Teks -- Roma 4:23-25 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Rm 4:25
Full Life: Rm 4:25 - DIBANGKITKAN KARENA PEMBENARAN KITA.
Nas : Rom 4:25
Pembenaran tidak ada tanpa hidup, kehadiran, dan kasih karunia Yesus
Kristus yang bekerja di dalam hidup kita. Pembenaran bukanlah t...
Nas : Rom 4:25
Pembenaran tidak ada tanpa hidup, kehadiran, dan kasih karunia Yesus Kristus yang bekerja di dalam hidup kita. Pembenaran bukanlah tindakan tunggal pada waktu lalu, tetapi adalah pembenaran seumur hidup dalam persekutuan dengan Yesus Kristus Tuhan kita.
Jerusalem: Rm 4:23 - -- Dalam Perjanjian Lama Allah membenarkan dengan menghakimi, Maz 9:9. Menurut Perjanjian Baru Allah akan menjadi Hakim pada hari kiamat, Rom 2:6. Ia mem...
Dalam Perjanjian Lama Allah membenarkan dengan menghakimi, Maz 9:9. Menurut Perjanjian Baru Allah akan menjadi Hakim pada hari kiamat, Rom 2:6. Ia membenarkan manusia oleh karena Kristus, Rom 3:24, artinya: menganugerahkan karunia kebenaran dengan memperhatikan kepercayaan orang melulu, Rom 1:17+, pada hal tidak mengindahkan perbuatan-perbuatan yang dibebankan oleh hukum Taurat, Rom 3:27+; Rom 7:7+.
Jerusalem: Rm 4:25 - dibangkitkan karena pembenaran kita Kebenaran sesungguhnya penyertaan pertama dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4; 8:10 dll; Paulus tidak pernah memisahkan kematian Yesus dari...
Kebenaran sesungguhnya penyertaan pertama dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4; 8:10 dll; Paulus tidak pernah memisahkan kematian Yesus dari kebangkitanNya.
Ref. Silang FULL: Rm 4:24 - untuk kita // kepada Dia // orang mati · untuk kita: Mazm 102:19; Hab 2:2; Rom 15:4; 1Kor 9:10; 10:11; 2Tim 3:16,17
· kepada Dia: Rom 10:9; 1Pet 1:21
· orang mati: Kis ...
· untuk kita: Mazm 102:19; Hab 2:2; Rom 15:4; 1Kor 9:10; 10:11; 2Tim 3:16,17
Ref. Silang FULL: Rm 4:25 - karena pelanggaran // karena pembenaran · karena pelanggaran: Yes 53:5,6; Rom 5:6,8; 8:32; 2Kor 5:21
· karena pembenaran: Yes 53:11; Rom 3:24; 5:1,9,16,18; 8:30; 1Kor 6:11; 2Ko...
· karena pelanggaran: Yes 53:5,6; Rom 5:6,8; 8:32; 2Kor 5:21
· karena pembenaran: Yes 53:11; Rom 3:24; 5:1,9,16,18; 8:30; 1Kor 6:11; 2Kor 5:15
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Rm 4:23-24; Rm 4:1-25; Rm 4:23-24; Rm 3:21--4:25; Rm 1:18--4:25; Rm 1:18--15:13; Rm 4:25; Rm 4:25
Hagelberg: Rm 4:23-24 - -- 4:23-24 Bahwa "diperhitungkan kepadanya" tidak ditulis untuk dia saja, tetapi juga untuk kita; sebab Allah memperhitungkannya kepada kita juga, kita ...
4:23-24 Bahwa "diperhitungkan kepadanya" tidak ditulis untuk dia saja, tetapi juga untuk kita; sebab Allah memperhitungkannya kepada kita juga, kita yang percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati
Abraham percaya kepada Dia yang "menghidupkan orang 'mati'" (4:17), dan imannya diperhitungkan sebagai kebenaran. Kita percaya kepada Allah yang telah membangkitkan Yesus. Antara apa yang dipercayai Abraham dan apa yang kita percayai kita ada hubungan yang sangat erat.242 Abraham percaya bahwa Allah dapat "menghidupkan" tubuhnya sendiri, yang dikatakan "mati," sehingga silsilah Yesus Kristus dapat dilanjutkan dengan kelahiran Ishak. Kita percaya bahwa Allah membangkitkan Yesus, sehingga karya Yesus Kristus berlaku. Demikianlah ada hubungan yang jauh lebih dalam dari pada hanya istilah "menghidupkan" yang hampir sama dengan istilah "membangkitkan."
Hagelberg: Rm 4:1-25 - -- b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25
Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia...
b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25
Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia tidak dapat dibenarkan melalui ketaatan pada hukum Taurat. Dalam bagian ini dia akan membuktikan bahwa pernyataan tersebut sesuai dengan ajaran Perjanjian Lama. Dia akan membuktikannya melalui kesaksian dua tokoh Perjanjian Lama yang paling hebat199 dari segi ketaatan, yaitu Bapa Abraham dan Raja Daud. Dua tokoh tersebut dipilih karena kalau pernyataan tersebut dapat dibuktikan melalui kesaksian mereka, maka pernyataan tersebut telah dibuktikan untuk semua.
i. Abraham Dibenarkan karena Iman 4:1-4:5
Bagi orang-orang Yahudi Bapa Abraham adalah teladan, seorang tokoh yang dibenarkan karena perbuatannya. Paulus setuju bahwa dia luar biasa, dan bahwa dia dibenarkan, tetapi Paulus tidak setuju bahwa dia dibenarkan karena perbuatannya.
Hagelberg: Rm 4:23-24 - -- 4:23-24 Bahwa "diperhitungkan kepadanya" tidak ditulis untuk dia saja, tetapi juga untuk kita; sebab Allah memperhitungkannya kepada kita juga, kita ...
4:23-24 Bahwa "diperhitungkan kepadanya" tidak ditulis untuk dia saja, tetapi juga untuk kita; sebab Allah memperhitungkannya kepada kita juga, kita yang percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati
Abraham percaya kepada Dia yang "menghidupkan orang 'mati'" (4:17), dan imannya diperhitungkan sebagai kebenaran. Kita percaya kepada Allah yang telah membangkitkan Yesus. Antara apa yang dipercayai Abraham dan apa yang kita percayai kita ada hubungan yang sangat erat.242 Abraham percaya bahwa Allah dapat "menghidupkan" tubuhnya sendiri, yang dikatakan "mati," sehingga silsilah Yesus Kristus dapat dilanjutkan dengan kelahiran Ishak. Kita percaya bahwa Allah membangkitkan Yesus, sehingga karya Yesus Kristus berlaku. Demikianlah ada hubungan yang jauh lebih dalam dari pada hanya istilah "menghidupkan" yang hampir sama dengan istilah "membangkitkan."
Hagelberg: Rm 3:21--4:25 - -- 2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25
(aiwn/aion hidup)
Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang perc...
2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25
(aiwn/aion hidup)
Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang percaya kepada Yesus Kristus.
Sampai di sini semua yang diuraikan berpusat pada murka Allah. Aiwn/Aion kematian dikuasai oleh kuasa Dosa. Tetapi di sini Paulus mulai menyoroti sesuatu yang baru, yaitu kebenaran Allah. Nygren163 menyamakan aiwn/aion hidup yang mulai diceriterakan di sini dengan "ciptaan baru... yang sudah datang" yang disebut dalam II Korintus 5:17. Kalau judul 1:18-3:20 adalah "Murka Allah," judul yang tepat untuk 3:21-4:25 adalah "Kebenaran Allah."
Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25
Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...
A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25
Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.
Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."
Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.
Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...
II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.
Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66
Hagelberg: Rm 4:25 - -- 4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.
Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini m...
4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.
Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini memberi kesan bahwa ayat ini berasal dari sebuah kidung rohani atau "liturgi" jemaat. Cranfield244 menjelaskan bahwa perkataan ini mirip Yesaya 53:5, 6, dan 12.245 Cranfield246 juga mengamati suatu hubungan yang erat antara dibangkitkan karena pembenaran kita dan Yesaya 53:11 dalam bahasa Ibrani, karena dalam Yesaya 53:11 kebangkitan Hamba TUHAN diceriterakan ("sesudah kesusahan jiwaNya, Dia akan melihat terang") dan pembenaran ("HambaKu itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang").
Hubungan antara dua anak kalimat ini, diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, perlu dipikirkan.247 Menurut Roma 5:9 kita "dibenarkan oleh darahNya," jadi baik kematianNya (Dia diserahkan) atau kebangkitanNya dapat dikatakan menghasilkan pembenaran kita. Roma 4:25 ini tidak berarti bahwa kematianNya hanya berkaitan dengan pelanggaran kita saja, dan kebangkitanNya hanya berkaitan dengan pembenaran kita saja. Struktur kalimat ini mencerminkan kesejajaran sebagai gaya bahasa puisi.
Seperti apa yang dikatakan dalam bagian Pendahuluan di atas, Paulus mencatat kesimpulan atau ringkasan pada akhir bagian diskusi. Dengan menyebut Tuhan Yesus sebagai yang telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, maka Paulus mencatat suatu kesimpulan dari semua yang dikatakannya dalam Roma 3:21-4:25, bahkan dalam seluruh Roma 1-4.
Paulus sudah membuktikan bahwa orang yang tidak percaya kepada Allah (baik orang kafir maupun orang yang mencari pembenaran melalui ketaatan) berada di bawah murka Allah, tetapi orang yang percaya kepada Dia yang membangkitkan Tuhan Yesus dibenarkan oleh Allah.
Dalam pasal 1:17 Paulus berkata "Orang yang benar karena iman akan hidup." Sampai di sini baru diuraikan bahwa orang memang dibenarkan karena iman, dan hanya karena iman saja. Dalam Roma pasal 5-8 Paulus akan menguraikan bahwa orang yang dibenarkan akan hidup.
Hagelberg: Rm 4:25 - -- 4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.
Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini m...
4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.
Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini memberi kesan bahwa ayat ini berasal dari sebuah kidung rohani atau "liturgi" jemaat. Cranfield244 menjelaskan bahwa perkataan ini mirip Yesaya 53:5, 6, dan 12.245 Cranfield246 juga mengamati suatu hubungan yang erat antara dibangkitkan karena pembenaran kita dan Yesaya 53:11 dalam bahasa Ibrani, karena dalam Yesaya 53:11 kebangkitan Hamba TUHAN diceriterakan ("sesudah kesusahan jiwaNya, Dia akan melihat terang") dan pembenaran ("HambaKu itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang").
Hubungan antara dua anak kalimat ini, diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, perlu dipikirkan.247 Menurut Roma 5:9 kita "dibenarkan oleh darahNya," jadi baik kematianNya (Dia diserahkan) atau kebangkitanNya dapat dikatakan menghasilkan pembenaran kita. Roma 4:25 ini tidak berarti bahwa kematianNya hanya berkaitan dengan pelanggaran kita saja, dan kebangkitanNya hanya berkaitan dengan pembenaran kita saja. Struktur kalimat ini mencerminkan kesejajaran sebagai gaya bahasa puisi.
Seperti apa yang dikatakan dalam bagian Pendahuluan di atas, Paulus mencatat kesimpulan atau ringkasan pada akhir bagian diskusi. Dengan menyebut Tuhan Yesus sebagai yang telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, maka Paulus mencatat suatu kesimpulan dari semua yang dikatakannya dalam Roma 3:21-4:25, bahkan dalam seluruh Roma 1-4.
Paulus sudah membuktikan bahwa orang yang tidak percaya kepada Allah (baik orang kafir maupun orang yang mencari pembenaran melalui ketaatan) berada di bawah murka Allah, tetapi orang yang percaya kepada Dia yang membangkitkan Tuhan Yesus dibenarkan oleh Allah.
Dalam pasal 1:17 Paulus berkata "Orang yang benar karena iman akan hidup." Sampai di sini baru diuraikan bahwa orang memang dibenarkan karena iman, dan hanya karena iman saja. Dalam Roma pasal 5-8 Paulus akan menguraikan bahwa orang yang dibenarkan akan hidup.