Teks -- Lukas 4:10-44 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Luk 4:10 - PENGGUNAAN KITAB SUCI OLEH IBLIS.
Nas : Luk 4:10
Lihat cat. --> Mat 4:6.
[atau ref. Mat 4:6]
Nas : Luk 4:18
Lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS.
Full Life: Luk 4:18 - IA TELAH MENGURAPI AKU.
Nas : Luk 4:18
Yesus menerangkan maksud pelayanan-Nya yang diurapi Roh, yaitu:
1) Untuk menyampaikan kabar baik kepada orang miskin, papa, men...
Nas : Luk 4:18
Yesus menerangkan maksud pelayanan-Nya yang diurapi Roh, yaitu:
- 1) Untuk menyampaikan kabar baik kepada orang miskin, papa, menderita,
hina, patah semangat, hancur hati, dan mereka yang "gentar kepada
firman-Nya"
(lihat cat. --> Yes 61:1-3;
lihat cat. --> Yes 66:2).
[atau ref. Yes 61:1-3; 66:2]
- 2) Untuk menyembuhkan mereka yang memar dan tertindas. Penyembuhan ini meliputi segenap pribadi, baik jasmani maupun rohani.
- 3) Untuk mencelikkan mata rohani mereka yang dibutakan oleh dunia dan Iblis agar mereka dapat melihat kebenaran kabar baik Allah (bd. Yoh 9:39).
- 4) Untuk memberitakan saat pembebasan dan penyelamatan yang sesungguhnya dari kuasa Iblis, dosa, ketakutan, dan rasa bersalah (bd. Yoh 8:36; Kis 26:18). Semua orang yang dipenuhi Roh terpanggil untuk ikut serta dalam pelayanan Yesus dengan cara-cara demikian. Untuk melakukannya kita harus menyadari sungguh-sungguh kebutuhan dan kesengsaraan yang diakibatkan oleh dosa dan kuasa Iblis yang dahsyat -- keadaan perbudakan kepada kejahatan, kehancuran hati, kebutaan rohani, dan penderitaan fisik.
Full Life: Luk 4:33 - SETAN.
Nas : Luk 4:33
Lukas mencatat bahwa salah satu tindakan pertama Yesus setelah
memberitahukan kemesiasan-Nya ialah mengadakan perlawanan langsung de...
Nas : Luk 4:33
Lukas mencatat bahwa salah satu tindakan pertama Yesus setelah memberitahukan kemesiasan-Nya ialah mengadakan perlawanan langsung dengan setan.
- 1) Tujuan utama Yesus dalam pelayanan-Nya adalah membinasakan pekerjaan
Iblis (1Yoh 3:8). Kerajaan Allah tidak akan terwujud tanpa
konfrontasi dengan kerajaan Iblis (lih. Mat 12:28; juga
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
- 2) Satu tanda yang nyata bahwa Kerajaan itu telah berhenti dinyatakan
di antara umat Allah ialah kegagalan melawan kuasa kejahatan secara
langsung dengan melepaskan orang berdosa dari perbudakan kepada dosa dan
setan
(lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).
Full Life: Luk 4:40 - MENYEMBUHKAN MEREKA.
Nas : Luk 4:40
Lihat cat. --> Mat 4:23;
[atau ref. Mat 4:23]
juga
lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI.
BIS -> Luk 4:20
lalu duduk: pada zaman itu orang Yahudi duduk kalau mau mengajar.
Jerusalem -> Luk 4:1-13; Luk 4:14; Luk 4:15; Luk 4:16-30; Luk 4:16; Luk 4:16; Luk 4:18; Luk 4:23; Luk 4:44
Jerusalem: Luk 4:1-13 - -- Lukas mempersatukan dalam ceritanya keterangan yang diberikan Markus (empat puluh hari percobaan) dan keterangan yang diberikan Matius (tiga percobaan...
Lukas mempersatukan dalam ceritanya keterangan yang diberikan Markus (empat puluh hari percobaan) dan keterangan yang diberikan Matius (tiga percobaan setelah empat puluh hari Yesus berpuasa). Lukas merobah urutan percobaan, seperti disajikan oleh Matius, sehingga yang terakhir terjadi di Yerusalem; bdk Luk 2:38+. Mengenai ciri percobaan itu, bdk Mat 4:1+.
Jerusalem: Luk 4:14 - Dan tersiarkan kabar Ini semacam ulangan dalam Luk 4:37; Luk 5:15; Luk 7:17; bdk ulangan yang serupa dalam Kis 2:41+; Luk 6:7; Luk 1:80+.
Jerusalem: Luk 4:15 - memuji Dia Bahwasanya Yesus dikagumi dan dipuji orang merupakan suatu pokok lain yang digemari Lukas: Luk 4:2; Luk 8:25; Luk 11:27; Luk 13:17; Luk 19:48, dan yan...
Jerusalem: Luk 4:16-30 - -- Jalannya cerita ini terganggu: tidak jelas mengapa "semua orang" yang keheranan mengagumi Yesus, Luk 4:22, lalu kesal hati, Luk 4:22,28-29. Gangguan i...
Jalannya cerita ini terganggu: tidak jelas mengapa "semua orang" yang keheranan mengagumi Yesus, Luk 4:22, lalu kesal hati, Luk 4:22,28-29. Gangguan itu disebabkan oleh susunan cerita itu. Mula-mula ada sebuah cerita tentang Yesus yang mengunjungi rumah ibadat di Nazaret, bdk Mat 4:13, atau Nazara, Luk 4:16 (Yunaninya) dan yang khotbahnya diterima dengan baik. Ini terjadi waktu Yesus baru mulai berkarya, bdk Mar 1:21-22. Kemudian cerita itu disadur dengan ditambah dan ditempatkan pada waktu lain dalam hidup Yesus, Mat 13:53-58; Mar 6:1-6, untuk menampung kenyataan bahwa Yesus yang mula-mula diterima baik kemudian tidak dimengerti lagi dan ditolak oleh rakyat. Cerita yang majemuk itu disadur oleh Lukas menjadi sebuah kisah yang mengesankan. Lukas tetap menempatkannya pada awal karya Yesus sebagai pendahuluan dan lamban karya Yesus yang penuh kasih-karunia tetapi ditolak oleh bangsaNya sendiri.
Jerusalem: Luk 4:16 - Nazaret Naskah Yunani menggunakan kata "Nazara" nama kota Nazaret yang kurang lazim
Naskah Yunani menggunakan kata "Nazara" nama kota Nazaret yang kurang lazim
Jerusalem: Luk 4:16 - berdiri hendak membaca Dengan seizin pemimpin rumah-ibadat (sinagoga) setiap orang Yahudi yang dewasa boleh membacakan Kitab Suci (Perjanjian Lama) di depan umum.
Dengan seizin pemimpin rumah-ibadat (sinagoga) setiap orang Yahudi yang dewasa boleh membacakan Kitab Suci (Perjanjian Lama) di depan umum.
Jerusalem: Luk 4:18 - orang-orang miskin Sejumlah naskah menambah: menyembuhkan mereka yang patah hatinya, sesuai dengan LXX.
Sejumlah naskah menambah: menyembuhkan mereka yang patah hatinya, sesuai dengan LXX.
Jerusalem: Luk 4:23 - telah terjadi di Kapernaum Ialah mujizat-mujizat yang nanti baru diceritakan, Luk 4:33, dll. Lih. Luk 4:16+.
Jerusalem: Luk 4:44 - di Yudea Markus berkata: Galilea. Kata "Yudea" oleh Lukas diberi arti luas. Begitu juga dalam Luk 7:17; Luk 23:5(?); Kis 10:37; Kis 28:21. Boleh juga diterjema...
Barangkali masa sengsaraNja.
Ende: Luk 4:16 - Hendak membatja Tiap pria dewasa berhak tampil kemuka, dengan idzin kepala
sinagoga, untuk membatjakan Kitab Kudus didepan umat didalam sinagoga dan
memberi tafsiran.
Tiap pria dewasa berhak tampil kemuka, dengan idzin kepala sinagoga, untuk membatjakan Kitab Kudus didepan umat didalam sinagoga dan memberi tafsiran.
Ende: Luk 4:19 - Tahun-rahmat-Tuhan Ungkapan ini ingat akan tahun pembaharuan kesalehan orang
Jahudi, jang dirajakan berselang limapuluh tahun. Tetapi jang dimaksudkan
disini dengan kuti...
Ungkapan ini ingat akan tahun pembaharuan kesalehan orang Jahudi, jang dirajakan berselang limapuluh tahun. Tetapi jang dimaksudkan disini dengan kutipan itu, ialah zaman Mesias.
Ende: Luk 4:20 - Menggulung kitab Kitab-kitab dewasa itu berbentuk lembar kertas pandjang
jang digulung kalau disimpan.
Kitab-kitab dewasa itu berbentuk lembar kertas pandjang jang digulung kalau disimpan.
Tentang djanda di Sarepta itu, batjalah Buku 1Ra 17:8-16.
Tentang Naaman, batjalah 2Ra 5:1-14.
Batjalah Mar 1:23-27
Ende: Luk 4:41 - Engkau Putera Allah Tentu sadja roh-roh itu tidak mempunjai pengertian penuh
tentang isi gelar itu. Dalam mulut mereka hanja berarti Mesias
Tentu sadja roh-roh itu tidak mempunjai pengertian penuh tentang isi gelar itu. Dalam mulut mereka hanja berarti Mesias
Ende: Luk 4:43 - Aku diutus Djuga disini terang apakah maksudnja ungkapan Mar 1:38
jang maksudnja sama tetapi kabur.
Djuga disini terang apakah maksudnja ungkapan Mar 1:38 jang maksudnja sama tetapi kabur.
Ende: Luk 4:44 - Orang-orang Jahudi Dimaksudkan seluruh tanah orang Jahudi, jaitu seluruh
tanah Palestina.
Dimaksudkan seluruh tanah orang Jahudi, jaitu seluruh tanah Palestina.
Ref. Silang FULL -> Luk 4:11; Luk 4:12; Luk 4:13; Luk 4:14; Luk 4:15; Luk 4:16; Luk 4:18; Luk 4:19; Luk 4:20; Luk 4:21; Luk 4:22; Luk 4:23; Luk 4:24; Luk 4:25; Luk 4:26; Luk 4:27; Luk 4:29; Luk 4:30; Luk 4:31; Luk 4:32; Luk 4:34; Luk 4:35; Luk 4:36; Luk 4:37; Luk 4:39; Luk 4:40; Luk 4:41; Luk 4:43; Luk 4:44
· kepada batu: Mazm 91:11,12
Ref. Silang FULL: Luk 4:13 - semua pencobaan // dari pada-Nya · semua pencobaan: Ibr 4:15
· dari pada-Nya: Yoh 14:30
Ref. Silang FULL: Luk 4:14 - ke Galilea // daerah itu · ke Galilea: Mat 4:12
· daerah itu: Mat 9:26; Mat 9:26
Ref. Silang FULL: Luk 4:16 - ke Nazaret // rumah ibadat // hendak membaca · ke Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23
· rumah ibadat: Mat 13:54
· hendak membaca: 1Tim 4:13; 1Tim 4:13
Ref. Silang FULL: Luk 4:18 - ada pada-Ku // kabar baik · ada pada-Ku: Yoh 3:34; Yoh 3:34
· kabar baik: Mr 16:15
Ref. Silang FULL: Luk 4:19 - rahmat Tuhan · rahmat Tuhan: Yes 61:1,2; Im 25:10; Mazm 102:21; 103:6; Yes 42:7; 49:8,9; 58:6
· rahmat Tuhan: Yes 61:1,2; Im 25:10; Mazm 102:21; 103:6; Yes 42:7; 49:8,9; 58:6
· lalu kata: Mat 13:54,55; Yoh 6:42; 7:15
Ref. Silang FULL: Luk 4:23 - asal-Mu ini // di Kapernaum · asal-Mu ini: Luk 4:16; Mat 2:23; Mat 2:23
· di Kapernaum: Mr 1:21-28; 2:1-12
· asal-Mu ini: Luk 4:16; Mat 2:23; [Lihat FULL. Mat 2:23]
· di Kapernaum: Mr 1:21-28; 2:1-12
Ref. Silang FULL: Luk 4:25 - seluruh negeri · seluruh negeri: 1Raj 17:1; 18:1; Yak 5:17,18; Wahy 11:6
· seluruh negeri: 1Raj 17:1; 18:1; Yak 5:17,18; Wahy 11:6
· tanah Sidon: 1Raj 17:8-16; Mat 11:21; [Lihat FULL. Mat 11:21]
· Siria itu: 2Raj 5:1-14
· lalu pergi: Yoh 8:59; 10:39
Ref. Silang FULL: Luk 4:32 - mendengar pengajaran-Nya // penuh kuasa · mendengar pengajaran-Nya: Mat 7:28; Mat 7:28
· penuh kuasa: Luk 4:36; Mat 7:29
Ref. Silang FULL: Luk 4:34 - orang Nazaret // dengan kami // siapa Engkau // dari Allah · orang Nazaret: Mr 1:24; Mr 1:24
· dengan kami: Mat 8:29; Mat 8:29
· siapa Engkau: Yak 2:19
· dari Allah: Luk 4:41; Mr 1:...
Ref. Silang FULL: Luk 4:35 - Yesus menghardiknya · Yesus menghardiknya: Luk 4:39,41; Mat 8:26; Luk 8:24
· Yesus menghardiknya: Luk 4:39,41; Mat 8:26; Luk 8:24
Ref. Silang FULL: Luk 4:36 - orang takjub // penuh wibawa · orang takjub: Mat 7:28; Mat 7:28
· penuh wibawa: Luk 4:32; Mat 7:29; Mat 10:1; Mat 10:1
· lalu menghardik: Luk 4:35,41