuhan Allah, dan bukan kejahatan yang ada di bumi.249

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:10 - -- 5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi." Bagian pert...

5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi raja-raja293 dan imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Bagian pertama dari ayat ini juga ada dalam pasal 1:6, dan seluruh ayat ini diulangi dalam pasal 20:6. Apa yang direncanakan bagi umat Israel, yaitu keturunan jasmani dari Yakub, sudah digenapi dalam nas ini.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:11 - -- 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-...

5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa294

Baru dalam pasal 5:6 Yohanes dapat melihat Tuhan Yesus. Sebelumnya, Tuhan tidak terlihat oleh Yohanes. Demikian juga dalam nas ini penglihatan Rasul Yohanes menjadi lebih luas, sehingga dia sadar bahwa sekian banyak malaikat juga ikut menyembah Tuhan Yesus. Menurut Beasley-Murray,295 angka laksa, yaitu 10.000, adalah angka yang paling besar dalam bahasa Yunani. Secara harfiah, Yohanes berkata bahwa di situ ada beberapa laksa kali beberapa laksa ditambah beberapa ribu kali beberapa ribu malaikat, tetapi rupanya yang ingin dimaksudkan Yohanes adalah bahwa jumlah malaikat itu tak terhitung, seperti juga dalam Daniel 7:10 dan Ibrani 12:22.

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

Hagelberg: Why 5:12 - -- 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan...

5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian296!"

Sekali lagi istilah layak ditekankan dalam pujian kepada Anak Domba, dan sekali lagi Dia dipuji oleh karena Dia sudah menjadi korban bagi kita. Dia dipuji dengan tujuh istilah. Keempat istilah yang pertama menunjuk pada hakikat-Nya sendiri, dan ketiga istilah yang terakhir menunjuk pada sikap manusia dan sikap malaikat terhadap Dia.297

Hagelberg: Why 5:13 - -- 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "...

5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Dalam pasal 5:6 penglihatan Yohanes diperluas sehingga dia dapat melihat Tuhan Yesus. Dalam pasal 5:11 penglihatannya diperluas, sehingga dia dapat melihat sekian banyak malaikat di surga. Demikian juga dalam nas ini, Yohanes dapat mendengar semua yang diciptakan oleh Allah. Dengan menyebut di surga dan di bumi dan di bawah bumi dan di laut dan di dalamnya, Yohanes sungguh menegaskan bahwa pujian ini disampaikan oleh semua makhluk yang ada. Itulah yang perlu direnungkan, dan bukan rincian yang jauh dari maksud Yohanes, seperti misalnya: "Siapa memuji Dia di laut?" Ayat ini merupakan puncak dari pujian yang dapat disamakan dengan riak yang meluas sampai menjangkau seluruhnya. Oleh karena penebusan-Nya menjangkau seluruh ciptaan-Nya, maka pujian bagi Dia juga datang dari seluruh ciptaan-Nya.298

Dalam pasal 4, Allah Bapa (Dia yang duduk di atas takhta) dipuji. Dalam pasal 5:1-12, Tuhan Yesus (Anak Domba) dipuji. Dan dalam pasal 5:13-14, baik Dia yang duduk di atas takhta maupun Anak Domba dipuji.

Hagelberg: Why 5:13 - -- 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "...

5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di surga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Dalam pasal 5:6 penglihatan Yohanes diperluas sehingga dia dapat melihat Tuhan Yesus. Dalam pasal 5:11 penglihatannya diperluas, sehingga dia dapat melihat sekian banyak malaikat di surga. Demikian juga dalam nas ini, Yohanes dapat mendengar semua yang diciptakan oleh Allah. Dengan menyebut di surga dan di bumi dan di bawah bumi dan di laut dan di dalamnya, Yohanes sungguh menegaskan bahwa pujian ini disampaikan oleh semua makhluk yang ada. Itulah yang perlu direnungkan, dan bukan rincian yang jauh dari maksud Yohanes, seperti misalnya: "Siapa memuji Dia di laut?" Ayat ini merupakan puncak dari pujian yang dapat disamakan dengan riak yang meluas sampai menjangkau seluruhnya. Oleh karena penebusan-Nya menjangkau seluruh ciptaan-Nya, maka pujian bagi Dia juga datang dari seluruh ciptaan-Nya.298

Dalam pasal 4, Allah Bapa (Dia yang duduk di atas takhta) dipuji. Dalam pasal 5:1-12, Tuhan Yesus (Anak Domba) dipuji. Dan dalam pasal 5:13-14, baik Dia yang duduk di atas takhta maupun Anak Domba dipuji.

Hagelberg: Why 5:14 - -- 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah. Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ...

5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ruangan takhta Allah dimulai oleh keempat makhluk itu dan kedua puluh empat tua-tua, dan dalam nas ini pula pujian tersebut ditutup oleh mereka juga.

Para pembaca sudah mengerti bahwa mereka memiliki pahala yang indah yang dijanjikan jika mereka melakukan kehendak Allah sampai kesudahannya. Dalam pasal 4 dan 5 pembaca mengetahui mengenai waktu tersebut, yaitu saat Penebus dan Raja kita meminta dari Allah Bapa supaya warisan-Nya disiapkan untuk diwariskan melalui pembersihan yang dahsyat, sehingga Dia dapat mendirikan kerajaan-Nya, dan mereka yang setia turut serta memerintah bersama Dia.

Hagelberg: Why 5:14 - -- 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah. Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ...

5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Dalam pasal 4:8-10 segala pujian yang digambarkan dalam ruangan takhta Allah dimulai oleh keempat makhluk itu dan kedua puluh empat tua-tua, dan dalam nas ini pula pujian tersebut ditutup oleh mereka juga.

Para pembaca sudah mengerti bahwa mereka memiliki pahala yang indah yang dijanjikan jika mereka melakukan kehendak Allah sampai kesudahannya. Dalam pasal 4 dan 5 pembaca mengetahui mengenai waktu tersebut, yaitu saat Penebus dan Raja kita meminta dari Allah Bapa supaya warisan-Nya disiapkan untuk diwariskan melalui pembersihan yang dahsyat, sehingga Dia dapat mendirikan kerajaan-Nya, dan mereka yang setia turut serta memerintah bersama Dia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 5:6-14 - Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu Anak Domba Menerima Gulungan Kitab Itu (5:6-14) ...

SH: Why 5:1-14 - Yesus layak disembah (Kamis, 31 Oktober 2002) Yesus layak disembah Yesus layak disembah. Banyak orang ragu untuk percaya kepada Yesus. Bahkan di antara ...

SH: Why 5:1-14 - Liturgi surgawi (ayat 2) (Rabu, 10 Agustus 2005) Liturgi surgawi (ayat 2) Liturgi surgawi (ayat 2) Siapa laya...

SH: Why 5:1-14 - Anak domba yang disembelih (Selasa, 18 Desember 2012) Anak domba yang disembelih Judul: Anak domba yang disembelih Salah satu gambaran yang menjelaskan makn...

SH: Why 5:1-14 - Masih Ada Harapan (Minggu, 18 September 2022) Masih Ada Harapan Allah menyingkapkan kepada Yohanes sesuatu yang sangat penting dan rahasia, yaitu rencana dan k...

Utley: Why 5:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:6-10...

Utley: Why 5:11-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 5:11-14...

Topik Teologia: Why 5:9 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 1...

Topik Teologia: Why 5:10 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 1...

Topik Teologia: Why 5:11 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat ...

Topik Teologia: Why 5:12 - -- Yesus Kristus Kebijakan 1Ko 1:24 ...

Topik Teologia: Why 5:13 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 ...

Topik Teologia: Why 5:14 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Menerima Permohonan Doa, Pujian d...

TFTWMS: Why 5:8-14 - Dan Mereka Menyanyikan … , 'engkau Layak' "DAN MEREKA MENYANYIKAN … , 'ENGKAU LAYAK'" (Wahyu 5:8-14) La...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Anak Domba Itu Layak" WAHYU 5:1-14 ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 5:1-14) Buku nyanyian kita dipenuhi dengan lagu-la...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Merrill C. Tenney, quoted by Warren W. Wiersbe in The Bible Exposition Commentary, vol....

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA