kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 10:26-27 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 10:27 Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 10:26 - JIKA KITA SENGAJA BERBUAT DOSA. Nas : Ibr 10:26 Di sini penulis surat ini sedang berbicara tentang hal meninggalkan Kristus yang diingatkan olehnya dalam Ibr 6:4-8 (liha...

Nas : Ibr 10:26

Di sini penulis surat ini sedang berbicara tentang hal meninggalkan Kristus yang diingatkan olehnya dalam Ibr 6:4-8

(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).

Jerusalem: Ibr 10:26 - berbuat dosa Ialah murtad, bdk Ibr 6:4-6+. "Api" yang disebutkan dalam Ibr 10:27 adalah alat penghukuman ilahi, Yes 26:11; Mat 3:11-12; Mar 9:48-49+; Wah 11:5.

Ialah murtad, bdk Ibr 6:4-6+. "Api" yang disebutkan dalam Ibr 10:27 adalah alat penghukuman ilahi, Yes 26:11; Mat 3:11-12; Mar 9:48-49+; Wah 11:5.

Ende: Ibr 10:26 - Berdosa Dosa jang dimaksudkan disini ialah dosa murtad dari Kristus dan berbalik kepada agama Jahudi.

Dosa jang dimaksudkan disini ialah dosa murtad dari Kristus dan berbalik kepada agama Jahudi.

Ref. Silang FULL: Ibr 10:26 - berbuat dosa // tentang kebenaran · berbuat dosa: Kel 21:14; Bil 15:30; Ibr 5:2; 6:4-8; 2Pet 2:20 · tentang kebenaran: 1Tim 2:4; 1Tim 2:4

· berbuat dosa: Kel 21:14; Bil 15:30; Ibr 5:2; 6:4-8; 2Pet 2:20

· tentang kebenaran: 1Tim 2:4; [Lihat FULL. 1Tim 2:4]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:27 - dan api · dan api: Yes 26:11; 2Tes 1:7; Ibr 9:27; 12:29

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 10:26 - -- 10:26 ...jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk dosa. Kalau kita meningga...

10:26 ...jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk dosa.

Kalau kita meninggalkan Juruselamat kita, dan menganggap salibNya sebagai sesuatu yang hampa, berarti kita menolak jalan kita yang satu-satunya yang dapat ditempuh oleh orang yang mau bersekutu dengan Allah, karena seperti dijelaskan di atas (10:18), semua korban yang lain sudah tidak berarti lagi, karena sudah digenapi. Dosa yang dimaksudnya dengan "jika kita sengaja berbuat dosa" adalah dosa kemurtadan. Memang banyak dosa dibuat dengan sengaja, tetapi dosa kemurtadan adalah apa yang menjadi pokok pembicaraan surat ini sejak semula. Mungkin istilah "sengaja" dipakai di sini karena pengaruh Bilangan 15:29-31. Ini cukup jelas kalau konteks nats ini dipertimbangkan.

Perlu dicatat di sini bahwa kata ganti orang yang dipakai di sini adalah "kita." Yang dipikirkan di dalam peringatan ini adalah sesuatu yang dapat kita lakukan. Ada baiknya setiap kita menerima peringatan ini untuk diri kita sendiri. Jangan dikatakan, "Oh, ya, peringatan itu dimaksudkan untuk orang yang imannya...." Ini dimaksudkan untuk saudara dan untuk saya, yaitu untuk kita. Ini dimaksudkan untuk kita yang sudah "memperoleh pengetahuan mengenai kebenaran." Istilah-istilah ini juga dipakai di dalam "Surat Penggembalaan," dan di situ juga dipakai mengenai orang percaya.

Yang tidak ada lagi bagi mereka adalah "korban untuk dosa itu" (istilah "menghapus" tidak ada dalam bahasa aslinya). Seandainya yang dimaksudkan adalah korban untuk supaya dosa itu dihapus, karena penyaliban Yesus kurang memadai untuk menghapus dosa itu, maka yang dimaksudkan di sini adalah bahwa orang itu harus masuk neraka. Tetapi bukan itu maksudnya, dan penyaliban Yesus lebih dari cukup untuk menghapus dosa itu. Tetapi dari segi persekutuan sehari-hari, orang itu tidak dapat mengklaim darah Yesus untuk memulihkan dirinya, dan membersihkan hati nuraninya. Dari segi kehidupannya di atas bumi ini sekarang, orang itu tidak mempunyai harapan untuk bersekutu dengan Tuhan Allah.

Hagelberg: Ibr 10:26-31 - -- 2. Peringatan yang keras (10:26-31) Ini adalah inti dari peringatan yang keempat. Sebagai puncak dari peringatan-peringatan surat ini, penulis surat...

2. Peringatan yang keras (10:26-31)

Ini adalah inti dari peringatan yang keempat. Sebagai puncak dari peringatan-peringatan surat ini, penulis surat ini membentuk peringatan ini dengan istilah-istilah yang paling tegas, tetapi pokok dari peringatan ini adalah sama dengan peringatan yang lain dalam surat ini.

a. Apa yang ada bagi orang yang menolak penebusan ini (10:26-27)

Hagelberg: Ibr 10:26 - -- 10:26 ...jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk dosa. Kalau kita meningga...

10:26 ...jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk dosa.

Kalau kita meninggalkan Juruselamat kita, dan menganggap salibNya sebagai sesuatu yang hampa, berarti kita menolak jalan kita yang satu-satunya yang dapat ditempuh oleh orang yang mau bersekutu dengan Allah, karena seperti dijelaskan di atas (10:18), semua korban yang lain sudah tidak berarti lagi, karena sudah digenapi. Dosa yang dimaksudnya dengan "jika kita sengaja berbuat dosa" adalah dosa kemurtadan. Memang banyak dosa dibuat dengan sengaja, tetapi dosa kemurtadan adalah apa yang menjadi pokok pembicaraan surat ini sejak semula. Mungkin istilah "sengaja" dipakai di sini karena pengaruh Bilangan 15:29-31. Ini cukup jelas kalau konteks nats ini dipertimbangkan.

Perlu dicatat di sini bahwa kata ganti orang yang dipakai di sini adalah "kita." Yang dipikirkan di dalam peringatan ini adalah sesuatu yang dapat kita lakukan. Ada baiknya setiap kita menerima peringatan ini untuk diri kita sendiri. Jangan dikatakan, "Oh, ya, peringatan itu dimaksudkan untuk orang yang imannya...." Ini dimaksudkan untuk saudara dan untuk saya, yaitu untuk kita. Ini dimaksudkan untuk kita yang sudah "memperoleh pengetahuan mengenai kebenaran." Istilah-istilah ini juga dipakai di dalam "Surat Penggembalaan," dan di situ juga dipakai mengenai orang percaya.

Yang tidak ada lagi bagi mereka adalah "korban untuk dosa itu" (istilah "menghapus" tidak ada dalam bahasa aslinya). Seandainya yang dimaksudkan adalah korban untuk supaya dosa itu dihapus, karena penyaliban Yesus kurang memadai untuk menghapus dosa itu, maka yang dimaksudkan di sini adalah bahwa orang itu harus masuk neraka. Tetapi bukan itu maksudnya, dan penyaliban Yesus lebih dari cukup untuk menghapus dosa itu. Tetapi dari segi persekutuan sehari-hari, orang itu tidak dapat mengklaim darah Yesus untuk memulihkan dirinya, dan membersihkan hati nuraninya. Dari segi kehidupannya di atas bumi ini sekarang, orang itu tidak mempunyai harapan untuk bersekutu dengan Tuhan Allah.

Hagelberg: Ibr 10:19-39 - -- D. Peringatan Keempat (10:19-39) Peringatan ini adalah peringatan yang paling tegas dalam surat ini. Sebagai puncak dari perkembangan pikiran penuli...

D. Peringatan Keempat (10:19-39)

Peringatan ini adalah peringatan yang paling tegas dalam surat ini. Sebagai puncak dari perkembangan pikiran penulis surat, peringatan ini harus ditafsirkan dengan mempertimbangkan peringatan-peringatan yang mendahuluinya. Peringatan ini didahului dengan uraian panjang mengenai Imam Besar kita, dan pelayananNya bagi kita. Peringatan ini mengembangkan dan menerapkan beberapa unsur dari uraian tersebut bagi para pembaca pertama dan juga bagi kita. Sesuai dengan pola yang biasa dipakai oleh penulis surat ini, selain memperingatkan mereka (10:26-31), dia juga membesarkan hati mereka (10:32-39).

Inti dari peringatan ini ialah:

Kita yang punya jalan masuk ke hadirat Allah yang begitu luar biasa diperingatkan bahwa dosa yang tetap dipelihara akan menghasilkan disiplin yang amat tegas dari Tuhan, tetapi bukan neraka.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

Hagelberg: Ibr 10:27 - -- 10:27 Tetapi yang dapat dinantikan ialah hukuman yang berapi, yang dengan iri hati memakan orang-orang yang melawan. Yang ada bagi mereka, dan yang h...

10:27 Tetapi yang dapat dinantikan ialah hukuman yang berapi, yang dengan iri hati memakan orang-orang yang melawan.

Yang ada bagi mereka, dan yang harus mereka nantikan, adalah hukuman yang menakutkan. Bukan "kematian"! Sebaiknya istilah "kematian" dicoret dari Alkitab saudara! Kata itu sama sekali tidak ada dalam pasal 10:27 dalam bahasa aslinya. Ayat ini tidak menceritakan kematian kekal.

Sebenarnya penghakiman ini sudah banyak diceritakan di dalam Perjanjian Baru. Di dalam surat-surat Paulus, Roma 14:9-13, I Kor. 3:15, I Kor. 4:5, dan II Kor. 5:9-11 menceritakan penghakiman yang akan dialami oleh orang percaya. Lukas 19:11-27, Yakobus 2:12-13, I Yoh. 4:17, dan Wahyu 22:12 juga menceritakan penghakiman itu. Orang percaya yang murtad dan menolak Pengorbanan Tuhan Yesus hanya menantikan suatu penghakiman yang menakutkan, karena mereka sudah sangat menghina Dia yang adalah Tuhan dan Juruselamat mereka, seperti diuraikan di dalam pasal 10:29.

...api yang dahsyat...

Mengenai "api" itu, I Kor. 3:15 berkata "Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api." Belum tentu semua api dalam Perjanjian Baru adalah api neraka. Justru mereka tidak mungkin masuk neraka, karena mereka sudah dikuduskan oleh darah Kristus, seperti disebut dalam pasal 10:29!

b. Hukuman yang lebih berat (10:28-29)

Hagelberg: Ibr 10:27 - -- 10:27 Tetapi yang dapat dinantikan ialah hukuman yang berapi, yang dengan iri hati memakan orang-orang yang melawan. Yang ada bagi mereka, dan yang h...

10:27 Tetapi yang dapat dinantikan ialah hukuman yang berapi, yang dengan iri hati memakan orang-orang yang melawan.

Yang ada bagi mereka, dan yang harus mereka nantikan, adalah hukuman yang menakutkan. Bukan "kematian"! Sebaiknya istilah "kematian" dicoret dari Alkitab saudara! Kata itu sama sekali tidak ada dalam pasal 10:27 dalam bahasa aslinya. Ayat ini tidak menceritakan kematian kekal.

Sebenarnya penghakiman ini sudah banyak diceritakan di dalam Perjanjian Baru. Di dalam surat-surat Paulus, Roma 14:9-13, I Kor. 3:15, I Kor. 4:5, dan II Kor. 5:9-11 menceritakan penghakiman yang akan dialami oleh orang percaya. Lukas 19:11-27, Yakobus 2:12-13, I Yoh. 4:17, dan Wahyu 22:12 juga menceritakan penghakiman itu. Orang percaya yang murtad dan menolak Pengorbanan Tuhan Yesus hanya menantikan suatu penghakiman yang menakutkan, karena mereka sudah sangat menghina Dia yang adalah Tuhan dan Juruselamat mereka, seperti diuraikan di dalam pasal 10:29.

...api yang dahsyat...

Mengenai "api" itu, I Kor. 3:15 berkata "Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api." Belum tentu semua api dalam Perjanjian Baru adalah api neraka. Justru mereka tidak mungkin masuk neraka, karena mereka sudah dikuduskan oleh darah Kristus, seperti disebut dalam pasal 10:29!

b. Hukuman yang lebih berat (10:28-29)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 10:19-39 - Jalan yang Disucikan; Peringatan terhadap Kemurtadan; Ketekunan Ditanamkan Jalan yang Disucikan; Peringatan terhadap Kemurtadan; Ketekunan Ditanamkan (10:19-39)...

SH: Ibr 10:26-39 - Terus maju atau binasa (Kamis, 4 Mei 2000) Terus maju atau binasa Terus maju atau binasa. Kembali ke Yudaisme dan seluruh sistem persembahannya, ...

SH: Ibr 10:26-31 - Sengaja berbuat dosa (Selasa, 8 November 2005) Sengaja berbuat dosa Judul: Sengaja berbuat dosa Penulis Ibrani telah membuat konklusi sementara d...

SH: Ibr 10:19-31 - Bukan Bebal, tetapi Handal (Jumat, 25 Agustus 2017) Bukan Bebal, tetapi Handal Ada peribahasa yang mengatakan, "Keledai tidak akan jatuh ke dalam lubang yang sama un...

SH: Ibr 10:19-39 - Tahan untuk Beriman (Selasa, 4 Juli 2023) Tahan untuk Beriman Beriman kepada Tuhan berarti memberi hidup kita kepada-Nya dan siap mengikuti perintah Tuhan ...

Utley: Ibr 10:26-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:26-31...

Topik Teologia: Ibr 10:26 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Murtad ...

Topik Teologia: Ibr 10:27 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Murtad ...

TFTWMS: Ibr 10:26-31 - Dosa Yang Mendatangkan Maut Dosa Yang Mendatangkan Maut (Ibrani 10:26-31) Pandangan teologis p...

TFTWMS: Ibr 10:26 - Dosa Yang Disengaja DOSA YANG DISENGAJA (Ibrani 10:26) 26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa,...

TFTWMS: Ibr 10:27-29 - Dosa Terkutuk DOSA TERKUTUK (Ibrani 10:27-29) 27 Tetapi yang ada ialah kematian ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Ibrani 9:16-10:39 Dengan mempelajari bagian ini, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ALLAH KITA, ALLAH PEMBALAS (Ibrani 10:26-31) Akibat mengerikan dar...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Neil R. Lightfoot, Everyone's Guide to Hebrews (Grand Rapids, Mich.: Baker Books, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) HARAPAN YANG MENGERIKAN (Ibrani 10:27) Paulus tahu banyak tentang Hari Peng...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA