Teks -- Keluaran 20:22--23:33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Kel 21:1; Kel 21:2; Kel 21:12-17; Kel 21:22-23; Kel 22:18; Kel 22:22-24; Kel 22:25; Kel 23:15; Kel 23:16; Kel 23:16; Kel 23:20; Kel 23:24; Kel 23:25-26
Full Life: Kel 21:1 - INILAH PERATURAN-PERATURAN.
Nas : Kel 21:1
Bagian selanjutnya (Kel 20:22-23:33) berisi "kitab perjanjian"
(Kel 24:7), yaitu hukum bagi bangsa Israel yang mengatur masyarakat d...
Nas : Kel 21:1
Bagian selanjutnya (Kel 20:22-23:33) berisi "kitab perjanjian" (Kel 24:7), yaitu hukum bagi bangsa Israel yang mengatur masyarakat dan ibadahnya. Hukum-hukum ini, sebagian besar bersifat sipil, hanya berlaku bagi Israel, agama mereka dan kondisi serta lingkungan pada zaman itu. Akan tetapi, prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya -- nilai-nilai seperti menghormati hidup dan komitmen kepada keadilan dan kejujuran -- tetap sah selama-lamanya.
Full Life: Kel 21:2 - SEORANG BUDAK IBRANI.
Nas : Kel 21:2
Sekalipun Allah tidak secara langsung menghapuskan kejahatan seperti
perbudakan atau poligami di Israel, Ia mengatur semua itu untuk...
Nas : Kel 21:2
Sekalipun Allah tidak secara langsung menghapuskan kejahatan seperti perbudakan atau poligami di Israel, Ia mengatur semua itu untuk menjadikannya lebih manusiawi (bd. Im 25:39-40; Ul 15:12-18). Pada satu pihak, perbuatan-perbuatan ini bukan cita-cita Allah. Pada pihak lain, Ia mengizinkannya untuk sesaat karena kekerasan hati manusia (bd. Mat 19:8;
lihat cat. --> Kej 29:28).
[atau ref. Kej 29:28]
Lagi pula, hukum-hukum Allah mengenai perbudakan lebih manusiawi daripada kebiasaan bangsa-bangsa di sekitar itu. Akan tetapi, dalam PB, Allah mengungkapkan standar yang lebih tinggi lagi
(lihat cat. --> Yoh 13:34;
lihat cat. --> Kol 3:22).
Full Life: Kel 21:12-17 - PASTILAH IA DIHUKUM MATI.
Nas : Kel 21:12-17
Ayat-ayat ini menyebut empat kejahatan yang dikenakan hukuman mati
oleh Allah: pembunuhan yang direncanakan (ayat Kel 21:12,14),...
Nas : Kel 21:12-17
Ayat-ayat ini menyebut empat kejahatan yang dikenakan hukuman mati oleh Allah: pembunuhan yang direncanakan (ayat Kel 21:12,14), memukul orang-tua (ayat Kel 21:15), menculik (ayat Kel 21:16), dan mengutuk orang-tua (ayat Kel 21:17). Hukuman ini menunjukkan pentingnya hubungan yang patut antara manusia (pembunuhan, penculikan) dan hubungan keluarga yang patut (perlakuan terhadap orang-tua).
Full Life: Kel 21:22-23 - SEHINGGA KEGUGURAN KANDUNGAN
Nas : Kel 21:22-23
(versi Inggris NIV -- lahir sebelum waktunya). Sebagai tambahan atas
perlindungan bagi orang yang hidup, Allah menuntut perlindu...
Nas : Kel 21:22-23
(versi Inggris NIV -- lahir sebelum waktunya). Sebagai tambahan atas perlindungan bagi orang yang hidup, Allah menuntut perlindungan anak yang belum lahir.
- 1) Ayat Kel 21:22 mengacu kepada wanita yang keguguran kandungan karena tindakan kekerasan. Jikalau terjadi kelahiran, maka yang melakukan kekerasan harus membayar denda.
- 2) Jikalau sang ibu atau anak cedera berat, maka pihak yang melakukan kekerasan harus membayar menurut hukum balas dendam. Perhatikan bahwa jikalau ibu atau anak meninggal, maka terdakwa dinyatakan bersalah dan harus dihukum mati (ayat Kel 21:23). Dengan kata lain, orok yang belum lahir dipandang sebagai manusia; kematiannya dianggap pembunuhan.
- 3) Perhatikan bahwa peraturan ini merupakan satu-satunya kasus dalam Taurat di mana kematian yang tidak disengaja dikenakan hukuman mati (bd. Ul 19:4-10). Prinsipnya jelas -- Allah melindungi pihak yang paling tidak mampu melindungi dirinya (yaitu, bayi yang belum lahir).
Full Life: Kel 22:18 - AHLI SIHIR PEREMPUAN.
Nas : Kel 22:18
Seorang ahli sihir ialah seorang yang biasa melakukan guna-guna atau
okultisme, misalnya ramalan, sihir, hubungan dengan orang mati...
Nas : Kel 22:18
Seorang ahli sihir ialah seorang yang biasa melakukan guna-guna atau okultisme, misalnya ramalan, sihir, hubungan dengan orang mati
(lihat cat. --> Kis 19:19;
lihat cat. --> Wahy 9:21).
[atau ref. Kis 19:19; Wahy 9:21]
Mencari kekuatan atau bimbingan dari alam gaib orang mati atau melalui kegiatan kuasa kegelapan merupakan kekejian bagi Allah (bd. Im 19:31; Im 20:27; Ul 18:9-12; 1Sam 28:7; Mal 3:5).
Full Life: Kel 22:22-24 - JANDA ATAU ANAK YATIM.
Nas : Kel 22:22-24
Aneka peraturan dalam ayat Kel 22:22-27 menyatakan bahwa Allah
sangat memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi seorang ja...
Nas : Kel 22:22-24
Aneka peraturan dalam ayat Kel 22:22-27 menyatakan bahwa Allah sangat memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi seorang janda, orang miskin, orang malang, dan Ia terdorong oleh belas kasihan terhadap mereka (bd. Ul 24:6,12-13; Ayub 22:6; 24:7; Yeh 18:12,16;
lihat cat. --> Mr 6:34;
lihat cat. --> Mr 8:2;
lihat cat. --> Luk 2:36-37;
lihat cat. --> Luk 7:13;
[atau ref. Mr 6:34; 8:2; Luk 2:36-37; 7:13]
lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
Full Life: Kel 22:25 - JIKA ENGKAU MEMINJAMKAN UANG.
Nas : Kel 22:25
Allah melarang minta bunga atas uang yang dipinjamkan kepada mereka
yang kekurangan untuk menyediakan kebutuhan pokoknya (bd.
Im 25...
Nas : Kel 22:25
Allah melarang minta bunga atas uang yang dipinjamkan kepada mereka yang kekurangan untuk menyediakan kebutuhan pokoknya (bd. Im 25:25,35,39,47). Allah ingin mencegah orang miskin diperas oleh golongan kaya. Akan tetapi, hukum ini tidak melarang peminjaman uang dengan bunga yang wajar kepada orang bukan Israel dengan tujuan komersial (bd. Ul 23:19-20; Hab 2:6; Mat 25:27; Luk 19:23).
Full Life: Kel 23:15 - HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI.
Nas : Kel 23:15
Lihat cat. --> Kel 12:17.
[atau ref. Kel 12:17]
Full Life: Kel 23:16 - HARI RAYA MENUAI.
Nas : Kel 23:16
Hari raya ini juga dikenal dengan nama "Hari Raya Tujuh Minggu"
(Kel 34:22) atau "hari Pentakosta" (Kis 2:1; 20:16;
liha...
Nas : Kel 23:16
Hari raya ini juga dikenal dengan nama "Hari Raya Tujuh Minggu" (Kel 34:22) atau "hari Pentakosta" (Kis 2:1; 20:16;
lihat cat. --> Im 23:15).
[atau ref. Im 23:15]
Full Life: Kel 23:16 - HARI RAYA PENGUMPULAN HASIL.
Nas : Kel 23:16
Hari raya ini juga disebut "Hari Raya Pondok Daun" (lih.
Im 23:34).
Full Life: Kel 23:20 - SEORANG MALAIKAT.
Nas : Kel 23:20
Mungkin sekali inilah "malaikat Tuhan"
(lihat cat. --> Kel 3:2).
[atau ref. Kel 3:2]
Full Life: Kel 23:24 - MENIRU PERBUATAN MEREKA.
Nas : Kel 23:24
Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak menerima agama-agama atau
meniru kebiasaan moral dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Isr...
Nas : Kel 23:24
Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak menerima agama-agama atau meniru kebiasaan moral dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Israel tidak sepenuhnya memenuhi tuntutan ini; akibatnya mereka tidak dilindungi oleh Tuhan (ayat Kel 23:20-23). Di bawah perjanjian yang baru, orang percaya yang menyesuaikan diri dengan dunia ini juga akan kehilangan janji-janji dan perlindungan Allah (lih. ayat Kel 23:25). Kita tidak mungkin menerima berkat dan kehadiran Allah dan pada saat bersamaan ikut ambil bagian di dalam cara-cara dunia yang berdosa (lih. 2Kor 6:16-18;
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
Full Life: Kel 23:25-26 - MENJAUHKAN PENYAKIT.
Nas : Kel 23:25-26
Allah mengaitkan penyingkiran penyakit dari antara umat-Nya dengan
pengabdian sepenuh hati kepada-Nya dan pemisahan dari pengaru...
Nas : Kel 23:25-26
Allah mengaitkan penyingkiran penyakit dari antara umat-Nya dengan pengabdian sepenuh hati kepada-Nya dan pemisahan dari pengaruh jahat di sekeliling mereka. Akan tetapi, jangan menyimpulkan bahwa penyakit seseorang dengan sendirinya menunjukkan bahwa dia sudah menyesuaikan diri dengan masyarakat yang fasik. Bagian ayat ini memang mengisyaratkan bahwa keduniawian umat Allah secara keseluruhan akan menyebabkan Allah menahan sebagian berkat dan kuasa-Nya dari mereka, sehingga ikut juga mempengaruhi orang benar di antara umat Allah (bd. 1Kor 12:26).
BIS: Kel 22:5 - Siapa ... lain Siapa ... lain atau Apabila seseorang membakar sebuah ladang atau kebun anggur, dan membiarkan api itu sehingga membakar hasil ladang ...
Siapa ... lain atau Apabila seseorang membakar sebuah ladang atau kebun anggur, dan membiarkan api itu sehingga membakar hasil ladang ...
BIS: Kel 23:28 - Kukacaubalaukan Kukacaubalaukan atau Aku akan mendatangkan lebah-lebah penyengat di antara musuh-musuhmu.
Kukacaubalaukan atau Aku akan mendatangkan lebah-lebah penyengat di antara musuh-musuhmu.
Jerusalem -> Kel 19:1--40:38; Kel 20:22--23:33; Kel 20:24; Kel 20:26; Kel 21:7; Kel 21:8; Kel 21:9; Kel 21:13; Kel 21:13; Kel 21:25; Kel 22:9; Kel 22:11; Kel 22:16; Kel 22:29; Kel 23:6; Kel 23:7; Kel 23:14-19; Kel 23:15; Kel 23:18; Kel 23:19; Kel 23:20-33; Kel 23:20; Kel 23:21; Kel 23:21; Kel 23:24; Kel 23:30; Kel 23:31
Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...
Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.
Jerusalem: Kel 20:22--23:33 - -- Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan ...
Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan adat-istiadat itu tidak mungkin diumumkan di gunung Sinai, sebab mengandaikan suatu masyarakat yang sudah menetap dan bertani. Kumpulan itu sebenarnya berasal dari zaman bangsa Israel mulai menetap di negeri Kanaan, jadi sebelum masa kerajaan. Oleh karena dalam hukum dan adat-istiadat itu Dekalog diterapkan pada hidup yang nyata, maka kumpulan itu dipandang sebagai piagam perjanjian yang diikat di gunung Sinai dan justru karena itulah disisipkan ke dalam kisah tentang diikatnya perjanjian itu, lalu ditempatkan sesudah Dekalog. Karena itupun boleh disebut "Kitab Perjanjian". Antara Kitab Perjanjian dan Kitab Hukum Hammurabi, kitab Hukum bangsa Het serta Maklumat Horemhed ada beberapa kesamaan yang cukup menyolok. Namun ini tidak berarti bahwa Kitab Perjanjian itu meminjam bahannya dari kitab-kitab hukum tsb. Hanya semua kitab hukum itu, termasuk Kitab Perjanjian, mempunyai sumber bersama. Sumber itu ialah hukum adat kuno bersama yang dalam masing-masing kitab hukum tsb disesuaikan dengan bangsa-bangsa dan tempat-tempat yang berbeda-beda. - Berdasarkan isinya undang-undang Kitab Perjanjian dapat dikelompokkan menjadi tiga macam hukum: Hukum Perdana dan Pidana, Kel 21:1-22:20, Hukum Peribadatan, Kel 20:22-26; 22:28-31; 23:10-19, dan Hukum Akhlak Kemasyarakatan, Kel 22:21-27; 23:10-19. Ditinjau dari segi gaya bahasa undang-undang Kitab Perjanjian dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu: Hukum Kasuistik atau bersyarat yang memakai gaya bahasa yang dipakai kitab-kitab dari Mesopotamia, dan Hukum Apodiktik atau berupa perintah/larangan mutlak yang memakai gaya bahasa seperti yang terdapat dalam Dekalog dan lazim dalam kitab-kitab Hikmat dari Mesir.
Jerusalem: Kel 20:24 - Pada setiap tempat .... Berlawanan dengan Ula 12:5, dll, Kitab Perjanjian memperbolehkan banyak tempat beribadat. Ibadat adalah syah di setiap tempat Allah pernah menyatakan ...
Berlawanan dengan Ula 12:5, dll, Kitab Perjanjian memperbolehkan banyak tempat beribadat. Ibadat adalah syah di setiap tempat Allah pernah menyatakan diri hadir atau menampakkan diri. Tempat-tempat itu ternyata milik Tuhan.
Jerusalem: Kel 20:26 - supaya auratmu ... Petugas yang mempersembahkan korban mengenakan jubah pendek saja, seperti lazim di Mesir. Mezbah agak tinggi sehingga waktu naik aurat petugas mungkin...
Petugas yang mempersembahkan korban mengenakan jubah pendek saja, seperti lazim di Mesir. Mezbah agak tinggi sehingga waktu naik aurat petugas mungkin terbuka.
Jerusalem: Kel 21:7 - sebagai budak Artinya: sebagai budak yang menjadi isteri muda. Ini menjadi jelas dalam ayat-ayat berikutnya.
Artinya: sebagai budak yang menjadi isteri muda. Ini menjadi jelas dalam ayat-ayat berikutnya.
Jerusalem: Kel 21:8 - yang telah menyediakannya Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: yang tidak menyediakannya.
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: yang tidak menyediakannya.
Yaitu anak-anak perempuan tuan rumah sendiri.
Jerusalem: Kel 21:13 - ditentukan Allah Apa yang dilakukan dengan tidak disengaja dianggap disebabkan oleh Allah
Apa yang dilakukan dengan tidak disengaja dianggap disebabkan oleh Allah
Jerusalem: Kel 21:13 - suatu tempat Dalam sebuah masyarakat di mana tata hukum negara belum mengganti pembalasan perorangan, orang yang tidak dengan sengaja membunuh, perlu mendapat perl...
Dalam sebuah masyarakat di mana tata hukum negara belum mengganti pembalasan perorangan, orang yang tidak dengan sengaja membunuh, perlu mendapat perlindungan terhadap penuntut darah, bdk Bil 35:19. Tempat suaka aslinya sebuah tempat suci, 1Ra 1:50; 2:28-34 (hak suaka itu tidak berlaku bagi orang yang membunuh dengan sengaja, Kel 21:14). Penetapan itu menjadi landasan bagi lembaga "kota'kota perlindungan", Yos 20:1.
Jerusalem: Kel 21:25 - bengkak ganti bengkok Hukum pembalasan ini, bdk Ima 24:17-20; Ula 19:21, terdapat juga dalam Kitab Hukum Hammurabi dan dalam kitab-kitab hukum bangsa Asyur. Hukuman ini mem...
Hukum pembalasan ini, bdk Ima 24:17-20; Ula 19:21, terdapat juga dalam Kitab Hukum Hammurabi dan dalam kitab-kitab hukum bangsa Asyur. Hukuman ini mempunyai ciri kemasyarakatan dan bukan ciri pribadi dan perorangan. Dengan hukuman yang setimpal dengan rugi yang disebabkan, hukum ini mau mengekang pembalasan yang melampaui batas, bdk Kej 4:23-24. Pengertian hukum itu yang paling jelas ialah hukuman mati yang dijatuhkan pada seorang pembunuh, Kel 21:31-34; bdk Kel 21:12-17; Ima 24:17. agaknya pengetrapan hukum itu tidak lama kemudian sudah kehilangan kekerasannya yang semula. Kewajiban seorang "penuntut darah", go'el, Bil 35:19+, pada pokoknya menjadi kewajiban untuk menebus, Rut 2:20+, melindungi, Maz 19:14+; Yes 41:14+. Asas yang terungkap dalam hukum itu tetap dipertahankan, tetapi pengetrapannya semakin lunak, Sir 27:25-29; Wis 11:16; bdk Kel 12:22. Di kalangan umat Israel sendiri pengampunan diwajibkan, Ima 19:17-18; Sir 10:6; 27:30-28:7. Kewajiban ini oleh Yesus ditingkatkan, Mat 5:38-39+; Mat 18:21-22+.
Jerusalem: Kel 22:9 - dipersalahkan oleh Allah Yaitu melalui keputusan pengadilan, sumpah, undi suci atau pencobaan.
Yaitu melalui keputusan pengadilan, sumpah, undi suci atau pencobaan.
Terjemahan lain menerima sisanya.
Jerusalem: Kel 22:16 - mas kawin Ibraninya: mohar (Arab:mahar), ialah uang yang dibayar oleh calon suami kepada sanak saudara calon isterinya.
Ibraninya: mohar (Arab:mahar), ialah uang yang dibayar oleh calon suami kepada sanak saudara calon isterinya.
Jerusalem: Kel 22:29 - mempersembahkan hasil gandummu Yang dimaksudkan ialah bagian hasil bumi yang ditarik untuk keperluan ibadat (hasil bumi yang pertama).
Yang dimaksudkan ialah bagian hasil bumi yang ditarik untuk keperluan ibadat (hasil bumi yang pertama).
Jerusalem: Kel 23:6 - orang miskin di antaramu Harafiah: orang miskinmu. Artinya: orang miskin yang menghadap engkau menuntut haknya.
Harafiah: orang miskinmu. Artinya: orang miskin yang menghadap engkau menuntut haknya.
Jerusalem: Kel 23:7 - sebab Aku tidak akan membenarkan Dalam terjemahan Yunani terbaca: dan jangan membenarkan.
Dalam terjemahan Yunani terbaca: dan jangan membenarkan.
Jerusalem: Kel 23:14-19 - -- Keempat tradisi yang termaktub dalam Pentateukh masing-masing memuat sebuah penanggalan liturgis: Kel 23:14-17 berasal dari tradisi Elohista; Kel 34:1...
Keempat tradisi yang termaktub dalam Pentateukh masing-masing memuat sebuah penanggalan liturgis: Kel 23:14-17 berasal dari tradisi Elohista; Kel 34:18-23 berasal dari tradisi Yahwista; Ula 16:1-16 berasal dari tradisi Yahwista; Ula 16:1-16 berasal dari tradisi Ulangan; Ima 23 berasal dari tradisi Para Imam dan bersesuaian dengan tata upacara yang tercantum dalam Bil 28-29. Kendati perbedaan dalam penetapan terperinci, keempat tradisi tsb sepakat dalam menyebut tiga perayaan pokok yang disajikan dalam Kel 23. 1 Di musim semi ada Hari Raya Roti Tidak Beragi; 2. perayaan panenan yang dalam Kel 34:22 disebut Hari Raya Tujuh Minggu; pesta ini dirayakan tujuh minggu. Ula 16:9, atau lima puluh hari, Ima 23:16, sesudah Paskah (karena itu dalam bahasa Yunani disebut Pentakosta, Tob 2:1); pesta ini mengakhiri musim panen gandum; kemudian pesta ini dihubungkan dengan pengumuman hukum Taurat gunung Sinai; 3. perayaan pemetikan buah-buahan di musim rontok, pada akhir musim buah-buahan; perayaan ini disebut Hari Raya Pondok Daun, Ula 16:13; Ima 23:34, sebab selama perayaan itu orang tinggal di gubuk-gubuk yang dibuat dari ranting-ranting dan didirikan di kebun anggur di musim pemetikan: pondok-pondok itu mengingatkan umat Israel yang dahulu berkemah di padang gurun, Ima 23:43; perayaan yang paling digemari rakyat justru Hari Raya Pondok Daun sehingga begitu saja disebut "Hari Raya", 1Ra 8:2,65; Yeh 45:25. Ketiga perayaan tsb baru mulai dirayakan setelah Israel menetap di tanah Kanaan. Dalam penanggalan Kel 23 dan Kel 34 tidak ada tanggal yang ditetapkan. Sebab penanggalan-penanggalan itu berasal dari zaman waktu ibadat belum berpusatkan Yerusalem. Orang dapat merayakan pesta-pesta tsb di tempat suci setelah sesuai dengan kemajuan pekerjaan di ladang di daerah tertentu. Di zaman kemudian masih ditetapkan beberapa hari raya lain, yakni: Tahun Baru, Ima 23:24; Hari Pendamaian, Ima 16; 23:27-32; Hari Purim (sesudah pembuangan), Est 9:24; Hari Raya Pentahbisan Bait Allah, 1Ma 4:59, dan Hari Nikanor, 1Ma 7:49.
Jerusalem: Kel 23:15 - keluar dari Mesir Hubungan antara Hari raya Roti Tidak beragi dan keluaran dari Mesir agak segera terjalin. Hubungan itu memudahkan penggabungan perayaan Paskah, Kel 12...
Hubungan antara Hari raya Roti Tidak beragi dan keluaran dari Mesir agak segera terjalin. Hubungan itu memudahkan penggabungan perayaan Paskah, Kel 12:1+, dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi itu.
Jerusalem: Kel 23:18 - hari rayaku Kel 34:25 menegaskan bahwa hari raya itu ialah Paskah. Tetapi baik dalam Kel 23:18 maupun dalam Kel 34:25 peraturan itu diberi lepas dari penanggalan ...
Kel 34:25 menegaskan bahwa hari raya itu ialah Paskah. Tetapi baik dalam Kel 23:18 maupun dalam Kel 34:25 peraturan itu diberi lepas dari penanggalan keagamaan, Kel 23:14-17 dan Kel 34:18-23, yang tidak menyebutkan Paskah. Hari raya Paskah dirayakan dalam keluarga sampai gerakan Ulangan merubah penetapannya, Ula 16:5-6.
Jerusalem: Kel 23:19 - susu induknya Peraturan ini menetapkan sebuah adat di negeri Kanaan, sebagaimana dibuktikan naskah-naskah yang berasal dari Ugarit.
Peraturan ini menetapkan sebuah adat di negeri Kanaan, sebagaimana dibuktikan naskah-naskah yang berasal dari Ugarit.
Jerusalem: Kel 23:20-33 - -- Bagian ini serba majemuk dan disadur sesuai dengan tradisi Ulangan. Ini bagian menutup Kitab Perjanjian. Dikatakan di sini bahwa Kitab Hukum itu diumu...
Bagian ini serba majemuk dan disadur sesuai dengan tradisi Ulangan. Ini bagian menutup Kitab Perjanjian. Dikatakan di sini bahwa Kitab Hukum itu diumumkan di gunung Sinai sebagai persiapan bagi pendudukan negeri Kanaan.
Jerusalem: Kel 23:20 - seorang malaikat Malaikat ini berbeda dengan Tuhan sendiri, bdk Kej 16:7+, walaupun apa yang dikerjakan malaikat itu adalah pekerjaan Allah sendiri. Malaikat itu semac...
Jerusalem: Kel 23:21 - mendurhaka kepadanya Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: memahitkan (hati)nya
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: memahitkan (hati)nya
Nama seseorang mengungkapkan dan menghadirkan diri orang sendiri.
Jerusalem: Kel 23:24 - tugu-tugu berhala Ungkapan ini menterjemahkan kata Ibrani massebot. Massebot itu ialah tiang-tiang (dari kayu atau batu) suci yang berperan dalam ibadat agama negeri Ka...
Ungkapan ini menterjemahkan kata Ibrani massebot. Massebot itu ialah tiang-tiang (dari kayu atau batu) suci yang berperan dalam ibadat agama negeri Kanaan. Tiang itu adalah lambang dewa (laki-laki). Massebot dikutuk oleh hukum, Kel 23:24; 34:13; Ula 7:5; 12:3; 16:22; Ima 26:1, dan oleh para nabi, Hos 3:4; 10:1; Mik 5:12. Sebaliknya dalam agama para bapa bangsa tiang-tiang suci berperan Kej 28:18,22.
Jerusalem: Kel 23:30 - Sedikit demi sedikit Kenyataan bahwa bangsa Israel hanya berangsur-angsur merebut negeri Kanaan dalam ayat-ayat ini dan dalam Ula 7:22 diterangkan secara lain dari dalam H...
Jerusalem: Kel 23:31 - Efrat Harafiah: sungai. Tetapi istilah ini berarti sungai Efrat. Laut Teberau ialah Teluk Akaba: laut Filistin adalah laut Tengah dan padang gurun ialah gur...
Harafiah: sungai. Tetapi istilah ini berarti sungai Efrat. Laut Teberau ialah Teluk Akaba: laut Filistin adalah laut Tengah dan padang gurun ialah gurun Sinai. Itulah batas-batas wilayah Israel di zaman pemerintahan Daud dan Salomo, 1Ra 4:21. Peta-peta Tanah Suci yang lain disajikan Bil 34:1; Hak 20:1.
Ende -> Kel 20:22; Kel 20:24; Kel 20:25; Kel 21:1; Kel 21:2; Kel 21:4; Kel 21:7; Kel 21:12; Kel 21:13; Kel 21:15; Kel 21:22; Kel 21:23; Kel 22:1; Kel 22:8; Kel 22:9; Kel 22:13; Kel 22:16; Kel 22:18; Kel 22:20; Kel 22:21; Kel 22:22; Kel 22:25; Kel 22:26; Kel 22:28; Kel 22:30; Kel 23:1; Kel 23:4; Kel 23:11; Kel 23:13; Kel 23:14; Kel 23:16; Kel 23:19; Kel 23:20; Kel 23:21; Kel 23:24; Kel 23:29; Kel 23:31
Ende: Kel 20:22 - -- Himpunan peraturan-peraturan jang tertjantum dalam Kel 20:22-25:19
disebut "Kitab Perdjandjian" (bandingkan Kel 24:7). Kitab hukum ini
berasal dari tr...
Himpunan peraturan-peraturan jang tertjantum dalam Kel 20:22-25:19 disebut "Kitab Perdjandjian" (bandingkan Kel 24:7). Kitab hukum ini berasal dari tradisi E, serta merupakan penguraian lebih landjut dari prinsip-prinsip dasar Dekalog (sepuluh perintah) mengenai kehidupan kemasjarakatan praktis. Boleh dikatakan pasti, bahwa disini tertjantum djuga unsur-unsur hukum adat-istiadat, seperti tertulis djuga dalam kitab Hukum Hammurabi (Mesopotamia, abad ke-17 sebelum Masehi) dan dalam perundang-undangan Hittit. Tetapi hukum-hukum ini telah diselaraskan dengan situasi sosial umat Israel, dan terutama dengan kesadaran keagamaan baru mengenai martabat manusiawi.
Kitab Perdjandjian itu sangat kuno, dan pada garis-garis pokoknja berasal dari Musa. Tetapi dari isinja njatalah djuga, bahwa kemudian mengalami pengolahan selaras dengan situasi kemudian hari, jakni situasi Israel sesudah definitif menetap ketanah Kanaan.
Keseluruhannja itu ditambahkan disini untuk menekankan kesatuannja dengan Hukum Sinai, dan untuk mendjelaskan wibawa-ilahinja sebagai konsekwensi Perwahjuan digunung Sinai (lihat Kata Pengantar).
Ende: Kel 20:24 - -- Tuhanlah jang menentukan tempat perdjumpaanNja dengan manusia. Perdjumpaan itu
mendorong untuk mempersembahkan korban penjerahan diri kepada Tuhan, dj...
Tuhanlah jang menentukan tempat perdjumpaanNja dengan manusia. Perdjumpaan itu mendorong untuk mempersembahkan korban penjerahan diri kepada Tuhan, djadi djuga untuk mendirikan mezbah jang sekaligus merupakan tanda peringatan.
Adapun pada korban-bakar barang jang dikorbankan habis dibakar (Lv 1)(Ima 1). Korban-damai disusul dengan perdjamuan makan: binatang jang dikorbankan dimakan sebagai tanda persatuan (Lv 3)(Ima 3).
Peraturan mengenai mezbah-mezbah berasal dari djaman ketika ibadat (kultus) belum dipusatkan pada satu tempat. Gaja-bahasanja bersifat apodiktis seperti pada dekalog.
Ende: Kel 20:25 - -- Memahati batu dilarang, karena bahan ini dalam keadaannja utuh menurut kodratnja
mendjadi milik Tuhan. Mungkin djuga dilarang, karena ada bahaja orang...
Memahati batu dilarang, karena bahan ini dalam keadaannja utuh menurut kodratnja mendjadi milik Tuhan. Mungkin djuga dilarang, karena ada bahaja orang memahat artja-artja, kemudian menjembahnja (bandingkan Kel 20:4).
Ende: Kel 21:1 - -- Peraturan-peraturan berikut ini berudjudkan pedoman-pedoman untuk keadaan-keadaan
konkrit tertentu.
Peraturan-peraturan berikut ini berudjudkan pedoman-pedoman untuk keadaan-keadaan konkrit tertentu.
Ende: Kel 21:2 - -- Enam tahun adalah djangka waktu pelaksanaan tugasnja. Bandingkan dengan
peraturan mengenai enam hari kerdja dan hari Sabbat (lihat alasan religieus
Ul...
Enam tahun adalah djangka waktu pelaksanaan tugasnja. Bandingkan dengan peraturan mengenai enam hari kerdja dan hari Sabbat (lihat alasan religieus Ula 15:1-18).
Dalam bangsa Israel perbudakan tidak begitu radikal seperti dalam masjarakat junani dan Romawi.
Selama masa perhambaannja budak berada dibawah hak-kekuasaan tuannja.
Ende: Kel 21:7 - -- Jang dimaksudkan seorang budak, jang oleh tuannja diambil mendjadi selir
(gundik); budak ini dibedakan dari budak-budak biasa, jang dapat didjual kepa...
Jang dimaksudkan seorang budak, jang oleh tuannja diambil mendjadi selir (gundik); budak ini dibedakan dari budak-budak biasa, jang dapat didjual kepada tuan lainnja.
Ende: Kel 21:12 - -- Peraturan-peraturan berikut ini mengenai hukum pidana. Dalam tata-susunan
masjarakat dewasa itu dibutuhkan adanja hukuman-hukuman berat.
Peraturan-peraturan berikut ini mengenai hukum pidana. Dalam tata-susunan masjarakat dewasa itu dibutuhkan adanja hukuman-hukuman berat.
Ende: Kel 21:13 - -- Dimaksudkan disini pembunuhan setjara kebetulan. Tempat pengungsian itu biasanja
jang sutji, misalnja mezbah, dan sebagainja (lihat aj.14)(Kel 21:14).
Dimaksudkan disini pembunuhan setjara kebetulan. Tempat pengungsian itu biasanja jang sutji, misalnja mezbah, dan sebagainja (lihat aj.14)(Kel 21:14).
Ende: Kel 21:22 - -- Para pelarai memutuskan wadjar atau tidaknja ganti-kerugian jang dituntut oleh
pihak jang dirugikan.
Para pelarai memutuskan wadjar atau tidaknja ganti-kerugian jang dituntut oleh pihak jang dirugikan.
Ende: Kel 21:23 - -- Hukum tentang pembalasan ini merupakan djaminan bagi hak-hak manusia serta
keamanan pada djaman kebudajaan djauh belum tinggi tarafnja, ketika belum a...
Hukum tentang pembalasan ini merupakan djaminan bagi hak-hak manusia serta keamanan pada djaman kebudajaan djauh belum tinggi tarafnja, ketika belum ada badan-badan resmi jang melindungi hak-hak itu (bandingkan Kej 9:5-6).
Ende: Kel 22:8 - Mendekati Tuhan untuk memberi pernjataan diperkuat dengan sumpah, kiranja
dalam tempat sutji.
untuk memberi pernjataan diperkuat dengan sumpah, kiranja dalam tempat sutji.
Ende: Kel 22:9 - -- Dalam masjarakat Israel keputusan atas Nama Tuhan kadang-kadang diberikan dengan
perantara sabda ilahi jang gaib (orakel), tetapi kerapkali melalui ke...
Dalam masjarakat Israel keputusan atas Nama Tuhan kadang-kadang diberikan dengan perantara sabda ilahi jang gaib (orakel), tetapi kerapkali melalui keputusan pengadilan (lihat Kel 18:13 tjatatan).
Ende: Kel 22:16 - Maskawin (hibr. "mohar") ini bukanlah untuk membeli, melainkan
dimaksudkan sebagai djaminan pertalian antara kedua keluarga jang bersangkutan
(lihat Ula 22:28-...
(hibr. "mohar") ini bukanlah untuk membeli, melainkan dimaksudkan sebagai djaminan pertalian antara kedua keluarga jang bersangkutan (lihat Ula 22:28-29).
Ende: Kel 22:18 - -- Sihir membuktikan tidak adanja iman-kepertjajaan terhadap Jahwe, jang mewahjukan
segala sesuatu jang baik kepada umatNja dengan perantaraan nabi-nabiN...
Sihir membuktikan tidak adanja iman-kepertjajaan terhadap Jahwe, jang mewahjukan segala sesuatu jang baik kepada umatNja dengan perantaraan nabi-nabiNja (lihat Ula 18:9-15).
Ende: Kel 22:20 - -- Pengutjilan (hibr. "cherem") berarti mempersembahkan seseorang atau suatu
benda kepada Tuhan mendjadi milikNja semata-mata, sehingga apa jang
dipersem...
Pengutjilan (hibr. "cherem") berarti mempersembahkan seseorang atau suatu benda kepada Tuhan mendjadi milikNja semata-mata, sehingga apa jang dipersembahkan itu tidak digunakan lagi oleh manusia. Maka dari itu kota jang terkena pengutukan sematjam itu harus dihantjur-leburkan orang-orang harus dibunuh, benda-benda jang berharga harus diserahkan ke Tempat Sutji (lihat Ula 7:1-2; Yos 2:10; 12 bandingkan Kel 6:11: Jericho sebagai kota Kanaan jang pertama-tama ditaklukkan dipersembahkan kepada Tuhan).
Menurut ajat ini orang dengan menjembah berhala menolak untuk beribadat-bakti kepada Jahwe, oleh umat Israel harus dipersembahkan kepada Jahwe. Demikianlah Israel mengelakkan diri dari bahaja jang mengantjam imannja.
Ende: Kel 22:21 - -- Dipandang dari sudut sosial, orang asing jang berdiam diantara umat Israel
terlampau lemah kedudukannja untuk membela hak-haknja. Maka dari setjara
is...
Dipandang dari sudut sosial, orang asing jang berdiam diantara umat Israel terlampau lemah kedudukannja untuk membela hak-haknja. Maka dari setjara istimewa ia dilindungi Hukum. Alasannja bersifat religieus: wadjib bersjukur kepada Tuhan atas pembebasan Israel sendiri. Kata "orang asing" atau "imigran" (Junani: "proselytos") sesudah masa Pembuangan memperoleh arti: seseorang bukan-Jahudi jang masuk Agama Jahudi.
Ende: Kel 22:22 - -- Disini dengan djelasnja nampaklah kejakinan, bahwa Tuhan setjara istimewa tjinta
akan mereka jang lemah tak berdaja dan miskin-menderita.
Disini dengan djelasnja nampaklah kejakinan, bahwa Tuhan setjara istimewa tjinta akan mereka jang lemah tak berdaja dan miskin-menderita.
Ende: Kel 22:25 - -- Ketika itu menurut bunga dari uang jang dipindahkan berarti menjalahgunakan
kemiskinan orang lain dan membinasakannja. Menurut hasil penjelidikan tent...
Ketika itu menurut bunga dari uang jang dipindahkan berarti menjalahgunakan kemiskinan orang lain dan membinasakannja. Menurut hasil penjelidikan tentang djaman itu, bunga itu sekurang-kurangnja sebanjak seperlima dari uang jang dipindjamkan.
Mantol merupakan djaminan untuk barang pindjaman.
Ende: Kel 22:28 - -- Memberontak terhadap seorang pemimpin berarti memberontak terhadap tata-susunan
masjarakat, dan dengan demikian memberontak melawan Tuhan sendiri.
Memberontak terhadap seorang pemimpin berarti memberontak terhadap tata-susunan masjarakat, dan dengan demikian memberontak melawan Tuhan sendiri.
Ende: Kel 23:1 - -- Menjusul disini berbagai pedoman (norma) bagi pengadilan jang adil (lihat Kel 18:13 tjatatan).
Menjusul disini berbagai pedoman (norma) bagi pengadilan jang adil (lihat Kel 18:13 tjatatan).
Ende: Kel 23:4 - -- Djuga dalam perdjandjian Lama sudah ada sematjam kesadaran akan wadjib-wadjib terhadap musuh.
Djuga dalam perdjandjian Lama sudah ada sematjam kesadaran akan wadjib-wadjib terhadap musuh.
Ende: Kel 23:11 - -- Peraturan ini ada hubungannja dengan hukum Sabbat (aj. 12)(Kel 23:12).
Alasan sosial, jang mungkin sekali mendjadi dasar semula dari perajaan Sabbat,
...
Peraturan ini ada hubungannja dengan hukum Sabbat (aj. 12)(Kel 23:12). Alasan sosial, jang mungkin sekali mendjadi dasar semula dari perajaan Sabbat, disini ditekankan (lihat Kel 20:8 tjatatan, dan Kel 21:1-4).
Seperti waktu, demikian pula tanah adalah kurnia Tuhan. Milik jang berupa tanah tidak boleh membahajakan kesatuan masjarakat Israel.
Ende: Kel 23:13 - -- Semua peraturan ini ditindjau dalam hubungannja dengan Perdjandjian, pertalian
istimewa antara Israel dan Jahwe.
Semua peraturan ini ditindjau dalam hubungannja dengan Perdjandjian, pertalian istimewa antara Israel dan Jahwe.
Ende: Kel 23:14 - -- Untuk merajakan tiga pesta ini kelak kemudian orang berziarah kekota Jerusalem.
Untuk merajakan tiga pesta ini kelak kemudian orang berziarah kekota Jerusalem.
Ende: Kel 23:16 - -- Perajaan panen disebut djuga "pesta minggu-minggu" (Kel 34:22) atau
"Pentekosta" (50 hari sesudah Paskah: Ima 23:16). Perajaan panen buah-buah
lebih t...
Perajaan panen disebut djuga "pesta minggu-minggu" (Kel 34:22) atau "Pentekosta" (50 hari sesudah Paskah: Ima 23:16). Perajaan panen buah-buah lebih terkenal sebagai "pesta kemah daun-daunan" dan dirajakan dimusim gugur.
Segala perajaan ini diantara umat Israel memperoleh arti keagamaannja sendiri, bukan hanja sebagai pesta-pesta alam, melainkan djuga sebagai peringatan peristiwa-peristiwa sedjarah Keselamatan (lih. Ula 8:7-20; 16:1-17).
Ende: Kel 23:19 - -- Larangan tersebut disini kiranja suatu reaksi menentang adat keagamaan Kanaan,
jang diketemukan djuga dalam teks-teks Ugarit (Ras Sjamra, suatu tempat...
Larangan tersebut disini kiranja suatu reaksi menentang adat keagamaan Kanaan, jang diketemukan djuga dalam teks-teks Ugarit (Ras Sjamra, suatu tempat dipantai disebelah utara Fenisia).
Ende: Kel 23:20 - -- Teks ini menundjukkan akan tahap pembebasan jang lebih landjut, jakni
perdjandjian ketanah Kanaan. Malaikat melambangkan Tuhan sendiri, jang dengan
sa...
berarti Hakekat Tuhan sendiri.
Ende: Kel 23:24 - -- Perang melawan penduduk Kanaan adalah perang keagamaan melawan bahaja
penjembahan berhala (bandingkan aj. 33)(Kel 23:33)
Ende: Kel 23:29 - -- Ajat-ajat berikutnja merupakan buah-pikiran dari djaman kemudian dan
mengutarakan alasan, mengapa Israel membutuhkan djangka-waktu jang lama untuk
mer...
Ajat-ajat berikutnja merupakan buah-pikiran dari djaman kemudian dan mengutarakan alasan, mengapa Israel membutuhkan djangka-waktu jang lama untuk merebut kekuasaan atas tanah Kanaan.
corr.; Hibr.: "tidak".
men. Jun.
Ref. Silang FULL -> Kel 20:22; Kel 20:23; Kel 20:24; Kel 20:25; Kel 20:26; Kel 21:1; Kel 21:2; Kel 21:5; Kel 21:6; Kel 21:10; Kel 21:12; Kel 21:13; Kel 21:14; Kel 21:16; Kel 21:17; Kel 21:21; Kel 21:22; Kel 21:23; Kel 21:24; Kel 21:28; Kel 21:29; Kel 21:30; Kel 21:32; Kel 21:33; Kel 21:36; Kel 22:1; Kel 22:2; Kel 22:3; Kel 22:4; Kel 22:5; Kel 22:6; Kel 22:7; Kel 22:8; Kel 22:9; Kel 22:10; Kel 22:11; Kel 22:12; Kel 22:13; Kel 22:14; Kel 22:15; Kel 22:16; Kel 22:18; Kel 22:19; Kel 22:20; Kel 22:21; Kel 22:22; Kel 22:23; Kel 22:24; Kel 22:25; Kel 22:26; Kel 22:27; Kel 22:28; Kel 22:29; Kel 22:30; Kel 22:31; Kel 23:1; Kel 23:2; Kel 23:3; Kel 23:4; Kel 23:5; Kel 23:6; Kel 23:7; Kel 23:8; Kel 23:9; Kel 23:11; Kel 23:12; Kel 23:13; Kel 23:14; Kel 23:15; Kel 23:16; Kel 23:17; Kel 23:18; Kel 23:19; Kel 23:20; Kel 23:21; Kel 23:22; Kel 23:23; Kel 23:24; Kel 23:25; Kel 23:26; Kel 23:27; Kel 23:28; Kel 23:29; Kel 23:30; Kel 23:31; Kel 23:32; Kel 23:33
· dari langit: Ul 5:24,26; Neh 9:13
Ref. Silang FULL: Kel 20:23 - di samping-Ku // allah emas · di samping-Ku: Kel 20:3; Kel 20:3
· allah emas: Kel 22:20; 32:4,8,31; 34:17; Ul 29:17-18; Neh 9:18
· di samping-Ku: Kel 20:3; [Lihat FULL. Kel 20:3]
· allah emas: Kel 22:20; 32:4,8,31; 34:17; Ul 29:17-18; Neh 9:18
Ref. Silang FULL: Kel 20:24 - bagi-Ku mezbah // korban bakaranmu // bagi nama-Ku // dan memberkati · bagi-Ku mezbah: Kel 27:1; 40:29; Bil 16:38; Ul 27:5; Yos 8:30; 2Raj 16:14; 2Taw 4:1; Ezr 3:2; Yeh 43:13
· korban bakaranmu: Kej 8:20; ...
· bagi-Ku mezbah: Kel 27:1; 40:29; Bil 16:38; Ul 27:5; Yos 8:30; 2Raj 16:14; 2Taw 4:1; Ezr 3:2; Yeh 43:13
· korban bakaranmu: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]; Kel 18:12; [Lihat FULL. Kel 18:12]
· bagi nama-Ku: Ul 12:5; 16:6,11; 26:2; 1Raj 9:3; 2Raj 21:4,7; 2Taw 6:6; 12:13; Ezr 6:12
· dan memberkati: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]; Kej 22:17
· supaya auratmu: Yeh 43:17
Ref. Silang FULL: Kel 21:1 - Inilah peraturan-peraturan · Inilah peraturan-peraturan: Kel 24:3; 34:32; Ul 4:14; 6:1
· Inilah peraturan-peraturan: Kel 24:3; 34:32; Ul 4:14; 6:1
Ref. Silang FULL: Kel 21:2 - seorang budak // orang merdeka · seorang budak: Kel 22:3
· orang merdeka: Kel 21:7; Yer 34:8,14
· seorang budak: Kel 22:3
· orang merdeka: Kel 21:7; Yer 34:8,14
Ref. Silang FULL: Kel 21:6 - menghadap Allah // itu menusuk // seumur hidup · menghadap Allah: Kel 22:8-9; Ul 17:9; 19:17; 25:1
· itu menusuk: Mazm 40:7
· seumur hidup: Ayub 39:12; 40:23
· menghadap Allah: Kel 22:8-9; Ul 17:9; 19:17; 25:1
· itu menusuk: Mazm 40:7
· seumur hidup: Ayub 39:12; 40:23
· dan persetubuhan: 1Kor 7:3-5
Ref. Silang FULL: Kel 21:12 - dihukum mati · dihukum mati: Kel 21:15,17; Kej 4:14,23; Kej 4:14; Kej 4:23; Kel 31:15; Im 20:9,10; 24:16; 27:29; Bil 1:51; 35:16,30-31; Ul 13:5; 19:11; 22:2...
· dihukum mati: Kel 21:15,17; Kej 4:14,23; [Lihat FULL. Kej 4:14]; [Lihat FULL. Kej 4:23]; Kel 31:15; Im 20:9,10; 24:16; 27:29; Bil 1:51; 35:16,30-31; Ul 13:5; 19:11; 22:22; 27:16; Ayub 31:11; Ams 20:20; Mat 26:52; [Lihat FULL. Mat 26:52]
· suatu tempat: Bil 35:10-34; Ul 4:42; 19:2-13; Yos 20:9
Ref. Silang FULL: Kel 21:14 - tipu daya // mati dibunuh · tipu daya: Kej 4:8; Bil 35:20; 2Sam 3:27; 20:10; Ibr 10:26
· mati dibunuh: Ul 19:11-12; 1Raj 2:28-34
· tipu daya: Kej 4:8; Bil 35:20; 2Sam 3:27; 20:10; Ibr 10:26
· mati dibunuh: Ul 19:11-12; 1Raj 2:28-34
Ref. Silang FULL: Kel 21:16 - telah menjualnya // dihukum mati · telah menjualnya: Kej 37:28
· dihukum mati: Kel 22:4; Ul 24:7
Ref. Silang FULL: Kel 21:17 - dihukum mati · dihukum mati: Kel 21:12; Kel 21:12; Ul 5:16; Ul 5:16; Mat 15:4%&; Mr 7:10%&
· adalah miliknya: Im 25:44-46
· yang dikenakan: Kel 21:30
· mau menjaganya: Kel 21:36
· yang dibebankan: Kel 21:22
Ref. Silang FULL: Kel 21:32 - puluh syikal · puluh syikal: Kej 37:28; Za 11:12-13; Mat 26:15; 27:3,9
· puluh syikal: Kej 37:28; Za 11:12-13; Mat 26:15; 27:3,9
· mau menjaganya: Kel 21:29
Ref. Silang FULL: Kel 22:1 - harus membayar · harus membayar: Im 6:1-7; 2Sam 12:6; Ams 6:31; Luk 19:8; Luk 19:8
Ref. Silang FULL: Kel 22:2 - waktu membongkar // berhutang darah · waktu membongkar: Ayub 24:16; Yer 2:34; Hos 7:1; Mat 6:19-20; 24:43
· berhutang darah: Bil 35:27
· waktu membongkar: Ayub 24:16; Yer 2:34; Hos 7:1; Mat 6:19-20; 24:43
· berhutang darah: Bil 35:27
Ref. Silang FULL: Kel 22:3 - ganti kerugian // harus dijual · ganti kerugian: Kel 22:1
· harus dijual: Kel 21:2; Kel 21:2; Mat 18:25; Mat 18:25
Ref. Silang FULL: Kel 22:4 - terdapat padanya // dua kali · terdapat padanya: 1Sam 12:5
· dua kali: Kej 43:12; Kej 43:12
Ref. Silang FULL: Kel 22:6 - tetapi tumpukan // ganti kerugian · tetapi tumpukan: Hak 15:5
· ganti kerugian: Kel 22:1
Ref. Silang FULL: Kel 22:7 - seseorang menitipkan // dua kali · seseorang menitipkan: Kel 22:10; Im 6:2
· dua kali: Kej 43:12; Kej 43:12
· ganti binatang: Kej 31:39
Ref. Silang FULL: Kel 22:16 - anak perawan // mas kawin · anak perawan: Ul 22:28
· mas kawin: Kej 34:12; Kej 34:12
Ref. Silang FULL: Kel 22:18 - sihir perempuan · sihir perempuan: Kel 7:11; Kel 7:11; Im 19:26,31; 20:27; Ul 18:11; 1Sam 28:3; 2Taw 33:6; Yes 57:3
· seekor binatang: Im 18:23; 20:15; Ul 27:21
Ref. Silang FULL: Kel 22:20 - kepada allah // ia ditumpas · kepada allah: Kel 20:23; Kel 20:23; Kel 34:15; Im 17:7; Bil 25:2; Ul 32:17; Mazm 106:37
· ia ditumpas: Im 27:29; Ul 13:5; 17:2-5; 18:...
· kepada allah: Kel 20:23; [Lihat FULL. Kel 20:23]; Kel 34:15; Im 17:7; Bil 25:2; Ul 32:17; Mazm 106:37
· ia ditumpas: Im 27:29; Ul 13:5; 17:2-5; 18:20; 1Raj 18:40; 19:1; 2Raj 10:25; 23:20; 2Taw 15:13
Ref. Silang FULL: Kel 22:21 - orang asing // orang asing · orang asing: Kel 23:9; Im 19:33; 24:22; Bil 15:14; Ul 1:16; 24:17; Yeh 22:29
· orang asing: Ul 10:19; 27:19; Za 7:10; Mal 3:5
· orang asing: Kel 23:9; Im 19:33; 24:22; Bil 15:14; Ul 1:16; 24:17; Yeh 22:29
· orang asing: Ul 10:19; 27:19; Za 7:10; Mal 3:5
Ref. Silang FULL: Kel 22:22 - anak yatim · anak yatim: Kel 22:26; Ul 10:18; 24:6,10,12,17; Ayub 22:6,9; 24:3,21; Mazm 68:6; 146:9; Ams 23:10; Yes 1:17; Yer 7:5,6; 21:12; 22:3; Yeh 18:5...
Ref. Silang FULL: Kel 22:23 - mendengarkan seruan // mereka berseru-seru · mendengarkan seruan: Ul 10:18; 15:9; 24:15; Ayub 34:28; 35:9; Mazm 10:14,17; 12:6; 18:7; 34:16; Yak 5:4
· mereka berseru-seru: Luk 18:...
· mendengarkan seruan: Ul 10:18; 15:9; 24:15; Ayub 34:28; 35:9; Mazm 10:14,17; 12:6; 18:7; 34:16; Yak 5:4
· mereka berseru-seru: Luk 18:7
· menjadi yatim: Mazm 69:25; 109:9; Rat 5:3
Ref. Silang FULL: Kel 22:25 - bunga uang · bunga uang: Im 25:35-37; Ul 15:7-11; 23:20; Neh 5:7,10; Mazm 15:5; Yeh 18:8
· bunga uang: Im 25:35-37; Ul 15:7-11; 23:20; Neh 5:7,10; Mazm 15:5; Yeh 18:8
Ref. Silang FULL: Kel 22:26 - sebagai gadai · sebagai gadai: Kel 22:22; Kel 22:22; Ams 20:16; Yeh 33:15; Am 2:8
Ref. Silang FULL: Kel 22:27 - pergi tidur // ini pengasih · pergi tidur: Ul 24:13,17; Ayub 22:6; 24:7; 29:11; 31:19-20; Yeh 18:12,16
· ini pengasih: Kel 34:6; Ul 4:31; 2Taw 30:9; Neh 9:17; Mazm ...
· pergi tidur: Ul 24:13,17; Ayub 22:6; 24:7; 29:11; 31:19-20; Yeh 18:12,16
· ini pengasih: Kel 34:6; Ul 4:31; 2Taw 30:9; Neh 9:17; Mazm 99:8; 103:8; 116:5; 145:8; Yoel 2:13; Yun 4:2
Ref. Silang FULL: Kel 22:28 - mengutuki Allah // engkau menyumpahi // tengah-tengah bangsamu · mengutuki Allah: Kel 20:7; Kel 20:7
· engkau menyumpahi: 2Sam 16:5,9; 19:21; 1Raj 21:10; 2Raj 2:23; Mazm 102:9
· tengah-tengah ...
· mengutuki Allah: Kel 20:7; [Lihat FULL. Kel 20:7]
· engkau menyumpahi: 2Sam 16:5,9; 19:21; 1Raj 21:10; 2Raj 2:23; Mazm 102:9
· tengah-tengah bangsamu: Pengkh 10:20; Kis 23:5%&
Ref. Silang FULL: Kel 22:29 - lalai mempersembahkan // anak-anakmu lelaki · lalai mempersembahkan: Kel 23:15,16,19; 34:20,26; Im 19:24; 23:10; Bil 18:13; 28:26; Ul 18:4; 26:2,10; 1Sam 6:3; Neh 10:35; Ams 3:9; Mal 3:10...
· lalai mempersembahkan: Kel 23:15,16,19; 34:20,26; Im 19:24; 23:10; Bil 18:13; 28:26; Ul 18:4; 26:2,10; 1Sam 6:3; Neh 10:35; Ams 3:9; Mal 3:10
· anak-anakmu lelaki: Kel 13:2; [Lihat FULL. Kel 13:2]; Bil 8:16-17; Luk 2:23
Ref. Silang FULL: Kel 22:30 - kambing dombamu // pada hari · kambing dombamu: Kel 34:19; Ul 15:19
· pada hari: Kej 17:12; Im 12:3; 22:27
· kambing dombamu: Kel 34:19; Ul 15:19
· pada hari: Kej 17:12; Im 12:3; 22:27
Ref. Silang FULL: Kel 22:31 - orang-orang kudus // binatang buas · orang-orang kudus: Kel 19:6; Im 19:2; 22:31; Ezr 9:2
· binatang buas: Im 7:24; 17:15; 22:8; Ul 14:21; Yeh 4:14; 44:31
· orang-orang kudus: Kel 19:6; Im 19:2; 22:31; Ezr 9:2
· binatang buas: Im 7:24; 17:15; 22:8; Ul 14:21; Yeh 4:14; 44:31
Ref. Silang FULL: Kel 23:1 - menyebarkan kabar // menjadi saksi · menyebarkan kabar: Kej 39:17; Kej 39:17; Mat 19:18; Luk 3:14
· menjadi saksi: Kel 20:16; Kel 20:16; Ul 5:20; 19:16-21; Mazm 27:12; 35:...
· menyebarkan kabar: Kej 39:17; [Lihat FULL. Kej 39:17]; Mat 19:18; Luk 3:14
· menjadi saksi: Kel 20:16; [Lihat FULL. Kel 20:16]; Ul 5:20; 19:16-21; Mazm 27:12; 35:11; Ams 19:5; Kis 6:11
Ref. Silang FULL: Kel 23:2 - kebanyakan orang // membelokkan hukum · kebanyakan orang: Ayub 31:34
· membelokkan hukum: Kel 23:3,6,9; Im 19:15,33; Ul 1:17; 16:19; 24:17; 27:19; 1Sam 8:3
· kebanyakan orang: Ayub 31:34
· membelokkan hukum: Kel 23:3,6,9; Im 19:15,33; Ul 1:17; 16:19; 24:17; 27:19; 1Sam 8:3
· janganlah memihak: Ul 1:17
Ref. Silang FULL: Kel 23:4 - lembu musuhmu // segeralah kaukembalikan · lembu musuhmu: Rom 12:20
· segeralah kaukembalikan: Im 6:3; 19:11; Ul 22:1-3
· lembu musuhmu: Rom 12:20
· segeralah kaukembalikan: Im 6:3; 19:11; Ul 22:1-3
Ref. Silang FULL: Kel 23:6 - memperkosa hak · memperkosa hak: Kel 23:2; Kel 23:2; Ul 23:16; Ams 22:22
Ref. Silang FULL: Kel 23:7 - dari perkara // tidak bersalah // boleh kaubunuh // yang bersalah · dari perkara: Kel 20:16; Kel 20:16; Ef 4:25; Ef 4:25
· tidak bersalah: Mat 27:4
· boleh kaubunuh: Kej 18:23; Kej 18:23
·...
Ref. Silang FULL: Kel 23:8 - Suap · Suap: Kel 18:21; Kel 18:21; Im 19:15; Ul 10:17; 27:25; Ayub 15:34; 36:18; Mazm 26:10; Ams 6:35; 15:27; 17:8; Yes 1:23; 5:23; Mi 3:11; 7:3
· Suap: Kel 18:21; [Lihat FULL. Kel 18:21]; Im 19:15; Ul 10:17; 27:25; Ayub 15:34; 36:18; Mazm 26:10; Ams 6:35; 15:27; 17:8; Yes 1:23; 5:23; Mi 3:11; 7:3
Ref. Silang FULL: Kel 23:9 - Orang asing · Orang asing: Kel 23:2; Kel 23:2; Kel 22:21; Kel 22:21; Im 19:33-34; Yeh 22:7
Ref. Silang FULL: Kel 23:12 - melakukan pekerjaanmu // melepaskan lelah · melakukan pekerjaanmu: Kel 20:9; Kel 20:9; Luk 13:14
· melepaskan lelah: Kej 2:2-3
Ref. Silang FULL: Kel 23:13 - kamu berawas-awas // nama allah // dari mulutmu · kamu berawas-awas: Ul 4:9,23; 1Tim 4:16
· nama allah: Kel 23:32; Ul 12:3; Yos 23:7; Mazm 16:4; Za 13:2
· dari mulutmu: Ul 18:20...
Ref. Silang FULL: Kel 23:14 - Tiga kali · Tiga kali: Kel 23:17; Kel 12:14; Kel 12:14; Kel 34:23,24; Ul 16:16; 1Raj 9:25; 2Taw 8:13 Yeh 46:9
Ref. Silang FULL: Kel 23:15 - Tidak Beragi // bulan Abib // tangan hampa · Tidak Beragi: Kel 12:17; Kel 12:17; Mat 26:17; Luk 22:1; Kis 12:3
· bulan Abib: Kel 12:2; Kel 12:2
· tangan hampa: Kel 22:29; K...
Ref. Silang FULL: Kel 23:16 - raya menuai // buah bungaran // pengumpulan hasil // dari ladang · raya menuai: Im 23:15-21; Bil 28:26; Ul 16:9; 2Taw 8:13
· buah bungaran: Kel 22:29; Kel 22:29; Kel 34:22; Kel 34:22
· pengump...
Ref. Silang FULL: Kel 23:18 - yang beragi // sampai pagi · yang beragi: Kel 34:25; Im 2:11
· sampai pagi: Kel 12:8; Kel 12:8
Ref. Silang FULL: Kel 23:19 - buah bungaran // susu induknya · buah bungaran: Kel 22:29; Kel 22:29; Kel 34:22; Kel 34:22; Bil 18:12; Bil 18:12
· susu induknya: Kel 34:26; Ul 14:21
Ref. Silang FULL: Kel 23:20 - seorang malaikat // telah Kusediakan · seorang malaikat: Kej 16:7; Kej 16:7
· telah Kusediakan: Kel 15:17
Ref. Silang FULL: Kel 23:21 - dan dengarkanlah // sebab pelanggaranmu // akan diampuninya // sebab nama-Ku · dan dengarkanlah: Ul 18:19; Yer 13:15
· sebab pelanggaranmu: Bil 17:10; Ul 9:7; 31:27; Yos 24:19; Mazm 25:7; 78:8,40,56; 106:33; 107:1...
Ref. Silang FULL: Kel 23:22 - dan melakukan // akan memusuhi · dan melakukan: Kel 15:26; Kel 15:26
· akan memusuhi: Kej 12:3; Kej 12:3; Yes 41:11; Yer 30:20
Ref. Silang FULL: Kel 23:23 - orang Yebus · orang Yebus: Bil 13:29; 21:21; Yos 3:10; 24:8,11; Ezr 9:1; Mazm 135:11
· orang Yebus: Bil 13:29; 21:21; Yos 3:10; 24:8,11; Ezr 9:1; Mazm 135:11
Ref. Silang FULL: Kel 23:24 - sujud menyembah // meniru perbuatan // engkau memusnahkan // haruslah kauremukkan · sujud menyembah: Kel 20:5; Kel 20:5
· meniru perbuatan: Im 18:3; 20:23; Ul 9:4; 12:30-31; Yer 10:2
· engkau memusnahkan: Kel 34...
· sujud menyembah: Kel 20:5; [Lihat FULL. Kel 20:5]
· meniru perbuatan: Im 18:3; 20:23; Ul 9:4; 12:30-31; Yer 10:2
· engkau memusnahkan: Kel 34:13; Bil 33:52; Ul 7:5; 12:3; Hak 2:2; 2Raj 18:4; 23:14
· haruslah kauremukkan: Im 26:1; Ul 16:22; 1Raj 14:23; 2Raj 3:2; 10:26; 17:10; 2Taw 14:3; Yes 27:9
Ref. Silang FULL: Kel 23:25 - Tuhan, Allahmu // akan memberkati // menjauhkan penyakit · Tuhan, Allahmu: Mat 4:10
· akan memberkati: Im 26:3-13; Ul 7:12-15; 28:1-14
· menjauhkan penyakit: Kel 15:26; Kel 15:26
· Tuhan, Allahmu: Mat 4:10
· akan memberkati: Im 26:3-13; Ul 7:12-15; 28:1-14
Ref. Silang FULL: Kel 23:26 - atau mandul // tahun umurmu · atau mandul: Im 26:3-4; Ul 7:14; 28:4; Mal 3:11
· tahun umurmu: Kej 15:15; Kej 15:15; Ul 4:1,40; 32:47; Mazm 90:10
· atau mandul: Im 26:3-4; Ul 7:14; 28:4; Mal 3:11
· tahun umurmu: Kej 15:15; [Lihat FULL. Kej 15:15]; Ul 4:1,40; 32:47; Mazm 90:10
Ref. Silang FULL: Kel 23:27 - Kengerian // akan mengacaukan // musuhmu lari · Kengerian: Kej 35:5; Kej 35:5; Kel 15:14; Kel 15:14
· akan mengacaukan: Kel 14:24; Kel 14:24; Ul 7:23
· musuhmu lari: 2Sam 22:4...
· Kengerian: Kej 35:5; [Lihat FULL. Kej 35:5]; Kel 15:14; [Lihat FULL. Kel 15:14]
· akan mengacaukan: Kel 14:24; [Lihat FULL. Kel 14:24]; Ul 7:23
· musuhmu lari: 2Sam 22:41; Mazm 18:41; 21:13
Ref. Silang FULL: Kel 23:28 - melepaskan tabuhan // orang Het · melepaskan tabuhan: Ul 7:20; Yos 24:12
· orang Het: Kel 33:2; 34:11,24; Bil 13:29; Ul 4:38; 11:23; 18:12; Yos 3:10; 24:11; Mazm 78:55
· melepaskan tabuhan: Ul 7:20; Yos 24:12
· orang Het: Kel 33:2; 34:11,24; Bil 13:29; Ul 4:38; 11:23; 18:12; Yos 3:10; 24:11; Mazm 78:55
Ref. Silang FULL: Kel 23:31 - sungai Efrat // engkau menghalau · sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14; Ul 34:2; Ezr 4:20
· engkau menghalau: Ul 7:24; 9:3; Yos 21:44; 24:12,18; Mazm 80:9
· sungai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]; Ul 34:2; Ezr 4:20
· engkau menghalau: Ul 7:24; 9:3; Yos 21:44; 24:12,18; Mazm 80:9