kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 1:5-13 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Anak Allah lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat
1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia." 1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api." 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran. 1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu." 1:10 Dan: "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu. 1:11 Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian; 1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan." 1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 1:5 - ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI. Nas : Ibr 1:5 Lihat cat. --> Yoh 1:14. [atau ref. Yoh 1:14]

Nas : Ibr 1:5

Lihat cat. --> Yoh 1:14.

[atau ref. Yoh 1:14]

Full Life: Ibr 1:8 - TENTANG ANAK ... YA ALLAH. Nas : Ibr 1:8 Penulis sedang menunjuk kepada ke-Allahan Kristus (lihat cat. --> Yoh 1:1). [atau ref. Yoh 1:1]

Nas : Ibr 1:8

Penulis sedang menunjuk kepada ke-Allahan Kristus

(lihat cat. --> Yoh 1:1).

[atau ref. Yoh 1:1]

Full Life: Ibr 1:9 - MENCINTAI KEADILAN DAN MEMBENCI KEFASIKAN. Nas : Ibr 1:9 Tidaklah cukup bagi anak-anak Tuhan untuk mengasihi keadilan saja; mereka juga harus membenci kejahatan. Kita melihat hal ini dengan ...

Nas : Ibr 1:9

Tidaklah cukup bagi anak-anak Tuhan untuk mengasihi keadilan saja; mereka juga harus membenci kejahatan. Kita melihat hal ini dengan jelas dalam pengabdian Kristus terhadap keadilan (Yes 11:5) dan kebencian-Nya terhadap kejahatan dalam kehidupan, pelayanan, dan kematian-Nya

(lihat cat. --> Yoh 3:19;

lihat cat. --> Yoh 11:33).

[atau ref. Yoh 3:19; Yoh 11:33]

  1. 1) Kesetiaan Kristus kepada Bapa selama Ia berada di bumi, sebagaimana ditunjukkan oleh kasih-Nya terhadap keadilan dan kebencian-Nya terhadap kejahatan, merupakan alasan bagi Allah untuk mengurapi Anak-Nya. Demikian pula, kita akan diurapi apabila kita menyetujui sikap Pemimpin kita terhadap keadilan dan kejahatan (Mazm 45:8).
  2. 2) Kasih kita terhadap keadilan dan kebencian terhadap kejahatan akan meningkat melalui dua cara:
    1. (a) melalui pertumbuhan dalam kasih dan belas kasihan yang amat sangat terhadap mereka yang hidupnya dihancurkan oleh dosa, dan
    2. (b) dengan mengalami kemanunggalan yang makin erat dengan Allah dan Juruselamat kita yang "mencintai keadilan dan membenci kefasikan"

      (lih. Mazm 94:16; 97:10; Ams 8:13; Am 5:15; Rom 12:9; 1Yoh 2:15;

      Wahy 2:6).

Full Life: Ibr 1:13 - MALAIKAT. Nas : Ibr 1:13 Untuk pembahasan tentang peranan malaikat dalam kehidupan kita; lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN

Nas : Ibr 1:13

Untuk pembahasan tentang peranan malaikat dalam kehidupan kita;

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN

BIS: Ibr 1:8 - Takhtamu, ya Allah, akan kekal Takhtamu, ya Allah, akan kekal: atau Allah adalah kerajaanmu. Pemerintahanmu: beberapa naskah kuno: Pemerintahannya.

Takhtamu, ya Allah, akan kekal: atau Allah adalah kerajaanmu. Pemerintahanmu: beberapa naskah kuno: Pemerintahannya.

Jerusalem: Ibr 1:6 - membawa pula Mungkin waktu inkarnasi atau waktu pelantikanNya dalam kemuliaan, bdk ay 3; Ibr 2:5; Ef 1:20-21; Fili 2:9-10

Mungkin waktu inkarnasi atau waktu pelantikanNya dalam kemuliaan, bdk ay 3; Ibr 2:5; Ef 1:20-21; Fili 2:9-10

Jerusalem: Ibr 1:6 - AnakNya yang sulung Harafiah: Anak yang sulung. Ini suatu gelar kehormatan, Kol 1:15, 18; Wah 1:5.

Harafiah: Anak yang sulung. Ini suatu gelar kehormatan, Kol 1:15, 18; Wah 1:5.

Jerusalem: Ibr 1:7 - "Yang membuat ..." Maz 104:7 dikutip menurut LXX dan yang dimaksudkan kiranya penampakan Allah di gunung Sinai, 2:2+. Pengarang Ibr mengartikan ayat Mzm itu sebagai suat...

Maz 104:7 dikutip menurut LXX dan yang dimaksudkan kiranya penampakan Allah di gunung Sinai, 2:2+. Pengarang Ibr mengartikan ayat Mzm itu sebagai suatu keterangan tentang hakekat malaikat, yang lincah dan halus, dan karenanya kurang dari pada Anak yang duduk di takhta yang tak tergoncangkan.

Jerusalem: Ibr 1:8 - kerajaanMu Var: kerajaanNya, bdk Maz 45, LXX

Var: kerajaanNya, bdk Maz 45, LXX

Jerusalem: Ibr 1:8 - ya Allah Kalau Maz 45:7 menyebut Raja Allah, maka ia memakai bahasa penghebat dan bahasa kiasan, sesuai dengan adat-kebiasaan di Timur pada zaman dahulu. Tetap...

Kalau Maz 45:7 menyebut Raja Allah, maka ia memakai bahasa penghebat dan bahasa kiasan, sesuai dengan adat-kebiasaan di Timur pada zaman dahulu. Tetapi pengarang Ibr mengartikan sebutan itu secara wajar, bdk ay 3. Kristus Allah mempunyai kerajaan kekal.

Jerusalem: Ibr 1:12 - seperti persalinan Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Ende: Ibr 1:5-13 - -- Kebenaran pemakaian dan tafsiran kutipan-kutipan dari Kitab kudus disini dan selandjutnja dalam surat ini terdjamin oleh ilham Roh Kudus.

Kebenaran pemakaian dan tafsiran kutipan-kutipan dari Kitab kudus disini dan selandjutnja dalam surat ini terdjamin oleh ilham Roh Kudus.

Ende: Ibr 1:6 - Kembali dapat ditafsirkan pada kedatangan Kristus pada achir zaman, tetapi djuga: pada hari kelahiran Jesus.

dapat ditafsirkan pada kedatangan Kristus pada achir zaman, tetapi djuga: pada hari kelahiran Jesus.

Ref. Silang FULL: Ibr 1:5 - telah Kuperanakkan // menjadi Anak-Ku · telah Kuperanakkan: Mazm 2:7; Mat 3:17; Mat 3:17 · menjadi Anak-Ku: 2Sam 7:14

· telah Kuperanakkan: Mazm 2:7; Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

· menjadi Anak-Ku: 2Sam 7:14

Ref. Silang FULL: Ibr 1:6 - yang sulung // ke dunia // menyembah Dia · yang sulung: Yoh 3:16; Kol 1:18; Kol 1:18 · ke dunia: Ibr 10:5 · menyembah Dia: Ul 32:43; Mazm 97:7

· yang sulung: Yoh 3:16; Kol 1:18; [Lihat FULL. Kol 1:18]

· ke dunia: Ibr 10:5

· menyembah Dia: Ul 32:43; Mazm 97:7

Ref. Silang FULL: Ibr 1:7 - nyala api · nyala api: Mazm 104:4

· nyala api: Mazm 104:4

Ref. Silang FULL: Ibr 1:8 - dan selamanya · dan selamanya: Luk 1:33; Luk 1:33

· dan selamanya: Luk 1:33; [Lihat FULL. Luk 1:33]

Ref. Silang FULL: Ibr 1:9 - dengan minyak // tanda kesukaan // teman-teman sekutu-Mu · dengan minyak: Yes 61:1,3 · tanda kesukaan: Mazm 45:7,8 · teman-teman sekutu-Mu: Fili 2:9

· dengan minyak: Yes 61:1,3

· tanda kesukaan: Mazm 45:7,8

· teman-teman sekutu-Mu: Fili 2:9

Ref. Silang FULL: Ibr 1:10 - buatan tangan-Mu · buatan tangan-Mu: Mazm 8:7; Za 12:1

· buatan tangan-Mu: Mazm 8:7; Za 12:1

Ref. Silang FULL: Ibr 1:11 - seperti pakaian · seperti pakaian: Yes 34:4; 51:6; Ibr 12:27; Ibr 12:27

· seperti pakaian: Yes 34:4; 51:6; Ibr 12:27; [Lihat FULL. Ibr 12:27]

Ref. Silang FULL: Ibr 1:12 - tetap sama // tidak berkesudahan · tetap sama: Ibr 13:8 · tidak berkesudahan: Mazm 102:26-28

· tetap sama: Ibr 13:8

· tidak berkesudahan: Mazm 102:26-28

Ref. Silang FULL: Ibr 1:13 - sebelah kanan-Ku // menjadi tumpuan // kaki-Mu · sebelah kanan-Ku: Ibr 1:3; Mr 16:19; Mr 16:19 · menjadi tumpuan: Yos 10:24; Ibr 10:13 · kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; Mat 22:...

· sebelah kanan-Ku: Ibr 1:3; Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· menjadi tumpuan: Yos 10:24; Ibr 10:13

· kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 1:5 - -- 1. Dia mewarisi nama \"Anak\" (1:5) 1:5a "AnakKu Engkau! Engkau telah Kuperanakkan..." Rupanya namaNya yang jauh lebih indah yang diwariskan kepad...

1. Dia mewarisi nama \"Anak\" (1:5)

1:5a "AnakKu Engkau! Engkau telah Kuperanakkan..."

Rupanya namaNya yang jauh lebih indah yang diwariskan kepadaNya adalah "Anak," seperti apa yang diuraikan di dalam pasal 1:5 dan juga di dalam Mazmur 2:7. Mazmur 2 menceriterakan saat di mana Mesias/Raja akan mulai memerintah sebagai Raja. Garis besar dari Mazmur 2 adalah seperti yang berikut ini:

I. Pemberontakan manusia, 2:1-3

II. Tanggapan Allah Bapa: RajaNya dilantik, 2:4-6

III. Yesus menceritakan kata-kata Allah Bapa, 2:7-9

IV. Usulan dari pemazmur yang berdasarkan kenyataan ini, 2:10-12

Pelantikan Raja yang dikisahkan di sini sesuai dengan kebudayaan dan peristilahan yang dipakai di Timur Tengah pada zaman itu. "Hari ini" yang disebut di dalam Maz. 2:7 adalah Hari Pelantikan Mesias. Peristiwa itu sungguh terjadi pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari kematianNya, naik ke sorga, dan duduk disamping Allah Bapa. Jadi Maz. 2:7 sudah terjadi, tetapi Maz. 2:8, "Mintalah kepadaKu, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadaMu menjadi warisanMu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanMu," belum terjadi. PelantikanNya sebagai Raja memungkinkan adanya hari di mana Dia akan mewarisi segala sesuatu. Dia telah duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, bukan dengan arti bahwa Dia tidak pernah berdiri (KPR 7:56), tetapi dengan arti bahwa Dia sudah menjadi Raja. Istilah "Anak" tidak mempunyai arti harafiah (arti kekeluargaan), tetapi ada kiasan di sini. Sama seperti sebuah "anak kunci" tidak mempunyai ayah dan ibu, demikian juga istilah "Anak" di sini adalah suatu kiasan yang berlaku zaman itu untuk menyatakan suatu hubungan khusus antara Allah dan raja umatNya.

1:5b "Aku akan menjadi BapaNya, dan Ia akan menjadi AnakKu"

2 Samuel 7:14, yang memberitakan perjanjian Allah dengan Raja Daud, dikutip sebagai dukungan pada Mazmur 2:7.

Hagelberg: Ibr 1:5-14 - -- A. Raja/Anak Allah Disanjung (1:5-14) Apakah AnakNya itu mengatasi malaikat-malaikat? Inilah pokok utama dari bagian ini, bahwa di dalam dunia yang ...

A. Raja/Anak Allah Disanjung (1:5-14)

Apakah AnakNya itu mengatasi malaikat-malaikat? Inilah pokok utama dari bagian ini, bahwa di dalam dunia yang akan datang, Anak Allah jauh lebih mulia dari pada malaikat. Ini dibuktikan dengan beberapa kutipan dari Kitab Mazmur (dan dari II Sam. 7:14).

Hagelberg: Ibr 1:5--4:16 - -- II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16) Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk ...

II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)

Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. PerananNya sebagai Raja menjadi dasar peringatan kita, karena, sebagai seorang Raja yang menang, Dia akan mengumpulkan orang-orang yang setia kepadaNya untuk diberi kepercayaan melayani di dalam pemerintahanNya. Bukan sembarang orang akan Dia pilih, tetapi hanya mereka yang setia kepadaNya pada zaman ini. Seperti seorang jendral yang memenangkan wilayah yang luas, perwira-perwira yang dia anggap baik dan setia akan diberi wilayah dan kekuasaan dalam pemerintahannya yang baru.

Hagelberg: Ibr 1:6-14 - -- 2. Hak-hak Anak Allah (1:6-14) Kemuliaan Anak Allah diuraikan dengan mengutip beberapa nats dari Kitab Mazmur di mana hak dan posisi Anak Allah diba...

2. Hak-hak Anak Allah (1:6-14)

Kemuliaan Anak Allah diuraikan dengan mengutip beberapa nats dari Kitab Mazmur di mana hak dan posisi Anak Allah dibandingkan dengan hak dan posisi malaikat. Kutipan-kutipan ini diawali dengan suatu perkataan yang menjelaskan jangka waktu yang dibicarakan. 1:6 berkata, "Dan ketika Ia membawa pula AnakNya yang sulung ke dunia...." Kata "pula" itu menyatakan bahwa yang dibicarakan adalah kedatangan Kristus kedua kali pada akhir zaman ini. Pada Hari Kiamat, "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia" (1:6b). Memang malaikat selalu menyembah Dia, tetapi fokus pada nats ini adalah akhir zaman ini, dan zaman yang akan datang. Kutipan ini diambil dari Mazmur 97:7, yang bunyinya demikian, "segala allah sujud menyembah kepadaNya." Dalam bahasa Ibrani kata "allah-allah," atau "oknum yang berkuasa" bisa menunjuk pada malaikat-malaikat, seperti yang ada di dalam ayat ini. Di dalam Septuaginta "segala allah" itu diterjemahkan menjadi "malaikat-malaikatNya," sesuai dengan maksud si pemazmur. Mazmur yang dikutip menceritakan Hari Kiamat adalah jelas dari Mazmur 97:3-5. Pada kedatanganNya yang kedua Dia akan disembah oleh segala malaikat.

Tema ini dikembangkan di dalam 1:7, di mana malaikat-malaikatNya dibuat "menjadi badai, dan pelayan-pelayanNya menjadi nyala api." Malaikat itu menyembah Dia, dan disebut "pelayanNya," yang menjadi badai dan nyala api. PelayanNya, yaitu malaikat-malaikat, adalah sepesat angin badai, dan sekuat nyala api, tetapi masih disebut pelayanNya. Ayat ini juga dapat ditafsirkan dengan arti harafiah, yaitu bahwa malaikatNya dapat diubahkan menjadi badai dan api. Memang ada kepercayaan seperti ini di dalam sastra Yahudi pada zaman itu.

Ada beberapa perbandingan yang muncul di sini.

1) Malaikat melayani, sedangkan Anak Allah memerintah.

2) Malaikat dikaitkan dengan penciptaan Allah, sedangkan AnakNya menciptakan.

3) Malaikat bisa berubah bentuk, sedangkan Anak Allah tidak berubah.

Hagelberg: Ibr 1:7 - -- 1. Imam yang lebih baik (pasal 7) Jalan pikiran dari pasal ini jelas sekali. Untuk mempermuliakan Tuhan Yesus tiga hal didiskusikan. Pasal 7:1-10 m...

1. Imam yang lebih baik (pasal 7)

Jalan pikiran dari pasal ini jelas sekali. Untuk mempermuliakan Tuhan Yesus tiga hal didiskusikan. Pasal 7:1-10 membicarakan bobotnya Melkisedek, pasal 7:11-19 membuktikan perlunya suatu imamat yang baru, dan pasal 7:20-28 membuktikan bahwa Yesus jauh lebih hebat dari pada imam-imam turunan Lewi.

a. Bobotnya Melkisedek (7:1-10)

Baik dari segi pribadinya (7:1-3), maupun dari segi hubungannya dengan Abraham dan Lewi (7:4-10), Melkisedek sangat berbobot.

Akhir pasal 7:2 dan semua ayat 3 penuh dengan pengamatan yang luar biasa mengenai Melkisedek. "Melki" berarti "raja," dan "sedek" berarti "kebenaran" (atau "keadilan"). "Salem" berarti "damai sejahtera," dan juga adalah nama kota Yerusalem. Jadi dengan nama itu, dia mengingatkan kita pada Mesias, Anak Allah (lihat juga Yesaya 9:6).

Dari segi pribadinya, Melkisedek memang luar biasa, dan pribadi Melkisedek banyak ditafsirkan. Menurut tradisi Yahudi yang dicatat dalam Gulungan Laut Mati (gulungan nomor 11Q), dia bukan manusia tetapi malaikat! Penulis surat tidak menolak pandangan ini secara terus terang. Bisa saja, Melkisedek hanya seorang manusia yang luar biasa yang dipilih oleh penulis surat ini sebagai suatu bayangan dari Mesias, karena pengkalimatannya mengenai dia di dalam Kejadian 14. "Tidak berbapa, tidak beribu" mungkin hanya dengan pengertian dari segi apa yang dicatat di dalam Kejadian 14, Melkisedek tidak punya ayah, tidak punya ibu. Mungkin juga Melkisedek bukan manusia tetapi malaikat (malaikat tidak punya ayah atau ibu), tetapi kalau begitu, dia satu-satunya dari malaikat suci yang dicatat di dalam Alkitab yang menjadi raja di bumi. Perlu dicatat juga bahwa dalam pasal 7:3, "ia dijadikan sama dengan Anak Allah," berarti Melkisedek bukanlah Allah yang menjelma menjadi manusia. Singkatnya, mungkin dia malaikat, dan mungkin dia manusia, tetapi dia bukan Allah.

Dari segi hubungannya dengan Abraham dan Lewi (7:4-10), Melkisedek melebihi mereka karena Melkisedek adalah yang memberkati Abraham, dan Melkisedek adalah yang menerima persepuluhan dari Abraham. Siapakah orang ini, yang begitu luar biasa sehingga dia mampu memberkati "Bapa Abraham?" Pertanyaan ini dikemukakan supaya orang Yahudi yang membaca surat ini mengingat lagi bahwa Imamat Lewi bukanlah yang kekal, dan bukanlah satu-satunya di dalam Perjanjian Lama.

b. Imamat yang lama perlu diganti dengan imamat baru (7:11-19)

Hagelberg: Ibr 1:8 - -- 1:8 Tetapi tentang AnakNya Ia berkata... Dengan peralihan ini yang diceritakan adalah kemuliaan Anak Allah. Mazmur 45:7-8 dikutip. Mazmur ini meray...

1:8 Tetapi tentang AnakNya Ia berkata...

Dengan peralihan ini yang diceritakan adalah kemuliaan Anak Allah. Mazmur 45:7-8 dikutip. Mazmur ini merayakan suatu upacara pernikahan rajani yang jelas melebihi pernikahan rajani yang ada di muka bumi. Mazmur 45:7, yang diterjemahkan oleh LAI dengan kata, "Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya," lebih baik diterjemahkan, sesuai dengan Ibraninya dan Yunaninya, "TakhtaMu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya." Sebenarnya terjemahan LAI benar di dalam Ibrani 1:8 di mana Mazmur 45 dikutip, tetapi terjemahan mereka di dalam Mazmur 45 kurang tepat. Pokoknya, kutipan ini membuktikan bahwa Anak Allah sangat dipermuliakan sebagai Dia yang bertakhta, sedangkan malaikat-malaikatNya disebut pelayan.

Tetapi dia yang menulis surat ini melanjutkan kutipan dari Mazmur 45 ini. Dengan melanjutkan kutipan ini dia menekankan layaknya Tuhan Yesus diangkat menjadi Raja. Dia "mencintai keadilan dan membenci kefasikan."

Lebih dari itu, dia melanjutkan kutipan ini sampai dia mencapai istilah "teman-teman sekutuMu," karena tema ini, "teman-teman sekutu," metocoi/metokhoi, sangat penting bagi dia. Istilah ini dipakai lima kali dalam surat ini. Di dalam 1:9 ini. Di dalam 3:1, di mana kata ini diterjemahkan "yang mendapat bagian dalam (panggilan sorgawi)." Di dalam 3:14, di mana kalimatnya diterjemahkan "kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula." Di dalam 6:4, di mana kata ini diterjemahkan "yang pernah mendapat bagian (di dalam Roh Kudus)." Di dalam 12:8, di mana kata ini dipakai untuk menjelaskan bahwa para pembaca pertama semuanya telah beroleh bagian dalam ganjaran atau didikan Tuhan.

Hagelberg: Ibr 1:8 - -- 1:8 Tetapi tentang AnakNya Ia berkata... Dengan peralihan ini yang diceritakan adalah kemuliaan Anak Allah. Mazmur 45:7-8 dikutip. Mazmur ini meray...

1:8 Tetapi tentang AnakNya Ia berkata...

Dengan peralihan ini yang diceritakan adalah kemuliaan Anak Allah. Mazmur 45:7-8 dikutip. Mazmur ini merayakan suatu upacara pernikahan rajani yang jelas melebihi pernikahan rajani yang ada di muka bumi. Mazmur 45:7, yang diterjemahkan oleh LAI dengan kata, "Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya," lebih baik diterjemahkan, sesuai dengan Ibraninya dan Yunaninya, "TakhtaMu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya." Sebenarnya terjemahan LAI benar di dalam Ibrani 1:8 di mana Mazmur 45 dikutip, tetapi terjemahan mereka di dalam Mazmur 45 kurang tepat. Pokoknya, kutipan ini membuktikan bahwa Anak Allah sangat dipermuliakan sebagai Dia yang bertakhta, sedangkan malaikat-malaikatNya disebut pelayan.

Tetapi dia yang menulis surat ini melanjutkan kutipan dari Mazmur 45 ini. Dengan melanjutkan kutipan ini dia menekankan layaknya Tuhan Yesus diangkat menjadi Raja. Dia "mencintai keadilan dan membenci kefasikan."

Lebih dari itu, dia melanjutkan kutipan ini sampai dia mencapai istilah "teman-teman sekutuMu," karena tema ini, "teman-teman sekutu," metocoi/metokhoi, sangat penting bagi dia. Istilah ini dipakai lima kali dalam surat ini. Di dalam 1:9 ini. Di dalam 3:1, di mana kata ini diterjemahkan "yang mendapat bagian dalam (panggilan sorgawi)." Di dalam 3:14, di mana kalimatnya diterjemahkan "kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula." Di dalam 6:4, di mana kata ini diterjemahkan "yang pernah mendapat bagian (di dalam Roh Kudus)." Di dalam 12:8, di mana kata ini dipakai untuk menjelaskan bahwa para pembaca pertama semuanya telah beroleh bagian dalam ganjaran atau didikan Tuhan.

Hagelberg: Ibr 1:9 - -- 1:9 teman-teman sekutuMu (metocoi/metokhoi) Jadi istilah ini, metocoi/metokhoi, berarti "yang mendapat bagian dalam sesuatu." Kecuali ada keterangan...

1:9 teman-teman sekutuMu (metocoi/metokhoi)

Jadi istilah ini, metocoi/metokhoi, berarti "yang mendapat bagian dalam sesuatu." Kecuali ada keterangan lain, dalam Surat Ibrani istilah ini berarti "mendapat bagian dalam kemenangan Raja Yesus." Buktinya adalah 3:14, di mana dijelaskan bahwa kita adalah metocoiNya asalkan kita teguh berpegang kepada iman kita. Persyaratan ini, "teguh berpegang," bukan persyaratan untuk pengampunan, tetapi untuk pahala. Seorang raja, yang akan mendirikan pemerintahannya atas suatu wilayah yang baru dikuasainya, seharusnya mengumpulkan beberapa teman-teman yang setia dan pandai untuk menolong dia dalam pemerintahan. 1 Raja-Raja 12:6-9 menceritakan mengenai kebiasaan ini yang disalah-gunakan oleh Raja Rehabeam. Tuhan Yesus menyebut hal ini di dalam Injil Lukas 22:26 dan 28. Matius 25:14-30, Perumpamaan mengenai Uang Talenta, juga menggambarkan kebiasaan ini. Tetapi baru di dalam Ibrani 1:9 diceritakan bahwa kesukaanNya melebihi kesukaan teman-teman sekutuNya yang mengelilingiNya. Pada bagian lain, peranan teman-teman sekutuNya akan dikembangkan oleh penulis surat ini.

Hagelberg: Ibr 1:9 - -- 1:9 teman-teman sekutuMu (metocoi/metokhoi) Jadi istilah ini, metocoi/metokhoi, berarti "yang mendapat bagian dalam sesuatu." Kecuali ada keterangan...

1:9 teman-teman sekutuMu (metocoi/metokhoi)

Jadi istilah ini, metocoi/metokhoi, berarti "yang mendapat bagian dalam sesuatu." Kecuali ada keterangan lain, dalam Surat Ibrani istilah ini berarti "mendapat bagian dalam kemenangan Raja Yesus." Buktinya adalah 3:14, di mana dijelaskan bahwa kita adalah metocoiNya asalkan kita teguh berpegang kepada iman kita. Persyaratan ini, "teguh berpegang," bukan persyaratan untuk pengampunan, tetapi untuk pahala. Seorang raja, yang akan mendirikan pemerintahannya atas suatu wilayah yang baru dikuasainya, seharusnya mengumpulkan beberapa teman-teman yang setia dan pandai untuk menolong dia dalam pemerintahan. 1 Raja-Raja 12:6-9 menceritakan mengenai kebiasaan ini yang disalah-gunakan oleh Raja Rehabeam. Tuhan Yesus menyebut hal ini di dalam Injil Lukas 22:26 dan 28. Matius 25:14-30, Perumpamaan mengenai Uang Talenta, juga menggambarkan kebiasaan ini. Tetapi baru di dalam Ibrani 1:9 diceritakan bahwa kesukaanNya melebihi kesukaan teman-teman sekutuNya yang mengelilingiNya. Pada bagian lain, peranan teman-teman sekutuNya akan dikembangkan oleh penulis surat ini.

Hagelberg: Ibr 1:10 - -- 1:10 "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi..." Kutipan ini berasal dari Mazmur 102:26-28. Perlu diamati bahwa mazmur ini sanga...

1:10 "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi..."

Kutipan ini berasal dari Mazmur 102:26-28. Perlu diamati bahwa mazmur ini sangat menekankan Hari Kiamat, Hari Kemenangan dari Anak Allah. Ayat 14, 16, 17, 19, dan 23 menyatakan bahwa mazmur ini menceritakan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya. Sebenarnya, Mazmur 102 ini memiliki kesamaan dengan situasi para pembaca pertama. Si pemazmur ditindas dan dia kuatir, tetapi dia mengingat bahwa kuasa Allah yang dia kenal adalah kekal, dan Allahnya akan menang atas segala musuh, dan hamba-hambaNya tetap aman dengan Dia. Justru ini diharapkan dari penulis Surat Ibrani bagi para pembaca pertamanya. Mereka harus ingat bahwa Allah mereka akan menang, dan kemenanganNya bisa menghibur mereka, asal mereka teguh sekarang ini.

Kesimpulan dari 1:8-12

Kesimpulan dari apa yang dikutip dari Mazmur 45 dan Mazmur 102 adalah bahwa Dia yang bertakhta tidak akan goyah, takhtaNya tidak akan goyah, dan KerajaanNya tidak akan goyah, biar langit dan bumi hilang. Teman-teman sekutuNya akan menyertai Dia dalam KerajaanNya, dan mereka aman dengan KerajaanNya. Ibrani 12:26-29 mengembangkan tema ini dengan mengatakan bahwa kita boleh menerima Kerajaan yang tidak tergoncangkan, maka kita harus "beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepadaNya."

Hagelberg: Ibr 1:10 - -- 1:10 "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi..." Kutipan ini berasal dari Mazmur 102:26-28. Perlu diamati bahwa mazmur ini sanga...

1:10 "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi..."

Kutipan ini berasal dari Mazmur 102:26-28. Perlu diamati bahwa mazmur ini sangat menekankan Hari Kiamat, Hari Kemenangan dari Anak Allah. Ayat 14, 16, 17, 19, dan 23 menyatakan bahwa mazmur ini menceritakan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya. Sebenarnya, Mazmur 102 ini memiliki kesamaan dengan situasi para pembaca pertama. Si pemazmur ditindas dan dia kuatir, tetapi dia mengingat bahwa kuasa Allah yang dia kenal adalah kekal, dan Allahnya akan menang atas segala musuh, dan hamba-hambaNya tetap aman dengan Dia. Justru ini diharapkan dari penulis Surat Ibrani bagi para pembaca pertamanya. Mereka harus ingat bahwa Allah mereka akan menang, dan kemenanganNya bisa menghibur mereka, asal mereka teguh sekarang ini.

Kesimpulan dari 1:8-12

Kesimpulan dari apa yang dikutip dari Mazmur 45 dan Mazmur 102 adalah bahwa Dia yang bertakhta tidak akan goyah, takhtaNya tidak akan goyah, dan KerajaanNya tidak akan goyah, biar langit dan bumi hilang. Teman-teman sekutuNya akan menyertai Dia dalam KerajaanNya, dan mereka aman dengan KerajaanNya. Ibrani 12:26-29 mengembangkan tema ini dengan mengatakan bahwa kita boleh menerima Kerajaan yang tidak tergoncangkan, maka kita harus "beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepadaNya."

Hagelberg: Ibr 1:11 - -- A. Kehidupan Iman (pasal 11) Di atas penulis surat ini mengemukakan hal iman (10:37-39), dan di dalam bagian ini dia akan menguraikan kehidupan iman ...

A. Kehidupan Iman (pasal 11)

Di atas penulis surat ini mengemukakan hal iman (10:37-39), dan di dalam bagian ini dia akan menguraikan kehidupan iman secara rinci. Penguraian ini akan didasari pada kehidupan beberapa tokoh dari Perjanjian Lama. Kalau dibaca secara sepintas, kesan kita adalah bahwa pasal ini hanya meringkaskan sejarah Perjanjian Lama. Tetapi kalau diselidiki, pasal ini dapat dibagi tiga. Pasal 11:1-3 adalah kata pengantar, lalu pasal 11:4-16 menceritakan bagaimana iman disambut hangat oleh Tuhan (dengan 11:13-16 sebagai suatu ringkasan), dan pasal 11:17-40 menceritakan bagaimana iman membawa pengalaman yang bermacam-macam (dengan 11:39-40 sebagai suatu ringkasan).

Inti dari pasal 11 ialah:

Iman adalah dasar yang satu-satunya untuk kehidupan rohani yang mantap.

Hagelberg: Ibr 1:12 - -- B. Peringatan Terakhir (pasal 12) Sesuai dengan pola penulis surat ini, setelah eksposisi dari Firman Tuhan, dia mendorong dan memperingatkan para pe...

B. Peringatan Terakhir (pasal 12)

Sesuai dengan pola penulis surat ini, setelah eksposisi dari Firman Tuhan, dia mendorong dan memperingatkan para pembaca supaya mereka setia.

Inti peringatan ini (pasal 12) ialah:

Dahsyatnya hubungan kita dengan Tuhan menuntut penyerahan yang menyluruh.

Hagelberg: Ibr 1:13-14 - -- 1:13-14 Puncak Perbandingannya Kutipan dari Mazmur 110:1 ini diawali dengan mengemukakan bahwa sesuatu seperti ini tidak pernah dikatakan kepada mal...

1:13-14 Puncak Perbandingannya

Kutipan dari Mazmur 110:1 ini diawali dengan mengemukakan bahwa sesuatu seperti ini tidak pernah dikatakan kepada malaikat. Ini mirip dengan 1:5, dan mungkin menandai bahwa ini merupakan akhir dan puncak bagi gagasan bagian ini.

Mazmur 110 penting sekali bagi penulis surat ini, dan sering dikutip oleh dia. Raja dari Allah akan menang, mengalahkan segala musuhNya, dan saat ini Dia ada di sebelah kanan Allah. Di situ Dia akan diberi segala bangsa sebagai warisanNya, sebagai milikNya sendiri. Memang ini belum terjadi, tetapi pasti akan terjadi. Seluruh Surat Ibrani menjelaskan pentingnya kemenangan Raja dari Allah bagi para pembaca.

Hagelberg: Ibr 1:13-14 - -- 1:13-14 Puncak Perbandingannya Kutipan dari Mazmur 110:1 ini diawali dengan mengemukakan bahwa sesuatu seperti ini tidak pernah dikatakan kepada mal...

1:13-14 Puncak Perbandingannya

Kutipan dari Mazmur 110:1 ini diawali dengan mengemukakan bahwa sesuatu seperti ini tidak pernah dikatakan kepada malaikat. Ini mirip dengan 1:5, dan mungkin menandai bahwa ini merupakan akhir dan puncak bagi gagasan bagian ini.

Mazmur 110 penting sekali bagi penulis surat ini, dan sering dikutip oleh dia. Raja dari Allah akan menang, mengalahkan segala musuhNya, dan saat ini Dia ada di sebelah kanan Allah. Di situ Dia akan diberi segala bangsa sebagai warisanNya, sebagai milikNya sendiri. Memang ini belum terjadi, tetapi pasti akan terjadi. Seluruh Surat Ibrani menjelaskan pentingnya kemenangan Raja dari Allah bagi para pembaca.

Hagelberg: Ibr 1:13 - -- V. Penutup (pasal 13) Penutup ini berbeda dari pasal 1-12 karena di sini ada perintah-perintah yang spesifik dan tertentu, sedangkan di dalam pasal 1...

V. Penutup (pasal 13)

Penutup ini berbeda dari pasal 1-12 karena di sini ada perintah-perintah yang spesifik dan tertentu, sedangkan di dalam pasal 1-12 perintah-perintah itu bersifat umum.

Pada dasarnya dalam pasal 13 ini ada beberapa perintah yang harus kita taati sesuai dengan iman kita.

Bagian ini dapat dibagi empat. Dalam 13:1-6 ada perintah umum, lalu dalam 13:7-17 ada perintah yang berkaitan dengan kehidupan beragama, di dalam 13:18-19 ada permohonan doa, dan akhirnya dalam 13:20-25 berkat dan salam.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 1:4-14 - Keluhuran Kristus Keluhuran Kristus (1:4-14) ...

SH: Ibr 1:5-14 - Anak Allah termulia! (Jumat, 1 Oktober 1999) Anak Allah termulia! Anak Allah termulia! Ia adalah Putra Allah yang lebih tinggi dari segala sesu...

SH: Ibr 1:5-14 - Lebih Tinggi dari Malaikat-malaikat (Senin, 31 Juli 2017) Lebih Tinggi dari Malaikat-malaikat Dalam bagian sebelumnya, penulis Surat Ibrani berupaya membuktikan keunggulan...

SH: Ibr 1:5-14 - Para Pelayan Allah (Senin, 19 Juni 2023) Para Pelayan Allah Apa yang Anda bayangkan ketika Anda memikirkan tentang malaikat? Sering kali malaikat digambar...

SH: Ibr 1:1-4 - Penyataan Sempurna (Sabtu, 29 Juli 2017) Penyataan Sempurna Penulis Ibrani mengawali suratnya dengan pernyataan, "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang...

Utley: Ibr 1:5-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 1:5-14...

Topik Teologia: Ibr 1:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kebapaan Allah Allah sebagai Bapa Yesus Kristus ...

Topik Teologia: Ibr 1:6 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Yang Sulung Maz 89:28...

Topik Teologia: Ibr 1:7 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik ...

Topik Teologia: Ibr 1:8 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

Topik Teologia: Ibr 1:9 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

Topik Teologia: Ibr 1:10 - -- Allah yang Berpribadi Tangan Kel 15:6 ...

Topik Teologia: Ibr 1:11 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kekal Kej 21:33...

Topik Teologia: Ibr 1:12 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kekal Kej 21:33...

Topik Teologia: Ibr 1:13 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Mala...

TFTWMS: Ibr 1:5 - Oleh Karena Siapa Ia Sebenarnya OLEH KARENA SIAPA IA SEBENARNYA (Ibrani 1:5) Kebenaran kedua yang diberikan d...

TFTWMS: Ibr 1:4-6 - Lebih Tinggi Daripada Malaikat-malaikat, 1 Lebih Tinggi Daripada Malaikat-Malaikat, 1 (Ibrani 1:4-6) 4 Jauh lebi...

TFTWMS: Ibr 1:6 - Oleh Karena Tempat-nya Yang Terhormat OLEH KARENA TEMPAT-NYA YANG TERHORMAT (Ibrani 1:6) 6 Dan ketika Ia membawa pu...

TFTWMS: Ibr 1:7-14 - Lebih Tinggi Daripada Malaikat-malaikat, 2 Lebih Tinggi Daripada Malaikat-Malaikat, 2 (Ibrani 1:7-14) Penulis k...

TFTWMS: Ibr 1:7 - Yesus Adalah Anak: Malaikat-malaikat Adalah Pelayan YESUS ADALAH ANAK: MALAIKAT-MALAIKAT ADALAH PELAYAN (Ibrani 1:7) 7 Dan tentan...

TFTWMS: Ibr 1:8-9 - Yesus Adalah Allah; Malaikat-malaikat Adalah Makhluk Ciptaan YESUS ADALAH ALLAH; MALAIKAT-MALAIKAT ADALAH MAKHLUK CIPTAAN (Ibrani 1:8, 9) ...

TFTWMS: Ibr 1:10-12 - Yesus Adalah Pencipta; Malaikat-malaikat Adalah Pembantu YESUS ADALAH PENCIPTA; MALAIKAT-MALAIKAT ADALAH PEMBANTU (Ibrani 1:10-12) ...

TFTWMS: Ibr 1:13-14 - Yesus Di Sebelah Kanan; Malaikat-malaikat Di Bawah Kaki YESUS DI SEBELAH KANAN; MALAIKAT-MALAIKAT DI BAWAH KAKI (Ibrani 1:13, 14) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) RANGKAIAN KUTIPAN DIMULAI (Ibrani 1:5) Ayat ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KEUNGGULAN KRISTUS ATAS PARA MALAIKAT (Ibrani 1:4-14) • Proposisinya...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) RINGKASAN KEUNGGULAN KRISTUS ATAS PARA MALAIKAT1(Ibrani 1:4-14) ...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Konsep ini juga ditunjukkan dalam Josephus Antiquities 15.5.3.136. ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IBRANI: KATA PENGANTAR Mengapa Mempelajari Kitab Ibrani? Setiap kitab Perjanjian Baru membantu kita untuk memah...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IBRANI: KATA PENGANTAR Siapakah Penulis Kitab Ibrani? Para penulis Alkitab, mungkin demi kesopanan, kadang-kada...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IBRANI: KATA PENGANTAR Kapan Dan Kepada Siapakah Kitab Itu Ditulis? KAPAN DITULISNYA? Kutipan pertama...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IBRANI: KATA PENGANTAR Pengamatan Lain Tentang Kitab Ibrani PENGANONAN KITAB IBRANI Pertanyaan tentang...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ALLAH MASIH BERBICARA (Ibrani 1:7) "Ia berkata" dalam ...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 R. C. H. Lenski, The Interpretation of the Epistle to the Hebrews and of the Epistle of Jam...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "TAKHTA-MU, YA ALLAH" (Ibrani 1:8) Salah satu bukti paling nyata ke...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) TUHAN MEMBENCI KEFASIKAN (Ibrani 1:9) Berbeda dengan sikap yang Yesus miliki ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "PADA MULANYA, YA TUHAN, ENGKAU" (Ibrani 1:10-12) Allah B...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "BUATAN TANGAN-MU" (Ibrani 1:10) Para pemikir materialistis membay...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "ENGKAU TETAP ADA"(Ibrani 1:11) Segala hal di bumi ini akan berlal...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "ENGKAU GULUNGKAN MEREKA" (Ibrani 1:12) Kedua Petrus ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "DUDUKLAH DI SEBELAH KANAN-KU" (Ibrani 1:13) Allah tidak pernah me...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA