kecilkan semua  

Teks -- Matius 23:1-39 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi
23:1 Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: 23:2 "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. 23:3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. 23:4 Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. 23:5 Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; 23:6 mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; 23:7 mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. 23:8 Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 23:10 Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. 23:11 Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. 23:12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. 23:13 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. 23:14 (Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.) 23:15 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. 23:16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat. 23:17 Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu? 23:18 Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat. 23:19 Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu? 23:20 Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya. 23:21 Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ. 23:22 Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya. 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. 23:24 Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan. 23:25 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan. 23:26 Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih. 23:27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. 23:28 Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. 23:29 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh 23:30 dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu. 23:31 Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu. 23:32 Jadi, penuhilah juga takaran nenek moyangmu! 23:33 Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka? 23:34 Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya dari kota ke kota, 23:35 supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah. 23:36 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semuanya ini akan ditanggung angkatan ini!"
Keluhan terhadap Yerusalem
23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 23:38 Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. 23:39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Berekhya son of Meshullam; a descendant of Jehoiachin, king of Judah,son of Shimea (Levi); father of Asaph, David's song leader,son of Asa; a Levite who led his clan back from exile,a Levite porter for the ark in David's time,son of Meshillemoth, a man of Ephraim in the time of Pekah 741 BC (YC),son of Meshezabel; father of Meshullam a wall repairman,son of Iddo; father of Zechariah the prophet
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Habel the second son of Adam and Eve; the brother of Cain,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Hebel' or 'Habel',the second son of Adam,as representing the Hebrew name 'Abel',a town in northern Israel near Dan (OS)
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Rabuni a title given to teachers and others of an exalted position
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Zakharia the father of John the baptist,a son of Berekiah, a righteous man who was killed by the Jewish authorities,son and successor of King Jeroboam,father of Abi, the mother of King Hezekiah,a leader of the tribe of Reuben,son of Meshelemiah; a door keeper for the tent of meeting,son of Jeiel and Maacah of Gibeon,a Levite gate keeper and harpist in David's time,a priest and trumpeter in David's time,son of Isshiah (Uzziel Kohath Levi),son of Hosah; a pre-exile Levite gatekeeper,a man of Manasseh in Gilead in Saul and David's time,a prince whom Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Benaiah (Asaph Levi),son of King Jehoshaphat,son of Jehoiada the priest; a prophet,a man who influenced King Uzziah for good,a Levite (Asaph) who helped Hezekiah cleanse the temple,a Levite (Kohath) who helped King Josiah restore the temple,a chief officer of the house of God in Josiah's time,son of Berechiah; a priest; writer of the book of Zechariah,leader among the Parosh clansmen who returned from exile,son of Bebai; leader among Bebai clansmen returned from exile,a lay man of the Elam Clan who put away his heathen wife,a man who stood with Ezra when he read the law to the assembly,son of Amariah of Judah,a descendant of Shelah,son of Pashhur; a priest whose descendants returned from exile,son of Jonathan (Asaph Levi),son of Jeberechiah; a witness to Isaiah's prophesy


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Farisi, Orang | Sumpah | Orang Fasik | Orang Farisi | Farisi | Nabi | Panggil, Panggilan Allah | Dosa Suatu Bangsa | Benar, Membenarkan Diri Sendiri | Tahir Dan Najis | Hukum Terhadap Orang | Buta, Buta Rohani | Habel | Sumpah Yang Menghujat | Kubur, Penguburan | Bapak | Rumah Ibadat Orang Yahudi | Ahli Taurat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 23:13 - CELAKALAH KAMU ... ORANG-ORANG FARISI. Nas : Mat 23:13 Kata-kata Yesus dalam pasal Mat 23:1-39 ini merupakan kecaman-Nya yang paling pedas. Perkataan-Nya ditujukan kepada para pemimpin a...

Nas : Mat 23:13

Kata-kata Yesus dalam pasal Mat 23:1-39 ini merupakan kecaman-Nya yang paling pedas. Perkataan-Nya ditujukan kepada para pemimpin agama dan guru palsu yang telah menolak setidak-tidaknya sebagian dari Firman Allah dan menggantikannya dengan gagasan dan penafsiran mereka sendiri (ayat Mat 23:23,28; 15:3,6-9; Mr 7:6-9).

  1. 1) Sikap Yesus dalam hal ini perlu diperhatikan. Itu bukanlah sikap yang bertoleransi, serta membolehkan, dan ramah dari seorang yang tidak peduli tentang kesetiaan terhadap Allah dan sabda-Nya. Yesus bukanlah seorang pengkhotbah yang lemah yang membiarkan dosa. Karena Ia setia terhadap panggilan-Nya, maka Ia murka terhadap kejahatan (bd. Mat 21:12-17; Yoh 2:13-16) dan mengutuk dosa dan ketidakbenaran di kalangan para pemimpin agama (ayat Mat 23:23,25).
  2. 2) Begitu besar kasih Yesus akan Alkitab yang terilhamkan sebagai firman Bapa-Nya, dan perhatian-Nya terhadap orang yang akan binasa karena Firman itu diputarbalikkan (lih. Mat 15:2-3; 18:6-7; Mat 23:13,15), menyebabkan Dia menggunakan kata-kata seperti "orang munafik" (ayat Mat 23:15), "orang neraka" (ayat Mat 23:15), "pemimpin-pemimpin buta" (ayat Mat 23:16), "orang bodoh" (ayat Mat 23:17), "penuh rampasan dan kerakusan" (ayat Mat 23:25), "kuburan yang dilabur putih ... yang sebelah dalamnya penuh ... pelbagai jenis kotoran" (ayat Mat 23:27), "penuh ... kedurjanaan" (ayat Mat 23:28), "ular-ular," "keturunan ular beludak" (ayat Mat 23:33) dan "pembunuh" (ayat Mat 23:34). Kata-kata ini, sekalipun keras dan menghukum, namun diucapkan dengan hati yang hancur (ayat Mat 23:37) oleh Dia yang akan mati karena mereka yang dikecam-Nya itu (bd. Yoh 3:16; Rom 5:6,8).
  3. 3) Yesus menggambarkan watak guru-guru dan pengkhotbah palsu sebagai orang yang berusaha untuk menjadi orang populer, orang penting, dan diperhatikan oleh orang lain (ayat Mat 23:5), senang menerima penghormatan (ayat Mat 23:6) dan berbagai gelar (ayat Mat 23:7), namun mereka mencegah orang masuk sorga karena injil mereka yang diputarbalikkan (ayat Mat 23:13;

    lihat art. GURU-GURU PALSU).

    Mereka merupakan orang beragama yang profesional yang tampaknya rohani dan saleh, tetapi sebenarnya orang berdosa (ayat Mat 23:14,25-27). Mereka menyanjung para pemimpin rohani yang saleh dari masa lampau, namun tidak mengikuti perbuatan atau pengabdian mereka kepada Allah, Firman-Nya dan kebenaran (ayat Mat 23:29-30).
  4. 4) Alkitab mengingatkan orang percaya untuk waspada terhadap para pemimpin agama yang palsu semacam itu (Mat 7:15; 24:11), memandang mereka sebagai orang yang tidak percaya

    (lihat cat. --> Gal 1:9)

    [atau ref. Gal 1:9]

    sehingga menolak untuk mendukung pelayanan mereka atau bersekutu dengan mereka (2Yoh 1:9-11).
  5. 5) Orang di dalam gereja yang atas nama kasih, toleransi, dan persatuan, tidak mau mengambil sikap Yesus terhadap orang yang memutarbalikkan ajaran Kristus dan Alkitab (Mat 7:15; Gal 1:6-7; 2Yoh 1:9) sebenarnya ikut terlibat dalam perbuatan jahat para nabi dan guru palsu (2Yoh 1:10,11).

Full Life: Mat 23:28 - DI SEBELAH LUAR ... BENAR. Nas : Mat 23:28 Yesus melanjutkan kecaman-Nya terhadap para pemimpin agama dan pengkhotbah pada zaman itu yang perilakunya di depan umum tampak ben...

Nas : Mat 23:28

Yesus melanjutkan kecaman-Nya terhadap para pemimpin agama dan pengkhotbah pada zaman itu yang perilakunya di depan umum tampak benar, tetapi hatinya penuh kemunafikan, kesombongan, hawa nafsu, dan kefasikan. Mereka itu seperti halnya kuburan yang dicat, luarnya indah dan menarik tetapi dalamnya penuh dengan segala kebusukan dan kejahatan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai guru-guru palsu ini,

lihat art. GURU-GURU PALSU.

Full Life: Mat 23:37 - YERUSALEM, YERUSALEM. Nas : Mat 23:37 Lihat cat. --> Luk 13:34; dan lihat cat. --> Luk 19:41. [atau ref. Luk 13:34; 19:41]

Nas : Mat 23:37

Lihat cat. --> Luk 13:34; dan

lihat cat. --> Luk 19:41.

[atau ref. Luk 13:34; 19:41]

Full Life: Mat 23:39 - KAMU TIDAK AKAN MELIHAT AKU LAGI, HINGGA. Nas : Mat 23:39 Kota Yerusalem berkali-kali menolak pesan Yesus. Oleh karena itu, dengan sedih (ayat Mat 23:37-38) Kristus harus meninggalkan merek...

Nas : Mat 23:39

Kota Yerusalem berkali-kali menolak pesan Yesus. Oleh karena itu, dengan sedih (ayat Mat 23:37-38) Kristus harus meninggalkan mereka dan tidak akan dilihat lagi oleh Israel hingga mereka mengakui kesalahan mereka dan meminta Sang Mesias datang untuk membebaskan mereka.

  1. 1) Hal ini hanya akan terjadi ketika Israel (yaitu, sisa Israel,

    lihat cat. --> Yes 6:13;

    lihat cat. --> Yes 10:20;

    lihat cat. --> Yes 17:7)

    [atau ref. Yes 6:13; 10:20; 17:7]

    mengalami masa kesengsaraan yang hebat dan berada dalam bahaya yang sangat besar (Hos 5:15-6:3;

    lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

  2. 2) Pada saat Israel mengalami kesengsaraan yang hebat pada akhir zaman (Am 9:9), bangsa-bangsa di dunia akan berkumpul melawan Yerusalem (Za 12:1-4) dan dua pertiga dari bangsa Israel akan terbunuh (Za 13:8-9). Pada saat Israel hampir musnah, kelompok yang tersisa akan bertobat dan meratap (Yes 26:16-17; 64:1,6; Hos 5:15; Za 12:4-5,10; Rom 11:26;

    lihat cat. --> Wahy 11:2;

    lihat cat. --> Wahy 12:6;

    [atau ref. Wahy 11:2; 12:6]

    lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN AllAH).

BIS: Mat 23:5 - rumbai-rumbai jubah mereka rumbai-rumbai jubah mereka: rumbai-rumbai itu dipakai sebagai tanda ketaatan kepada Allah (lih. Bil 15:37-41).

rumbai-rumbai jubah mereka: rumbai-rumbai itu dipakai sebagai tanda ketaatan kepada Allah (lih. Bil 15:37-41).

Jerusalem: Mat 23:3 - Lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan ialah sejauh mereka melanjutkan tradisi yang diterima dari Musa. Tidak termasuk ke dalamnya penafsiran mereka sendiri; bagaimana pendapatNya terhadap ...

ialah sejauh mereka melanjutkan tradisi yang diterima dari Musa. Tidak termasuk ke dalamnya penafsiran mereka sendiri; bagaimana pendapatNya terhadap penafsiran itu sudah dikatakan Yesus, bdk Mat 15:1-20; Mat 16:6; Mat 19:3-9.

Jerusalem: Mat 23:5 - tali sembahyang Istilahnya: filakteria: kotak-kotak kecil yang di dalamnya terdapat helai-helai kertas kecil yang ditulisi firman pokok dari Kitab Suci. Orang Yahudi ...

Istilahnya: filakteria: kotak-kotak kecil yang di dalamnya terdapat helai-helai kertas kecil yang ditulisi firman pokok dari Kitab Suci. Orang Yahudi mengikat kotak-kotak itu pada lengan dan dahinya, sehingga mereka secara harafiah melaksanakannya apa yang dikatakan dalam Kel 13:9,16; Ula 6:8; Ula 11:18

Jerusalem: Mat 23:5 - jumbai Jumbai-jumbai itu terjahit pada ujung-ujung mantol, bdk Bil 15:38; Mat 9:20.

Jumbai-jumbai itu terjahit pada ujung-ujung mantol, bdk Bil 15:38; Mat 9:20.

Jerusalem: Mat 23:7 - Rabi Sebuah kata Ibrani yang berarti: tuanku; ia menjadi gelar yang lazim bagi para ahli hukum Musa, Yesus sendiripun disapa demikian oleh murid-muridNya, ...

Sebuah kata Ibrani yang berarti: tuanku; ia menjadi gelar yang lazim bagi para ahli hukum Musa, Yesus sendiripun disapa demikian oleh murid-muridNya, Mat 26:25,49.

Jerusalem: Mat 23:8-12 - -- Ayat-ayat ini hanya tertuju kepada murid-murid saja, sehingga aslinya kiranya tidak termasuk wejangan ini.

Ayat-ayat ini hanya tertuju kepada murid-murid saja, sehingga aslinya kiranya tidak termasuk wejangan ini.

Jerusalem: Mat 23:9 - bapa dalam bahasa Aram: Abba, sebuah gelar kehormatan.

dalam bahasa Aram: Abba, sebuah gelar kehormatan.

Jerusalem: Mat 23:10 - pemimpin Barangkali Yesus berpikir kepada kepala jemaat di Qumran yang bergelar: "Pemimpin (atau Guru) yang benar".

Barangkali Yesus berpikir kepada kepala jemaat di Qumran yang bergelar: "Pemimpin (atau Guru) yang benar".

Jerusalem: Mat 23:13 - kamu rintangi mereka Tuntutan-tuntutan yang dibebankan para rabi membuat pelaksanaan hukum Taurat menjadi mustahil.

Tuntutan-tuntutan yang dibebankan para rabi membuat pelaksanaan hukum Taurat menjadi mustahil.

Jerusalem: Mat 23:14 - -- Ayat ini tidak asli dalam Matius, Disisipkan ke dalam dengan diambil dari Mar 12:40; Luk 20:47. Kalau Mat 23:14 dihapus, maka jumlah kutukan yang dilo...

Ayat ini tidak asli dalam Matius, Disisipkan ke dalam dengan diambil dari Mar 12:40; Luk 20:47. Kalau Mat 23:14 dihapus, maka jumlah kutukan yang dilontarkan Yesus ini menjadi genap tujuh, bdk Mat 6:9+.

Jerusalem: Mat 23:15 - penganut agamamu Dalam bahasa Yunani dipakai istilah "prosilit", ialah orang kafir yang masuk Yahudi. Propaganda Yahudi di dunia Yunani-Romawi cukup giat. Bdk Kis 2:11...

Dalam bahasa Yunani dipakai istilah "prosilit", ialah orang kafir yang masuk Yahudi. Propaganda Yahudi di dunia Yunani-Romawi cukup giat. Bdk Kis 2:11+.

Jerusalem: Mat 23:16 - yang berkata Soalnya macam-macam nazar. Para rabi sudah menemukan berbagai dalih untuk membebaskan orang dari apa yang dinazarkan dengan kurang bijaksana.

Soalnya macam-macam nazar. Para rabi sudah menemukan berbagai dalih untuk membebaskan orang dari apa yang dinazarkan dengan kurang bijaksana.

Jerusalem: Mat 23:23 - persepuluhan Hukum Musa memerintahkan memberikan bagian sepersepuluhan dari hasil bumi. Orang Farisi dengan berlebih-lebihan mengetrapkannya juga pada tumbuh-tumbu...

Hukum Musa memerintahkan memberikan bagian sepersepuluhan dari hasil bumi. Orang Farisi dengan berlebih-lebihan mengetrapkannya juga pada tumbuh-tumbuhan yang paling kecil.

Jerusalem: Mat 23:25 - tetapi sebelah dalamnya penuh Var: tetapi di dalam kamu penuh

Var: tetapi di dalam kamu penuh

Jerusalem: Mat 23:25 - kerakusan Var: kejahatan, atau: kenajisan, atau: keinginan (jahat).

Var: kejahatan, atau: kenajisan, atau: keinginan (jahat).

Jerusalem: Mat 23:32 - penuhilah...takaran nenek moyangmu Ini menyindir kematian Yesus yang sudah dekat, bdk Mat 21:38 dst.

Ini menyindir kematian Yesus yang sudah dekat, bdk Mat 21:38 dst.

Jerusalem: Mat 23:34 - nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli taurat Istilah-istilah ini aslinya Yahudi, tetapi di sini diterapkan pada perutusan Kristus, bdk Mat 10:41; Mat 13:52.

Istilah-istilah ini aslinya Yahudi, tetapi di sini diterapkan pada perutusan Kristus, bdk Mat 10:41; Mat 13:52.

Jerusalem: Mat 23:35 - Zakharia Yang dimaksudkan kiranya Zakharia yang disebut dalam 2Ta 24:20-22. Pembunuhan atas diri Zakharia ini adalah yang terakhir yang diceritakan dalam Kitab...

Yang dimaksudkan kiranya Zakharia yang disebut dalam 2Ta 24:20-22. Pembunuhan atas diri Zakharia ini adalah yang terakhir yang diceritakan dalam Kitab Suci (Tawarikh memang kitab terakhir dalam daftar kitab-kitab Suci Yahudi), sedangkan pembunuhan atas diri Habel, Kej 4:8), adalah yang pertama "Anak Berekhya" kiranya disebabkan oleh karena Zakharia ini dicampurkan dengan Zakharia lain, bdk Yes 8:2 (LXX); Zak 1:1. Boleh jadi juga bahwa kata-kata itu disisipkan oleh salah seorang penyalin Kitab Suci.

Jerusalem: Mat 23:37 - membunuh nabi-nabi Lihat 1Ra 19:10,14; Yer 26:20-23; 2Ta 24:20-22; 1Te 2:15; Kis 7:52; Ibr 11:37

Jerusalem: Mat 23:37 - Beberapa kali Jelaslah Yesus beberapa kali mengunjungi Yerusalem; injil-injil sinoptik tidak berkata apa-apa tentang kunjungan itu, tetapi Yohanes menceritakannya.

Jelaslah Yesus beberapa kali mengunjungi Yerusalem; injil-injil sinoptik tidak berkata apa-apa tentang kunjungan itu, tetapi Yohanes menceritakannya.

Jerusalem: Mat 23:38 - akan ditinggalkan dan menjadi sunyi Var: akan ditinggalkan Yesus sendiri akan menghilang: dan Allah sendiri akan meninggalkan Yerusalem dan Bait Allah.

Var: akan ditinggalkan Yesus sendiri akan menghilang: dan Allah sendiri akan meninggalkan Yerusalem dan Bait Allah.

Jerusalem: Mat 23:39 - Diberkatilah..... Luk 13:35 rupanya mengaitkan perkataan ini dengan masuknya Yesus pada hari palem. Tetapi dalam Matius perkataan dipertalikan dengan suatu kedatangan l...

Luk 13:35 rupanya mengaitkan perkataan ini dengan masuknya Yesus pada hari palem. Tetapi dalam Matius perkataan dipertalikan dengan suatu kedatangan lain, barangkali kedatangan Kristus pada akhir zaman. Orang Yahudi akan menyambut kedatanganNya itu dengan baik, sebab sudah bertobat, bdk Rom 11:25 dst. Mat 24:1-25:46 Wejangan eskatologis yang tercantum dalam Matius ini menggabungkan pemberitaan tentang musnahnya Yerusalem dengan pemberitaan tentang akhir zaman. Dengan maksud itu wejangan yang tercantum dalam Markus dan yang hanya mengenai kemusnahan Yerusalem dilengkapi dengan tiga unsur: 1) Ditambahkan Mat 24:26-28, Mat 24:37-41, yang diambil dari sebuah wejangan tentang Kedatangan Anak Manusia, yang juga dipergunakan oleh Luk 17:22-37; 2) Matius menyadur Markus dengan menyisipkan "Parusia", Mat 23:3,27,37,39 (istilah "parusia" tidak pernah dipakai dalam keempat injil kecuali di sini; bdk Mat 24:3+; 1Ko 15:23+), kesudahan dunia, Mat 23:3; bdk Mat 13:39,40,49, dan "Tanda Anak Manusia" yang dilihat sekalian bangsa dunia, Mat 23:30; 3) pada akhir wejangan ditambahkan beberapa perumpamaan mengenai perlunya berjaga-jaga, Mat 24:42-25:30; perumpamaan-perumpamaan itu menyiapkan apa yang dikatakan tentang Kedatangan Yesus kelak dan penghakiman terakhir, Mat 25:31-46. Penggabungan kemusnahan Yerusalem dengan kesudahan dunia memang sesuai dengan kebenaran teologis. Meskipun kedua peristiwa berbeda dalam waktu, namun pada pokoknya bersatu-padu: kemusnahan Yerusalem benar-benar pendahulu dan pralambang akhir zaman. Kemusnahan Kota Suci mengakhiri Perjanjian Lama karena datangnya Kristus kembali secara kelihatan (dalam kemusnahan itu) untuk memulai pemerintahanNya dalam Gereja. Peristiwa yang memutuskan dalam sejarah penyelamatan itu baru akan terulang pada akhir zaman, waktu Allah akan menghakimi bangsa manusia yang sudah terpilih dalam Kristus, sama seperti menghakimi bangsa terpilih yang pertama melalui kemusnahan Yerusalem. Bdk 1Ko 1:8+.

Ende: Mat 23:4 - Beban Jang dimaksudkan disini ialah perintah-perintah dan larangan pitjik-pitjik, tak terhitung banjaknja, jang ditetapkan orang parisi dan ahli-ahli taurat...

Jang dimaksudkan disini ialah perintah-perintah dan larangan pitjik-pitjik, tak terhitung banjaknja, jang ditetapkan orang parisi dan ahli-ahli taurat, berdasarkan tafsiran taurat jang sewenang-wenangnja.

Ende: Mat 23:5 - Pita sembahjang Semua orang laki-laki Jahudi jang sudah dewasa, berwadjib memakai dua pita-sembahjang dalam melakukan sembahjang pagi. Pita-pita itu dibuat dari kulit...

Semua orang laki-laki Jahudi jang sudah dewasa, berwadjib memakai dua pita-sembahjang dalam melakukan sembahjang pagi. Pita-pita itu dibuat dari kulit dengan ditengah-tengahnja tertempel sebuah kotak-ketjil. Didalam kotak itu terdapat empat potong kertas masing-masing bertuliskan satu ajat dari taurat. Satu pita dipasang keliling kepala, demikian rupa, sehingga kotak ketjil terletak ditengah-tengah dahi. Jang lain dibelit pada lengan kiri dan sedang sembahjang tangan kiri itu harus terletak demikian, sehingga kotak ketjil itu rapat dengan djantung. Udjud pemakaian itu, supaja orang tetap ingat dan setia kepada hukum Allah.

Ende: Mat 23:7 - Rabi Istilah itu berarti ,guru besar" dan digunakan sebagai gelar kehormatan bagi ahli-ahli taurat sebagai sardjana dan pengadjar resmi.

Istilah itu berarti ,guru besar" dan digunakan sebagai gelar kehormatan bagi ahli-ahli taurat sebagai sardjana dan pengadjar resmi.

Ende: Mat 23:9 - Bapa Disini dimaksudkan sebagai gelar kehormatan. Murid-murid Jesus harus rendah hati, djangan gila-hormat seperti orang parisi.

Disini dimaksudkan sebagai gelar kehormatan. Murid-murid Jesus harus rendah hati, djangan gila-hormat seperti orang parisi.

Ende: Mat 23:15 - Penganut Biasanja disebut "prosilit" pula. Mereka bukan Jahudi melainkan orang "kafir", jang sedikit banjak mengikuti agama Jahudi untuk kemudian disunat dan m...

Biasanja disebut "prosilit" pula. Mereka bukan Jahudi melainkan orang "kafir", jang sedikit banjak mengikuti agama Jahudi untuk kemudian disunat dan masuk.

Ende: Mat 23:23 - Membajar sepersepuluh Orang Jahudi wadjib menjerahkan sepersepuluh dari hasil tanah kepada kenisah, guna pemeliharaan gedung-gedung kenisah dan untuk penghidupan para imam ...

Orang Jahudi wadjib menjerahkan sepersepuluh dari hasil tanah kepada kenisah, guna pemeliharaan gedung-gedung kenisah dan untuk penghidupan para imam dan orang jang melajani kenisah. Harus dibajar hanja dari panen terigo, anggur dan minjak zaiton. Tetapi orang parisi sebagai orang "tersaleh" mau melebihi orang lain dan memberi sepersepuluh dari hasil-hasil jang remeh djuga, seperti rempah-rempah dan sajur.

Ende: Mat 23:25-26 - -- Orang parisi memberi perintah-perintah jang pitjik sekali tentang pembersihan piring-mangkok dan perkakas dapur lainnja. Sebagai bertjorak sindiran. J...

Orang parisi memberi perintah-perintah jang pitjik sekali tentang pembersihan piring-mangkok dan perkakas dapur lainnja. Sebagai bertjorak sindiran. Jesus mengadjar mereka: lebih baik kamu indahkan pembersihan batin dirimu, dan bila disebelah dalam telah sutji, tingkah laku akan mendjadi djudjur dan sutji djuga.

Ende: Mat 23:32 - Melengkapi jaitu dengan membunuh Mesias jang diutus oleh Allah ke padamu.

jaitu dengan membunuh Mesias jang diutus oleh Allah ke padamu.

Ende: Mat 23:35 - Zacharias putera Barachias adalah nabi jang kesebelas dalam daftar para "nabi ketjil". Tetapi tidak boleh dia dimaksudkan. Diduga bahwa disini terselip suatu kechilafan dari pih...

adalah nabi jang kesebelas dalam daftar para "nabi ketjil". Tetapi tidak boleh dia dimaksudkan. Diduga bahwa disini terselip suatu kechilafan dari pihak para penjalin. Jang dimaksudkan tentulah Zacharias putera imam-agung Jojada jang memang dalam melaksanakan tugasnya sebagai nabi, diradjam didalam kenisah, dekat altar kurban-kurban-bakar. Abel adalah jang pertama. Zacharias ini jang terachir, jang pembunuhannja diriwajatkan didalam Kitab Kudus, Perdjandjian Lama.

Ref. Silang FULL: Mat 23:2 - Ahli-ahli Taurat · Ahli-ahli Taurat: Ezr 7:6,25

· Ahli-ahli Taurat: Ezr 7:6,25

Ref. Silang FULL: Mat 23:4 - mau menyentuhnya · mau menyentuhnya: Luk 11:46; Kis 15:10; Gal 6:13

· mau menyentuhnya: Luk 11:46; Kis 15:10; Gal 6:13

Ref. Silang FULL: Mat 23:5 - supaya dilihat // tali sembahyang // dan jumbai · supaya dilihat: Mat 6:1,2,5,16 · tali sembahyang: Kel 13:9; Ul 6:8 · dan jumbai: Bil 15:38; Ul 22:12

· supaya dilihat: Mat 6:1,2,5,16

· tali sembahyang: Kel 13:9; Ul 6:8

· dan jumbai: Bil 15:38; Ul 22:12

Ref. Silang FULL: Mat 23:6 - rumah ibadat · rumah ibadat: Luk 11:43; 14:7; 20:46

· rumah ibadat: Luk 11:43; 14:7; 20:46

Ref. Silang FULL: Mat 23:7 - dipanggil Rabi · dipanggil Rabi: Mat 23:8; Mat 26:25,49; Mr 9:5; 10:51; Yoh 1:38,49; 3:2,26; 20:16

Ref. Silang FULL: Mat 23:9 - satu Bapamu · satu Bapamu: Mal 1:6; Mat 6:9; 7:11

· satu Bapamu: Mal 1:6; Mat 6:9; 7:11

Ref. Silang FULL: Mat 23:11 - menjadi pelayanmu · menjadi pelayanmu: Mr 9:35; Mr 9:35

· menjadi pelayanmu: Mr 9:35; [Lihat FULL. Mr 9:35]

Ref. Silang FULL: Mat 23:12 - akan ditinggikan · akan ditinggikan: 1Sam 2:8; Mazm 18:28; Ams 3:34; Yes 57:15; Yeh 21:26; Luk 1:52; 14:11

Ref. Silang FULL: Mat 23:13 - orang-orang munafik // yang berusaha · orang-orang munafik: Mat 23:15,23,25,27,29 · yang berusaha: Luk 11:52

· orang-orang munafik: Mat 23:15,23,25,27,29

· yang berusaha: Luk 11:52

Ref. Silang FULL: Mat 23:15 - orang saja // orang neraka · orang saja: Kis 2:11; 6:5; 13:43 · orang neraka: Mat 5:22; Mat 5:22

· orang saja: Kis 2:11; 6:5; 13:43

· orang neraka: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Mat 23:16 - pemimpin-pemimpin buta // Suci, sumpah · pemimpin-pemimpin buta: Mat 23:24; Yes 9:15; Mat 15:14 · Suci, sumpah: Mat 5:33-35

· pemimpin-pemimpin buta: Mat 23:24; Yes 9:15; Mat 15:14

· Suci, sumpah: Mat 5:33-35

Ref. Silang FULL: Mat 23:17 - yang menguduskan · yang menguduskan: Kel 30:29

· yang menguduskan: Kel 30:29

Ref. Silang FULL: Mat 23:19 - yang menguduskan · yang menguduskan: Kel 29:37

· yang menguduskan: Kel 29:37

Ref. Silang FULL: Mat 23:21 - yang diam · yang diam: 1Raj 8:13; Mazm 26:8

· yang diam: 1Raj 8:13; Mazm 26:8

Ref. Silang FULL: Mat 23:22 - di atasnya · di atasnya: Mazm 11:4; Mat 5:34

· di atasnya: Mazm 11:4; Mat 5:34

Ref. Silang FULL: Mat 23:23 - sebab persepuluhan // dan kesetiaan · sebab persepuluhan: Im 27:30 · dan kesetiaan: Mi 6:8; Luk 11:42

· sebab persepuluhan: Im 27:30

· dan kesetiaan: Mi 6:8; Luk 11:42

Ref. Silang FULL: Mat 23:24 - pemimpin-pemimpin buta · pemimpin-pemimpin buta: Mat 23:16

· pemimpin-pemimpin buta: Mat 23:16

Ref. Silang FULL: Mat 23:25 - dan pinggan // dan kerakusan · dan pinggan: Mr 7:4 · dan kerakusan: Luk 11:39

· dan pinggan: Mr 7:4

· dan kerakusan: Luk 11:39

Ref. Silang FULL: Mat 23:27 - seperti kuburan · seperti kuburan: Luk 11:44; Kis 23:3

· seperti kuburan: Luk 11:44; Kis 23:3

Ref. Silang FULL: Mat 23:29 - makam nabi-nabi · makam nabi-nabi: Luk 11:47,48

· makam nabi-nabi: Luk 11:47,48

Ref. Silang FULL: Mat 23:31 - nabi-nabi itu · nabi-nabi itu: Mat 5:12; Mat 5:12

· nabi-nabi itu: Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]

Ref. Silang FULL: Mat 23:32 - juga takaran // nenek moyangmu · juga takaran: 1Tes 2:16 · nenek moyangmu: Yeh 20:4

· juga takaran: 1Tes 2:16

· nenek moyangmu: Yeh 20:4

Ref. Silang FULL: Mat 23:33 - ular beludak // hukuman neraka · ular beludak: Mat 3:7; 12:34 · hukuman neraka: Mat 5:22; Mat 5:22

· ular beludak: Mat 3:7; 12:34

· hukuman neraka: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Mat 23:34 - kamu salibkan // rumah-rumah ibadatmu // ke kota · kamu salibkan: 2Taw 36:15,16; Luk 11:49 · rumah-rumah ibadatmu: Mat 10:17; Mat 10:17 · ke kota: Mat 10:23

· kamu salibkan: 2Taw 36:15,16; Luk 11:49

· rumah-rumah ibadatmu: Mat 10:17; [Lihat FULL. Mat 10:17]

· ke kota: Mat 10:23

Ref. Silang FULL: Mat 23:35 - dari Habel // anak Berekhya // dan mezbah · dari Habel: Kej 4:8; Ibr 11:4 · anak Berekhya: Za 1:1 · dan mezbah: 2Taw 24:21

· dari Habel: Kej 4:8; Ibr 11:4

· anak Berekhya: Za 1:1

· dan mezbah: 2Taw 24:21

Ref. Silang FULL: Mat 23:36 - angkatan ini · angkatan ini: Mat 10:23; 24:34; Luk 11:50,51

· angkatan ini: Mat 10:23; 24:34; Luk 11:50,51

Ref. Silang FULL: Mat 23:37 - diutus kepadamu // bawah sayapnya · diutus kepadamu: 2Taw 24:21; Mat 5:12; Mat 5:12 · bawah sayapnya: Mazm 57:2; 61:5; Yes 31:5

· diutus kepadamu: 2Taw 24:21; Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]

· bawah sayapnya: Mazm 57:2; 61:5; Yes 31:5

Ref. Silang FULL: Mat 23:38 - menjadi sunyi · menjadi sunyi: 1Raj 9:7,8; Yer 22:5

· menjadi sunyi: 1Raj 9:7,8; Yer 22:5

Ref. Silang FULL: Mat 23:39 - nama Tuhan · nama Tuhan: Mazm 118:26; Mat 21:9

· nama Tuhan: Mazm 118:26; Mat 21:9

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 23:1-12 - Ahli-ahli Taurat dan Orang-orang Farisi Dikecam; Peringatan terhadap Kesombongan Dalam pasal sebelumnya diceritakan tentang percakapan Juruselamat kita dengan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Sekaran...

Matthew Henry: Mat 23:13-33 - Kejahatan Orang-orang Farisi Kejahatan Orang-orang Farisi (23:13-33) Di dal...

Matthew Henry: Mat 23:34-39 - Kebinasaan Orang-orang Farisi; Kesalahan dan Kebinasaan Yerusalem Kebinasaan Orang-orang Farisi; Kesalahan dan Kebinasaan Yerusalem (23:34-39...

SH: Mat 23:1-12 - Pemain sandiwara. (Selasa, 31 Maret 1998) Pemain sandiwara. Pemain sandiwara. Banyak kelebihan orang Farisi dan ahli Taurat. Tuhan Yesus tak seg...

SH: Mat 23:1-12 - Pemimpin yang berintegritas (Minggu, 14 Maret 2010) Pemimpin yang berintegritas Judul: Pemimpin yang berintegritas Yesus menunjukkan sikap yang positif te...

SH: Mat 23:1-12 - Hasil panen atau hukuman (Senin, 11 Maret 2013) Hasil panen atau hukuman Judul: Pelayan atau pemimpin? Kritik tajam Yesus terhadap ahli Taurat dan ora...

SH: Mat 23:1-12 - Humble Heart (Rabu, 22 Maret 2023) Humble Heart Orang yang menghidupi tradisi agama belum tentu adalah orang yang betul-betul religius. Orang tidak ...

SH: Mat 23:1-22 - Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang gersang (1) (Rabu, 7 Maret 2001) Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang gersang (1) Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang ger...

SH: Mat 23:1-15 - Yesus membongkar kepalsuan (Jumat, 4 Maret 2005) Yesus membongkar kepalsuan Yesus membongkar kepalsuan Tuhan Yesus kini mempertentangkan orang Farisi d...

SH: Mat 23:1-15 - Pemimpin, antara Status dan Teladan (Rabu, 22 Maret 2017) Pemimpin, antara Status dan Teladan Pemimpin tidak hanya soal status, tetapi juga teladan. Keteladanan seorang pe...

SH: Mat 23:13-24 - Menutup pintu Surga. (Rabu, 1 April 1998) Menutup pintu Surga. Menutup pintu Surga. Akibat kepemimpinan rohani model Farisi dan ahli Taurat, bur...

SH: Mat 23:13-36 - Mengenai kemunafikan (Senin, 15 Maret 2010) Mengenai kemunafikan Judul: Mengenai kemunafikan Ketika kita mendengar istilah ahli Taurat dan orang F...

SH: Mat 23:13-39 - Warga negara "Sion" (Selasa, 12 Maret 2013) Warga negara "Sion" Judul: Pelayan munafik Kecaman keras Tuhan Yesus kepada pemuka-pemuka agama Yahudi...

SH: Mat 23:13-39 - Self-righteous (Kamis, 23 Maret 2023) Self-righteous Para pemimpin agama sering merasa terancam ketika otoritasnya dipertanyakan oleh orang yang kritis...

SH: Mat 23:16-28 - Yesus membongkar kesesatan (Sabtu, 5 Maret 2005) Yesus membongkar kesesatan Yesus membongkar kesesatan Mulai ayat ...

SH: Mat 23:16-28 - Melawan Kemunafikan (Kamis, 23 Maret 2017) Melawan Kemunafikan Bila khotbah Yesus di Bukit (Mat. 5-7) d...

SH: Mat 23:23-39 - Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang gersang (2) (Kamis, 8 Maret 2001) Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang gersang (2) Doktrin tanpa aplikasi adalah pengetahuan yang ger...

SH: Mat 23:25-39 - Bermanfaatkah topeng? (Kamis, 2 April 1998) Bermanfaatkah topeng? Bermanfaatkah topeng? Ada tarian atau drama yang para pelakonnya mengenakan tope...

SH: Mat 23:29-39 - Yesus menghakimi (Minggu, 6 Maret 2005) Yesus menghakimi Yesus menghakimi Rencana untuk membunuh diri-Nya (ayat ...

SH: Mat 23:29-39 - Apakah Pintu Tobat Sudah Tertutup? (Jumat, 24 Maret 2017) Apakah Pintu Tobat Sudah Tertutup? Tuhan Yesus melihat kekerasan hati Israel yang tidak mau bertobat. Karena itu,...

SH: Mat 23:37--24:2 - Hidupku adalah bait-Nya (Selasa, 16 Maret 2010) Hidupku adalah bait-Nya Judul: Hidupku adalah bait-Nya Banyak agen perjalanan menawarkan ziarah rohani...

Topik Teologia: Mat 23:2 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Ketidakadilan dan Penderitaan Manusia Ayu 24:2-4...

Topik Teologia: Mat 23:5 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog ...

Topik Teologia: Mat 23:8 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Tuan Mat 23:8 ...

Topik Teologia: Mat 23:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah yang Mahaesa Allah adalah Satu-satunya Allah ...

Topik Teologia: Mat 23:10 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Guru Mat 19:16 ...

Topik Teologia: Mat 23:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Mat 23:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Mat 23:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Mat 23:15 - -- Dosa Para Pendosa adalah Orang Neraka Mat 23:15 Ke...

Topik Teologia: Mat 23:16 - -- Dosa Bersumpah Demi Makhluk-makhluk Lain Yos 23:7 ...

Topik Teologia: Mat 23:17 - -- Dosa Bersumpah Demi Makhluk-makhluk Lain Yos 23:7 ...

Topik Teologia: Mat 23:22 - -- Allah yang Berpribadi Allah (Yun.: Theos) Mat 1:23 ...

Topik Teologia: Mat 23:23 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mere...

Topik Teologia: Mat 23:27 - -- Dosa Para Pendosa seperti Kubur yang Dilabur Putih Mat 23:27-28...

Topik Teologia: Mat 23:29 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: Mat 23:33 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Penghukuman Temporal Atas Orang-orang Fasi...

Topik Teologia: Mat 23:35 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog ...

Topik Teologia: Mat 23:37 - -- Allah yang Berpribadi Sayap Kel 19:4 ...

TFTWMS: Mat 23:1-4 - Meminta Orang Lain Taat Sementara Diri Sendiri Tidak Taat MEMINTA ORANG LAIN TAAT SEMENTARA DIRI SENDIRI TIDAK TAAT (Matius 23:1-4) ...

TFTWMS: Mat 23:5-12 - Memperlihatkan Kebenaran Kita Untuk Mengesankan Orang Lain MEMPERLIHATKAN KEBENARAN KITA UNTUK MENGESANKAN ORANG LAIN (Matius 23:5-12) ...

TFTWMS: Mat 23:13-14 - Celaka Pertama CELAKA PERTAMA (Matius 23:13, 14) 13 Celakalah kamu, hai ahli-ahli...

TFTWMS: Mat 23:15 - Celaka Kedua CELAKA KEDUA (Matius 23:15) 15 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan ora...

TFTWMS: Mat 23:16-22 - Celaka Ketiga CELAKA KETIGA (Matius 23:16-22) 16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pe...

TFTWMS: Mat 23:23-24 - Celaka Keempat CELAKA KEEMPAT (Matius 23:23, 24) 23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli...

TFTWMS: Mat 23:25-26 - Celaka Kelima CELAKA KELIMA (Matius 23:25, 26) 25 Celakalah kamu, hai ahli-ahli ...

TFTWMS: Mat 23:27-28 - Celaka Keenam CELAKA KEENAM (Matius 23:27, 28) 27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli ...

TFTWMS: Mat 23:29-33 - Celaka Ketujuh CELAKA KETUJUH (Matius 23:29-33) 29 Celakalah kamu, hai ahli-ahli ...

TFTWMS: Mat 23:34-36 - Pemikiran Tambahan Tentang Celaka Ketujuh PEMIKIRAN TAMBAHAN TENTANG CELAKA KETUJUH (Matius 23:34-36) 34 &qu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun ...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (...

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Jurusela...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang ...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedj...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Minggu Sengsara SANG RAJA 23:1-12 Peringatan-Nya Kepada K...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) AGAMA SEJATI (Matius 23) ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Farisisme Zaman Moderen (Matius 23:1-12) Orang Kristen harus waspad...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 R. T. France, The Gospel According to Matthew, The Tyndale New Testament Commentaries (...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) GELAR-GELAR KEHORMATAN (Matius 23:8-10) Banyak kelompok agama telah...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) GELAR (Matius 23:8-10) Wilkins menunjukkan bahwa larangan Yesus ter...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Minggu Sengsara SANG RAJA 23:13-39 Tujuh Ucapan Celaka-N...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 John MacArthur, Jr., The MacArthur New Testament Commentary: ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Persepuluhan (Matius 23:23) Persepuluhan adalah persyaratan dalam wasiat la...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus...

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias,...

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan ant...

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA