Teks -- Ulangan 33:26 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Ul 31:1--34:12; Ul 33:1-29
Jerusalem: Ul 31:1--34:12 - -- Bagian Ulangan ini berperan sebagai kata penutup seluruh Pentateukh. terkumpul di dalamnya sejumlah unsur yang beraneka ragam asal-usulnya. Baru waktu...
Bagian Ulangan ini berperan sebagai kata penutup seluruh Pentateukh. terkumpul di dalamnya sejumlah unsur yang beraneka ragam asal-usulnya. Baru waktu Ulangan digubah untuk kali terakhir unsur-unsur yang berbeda-beda itu ditambahkan.
Jerusalem: Ul 33:1-29 - -- Sajak ini dikatakan karangan Musa. Ia ditambah pada kitab Ulangan dan ditempatkan antara pemberitahuan tentang kematian Musa dan ceritera mengenai waf...
Sajak ini dikatakan karangan Musa. Ia ditambah pada kitab Ulangan dan ditempatkan antara pemberitahuan tentang kematian Musa dan ceritera mengenai wafatnya. Sajak ini merupakan "wasiat Musa", seperti Kej 49 merupakan "wasiat Yakub". Wasiat Musa" itu diberi kerangka sebuah madah pujian, Ula 33:2-5,26-29 dan di dalamnya terkumpul sejumlah "ucapan" yang agaknya mula-mula beredar tersendiri. Dalam ucapan-ucapan itu tersirat keadaan dan hal ihwal sejarah yang sukar dipastikan lebih jauh. Tak mungkin semua ucapan itu berasal dari zaman yang sama. Isi ucapan-ucapan itu mengandaikan bahwa suku-suku Israel sudah menetap di negeri Kanaan, masing-masing di wilayahnya sendiri. Di antaranya ada suku-suku yang sudah menempuh sejarah yang agak lama juga (Ruben, Daniel; Simeon tidak sampai disebut oleh karena barangkali sudah melebur ke dalam suku Yehuda). Sebagai suatu keseluruhan kumpulan itu agaknya terbentuk sesudah Kej 49 terkumpul. Di lain pihak Ula 33:7 rupanya menyarankan bahwa kumpulan itu sudah tersusun sebelum Daud menjadi raja; tetapi Ula 33:7 ini barangkali menyinggung terpecahnya kerajaan Israel. Bagaimanapun juga duduknya perkara, ucapan pendek tentang Yehuda di satu pihak dan ucapan panjang tentang Yusuf di lain pihak menyatakan bahwa penyusun kumpulan itu termasuk suku-suku di bagian tengah negeri Palestina. Ciri berkat dalam Ula 33 jauh lebih menonjol dari pada dalam Kej 49. Musa berperan sebagai nabi bdk Ula 34:10.
Ende -> Ul 33:26
Ende: Ul 33:26 - -- Gambaran tentang Allah jang berkendaraan awan dipindjam dari kesusasteraan
religius bangsa-bangsa Semit disekitarnja: Kanaan: Fenisia. Dengan lukisan ...
Gambaran tentang Allah jang berkendaraan awan dipindjam dari kesusasteraan religius bangsa-bangsa Semit disekitarnja: Kanaan: Fenisia. Dengan lukisan itu dimaksudkan kehadiran Allah jang melindungi umatNja setjara aktif. Pada bangsa-bangsa selain bangsa Israil hal itu lebih-lebih dipandang sebagai tindakan dewa dengan perantaraan kekuatan-kekuatan alam. Sedangkan disini hal itu merupakan lukisan Jahwe jang memimpin umatNja didalam peperangan.
Endetn -> Ul 33:26
Dibatja: rokeb samaim be'oz, rokeb ga' awat sehaqim.
Ref. Silang FULL -> Ul 33:26
Ref. Silang FULL: Ul 33:26 - hai Yesyurun // Ia berkendaraan // sebagai penolongmu // dalam kejayaan-Nya // melintasi awan-awan · hai Yesyurun: Ul 32:15; Ul 32:15
· Ia berkendaraan: Mazm 18:11; 68:34
· sebagai penolongmu: Ul 10:14; Ul 10:14; Mazm 104:3; Maz...
· hai Yesyurun: Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]
· Ia berkendaraan: Mazm 18:11; 68:34
· sebagai penolongmu: Ul 10:14; [Lihat FULL. Ul 10:14]; Mazm 104:3; [Lihat FULL. Mazm 104:3]
· dalam kejayaan-Nya: Kel 15:7; [Lihat FULL. Kel 15:7]
· melintasi awan-awan: 2Sam 22:10; Mazm 18:10; 68:5; Dan 7:13