kecilkan semua  

Teks -- Imamat 1:1--3:17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Korban bakaran
1:1 TUHAN memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam Kemah Pertemuan: 1:2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila seseorang di antaramu hendak mempersembahkan persembahan kepada TUHAN, haruslah persembahanmu yang kamu persembahkan itu dari ternak, yakni dari lembu sapi atau dari kambing domba. 1:3 Jikalau persembahannya merupakan korban bakaran dari lembu, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela. Ia harus membawanya ke pintu Kemah Pertemuan, supaya TUHAN berkenan akan dia. 1:4 Lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala korban bakaran itu, sehingga baginya persembahan itu diperkenan untuk mengadakan pendamaian baginya. 1:5 Kemudian haruslah ia menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN, dan anak-anak Harun, imam-imam itu, harus mempersembahkan darah lembu itu dan menyiramkannya pada sekeliling mezbah yang di depan pintu Kemah Pertemuan. 1:6 Kemudian haruslah ia menguliti korban bakaran itu dan memotong-motongnya menurut bagian-bagian tertentu. 1:7 Anak-anak imam Harun haruslah menaruh api di atas mezbah dan menyusun kayu di atas api itu. 1:8 Dan mereka harus mengatur potongan-potongan korban itu dan kepala serta lemaknya di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah. 1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 1:10 Jikalau persembahannya untuk korban bakaran adalah dari kambing domba, baik dari domba, maupun dari kambing, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela. 1:11 Haruslah ia menyembelihnya pada sisi mezbah sebelah utara di hadapan TUHAN, lalu haruslah anak-anak Harun, imam-imam itu, menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya. 1:12 Kemudian haruslah ia memotong-motongnya menurut bagian-bagian tertentu, dan bersama-sama kepalanya dan lemaknya diaturlah semuanya itu oleh imam di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah. 1:13 Isi perut dan betisnya haruslah dibasuhnya dengan air, dan seluruhnya itu haruslah dipersembahkan oleh imam dan dibakar di atas mezbah: itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 1:14 Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati. 1:15 Imam harus membawanya ke mezbah, lalu memulas kepalanya dan membakarnya di atas mezbah. Darahnya harus ditekan ke luar pada dinding mezbah. 1:16 Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu. 1:17 Dan ia harus mencabik burung itu pada pangkal sayapnya, tetapi tidak sampai terpisah; lalu imam harus membakarnya di atas mezbah, di atas kayu yang sedang terbakar; itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN."
Korban sajian
2:1 "Apabila seseorang hendak mempersembahkan persembahan berupa korban sajian kepada TUHAN, hendaklah persembahannya itu tepung yang terbaik dan ia harus menuangkan minyak serta membubuhkan kemenyan ke atasnya. 2:2 Lalu korban itu harus dibawanya kepada anak-anak Harun, imam-imam itu. Setelah diambil dari korban itu tepung segenggam dengan minyak beserta seluruh kemenyannya, maka imam haruslah membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai bagian ingat-ingatan korban itu, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 2:3 Korban sajian selebihnya adalah teruntuk bagi Harun dan anak-anaknya, yakni bagian maha kudus dari segala korban api-apian TUHAN. 2:4 Apabila engkau hendak mempersembahkan persembahan berupa korban sajian dari apa yang dibakar di dalam pembakaran roti, haruslah itu dari tepung yang terbaik, berupa roti bundar yang tidak beragi, yang diolah dengan minyak, atau roti tipis yang tidak beragi, yang diolesi dengan minyak. 2:5 Jikalau persembahanmu merupakan korban sajian dari yang dipanggang di atas panggangan, haruslah itu dari tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, berupa roti yang tidak beragi. 2:6 Korban itu harus dipotong-potong, lalu kautuangkanlah minyak ke atasnya; itulah korban sajian. 2:7 Jikalau persembahanmu merupakan korban sajian dari yang dimasak di dalam wajan, haruslah itu diolah dari tepung yang terbaik bersama-sama minyak. 2:8 Maka korban sajian yang diolah menurut salah satu cara itu haruslah kaupersembahkan kepada TUHAN, yakni harus disampaikan kepada imam, yang membawanya ke mezbah. 2:9 Kemudian imam harus mengkhususkan dari korban sajian itu bagian ingat-ingatannya lalu membakarnya di atas mezbah sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 2:10 Korban sajian selebihnya adalah bagian Harun dan anak-anaknya, yakni bagian maha kudus dari segala korban api-apian TUHAN! 2:11 Suatu korban sajian yang kamu persembahkan kepada TUHAN janganlah diolah beragi, karena dari ragi atau dari madu tidak boleh kamu membakar sesuatupun sebagai korban api-apian bagi TUHAN. 2:12 Tetapi sebagai persembahan dari hasil pertama boleh kamu mempersembahkannya kepada TUHAN, hanya janganlah dibawa ke atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan. 2:13 Dan tiap-tiap persembahanmu yang berupa korban sajian haruslah kaububuhi garam, janganlah kaulalaikan garam perjanjian Allahmu dari korban sajianmu; beserta segala persembahanmu haruslah kaupersembahkan garam. 2:14 Jikalau engkau hendak mempersembahkan korban sajian dari hulu hasil kepada TUHAN, haruslah engkau mempersembahkan bulir gandum yang dipanggang di atas api, emping gandum baru, sebagai korban sajian dari hulu hasil gandummu. 2:15 Haruslah kaububuh minyak dan kautaruh kemenyan ke atasnya; itulah korban sajian. 2:16 Haruslah imam membakar sebagai ingat-ingatannya, sebagian dari emping gandumnya dan minyaknya beserta seluruh kemenyannya sebagai korban api-apian bagi TUHAN."
Korban keselamatan
3:1 "Jikalau persembahannya merupakan korban keselamatan, maka jikalau yang dipersembahkannya itu dari lembu, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia membawa yang tidak bercela ke hadapan TUHAN. 3:2 Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala persembahannya itu, dan menyembelihnya di depan pintu Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun, imam-imam itu haruslah menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya. 3:3 Kemudian dari korban keselamatan itu ia harus mempersembahkan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai korban api-apian bagi TUHAN, 3:4 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang dan umbai hati yang harus dipisahkannya beserta buah pinggang itu. 3:5 Anak-anak Harun harus membakarnya di atas mezbah, yakni di atas korban bakaran yang sedang dibakar di atas api, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 3:6 Jikalau persembahannya untuk korban keselamatan bagi TUHAN adalah dari kambing domba, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia mempersembahkan yang tidak bercela. 3:7 Jikalau ia mempersembahkan seekor domba sebagai persembahannya, ia harus membawanya ke hadapan TUHAN. 3:8 Lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala persembahannya itu dan menyembelihnya di depan Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun harus menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya. 3:9 Kemudian dari korban keselamatan itu ia harus mempersembahkan lemaknya sebagai korban api-apian bagi TUHAN, yakni segenap ekornya yang berlemak yang harus dipotong dekat pada tulang belakang, dan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu, 3:10 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang, dan umbai hati yang harus dipisahkannya beserta buah pinggang itu. 3:11 Imam harus membakarnya di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian bagi TUHAN. 3:12 Jikalau persembahannya seekor kambing, ia harus membawanya ke hadapan TUHAN. 3:13 Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala kambing itu dan menyembelihnya di depan Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun harus menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya. 3:14 Kemudian dari kambing itu ia harus mempersembahkan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai persembahannya berupa korban api-apian bagi TUHAN, 3:15 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang dan umbai hati yang harus dipisahkannya beserta buah pinggang itu. 3:16 Imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan. Segala lemak adalah kepunyaan TUHAN. 3:17 Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Korban | Imam | Imamat, Kitab | Hukum Musa | Sembah, Persembahan | Korban Bakaran | Sembah, Persembahan Makanan | Korban Keselamatan | Dupa | Gambaran, Teladan Kristus | Garam | Madu | Pendamaian Menurut Taurat | Lemak | Darah | Mezbah Korban Bakaran | Kemenyan | Roti Tak Beragi | Tangan | Ragi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kel 35:1--Im 3:4 - INILAH FIRMAN YANG DIPERINTAHKAN. Nas : Kel 35:1-40:38 Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Mus...

Nas : Kel 35:1-40:38

Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Musa mengenai Kemah Suci dilaksanakan. Bagian ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa sangat penting umat Allah menanggapi pengarahan-Nya dengan sungguh-sungguh dan menaatinya dengan tekun.

Full Life: Im 1:2 - MEMPERSEMBAHKAN PERSEMBAHAN. Nas : Im 1:2 Kata benda "persembahan" (Ibr. _corban_) berkaitan dengan kata kerja yang berarti "menghampiri." Oleh karena itu, suatu persembahan me...

Nas : Im 1:2

Kata benda "persembahan" (Ibr. _corban_) berkaitan dengan kata kerja yang berarti "menghampiri." Oleh karena itu, suatu persembahan merupakan suatu pemberian orang percaya Israel yang dibawa ke dekat Allah supaya menghampiri Allah dan menikmati persekutuan dan berkat-Nya (bd. Mazm 73:28).

  1. 1) Lima persembahan digambarkan dalam pasal Im 1:1-7:38; persembahan korban bakaran (Im 1:3-17), persembahan korban sajian (Im 2:1-16), persembahan korban keselamatan (Im 3:1-17), persembahan korban penghapus dosa (pasal Im 4:1-35), dan persembahan korban penebus salah (Im 5:14-6:7; 7:1-7).
  2. 2) Para penyembah membawa persembahan untuk mengungkapkan syukur dan iman, memperbaharui persekutuan, memperdalam penyerahan mereka kepada Tuhan, atau memohon pengampunan. Persembahan sebenarnya merupakan doa yang "diperankan" (bd. Mazm 116:17; Hos 14:2; Ibr 13:15).
  3. 3) Pada umumnya persembahan meliputi korban, yaitu binatang dibunuh

    (lihat cat. --> Im 9:8).

    [atau ref. Im 9:8]

  4. 4) Persembahan-persembahan ini mengajarkan Israel bahwa:
    1. (a) manusia pada dasarnya adalah makhluk berdosa yang layak dihukum mati;
    2. (b) tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan (Im 17:11; Ibr 9:22);
    3. (c) pendamaian untuk dosa harus dilaksanakan melalui penggantian (ayat Im 1:4; 17:11);
    4. (d) Kekudusan Allah harus mengatur dan mengarahkan setiap aspek kehidupan manusia (bd. Im 10:3); dan
    5. (e) Allah ingin bermurah hati, mengampuni, dan bersekutu dengan manusia (Kel 34:6-7).
  5. 5) Supaya persembahan diterima Allah, diperlukan pertobatan sejati dengan segenap hati dan suatu penyerahan yang sungguh-sungguh untuk hidup dalam kebaikan dan kebenaran (Im 23:27-29; Yes 1:11-17; Mi 6:6-8).

Full Life: Im 1:3 - KORBAN BAKARAN. Nas : Im 1:3 Istilah Ibrani untuk korban bakaran berarti "yang naik ke atas" kepada Allah. Seluruh korban dibakar habis, yang menunjukkan bahwa pen...

Nas : Im 1:3

Istilah Ibrani untuk korban bakaran berarti "yang naik ke atas" kepada Allah. Seluruh korban dibakar habis, yang menunjukkan bahwa penyerahan menyeluruh kepada Allah diperlukan dalam ibadah yang sejati. Pada saat bersama, terliput juga pengampunan (ayat Im 1:4), menekankan bahwa sebelum para penyembah dapat mengabdikan diri kepada Allah, mereka harus disucikan dari dosa (bd. Mat 5:23-24). Menurut penulis surat Ibrani, Yesus adalah penggenapan sempurna dari korban bakaran (Ibr 10:5-10).

Full Life: Im 1:4 - MELETAKKAN TANGANNYA KE ATAS KEPALA. Nas : Im 1:4 Seorang Israel yang mempersembahkan seekor binatang meletakkan tangannya ke atas binatang itu, yang menunjukkan bahwa ia menyatukan di...

Nas : Im 1:4

Seorang Israel yang mempersembahkan seekor binatang meletakkan tangannya ke atas binatang itu, yang menunjukkan bahwa ia menyatukan diri dengan binatang yang mewakilinya. Tindakan ini mengungkapkan ide penggantian (bd. Im 16:21-22; 24:14). Ketika binatang itu mati, seakan-akan orang yang mempersembahkannya juga ikut mati, namun juga tetap hidup untuk melayani Allah. Demikian pula, orang Kristen mempercayakan diri kepada Kristus dan menjadi satu dalam kematian-Nya (Rom 6:3-11; bd. 2Kor 5:21; Ibr 9:14). Dengan demikian mereka dipanggil untuk hidup sebagai umat yang bangkit dari kematian dan mempersembahkan diri sebagai persembahan yang hidup kepada Allah (Rom 12:1; Ibr 13:15).

Full Life: Im 1:5 - MENYEMBELIH LEMBU ITU. Nas : Im 1:5 Lihat cat. --> Im 9:8. [atau ref. Im 9:8]

Nas : Im 1:5

Lihat cat. --> Im 9:8.

[atau ref. Im 9:8]

Full Life: Im 1:9 - BAUNYA MENYENANGKAN BAGI TUHAN. Nas : Im 1:9 Allah sangat senang dengan korban yang dipersembahkan seseorang dalam iman yang taat. Paulus memakai gambaran ini untuk korban yang di...

Nas : Im 1:9

Allah sangat senang dengan korban yang dipersembahkan seseorang dalam iman yang taat. Paulus memakai gambaran ini untuk korban yang dipersembahkan Kristus (Ef 5:2) dan perbuatan-perbuatan baik orang percaya (Fili 4:18; bd. Ibr 13:16).

Full Life: Im 2:1 - KORBAN SAJIAN. Nas : Im 2:1 Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerja...

Nas : Im 2:1

Korban sajian merupakan sebuah persembahan kepada Allah sebagai suatu tindakan penyembahan, yang melambangkan penyerahan hasil pekerjaan seseorang kepada Allah. Dalam korban ini tersirat bahwa semua karya manusia harus dilakukan bagi Tuhan dan bahwa makanan sehari-hari harus diterima dengan ucapan syukur kepada-Nya (bd. 1Kor 10:31;

lihat cat. --> Kol 3:23).

[atau ref. Kol 3:23]

Full Life: Im 2:11 - JANGANLAH ... DARI RAGI ATAU DARI MADU. Nas : Im 2:11 Ragi atau madu dilarang di mezbah karena dipakai untuk membantu peragian. Peragian, yang membawa perubahan atau pembusukan, sering ka...

Nas : Im 2:11

Ragi atau madu dilarang di mezbah karena dipakai untuk membantu peragian. Peragian, yang membawa perubahan atau pembusukan, sering kali melambangkan kejahatan (lih. Kel 13:7;

lihat cat. --> Mr 8:15).

[atau ref. Mr 8:15]

Full Life: Im 3:1 - KORBAN KESELAMATAN. Nas : Im 3:1 Korban keselamatan (versi Inggris NIV -- korban persekutuan) dipersembahkan kepada Allah supaya dapat bersekutu dengan Dia, mengungkap...

Nas : Im 3:1

Korban keselamatan (versi Inggris NIV -- korban persekutuan) dipersembahkan kepada Allah supaya dapat bersekutu dengan Dia, mengungkapkan rasa syukur (Im 7:12-16; 22:29) atau bernazar (Im 7:16).

  1. 1) Bagi yang memberikan persembahan, upacara ini meliputi penyerahan kepada perjanjian dan merayakan damai dan perukunan kembali di antara Allah dan si penyembah.
  2. 2) Korban ini menunjuk ke depan kepada damai dan persekutuan yang dimiliki orang percaya dengan Allah dan sesama orang percaya berlandaskan kematian Kristus di salib (bd. Kol 1:20; 1Yoh 1:3), dan kemudian kepada persekutuan terakhir ketika kita semua duduk bersama dengan Allah di dalam kerajaan-Nya (Mazm 22:27; Luk 14:15; Wahy 19:6-10).

Full Life: Im 3:17 - LEMAK DAN DARAH. Nas : Im 3:17 Lemak dan darah amat diperlukan untuk hidup (lihat cat. --> Im 17:11). [atau ref. Im 17:11] Jadi, lemak dan ...

Nas : Im 3:17

Lemak dan darah amat diperlukan untuk hidup

(lihat cat. --> Im 17:11).

[atau ref. Im 17:11]

Jadi, lemak dan darah mewakili hidup korban yang dipersembahkan, yaitu hidup yang hanya dimiliki oleh Allah (bd. ayat Im 3:16).

Jerusalem: Im 1:1--7:38 - -- Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang g...

Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang gurun dan ditempatkan di bawah kewibawaan Musa. Pada kenyataannya bagian ini memang memuat beberapa aturan kuno tetapi juga sejumlah penetapan yang berasal dari zaman jauh kemudian dari masa Musa. Sesudah pembuangan barulah tata upacara ini disusun. Maka Ima 1:1-7 sebenarnya menyajikan tata upacara korban yang menjadi pegangan bagi ibadah yang diselenggarakan dalam bait Allah yang didirikan sesudah masa pembuangan Israel ke Babel. Mengenai ibadah suku-suku Israel yang sebagai Badui mengembara di gurun tidak banyak yang dapat diketahui. Nas-nas yang tua usianya hanya memberi petunjuk mengenai perayaan Paskah, bdk catatan pada Kel 12:1,23,39. Tata upacara terperinci yang disajikan Taurat oleh tradisi Kristen diartikan sebagai persiapan dan pralambang korban tunggal penebus, bdk Ibr 8 dst, dan sakramen-sakramen Gereja.

Jerusalem: Im 1:1-7 - -- Korban bakaran yang diuraikan di sini ialah korban yang seluruhnya dibakar. Peletakan tangan ke atas binatang korban itu mengakibatkan bahwa itu benar...

Korban bakaran yang diuraikan di sini ialah korban yang seluruhnya dibakar. Peletakan tangan ke atas binatang korban itu mengakibatkan bahwa itu benar-benar korban orang yang bersangkutan, lalu korban itu dipersembahkan oleh imam. Dalam Pentateukh ada ceritera-ceritera dan hukum yang menegaskan bahwa korban macam itu sudah dipersembahkan waktu Israel di gurun, Kel 18:12; Bil 7:15, dan bahkan di zaman para bapa leluhur, Kel 8:20; 22:9-10. Tetapi berita tertua yang mempunyai nilai historis mengenai korban bakaran berasal dari zaman para Hakim, bdk Hak 6:26; 11:31; 13:15-20. Rupanya korban bakaran Israel terpengaruh oleh ibadat penduduk negeri Kanaan (bdk 1Ra 18; korban bakaran yang dipersembahkan para nabi Baal serupa dengan yang dipersembahkan oleh nabi Elia). Karena itu nampaknya korban bakaran baru mulai dipraktekkan Israel setelah menetap di tanah Kanaan. Dalam Imamat korban bakaran dianggap korban pendamaian, padahal di zaman dahulu dianggap korban syukur, bdk 1Sa 6:14; 10:8; 2Sa 6:17, atau korban perubahan karunia Tuhan, 1Sa 7:9; 13:9; 1Sa 3:4.

Jerusalem: Im 1:4 - pendamaian Pendamaian yang tercapai melalui korban itu berarti: seorang yang berdosa karena melanggar perjanjian, kembali direlai Tuhan. Binatang yang dipersemba...

Pendamaian yang tercapai melalui korban itu berarti: seorang yang berdosa karena melanggar perjanjian, kembali direlai Tuhan. Binatang yang dipersembahkan sebagai korban. Binatang yang dipersembahkan sebagai korban (Ibraninya: kipper) diartikan sebagai tebusan (Ibraninya: koper), bdk Kel 30:12. dalam korban pendamaian itu upacara sekitar darah memegang peranan utama, Ima 17:11; bdk Ima 4:1+; Ima 4:12+. Korban pendamaian semacam itu juga dikenal pada bangsa Babel dan Asyur. tetapi pada bangsa Israel pendamaian itu terkait pada dasar-dasar hukum Taurat. Dalam Perjanjian Baru pendamaian itu tidak dianggap sebagai tebusan atau pengganti, tetapi sebagai karunia Allah yang menghidupkan manusia, Rom 3:25-26.

Jerusalem: Im 1:5 - haruslah ia menyembelih Yeh 44:11 menetapkan bahwa para kaum Lewi menyembelih binatang. Para imam baru berperan dalam menyiramkan (memercikkan dsb) darah pada mezbah. Ini seb...

Yeh 44:11 menetapkan bahwa para kaum Lewi menyembelih binatang. Para imam baru berperan dalam menyiramkan (memercikkan dsb) darah pada mezbah. Ini sebuah penetapan yang menyangkut semua korban. Hanya imam saja yang naik ke atas mezbah

Jerusalem: Im 1:5 - darah darah dianggap mengandung daya kehidupan, Kel 9:4; bdk Ula 12:16,23; Maz 30:10. Karena itu darah berdaya untuk mengadakan pendamaian, bdk Ima 17:11, d...

darah dianggap mengandung daya kehidupan, Kel 9:4; bdk Ula 12:16,23; Maz 30:10. Karena itu darah berdaya untuk mengadakan pendamaian, bdk Ima 17:11, dan darahlah unsur yang paling penting dalam upacara korban dan upacara pengikat perjanjian, Kel 24. Ini ciri khas ibadat umat Israel yang tidak ditemukan dalam ibadat penduduk negeri Kanaan. Sesuai dengan adat kuno maka setiap penyembelihan termasuk ibadat dan perlu dibuat di atas sebuah mezbah, 1Sa 14:32-35, dan setelah hukum Ima 17:3 dst dikeluarkan, semua binatang mesti disembelih di tempat kudus, bdk Ima 17:4.

Jerusalem: Im 1:9 - korban api-apian Ungkapan ini tidak hanya dipakai sehubungan dengan korban bakaran, tetapi juga sehubungan dengan bagian korban manapun yang dibakar bagi Tuhan. Persem...

Ungkapan ini tidak hanya dipakai sehubungan dengan korban bakaran, tetapi juga sehubungan dengan bagian korban manapun yang dibakar bagi Tuhan. Persembahan tidak dianggap sebagai makanan jasmaniah yang dihidangkan kepada Allah, lalu dimakan olehNya bersama dengan manusia, bdk Ula 18:1+. Sebaliknya, persembahan itu disamakan dengan asap korban bakaran dan ukupan, yang "baunya menyenangkan bagi Tuhan", bdk Kel 29:18+.

Jerusalem: Im 2:1-16 - -- Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri at...

Korban sajian bersama dengan persembahan hasil bumi pertama yang dianggap korban sajian juga, Ima 2:14-15, ialah suatu korban yang bahannya terdiri atas hasil bumi. Maka jelaslah korban ini berasal dari suatu bangsa yang menetap dan bertani. Di Israel korban itu mulai dipersembahkan setelah suku-suku Israel menetap di negeri Kanaan - Persembahan ukupan yang menyertai korban sajian adalah lazim pada bangsa-bangsa di sekitar Israel, khususnya pada bangsa Mesir. Dan korban ini barangkali lebih tua dari pada korban sajian. Korban sajian disamakan dengan korban bakaran dengan jalan membakar segenggam tepung yang disirami dengan minyak (zaitun) sebagai "korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi Tuhan", Ima 1:9+. Biasanya korban sajian itu dipersembahkan sebagai pelengkap korban berdarah. Kalau demikian korban sajian dilengkapi dengan korban curahan air anggur, bdk Ima 23:13; Kel 29:40; Bil 15:5,7.

Jerusalem: Im 2:3 - Bagian maha kudus Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi bole...

Dibedakan: persembahan, barang kudus dan barang maha kudus. Barang maha kudus menguduskan (artinya: menjadikannya milik Allah sehingga tidak lagi boleh dipakai manusia) segala sesuatunya yang bersentuhan dengannya, Kel 29:37

Jerusalem: Im 2:11 - beragi Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini men...

Ragi sedikit banyak merubah keadaan alamiah bahan yang dipersembahkan kepada Allah. Dengan demikian bahan itu dicemarkan. Barangkali peraturan ini menentang apa yang lazim dalam ibadat penduduk Kanaan, bdk Ams 4:5.

Jerusalem: Im 2:13 - garam perjanjian Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam...

Garam dianggap berdaya untuk mentahirkan, Yeh 16:4; 2Ra 2:20; Mat 5:13. Pada bangsa Asyur garam dipakai dalam ibadat. Suku-suku Badui memakainya dalam perjamuan persahabatan, artinya perjamuan perjanjian. Dari adat itu berasallah ungkapan "garam perjanjian". Ungkapan itu menekankan kemantapan perjanjian Allah dengan umatNya.

Jerusalem: Im 2:14 - hulu hasil Persembahan hasil bumi pertama yang sejak dahulu kala dipersembahkan bdk Ula 26:1+, di sini dianggap korban sajian.

Persembahan hasil bumi pertama yang sejak dahulu kala dipersembahkan bdk Ula 26:1+, di sini dianggap korban sajian.

Jerusalem: Im 3:1-17 - -- Korban yang diistilahkan sebagai "korban keselamatan" sudah dikenal di negeri Kanaan dahulu. Korban keselamatan (atau: persekutuan) Israel berbeda kar...

Korban yang diistilahkan sebagai "korban keselamatan" sudah dikenal di negeri Kanaan dahulu. Korban keselamatan (atau: persekutuan) Israel berbeda karena upacara di sekitar darah korban, bdk Ima 1:5+. dalam korban keselamatan sebagiannya dibakar bagi Tuhan dan sebagiannya dimakan oleh orang yang mempersembahkannya. Korban itu berupa sebuah perjamuan suci: bagian korban yang paling penting dipersembahkan kepada Tuhan; bagian pilihan diberikan kepada imam, bdk Ima 7:28 dst; sisanya dimakan orang beriman. Di zaman dahulu korban itulah yang paling sering dipersembahkan dan menjadi upacara inti semua perayaan. Secara unggul korban itu mengibaratkan persekutuan dalam hidup, hubungan yang terjalin oleh perjanjian dan persahabatan umat dengan Allah.

Jerusalem: Im 3:11 - sebagai santapan Di sini dan dalam Ima 3:16 terjemahan Yunani menghilangkan ungkapan itu yang diganti dengan "sebagai bau yang menyenangkan bagi TUHAN", bdk Ima 1:9+. ...

Di sini dan dalam Ima 3:16 terjemahan Yunani menghilangkan ungkapan itu yang diganti dengan "sebagai bau yang menyenangkan bagi TUHAN", bdk Ima 1:9+. Penterjemah menganggap ungkapan Ibrani itu kurang sesuai dengan sifat rohani dan transenden Allah, bdk Maz 50:13; Bel 1,dll.

Ende: Im 1:1--7:38 - -- Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurb...

Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurban ini didjaman persiapan itu adalah alat dan djalan jang ditentukan Jahwe sendiri, supaja manusia dapat menghadapiNja dan dengan djalan itu memperoleh berkah ilahi serta mengambil bagian dalam kekudusan tuhan. Manusia sendiri tidak tahu dan tidak mampu pula membuat djalan itu. Maka dari itu Allah berdjandji sendiri menetapkan djalan itu. Meskipun tidak sedikit dari upatjara itu sesungguhnja diambil alih oleh agama Israil dari bangsa-bangsa lain, namun kesemuanja disahkan oleh Allah dan dengan demikian dibuatNja mendjadi bertenaga djuga. Kitab Sutji menghubungkan semua dengan Musa, bukan oleh sebab Musa sendiri (sebagai pengantar Allah)memberikan undang-undang itu, melainkan oleh sebab Musalah pendiri agama Israil jang sedjati. Apa jang dimaksudkan kurban Perdjandjian Lama jang bermatjam ragam itu diketemukan kembali dalam satu Kurban Perdjandjian Baru, jakni kurban Kristus, sebagaimana ditegaskan dalam surat kepada orang-orang Hibrani (pasal 8-9(Ima 8-9), jang menafsirkan kurban-kurban itu sebagai perlambang kurban sedjati itu).

Ende: Im 1:3 - -- Pada pintu kemah itu berdirilah mesbah untuk kurban-kurban bakar; hanja disitu sadjalah kurban-kurban boleh dipersembahkan (bdk. Ima 17:3-5).

Pada pintu kemah itu berdirilah mesbah untuk kurban-kurban bakar; hanja disitu sadjalah kurban-kurban boleh dipersembahkan (bdk. Ima 17:3-5).

Ende: Im 1:4 - -- Apa maknanja "menumpangkan tangan" atas kurban itu kurang djelas. Mungkin maksudnja sebagai berikut. Dengan djalan (lambang) ini dosa seakan-akan dipi...

Apa maknanja "menumpangkan tangan" atas kurban itu kurang djelas. Mungkin maksudnja sebagai berikut. Dengan djalan (lambang) ini dosa seakan-akan dipindahkan kepada binatang-binatang itu, jang sebagai ganti si pendosa disamping kepada Allah dan dengan demikian menghapus dosa. Tetapi jang menghapus dosa bukan kurban, melainkan Allah. mungkin djuga artinja: Dengan upatjara itu ditundjukkanlah kurban itu sesungguhnja kurban orang jang membawanja dan bukan kurban imam jang mengadakan upatjara, meskipun hanja dialah jang dapat mengadakannja.

Ende: Im 1:5 - -- Tentang makna darah lihat tjatatan Ima 17:11. Jang membawa kurban itu sendiri menjembelihnja. Baru sesudahnja dimulailah upatjara kurban jang sesunggu...

Tentang makna darah lihat tjatatan Ima 17:11. Jang membawa kurban itu sendiri menjembelihnja. Baru sesudahnja dimulailah upatjara kurban jang sesungguhnja oleh imam. Nabi Jeheskiel (Yeh 44:11) menjerahkan penjembelihan itu kepada kaum Levita.

Ende: Im 1:9 - kurban api lihat pendahuluan hal. IX.

lihat pendahuluan hal. IX.

Ende: Im 1:9 - harum jang memadamkan Dengan istilah ini ditegaskanlah kurban itu tidak "dimakan" oleh Jahwe (seperti halnja dewata kafir makan). Istilah itu berarti: Jahwe berkenan kepada...

Dengan istilah ini ditegaskanlah kurban itu tidak "dimakan" oleh Jahwe (seperti halnja dewata kafir makan).

Istilah itu berarti: Jahwe berkenan kepada kurban itu.

Ende: Im 1:10 - -- Semua kurban resmi harus "tak bertjatjat", oleh karena hanja barang jang terbaik lajak disampaikan kepada Allah jang mahasempurna (bdk. Mal 1:13).

Semua kurban resmi harus "tak bertjatjat", oleh karena hanja barang jang terbaik lajak disampaikan kepada Allah jang mahasempurna (bdk. Mal 1:13).

Ende: Im 1:16 - -- Tembolok tidak boleh dipersembahkan oleh karena isinja mungkin nadjis dan tidak boleh didjadikan kurban.

Tembolok tidak boleh dipersembahkan oleh karena isinja mungkin nadjis dan tidak boleh didjadikan kurban.

Ende: Im 2:1-16 - -- Tentang kurban santapan lihat pendahuluan hal. X-XI.

Tentang kurban santapan lihat pendahuluan hal. X-XI.

Ende: Im 2:2 - kurban peringatan Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.

Artinja kurang djelas. Mungkin: baginja kurban jang mengingatkan keseluruhan kepada Jahwe.

Ende: Im 2:3 - jang mahakudus Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam (dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus "menguduskan" se...

Dalam kurban ada dua bagian jang diperuntukkan bagi imam (dan orang-orang lain), jakni: jang kudus dan jang mahakudus. Jang mahakudus "menguduskan" segala sesuatu jang disentuhnja dan harus dimakan menurut aturanaturan tertentu. Dengan "jang kudus" tidak demikian halnja.

Ende: Im 2:4 - tak beragi Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.

Ragi dianggap menghantjurkan dan membusukkan barang sehingga dekat dengan maut. karenanja "nadjis" dan tidak patut untuk Allah jang hidup.

Ende: Im 2:11 - -- Mengapa madu dilarang kurang terang.

Mengapa madu dilarang kurang terang.

Ende: Im 2:13 - -- Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jah...

Garam dipakai dalam djamuan (kurban) untuk mengikat perdjandjian dengan demikian setiap kurban (jang harus diberi garam) mengingatkan perdjandjian Jahwe dengan umatNja.

Ende: Im 3:1-17 - -- Tentang kurban sjukur lihatlah pendahuluan hal. IX-X.

Tentang kurban sjukur lihatlah pendahuluan hal. IX-X.

Ende: Im 3:3-5 - -- Lemak jang ada isi perut mempunjai hubungan chusus dengan kehidupan dan buah pinggang dianggap sebagai tempat kedudukan segala rasa dan pikiran serta ...

Lemak jang ada isi perut mempunjai hubungan chusus dengan kehidupan dan buah pinggang dianggap sebagai tempat kedudukan segala rasa dan pikiran serta pusat kehidupan. Karena itulah bagian-bagian ini dibakar bagi Allah, seperti darahnja mendjadi bagian Allah jang chusus, oleh karena dianggap tempat kehidupan. Allah sadjalah mempunjai hak atas kehidupan dan karenanja bagian ini disampaikan kepadaNja sebagai pengakuan atas hakNja itu. Bagian-bagian lain dimakan oleh para imam dan keluarganja dan (kadang-kadang) oleh kaum awam jang mempersembahkan kurban itu. Pasal ini tidak menggambarkan djamuan kurban.

Ende: Im 3:9 - buntutnja Djenis domba tertentu di Palestina mempunjai ekor jang gemuk sekali. Lemak dianggap bagian jang paling baik (lih. Ima 3:3-5) dan paling lezat. Karenan...

Djenis domba tertentu di Palestina mempunjai ekor jang gemuk sekali. Lemak dianggap bagian jang paling baik (lih. Ima 3:3-5) dan paling lezat. Karenanja disendirikan bagi Jahwe.

Ende: Im 3:11 - sebagai makanan Ungkapan ini menundjukkan anggapan dahulu (jang tidak dianut Perdjandjian Lama), bahwa kurban merupakan "makanan Allah(dewa). Dalam Perdjandjian Lama ...

Ungkapan ini menundjukkan anggapan dahulu (jang tidak dianut Perdjandjian Lama), bahwa kurban merupakan "makanan Allah(dewa). Dalam Perdjandjian Lama anggapan itu kiranja berarti: bagian kurban jang teruntukkan bagi Allah, bertentangan dengan bagian jang dimakan manusia. Karena kesedjahteraan bagian Allahpun disebut "makanan"

Ende: Im 3:17 - -- Lemak dan darah bagian chusus untuk Allah dan karenanja tidak boleh dimakan manusia. Apa jang disendirikan untuk Jahwe diambil dari penggunaan insani,...

Lemak dan darah bagian chusus untuk Allah dan karenanja tidak boleh dimakan manusia. Apa jang disendirikan untuk Jahwe diambil dari penggunaan insani, oleh sebab telah mendjadi "kudus"

Endetn: Im 2:6 - -- "kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.

"kau (petjah-petjahkan), diperbaiki dengan berdasarkan terdjemahan Junani. Naskah Hibrani menulis infinitivus.

Ref. Silang FULL: Im 1:1 - memanggil Musa // Kemah Pertemuan · memanggil Musa: Kel 3:4; Kel 3:4; Kel 25:22; Kel 25:22 · Kemah Pertemuan: Kel 27:21; Kel 27:21; Kel 40:2; Kel 40:2

· memanggil Musa: Kel 3:4; [Lihat FULL. Kel 3:4]; Kel 25:22; [Lihat FULL. Kel 25:22]

· Kemah Pertemuan: Kel 27:21; [Lihat FULL. Kel 27:21]; Kel 40:2; [Lihat FULL. Kel 40:2]

Ref. Silang FULL: Im 1:2 - kepada Tuhan // dari ternak · kepada Tuhan: Im 7:16,38; 22:21; 23:38; 27:9 · dari ternak: Im 22:18-19; Bil 15:3

· kepada Tuhan: Im 7:16,38; 22:21; 23:38; 27:9

· dari ternak: Im 22:18-19; Bil 15:3

Ref. Silang FULL: Im 1:3 - korban bakaran // dari lembu // tidak bercela // pintu Kemah // Tuhan berkenan · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20 · dari lembu: Im 1:10; Im 22:27; Ezr 8:35; Mal 1:8 · tidak bercela: Im 1:5; Im 1:5; Kel 12:5...

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]

· dari lembu: Im 1:10; Im 22:27; Ezr 8:35; Mal 1:8

· tidak bercela: Im 1:5; [Lihat FULL. Im 1:5]; Kel 12:5; [Lihat FULL. Kel 12:5]; Im 22:19,20; [Lihat FULL. Im 22:19]; [Lihat FULL. Im 22:20]; Ibr 9:14; 1Pet 1:19

· pintu Kemah: Im 6:25; 17:9; Bil 6:16; Ul 12:5-6,11

· Tuhan berkenan: Yes 58:5

Ref. Silang FULL: Im 1:4 - atas kepala // korban bakaran // itu diperkenan // mengadakan pendamaian · atas kepala: Kel 29:10,15; Kel 29:10; Kel 29:15 · korban bakaran: Im 1:3; Im 4:29; 6:25; Yeh 45:15 · itu diperkenan: Kej 32:20;...

· atas kepala: Kel 29:10,15; [Lihat FULL. Kel 29:10]; [Lihat FULL. Kel 29:15]

· korban bakaran: Im 1:3; Im 4:29; 6:25; Yeh 45:15

· itu diperkenan: Kej 32:20; [Lihat FULL. Kej 32:20]

· mengadakan pendamaian: Kel 29:36; [Lihat FULL. Kel 29:36]; Kel 32:30; [Lihat FULL. Kel 32:30]

Ref. Silang FULL: Im 1:5 - ia menyembelih // lembu // dan anak-anak // pada sekeliling · ia menyembelih: Kel 29:11; Im 3:2,8 · lembu: Im 1:3; Im 1:3; Kel 29:1; Bil 15:8; Ul 18:3; Mazm 50:9; 69:32 · dan anak-anak: Im ...

· ia menyembelih: Kel 29:11; Im 3:2,8

· lembu: Im 1:3; [Lihat FULL. Im 1:3]; Kel 29:1; Bil 15:8; Ul 18:3; Mazm 50:9; 69:32

· dan anak-anak: Im 8:2; 10:6; 21:1

· pada sekeliling: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]; Ibr 12:24; 1Pet 1:2

Ref. Silang FULL: Im 1:6 - ia menguliti // dan memotong-motongnya · ia menguliti: Im 7:8 · dan memotong-motongnya: Kel 29:17

· ia menguliti: Im 7:8

· dan memotong-motongnya: Kel 29:17

Ref. Silang FULL: Im 1:7 - menyusun kayu · menyusun kayu: Im 1:17; Kej 22:9; Kej 22:9; Im 3:5; 6:12

· menyusun kayu: Im 1:17; Kej 22:9; [Lihat FULL. Kej 22:9]; Im 3:5; 6:12

Ref. Silang FULL: Im 1:8 - serta lemaknya // atas kayu · serta lemaknya: Im 1:12; Kel 29:13; Kel 29:13; Im 8:20 · atas kayu: Im 9:13

· serta lemaknya: Im 1:12; Kel 29:13; [Lihat FULL. Kel 29:13]; Im 8:20

· atas kayu: Im 9:13

Ref. Silang FULL: Im 1:9 - dengan air // dan seluruhnya // atas mezbah // korban bakaran // korban api-apian // bagi Tuhan · dengan air: Kel 29:17; Kel 29:17 · dan seluruhnya: Im 6:22 · atas mezbah: Im 1:13; Kel 29:18; Im 9:14 · korban bakaran: ...

· dengan air: Kel 29:17; [Lihat FULL. Kel 29:17]

· dan seluruhnya: Im 6:22

· atas mezbah: Im 1:13; Kel 29:18; Im 9:14

· korban bakaran: Im 1:3

· korban api-apian: Im 23:8,25,36; Bil 28:6,19

· bagi Tuhan: Im 1:13; Kej 8:21; Im 2:2; 3:5,16; 17:6; Bil 18:17; 28:11-13; Ef 5:2

Ref. Silang FULL: Im 1:10 - dari domba // dari kambing · dari domba: Kej 27:7; Kej 27:7 · dari kambing: Im 1:3; Im 1:3; Kel 12:5; Im 3:12; 4:23,28; 5:6; Bil 15:11

· dari domba: Kej 27:7; [Lihat FULL. Kej 27:7]

· dari kambing: Im 1:3; [Lihat FULL. Im 1:3]; Kel 12:5; Im 3:12; 4:23,28; 5:6; Bil 15:11

Ref. Silang FULL: Im 1:11 - sisi mezbah // mezbah sekelilingnya · sisi mezbah: Kel 29:11; Kel 29:11 · mezbah sekelilingnya: Kel 29:20; Kel 29:20

· sisi mezbah: Kel 29:11; [Lihat FULL. Kel 29:11]

· mezbah sekelilingnya: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]

Ref. Silang FULL: Im 1:12 - dan lemaknya · dan lemaknya: Im 1:8; Im 1:8

· dan lemaknya: Im 1:8; [Lihat FULL. Im 1:8]

Ref. Silang FULL: Im 1:13 - dengan air // dan dibakar // atas mezbah // korban bakaran · dengan air: Kel 29:17; Kel 29:17 · dan dibakar: Im 6:22 · atas mezbah: Im 1:9; Im 1:9 · korban bakaran: Ul 12:27

· dengan air: Kel 29:17; [Lihat FULL. Kel 29:17]

· dan dibakar: Im 6:22

· atas mezbah: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

· korban bakaran: Ul 12:27

Ref. Silang FULL: Im 1:14 - burung merpati · burung merpati: Kej 15:9; Kej 15:9; Luk 2:24

· burung merpati: Kej 15:9; [Lihat FULL. Kej 15:9]; Luk 2:24

Ref. Silang FULL: Im 1:15 - memulas kepalanya // dinding mezbah · memulas kepalanya: Im 5:8 · dinding mezbah: Im 5:9

· memulas kepalanya: Im 5:8

· dinding mezbah: Im 5:9

Ref. Silang FULL: Im 1:16 - tempat abu · tempat abu: Im 4:12; 6:10; Bil 4:13

· tempat abu: Im 4:12; 6:10; Bil 4:13

Ref. Silang FULL: Im 1:17 - sampai terpisah // atas kayu · sampai terpisah: Kej 15:10; Kej 15:10 · atas kayu: Im 1:7; Im 1:7

· sampai terpisah: Kej 15:10; [Lihat FULL. Kej 15:10]

· atas kayu: Im 1:7; [Lihat FULL. Im 1:7]

Ref. Silang FULL: Im 2:1 - korban sajian // itu tepung // menuangkan minyak // ke atasnya // ke atasnya · korban sajian: Kel 29:41; Kel 29:41; Im 6:14-18 · itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11 · menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5 ·...

· korban sajian: Kel 29:41; [Lihat FULL. Kel 29:41]; Im 6:14-18

· itu tepung: Kel 29:2,40; Im 5:11

· menuangkan minyak: Bil 15:4; 28:5

· ke atasnya: Kel 29:2; [Lihat FULL. Kel 29:2]; Im 7:12

· ke atasnya: Im 2:2,15,16; Im 24:7; Neh 13:9; Yes 43:23

Ref. Silang FULL: Im 2:2 - itu tepung // seluruh kemenyannya // sebagai bagian // korban api-apian // bagi Tuhan · itu tepung: Im 5:11 · seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3 · sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil ...

· itu tepung: Im 5:11

· seluruh kemenyannya: Im 6:15; Yes 1:13; 65:3; 66:3

· sebagai bagian: Im 2:9,16; Im 5:12; 6:15; 24:7; Bil 5:26; 18:8; Mazm 16:5; 73:26; Yes 53:12

· korban api-apian: Im 2:16

· bagi Tuhan: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

Ref. Silang FULL: Im 2:3 - dan anak-anaknya // maha kudus · dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13 · maha kudus: Kel 30:36; Kel 30:36

· dan anak-anaknya: Im 2:10; Im 6:16; 10:12,13

· maha kudus: Kel 30:36; [Lihat FULL. Kel 30:36]

Ref. Silang FULL: Im 2:4 - pembakaran roti // roti tipis // dengan minyak · pembakaran roti: Im 7:9; 26:26 · roti tipis: Im 7:12; 8:26 · dengan minyak: Kel 29:2; Kel 29:2

· pembakaran roti: Im 7:9; 26:26

· roti tipis: Im 7:12; 8:26

· dengan minyak: Kel 29:2; [Lihat FULL. Kel 29:2]

Ref. Silang FULL: Im 2:5 - atas panggangan · atas panggangan: Im 6:21; 7:9; Yeh 4:3

· atas panggangan: Im 6:21; 7:9; Yeh 4:3

Ref. Silang FULL: Im 2:7 - dalam wajan · dalam wajan: Im 7:9

· dalam wajan: Im 7:9

Ref. Silang FULL: Im 2:9 - itu bagian // bagi Tuhan · itu bagian: Im 2:2; Im 2:2 · bagi Tuhan: Kej 8:21; Kej 8:21

· itu bagian: Im 2:2; [Lihat FULL. Im 2:2]

· bagi Tuhan: Kej 8:21; [Lihat FULL. Kej 8:21]

Ref. Silang FULL: Im 2:10 - dan anak-anaknya // korban api-apian · dan anak-anaknya: Im 2:3 · korban api-apian: Ezr 2:63

· dan anak-anaknya: Im 2:3

· korban api-apian: Ezr 2:63

Ref. Silang FULL: Im 2:11 - diolah beragi · diolah beragi: Kel 23:18; Kel 23:18; Im 6:16

· diolah beragi: Kel 23:18; [Lihat FULL. Kel 23:18]; Im 6:16

Ref. Silang FULL: Im 2:12 - hasil pertama · hasil pertama: Kel 34:22; Kel 34:22

· hasil pertama: Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]

Ref. Silang FULL: Im 2:13 - kaububuhi garam // garam perjanjian · kaububuhi garam: Mr 9:49 · garam perjanjian: Bil 18:19; 2Taw 13:5; Yeh 43:24

· kaububuhi garam: Mr 9:49

· garam perjanjian: Bil 18:19; 2Taw 13:5; Yeh 43:24

Ref. Silang FULL: Im 2:14 - hulu hasil · hulu hasil: Kel 34:22; Kel 34:22; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2

· hulu hasil: Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]; Bil 15:20; Ul 16:13; 26:2; Rut 3:2

Ref. Silang FULL: Im 2:15 - kautaruh kemenyan · kautaruh kemenyan: Im 2:1; Im 2:1

· kautaruh kemenyan: Im 2:1; [Lihat FULL. Im 2:1]

Ref. Silang FULL: Im 2:16 - sebagai ingat-ingatannya // seluruh kemenyannya // korban api-apian · sebagai ingat-ingatannya: Im 2:2; Im 2:2 · seluruh kemenyannya: Im 2:1; Im 2:1 · korban api-apian: Bil 4:16; Yer 14:12

· sebagai ingat-ingatannya: Im 2:2; [Lihat FULL. Im 2:2]

· seluruh kemenyannya: Im 2:1; [Lihat FULL. Im 2:1]

· korban api-apian: Bil 4:16; Yer 14:12

Ref. Silang FULL: Im 3:1 - korban keselamatan // tidak bercela · korban keselamatan: Im 3:6; Im 3:6; Kel 32:6; Kel 32:6; Im 7:11-34; Im 17:5; Im 17:5 · tidak bercela: Kel 12:5; Kel 12:5

· korban keselamatan: Im 3:6; [Lihat FULL. Im 3:6]; Kel 32:6; [Lihat FULL. Kel 32:6]; Im 7:11-34; Im 17:5; [Lihat FULL. Im 17:5]

· tidak bercela: Kel 12:5; [Lihat FULL. Kel 12:5]

Ref. Silang FULL: Im 3:2 - atas kepala // dan menyembelihnya // Kemah Pertemuan // haruslah menyiramkan // pada mezbah // sekelilingnya · atas kepala: Kel 29:15; Kel 29:15; Bil 8:10 · dan menyembelihnya: Im 1:5; Im 1:5 · Kemah Pertemuan: Kel 40:2; Kel 40:2 ·...

· atas kepala: Kel 29:15; [Lihat FULL. Kel 29:15]; Bil 8:10

· dan menyembelihnya: Im 1:5; [Lihat FULL. Im 1:5]

· Kemah Pertemuan: Kel 40:2; [Lihat FULL. Kel 40:2]

· haruslah menyiramkan: Kel 24:6; [Lihat FULL. Kel 24:6]

· pada mezbah: Im 17:6; Bil 18:17

· sekelilingnya: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]

Ref. Silang FULL: Im 3:3 - mempersembahkan lemak // isi perut · mempersembahkan lemak: Kel 29:13; Kel 29:13 · isi perut: Kel 12:9; Kel 12:9

· mempersembahkan lemak: Kel 29:13; [Lihat FULL. Kel 29:13]

· isi perut: Kel 12:9; [Lihat FULL. Kel 12:9]

Ref. Silang FULL: Im 3:4 - buah pinggang · buah pinggang: Im 3:10; Kel 29:13; Im 4:9

· buah pinggang: Im 3:10; Kel 29:13; Im 4:9

Ref. Silang FULL: Im 3:5 - Anak-anak // atas mezbah // korban bakaran // atas api // bagi Tuhan · Anak-anak: Im 7:29-34 · atas mezbah: Im 3:11,16 · korban bakaran: Kel 29:13,38-42; Bil 28:3-10 · atas api: Im 1:7; Im 1:...

· Anak-anak: Im 7:29-34

· atas mezbah: Im 3:11,16

· korban bakaran: Kel 29:13,38-42; Bil 28:3-10

· atas api: Im 1:7; [Lihat FULL. Im 1:7]

· bagi Tuhan: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

Ref. Silang FULL: Im 3:6 - korban keselamatan · korban keselamatan: Im 3:1; Im 3:1; Im 22:21; Bil 15:3,8

· korban keselamatan: Im 3:1; [Lihat FULL. Im 3:1]; Im 22:21; Bil 15:3,8

Ref. Silang FULL: Im 3:7 - seekor domba // hadapan Tuhan · seekor domba: Im 17:3; Bil 15:5; 28:5,7,8 · hadapan Tuhan: Im 17:8-9; 1Raj 8:62

· seekor domba: Im 17:3; Bil 15:5; 28:5,7,8

· hadapan Tuhan: Im 17:8-9; 1Raj 8:62

Ref. Silang FULL: Im 3:8 - dan menyembelihnya · dan menyembelihnya: Im 1:5; Im 1:5

· dan menyembelihnya: Im 1:5; [Lihat FULL. Im 1:5]

Ref. Silang FULL: Im 3:9 - sebagai korban · sebagai korban: Yes 34:6; Yer 46:10; Yeh 39:19; Zef 1:7

· sebagai korban: Yes 34:6; Yer 46:10; Yeh 39:19; Zef 1:7

Ref. Silang FULL: Im 3:11 - atas mezbah // sebagai santapan // korban api-apian · atas mezbah: Im 3:5; Im 3:5 · sebagai santapan: Im 3:16; Im 21:6,17; Bil 28:2 · korban api-apian: Im 9:18

· atas mezbah: Im 3:5; [Lihat FULL. Im 3:5]

· sebagai santapan: Im 3:16; Im 21:6,17; Bil 28:2

· korban api-apian: Im 9:18

Ref. Silang FULL: Im 3:12 - seekor kambing · seekor kambing: Im 1:10; Im 1:10; Im 4:3; Im 4:3

· seekor kambing: Im 1:10; [Lihat FULL. Im 1:10]; Im 4:3; [Lihat FULL. Im 4:3]

Ref. Silang FULL: Im 3:13 - harus menyiramkan // mezbah sekelilingnya · harus menyiramkan: Kel 24:6; Kel 24:6 · mezbah sekelilingnya: Im 1:5

· harus menyiramkan: Kel 24:6; [Lihat FULL. Kel 24:6]

· mezbah sekelilingnya: Im 1:5

Ref. Silang FULL: Im 3:15 - buah pinggang · buah pinggang: Im 7:4

· buah pinggang: Im 7:4

Ref. Silang FULL: Im 3:16 - atas mezbah // sebagai santapan // menjadi bau // Segala lemak // kepunyaan Tuhan · atas mezbah: Im 3:5; Im 3:5; Im 7:31 · sebagai santapan: Im 3:11; Im 3:11 · menjadi bau: Im 1:9; Im 1:9 · Segala lemak: ...

· atas mezbah: Im 3:5; [Lihat FULL. Im 3:5]; Im 7:31

· sebagai santapan: Im 3:11; [Lihat FULL. Im 3:11]

· menjadi bau: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

· Segala lemak: Kej 4:4; [Lihat FULL. Kej 4:4]

· kepunyaan Tuhan: 1Sam 2:16

Ref. Silang FULL: Im 3:17 - suatu ketetapan // kamu turun-temurun // tempat kediamanmu // dan darah · suatu ketetapan: Kel 12:14; Kel 12:14; Kel 27:21; Kel 27:21 · kamu turun-temurun: Kej 9:12; Kej 9:12 · tempat kediamanmu: Kel...

· suatu ketetapan: Kel 12:14; [Lihat FULL. Kel 12:14]; Kel 27:21; [Lihat FULL. Kel 27:21]

· kamu turun-temurun: Kej 9:12; [Lihat FULL. Kej 9:12]

· tempat kediamanmu: Kel 12:20; [Lihat FULL. Kel 12:20]

· dan darah: Kej 9:4; Im 7:25-26; 17:10-16; Ul 12:16; Kis 15:20

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Im 1:1-2 - Hukum tentang Persembahan Kitab ini dimulai dengan hukum-hukum mengenai persembahan korban, dan yang p...

Matthew Henry: Im 1:3-9 - Hukum tentang Korban Bakaran Hukum tentang Korban Bakaran (1:3-9) ...

Matthew Henry: Im 1:10-17 - Hukum tentang Korban Bakaran Hukum tentang Korban Bakaran (1:10-17) ...

Matthew Henry: Im 2:1-10 - Hukum tentang Korban Sajian Dalam pasal ini diceritakan tentang hukum korban sajian. ...

Matthew Henry: Im 2:11-16 - Hukum tentang Korban Sajian Hukum tentang Korban Sajian (2:11-16) ...

Matthew Henry: Im 3:1-5 - Hukum tentang Korban Keselamatan: Lembu Di dalam pasal ini kita mendapati hukum menyangkut korban keselamatan berupa...

Matthew Henry: Im 3:6-17 - Hukum tentang Korban Keselamatan: Kambing Domba Hukum tentang Korban Keselamatan: Kambing Domba (3:6-17) ...

SH: Im 1:1-17 - Harumnya aroma kurban (Rabu, 4 September 2002) Harumnya aroma kurban Harumnya aroma kurban. Satu dari tiga macam kurban utama dalam kemah pertemuan umat ...

SH: Im 1:1-17 - Kurban bakaran (Minggu, 12 Maret 2006) Kurban bakaran Judul: Kurban bakaran Setelah kemah suci didirikan dan Allah berkenan hadir diteng...

SH: Im 1:1-17 - Kurban bakaran (Senin, 10 Februari 2014) Kurban bakaran Judul: Kurban bakaran Selama beberapa hari mendatang ini kita akan merenungkan bagian p...

SH: Im 1:1-17 - Mempersembahkan yang Terbaik (Minggu, 17 Maret 2019) Mempersembahkan yang Terbaik Kurban bakaran berasal dari ternak yang umumnya dimiliki oleh orang Israel. Oleh kar...

SH: Im 2:1-16 - Indah kurban bagi Allah (Kamis, 5 September 2002) Indah kurban bagi Allah Indah kurban bagi Allah. Jenis kurban yang juga dianggap sebagai “yang paling kudu...

SH: Im 2:1-16 - Kurban pengucapan syukur (Senin, 13 Maret 2006) Kurban pengucapan syukur Judul: Kurban pengucapan syukur Kurban sajian merupakan kurban pengucapan...

SH: Im 2:1-16 - Kurban sajian (Selasa, 11 Februari 2014) Kurban sajian Judul: Kurban sajian Kurban sajian berupa tepung biasanya dipersembahkan bersama dengan ...

SH: Im 2:1-16 - Persembahan Syukur (Senin, 18 Maret 2019) Persembahan Syukur Kita sudah menerima penebusan dan pemeliharaan berlimpah dari Allah. Jadi, kehidupan umat perc...

SH: Im 3:1-17 - Menjamu Tamu yang mulia (Jumat, 6 September 2002) Menjamu Tamu yang mulia Menjamu Tamu yang mulia. Jenis kuran yang ketiga adalah makanan kudus (kurban shal...

SH: Im 3:1-17 - Kurban keselamatan (Selasa, 14 Maret 2006) Kurban keselamatan Judul: Kurban keselamatan Kurban keselamatan adalah kurban pengucapan syukur, s...

SH: Im 3:1-17 - Kurban keselamatan (Rabu, 12 Februari 2014) Kurban keselamatan Judul: Kurban keselamatan Kurban keselamatan dipersembahkan sebagai bentuk pengucap...

SH: Im 3:1-17 - Persekutuan dengan Allah (Selasa, 19 Maret 2019) Persekutuan dengan Allah Manusia berdosa tidak dapat bersekutu dengan Allah karena Ia kudus. Itu sebabnya, penebu...

Topik Teologia: Im 1:2 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Im 1:4 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

Topik Teologia: Im 3:1 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Imamat (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Kekudusan Tanggal Penulisan: 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Imamat (Garis Besar) Garis Besar I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian (...

Matthew Henry: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tidak ada peristiwa-peristiwa sejarah dalam keseluruhan Kitab Imamat ini, ke...

Jerusalem: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Imamat (Pendahuluan Kitab) LEVITIKA PENDAHULUAN Dengan menjebut kitab ini "Kitab Levitika" maka hanja tradisi kuno sadjanlah jang diteruskan, mesk...

BIS: Imamat (Pendahuluan Kitab) IMAMAT PENGANTAR Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel d...

Ajaran: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa tela...

Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan MENGAPA IMAMAT?Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetap...

Garis Besar Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) [1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.34 detik
dipersembahkan oleh YLSA