kecilkan semua  

Teks -- Mazmur 2:1--3:8 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Raja yang diurapi TUHAN
2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia? 2:2 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya: 2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu mereka dan membuang tali-tali mereka dari pada kita!" 2:4 Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka. 2:5 Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya: 2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!" 2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. 2:8 Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. 2:9 Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk." 2:10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! 2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar, 2:12 supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya menyala. Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya!
Nyanyian pagi dalam menghadapi musuh
3:1 Mazmur Daud, ketika ia lari dari Absalom, anaknya. (#3-#2) Ya TUHAN, betapa banyaknya lawanku! Banyak orang yang bangkit menyerang aku; 3:2 (#3-#3) banyak orang yang berkata tentang aku: "Baginya tidak ada pertolongan dari pada Allah." Sela 3:3 (#3-#4) Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. 3:4 (#3-#5) Dengan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus. Sela 3:5 (#3-#6) Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku! 3:6 (#3-#7) Aku tidak takut kepada puluhan ribu orang yang siap mengepung aku. 3:7 (#3-#8) Bangkitlah, TUHAN, tolonglah aku, ya Allahku! Ya, Engkau telah memukul rahang semua musuhku, dan mematahkan gigi orang-orang fasik. 3:8 (#3-#9) Dari TUHAN datang pertolongan. Berkat-Mu atas umat-Mu! Sela
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Sela a musical notation for crescendo or emphasis by action (IBD)
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem


Topik/Tema Kamus: Amin | Daud | Benci, Kebencian Terhadap Kristus | Raja | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Nubuat Tentang Kristus | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Pengurapan | Kristus, Raja | Orang Bukan Yahudi | Pelihara, Pemeliharaan | Percaya Kepercayaan | Sukacita | Sia-Sia, Kesia-Sian | Selamat, Keselamatan | Mulia, Kemulian | Takut Akan Allah | Kristus, Allah | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Bahagia, Yang Berbahagia | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mzm 2:1-12 - MENGAPA RUSUH BANGSA-BANGSA. Nas : Mazm 2:1-12 Mazmur ini terdiri atas empat pemandangan yang berbeda. 1) Pemazmur mulai dengan membicarakan bangsa-bangsa dan raja-raja du...

Nas : Mazm 2:1-12

Mazmur ini terdiri atas empat pemandangan yang berbeda.

  1. 1) Pemazmur mulai dengan membicarakan bangsa-bangsa dan raja-raja dunia yang menentang Yang Diurapi Allah (ayat Mazm 2:1-3; bd. Kis 4:25-27;

    lihat cat. --> Mazm 2:2 berikutnya)

    [atau ref. Mazm 2:2]

    -- suatu gambaran menyedihkan mengenai pemberontakan congkak umat manusia terhadap Allah, hukum-Nya, penebusan-Nya, Mesias-Nya, dan ajaran moral penyataan-Nya. Para penulis PB juga melihat dunia sedang menentang Kristus, orang percaya, dan iman alkitabiah (Yoh 15:19; Ef 6:12).
  2. 2) Allah menanggapi mereka dengan mencemooh usaha bodoh dari dunia yang berusaha menyingkirkan Dia (ayat Mazm 2:4-6). Saatnya akan tiba ketika Ia akan mengakhiri pemberontakan manusia dan menegakkan kerajaan-Nya di atas muka bumi ini (lih. Rom 1:18; 1Tes 5:1-11; 2Tes 2:8; Wahy 19:11-21).
  3. 3) Allah Bapa berjanji untuk mengutus Anak yang dikasihi-Nya (ayat Mazm 2:7-9), puncak warisan bangsa-bangsa (lih. Kis 13:33; Ibr 1:5; Ibr 5:5; bd. Mat 3:17; 17:5; 2Pet 1:17), untuk mengalahkan semua pihak yang menentang pemerintahan-Nya. Jadi, janji ini akan digenapi ketika Kristus datang ke dunia pada akhir zaman dan membinasakan semua musuh Allah (lih. Wahy 12:5; 19:15). Ketika itu semua orang percaya yang setia akan ikut memerintah bangsa-bangsa bersama dengan Dia (Wahy 2:26-27).
  4. 4) Melalui pemazmur, Roh Kudus menasihati umat manusia untuk bersikap bijaksana di hadapan Allah Yang Mahakuasa dan berlindung pada-Nya sebelum hari penghakiman yang dahsyat itu tiba (ayat Mazm 2:10-12; Ibr 3:7-19).

Full Life: Mzm 2:2 - YANG DIURAPI-NYA. Nas : Mazm 2:2 Mazmur Mazm 2:1-12 adalah mazmur Mesias, yaitu yang menubuatkan kedatangan Mesias Allah, Yesus Kristus. "Mesias" artinya "yang diura...

Nas : Mazm 2:2

Mazmur Mazm 2:1-12 adalah mazmur Mesias, yaitu yang menubuatkan kedatangan Mesias Allah, Yesus Kristus. "Mesias" artinya "yang diurapi" dan dipakai untuk Yesus yang diurapi Allah untuk menebus Israel dan memerintah atas kerajaan Allah

(lihat cat. --> Mazm 2:7 selanjutnya;

lihat cat. --> Mat 1:1).

[atau ref. Mazm 2:7; Mat 1:1]

Full Life: Mzm 2:7 - ANAK-KU ... ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI. Nas : Mazm 2:7 "Kuperanakkan" secara harfiah artinya "melahirkan Engkau". Istilah ini dipakai untuk seorang wanita yang melahirkan bayi dari rahimn...

Nas : Mazm 2:7

"Kuperanakkan" secara harfiah artinya "melahirkan Engkau". Istilah ini dipakai untuk seorang wanita yang melahirkan bayi dari rahimnya, tetapi juga dipakai bila seorang raja memperkenalkan putranya di hadapan umum untuk mengangkatnya selaku raja bersama ayahnya (bd. 1Raj 1:32-34 di mana Daud melakukannya untuk Salomo). Di sini istilah itu dipakai ketika Yesus dinyatakan di depan umum selaku Anak Allah dan pengurapan-Nya sebagai imam, nabi, dan raja (lih. Mat 3:12; Kis 13:33; Ibr 1:5; 5:5; 7:28; 2Pet 1:13).

Full Life: Mzm 2:8 - BANGSA-BANGSA ... MENJADI MILIK PUSAKA-MU. Nas : Mazm 2:8 Tidak pernah ada raja di dunia yang menerima janji semacam ini; janji ini hanya digenapi dalam Raja Mesias, Yesus (lih. Za 9:10).

Nas : Mazm 2:8

Tidak pernah ada raja di dunia yang menerima janji semacam ini; janji ini hanya digenapi dalam Raja Mesias, Yesus (lih. Za 9:10).

Full Life: Mzm 3:1-8 - BETAPA BANYAKNYA LAWANKU. Nas : Mazm 3:2-9 Mazmur ini merupakan ratapan kepada Allah. Hampir sepertiga mazmur dalam kitab ini masuk kategori ini. 1) Struktur dasar dari...

Nas : Mazm 3:2-9

Mazmur ini merupakan ratapan kepada Allah. Hampir sepertiga mazmur dalam kitab ini masuk kategori ini.

  1. 1) Struktur dasar dari mazmur ratapan terdiri atas seruan keras kepada Allah (ayat Mazm 3:2), suatu gambaran mengenai kesulitan, penderitaan, atau ketidakadilan yang dialami orang percaya (ayat Mazm 3:2-3), suatu pengakuan kepercayaan akan Allah (ayat Mazm 3:4-7), suatu permohonan untuk pertolongan (ayat Mazm 3:8), dan suatu ungkapan pujian atau ucapan syukur (ayat Mazm 3:9).
  2. 2) Jumlah mazmur ratapan yang begitu banyak dalam Alkitab menunjukkan bahwa Allah menginginkan agar umat-Nya berseru kepada-Nya pada waktu keperluan dan kesusahan (lih. Ibr 4:16).

Full Life: Mzm 3:2 - SELA. Nas : Mazm 3:3 Arti istilah ini tidak jelas; bisa diartikan sebagai tanda perhentian, sisipan musik atau puncak musik.

Nas : Mazm 3:3

Arti istilah ini tidak jelas; bisa diartikan sebagai tanda perhentian, sisipan musik atau puncak musik.

Full Life: Mzm 3:3 - ENGKAU ... PERISAI ... ENGKAULAH KEMULIAANKU. Nas : Mazm 3:4 Orang percaya yang hidup sesuai dengan kehendak Allah, tetapi sedang menghadapi kesusahan dan pertentangan (ayat Mazm 3:2-3; lih. 2S...

Nas : Mazm 3:4

Orang percaya yang hidup sesuai dengan kehendak Allah, tetapi sedang menghadapi kesusahan dan pertentangan (ayat Mazm 3:2-3; lih. 2Sam 15:12-30) dapat berseru kepada Allah dengan keyakinan bahwa Dia akan bertindak demi kepentingan mereka sesuai dengan maksud ilahi-Nya.

  1. 1) "Perisai" mengacu kepada perlindungan Allah (lih. Kej 15:1, di mana Allah adalah perisai Abraham; Ul 33:29, di mana Allah adalah perisai Israel).
  2. 2) Allah memberikan "kemuliaan" kepada orang percaya karena kehadiran, persekutuan, dan pertolongan-Nya menjadi yang terbaik bagi kita. Menyerahkan diri kepada Allah selaku pemelihara yang memberikan kemuliaan mengakibatkan pengalaman kasih karunia dan kehadiran-Nya yang memunginkan kita mengatasi kesulitan-kesulitan hidup ini.

Full Life: Mzm 3:5 - AKU MEMBARINGKAN DIRI, LALU TIDUR. Nas : Mazm 3:6 Orang percaya yang sungguh-sungguh berseru kepada Allah dan senantiasa mengandalkan kesetiaan-Nya, dengan keyakinan bahwa Dia menden...

Nas : Mazm 3:6

Orang percaya yang sungguh-sungguh berseru kepada Allah dan senantiasa mengandalkan kesetiaan-Nya, dengan keyakinan bahwa Dia mendengar (ayat Mazm 3:5) dapat membaringkan diri dengan tenang dan tidur nyenyak (bd. Mazm 4:9). Allah akan menopang mereka dan membagikan kasih karunia-Nya bahkan sementara mereka tidur (lih. Mazm 127:2; Ams 3:24).

BIS: Mzm 2:6 - Sion Sion: Dengan kata "Sion" mula-mula dimaksudkan "Kota Daud", benteng orang Yebus yang direbut oleh tentara Daud. Kemudian artinya diperluas menjadi "Ru...

Sion: Dengan kata "Sion" mula-mula dimaksudkan "Kota Daud", benteng orang Yebus yang direbut oleh tentara Daud. Kemudian artinya diperluas menjadi "Rumah Allah".

BIS: Mzm 2:12 - sujudlah ... gemetar sujudlah ... gemetar: Kemungkinan besar itu artinya.

sujudlah ... gemetar: Kemungkinan besar itu artinya.

BIS: Mzm 3:4 - bukit yang suci bukit yang suci: Lihat Maz 2:6.

bukit yang suci: Lihat Maz 2:6.

Jerusalem: Mzm 1:1--2:12 - -- Kedua mazmur pertama ini berperan sebagai kata pembuka bagi seluruh kitab Mazmur. Dalam kedua kidung ini diringkaskan ajaran akhlak yang terkandung da...

Kedua mazmur pertama ini berperan sebagai kata pembuka bagi seluruh kitab Mazmur. Dalam kedua kidung ini diringkaskan ajaran akhlak yang terkandung dalam kitab Mazmur (Maz 1) dan terungkaplah gagasan-gagasan mengenai raja Mesias (Maz 2).

Jerusalem: Mzm 2:1-12 - Raja yang diurapi TUHAN Mazmur 2 yang serupa dengan Maz 110 yang barangkali dicontoh Maz 2 ini, menggambarkan pelantikan seorang raja dan aselinya agaknya dipakai dalam upaca...

Mazmur 2 yang serupa dengan Maz 110 yang barangkali dicontoh Maz 2 ini, menggambarkan pelantikan seorang raja dan aselinya agaknya dipakai dalam upacara penobatan raja Israel. Tradisi Yahudi dan kristen mengartikannya sebagai nubuat tentang Raja-Mesias, bdk Kis 4:25-28; 13:33+; Wah 19:19; Ibr 1:5; 5:5. Dan kidung itu memang melayangkan pandangan ke zaman Mesias dan akhir zaman.

Jerusalem: Mzm 2:1 - perkara yang sia-sia Dapat juga diterjemahkan "dengan sia-sia" (percuma). Maksud dan niat para lawan raja dan Tuhan pasti gagal.

Dapat juga diterjemahkan "dengan sia-sia" (percuma). Maksud dan niat para lawan raja dan Tuhan pasti gagal.

Jerusalem: Mzm 2:2 - yang diurapiNya Ialah raja yang dalam upacara pelantikannya diurapi dengan minyak zaitun yang suci, bdk 1Sa 9:16; 16:12; Maz 20:7+.

Ialah raja yang dalam upacara pelantikannya diurapi dengan minyak zaitun yang suci, bdk 1Sa 9:16; 16:12; Maz 20:7+.

Jerusalem: Mzm 2:6 - gunungKu yang kudus Gunung Allah mula-mula gunung Sinai, Kel 3:1; 18:5, tempat Musa bertemu muka dengan Tuhan dan menerima Taurat, Kel 24:12-18; Ula 33:2; bdk 1Ra 19:8. T...

Gunung Allah mula-mula gunung Sinai, Kel 3:1; 18:5, tempat Musa bertemu muka dengan Tuhan dan menerima Taurat, Kel 24:12-18; Ula 33:2; bdk 1Ra 19:8. Tetapi setelah raja Salomo mendirikan Bait allah di bukit Sion di Yerusalem, 2Sa 5:9+, maka Sionlah yang menjadi satu-satunya gunung kudus, gunung tempat kediaman Tuhan. Ke gunung Sion "naiklah" orang untuk mendengarkan firman Allah dan sujud menyembah kepadaNya, bdk Ula 12:2-7. Kediaman ungkapan "gunung Sion" (atau: Sion) merangkum seluruh kota Yerusalem, kota tempat kediaman raja Mesias. Kelak semua bangsa akan berkumpul ke situ, Maz 48+; Yes 2:1-3; 11:9; 24:23; 56:7; Yoe 2:32; Zak 14:16-19; bdk Ibr 12:22; Wah 14:1; 21:1+.

Jerusalem: Mzm 2:7 - Aku Raja-Mesias sendiri angkat bicara, setelah para pesuruh, Maz 2:3, dan Tuhan, Maz 2:6, selesai berbicara. Dikutiplah "pemakluman" Allah yang dalam pela...

Raja-Mesias sendiri angkat bicara, setelah para pesuruh, Maz 2:3, dan Tuhan, Maz 2:6, selesai berbicara. Dikutiplah "pemakluman" Allah yang dalam pelantikan menyapa Raja-Mesias sebagai "AnakNya", sebagamana lazim dalam kesusasteraan istana di dunia Timur dahulu. Raja sebagai wazir dan kuasa Allah (dewa) di sebut anakNya. Dalam Maz 2 ungkapan dan sapaan itu berdasarkan janji Tuhan yang tercantum dalam 2Sa 7. Tetapi ungkapan itu mendapat makna lebih mendalam, bdk Ibr 1:5. Tradisi dan ibadat Kristen menghubungkan ayat 7 ini dengan kelahiran Firman Allah dari Bapa sebelum awal segala waktu.

Jerusalem: Mzm 2:9 - -- Secara tradisionil Raja-Mesias digambarkan di sini sebagai pejuang dan pemenang berdasarkan pertolongan Tuhan.

Secara tradisionil Raja-Mesias digambarkan di sini sebagai pejuang dan pemenang berdasarkan pertolongan Tuhan.

Jerusalem: Mzm 2:10 - hai raja-raja Kurang jelas apakah Raja-Mesias masih berbicara atau pesajak sendiri.

Kurang jelas apakah Raja-Mesias masih berbicara atau pesajak sendiri.

Jerusalem: Mzm 2:11 - -- Teks naskah Ibrani ayat ini nampaknya rusak. Banyak perbaikan dan terjemahan diusulkan para ahli. Terjemahan Indonesia ini merubah kata (Aram) "bar" (...

Teks naskah Ibrani ayat ini nampaknya rusak. Banyak perbaikan dan terjemahan diusulkan para ahli. Terjemahan Indonesia ini merubah kata (Aram) "bar" (=anak, atau: yang suci, yakni gulungan kitab Taurat) menjadi "kaki". Mencium kaki memang tanda penaklukan. Teks Ibrani agaknya mau mencegah antropomorfismus (mencium kaki Tuhan).

Jerusalem: Mzm 2:12 - di jalan Ialah (jalan) hidup

Ialah (jalan) hidup

Jerusalem: Mzm 2:12 - Berbahagialah Larik ayat ini agaknya berupa tambahan yang meruntuhkan asas umum.

Larik ayat ini agaknya berupa tambahan yang meruntuhkan asas umum.

Jerusalem: Mzm 3:1-8 - Nyanyian pagi dalam menghadapi musuh Kidung ini berupa doa kepercayaan. Agaknya Mazmur ini dipakai dalam ibadat sebagai doa pagi Maz 6, dalam bait Allah, Maz 9. Mungkin Maz 9 ini kemudian...

Kidung ini berupa doa kepercayaan. Agaknya Mazmur ini dipakai dalam ibadat sebagai doa pagi Maz 6, dalam bait Allah, Maz 9. Mungkin Maz 9 ini kemudian ditambahkan waktu kidung pribadi itu mulai dipakai dalam ibadat umum.

Jerusalem: Mzm 3:1 - ketika ia lari Bdk 2Sa 15:15-18.

Jerusalem: Mzm 3:2 - Sela Ini sebuah catatan di pinggir banyak mazmur (39). Maksudnya kurang jelas. Mungkin berupa petunjuk bagaimana kidung-kidung itu harus dilagukan. Sementa...

Ini sebuah catatan di pinggir banyak mazmur (39). Maksudnya kurang jelas. Mungkin berupa petunjuk bagaimana kidung-kidung itu harus dilagukan. Sementara ahli ahli berpendapat bahwa berarti: Kor (penyanyi) berhenti sejenak.

Jerusalem: Mzm 3:3 - perisai Ini sebuah kiasan yang banyak di pakai dalam kitab Mazmur. Artinya: perlindungan terhadap musuh dan lain-lain bahaya

Ini sebuah kiasan yang banyak di pakai dalam kitab Mazmur. Artinya: perlindungan terhadap musuh dan lain-lain bahaya

Jerusalem: Mzm 3:3 - kemuliaanku Ialah kemuliaan Allah (yang dipikirkan sebagai semacam cahaya atau awan bercahaya), yang menyatakan kekuatan Tuhan. Kemuliaan itu menjadi pelindung ba...

Ialah kemuliaan Allah (yang dipikirkan sebagai semacam cahaya atau awan bercahaya), yang menyatakan kekuatan Tuhan. Kemuliaan itu menjadi pelindung bagi pendoa terhadap penghinaan dan perendahan, bdk Maz 26:8+.

Jerusalem: Mzm 3:4 - gunungNya yang kudus Bdk Maz 2:6.

Bdk Maz 2:6.

Jerusalem: Mzm 3:5 - Aku membaringkan diri... Artinya: karena kepercayaannya kepada Tuhan pendoa dapat hidup dengan aman sentosa. Para pujangga Gereja suka mengetrapkan ayat ini pada wafat dan keb...

Artinya: karena kepercayaannya kepada Tuhan pendoa dapat hidup dengan aman sentosa. Para pujangga Gereja suka mengetrapkan ayat ini pada wafat dan kebangkitan Kristen.

Jerusalem: Mzm 3:7 - memukul rahang Dengan cara yang menghina (menampar) Allah merendahkan para lawan, bdk Maz 6:8+, dan memperlakukan mereka sebagai binatang buas (mematahkan gigi).

Dengan cara yang menghina (menampar) Allah merendahkan para lawan, bdk Maz 6:8+, dan memperlakukan mereka sebagai binatang buas (mematahkan gigi).

Ende: Mzm 2:1-12 - -- Mazmur ini menggambarkan pelantikan seorang radja, jang dianggap sebagai wakil Tuhan. Sekaligus pengarang ingat akan radja jang terachir, jakni Al-Mas...

Mazmur ini menggambarkan pelantikan seorang radja, jang dianggap sebagai wakil Tuhan. Sekaligus pengarang ingat akan radja jang terachir, jakni Al-Masih. Allah sendiri melantiknja!

Ende: Mzm 2:7 - -- Radja sendiri (Al-Masih) disini bitjara.

Radja sendiri (Al-Masih) disini bitjara.

Ende: Mzm 2:7 - PuteraKulah Engkau....dst Inilah pemakluman Allah. Pada hari pelantikan (hari ini!) radja itu diangkat mendjadi anak (angkat) Tuhan sendiri. Al-Masih itu akan lebih daripada an...

Inilah pemakluman Allah. Pada hari pelantikan (hari ini!) radja itu diangkat mendjadi anak (angkat) Tuhan sendiri. Al-Masih itu akan lebih daripada anak-angkat sadja, walaupun pengarang Mazmur ini mungkin belum tahu akan kebenaran ini.

Ende: Mzm 2:10 - -- Radja terus bitjara.

Radja terus bitjara.

Ende: Mzm 2:11-12 - -- Ajat2 ini tiada terang dalam naskah Hibrani. Terdjemahan dikira-sadja. terdjemahan lain jang djuga mungkin: \= Maz 2:11 Mengabdilah kepada Jahwe denga...

Ajat2 ini tiada terang dalam naskah Hibrani. Terdjemahan dikira-sadja. terdjemahan lain jang djuga mungkin: \= Maz 2:11 Mengabdilah kepada Jahwe dengan takut, bersorak-sorailah dengan gerun,

Maz 2:12 serta bawalah persembahan2. \+

Ende: Mzm 2:12 - tjiumilah kakiNja ialah tanda menghormati dan menaklukkan dirinja.

ialah tanda menghormati dan menaklukkan dirinja.

Ende: Mzm 3:1-8 - -- Rupanja mazmur ini dipergunakan sebagai doa pagi (Maz 3:6) dalam Bait-Allah (Maz 3:8) dan barangkali menjertai kurban-pagi. Tapi tak usahlah djustru d...

Rupanja mazmur ini dipergunakan sebagai doa pagi (Maz 3:6) dalam Bait-Allah (Maz 3:8) dan barangkali menjertai kurban-pagi. Tapi tak usahlah djustru dikarang untuk ibadat. Mungkin bahwa baru kemudian dipakai begitu, dan barangkali aj.9(Maz 3:8) lalu ditambahkan sadja untuk menjesuaikannja dengan keperluan ini.

Lagu ini menjatakan kepertjajaan besar kepada Allah.

Ende: Mzm 3:4 - gunungNja jang sutji ialah gunung Sion di Jerusjalem dimana letaknja bait-Allah ditengah umatNja.

ialah gunung Sion di Jerusjalem dimana letaknja bait-Allah ditengah umatNja.

Ende: Mzm 3:5 - -- Maknanja: Karena kepertjajaannja pada Jahwe orang dapat hidup dengan aman-sentosa.

Maknanja: Karena kepertjajaannja pada Jahwe orang dapat hidup dengan aman-sentosa.

Ende: Mzm 3:7 - Sebab engkau....dst Allah merendahkan musuh2 itu dengan hina (menampar) dan memperlakukannja dengan keras laksana binatang2 buas.

Allah merendahkan musuh2 itu dengan hina (menampar) dan memperlakukannja dengan keras laksana binatang2 buas.

Endetn: Mzm 2:12 - dan tjiumilah.... dst. Naskah Hibrani diperbaiki sedikit dengan meninggalkan dua perkataan dan memindahkan dua.

Naskah Hibrani diperbaiki sedikit dengan meninggalkan dua perkataan dan memindahkan dua.

Endetn: Mzm 2:12 - -- Tertulis: "dan bersorak gembira dengan gerun,

Tertulis: "dan bersorak gembira dengan gerun,

Endetn: Mzm 2:12 - -- tjiumilah putera(?)".

tjiumilah putera(?)".

Endetn: Mzm 2:12 - -- Matjam2 perbaikan diusul lagi.

Matjam2 perbaikan diusul lagi.

Ref. Silang FULL: Mzm 2:1 - bangsa mereka-reka · bangsa mereka-reka: Mazm 21:12; 83:6; Ams 24:2

· bangsa mereka-reka: Mazm 21:12; 83:6; Ams 24:2

Ref. Silang FULL: Mzm 2:2 - Raja-raja // dan yang // diurapi-Nya · Raja-raja: Mazm 48:5 · dan yang: Kis 4:25-26%& · diurapi-Nya: 1Sam 9:16; 1Sam 9:16; Yoh 1:41

· Raja-raja: Mazm 48:5

· dan yang: Kis 4:25-26%&

· diurapi-Nya: 1Sam 9:16; [Lihat FULL. 1Sam 9:16]; Yoh 1:41

Ref. Silang FULL: Mzm 2:3 - memutuskan belenggu-belenggu // membuang tali-tali · memutuskan belenggu-belenggu: Ayub 36:8; Ayub 36:8 · membuang tali-tali: 2Sam 3:34; 2Sam 3:34

· memutuskan belenggu-belenggu: Ayub 36:8; [Lihat FULL. Ayub 36:8]

· membuang tali-tali: 2Sam 3:34; [Lihat FULL. 2Sam 3:34]

Ref. Silang FULL: Mzm 2:4 - yang bersemayam // sorga, tertawa · yang bersemayam: Yes 37:16; 40:22; 66:1 · sorga, tertawa: Mazm 37:13; Ams 1:26

· yang bersemayam: Yes 37:16; 40:22; 66:1

· sorga, tertawa: Mazm 37:13; Ams 1:26

Ref. Silang FULL: Mzm 2:5 - dalam murka-Nya // kehangatan amarah-Nya · dalam murka-Nya: Mazm 6:2; 27:9; 38:2 · kehangatan amarah-Nya: Mazm 21:10; 79:6; 90:7; 110:5

· dalam murka-Nya: Mazm 6:2; 27:9; 38:2

· kehangatan amarah-Nya: Mazm 21:10; 79:6; 90:7; 110:5

Ref. Silang FULL: Mzm 2:6 - melantik raja-Ku // di Sion // gunung-Ku · melantik raja-Ku: Mazm 10:16; 24:10 · di Sion: 2Raj 19:31; Mazm 9:12; 48:3,12; 78:68; 110:2; 133:3 · gunung-Ku: Kel 15:17; Kel ...

· melantik raja-Ku: Mazm 10:16; 24:10

· di Sion: 2Raj 19:31; Mazm 9:12; 48:3,12; 78:68; 110:2; 133:3

· gunung-Ku: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]

Ref. Silang FULL: Mzm 2:7 - Anak-Ku // telah Kuperanakkan · Anak-Ku: Mat 3:17; Mat 3:17; Mat 4:3; Mat 4:3 · telah Kuperanakkan: 2Sam 7:14; 2Sam 7:14; Kis 13:33%&; Ibr 1:5%&; 5:5

· Anak-Ku: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]; Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

· telah Kuperanakkan: 2Sam 7:14; [Lihat FULL. 2Sam 7:14]; Kis 13:33%&; Ibr 1:5%&; 5:5

Ref. Silang FULL: Mzm 2:8 - kepada-Ku, maka bangsa-bangsa // milik pusakamu // ujung bumi · kepada-Ku, maka bangsa-bangsa: Wahy 2:26 · milik pusakamu: Ayub 22:26; Ayub 22:26; Mat 21:38 · ujung bumi: Mazm 22:28; 67:8

· kepada-Ku, maka bangsa-bangsa: Wahy 2:26

· milik pusakamu: Ayub 22:26; [Lihat FULL. Ayub 22:26]; Mat 21:38

· ujung bumi: Mazm 22:28; 67:8

Ref. Silang FULL: Mzm 2:9 - gada besi // memecahkan // seperti tembikar · gada besi: Kej 49:10; Kej 49:10; Wahy 12:5 · memecahkan: Kel 15:6; Kel 15:6 · seperti tembikar: Yes 30:14; Yer 19:10; Wahy 2:27...

· gada besi: Kej 49:10; [Lihat FULL. Kej 49:10]; Wahy 12:5

· memecahkan: Kel 15:6; [Lihat FULL. Kel 15:6]

· seperti tembikar: Yes 30:14; Yer 19:10; Wahy 2:27%&; 19:15

Ref. Silang FULL: Mzm 2:10 - bertindaklah bijaksana // para hakim · bertindaklah bijaksana: Ams 27:11 · para hakim: Mazm 141:6; Ams 8:15; Am 2:3

· bertindaklah bijaksana: Ams 27:11

· para hakim: Mazm 141:6; Ams 8:15; Am 2:3

Ref. Silang FULL: Mzm 2:11 - dengan takut // - // ciumlah kaki-Nya // dengan gemetar · dengan takut: Mazm 103:11 · -: Mazm 9:3; 35:9; 104:34; Yes 61:10 · ciumlah kaki-Nya: Mazm 2:7 · dengan gemetar: 1Taw 16:...

· dengan takut: Mazm 103:11

· -: Mazm 9:3; 35:9; 104:34; Yes 61:10

· ciumlah kaki-Nya: Mazm 2:7

· dengan gemetar: 1Taw 16:30; [Lihat FULL. 1Taw 16:30]

Ref. Silang FULL: Mzm 2:12 - sekali murka-Nya // Berbahagialah // yang berlindung · sekali murka-Nya: Ul 9:8; Ul 9:8; Wahy 6:16 · Berbahagialah: Mazm 84:13 · yang berlindung: Mazm 5:12; 34:9; 64:11

· sekali murka-Nya: Ul 9:8; [Lihat FULL. Ul 9:8]; Wahy 6:16

· Berbahagialah: Mazm 84:13

· yang berlindung: Mazm 5:12; 34:9; 64:11

Ref. Silang FULL: Mzm 3:1 - dari Absalom · dari Absalom: 2Sam 15:14

· dari Absalom: 2Sam 15:14

Ref. Silang FULL: Mzm 3:2 - ada pertolongan · ada pertolongan: Mazm 22:9; 71:11; Yes 36:15; 37:20

· ada pertolongan: Mazm 22:9; 71:11; Yes 36:15; 37:20

Ref. Silang FULL: Mzm 3:3 - adalah perisai // mengangkat kepalaku · adalah perisai: Kej 15:1; Kej 15:1 · mengangkat kepalaku: Mazm 27:6

· adalah perisai: Kej 15:1; [Lihat FULL. Kej 15:1]

· mengangkat kepalaku: Mazm 27:6

Ref. Silang FULL: Mzm 3:4 - Dengan nyaring // dari gunung-Nya · Dengan nyaring: Ayub 30:20; Ayub 30:20 · dari gunung-Nya: Mazm 2:6

· Dengan nyaring: Ayub 30:20; [Lihat FULL. Ayub 30:20]

· dari gunung-Nya: Mazm 2:6

Ref. Silang FULL: Mzm 3:5 - lalu tidur // aku bangun · lalu tidur: Im 26:6; Im 26:6 · aku bangun: Mazm 17:15; 139:18

· lalu tidur: Im 26:6; [Lihat FULL. Im 26:6]

· aku bangun: Mazm 17:15; 139:18

Ref. Silang FULL: Mzm 3:6 - tidak takut // mengepung aku · tidak takut: Ayub 11:15; Mazm 23:4; 27:3 · mengepung aku: Mazm 118:11

· tidak takut: Ayub 11:15; Mazm 23:4; 27:3

· mengepung aku: Mazm 118:11

Ref. Silang FULL: Mzm 3:7 - Bangkitlah // tolonglah aku // telah memukul // mematahkan gigi · Bangkitlah: 2Taw 6:41; 2Taw 6:41 · tolonglah aku: Mazm 6:5; 7:2; 59:2; 109:21; 119:153; Yes 25:9; 33:22; 35:4; 36:15; 37:20; Yer 42:11...

· Bangkitlah: 2Taw 6:41; [Lihat FULL. 2Taw 6:41]

· tolonglah aku: Mazm 6:5; 7:2; 59:2; 109:21; 119:153; Yes 25:9; 33:22; 35:4; 36:15; 37:20; Yer 42:11; Mat 6:13

· telah memukul: Ayub 16:10

· mematahkan gigi: Ayub 29:17; Mazm 57:5; Ams 30:14; Rat 3:16

Ref. Silang FULL: Mzm 3:8 - datang pertolongan // Berkat-Mu · datang pertolongan: Mazm 27:1; 37:39; 62:2; Yes 43:3,11; 44:6,8; 45:21; Hos 13:4; Yun 2:9; Wahy 7:10 · Berkat-Mu: Bil 6:23; Mazm 29:11...

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mzm 2:1-6 - Musuh-musuh Mesias Kalau mazmur sebelumnya berbicara tentang moral, dan menunjukkan kepada kita kewajiban kita, maka mazmur ini bersifat Injili, dan menunjukkan kepada...

Matthew Henry: Mzm 2:7-9 - Kemenangan-kemenangan Mesias Kemenangan-kemenangan Mesias (2:7-9) Kita sudah mendengar apa yang dikatakan raja-raja...

Matthew Henry: Mzm 2:10-12 - Peringatan terhadap Musuh-musuh Mesias Peringatan terhadap Musuh-musuh Mesias (2:10-12) Di sini kita mendapati penerapan da...

Matthew Henry: Mzm 3:1-3 - Kesusahan dan Keyakinan Seperti mazmur sebelumnya, melalui pelambang Daud yang diangkat ke takhta, menunjukkan kepada kita martabat rajawi Sang Penebus. Demikian pula mazmu...

Matthew Henry: Mzm 3:4-8 - Keyakinan kepada Allah Keyakinan kepada Allah (3:5-9) Hati Daud diaduk-aduk oleh kemarahan akan musu...

SH: Mzm 2:1-12 - Pemimpin yang bijaksana (Rabu, 1 Januari 2003) Pemimpin yang bijaksana Pemimpin yang bijaksana. Baik dunia maupun gereja perlu pemimpin. Ada banyak ...

SH: Mzm 2:1-12 - Tuhan, sang Raja (Rabu, 2 Januari 2008) Tuhan, sang Raja Judul : Tuhan, sang Raja Ingat penggalan lagu ini "Tuhan di pihak kita, siapakah lawan ki...

SH: Mzm 2:1-12 - Jangan berontak (Minggu, 9 Januari 2011) Jangan berontak Judul: Jangan berontak Problem utama kita seringkali bukan tidak mengerti kehendak Tuh...

SH: Mzm 2:1-12 - Jangan menolak yang dipilih Tuhan (Minggu, 11 Januari 2015) Jangan menolak yang dipilih Tuhan Judul: Jangan menolak yang dipilih Tuhan Ketika KPU pada Juli tahun ...

SH: Mzm 2:1-12 - Bijaksanalah di Hadapan Allah (Rabu, 3 Januari 2018) Bijaksanalah di Hadapan Allah Pernahkah Anda tertawa menyaksikan tingkah laku orang lain? Mungkin karena Anda mer...

SH: Mzm 2:1-12 - Kembali Menyembah Tuhan (Selasa, 2 Januari 2024) Kembali Menyembah Tuhan Manusia mencari kebebasan dengan caranya sendiri. Namun, apakah mereka memperolehnya? Man...

SH: Mzm 3:1-8 - Tuhan Perisaiku (Selasa, 7 Januari 2003) Tuhan Perisaiku Tuhan Perisaiku. Di mana di bumi ini yang aman dari bahaya? Di jalan? Teror, per...

SH: Mzm 3:1-8 - Iman di tengah masalah (Kamis, 3 Januari 2008) Iman di tengah masalah Judul : Iman di tengah masalah Mengalami kudeta tentu merupakan hal yang menyakitka...

SH: Mzm 3:1-8 - Dikepung musuh? Siapa takut! (Minggu, 16 Januari 2011) Dikepung musuh? Siapa takut! Judul: Dikepung musuh? Siapa takut! Mengapa banyak orang yang tidak bisa ...

SH: Mzm 3:1-8 - Sikap terpuji raja menghadapi musuh (Minggu, 18 Januari 2015) Sikap terpuji raja menghadapi musuh Judul: Sikap terpuji raja menghadapi musuh Menjadi raja seperti ya...

SH: Mzm 3:1-8 - Tolonglah Aku, Ya Allahku (Kamis, 4 Januari 2018) Tolonglah Aku, Ya Allahku Mazmur ini memperlihatkan segala perasaan Daud sewaktu melarikan diri dari istana akiba...

SH: Mzm 3:1-8 - Allah Sumber Pertolongan (Rabu, 3 Januari 2024) Allah Sumber Pertolongan Masalah dan penderitaan dalam kehidupan bisa terjadi karena konsekuensi dari dosa atau k...

Utley: Mzm 2:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 2:1-3...

Utley: Mzm 2:4-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 2:4-6...

Utley: Mzm 2:7-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 2:7-9...

Utley: Mzm 2:10-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 2:10-12...

Utley: Mzm 3:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 3:1-2...

Utley: Mzm 3:3-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 3:3-6...

Utley: Mzm 3:7-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mazm 3:7-8...

Topik Teologia: Mzm 2:1 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mzm 2:2 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Nubuat-nubuat tentang Kristus Yang Diurapi ...

Topik Teologia: Mzm 2:3 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: Mzm 2:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: Mzm 2:6 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datan...

Topik Teologia: Mzm 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datan...

Topik Teologia: Mzm 2:8 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datan...

Topik Teologia: Mzm 2:9 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datan...

Topik Teologia: Mzm 2:10 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif di antara Bangsa-bangsa Lain dan di ...

Topik Teologia: Mzm 2:11 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif di antara Bangsa-bangsa Lain dan di ...

Topik Teologia: Mzm 2:12 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif di antara Bangsa-bangsa Lain dan di ...

Topik Teologia: Mzm 3:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Motivasi-motivasi un...

Topik Teologia: Mzm 3:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Keyakinan pada Allah Nilai Keyakinan Kita kepa...

Topik Teologia: Mzm 3:8 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Tindakan Allah Tritunggal Allah dan Keselamatan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daud dan orang lain Tema : Doa dan Pujian Tanggal Penulisan:...

Full Life: Mazmur (Garis Besar) Garis Besar I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41 ...

Matthew Henry: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang terbuka salah satu bagian yang paling disukai dan j...

Jerusalem: Mazmur (Pendahuluan Kitab) KITAB MAZMUR PENGANTAR Sama seperti bangsa tetangganya - Mesir, Mesopotami...

Ende: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PEMBUKAAN Dengan menerbitkan "Kitab Mazmur" ini, kami mendjadikan suatu pertjobaan terdjemahan Perdjandjian Lama dalam ...

BIS: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PENGANTAR Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini di...

Ajaran: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syu...

Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Pujian dan ucapan syukur BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKANMazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selam...

Garis Besar Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) [1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR Maz 8Apakah manu...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.50 detik
dipersembahkan oleh YLSA