Teks -- Kisah Para Rasul 18:1--20:38 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kis 18:3 - MEREKA SAMA-SAMA TUKANG KEMAH.
Nas : Kis 18:3
Paulus melakukan pekerjaan lain di samping memberitakan Injil; dia
seorang tukang kemah, serta mencari nafkah dengan cara ini sepanj...
Nas : Kis 18:3
Paulus melakukan pekerjaan lain di samping memberitakan Injil; dia seorang tukang kemah, serta mencari nafkah dengan cara ini sepanjang perjalanannya atau ketika tinggal di suatu tempat (Kis 20:34; 1Tes 2:9; 2Tes 3:8). Dari teladan Paulus jelaslah bahwa hamba-hamba Tuhan yang harus bekerja untuk menghidupi diri dan keluarga tidak melakukan hal yang salah. Alkitab dan para rasul telah memberi contoh lebih dahulu tentang hal merangkap pekerjaan.
Full Life: Kis 18:9 - JANGAN TAKUT.
Nas : Kis 18:9
Bagian ini mengungkapkan perasaan batin sang rasul yang manusiawi.
Rupanya pertentangan dan kebencian terhadap Paulus dan Injil maki...
Nas : Kis 18:9
Bagian ini mengungkapkan perasaan batin sang rasul yang manusiawi. Rupanya pertentangan dan kebencian terhadap Paulus dan Injil makin bertambah sehingga Paulus mulai takut dan ragu-ragu apakah harus meninggalkan Korintus atau berdiam diri sebentar (bd. 1Kor 2:3). Kadang-kadang perasaan yang sama akan timbul dalam hati umat Allah yang setia, seperti Elia (1Raj 19:4) dan Yeremia (Yer 15:15). Dalam situasi semacam itu Allah akan menjumpai orang kudus-Nya dan membesarkan hati mereka. Janji kehadiran-Nya (ayat Kis 18:10) sudah cukup untuk membebaskan mereka dari ketakutan serta memberikan kepastian dan damai yang diperlukan untuk melaksanakan kehendak Allah bagi kehidupan mereka (ayat Kis 18:10-11).
Full Life: Kis 18:10 - SEBAB AKU MENYERTAI ENGKAU.
Nas : Kis 18:10
Perkataan ini kepada Paulus tidak menunjuk kepada kehadiran umum
Kristus di mana-mana, yaitu, kemahahadiran-Nya (bd. Kis 17:26-28;
...
Nas : Kis 18:10
Perkataan ini kepada Paulus tidak menunjuk kepada kehadiran umum Kristus di mana-mana, yaitu, kemahahadiran-Nya (bd. Kis 17:26-28; Mazm 139:1-24; Yer 23:23-24; Am 9:2-4). Sebaliknya yang dimaksudkan adalah kehadiran-Nya yang khusus yang menyertai anak-anak-Nya yang setia. Kehadiran Kristus ini berarti bahwa Dia sendiri hadir untuk menyampaikan kasih, persekutuan, dan kehendak-Nya kepada kita. Dia hadir untuk bertindak dalam setiap situasi kehidupan kita untuk memberkati, menolong, melindungi, dan menuntun.
- 1) Kita dapat belajar sesuatu tentang kebenaran "Kristus menyertai kita" dari bagian-bagian PL di mana Allah mengatakan bahwa Dia menyertai umat-Nya. Ketika Musa takut untuk kembali ke Mesir, Allah mengatakan, "Bukankah Aku akan menyertai engkau?" (Kel 3:12). Ketika Yosua menggantikan Musa sebagai pemimpin bangsa Israel, Allah berjanji, "Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau" (Yos 1:5). Allah memberi semangat kepada orang Israel dengan kata-kata ini, "Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau ... Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau" (Yes 43:2,5).
- 2) Dalam PB, Matius menyatakan bahwa maksud kedatangan Yesus ke dunia ialah supaya kehadiran Allah dengan umat-Nya tercapai. Nama-Nya ialah "Imanuel" yang artinya "Allah menyertai kita" (Mat 1:23). Lagi, pada akhir Injilnya, Matius mencatat janji Yesus kepada para murid-Nya, "Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Mat 28:20). Markus menutup Injilnya dengan kata-kata, "Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru dan Tuhan turut bekerja" (Mr 16:20).
Full Life: Kis 18:23 - MENEGUHKAN HATI SEMUA MURID.
Nas : Kis 18:23
Dengan ayat ini dimulai perjalanan misi ketiga Paulus
(Kis 18:23-21:15). Paulus berangkat untuk mengunjungi jemaat-jemaat
yang didi...
Nas : Kis 18:23
Dengan ayat ini dimulai perjalanan misi ketiga Paulus (Kis 18:23-21:15). Paulus berangkat untuk mengunjungi jemaat-jemaat yang didirikan pada perjalanan pertama (pasal Kis 13:1-14:28) dan kedua (pasal Kis 15:36-18:22). Paulus tidak pernah memenangkan jiwa lalu melupakan mereka; dia juga sangat memperhatikan tingkah laku orang percaya baru dan memperkuat mereka dalam jalan Kristus. Semua orang yang baru percaya harus segera dihubungi oleh orang Kristen yang sudah mantap untuk didoakan dan dibina dalam cara Kristen serta didorong untuk berkumpul dengan orang percaya lain untuk ibadah, doa, pelayanan Firman Allah, dan penyataan Roh Kudus bagi kepentingan bersama (Kis 2:42; Mat 28:19-20; 1Kor 12:7-11; 14:1-40).
Full Life: Kis 18:25 - HANYA MENGETAHUI BAPTISAN YOHANES.
Nas : Kis 18:25
Pada saat itu pemahaman Apolos tentang Injil terbatas. Dia telah
menerima baptisan Yohanes dan percaya kepada Yesus sebagai Mesias ...
Nas : Kis 18:25
Pada saat itu pemahaman Apolos tentang Injil terbatas. Dia telah menerima baptisan Yohanes dan percaya kepada Yesus sebagai Mesias yang disalib dan dibangkitkan. Yang belum dipelajarinya ialah bahwa Yesus sendiri kini membaptiskan semua orang percaya dalam Roh Kudus. Para murid di Efesus berada dalam situasi yang sama (Kis 19:2,6).
Full Life: Kis 19:1 - EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid
Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
1) Beberapa orang mengir...
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias. Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat Kis 19:5-6).
Full Life: Kis 19:2 - SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS?
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap...
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
- 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
- 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru (Rom 8:9).
- 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun. _pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama (dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
- (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan mereka (ayat Kis 19:1-2).
- (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat Kis 19:4).
- (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus (ayat Kis 19:5).
- (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air,
Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus
atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka
percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka
terdapat suatu selang waktu.
Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah
mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh
Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi
orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Full Life: Kis 19:2 - BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR.
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum
pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui...
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus (Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas orang-orang percaya (Kis 1:5,8).
Full Life: Kis 19:5 - MEREKA MEMBERI DIRI MEREKA DIBAPTIS.
Nas : Kis 19:5
Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7)
membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihat...
Nas : Kis 19:5
Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7) membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihatkan bahwa mereka mempunyai iman yang menyelamatkan dan telah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus. Hal ini mendahului kepenuhan mereka dengan Roh Kudus (ayat Kis 19:6).
Full Life: Kis 19:6 - TURUNLAH ROH KUDUS KE ATAS MEREKA.
Nas : Kis 19:6
Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun setelah peristiwa Pentakosta
(Kis 2:4), namun, pola penerimaan Roh Kudus dari 12 orang ini sa...
Nas : Kis 19:6
Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun setelah peristiwa Pentakosta (Kis 2:4), namun, pola penerimaan Roh Kudus dari 12 orang ini sangat konsisten dengan pola biasa yang sudah disajikan Lukas
(lihat cat. --> Kis 8:5-24).
[atau ref. Kis 8:5-24]
- 1) Mereka percaya kepada Kristus dan dilahirkan kembali oleh Roh Kudus
(lihat cat. --> Kis 19:5 sebelumnya).
[atau ref. Kis 19:5]
- 2) Setelah mereka dibaptis dalam air (ayat Kis 19:5), Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan mereka dibaptis dalam Roh Kudus.
- 3) Pada saat Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka mulai berkata-kata
dengan bahasa roh dan bernubuat. Lukas tidak pernah menyampaikan
pencurahan Roh Kudus sebagai sesuatu yang dapat diketahui dengan iman
saja. Sebaliknya, Lukas menunjukkan bahwa pengalaman ini dapat diketahui
dan dikenali serta dapat dibuktikan secara obyektif; berkata-kata dengan
bahasa roh adalah bukti luar yang kelihatan bahwa Roh Kudus telah turun
atas para pengikut Yesus ini
(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
Full Life: Kis 19:12 - SAPUTANGAN ATAU KAIN.
Nas : Kis 19:12
Pelayanan Paulus di Efesus ditandai dengan berbagai mukjizat
penyembuhan dan pelepasan dari setan yang luar biasa, yang terjadi lan...
Nas : Kis 19:12
Pelayanan Paulus di Efesus ditandai dengan berbagai mukjizat penyembuhan dan pelepasan dari setan yang luar biasa, yang terjadi langsung atau melalui saputangan atau kain yang pernah menyentuh tubuhnya (yaitu, saputangan keringat atau celemek yang dipakainya ketika membuat tenda). Penyakit sembuh dan roh-roh jahat lari ketika yang sakit menyentuh kain tersebut (bd. Kis 5:15; Mr 5:27). Para penginjil sekarang ini yang berusaha untuk memperoleh sumbangan keuangan dengan meniru cara yang dipakai Paulus tidak melakukannya dengan motivasi dan roh Paulus, karena dia tidak melakukan ini untuk memperoleh uang. Paulus hanya melipatgandakan kuasa yang ada di atasnya melalui sarana-sarana yang nyata, dengan menyembuhkan dan membebaskan orang dalam jumlah lebih banyak daripada yang dapat disentuhnya sendiri dengan tangannya.
Full Life: Kis 19:19 - PERNAH MELAKUKAN SIHIR.
Nas : Kis 19:19
Pembakaran kitab-kitab sihir di hadapan umum menunjukkan bahwa orang
yang baru percaya itu segera diajar untuk meninggalkan perbuat...
Nas : Kis 19:19
Pembakaran kitab-kitab sihir di hadapan umum menunjukkan bahwa orang yang baru percaya itu segera diajar untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan ilmu gaib. Ilmu gaib, guna-guna, ilmu sihir, spiritisme, dan perbuatan gaib yang sama merupakan tindakan-tindakan setan yang bertentangan sama sekali dengan iman Kristen. Tidak mungkin seorang menjadi orang Kristen sungguh dan pada saat bersamaan terlibat dengan roh-roh atau, berusaha menghubungi orang yang sudah mati. Allah mengutuk semua kegiatan seperti itu sebagai kekejian
(lihat cat. --> Ul 18:9-11;
lihat cat. --> Ul 18:10;
lihat cat. --> Ul 18:11).
[atau ref. Ul 18:9-13]
Bermain-main dengan ilmu sihir dan spiritisme akan membuat seorang terbuka kepada pengaruh setan yang kuat dan kerasukan setan.
Full Life: Kis 20:19 - MENCUCURKAN AIR MATA.
Nas : Kis 20:19
Beberapa kali Paulus menyebutkan bahwa dia melayani Tuhan dengan
"air mata" (ayat Kis 20:31; 2Kor 2:4; Fili 3:18). Dalam amanat kep...
Nas : Kis 20:19
Beberapa kali Paulus menyebutkan bahwa dia melayani Tuhan dengan "air mata" (ayat Kis 20:31; 2Kor 2:4; Fili 3:18). Dalam amanat kepada para penatua di Efesus ini (ayat Kis 20:17-38), Paulus mengisahkan bagaimana dia setiap hari mengingatkan mereka dengan air mata selama tiga tahun (ayat Kis 20:31). Air mata ini bukan tanda kelemahan; sebaliknya, Paulus melihat keterhilangan umat manusia, kejahatan dosa, pemutarbalikan Injil serta bahayanya menolak Tuhan sebagai realitas yang begitu serius sehingga pemberitaannya sering disertai air mata (bd. Mr 9:24; Luk 19:41).
Full Life: Kis 20:20 - TIDAK PERNAH MELALAIKAN APA YANG BERGUNA BAGI KAMU.
Nas : Kis 20:20
Paulus memberitakan apa pun yang dinilainya bermanfaat dan
diperlukan untuk keselamatan para pendengarnya. Para pelayan Injil harus...
Nas : Kis 20:20
Paulus memberitakan apa pun yang dinilainya bermanfaat dan diperlukan untuk keselamatan para pendengarnya. Para pelayan Injil harus setia menyampaikan seluruh kebenaran Allah. Mereka tidak boleh berusaha memuaskan selera sidang pendengar atau memajukan ketenaran mereka. Bahkan jikalau mereka perlu menegur, mengajar ajaran yang menantang prasangka atau menyampaikan prinsip alkitabiah yang bertentangan dengan keinginan sifat berdosa, pengkhotbah yang setia akan menyampaikan seluruh kebenaran untuk kebaikan kawan dombanya (mis. Gal 1:6-10; 2Tim 4:1-5).
Full Life: Kis 20:22 - SEBAGAI TAWANAN ROH.
Nas : Kis 20:22
Paulus mengetahui bahwa penderitaan dan penganiayaan menantinya
(ayat Kis 20:23), namun dia menyerahkan kehidupannya kepada Allah,
...
Full Life: Kis 20:23 - DINYATAKAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 20:23
Pemberitahuan Roh Kudus tentang kesukaran dan hukuman penjara yang
menantikan Paulus mungkin disampaikan melalui nabi-nabi atau nub...
Nas : Kis 20:23
Pemberitahuan Roh Kudus tentang kesukaran dan hukuman penjara yang menantikan Paulus mungkin disampaikan melalui nabi-nabi atau nubuat (bd. 1Kor 12:10) dalam gereja-gereja.
Full Life: Kis 20:24 - AKU TIDAK MENGHIRAUKAN NYAWAKU SEDIKITPUN.
Nas : Kis 20:24
Yang terutama diperhatikan Paulus bukanlah mempertahankan hidupnya;
yang paling penting baginya ialah bahwa ia dapat menyelesaikan ...
Nas : Kis 20:24
Yang terutama diperhatikan Paulus bukanlah mempertahankan hidupnya; yang paling penting baginya ialah bahwa ia dapat menyelesaikan pelayanan yang dipercayakan Allah kepadanya. Di manapun tugas itu berakhir, bahkan dengan mengorbankan nyawanya, ia akan menyelesaikan pelayanannya dengan sukacita dan doa agar "Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku baik oleh hidupku, maupun matiku" (Fili 1:20). Bagi Paulus, hidup dan pelayanan bagi Kristus adalah sama dengan perlombaan yang harus diikuti dengan kesetiaan mutlak bagi Tuhannya (bd. Kis 13:25; 1Kor 9:24; 2Tim 4:7; Ibr 12:1).
Full Life: Kis 20:26 - AKU ... TIDAK BERSALAH TERHADAP SIAPAPUN.
Nas : Kis 20:26
Di dalam terjemahan versi Inggris NIV ayat ini berbunyi; "bahwa aku
tidak bersalah atas darah semua orang." Kata "darah" pada umumn...
Nas : Kis 20:26
Di dalam terjemahan versi Inggris NIV ayat ini berbunyi; "bahwa aku tidak bersalah atas darah semua orang." Kata "darah" pada umumnya dipakai untuk menunjuk kepada pertumpahan darah, yaitu, kejahatan membunuh orang (bd. Kis 5:28; Mat 23:35; 27:25).
- 1) Di sini yang dimaksudkan ialah jikalau seorang mati secara rohani dan hilang selama-lamanya, yang salah bukan rasul Paulus.
- 2) Jikalau para penilik jemaat tidak mau bertanggung jawab atas kebinasaan orang-orang di bawah pelayanan mereka, maka seluruh kebenaran Allah harus diberitahukan kepada mereka.
Full Life: Kis 20:28 - JAGALAH SELURUH KAWANAN.
Nas : Kis 20:28
Untuk pembahasan nas klasik ini mengenai para penilik dalam gereja,
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA.
Nas : Kis 20:28
Untuk pembahasan nas klasik ini mengenai para penilik dalam gereja,
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA.
Full Life: Kis 20:29 - SERIGALA-SERIGALA YANG GANAS AKAN MASUK KE TENGAH-TENGAH KAMU.
Nas : Kis 20:29
Dipengaruhi oleh ambisi pribadi untuk mendirikan kerajaan mereka
sendiri atau oleh keserakahan akan uang, kuasa atau popularitas (m...
Nas : Kis 20:29
Dipengaruhi oleh ambisi pribadi untuk mendirikan kerajaan mereka sendiri atau oleh keserakahan akan uang, kuasa atau popularitas (mis. 1Tim 1:6-7; 2Tim 1:15; 4:3-4; 3Yoh 1:9), para penyemu dalam gereja akan "memutarbalikkan" Injil sebagaimana terdapat dalam PB
- (1) dengan menyangkal atau mengabaikan beberapa kebenaran asas;
- (2) dengan menambahkan berbagai ide humanistik, filsafat dan psikologi;
- (3) dengan mencampur ajaran dan praktik Injil dengan berbagai ajaran asing lainnya;
- (4) dan dengan bersikap menenggang terhadap kehidupan amoral yang
bertentangan dengan kebenaran Allah (lih. 1Tim 4:1;
Wahy 2:1-3:22;
lihat art. GURU-GURU PALSU).
Bahwa serigala-serigala ganas seperti itu masuk di kalangan jemaat serta melemahkan ajaran dan praktik rasuli di Efesus tampak dari 1Tim 1:3-4,18-19; 4:1-3; 2Tim 1:15; 2:17-18; 3:1-8. Surat-surat Penggembalaan menyatakan bahwa penolakan secara umum terhadap ajaran rasuli mulai meningkat di seluruh propinsi Asia.
Full Life: Kis 20:31 - SEBAB ITU BERJAGA-JAGALAH.
Nas : Kis 20:31
Para penilik jemaat Allah harus senantiasa peka akan dan berwaspada
terhadap orang-orang dalam jemaat yang tidak mempunyai komitmen...
Nas : Kis 20:31
Para penilik jemaat Allah harus senantiasa peka akan dan berwaspada terhadap orang-orang dalam jemaat yang tidak mempunyai komitmen sungguh-sungguh terhadap amanat Kristus dan para rasul yang asli. Mereka harus demikian bersatu dengan Roh Kudus sehingga mereka sangat mempedulikan umat mereka, tidak berhenti siang malam mengingatkan kawanannya mengenai bahaya yang mengancam serta senantiasa menunjukkan mereka kepada satu-satunya landasan yang teguh -- Kristus dan Firman-Nya.
Full Life: Kis 20:33 - PERAK ... TIDAK PERNAH AKU INGINI DARI SIAPAPUN.
Nas : Kis 20:33
Paulus menjadi teladan bagi semua hamba Allah. Paulus tidak pernah
menginginkan atau mencari kekayaan dari kegiatannya mengabarkan ...
Nas : Kis 20:33
Paulus menjadi teladan bagi semua hamba Allah. Paulus tidak pernah menginginkan atau mencari kekayaan dari kegiatannya mengabarkan Injil (bd. 2Kor 12:14). Paulus memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi kaya. Dia menjadi seorang rasul dengan pengaruh besar atas banyak orang percaya dan dapat melakukan mukjizat-mukjizat kesembuhan; lagi pula orang Kristen mula-mula cenderung memberi uang dan harta milik kepada pimpinan gereja untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkannya (lih. Kis 4:34-35,37). Jikalau Paulus menarik keuntungan dari karunia dan kedudukannya itu, ditambah dengan kedermawanan orang percaya, ia dapat hidup kaya raya. Hal ini tidak dilakukannya karena pimpinan Roh Kudus dan kasihnya terhadap Injil (bd. 1Kor 9:4-18; 2Kor 11:7-12; 12:14-18; 1Tes 2:5-6).
Full Life: Kis 20:37 - MENANGISLAH MEREKA SEMUA.
Nas : Kis 20:37
Perpisahan ini merupakan suatu teladan persekutuan dan kasih
Kristiani yang sangat baik. Paulus telah melayani para penatua di Efes...
Nas : Kis 20:37
Perpisahan ini merupakan suatu teladan persekutuan dan kasih Kristiani yang sangat baik. Paulus telah melayani para penatua di Efesus dengan kepedulian dan perhatian tanpa pamrih. Dia ikut merasakan sukacita dan dukacita mereka sambil melayani mereka dengan air mata dan melalui berbagai pencobaan (ayat Kis 20:19,31). Mereka sangat sedih dan menangis tersedu-sedu karena mengira tidak akan melihatnya kembali (ayat Kis 20:38). Kasih yang mendalam di antara Paulus dengan para penatua ini seharusnya merupakan ciri dari semua orang yang kerja sama dalam iman.
BIS: Kis 18:18 - kaulnya kepada Tuhan kaulnya kepada Tuhan: Menurut kebiasaan Yahudi, mencukur rambut adalah tanda bahwa suatu kaul sudah dilaksanakan.
kaulnya kepada Tuhan: Menurut kebiasaan Yahudi, mencukur rambut adalah tanda bahwa suatu kaul sudah dilaksanakan.
BIS: Kis 19:9 - -- Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dari jam 11.00 siang sampai jam 16.00 sore.
Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dari jam 11.00 siang sampai jam 16.00 sore.
BIS: Kis 19:19 - uang perak uang perak: sekeping uang perak adalah upah harian bagi seorang pekerja biasa (lih. Mat 20:2).
uang perak: sekeping uang perak adalah upah harian bagi seorang pekerja biasa (lih. Mat 20:2).
BIS: Kis 19:20 - Demikianlah ... Tuhan Demikianlah ... Tuhan: atau Maka dengan kuasa Tuhan, berita itu.
Demikianlah ... Tuhan: atau Maka dengan kuasa Tuhan, berita itu.
Paulus memutuskan: atau Paulus, dengan pimpinan Roh, memutuskan.
Malam minggu: atau minggu malam.
kematian Anak-Nya sendiri: atau kematian-Nya sendiri.
Jerusalem -> Kis 18:1; Kis 18:2; Kis 18:2; Kis 18:3; Kis 18:5; Kis 18:5; Kis 18:6; Kis 18:6; Kis 18:7; Kis 18:8; Kis 18:12; Kis 18:13; Kis 18:17; Kis 18:18; Kis 18:18; Kis 18:22; Kis 18:24; Kis 18:26; Kis 18:27; Kis 19:1; Kis 19:1; Kis 19:2; Kis 19:8-10; Kis 19:9; Kis 19:10; Kis 19:10; Kis 19:13; Kis 19:16; Kis 19:18; Kis 19:20; Kis 19:23; Kis 19:28; Kis 19:29; Kis 19:29; Kis 19:33; Kis 20:1; Kis 20:2; Kis 20:3; Kis 20:3; Kis 20:4; Kis 20:4; Kis 20:4; Kis 20:4; Kis 20:4; Kis 20:5; Kis 20:6; Kis 20:6; Kis 20:6; Kis 20:7; Kis 20:18-35; Kis 20:21; Kis 20:22; Kis 20:24; Kis 20:25; Kis 20:28; Kis 20:28; Kis 20:32; Kis 20:32; Kis 20:35
Jerusalem: Kis 18:1 - Korintus Kota Korintus dibangun kembali oleh Yulius Sesar. Kota ini menjadi ibu kota propinsi Akhaya. Unsur romawi dan Latin merupakan unsur utama di kota itu....
Kota Korintus dibangun kembali oleh Yulius Sesar. Kota ini menjadi ibu kota propinsi Akhaya. Unsur romawi dan Latin merupakan unsur utama di kota itu. Tetapi perdagangan menarik macam-macam orang sehingga sifat kota itu menjadi kosmopolitis. Kelompok orang Yahudi di Korintus cukup besar dan penting. Korintus mempunyai nama buruk karena kemesumannya.
Jerusalem: Kis 18:2 - meniggalkan Roma Tindakan yang juga disebutkan oleh Suetonius (sejarawan Roma) itu kiranya diambil dalam tahun 49 atau 50. Akibatnya hanya sementara saja, bdk Rom 16:3...
Jerusalem: Kis 18:3 - Mereka bekerja Meskipun mengakui hak para misionaris untuk menerima nafkahnya, 1Ko 9:6-14; Gal 6:6; 2Te 3:9; bdk Luk 10:7, namun Paulus selalu bekerja sendiri untuk ...
Meskipun mengakui hak para misionaris untuk menerima nafkahnya, 1Ko 9:6-14; Gal 6:6; 2Te 3:9; bdk Luk 10:7, namun Paulus selalu bekerja sendiri untuk mendapat nafkahnya, 1Ko 4:12, supaya jangan memberati orang lain, 1Te 2:9; 2Te 3:8; 2Ko 12:13 dst, dan membuktikan bahwa tidak mencari untungnya sendiri, Kis 20:33 dst; 1Ko 9:15-18; 2Ko 11:7-12. Ia hanya menerima bantuan dari jemaat di Filipi, Fili 4:10-19; 2Ko 11:8 dst; bdk Kis 16:15+. Iapun mengajak kaum beriman, supaya bekerja untuk penghidupannya, 1Te 4:11 dst; 2Te 3:10-12, dan untuk menolong orang miskin, Kis 20:35; Efe 4:28.
Jerusalem: Kis 18:5 - datang dari Makedonia Setelah Silas dan Timotius kembali, Paulus menulis kedua suratnya kepada jemaat di Tesalonika. Bdk 1Te 1:1; 3:6; 2Te 1:1. Setelah tiba di Makedonia me...
Setelah Silas dan Timotius kembali, Paulus menulis kedua suratnya kepada jemaat di Tesalonika. Bdk 1Te 1:1; 3:6; 2Te 1:1. Setelah tiba di Makedonia membawa sokongan dari jemaat, 2Ko 11:8-9; Fili 4:15, Timotius dan Silas membantu Paulus dalam memberitakan Injil di Korintus, 2Ko 1:19
Jerusalem: Kis 18:5 - Yesus adalah Mesias Kedudukan Yesus sebagai Mesias merupakan pokok khusus dalam pewartaan Injil kepada orang-orang Yahudi, bdk Kis 2:36; 3:18,20; 5:42; 8:5,12; 9:22; 17:3...
Kedudukan Yesus sebagai Mesias merupakan pokok khusus dalam pewartaan Injil kepada orang-orang Yahudi, bdk Kis 2:36; 3:18,20; 5:42; 8:5,12; 9:22; 17:3; 18:28; 24:24; 26:23.
Isyarat ini berarti memutuskan hubungan
Jerusalem: Kis 18:6 - biarlah darahmu tertumpah... Ini sebuah ungkapan alkitabiah, bdk Ima 20:9-16; 2Sa 1:16. Bagi orang-orang Yahudi ungkapan itu berarti: seluruh tanggung jawab atas sikap mereka sert...
Ini sebuah ungkapan alkitabiah, bdk Ima 20:9-16; 2Sa 1:16. Bagi orang-orang Yahudi ungkapan itu berarti: seluruh tanggung jawab atas sikap mereka serta akibatnya dipikulkan kepada mereka sendiri. Maka Paulus menyatakan diri "bersih" dari darah hukuman mereka, bdk Yeh 3:17-21.
Var: Justus, atau: Titus Yustus.
Jerusalem: Kis 18:8 - memberi diri mereka dibaptis Teks barat menambah: karena percaya kepada Allah oleh karena nama Tuhan kita Yesus Kristus, bdk Kis 8:37. Jadi orang-orang yang masuk Kristen itu adal...
Teks barat menambah: karena percaya kepada Allah oleh karena nama Tuhan kita Yesus Kristus, bdk Kis 8:37. Jadi orang-orang yang masuk Kristen itu adalah orang bukan Yahudi.
Jerusalem: Kis 18:12 - Galio Menurut sebuah suratan dari Delfos Galio menjadi "pro-konsul" dalam tahun 52. Maka tampilnya Paulus di hadapan Galio itu terjadi pada akhir tinggalnya...
Jerusalem: Kis 18:13 - dengan hukum Taurat Teks Yunani hanya berkata "hukum". Ini dapat berarti baik hukum Roma, bdk Kis 16:21; 17:7, maupun hukum Taurat Yahudi, yang terlindung oleh hukum Roma...
Teks Yunani hanya berkata "hukum". Ini dapat berarti baik hukum Roma, bdk Kis 16:21; 17:7, maupun hukum Taurat Yahudi, yang terlindung oleh hukum Roma. Galio menganggap seluruh persoalannya hanya sebagai soal penafsiran hukum Yahudi saja, (Kis 18:15), dan karenanya tidak bersedia memutuskan perkara itu.
Mungkin Sostenes ini yang disebutkan dalam 1Ko 1:1.
Jerusalem: Kis 18:18 - berlayar ke Siria Ialah ke Antiokhia yang tetap merupakan pangkalan bagi Paulus
Ialah ke Antiokhia yang tetap merupakan pangkalan bagi Paulus
Jerusalem: Kis 18:18 - karena ia telah bernazar Maksudnya kurang jelas. Kiranya Paulus sendiri yang bernazar dan bukan Akwila. Orang yang bernazar menjadi "nazir", bdk Bil 6:1; selama nazarnya berla...
Maksudnya kurang jelas. Kiranya Paulus sendiri yang bernazar dan bukan Akwila. Orang yang bernazar menjadi "nazir", bdk Bil 6:1; selama nazarnya berlaku (biasanya 30 hari) orang itu antara lain tidak boleh mencukur rambut. Tidak jelas apakah Paulus bernazar di Kengkrea atau melunaskannya di situ. Bdk Kis 21:23-27 di mana Paulus bersama empat orang Yahudi lainnya melakukan upacara pengakhiran nazar.
Mungkin sekali yang dimaksudkan jemaat di Yerusalem.
Jerusalem: Kis 18:24 - Apolos Tentang Apolos itu dikatakan dalam 1Korintus. Datangnya ke Korintus disambut dengan semangat. Semangat itu lekas merosot menjadi semangat berpartai-pa...
Tentang Apolos itu dikatakan dalam 1Korintus. Datangnya ke Korintus disambut dengan semangat. Semangat itu lekas merosot menjadi semangat berpartai-partai, bdk 1Ko 1:12; 3:4-11,22; lihat juga Tit 3:13. Catatan tentang Apolos itu serupa dengan yang berikut mengenai murid-murid Yohanes Pembaptis yang terdapat di Efesus, Kis 19:1-7. Baik Apolos maupun murid Yohanes itu ternyata orang Kristen yang kurang lengkap. Ini barangkali sesuai dengan keadaan jemaat di kota Aleksandria di zaman itu.
Var: Jalan.
Jerusalem: Kis 18:27 - mengirim surat Mengenai surat pengantar semacam itu yang lazim pada jemaat-jemaat Kristen semula, bdk Rom 16:1; 2Ko 3:1 dst; Kol 4:10; 3Yo 9-10,12.
Mengenai surat pengantar semacam itu yang lazim pada jemaat-jemaat Kristen semula, bdk Rom 16:1; 2Ko 3:1 dst; Kol 4:10; 3Yo 9-10,12.
Jerusalem: Kis 19:1 - Ketika Apolos masih di Korintus Ini hanya penggabungan redaksionil antara kedua catatan yang disisipkan ke dalam kisah perjalanan. Teks barat berbunyi sebagai berikut: untuk melaksan...
Ini hanya penggabungan redaksionil antara kedua catatan yang disisipkan ke dalam kisah perjalanan. Teks barat berbunyi sebagai berikut: untuk melaksanakan rencananya Paulus mau berangkat ke Yerusalem, tetapi Roh berkata kepadanya bahwa harus kembali ke Asia. Maka sesudah menjelajah daerah-daerah pedalaman Paulus tiba di Efesus
Jerusalem: Kis 19:1 - Efesus Di zaman itu kota Efesus di samping Aleksandria dianggap kota yang paling bagus dalam kerajaan Roma, pusat keagamaan, politik dan perdagangan; pendudu...
Di zaman itu kota Efesus di samping Aleksandria dianggap kota yang paling bagus dalam kerajaan Roma, pusat keagamaan, politik dan perdagangan; penduduknya terdiri atas macam-macam bangsa.
Jerusalem: Kis 19:2 - Roh Kudus Mereka tentu tahu akan adanya Roh Kudus, bila tahu sedikit saja mengenai Perjanjian Lama, tetapi mereka tidak tahu akan pencurahan Roh Kudus yang mewu...
Mereka tentu tahu akan adanya Roh Kudus, bila tahu sedikit saja mengenai Perjanjian Lama, tetapi mereka tidak tahu akan pencurahan Roh Kudus yang mewujudkan janji-janji mengenai zaman Mesias, bdk Kis 2:17-18,33.
Jerusalem: Kis 19:8-10 - -- Kisah yang terputus oleh catatan-catatan mengenai Apolos dan murid-murid Yohanes di sini melanjutkan: Kis 19:8 meneruskan Kis 18:23 dan Kis 19:1.
Jerusalem: Kis 19:9 - di ruang kuliah Tiranus Teks Barat menambah bahwa Paulus mengajar dari pukul 11 sampai pukul 16.
Teks Barat menambah bahwa Paulus mengajar dari pukul 11 sampai pukul 16.
Jerusalem: Kis 19:10 - dua tahun lamanya Dalam Kis 20:31 dikatakan: tiga tahun lamanya. Selama waktu ini Paulus menulis surat pertama kepada jemaat di Korintus, surat kepada jemaat-jemaat di ...
Dalam Kis 20:31 dikatakan: tiga tahun lamanya. Selama waktu ini Paulus menulis surat pertama kepada jemaat di Korintus, surat kepada jemaat-jemaat di Galatia, dan mungkin surat kepada umat di Filipi
Jerusalem: Kis 19:10 - Asia Bukan seluruh "Asia proconsularis" (bagian Barat Asia Kecil), tetapi daerah yang pusatnya kota Efesus dan di mana terletak ketujuh kota yang disebutka...
Bukan seluruh "Asia proconsularis" (bagian Barat Asia Kecil), tetapi daerah yang pusatnya kota Efesus dan di mana terletak ketujuh kota yang disebutkan dalam Wah 1:11. Kepada Epafras, orang Kolose, Paulus mempercayakan pewartaan Injil di kota Kolose, Epafras memperluas pewartaannya sampai Laodikia dan Hierapolis, Kol 1:7; 4:12-13. Paulus juga dibantu oleh Timotius dan Erastus, Kis 19:22, Gayus dan Aristarkhus, Kis 19:29; Titus (yang namanya tak pernah disebut-sebut dalam Kisah para rasul) dan lain-lain orang. Karya seluruh kelompok itu oleh Lukas dihubungkan dengan Paulus, bdk Kol 4:10+.
Jerusalem: Kis 19:13 - tukang jampi Yahudi Mengenai tukang-tukang jampi Yahudi, bdk Mat 12:27. Yesus sendiri dan sesudahnya para rasul, bdk Kis 5:16; 16:18 seringkali membebaskan orang yang ker...
Mengenai tukang-tukang jampi Yahudi, bdk Mat 12:27. Yesus sendiri dan sesudahnya para rasul, bdk Kis 5:16; 16:18 seringkali membebaskan orang yang kerasukan setan, bdk Mat 8:29+
Jerusalem: Kis 19:16 - mereka semua Terjemahan lain: yang satu dan yang lain, atau: kedua-duanya (dua dari mereka?).
Terjemahan lain: yang satu dan yang lain, atau: kedua-duanya (dua dari mereka?).
Jerusalem: Kis 19:18 - perbuatan-perbuatan seperti itu Ialah: sihir, tenung, tahayul dan sebagainya. Kota Efesus terkena karena hal semacam itu.
Ialah: sihir, tenung, tahayul dan sebagainya. Kota Efesus terkena karena hal semacam itu.
Jerusalem: Kis 19:20 - -- Dalam naskah Aleksandria ayat ini berbunyi: Dengan jalan itu maka oleh kekuasaan Tuhan makin tersiarlah firman dan makin berkuasa.
Dalam naskah Aleksandria ayat ini berbunyi: Dengan jalan itu maka oleh kekuasaan Tuhan makin tersiarlah firman dan makin berkuasa.
Jerusalem: Kis 19:23 - -- Bagian ini diambil dari sumber khusus; gaya bahasanya berbeda dengan gaya Lukas yang lazim. Oleh Lukas sendiri disisipkan ke dalam kisahnya mengenai p...
Bagian ini diambil dari sumber khusus; gaya bahasanya berbeda dengan gaya Lukas yang lazim. Oleh Lukas sendiri disisipkan ke dalam kisahnya mengenai pewartaan Injil di Efesus.
Jerusalem: Kis 19:28 - mereka berteriak-teriak Teks barat menambah: Mereka berlari ke jalan dan berteriak-teriak.
Teks barat menambah: Mereka berlari ke jalan dan berteriak-teriak.
Jerusalem: Kis 19:29 - Aristarkhus Aristarkhus berasal dari Tesalonika. Kis 20:4 dan menjadi teman Paulus selama di penjara, Kis 27:2; Kol 4:10; File 24
Kiranya Gayus yang disebut dalam Kis 20:4
Jerusalem: Kis 19:33 - -- Terjemahan lain: Beberapa orang dari orang banyak itu meyakinkan Aleksander yang didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi.
Terjemahan lain: Beberapa orang dari orang banyak itu meyakinkan Aleksander yang didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi.
Kisah yang berhenti dalam Kis 19:22 diteruskan.
Dari sini Paulus mengirim surat kedua kepada jemaat di Korintus.
Jerusalem: Kis 20:3 - Sesudah tiga bulan lamanya Jadi Paulus berhasil melaksanakan rencana yang terungkap dalam 1Ko 16:5-6. Selama tiga bulan ini di Korintus Paulus menulis suratnya kepada jemaat di ...
Jadi Paulus berhasil melaksanakan rencana yang terungkap dalam 1Ko 16:5-6. Selama tiga bulan ini di Korintus Paulus menulis suratnya kepada jemaat di Roma. Teks barat berbunyi: Setelah tiga bulan tinggal di situ terpaksa karena ada sebuah komplotan melawan dia dari pihak orang-orang Yahudi, maka ia mau berangkat ke Siria. Tetapi Roh berkata kepadanya, supaya kembali melalui Makedonia
Jerusalem: Kis 20:3 - ke Siria Maksudnya membawa hasil pengumpulan dana, bdk Kis 19:21 dan Rom 15:25+.
Ada sejumlah naskah yang menambah: sampai di Asia
Mungkin sama dengan Sosipater yang disebut dalam Rom 16:21
Var: dari Doberes
Jerusalem: Kis 20:4 - Tikhikus Orang ini beberapa kali disebutkan dalam surat-surat Paulus, Efe 6:21; Kol 4:7; 2Ti 4:12; Tit 3:12
Jerusalem: Kis 20:5 - kami Di sini mulailah bagian Kisah para rasul lain yang menggunakan kata ganti diri "kami". Di Filipi Paulus bertemu lagi dengan Lukas yang selanjutnya men...
Di sini mulailah bagian Kisah para rasul lain yang menggunakan kata ganti diri "kami". Di Filipi Paulus bertemu lagi dengan Lukas yang selanjutnya menyertainya, bdk Kis 16:10+.
Ialah melalui pelabuhan Neapolis, bdk Kis 16:11
Jerusalem: Kis 20:6 - tujuh hari lamanya Dahulu Paulus sudah berkarya di kota Troas dalam perjalanannya dari Efesus ke Korintus: Kis 20:1-2, bdk 2Ko 2:12.
Dahulu Paulus sudah berkarya di kota Troas dalam perjalanannya dari Efesus ke Korintus: Kis 20:1-2, bdk 2Ko 2:12.
Jerusalem: Kis 20:7 - hari pertama dalam minggu Ialah pekan Yahudi. Hari pertama itu menjadi hari berkumpulnya orang-orang Kristen, bdk Mat 28:1+; 1Ko 16:2, yakni "Hari Tuhan" (hari minggu). Wah 1:1...
Jerusalem: Kis 20:18-35 - -- Wejangan Paulus yang ketiga dalam Kisah para rasul. Wejangan pertama mencerminkan pewartaannya kepada orang-orang Yahudi, Kis 20:13; yang kedua mengga...
Wejangan Paulus yang ketiga dalam Kisah para rasul. Wejangan pertama mencerminkan pewartaannya kepada orang-orang Yahudi, Kis 20:13; yang kedua menggambarkan pewartaannya kepada orang-orang bukan Yahudi, Kis 20:17; sedang yang ketiga berupa nasehat pastoral. Paulus berbicara dengan pimpinan jemaat yang paling penting yang didirikannya. Ada banyak kesamaan antara wejangan ini dan surat-surat Paulus; jiwa dan semangatnya sesuai dengan jiwa dan semangat surat-surat pastoral. Setelah mengingatkan karyanya di Asia, Kis 20:18-21, dan menyinggung bahwa akan berpisah untuk selama-lamanya, barangkali karena mati, Kis 20:22-27, Paulus memberikan ajakannya yang terakhir kepada para pemimpin jemaat di Efesus (dan melalui mereka kepada semua pemimpin jemaat dan Gereja): mereka hendaknya berjaga-jaga, Kis 20:28-32; melayani dengan kasih dan tanpa mencari keuntungan sendiri, Kis 20:33-35. Ajakan-ajakan itu didukung oleh teladan Paulus sendiri yang dengan bagusnya dipaparkan dalam wejangan ini.
Jerusalem: Kis 20:21 - bertobat kepada Allah... Ini sebuah ringkasan pewartaan Paulus, yang boleh dibandingkan dengan Kis 17:30-31; 26:20; 1Te 1:9-10; 1Ko 8:4-6. Kepercayaan dan pertobatan harus ber...
Ini sebuah ringkasan pewartaan Paulus, yang boleh dibandingkan dengan Kis 17:30-31; 26:20; 1Te 1:9-10; 1Ko 8:4-6. Kepercayaan dan pertobatan harus bersama-sama, bdk Mar 1:15.
Jerusalem: Kis 20:22 - sebagai tawanan Roh Dengan membiarkan dirinya dipimpin oleh Roh Kudus di perjalanan menuju penjara Paulus membuat dirinya menjadi tawanan Roh Kudus itu. Terjemahan lain: ...
Dengan membiarkan dirinya dipimpin oleh Roh Kudus di perjalanan menuju penjara Paulus membuat dirinya menjadi tawanan Roh Kudus itu. Terjemahan lain: terbelenggu dalam roh, artinya: terbelenggu secara rohani.
Jerusalem: Kis 20:24 - tidak menghiraukan nyawaku Bdk Kis 15:26; 21:13; 1Te 2:8; Fili 1:21-23. Terjemahan lain: tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, seolah-olah berharga bagiku.
Bdk Kis 15:26; 21:13; 1Te 2:8; Fili 1:21-23. Terjemahan lain: tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, seolah-olah berharga bagiku.
Jerusalem: Kis 20:25 - melihat mukaku lagi Bdk Kis 20:38. Paulus berharap dari Yerusalem dapat berangkat ke Spanyol, Rom 15:24-28. Penahanannya yang lama itu merupakan sebab ia merubah rencanan...
Bdk Kis 20:38. Paulus berharap dari Yerusalem dapat berangkat ke Spanyol, Rom 15:24-28. Penahanannya yang lama itu merupakan sebab ia merubah rencananya. Dan kita tahu bahwa ia masih kembali ke Efesus, kendati firasat muram yang terungkap di sini, bdk Kis 28:31+.
Jerusalem: Kis 20:28 - jemaat Allah Var: jemaat Tuhan. 1Pe 2:9-10 berkata tentang "umat kepunyaan Allah sendiri" (menurut Yes 43:21; bdk Kis 15:14+); ia dijadikan "jemaat Allah", Kis 5:1...
Var: jemaat Tuhan. 1Pe 2:9-10 berkata tentang "umat kepunyaan Allah sendiri" (menurut Yes 43:21; bdk Kis 15:14+); ia dijadikan "jemaat Allah", Kis 5:11+, sebuah ungkapan yang disukai Paulus, bdk 1Ko 1:2; 10:32; 11:22, dll
Jerusalem: Kis 20:28 - dengan darah anakNya sendiri Harafiah: dengan darahNya sendiri. Ungkapan yang rupa-rupanya mengenai Allah ini sukar dimengerti. Karenanya dalam beberapa naskah terdapat: (jemaat T...
Harafiah: dengan darahNya sendiri. Ungkapan yang rupa-rupanya mengenai Allah ini sukar dimengerti. Karenanya dalam beberapa naskah terdapat: (jemaat Tuhan=Kristus yang diperolehNya) dengan darahNya sendiri. Tetapi naskah-naskah itu jelas mau menghilangkan kesulitan. Dapat dikatakan: Kata "idiou" (=Nya sendiri) di sini berarti: AnakNya sendiri (seperti dimengerti terjemahan Indonesia ini), atau: diam-diam pikiran tergeser dari karya Allah kepada karya Anak, yang memang sangat erat tergabung, bdk Rom 8:31-39. Mengenai pikiran yang terungkap, bdk Efe 5:25-27; Ibr 9:12-14; 13:12.
Var: kepada Allah
Jerusalem: Kis 20:32 - yang berkuasa Ini dapat dihubungkan dengan baik dengan kasih karunia, maupun dengan Tuhan/Allah, bdk Rom 16:25.
Ini dapat dihubungkan dengan baik dengan kasih karunia, maupun dengan Tuhan/Allah, bdk Rom 16:25.
Perkataan ini tidak tercantum dalam injil-injil.
Ende: Kis 18:5 - Bahwa Jesus adalah Mesias Atjara pokok dan utama segala pembitjaraan
Paulus - dan rasul-rasul jang lain - kepada orang Jahudi, ialah membuktikan dari
nubuat-nubuat Perdjandjian...
Atjara pokok dan utama segala pembitjaraan Paulus - dan rasul-rasul jang lain - kepada orang Jahudi, ialah membuktikan dari nubuat-nubuat Perdjandjian Lama, bahwa Jesus sebenar-benarnja Mesias jang didjandjikan dan ditunggukan kedatanganNja.
Ende: Kis 18:6 - Biarlah darahmu menimpa kepalamu Suatu peribahasa Jahudi, maksudnja: aku
tidak salah, kamulah jang bertanggung djawab dan harus menanggung segala
akibatnja. Bdl. Mat 23:35 dan Mat 27:...
Ia prokonsul dari Achaja dalam tahun 52.
Ende: Kis 18:18 - Bernazar Itu berarti mengabdikan diri untuk sementara setjara istimewa
kepada Allah dengan rupa-rupa pantangan dan lain-lain. Biasanja 30 hari lamanja.
Selesai...
Itu berarti mengabdikan diri untuk sementara setjara istimewa kepada Allah dengan rupa-rupa pantangan dan lain-lain. Biasanja 30 hari lamanja. Selesainja rambut harus ditjukur dan dibakar, dan harus dipersembahkan beberapa kurban dalam kenisah di Jerusalem. (Lih. Kis 21:23-26).
Dalam "naik" itu terkandung arti: ke Jerusalem.
Ende: Kis 18:24 - Apolos Ialah seorang Jahudi jang terpeladjar dari Aleksandria jang sudah
tahu banjak tentang Jesus dan Indjil, tetapi pengertiannja rupanja belum tjukup
utuh...
Ialah seorang Jahudi jang terpeladjar dari Aleksandria jang sudah tahu banjak tentang Jesus dan Indjil, tetapi pengertiannja rupanja belum tjukup utuh dan murni. Dalam pergaulannja dengan Priskila dan Akuila ia mendapat pengertian jang lebih terang dan lebih luas. Kemudian ia mendjadi seorang pengadjar Indjil jang ulung di Korintus. Lih. 1Ko 1:12; 3:4-6; 4:6; Tit 3:13; 1Ko 12:6.
Ende: Kis 19:1 - Daerah-daerah tinggi Kota-kota dipedalaman Asia-Ketjil jang berbukit-bukit.
Efesus": Ini ibukota propinsi "Asia", letaknja ditepi laut bandar jang ramai dan
kota perniagaa...
Kota-kota dipedalaman Asia-Ketjil jang berbukit-bukit.
Efesus": Ini ibukota propinsi "Asia", letaknja ditepi laut bandar jang ramai dan kota perniagaan jang makmur. Penduduknja kira-kira 300000 orang.
Ende: Kis 19:2 - Tentang adanja Roh Kudus Itu disini barangkali berarti: tentang
penerimaan Roh Kudus setjara njata dengan mendapat kurnia-kurnia jang istimewa.
Itu disini barangkali berarti: tentang penerimaan Roh Kudus setjara njata dengan mendapat kurnia-kurnia jang istimewa.
Ende: Kis 19:19 - Matauang perak Diduga bahwa matauang itu seharga dengan denar jang pada
orang Jahudi merupakan upah para pekerdja untuk sehari kerdja.
Diduga bahwa matauang itu seharga dengan denar jang pada orang Jahudi merupakan upah para pekerdja untuk sehari kerdja.
Ende: Kis 19:24 - Artemis Orang Romawi menamakannja Diana. Ia adalah dewi-ibu, lambang dan
pelindung kesuburan, jang banjak sekali dipudja. Kuilnja di Efesus adalah jang
paling...
Orang Romawi menamakannja Diana. Ia adalah dewi-ibu, lambang dan pelindung kesuburan, jang banjak sekali dipudja. Kuilnja di Efesus adalah jang paling besar dan indah dan patung dewi didalamnja menurut kepertjajaan orang turun dari langit.
Para pandai perak mengerdjakan kuil ketjil dengan patung dewi jang ketjil, tiruan dari jang besar, jang banjak sekali dibeli orang guna mendjadi pudjaan dalam rumah mereka.
Ende: Kis 19:29 - Lapangan tontonan (theatron): Ruangan luas tak beratap, tempat
pertundjukan sandiwara dan permainan-permainan olah-raga, lagi digunakan untuk
rapat-rapat umum.
(theatron): Ruangan luas tak beratap, tempat pertundjukan sandiwara dan permainan-permainan olah-raga, lagi digunakan untuk rapat-rapat umum.
Ende: Kis 19:29 - Kajus dan Aristarchus Kita bertemu dengan mereka lagi dalam Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10 dan File 24.
Kita bertemu dengan mereka lagi dalam Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10 dan File 24.
Ende: Kis 19:35 - Panitera kota Dia sangat berkewibawaan sebagai ketua dewan rakjat jang
bertugas pula meletakkan keputusan-keputusan dewan itu.
Dia sangat berkewibawaan sebagai ketua dewan rakjat jang bertugas pula meletakkan keputusan-keputusan dewan itu.
Ende: Kis 20:3 - Tiga bulan Dalam waktu ini Paulus menulis surat-suratnja kepada umat
Galatia dan Roma.
Dalam waktu ini Paulus menulis surat-suratnja kepada umat Galatia dan Roma.
Ende: Kis 20:5 - Kami Pemakaian kata ganti orang ini menundjukkan bahwa Lukas adalah
peserta dari Pilipi ke Jerusalem. Lih. tjat. pada Kis 16:12.
Pemakaian kata ganti orang ini menundjukkan bahwa Lukas adalah peserta dari Pilipi ke Jerusalem. Lih. tjat. pada Kis 16:12.
Ende: Kis 20:7 - Hari pertama dalam minggu Hari ini sudah lama mendjadi hari ibadat orang
serani ganti sabat orang Jahudi. Disebut "Hari Tuhan". Itu dalam bahasa Latin
"dies Dominica", mendjadi...
Hari ini sudah lama mendjadi hari ibadat orang serani ganti sabat orang Jahudi. Disebut "Hari Tuhan". Itu dalam bahasa Latin "dies Dominica", mendjadi "Dominggo" dalam bahasa Portugis dan dari bahasa itu mendjelma mendjadi Hari Minggu dalam bahasa kita.
Mereka merajakan Ekaristi jang Mahakudus.
maksudnja agaknja: terpaksa oleh dorongan Roh Kudus.
Ende: Kis 20:23 - Menjatakan kepadaku Barangkali dengan perantara nabi-nabi seperti dalam
Kis 21:10.
Barangkali dengan perantara nabi-nabi seperti dalam Kis 21:10.
Ende: Kis 20:28 - Pemimpin Kata asli "episkopos" sebenarnja berarti pengawas.
Gelaran itu dalam bahasa kita mendjelma mendjadi "uskup". Tetapi tidak tentu,
apakah para pemimpin ...
Kata asli "episkopos" sebenarnja berarti pengawas.
Gelaran itu dalam bahasa kita mendjelma mendjadi "uskup". Tetapi tidak tentu, apakah para pemimpin jang bergelar episkopos itu menerima tahbisan jang pada pokoknja sama dengan tahbisan uskup jang kita kenal. Dalam Kis 21:17 mereka disebut "presbyteri", artinja orang tua-tua. Kita tahu bahwa mereka ini dilantik dengan peletakkan tangan rasul-rasul atas mereka, jang barangkali merupakan Sakramen Imamat.
Utjapan Jesus dalam ajat ini tidak diberitakan dalam karangan-karangan Indjil.
Ende: Kis 20:37 - Sambil memeluk dan mentjiumnja Ini dewasa itu biasa dilakukan pada
pamitan orang jang karib dan jang dihormati.
Ini dewasa itu biasa dilakukan pada pamitan orang jang karib dan jang dihormati.
Ref. Silang FULL -> Kis 18:1; Kis 18:2; Kis 18:3; Kis 18:4; Kis 18:5; Kis 18:6; Kis 18:7; Kis 18:8; Kis 18:9; Kis 18:10; Kis 18:11; Kis 18:12; Kis 18:15; Kis 18:17; Kis 18:18; Kis 18:19; Kis 18:21; Kis 18:22; Kis 18:23; Kis 18:24; Kis 18:25; Kis 18:26; Kis 18:27; Kis 18:28; Kis 19:1; Kis 19:2; Kis 19:4; Kis 19:5; Kis 19:6; Kis 19:8; Kis 19:9; Kis 19:10; Kis 19:11; Kis 19:12; Kis 19:13; Kis 19:17; Kis 19:20; Kis 19:21; Kis 19:22; Kis 19:23; Kis 19:25; Kis 19:26; Kis 19:28; Kis 19:29; Kis 19:30; Kis 19:32; Kis 19:33; Kis 19:34; Kis 19:35; Kis 19:37; Kis 19:38; Kis 20:1; Kis 20:3; Kis 20:4; Kis 20:5; Kis 20:6; Kis 20:7; Kis 20:8; Kis 20:10; Kis 20:11; Kis 20:15; Kis 20:16; Kis 20:17; Kis 20:18; Kis 20:19; Kis 20:20; Kis 20:21; Kis 20:22; Kis 20:23; Kis 20:24; Kis 20:25; Kis 20:26; Kis 20:27; Kis 20:28; Kis 20:29; Kis 20:30; Kis 20:31; Kis 20:32; Kis 20:33; Kis 20:34; Kis 20:36; Kis 20:37; Kis 20:38
Ref. Silang FULL: Kis 18:2 - Di Korintus // dengan Priskila // kaisar Klaudius · Di Korintus: Kis 19:1; 1Kor 1:2; 2Kor 1:1,23; 2Tim 4:20
· dengan Priskila: Kis 18:19,26; Rom 16:3; 1Kor 16:19; 2Tim 4:19
· kais...
· Di Korintus: Kis 19:1; 1Kor 1:2; 2Kor 1:1,23; 2Tim 4:20
· dengan Priskila: Kis 18:19,26; Rom 16:3; 1Kor 16:19; 2Tim 4:19
· kaisar Klaudius: Kis 11:28
Ref. Silang FULL: Kis 18:3 - bekerja bersama-sama · bekerja bersama-sama: Kis 20:34; 1Kor 4:12; 1Tes 2:9; 2Tes 3:8
Ref. Silang FULL: Kis 18:4 - hari Sabat // rumah ibadat · hari Sabat: Kis 13:14; Kis 13:14
· rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20
Ref. Silang FULL: Kis 18:5 - Ketika Silas // dan Timotius // dari Makedonia // adalah Mesias · Ketika Silas: Kis 15:22; Kis 15:22
· dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1
· dari Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9; Kis 17:14,15
&midd...
Ref. Silang FULL: Kis 18:6 - dan menghujat // dari pakaiannya // kepalamu sendiri // tidak bersalah // bangsa-bangsa lain · dan menghujat: Kis 13:45; Kis 13:45
· dari pakaiannya: Mat 10:14; Mat 10:14
· kepalamu sendiri: 2Sam 1:16; Yeh 33:4
· ti...
Ref. Silang FULL: Kis 18:8 - Tetapi Krispus // ibadat itu // seisi rumahnya · Tetapi Krispus: 1Kor 1:14
· ibadat itu: Mr 5:22; Mr 5:22
· seisi rumahnya: Kis 11:14; Kis 11:14
Ref. Silang FULL: Kis 18:9 - suatu penglihatan // Jangan takut · suatu penglihatan: Kis 9:10; Kis 9:10
· Jangan takut: Mat 14:27; Mat 14:27
Ref. Silang FULL: Kis 18:12 - menjadi gubernur // di Akhaya · menjadi gubernur: Kis 13:7,8,12; 19:38
· di Akhaya: Kis 18:27; Rom 15:26; 1Kor 16:15; 2Kor 9:2; 1Tes 1:7,8
· menjadi gubernur: Kis 13:7,8,12; 19:38
· di Akhaya: Kis 18:27; Rom 15:26; 1Kor 16:15; 2Kor 9:2; 1Tes 1:7,8
· antara kamu: Kis 23:29; 25:11,19
Ref. Silang FULL: Kis 18:17 - menyerbu Sostenes // rumah ibadat · menyerbu Sostenes: 1Kor 1:1
· rumah ibadat: Kis 18:8
Ref. Silang FULL: Kis 18:18 - kepada saudara-saudara // ke Siria // di Kengkrea // telah bernazar // dan Akwila · kepada saudara-saudara: Kis 18:27; Kis 1:16; Kis 1:16
· ke Siria: Luk 2:2; Luk 2:2
· di Kengkrea: Rom 16:1
· telah berna...
Ref. Silang FULL: Kis 18:19 - di Efesus · di Efesus: Kis 18:21,24; Kis 19:1,17,26; 1Kor 15:32; 16:8; Ef 1:1; 1Tim 1:3; Wahy 1:11; 2:1
· di Efesus: Kis 18:21,24; Kis 19:1,17,26; 1Kor 15:32; 16:8; Ef 1:1; 1Tim 1:3; Wahy 1:11; 2:1
Ref. Silang FULL: Kis 18:21 - Allah menghendakinya · Allah menghendakinya: Rom 1:10; 15:32; 1Kor 4:19; Yak 4:15
· Allah menghendakinya: Rom 1:10; 15:32; 1Kor 4:19; Yak 4:15
Ref. Silang FULL: Kis 18:22 - di Kaisarea // ke Antiokhia · di Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40
· ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19
Ref. Silang FULL: Kis 18:23 - tanah Galatia // dan Frigia // semua murid · tanah Galatia: Kis 16:6; Kis 16:6
· dan Frigia: Kis 2:10; 16:6
· semua murid: Kis 14:22; 15:32,41
· tanah Galatia: Kis 16:6; [Lihat FULL. Kis 16:6]
· dan Frigia: Kis 2:10; 16:6
· semua murid: Kis 14:22; 15:32,41
Ref. Silang FULL: Kis 18:24 - ke Efesus // bernama Apolos · ke Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19
· bernama Apolos: Kis 19:1; 1Kor 1:12; 3:5,6,22; 4:6; 16:12; Tit 3:13
· ke Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]
· bernama Apolos: Kis 19:1; 1Kor 1:12; 3:5,6,22; 4:6; 16:12; Tit 3:13
Ref. Silang FULL: Kis 18:25 - Dengan bersemangat // baptisan Yohanes · Dengan bersemangat: Rom 12:11
· baptisan Yohanes: Mr 1:4; Mr 1:4
Ref. Silang FULL: Kis 18:27 - ke Akhaya // saudara-saudara · ke Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12
· saudara-saudara: Kis 18:18; Kis 1:16; Kis 1:16
Ref. Silang FULL: Kis 18:28 - Kitab Suci // adalah Mesias · Kitab Suci: Kis 8:35; 17:2
· adalah Mesias: Kis 18:5; Kis 9:22; Kis 9:22
· Kitab Suci: Kis 8:35; 17:2
Ref. Silang FULL: Kis 19:1 - Ketika Apolos // di Korintus // di Efesus · Ketika Apolos: Kis 18:24; Kis 18:24
· di Korintus: Kis 18:1; Kis 18:1
· di Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19
Ref. Silang FULL: Kis 19:4 - Baptisan Yohanes // yaitu Yesus · Baptisan Yohanes: Mr 1:4; Mr 1:4
· yaitu Yesus: Yoh 1:7
Ref. Silang FULL: Kis 19:6 - atas mereka // atas mereka // bahasa roh · atas mereka: Kis 6:6; Kis 6:6
· atas mereka: Kis 10:44; Kis 10:44
· bahasa roh: Mr 16:17; Mr 16:17
Ref. Silang FULL: Kis 19:8 - rumah ibadat // Kerajaan Allah · rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20
· Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2; Kis 28:23
Ref. Silang FULL: Kis 19:9 - beberapa orang // Jalan Tuhan // memisahkan murid-muridnya · beberapa orang: Kis 14:4
· Jalan Tuhan: Kis 19:23; Kis 9:2; Kis 9:2
· memisahkan murid-muridnya: Kis 19:30; Kis 11:26; Kis 11:2...
Ref. Silang FULL: Kis 19:10 - tahun lamanya // penduduk Asia // firman Tuhan · tahun lamanya: Kis 20:31
· penduduk Asia: Kis 19:22,26,27; Kis 2:9; Kis 2:9
· firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48
· mengadakan mujizat-mujizat: Kis 8:13
· lenyaplah penyakit: Kis 5:15
Ref. Silang FULL: Kis 19:17 - penduduk Efesus // maka ketakutanlah · penduduk Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19
· maka ketakutanlah: Kis 5:5,11
· penduduk Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]
· maka ketakutanlah: Kis 5:5,11
Ref. Silang FULL: Kis 19:20 - firman Tuhan // makin berkuasa · firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48
· makin berkuasa: Kis 6:7; 12:24
· firman Tuhan: Kis 13:48; [Lihat FULL. Kis 13:48]
· makin berkuasa: Kis 6:7; 12:24
Ref. Silang FULL: Kis 19:21 - ke Yerusalem // melalui Makedonia // dan Akhaya // Roma juga · ke Yerusalem: Kis 20:16,22; 21:4,12,15; Rom 15:25
· melalui Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9
· dan Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12
&m...
· ke Yerusalem: Kis 20:16,22; 21:4,12,15; Rom 15:25
· melalui Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]
· dan Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]
· Roma juga: Rom 15:24,28
Ref. Silang FULL: Kis 19:22 - orang pembantunya // yaitu Timotius // dan Erastus // di Asia · orang pembantunya: Kis 13:5
· yaitu Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1
· dan Erastus: Rom 16:23; 2Tim 4:20
· di Asia: Kis 19:1...
· perusahaan ini: Kis 16:16,19,20
Ref. Silang FULL: Kis 19:26 - di Efesus // seluruh Asia // bukanlah dewa · di Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19
· seluruh Asia: Kis 2:9; Kis 2:9
· bukanlah dewa: Ul 4:28; Mazm 115:4; Yes 44:10-20; Yer 10:3-5...
· di Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]
· seluruh Asia: Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]
· bukanlah dewa: Ul 4:28; Mazm 115:4; Yes 44:10-20; Yer 10:3-5; Kis 17:29; 1Kor 8:4; Wahy 9:20
Ref. Silang FULL: Kis 19:29 - menyeret Gayus // dan Aristarkhus // orang Makedonia · menyeret Gayus: Kis 20:4; Rom 16:23; 1Kor 1:14
· dan Aristarkhus: Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10; Filem 1:24
· orang Makedonia: Kis 1...
· menyeret Gayus: Kis 20:4; Rom 16:23; 1Kor 1:14
· dan Aristarkhus: Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10; Filem 1:24
· mengatakan itu: Kis 21:34
Ref. Silang FULL: Kis 19:38 - dan tukang-tukangnya // ada gubernur · dan tukang-tukangnya: Kis 19:24
· ada gubernur: Kis 13:7,8,12; 18:12
· dan tukang-tukangnya: Kis 19:24
· ada gubernur: Kis 13:7,8,12; 18:12
Ref. Silang FULL: Kis 20:1 - memanggil murid-murid // ke Makedonia · memanggil murid-murid: Kis 11:26; Kis 11:26
· ke Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9
Ref. Silang FULL: Kis 20:3 - ke Siria // membunuh dia // melalui Makedonia · ke Siria: Luk 2:2; Luk 2:2
· membunuh dia: Kis 20:19; Kis 9:23,24; 14:5; 23:12,15,30; 25:3; 2Kor 11:26; 1Tes 2:16; 1Tes 2:16
· ...
· ke Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]
· membunuh dia: Kis 20:19; Kis 9:23,24; 14:5; 23:12,15,30; 25:3; 2Kor 11:26; 1Tes 2:16; [Lihat FULL. 1Tes 2:16]
Ref. Silang FULL: Kis 20:4 - dan Aristarkhus // dari Tesalonika // dan Gayus // dan Timotius // dari Asia // yaitu Tikhikus // dan Trofimus · dan Aristarkhus: Kis 19:29; Kis 19:29
· dari Tesalonika: Kis 17:1; Kis 17:1
· dan Gayus: Kis 19:29; Kis 19:29
· dan Timo...
Ref. Silang FULL: Kis 20:5 - menantikan kami // di Troas · menantikan kami: Kis 16:10; Kis 16:10
· di Troas: Kis 16:8; Kis 16:8
Ref. Silang FULL: Kis 20:6 - dari Filipi // di Troas · dari Filipi: Kis 16:12; Kis 16:12
· di Troas: Kis 16:8; Kis 16:8
Ref. Silang FULL: Kis 20:7 - minggu itu // memecah-mecahkan roti · minggu itu: 1Kor 16:2; Wahy 1:10
· memecah-mecahkan roti: Mat 14:19; Mat 14:19
Ref. Silang FULL: Kis 20:10 - muda itu // masih hidup · muda itu: 1Raj 17:21; 2Raj 4:34
· masih hidup: Mat 9:23,24
· muda itu: 1Raj 17:21; 2Raj 4:34
· masih hidup: Mat 9:23,24
Ref. Silang FULL: Kis 20:11 - memecah-mecahkan roti · memecah-mecahkan roti: Kis 20:7; Mat 14:19; Mat 14:19
Ref. Silang FULL: Kis 20:16 - di Efesus // di Asia // di Yerusalem // raya Pentakosta · di Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19
· di Asia: Kis 2:9; Kis 2:9
· di Yerusalem: Kis 19:21; Kis 19:21
· raya Pentakosta: Kis ...
Ref. Silang FULL: Kis 20:17 - dari Miletus // para penatua · dari Miletus: Kis 20:15
· para penatua: Kis 11:30; Kis 11:30
Ref. Silang FULL: Kis 20:18 - antara kamu // di Asia · antara kamu: Kis 18:19-21; 19:1-41
· di Asia: Kis 2:9; Kis 2:9
· antara kamu: Kis 18:19-21; 19:1-41
Ref. Silang FULL: Kis 20:19 - air mata // orang Yahudi · air mata: Mazm 6:7
· orang Yahudi: Kis 20:3; Kis 20:3
Ref. Silang FULL: Kis 20:20 - melalaikan apa · melalaikan apa: Kis 20:27; Mazm 40:11; Yer 26:2; 42:4
· melalaikan apa: Kis 20:27; Mazm 40:11; Yer 26:2; 42:4
Ref. Silang FULL: Kis 20:21 - orang-orang Yahudi // mereka bertobat // Yesus Kristus · orang-orang Yahudi: Kis 18:5
· mereka bertobat: Kis 2:38; Kis 2:38
· Yesus Kristus: Kis 24:24; 26:18; Ef 1:15; Kol 2:5; Filem 1...
Ref. Silang FULL: Kis 20:23 - yang dinyatakan // menunggu aku · yang dinyatakan: Kis 8:29; Kis 8:29; Kis 21:4
· menunggu aku: Kis 9:16; Kis 9:16
Ref. Silang FULL: Kis 20:24 - nyawaku sedikitpun // garis akhir // menyelesaikan pelayanan // Yesus kepadaku // kasih karunia · nyawaku sedikitpun: Kis 21:13
· garis akhir: 2Tim 4:7
· menyelesaikan pelayanan: 2Kor 4:1
· Yesus kepadaku: Gal 1:1; Tit...
Ref. Silang FULL: Kis 20:25 - mukaku lagi // Kerajaan Allah · mukaku lagi: Kis 20:38
· Kerajaan Allah: Mat 4:23; Mat 4:23
· terhadap siapapun: Yeh 3:17-19; Kis 18:6
Ref. Silang FULL: Kis 20:28 - seluruh kawanan // menjadi penilik // jemaat Allah // yang diperoleh-Nya // dengan darah · seluruh kawanan: Kis 20:29; Yoh 21:16; Yoh 21:16
· menjadi penilik: 1Tim 3:1; 1Tim 3:1
· jemaat Allah: 1Kor 10:32; 1Kor 10:32
&...
Ref. Silang FULL: Kis 20:29 - pergi, serigala-serigala // kawanan itu · pergi, serigala-serigala: Yeh 34:5; Mat 7:15
· kawanan itu: Kis 20:28
Ref. Silang FULL: Kis 20:32 - kepada Tuhan // kamu bagian // telah dikuduskan-Nya · kepada Tuhan: Kis 14:23
· kamu bagian: Ef 1:14; Ef 1:14; Mat 25:34; Mat 25:34; Kol 1:12; 3:24; Ibr 9:15; 1Pet 1:4
· telah dikud...
Ref. Silang FULL: Kis 20:33 - atau pakaian · atau pakaian: 1Sam 12:3; 1Kor 9:12; 2Kor 2:17; 7:2; 11:9; 12:14-17; 1Tes 2:5
· atau pakaian: 1Sam 12:3; 1Kor 9:12; 2Kor 2:17; 7:2; 11:9; 12:14-17; 1Tes 2:5
Ref. Silang FULL: Kis 20:34 - kawan-kawan seperjalananku · kawan-kawan seperjalananku: Kis 18:3; Kis 18:3
· dan berdoa: Luk 22:41; Kis 9:40; 21:5