kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 2:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, -- 2:5 belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; 2:6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu -- 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Manusia dan taman Eden
2:8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. 2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. 2:10 Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. 2:11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. 2:12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras. 2:13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. 2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." 2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." 2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki." 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. 2:25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Eden a place near where the Tigris and Euphrates Rivers meet (NIVsn),son of Joah (Gershon Levi) in King Hezekiah's time,a district along the Euphrates River south of Haran (NIVsn)
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Gihon a river in the Garden of Eden,a spring just southeast of Jerusalem
 · Hawila son of Cush son of Ham son of Noah,son of Joktan of Shem,a region encircled by the Pishon River,a place whose exact position is unknown
 · Kush a resident of the region of Cush
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · Pison a river that ran through the Garden of Eden
 · Tigris a major northern and parallel tributary of the Euphrates River


Topik/Tema Kamus: Firdaus | Pentateukh | Adam | Sejarah Purba | Kebijaksanaan | Cipta, Penciptaan | Eden | Manusia | Kisah Penciptaan | Maria | Perkawinan | Berita Ganda | Perempuan | Binatang | Hawila | Kodeks Imamat Atau Tulisan Imamat | Taman | Cipta, Ciptaan | Sabat | Sungai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 2:3 - ALLAH MEMBERKATI HARI KETUJUH ITU. Nas : Kej 2:3 Allah memberkati hari ketujuh (yaitu Sabat) dan menetapkannya sebagai hari yang kudus dan hari perhentian khusus sebagai peringatan a...

Nas : Kej 2:3

Allah memberkati hari ketujuh (yaitu Sabat) dan menetapkannya sebagai hari yang kudus dan hari perhentian khusus sebagai peringatan akan selesainya seluruh karya penciptaan. Kemudian Allah menjadikan hari Sabat suatu hari berkat bagi umat-Nya yang setia (Kel 20:8). Allah menyatakannya sebagai hari perhentian, pelayanan, dan persekutuan dengan-Nya (Kel 16:29; 31:12-17;

lihat cat. --> Mat 12:1).

[atau ref. Mat 12:1]

Full Life: Kej 2:4 - DEMIKIANLAH RIWAYAT. Nas : Kej 2:4 Riwayat penciptaan yang kedua ini (Kej 2:4-25) tidak bertentangan dengan Kej 1:1-2:3. Kisah ini lebih merinci penciptaan laki-laki da...

Nas : Kej 2:4

Riwayat penciptaan yang kedua ini (Kej 2:4-25) tidak bertentangan dengan Kej 1:1-2:3. Kisah ini lebih merinci penciptaan laki-laki dan wanita, lingkungan dan masa percobaan mereka. Pasal Kej 2:1-25 memberikan rincian menurut topik, sedangkan pasal Kej 1:1-31 menyajikan urutan kronologis.

Full Life: Kej 2:4 - TUHAN ALLAH. Nas : Kej 2:4 Nama Allah yang lain diperkenalkan dalam Kej 2:4, nama "Tuhan" (Ibr. _YHWH_, "Yahweh"). Jikalau _Elohim_ (Kej 1:1) merupakan nama All...

Nas : Kej 2:4

Nama Allah yang lain diperkenalkan dalam Kej 2:4, nama "Tuhan" (Ibr. _YHWH_, "Yahweh"). Jikalau _Elohim_ (Kej 1:1) merupakan nama Allah yang umum, yang menekankan kebesaran dan kuasa-Nya

(lihat art. PENCIPTAAN),

"Tuhan" adalah nama pribadi dan perjanjian yang dengannya Allah menyatakan diri kepada umat-Nya. Dalam penyataan nama perjanjian Allah ini terkandung kasih setia-Nya, perhatian akan keselamatan manusia, serta kedekatan dan kehadiran-Nya yang setia bersama umat-Nya. Nama pribadi ini dipakai dalam situasi ketika Dia dilihat dalam hubungan langsung dengan umat-Nya atau dengan alam. Bila kata-kata "Tuhan Allah" dipakai bersamaan, maka nama tersebut mengacu kepada Pencipta mahakuasa yang telah memasuki hubungan perjanjian dengan umat manusia (lih. ayat Kej 2:9-25; Kel 6:6; Im 11:44-45; Yes 53:1,5-6;

lihat cat. --> Kel 3:14).

[atau ref. Kel 3:14]

Full Life: Kej 2:7 - MAKHLUK YANG HIDUP. Nas : Kej 2:7 Pemberian hidup kepada manusia dilukiskan sebagai akibat dari tindakan Allah yang khusus, berbeda dengan penciptaan makhluk hidup lai...

Nas : Kej 2:7

Pemberian hidup kepada manusia dilukiskan sebagai akibat dari tindakan Allah yang khusus, berbeda dengan penciptaan makhluk hidup lainnya. Allah secara khusus memberikan hidup dan nafas kepada manusia pertama, yang menunjukkan bahwa hidup manusia lebih tinggi dan berhakikat lain daripada bentuk kehidupan lain dan bahwa ada hubungan unik antara hidup ilahi dengan hidup manusia (bd. Kej 1:26-27). Allah merupakan sumber pokok dari hidup umat manusia.

Full Life: Kej 2:8 - TAMAN DI EDEN, DI SEBELAH TIMUR. Nas : Kej 2:8 Taman Eden terletak dekat dataran Sungai Efrat dan Tigris (lih. ayat Kej 2:14). Beberapa orang beranggapan taman ini letak di wilayah...

Nas : Kej 2:8

Taman Eden terletak dekat dataran Sungai Efrat dan Tigris (lih. ayat Kej 2:14). Beberapa orang beranggapan taman ini letak di wilayah selatan Irak sekarang; yang lain beranggapan bahwa data Alkitab (ayat Kej 2:10-14) kurang memadai untuk menentukan tempat yang tepat.

Full Life: Kej 2:9 - POHON KEHIDUPAN. Nas : Kej 2:9 Dua pohon di taman ini memiliki kepentingan khusus. 1) "Pohon kehidupan" mungkin dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kemati...

Nas : Kej 2:9

Dua pohon di taman ini memiliki kepentingan khusus.

  1. 1) "Pohon kehidupan" mungkin dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kematian jasmaniah. Pohon ini dikaitkan dengan hidup kekal dalam Kej 3:22 (bd. Wahy 2:7). Umat Allah akan menikmati pohon kehidupan di langit baru dan bumi baru (Wahy 2:7; 22:2).
  2. 2) Pohon "pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat" dirancang untuk menguji iman dan ketaatan Adam kepada Allah dan firman-Nya

    (lihat cat. --> Kej 2:16).

    [atau ref. Kej 2:16]

    Allah menciptakan manusia sebagai makhluk moral dengan kemampuan untuk memilih secara bebas untuk mengasihi dan menaati sang Pencipta, atau untuk tidak menaati dan memberontak kepada kehendak-Nya.

Full Life: Kej 2:15 - MENEMPATKANNYA DALAM TAMAN EDEN. Nas : Kej 2:15 Pada saat ini Adam selaku manusia pertama kudus, bebas dosa dan dalam hubungan yang sempurna dengan Allah. Adam merupakan puncak cip...

Nas : Kej 2:15

Pada saat ini Adam selaku manusia pertama kudus, bebas dosa dan dalam hubungan yang sempurna dengan Allah. Adam merupakan puncak ciptaan Allah dan diberikan tanggung jawab untuk bekerja di bawah pengarahan Allah dalam memelihara ciptaan-Nya ini. Hubungan harmonis di antara Allah dengan manusia ini hilang karena Adam dan Hawa tidak taat (Kej 3:6,14-19).

Full Life: Kej 2:16 - TUHAN ALLAH MEMBERI PERINTAH INI KEPADA MANUSIA. Nas : Kej 2:16 Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak. 1) H...

Nas : Kej 2:16

Sejak awal sejarah umat manusia terikat dengan Allah melalui iman dan ketaatan kepada Firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.

  1. 1) Hidup melalui iman dan ketaatan diberikan sebagai prinsip pengatur di dalam hubungan Adam dengan Allah di taman Eden. Adam diingatkan bahwa dia akan mati jikalau melanggar kehendak Allah dan memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (ayat Kej 2:17). Ancaman kematian ini harus diterima dengan iman berdasarkan firman Allah karena Adam belum melihat kematian manusia.
  2. 2) Perintah Allah (ayat Kej 2:16-17) diberikan kepada Adam sebagai ujian moral. Perintah itu menempatkan di hadapannya suatu pilihan yang tegas dan sengaja untuk percaya dan taat, atau tidak percaya dan tidak menaati kehendak Penciptanya.
  3. 3) Selama Adam mempercayai firman Allah dan taat, dia akan terus memiliki hidup kekal dan hubungan yang bahagia dengan Allah

    (lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

    Jikalau dia berdosa karena tidak taat, dia akan menuai bencana moral dan kematian (ayat Kej 2:17).

Full Life: Kej 2:18 - PENOLONG ... YANG SEPADAN DENGAN DIA. Nas : Kej 2:18 Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung ...

Nas : Kej 2:18

Wanita diciptakan untuk menjadi rekan yang mengasihi dan menolong laki-laki. Selaku rekan ia harus bersama-sama menanggung tanggung jawab laki-laki dan bekerja sama dengannya dalam memenuhi maksud Allah bagi kehidupan laki-laki dan keluarga mereka

(lihat cat. --> Ef 5:22;

[atau ref. Ef 5:22]

lih. Mazm 33:20; 70:6; 115:9, di mana istilah "penolong" dipakai juga

untuk menggambarkan Allah).

Full Life: Kej 2:24 - MENINGGALKAN AYAHNYA DAN IBUNYA. Nas : Kej 2:24 Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi (lihat c...

Nas : Kej 2:24

Sejak semula Allah menetapkan pernikahan dan kesatuan keluarga sebagai lembaga pertama dan paling penting di bumi

(lihat cat. --> Kej 1:28).

[atau ref. Kej 1:28]

Rencana Allah bagi pernikahan adalah satu orang laki-laki dan satu orang wanita yang menjadi "satu daging" (yaitu, bersatu secara jasmaniah dan rohani). Arahan ini menolak perzinaan, poligami, homoseksualitas, kehidupan tidak bermoral, dan perceraian yang tidak alkitabiah (Mr 10:7-9;

lihat cat. --> Mat 19:9).

[atau ref. Mat 19:9]

BIS: Kej 2:7 - tanah ... manusia tanah ... manusia Kata "manusia" dan "tanah" dalam bahasa Ibrani mempunyai bunyi serupa.

tanah ... manusia Kata "manusia" dan "tanah" dalam bahasa Ibrani mempunyai bunyi serupa.

BIS: Kej 2:9 - pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat atau pengetahuan tentang segala sesuatu.

pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat atau pengetahuan tentang segala sesuatu.

BIS: Kej 2:13 - Kus Kus (di Mesopotamia); atau Sudan.

Kus (di Mesopotamia); atau Sudan.

BIS: Kej 2:23 - laki-laki Dalam bahasa Ibrani kata untuk laki-laki adalah ISH.

Dalam bahasa Ibrani kata untuk laki-laki adalah ISH.

BIS: Kej 2:23 - perempuan Dalam bahasa Ibrani kata untuk perempuan adalah ISHA.

Dalam bahasa Ibrani kata untuk perempuan adalah ISHA.

Jerusalem: Kej 1:1--2:4 - -- Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-2...

Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-25. Pengarang kisah pertama ini bermaksud mengelompokkan semua makhluk dengan cara yang ditinjau dari segi logika dapat memuaskan dan yang mencakup segala sesuatu yang dijadikan Allah. Dengan berpegangan pada suatu bagan yang rapih tersusun pengarang mengisahkan karya penciptaan dalam rangka satu minggu. Karya Allah berakhir dengan beristirahat, sebagaimana orang beristirahat pada hari Sabat. Semua makhluk mulai berada atas kehendak Allah. Mula-mula diciptakan apa yang rendah martabatnya, lalu yang lain-lain sampai dengan makhluk yang paling mulia, yaitu manusia, gambaran Allah dan raja alam semesta. Kisah penciptaan ini disusun berdasarkan ilmu pengetahuan yang amat primitip. Karenanya tidak berguna sama sekali berusaha menyesuaikan kisah ini dengan ilmu pengetahuan modern. Tetapi dalam bentuk yang sesuai dengan zaman penyusunannya kisah ini menyajikan ajaran berupa wahyu mengenai Allah yang esa dan transenden, Allah yang ada sebelum dunia dan yang menciptakan segala sesuatu. Dan inilah ajaran yang berlaku bagi segala zaman.

Jerusalem: Kej 2:3 - menguduskannya Hari Sabat (Ibraninya: syabbat) ditetapkan Allah. Sebab Allah sendiri beristirahat (Ibraninya: syabbat) pada hari ketujuh. Namun demikian pengarang me...

Hari Sabat (Ibraninya: syabbat) ditetapkan Allah. Sebab Allah sendiri beristirahat (Ibraninya: syabbat) pada hari ketujuh. Namun demikian pengarang mencegah diri dari menyebut "Sabat", sebab menurut tradisi Para Imam hukum hari Sabat baru dibebankan di gunung Sinai sebagai tanda perjanjian, Kej 31:12-17. tetapi dalam karya penciptaan Allah memberi teladan yang seharusnya dituruti manusia, Kel 20:11; 31:17.

Jerusalem: Kej 2:4 - riwayat Ini menterjemahkan kata Ibrani toledot yang secara harafiah berarti: apa yang dilahirkan, diperanakkan; keturunan. Arti kedua ialah: riwayat bapa lelu...

Ini menterjemahkan kata Ibrani toledot yang secara harafiah berarti: apa yang dilahirkan, diperanakkan; keturunan. Arti kedua ialah: riwayat bapa leluhur serta keturunannya, bdk Kej 6:9; 25:19; 37:2. Dengan menggunakan istilah itu kisah penciptaan ini kehilangan ciri mitologisnya, sebab penciptaan itu menjadi awal sejarah dunia. Istilah itu mencegah juga suatu pengertian yang berkembang di negeri Sumer dan Mesir, bahwa penciptaan merupakan serangkaian kelahiran ilahi (dewa)

Jerusalem: Kej 2:7 - manusia itu dari debu tanah Manusia, Ibraninya: adam, berasal dari tanah, Ibrani" Adamah bdk Kej 3:19. Nama kolektip (umat manusia) ini akan menjadi nama diri manusia pertama, Ad...

Manusia, Ibraninya: adam, berasal dari tanah, Ibrani" Adamah bdk Kej 3:19. Nama kolektip (umat manusia) ini akan menjadi nama diri manusia pertama, Adam, bdk Kej 4:25; 5:1,3

Jerusalem: Kej 2:7 - makhluk yang hidup Manusia menjadi makhluk yang hidup berkat hembusan nafas yang menghidupkan (atau juga berkat roh, Ibraninya ruah,Kej 6:17+; Yes 11:2+). Dalam bahasa I...

Manusia menjadi makhluk yang hidup berkat hembusan nafas yang menghidupkan (atau juga berkat roh, Ibraninya ruah,Kej 6:17+; Yes 11:2+). Dalam bahasa Ibrani "makhluk yang hidup" itu disebut nefesy, bdk Maz 6:5+.

Jerusalem: Kej 2:8 - taman di Eden Kata "taman" oleh Alkitab Yunani diterjemahkan dengan kata firdaus: Dan kata ini akan dipakai dalam tradisi selanjutnya. Eden di sini adalah nama sebu...

Kata "taman" oleh Alkitab Yunani diterjemahkan dengan kata firdaus: Dan kata ini akan dipakai dalam tradisi selanjutnya. Eden di sini adalah nama sebuah daerah yang tidak dapat ditentukan di mana letaknya. Mula-mula kata Eden mungkin hanya berarti: "padang belantara". Tetapi orang-orang Yahudi mengartikan kata Eden itu atas dasar sebuah kata Ibrani 'dn, yang berarti: kenikmatan. Perbedaan antara daerah Eden dan "taman" yang jelas dalam ayat ini dan dalam Kej 2:10, dalam bagian-bagian Kejadian selanjutnya menjadi kabur. Dalam Kej 2:15 dikatakan mengenai "Taman Eden" lih juga Kej 3:23,24. Dalam kitab Yeh 28:13 dan Yeh 31:9 Eden, yaitu "Taman Tuhan", dilawankan dengan padang gurun dan padang belantara.

Jerusalem: Kej 2:9 - pohon kehidupan Ialah lambang kebakaan, bdk Kej 3:22+. Mengenai "pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat" bdk Kej 2:17+.

Ialah lambang kebakaan, bdk Kej 3:22+. Mengenai "pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat" bdk Kej 2:17+.

Jerusalem: Kej 2:10 - empat cabang Kej 2:10-14 berupa sisipan yang harus diberi berkurung. Sisipan itu mungkin sekali dimasukkan oleh Yahwista sendiri yang memanfaatkan pikiran kuno men...

Kej 2:10-14 berupa sisipan yang harus diberi berkurung. Sisipan itu mungkin sekali dimasukkan oleh Yahwista sendiri yang memanfaatkan pikiran kuno mengenai bentuk bumi. Taman Eden tidak mau diletakkan di tempat tertentu. Pengarang hanya mau berkata bahwa sungai-sungai besar yang berperan sebagai "pembuluh vital" keempat bagian bumi semua mempunyai sumbernya di dalam firdaus. Tidak mengherankan bahwa geografi dalam ayat-ayat ini agak kabur. Sungai Efrat dan Tigris memang dikenal baik oleh ilmu bumi. Kedua sungai ini bersumber di pegunungan Armenia. Tetapi tentang sungai Pison dan Gihon tidak diketahui apa-apa. Menurut Kej 10:29 Hawila adalah sebuah daerah di negeri Arab. Kusy biasanya sama dengan Etiopia. Namun tidak pasti juga bahwa di sini kedua nama itu harus dimengerti menurut artinya yang lazim.

Jerusalem: Kej 2:12 - damar bedolah Ini suatu jenis getah yang harum mewangi.

Ini suatu jenis getah yang harum mewangi.

Jerusalem: Kej 2:17 - pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan p...

Pengetahuan itu merupakan milik khusus Allah. Dengan berbuat dosa manusia berusaha merebut hal itu bagi dirinya, Kej 3:5,22. Yang dimaksudkan dengan pengetahuan itu bukanlah pengetahuan akan segala-galanya yang tidak lagi dimiliki manusia setelah berdosa. Tidak dimaksudkan pula kemampuan membeda-bedakan baik dan jahat di bidang kesusilaan. Kemampuan itu sudah dimiliki manusia sebelum berdosa dan tidak dapat tidak diberikan kepada makhluk yang berakal. Pengetahuan itu harus diartikan sebagai kemampuan untuk sendiri menentukan apa yang baik dan apa yang jahat, lalu berlaku sesuai dengan penentuan itu. Jadi pada pokoknya pengetahuan itu berakhir bahwa manusia menuntut otonomi di bidang kesusilaan. Dengan demikian manusia ingin meniadakan kedudukannya sebagai makhluk, bdk Yes 5:20, dan merebut kedudukan Allah. Maka dosanya pada pokoknya dosa kesombongan. Pemberontakan manusia terhadap Penciptanya secara kongkrit diungkapkan sebagai pelanggaran suatu perintah Allah yang dilambangkan oleh buah yang terlarang itu

Jerusalem: Kej 2:17 - pastilah engkau mati Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. T...

Rumus yang sama dipakai dalam hukum yang mengancamkan hukuman mati. Tidak perlu bahwa setelah memakan buah terlarang itu manusia mati seketika juga. Ternyata Adam dan Hawa hidup terus. Hukuman mati yang disebut dalam Kej 3:16-19 tidak lain kecuali kematian pada akhir hidup yang malang dan bersengsara. Dosa yang dilambangkan dengan makan buah terlarang patut mendapat hukuman mati; ayat ini tidak mengatakan lebih dari itu, bdk Kej 3:3.

Jerusalem: Kej 2:18 - penolong baginya Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan peremp...

Kisah mengenai diciptakannya perempuan, Kej 2:18-24, agaknya berasal dari sebuah tradisi tersendiri. Dalam Kej 2:16 manusia ialah laki-laki dan perempuan, dan demikianpun halnya dalam Kej 3:24 dan Kej 5:1-3 yang melanjutkan Kej 2:17. Maka dapat disimpulkan bahwa Allah memberikan perintahNya kepada laki-laki maupun kepada perempuan.

Jerusalem: Kej 2:21 - daging Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata bas...

Kata Ibrani basar (daging) sehubungan dengan manusia dan binatang pertama-tama berarti gumpal urat-urat, Kej 41:2-4; Kej 4:7; Ayu 2:5. Tetapi kata basar berarti juga seluruh tubuh, Bil 8:7; 1Ra 21:27; 2Ra 6:30 lalu hubungan darah, Kej 2:23; 29:14; 37:27, malahan seluruh umat manusia dan segala makhluk yang berhayat (segala yang hidup), Kej 6:17,19; Maz 136:25; Yes 40:5-6. Jiwa, Nefesy, Kej 2:7+; Maz 6:5+, atau nyawa, ruah, Kej 6:17+, menjiwai daging, biarpun tidak ditambah kepadanya, dan menjadikan hidup. tetapi kata basar sering juga khususnya menunjuk kefanaan dan kelemahan manusia, Kej 6:3; Maz 56:5; Yes 40:6; Yer 17:5. Lambat laun disadari bahwa kedua segi pada manusia itu sedikit banyak berlawanan satu sama lain, Maz 78:39; Pengk 12:7; Yes 31:3, bdk juga Wis 8:19; 9:15+. Bahasa Ibrani tidak mempunyai sebuah kata yang berarti: tubuh. Dalam Perjanjian Baru kekurangan itu diatasi dengan kata Yunani soma yang dipakai di samping kata sarks (daging), bdk Rom 7:5+; Rom 7:24+.

Jerusalem: Kej 2:22 - dari rusuk....dibangunNyalah Ungkapan ini mengungkapkan hubungan yang mempersatukan laki-laki dan perempuan, Kej 2:23. Hubungan itu menjadi dasar persatuan mereka dalam perkawinan...

Ungkapan ini mengungkapkan hubungan yang mempersatukan laki-laki dan perempuan, Kej 2:23. Hubungan itu menjadi dasar persatuan mereka dalam perkawinan, Kej 2:24.

Jerusalem: Kej 2:23 - perempuan Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).

Dalam teks Ibrani ada permainan kata antara isysya (perempuan) dan isy (laki-laki).

Ende: Kej 2:2 - -- Disini djelaslah, mengapa pengarang telah memilih pemerintjian dalam enam hari. Ia bermaksud mengutarakan kepada umat Israel, bahwa hukum Sabbat adala...

Disini djelaslah, mengapa pengarang telah memilih pemerintjian dalam enam hari. Ia bermaksud mengutarakan kepada umat Israel, bahwa hukum Sabbat adalah hukum jang berasal dari Tuhan sendiri, irama kehidupan jang diletakkan oleh Tuhan sendiri dalam dunia ini. Hari ketudjuh adalah hari istirahat untuk mengenangkan anugerah kurnia Tuhan. Kemudian hari ini dipandang djuga sebagai lambang Istirahat Abadi, jang memahkotai segala sudah-pajah diatas bumi ini.

Ende: Kej 2:4 - -- Dengan ajat 4b (Kej 2:4b) mulailah kissah baru berasal dari tradisi Jahwistis (J) (lihat Kata Pendahuluan). Djuga kissah ini bukanlah tjerita biasa, m...

Dengan ajat 4b (Kej 2:4b) mulailah kissah baru berasal dari tradisi Jahwistis (J) (lihat Kata Pendahuluan). Djuga kissah ini bukanlah tjerita biasa, melainkan disusun setelah dipertimbangkan dengan amat saksama. Tjerita menggambarkan hubungan asli antara umat manusia dan Tuhan, serupa dengan hubungan Israel dan Tuhan, seperti telah diwahjukan oleh Tuhan kepada Israel.

Ende: Kej 2:5 - -- Turutan machluk-machluk disini berlainan dengan fasal 1(Kej 1). Disini pertama-tama manusialah jang ditjiptakan. Kemudian baru machluk-machluk hidup l...

Turutan machluk-machluk disini berlainan dengan fasal 1(Kej 1). Disini pertama-tama manusialah jang ditjiptakan. Kemudian baru machluk-machluk hidup lainnja demi manusia.

Ende: Kej 2:7 - -- Manusia ('adam) badannja berasal dari tanah ('adamah). Tetapi kehidupannja berasal dari Tuhan. Dalam tjerita ini atjap kali kita berdjumpa dengan rang...

Manusia ('adam) badannja berasal dari tanah ('adamah). Tetapi kehidupannja berasal dari Tuhan. Dalam tjerita ini atjap kali kita berdjumpa dengan rangkaian kata seperti 'adam - 'adamah. Adam disini bukanlah nama orang tertentu, melainkan berarti "manusia" pada umumnja.

Ende: Kej 2:8 - -- Bukanlah maksud pengarang menundjukkan dimana manusia ketika itu bertempat kediaman, melainkan melukiskan keadaannja rohani: manusia ditjiptakan oleh ...

Bukanlah maksud pengarang menundjukkan dimana manusia ketika itu bertempat kediaman, melainkan melukiskan keadaannja rohani: manusia ditjiptakan oleh Tuhan supaja hidup berdekatan dengan Tuhan dan karena itu menikmati kebahagiaan sedjati. Keadaan ini diuraikan dengan konkritnja dengan menggunakan lukisan taman bahagia, tempat Tuhan sendiri bertamasja. Kesitulah manusia dipindahkan dari dunia jang masih serba gersang. Taman ini disebut "Eden", artinja Tanah Kelimpahan. Apa sadja jang tidak sempurna lagi serba buruk didunia ini, tidak terdapat disana.

Ende: Kej 2:9 - -- Pohon kehidupan melambangkan hidup lestari tidak terantjam maut. Djuga pohon pengertian baik dan djahat mengibaratkan hakekat rohani. Nanti akan ternj...

Pohon kehidupan melambangkan hidup lestari tidak terantjam maut. Djuga pohon pengertian baik dan djahat mengibaratkan hakekat rohani. Nanti akan ternjata pohon pengertian baik dan djahat membawa kemalangan bagi manusia. Hingga sekarang baginja kedjahatan belum ada. Tetapi sesudah makan buah pohon ini djuga kedjahatan akan diketahui dan dialaminja.

Disinipun pengarang ternjata suka menggunakan kata jang sama dengan arti-arti jang agak berbeda. Arti "memahami baik dan djahat" berlainan menurut konteksnja.

Ende: Kej 2:10 - -- Adanja air jang berlimpah-limpah adalah sjarat kesuburan taman bahagia ini. Diajat 10-14(Kej 2:10-14) (jang mungkin pula merupakan tambahan pada kissa...

Adanja air jang berlimpah-limpah adalah sjarat kesuburan taman bahagia ini. Diajat 10-14(Kej 2:10-14) (jang mungkin pula merupakan tambahan pada kissah asli) taman Firdaus diberi tempat menurut paham-paham ilmu bumi dewasa itu. Orang beranggapan, bahwa dunia dikelilingi empat sungai besar. Hanja sungai Tigris dan Eufratlah jang sekarang kita ketahui letaknja dengan pasti.

Ende: Kej 2:19 - -- Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lai...

Menurut anggapan kuno, nama menentukan kodrat sesuatu, kedudukan serta fungsinja dialam tertjipta. Bahwa manusia menentukan nama-nama machluk lain-lainnja, berarti bahwa manusia oleh Tuhan ditempatkan diatas machluk-machluk itu.

Ende: Kej 2:22 - -- Gambaran ini maksudnja mengutarakan kesatuan dan kesedjadjaran antara pria dan wanita. Tiada machluk lain suatupun jang pantas mendjadi teman hidup ma...

Gambaran ini maksudnja mengutarakan kesatuan dan kesedjadjaran antara pria dan wanita. Tiada machluk lain suatupun jang pantas mendjadi teman hidup manusia (a. 20) (Kej 2:20). Pandangan ini djugalah jang telah dikemukakan dalam fasal Kej 1:27 dengan bentuk lain.

Ende: Kej 2:23 - -- 'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawin...

'issja = wanita; 'isj = pria. Pasangan kata-kata inipun menekankan, bahwa pria dan wanita adalah seimbang dan ditjiptakan untuk bersatu dalam perkawinan monogam.

Endetn: Kej 2:2 - pada hari jang ketudjuh Allah menjelesaikan.... Sam. Junani dan Syr.: "pada hari jang keenam Allah menjelesaikan...."

Sam. Junani dan Syr.: "pada hari jang keenam Allah menjelesaikan...."

Ref. Silang FULL: Kej 2:1 - segala isinya · segala isinya: Ul 4:19; 17:3; 2Raj 17:16; 21:3; Mazm 104:2; Yes 44:24; 45:12; 48:13; 51:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:2 - hari ketujuh // segala pekerjaan · hari ketujuh: Ul 5:14 · segala pekerjaan: Kej 2:2-3; Kel 20:11; 31:17; 34:21; Yoh 5:17; Ibr 4:4%&

· hari ketujuh: Ul 5:14

· segala pekerjaan: Kej 2:2-3; Kel 20:11; 31:17; 34:21; Yoh 5:17; Ibr 4:4%&

Ref. Silang FULL: Kej 2:3 - dan menguduskannya // Ia berhenti // pekerjaan penciptaan · dan menguduskannya: Kel 16:23; 20:10; 23:12; 31:15; 35:2; Im 23:3; Neh 9:14; Yes 58:13; Yer 17:22 · Ia berhenti: Mazm 95:11; Ibr 4:1-1...

· dan menguduskannya: Kel 16:23; 20:10; 23:12; 31:15; 35:2; Im 23:3; Neh 9:14; Yes 58:13; Yer 17:22

· Ia berhenti: Mazm 95:11; Ibr 4:1-11

· pekerjaan penciptaan: Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]

Ref. Silang FULL: Kej 2:4 - Demikianlah riwayat // waktu diciptakan · Demikianlah riwayat: Kej 5:1; 6:9; 10:1; 11:10,27; 25:12,19; 36:1,9; 37:2 · waktu diciptakan: Kej 1:1; Ayub 38:8-11

· Demikianlah riwayat: Kej 5:1; 6:9; 10:1; 11:10,27; 25:12,19; 36:1,9; 37:2

· waktu diciptakan: Kej 1:1; Ayub 38:8-11

Ref. Silang FULL: Kej 2:5 - belum timbul // ke bumi · belum timbul: Kej 1:11; Kej 1:11 · ke bumi: Ayub 38:28; Mazm 65:10-11; Yer 10:13

· belum timbul: Kej 1:11; [Lihat FULL. Kej 1:11]

· ke bumi: Ayub 38:28; Mazm 65:10-11; Yer 10:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:7 - Allah membentuk // manusia // dari debu // tanah // menghembuskan nafas // hidup // menjadi makhluk · Allah membentuk: Yes 29:16; 43:1,2; 44:2 · manusia: Kej 1:27; Kej 1:27 · dari debu: Kej 3:19; 18:27; Ayub 4:19; 10:9; 17:16; 34...

· Allah membentuk: Yes 29:16; 43:1,2; 44:2

· manusia: Kej 1:27; [Lihat FULL. Kej 1:27]

· dari debu: Kej 3:19; 18:27; Ayub 4:19; 10:9; 17:16; 34:15; Mazm 90:3; Pengkh 3:20; 12:7

· tanah: Kej 3:23; 4:2; Mazm 103:14; Yer 18:6; 1Kor 15:47

· menghembuskan nafas: Kej 1:2; [Lihat FULL. Kej 1:2]; Ayub 27:3; Yes 2:22

· hidup: Kej 1:30; [Lihat FULL. Kej 1:30]; Yes 42:5; Kis 17:25

· menjadi makhluk: Ayub 12:10; 32:8; 33:4; 34:14; Mazm 104:29; Yes 57:16; Yeh 37:5; 1Kor 15:45%&

Ref. Silang FULL: Kej 2:8 - di Eden · di Eden: Kej 2:10,15; Kej 3:23,24; 4:16; 13:10; Yes 51:3; Yeh 28:13; 31:9,16; 36:35; Yoel 2:3

Ref. Silang FULL: Kej 2:9 - berbagai-bagai pohon // pohon kehidupan // yang jahat · berbagai-bagai pohon: Yeh 31:8 · pohon kehidupan: Kej 3:22,24; Ams 3:18; 11:30; Wahy 2:7; Wahy 2:7 · yang jahat: Yeh 47:12

· berbagai-bagai pohon: Yeh 31:8

· pohon kehidupan: Kej 3:22,24; Ams 3:18; 11:30; Wahy 2:7; [Lihat FULL. Wahy 2:7]

· yang jahat: Yeh 47:12

Ref. Silang FULL: Kej 2:10 - suatu sungai // dari Eden · suatu sungai: Bil 24:6; Mazm 46:5; Yeh 47:5 · dari Eden: Kej 2:8; Kej 2:8

· suatu sungai: Bil 24:6; Mazm 46:5; Yeh 47:5

· dari Eden: Kej 2:8; [Lihat FULL. Kej 2:8]

Ref. Silang FULL: Kej 2:11 - tanah Hawila · tanah Hawila: Kej 10:7; 25:18

· tanah Hawila: Kej 10:7; 25:18

Ref. Silang FULL: Kej 2:12 - ada damar · ada damar: Bil 11:7

· ada damar: Bil 11:7

Ref. Silang FULL: Kej 2:14 - ialah Tigris // ialah Efrat · ialah Tigris: Kej 41:1; Dan 10:4 · ialah Efrat: Kej 15:18; 31:21; Kel 23:31; Bil 22:5; Ul 1:7; 11:24; Yos 1:4; 2Sam 8:3; 1Raj 4:21; 2R...

Ref. Silang FULL: Kej 2:15 - taman Eden · taman Eden: Kej 2:8; Kej 2:8

· taman Eden: Kej 2:8; [Lihat FULL. Kej 2:8]

Ref. Silang FULL: Kej 2:16 - dalam taman · dalam taman: Kej 3:1-2

· dalam taman: Kej 3:1-2

Ref. Silang FULL: Kej 2:17 - yang jahat // engkau mati · yang jahat: Kej 3:11,17 · engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; Rom 5:12; Rom 6:23; Rom 6:2...

· yang jahat: Kej 3:11,17

· engkau mati: Kej 3:1,3; 5:5; 9:29; Ul 30:15,19; Yer 42:16; Yeh 3:18; Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]; Rom 6:23; [Lihat FULL. Rom 6:23]

Ref. Silang FULL: Kej 2:18 - penolong baginya · penolong baginya: Ams 31:11; 1Kor 11:9; 1Tim 2:13

· penolong baginya: Ams 31:11; 1Kor 11:9; 1Tim 2:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:19 - binatang hutan // di udara // yang diberikan // tiap-tiap makhluk · binatang hutan: Mazm 8:8 · di udara: Kej 1:20; Kej 1:20 · yang diberikan: Kej 1:5; Kej 1:5 · tiap-tiap makhluk: Kej 1:24...

· binatang hutan: Mazm 8:8

· di udara: Kej 1:20; [Lihat FULL. Kej 1:20]

· yang diberikan: Kej 1:5; [Lihat FULL. Kej 1:5]

· tiap-tiap makhluk: Kej 1:24

Ref. Silang FULL: Kej 2:20 - menjumpai penolong · menjumpai penolong: Kej 3:20; 4:1

· menjumpai penolong: Kej 3:20; 4:1

Ref. Silang FULL: Kej 2:21 - itu tidur · itu tidur: Kej 15:12; 1Sam 26:12; Ayub 33:15

· itu tidur: Kej 15:12; 1Sam 26:12; Ayub 33:15

Ref. Silang FULL: Kej 2:22 - dari rusuk · dari rusuk: 1Kor 11:8,9,12; 1Tim 2:13

· dari rusuk: 1Kor 11:8,9,12; 1Tim 2:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:23 - dari dagingku // akan dinamai // dari laki-laki · dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30 · akan dinamai: Kej 1:5; Kej 1:5 · dari laki-laki: 1Kor 11:8

· dari dagingku: Kej 29:14; Ef 5:28-30

· akan dinamai: Kej 1:5; [Lihat FULL. Kej 1:5]

· dari laki-laki: 1Kor 11:8

Ref. Silang FULL: Kej 2:24 - dan bersatu // satu daging · dan bersatu: Mal 2:15 · satu daging: Mat 19:5%&; Mr 10:7-8%&; 1Kor 6:16%&; Ef 5:31%&

· dan bersatu: Mal 2:15

· satu daging: Mat 19:5%&; Mr 10:7-8%&; 1Kor 6:16%&; Ef 5:31%&

Ref. Silang FULL: Kej 2:25 - keduanya telanjang · keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8

· keduanya telanjang: Kej 3:7,10-11; Yes 47:3; Rat 1:8

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 2:1-3 - Hari Ketujuh Pasal ini merupakan tambahan kepada sejarah penciptaan, yang secara lebih kh...

Matthew Henry: Kej 2:4-7 - Penciptaan Manusia Penciptaan Manusia (Kejadian 2:4-7) ...

Matthew Henry: Kej 2:8-15 - Taman Eden Taman Eden (Kejadian 2:8-15) ...

Matthew Henry: Kej 2:16-17 - Pohon Pengetahuan tentang yang Baik dan yang Jahat Pohon Pengetahuan tentang yang Baik dan yang Jahat (Kejadian 2:16-17) ...

Matthew Henry: Kej 2:18-20 - Penolong yang Sepadan Penolong yang Sepadan (Kejadian 2:18-20) ...

Matthew Henry: Kej 2:21-25 - Pembentukan Hawa; Perkawinan Dilembagakan Pembentukan Hawa; Perkawinan Dilembagakan (Kejadian 2:21-25) ...

SH: Kej 2:1-7 - Enam banding satu (Selasa, 4 Januari 2011) Enam banding satu Judul: Enam banding satu Kata "istirahat" dimaknai sebagai berhenti sejenak untuk me...

SH: Kej 1:31--2:4 - Makan dan istirahat (Jumat, 31 Januari 2003) Makan dan istirahat Makan dan istirahat. Banyak orang yang berwawasan pemikiran modern, mengerti ...

SH: Kej 1:31--2:4 - Makna Sabat (Rabu, 2 April 2008) Makna Sabat Judul: Makna Sabat Apa tujuan Allah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan-Nya pada ...

SH: Kej 1:1--2:7 - Allah yang Teratur (Jumat, 20 April 2018) Allah yang Teratur Hakikat kehidupan berawal dari Allah (1). Allah menciptakan alam semesta dalam keteraturan. Ga...

SH: Kej 1:1--2:7 - Kacamata Iman (Jumat, 19 April 2024) Kacamata Iman Kitab Kejadian dengan jelas memberi tahu kita bahwa segala sesuatu berasal dari Allah. Tidak ada sa...

SH: Kej 2:4-17 - Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja (Sabtu, 1 Februari 2003) Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja. ...

SH: Kej 2:4-17 - Pribadi yang diciptakan (Kamis, 3 April 2008) Pribadi yang diciptakan Judul: Pribadi yang diciptakan Kisah penciptaan kedua ini mengambil pendekatan...

SH: Kej 2:8-25 - Harmoni dalam ciptaan (Rabu, 5 Januari 2011) Harmoni dalam ciptaan Judul: Harmoni dalam ciptaan Urutan penciptaan alam semesta memperlihatkan betap...

SH: Kej 2:8-25 - Makhluk Pekerja (Sabtu, 21 April 2018) Makhluk Pekerja Dalam bacaan ini, kita menemukan cerita penciptaan yang berbeda dari ...

SH: Kej 2:8-25 - Pernikahan yang Dikehendaki Allah (Sabtu, 20 April 2024) Pernikahan yang Dikehendaki Allah Pernikahan bukan sekadar ikatan komitmen, melainkan inisiatif Allah bagi manusi...

SH: Kej 2:18-25 - Mengapa harus ada dua gender? (Minggu, 2 Februari 2003) Mengapa harus ada dua gender? Mengapa harus ada dua gender? Mungkin pertanyaan ini pernah terbersit d...

SH: Kej 2:18-25 - Diciptakan setara (Jumat, 4 April 2008) Diciptakan setara Judul: Diciptakan setara Bila dalam kisah penciptaan pertama secara konseptual sudah...

Utley: Kej 2:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:1-31 Dem...

Utley: Kej 2:4-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:4-94 Dem...

Utley: Kej 2:10-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:10-141...

Utley: Kej 2:15-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:15-171...

Utley: Kej 2:18-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:18-251...

Topik Teologia: Kej 2:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Alam Memelihara Rasa Keajaiban Terhadap Ala...

Topik Teologia: Kej 2:3 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Kebaikan dari Urutan Penciptaan Kej ...

Topik Teologia: Kej 2:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Urutan Ciptaan dari Dunia Alamiah K...

Topik Teologia: Kej 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah ...

Topik Teologia: Kej 2:9 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Objek yang Diparalelkan dengan Kristus ...

Topik Teologia: Kej 2:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal ...

Topik Teologia: Kej 2:17 - -- Dosa Asal Usul Dosa Dosa Bermula di Bumi Bersama dengan Adam dan Hawa Ujian bagi Adam dan Hawa ...

Topik Teologia: Kej 2:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah Wanita adalah Penolong Pria ...

Topik Teologia: Kej 2:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal ...

Topik Teologia: Kej 2:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Makhluk Ciptaan Lain ...

Topik Teologia: Kej 2:21 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah ...

Topik Teologia: Kej 2:22 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah Istri Menjadi Satu Daging dengan Suaminya ...

Topik Teologia: Kej 2:23 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita adalah Ciptaan Allah yang Khusus Kej 2:21-25...

Topik Teologia: Kej 2:24 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menyatakan Inspirasi Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: Kej 2:25 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah Wanita adalah Ciptaan Allah yang Khusus ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, ja...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan...

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta ku...

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab in...

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.24 detik
dipersembahkan oleh YLSA