Teks -- Galatia 3:1--5:26 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Gal 3:2 - ADAKAH KAMU TELAH MENERIMA ROH KARENA ... PERCAYA?
Nas : Gal 3:2
Paulus menunjukkan keunggulan keselamatan karena kasih karunia oleh
iman dalam Kristus atas usaha untuk memperoleh keselamatan melalu...
Nas : Gal 3:2
Paulus menunjukkan keunggulan keselamatan karena kasih karunia oleh iman dalam Kristus atas usaha untuk memperoleh keselamatan melalui ketaatan kepada hukum Taurat. Oleh iman kepada Kristus kita menerima Roh Kudus dan semua berkat-Nya, termasuk karunia hidup kekal (ayat Gal 3:2-3,5,14,21; Gal 4:6). Akan tetapi, orang itu yang bersandar pada hukum Taurat untuk memperoleh keselamatan tidak menerima Roh Kudus dan hidup, karena hukum Taurat sendiri tidak dapat memberikan hidup (ayat Gal 3:21).
Full Life: Gal 3:5 - IA YANG MENGANUGERAHKAN ROH.
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi
baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd.
Kis...
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd. Kis 1:4-5; 2:4; 8:14-17; 10:44-47; 11:16-17; 19:1-6; 1Kor 12:4-11). Hal ini ditunjukkan oleh
- (1) penggunaan istilah "mukjizat" (Yun. _dunamis_) yang mengandung arti bahwa rasul Paulus sedang berpikir tentang penyataan karisma Roh Kudus dan kedatangan-Nya dengan "kuasa" (Yun. _dunamis_) pada hari Pentakosta (Kis 1:8; bd. Kis 2:1-4);
- (2) penggunaan bentuk partisip sekarang ("menganugerahkan" dan "melakukan"), yang menunjukkan manifestasi yang berkesinambungan dari karunia-karunia Roh Kudus;
- (3) penggunaan ungkapan "Roh yang telah dijanjikan itu" (ayat Gal 3:14) yang hampir sama dengan kata-kata Petrus dalam Kis 2:33 (bd. Luk 24:49; Kis 1:4); dan
- (4) penegasan dalam Gal 4:6 bahwa pengangkatan sebagai anak-anak Allah terjadi sebelumnya dan adalah dasar untuk pengiriman Roh Kudus ke dalam hati orang percaya.
Full Life: Gal 3:5 - ROH ... YANG MELAKUKAN MUJIZAT.
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia
meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu...
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu pekerjaan di dalam batin yang tidak kelihatan, tetapi suatu pengalaman yang menyatakan diri melalui kuasa ilahi antara orang percaya. Karunia-karunia Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (bd. pasal 1Kor 12:1-14:40). Pertobatan dan baptisan dalam Roh Kudus harus senantiasa menghasilkan pengadaan mukjizat dan penyataan lain dari Roh.
Full Life: Gal 3:6 - ALLAH MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.
Nas : Gal 3:6
Lihat cat. --> Rom 4:3;
lihat cat. --> Rom 4:5;
lihat cat. --> Rom 4:22.
[atau ref. Rom 4:3,5,22]
Nas : Gal 3:6
Lihat cat. --> Rom 4:3;
lihat cat. --> Rom 4:5;
lihat cat. --> Rom 4:22.
[atau ref. Rom 4:3,5,22]
Full Life: Gal 3:11 - ORANG YANG BENAR AKAN HIDUP OLEH IMAN.
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman
(bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh...
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman (bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh iman memiliki kebenaran batiniah, karena dia membandingkan orang yang benar dengan orang yang tidak benar yang "tidak lurus hatinya" (Hab 2:4). Demikianlah, Paulus percaya bahwa pembenaran meliputi suatu kebenaran batiniah melalui Roh Kudus yang mendiami hati
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Full Life: Gal 3:14 - BERKAT ABRAHAM.
Nas : Gal 3:14
Isi dari janji Allah kepada Abraham (ayat Gal 3:8) diartikan
sebagai "janji Roh" (bd. Luk 24:49; Kis 1:4-5). Menerima Roh ialah
memi...
Full Life: Gal 3:19 - KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh a...
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau "pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26). Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
Full Life: Gal 3:28 - LAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN.
Nas : Gal 3:28
Paulus menyingkirkan semua perbedaan suku, warna kulit, bangsa,
sosial, dan seksual dalam kaitan dengan hubungan rohani seseorang de...
Nas : Gal 3:28
Paulus menyingkirkan semua perbedaan suku, warna kulit, bangsa, sosial, dan seksual dalam kaitan dengan hubungan rohani seseorang dengan Yesus Kristus. Semua dalam Kristus adalah sama-sama ahli waris dari "kasih karunia, yaitu kehidupan" (1Pet 3:7), Roh yang dijanjikan (ayat Gal 3:14; 4:6), dan pembaharuan menurut gambar Allah (Kol 3:10-11). Pada pihak lain, dalam konteks persamaan rohani, laki-laki tetap laki-laki dan wanita tetap wanita (Kej 1:27). Peranan yang ditetapkan Allah bagi mereka dalam pernikahan dan masyarakat tidak berubah (1Pet 3:1-4;
lihat cat. --> Ef 5:22;
lihat cat. --> Ef 5:23;
lihat cat. --> 1Tim 2:13;
lihat cat. --> 1Tim 2:15).
[atau ref. Ef 5:22-23; 1Tim 2:13,15]
Full Life: Gal 4:2 - PENGAWASAN SAMPAI PADA SAAT YANG TELAH DITENTUKAN OLEH BAPANYA.
Nas : Gal 4:2
Pernyataan Paulus ini, sekalipun terutama dipakai untuk menjelaskan
keadaan orang percaya di bawah perjanjian yang lama, menunjukkan ...
Nas : Gal 4:2
Pernyataan Paulus ini, sekalipun terutama dipakai untuk menjelaskan keadaan orang percaya di bawah perjanjian yang lama, menunjukkan bahwa orang-tua rohani biasanya mengawasi pembinaan anak-anak mereka
(lihat cat. --> Ul 6:7).
[atau ref. Ul 6:7]
Pengawasan seperti itu dilaksanakan dengan pendidikan di rumah atau menyerahkan anak-anak kepada guru yang rohani. Alkitab dengan jelas mengajar bahwa orang-tua harus berusaha sebaik-baiknya supaya anak-anak mereka menerima pendidikan yang kudus dan sesuai dengan Kristus dan terlindung dari filsafat yang menyesatkan dan prinsip-prinsip yang non alkitabiah dari dunia
(lihat cat. --> Luk 1:17;
[atau ref. Luk 1:17]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
Full Life: Gal 4:6 - ROH ... YANG BERSERU, "YA ABBA, YA BAPA!"
Nas : Gal 4:6
Salah satu tugas Roh Kudus ialah menciptakan perasaan kasih anak di
dalam hati anak-anak Allah yang menyebabkan mereka mengenal Allah...
Nas : Gal 4:6
Salah satu tugas Roh Kudus ialah menciptakan perasaan kasih anak di dalam hati anak-anak Allah yang menyebabkan mereka mengenal Allah sebagai Bapa.
- 1) Istilah "_Abba_" adalah bahasa Aram yang artinya "Bapa". Itulah kata
yang dipakai Yesus ketika membicarakan Bapa-Nya di sorga. Perpaduan
istilah Aram "_Abba_" dengan istilah Yunani untuk ayah (_pater_)
mengungkap kedalaman keintiman, perasaan mendalam, kesungguhan,
kehangatan, dan keyakinan yang dengannya Roh menyebabkan kita berseru
kepada Allah (bd. Mr 14:36; Rom 8:15,26-27). Dua tanda yang pasti
dari pekerjaan Roh di dalam kita adalah seruan spontan kepada Allah
sebagai "Bapa" dan ketaatan spontan kepada Yesus Kristus sebagai "Tuhan"
(lihat cat. --> 1Kor 12:3).
[atau ref. 1Kor 12:3]
- 2) Mungkin yang terutama dimaksudkan Paulus dalam ayat ini adalah
baptisan dalam Roh Kudus dan kepenuhan yang berkesinambungan (bd.
Kis 1:5; 2:4; Ef 5:18), karena hubungan kita dengan Dia sebagai anak
dijadikan Allah sebagai alasan untuk mengutus Roh Kudus. Karena kita
sudah menjadi "anak" melalui iman kepada Kristus, Allah mencurahkan Roh
Kudus ke dalam hati kita. Keadaan "diterima menjadi anak" (ayat
Gal 4:5) mendahului pengiriman Roh Kudus
(lihat cat. --> Gal 3:5).
[atau ref. Gal 3:5]
Full Life: Gal 4:13 - SAKIT PADA TUBUHKU.
Nas : Gal 4:13
Penyakit yang dimaksudkan di sini mungkin berupa sakit mata (ayat
Gal 4:15), malaria, duri di dalam daging (2Kor 12:7) atau cacat
ja...
Nas : Gal 4:13
Penyakit yang dimaksudkan di sini mungkin berupa sakit mata (ayat Gal 4:15), malaria, duri di dalam daging (2Kor 12:7) atau cacat jasmaniah karena dilempari batu. Apa pun yang dimaksudkan, rupanya itu menjadi suatu masalah jasmaniah. Orang percaya yang setia mengikuti kehendak Allah dan giat dalam pelayanan Kristen tidaklah bebas dari serangan penyakit, nyeri jasmaniah atau kelemahan.
Full Life: Gal 4:19 - MENDERITA SAKIT BERSALIN.
Nas : Gal 4:19
"Sakit bersalin" (Yun. _odino_) melukiskan dukacita, penderitaan
batin, dan kerinduan Paulus agar orang Galatia yang telah terpisah ...
Nas : Gal 4:19
"Sakit bersalin" (Yun. _odino_) melukiskan dukacita, penderitaan batin, dan kerinduan Paulus agar orang Galatia yang telah terpisah dari Kristus dan telah "hidup di luar kasih karunia" (Gal 5:4) dapat diselamatkan. Dia mengatakan bahwa mereka memerlukan kelahiran rohani yang kedua kalinya dan selaku ibu dia menderita kembali sakit bersalin supaya Kristus dapat dibentuk lagi di dalam diri mereka.
Full Life: Gal 4:22 - ABRAHAM MEMPUNYAI DUA ANAK.
Nas : Gal 4:22
Paulus menggunakan suatu gambaran untuk menunjukkan perbedaan di
antara perjanjian yang lama dengan yang baru. Hagar mewakili perjan...
Nas : Gal 4:22
Paulus menggunakan suatu gambaran untuk menunjukkan perbedaan di antara perjanjian yang lama dengan yang baru. Hagar mewakili perjanjian yang lama yang ditetapkan di gunung Sinai (ayat Gal 4:25); anak-anaknya kini hidup di bawah perjanjian ini dan "diperanakkan menurut daging" (ayat Gal 4:23), yaitu mereka tidak memiliki Roh Kudus. Sara, istri Abraham yang lain, mewakili perjanjian yang baru; anak-anaknya, yaitu orang percaya dalam Kristus, memiliki Roh Kudus dan merupakan anak-anak Allah yang sejati yang "diperanakkan menurut Roh" (ayat Gal 4:29;
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL;
danlihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).
Full Life: Gal 5:4 - HIDUP DI LUAR KASIH KARUNIA.
Nas : Gal 5:4
Beberapa anggota jemaat di Galatia telah mengganti iman mereka
kepada Kristus dengan iman kepada upacara-upacara legalistik dari huku...
Nas : Gal 5:4
Beberapa anggota jemaat di Galatia telah mengganti iman mereka kepada Kristus dengan iman kepada upacara-upacara legalistik dari hukum Taurat (Gal 1:6-7; 5:3). Paulus menyatakan bahwa mereka sudah berada di luar kasih karunia. Hidup di luar kasih karunia berarti terasing dari Kristus (bd. Yoh 15:4-6) dan meninggalkan prinsip kasih karunia Allah yang membawa hidup dan keselamatan. Hal ini berarti hubungan dengan Kristus ditiadakan dan tidak lagi tinggal "di dalam Kristus"
(lihat cat. --> Yoh 15:6;
[atau ref. Yoh 15:6]
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Full Life: Gal 5:6 - IMAN YANG BEKERJA OLEH KASIH.
Nas : Gal 5:6
Alkitab mengajarkan bahwa seseorang diselamatkan oleh iman
(Gal 2:15-16; Rom 3:22; Ef 2:8-9).
1) Dalam bagian ini Paulus mendefi...
Nas : Gal 5:6
Alkitab mengajarkan bahwa seseorang diselamatkan oleh iman (Gal 2:15-16; Rom 3:22; Ef 2:8-9).
- 1) Dalam bagian ini Paulus mendefinisikan sifat tepat dari iman itu. Iman yang menyelamatkan adalah iman yang hidup kepada Juruselamat yang hidup, iman yang begitu vital sehingga mau tidak mau akan menyatakan diri di dalam perbuatan kasih.
- 2) Iman yang tidak sungguh-sungguh mengasihi dan menaati Kristus (bd.
1Yoh 2:3; 5:3), menunjukkan perhatian yang besar terhadap pekerjaan
kerajaan Allah (bd. Mat 12:28), dan dengan aktif menolak dosa dan
dunia (ayat Gal 5:16-17), tidak dapat memenuhi syarat sebagai iman
yang meyelamatkan (bd. Yak 2:14-16;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Full Life: Gal 5:7 - MENGHALANG-HALANGI ... TIDAK MENURUTI KEBENARAN LAGI?
Nas : Gal 5:7
Ajaran palsu akan berbentuk penyangkalan kebenaran inti iman Kristen
(lihat cat. --> Gal 1:9),
[atau ref. Gal...
Nas : Gal 5:7
Ajaran palsu akan berbentuk penyangkalan kebenaran inti iman Kristen
(lihat cat. --> Gal 1:9),
[atau ref. Gal 1:9]
atau menyatakan bahwa di samping apa yang dinyatakan PB masih diperlukan sesuatu lain untuk menjadi seorang Kristen yang utuh (bd. Gal 1:6; Gal 2:16; Gal 5:2,6).
- 1) Semua pengajaran Kristen harus melalui ujian kebenaran rasuli, yaitu
apakah ajaran itu sesuai dengan berita asli yang disampaikan Kristus dan
para rasul sebagaimana terdapat dalam PB? (bd. Gal 1:11-12;
Gal 2:1-2,7-9;
lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Kita harus bertanya: apakah ajaran itu kurang daripada ajaran rasuli? Apakah ajaran itu menambahkan sesuatu yang tidak alkitabiah kepada kebenaran sedangkan mengakui ajaran rasuli? - 2) Kita sama sekali tidak boleh menguji ajaran hanya dengan perasaan, pengalaman, hasil, mukjizat, atau apa yang dikatakan oleh orang lain. PB merupakan patokan kebenaran yang mutlak.
- 3) Kita harus berhati-hati terhadap semua ajaran yang mengatakan bahwa Firman Allah tidak lagi memadai sehingga gereja memerlukan kesarjanaan, ilmu pengetahuan, filsafat, psikologi atau penyataan-penyataan baru untuk mencapai kedewasaan di dalam Kristus.
Full Life: Gal 5:13 - DIPANGGIL UNTUK MERDEKA.
Nas : Gal 5:13
Lihat cat. --> 2Kor 3:17
[atau ref. 2Kor 3:17]
mengenai kebebasan Kristen.
Full Life: Gal 5:17 - ROH ... KEINGINAN DAGING.
Nas : Gal 5:17
Perselisihan rohani di dalam orang percaya melibatkan seluruh orang
itu; yang diperjuangkan adalah apakah mereka akan menyerah pada
...
Nas : Gal 5:17
Perselisihan rohani di dalam orang percaya melibatkan seluruh orang itu; yang diperjuangkan adalah apakah mereka akan menyerah pada kecenderungan keinginan daging dan sekali lagi tunduk kepada penguasaan dosa atau apakah mereka akan menyerah kepada tuntutan Roh dan tinggal di bawah kekuasaan Kristus (ayat Gal 5:16; Rom 8:4-14). Medan perang itu berada di dalam orang Kristen itu sendiri dan pertempuran itu harus berlangsung sepanjang hidup mereka di dunia ini jikalau mereka kelak akan memerintah bersama Kristus (Rom 7:7-25; 2Tim 2:12; Wahy 12:11;
lihat cat. --> Ef 6:11).
[atau ref. Ef 6:11]
Full Life: Gal 5:19 - PERBUATAN DAGING.
Nas : Gal 5:19
Untuk ulasan mengenai berbagai perbuatan daging
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
Nas : Gal 5:19
Untuk ulasan mengenai berbagai perbuatan daging
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
Full Life: Gal 5:21 - TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH.
Nas : Gal 5:21
Walaupun Paulus mengatakan bahwa seseorang tidak mungkin mewarisi
Kerajaan Allah dengan menaati hukum Taurat (Gal 2:16; 5:4), dia ju...
Nas : Gal 5:21
Walaupun Paulus mengatakan bahwa seseorang tidak mungkin mewarisi Kerajaan Allah dengan menaati hukum Taurat (Gal 2:16; 5:4), dia juga mengajarkan bahwa ada kemungkinan seseorang menghalangi dirinya masuk Kerajaan Allah dengan melakukan perbuatan jahat
(lihat cat. --> 1Kor 6:9;
[atau ref. 1Kor 6:9]
bd. Mat 25:41-46; Ef 5:7-11).
Full Life: Gal 5:22-23 - BUAH ROH.
Nas : Gal 5:22-23
Untuk ulasan tentang berbagai aspek dari buah Roh,
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
Nas : Gal 5:22-23
Untuk ulasan tentang berbagai aspek dari buah Roh,
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
BIS: Gal 3:11 - percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup: atau hubungannya dengan Allah baik kembali, akan hidup karena...
percaya kepada Allah sehingga hubungannya dengan Allah menjadi baik kembali, akan hidup: atau hubungannya dengan Allah baik kembali, akan hidup karena percaya.
Ia sendiri bertindak: atau Dialah Allah yang esa.
BIS: Gal 4:6 - Karena kalian adalah Karena kalian adalah: atau Untuk menunjukkan bahwa kalian adalah.
Karena kalian adalah: atau Untuk menunjukkan bahwa kalian adalah.
BIS: Gal 4:25 - Hagar ... melambangkan Hagar ... melambangkan: beberapa naskah kuno: Sinai adalah gunung di negeri Arab yang melambangkan.
Hagar ... melambangkan: beberapa naskah kuno: Sinai adalah gunung di negeri Arab yang melambangkan.
Jerusalem -> Gal 3:1; Gal 3:3; Gal 3:4; Gal 3:12; Gal 3:13; Gal 3:14; Gal 3:16; Gal 3:17; Gal 3:19; Gal 3:19; Gal 3:19; Gal 3:20; Gal 3:22; Gal 3:24; Gal 3:26; Gal 3:27; Gal 3:28; Gal 3:29; Gal 4:1-4; Gal 4:3; Gal 4:4; Gal 4:5; Gal 4:9; Gal 4:12; Gal 4:13; Gal 4:18; Gal 4:21; Gal 4:23; Gal 4:25; Gal 4:25; Gal 4:26; Gal 4:29; Gal 5:1; Gal 5:5; Gal 5:6; Gal 5:7; Gal 5:10; Gal 5:11; Gal 5:12; Gal 5:13-25; Gal 5:14; Gal 5:16-25; Gal 5:20; Gal 5:23; Gal 5:23
Jerusalem: Gal 3:1 - Yesus Kristus yang disalibkan itu Ajaran tentang penebusan berkat kematian dan kebangkitan Kristus menjadi landasan pengajaran agama yang diberikan Paulus, bdk Gal 1:1-4; 6:14; 1Ko 1:1...
Ajaran tentang penebusan berkat kematian dan kebangkitan Kristus menjadi landasan pengajaran agama yang diberikan Paulus, bdk Gal 1:1-4; 6:14; 1Ko 1:17-25; 2:2; 15:1-4+; 1Te 1:9-10; Kis 13:26-39.
Jerusalem: Gal 3:3 - di dalam daging Paulus menyindir sunat yang disanjung-sanjung oleh pewarta-pewarta Injil yang berhaluan Yahudi.
Paulus menyindir sunat yang disanjung-sanjung oleh pewarta-pewarta Injil yang berhaluan Yahudi.
Dapat dimengerti: karunia-karunia, atau: penderitaan.
Jerusalem: Gal 3:12 - -- Memanglah hukum Taurat mengandaikan bahwa dilakukan, bahkan dilakukan secara menyeluruh, Gal 3:10 dan Gal 5:3; bdk Yak 2:10. Hanya hukum Taurat sendir...
Jerusalem: Gal 3:13 - -- Hendak membebaskan manusia dari kutuk hukum Taurat (yaitu kutuk yang menimpa mereka yang melanggar hukum Taurat) yang memberati manusia. Kristus denga...
Hendak membebaskan manusia dari kutuk hukum Taurat (yaitu kutuk yang menimpa mereka yang melanggar hukum Taurat) yang memberati manusia. Kristus dengan rela membiarkan diriNya tertimpa kutuk itu, bdk Rom 8:3+; 2Ko 5:21+; Kol 2:14+. Kesamaan tipis antara Kristus yang disalibkan dan orang yang menurut Ula 21:23 dihukum mati hanya bermaksud menjelaskan pikiran tsb. Sama seperti "Hamba Tuhan", Yes 53, Kristus berkenan membiarkan diriNya dianggap sebagai orang terkutuk oleh orang-orang Yahudi.
Jerusalem: Gal 3:14 - Roh yang telah dijanjikan itu Var: berkat Roh. Artinya: Roh yang merupakan isi berkat Abraham.
Var: berkat Roh. Artinya: Roh yang merupakan isi berkat Abraham.
Jerusalem: Gal 3:16 - "kepada keturunanmu" Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus ...
Kata Ibrani "keturunan" dapat menunjukkan baik seluruh (banyak orang) maupun seorang dari keturunan itu. Arti kata yang mendua itu mengizinkan Paulus menjelaskan pemikirannya tentang keselarasan antara Perjanjian Lama dan peristiwa Kristus.
Jerusalem: Gal 3:17 - janji itu kehilangan kekuatannya Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kat...
Janji tak bersyarat yang diberikan Allah kepada bapa leluhur dahulu, Kej 12:1; 15:1; Rom 4:13+; Ibr 11:8, di sini dianggap sebagai suatu "wasiat" (kata Yunani yang sama berarti baik perjanjian maupun wasiat), bdk Ibr 9:16-17. Bahkan kalau janji itu mau dianggap sebagai perjanjian yang mewajibkan manusia, namun tidak boleh dianggap perjanjian timbal-balik, Gal 3:20, yang menggantungkan keselamatan pada hukum Taurat yang dilakukan manusia. Allah bertentangan dengan diriNya sendiri, seandainya hukum Taurat tidak membiarkan janji itu tetap janji yang cuma-cuma belaka. Peranan hukum Taurat ialah menyingkapkan dosa (begitulah maksud Gal 3:19) dan menuntun hati nurani manusia kepada kepercayaan Kristus, Gal 3:24-25.
Jerusalem: Gal 3:19 - Ia ditambahkan ... Mengenai maksud ucapan yang tidak diberi keterangan itu, bdk Rom 7:7+, dan catatan pada Gal 3:17. Ada var 19 yang berbunyi sebagai berikut: Kalau demi...
Jerusalem: Gal 3:19 - dengan perantaraan malaikat-malaikat Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Tradisi Yahudi berkata tentang malaikat-malaikat yang hadir di gunung Sinai waktu hukum Taurat diberikan
Jerusalem: Gal 3:20 - sedangkan Allah adalah satu Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Ciri khas hukum Taurat ialah pengantaraan suatu penengah, sedangkan janji langsung diberikan oleh Allah.
Jerusalem: Gal 3:22 - -- Hendak menyambut pembenaran sebagai karunia belaka, orang terlebih dahulu harus berhenti mengejar pembenaran sebagai suatu yang wajib diberikan. Kitab...
Hendak menyambut pembenaran sebagai karunia belaka, orang terlebih dahulu harus berhenti mengejar pembenaran sebagai suatu yang wajib diberikan. Kitab Suci, Gal 3:8,16, merupakan penyataan dan sarana rencana Allah, Rom 11:32.
Jerusalem: Gal 3:24 - -- Setelah penuntun (Yunaninya: paidagogos= seorang budak yang bertugas mengantar kanak-kanak kepada guru-gurunya) membawa kanak-kanak kepada gurunya, tu...
Setelah penuntun (Yunaninya: paidagogos= seorang budak yang bertugas mengantar kanak-kanak kepada guru-gurunya) membawa kanak-kanak kepada gurunya, tugasnya sudah selesai. Begitulah peranan hukum Taurat dalam tata penyelamatan; pada pokoknya hukum Taurat hanya berupa persiapan belaka dan karenanya sementara saja. Kini hukum Taurat sudah digenapi oleh kepercayaan kepada Kristus dan kasih-karunia Allah, Rom 6:14-15+; bdk Mat 5:17+.
Jerusalem: Gal 3:26 - kamu semua Jadi benar-benar semua; tidak hanya "kita", ialah orang-orang Yahudi, Gal 3:24, tetapi juga "kamu", ialah orang Kristen bukan Yahudi.
Jadi benar-benar semua; tidak hanya "kita", ialah orang-orang Yahudi, Gal 3:24, tetapi juga "kamu", ialah orang Kristen bukan Yahudi.
Jerusalem: Gal 3:27 - yang dibaptis dalam Kristus Iman dan baptisan tidak saling bertentangan tetapi saling mengandaikan, bdk Rom 6:4+.
Iman dan baptisan tidak saling bertentangan tetapi saling mengandaikan, bdk Rom 6:4+.
Jerusalem: Gal 3:28 - kamu semua adalah satu di dalam Kristus Var: kamu semua adalah milik Kristus Yesus.
Var: kamu semua adalah milik Kristus Yesus.
Jerusalem: Gal 3:29 - janji Allah Paulus kembali berkata tentang keturunan Abraham, Gal 3:6-9. Selanjutnya keturunan Abraham bukanlah keturunannya "menurut daging", tetapi anak-anak Al...
Paulus kembali berkata tentang keturunan Abraham, Gal 3:6-9. Selanjutnya keturunan Abraham bukanlah keturunannya "menurut daging", tetapi anak-anak Allah yang percaya kepada Kristus Yesus.
Jerusalem: Gal 4:1-4 - -- Perbandingan lain yang diambil dari tata hukum. Meskipun bangsa terpilih, namun orang Yahudi yang nanti menjadi ahli waris hanya budak saja selama tat...
Perbandingan lain yang diambil dari tata hukum. Meskipun bangsa terpilih, namun orang Yahudi yang nanti menjadi ahli waris hanya budak saja selama tata hukum Taurat berlaku, Gal 4:3. Kalau seorang Kristen mau menaklukkan diri kepada tata hukum itu maka ia kembali menempatkan diri dalam keadaan anak, bdk Gal 4:9.
Jerusalem: Gal 4:3 - roh-roh dunia Harafiah: unsur-unsur dunia. Ialah unsur-unsur dunia materiil. Tetapi dalam pikiran Paulus ungkapan itu, bdk Gal 4:9; Kol 2:8,20, menunjuk kepada huku...
Harafiah: unsur-unsur dunia. Ialah unsur-unsur dunia materiil. Tetapi dalam pikiran Paulus ungkapan itu, bdk Gal 4:9; Kol 2:8,20, menunjuk kepada hukum Taurat yang dengan teliti mengatur penggunaan barang materiil itu, Gal 4:10; Kol 2:16. Sekaligus ungkapan itu menunjuk kepada roh-roh atau kuasa-kuasa di angkasa, khususnya binatang-binatang yang menurut kepercayaan orang melalui hukum Taurat, Gal 3:19+; Kol 2:15+, memelihara dan melindungi dunia.
Jerusalem: Gal 4:4 - genap waktunya ungkapan "kegenapan waktu" berarti: zaman Mesias atau zaman terakhir sudah datang. Zaman itu memenuhi penantian yang berabad-abad lamanya, seolah-olah...
Jerusalem: Gal 4:5 - -- Disebutkan aspek negatip (takluk kepada hukum Taurat) dan segi positip (menjadi anak) pada penebusan. Dengan menjadi anak si budak dimerdekakan. Budak...
Disebutkan aspek negatip (takluk kepada hukum Taurat) dan segi positip (menjadi anak) pada penebusan. Dengan menjadi anak si budak dimerdekakan. Budak yang dimerdekakan diangkat menjadi anak, tidak hanya oleh karena menurut hukum menjadi waris, Gal 4:7 (bdk Gal 3:29), tetapi terutama oleh karena dikurniai dengan hidup ilahi. Dalam memberi karunia itu ketiga diri ilahi bergabung, Gal 4:6 (bdk 2Ko 13:13+).
Jerusalem: Gal 4:9 - sesudah kamu dikenal Allah Pertobatan orang-orang Galatia adalah karya Allah, yang terlebih dahulu "mengenal" (ialah memilih dan mengasihi) mereka, bdk 1Ko 8:2-3; 13:12.
Pertobatan orang-orang Galatia adalah karya Allah, yang terlebih dahulu "mengenal" (ialah memilih dan mengasihi) mereka, bdk 1Ko 8:2-3; 13:12.
Jerusalem: Gal 4:12 - akupun telah menjadi sama seperti kamu Ini kiranya terjadi oleh karena Paulus tidak menepati hukum Taurat waktu berada di tengah orang-orang Galatia bdk 1Ko 9:21.
Ini kiranya terjadi oleh karena Paulus tidak menepati hukum Taurat waktu berada di tengah orang-orang Galatia bdk 1Ko 9:21.
Jerusalem: Gal 4:13 - oleh karena aku sakit Penyakit itu kiranya memaksa Paulus tinggal lebih lama di daerah Galatia. Kesempatan itu dimanfaatkan Paulus untuk mewartakan Injil.
Penyakit itu kiranya memaksa Paulus tinggal lebih lama di daerah Galatia. Kesempatan itu dimanfaatkan Paulus untuk mewartakan Injil.
Jerusalem: Gal 4:18 - Memang baik kalau orang dengan giat berusaha menarik orang lain Var: Hendaklah dengan giat mengusahakan yang baik.
Var: Hendaklah dengan giat mengusahakan yang baik.
Jerusalem: Gal 4:21 - tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat Ialah mendengarkan kesaksian Kitab Suci, bdk Rom 3:19+. Hendaklah menjadi waris dari apa yang dijanjikan tidak cukuplah orang keturunan Abraham, bdk M...
Ialah mendengarkan kesaksian Kitab Suci, bdk Rom 3:19+. Hendaklah menjadi waris dari apa yang dijanjikan tidak cukuplah orang keturunan Abraham, bdk Mat 3:9; orang harus menjadi keturunan Abraham bukan seperti Ismael, tetapi seperti Ishak, ialah berdasarkan janji, Gal 4:23, yang menjanjikan keturunan lebih berpaut dengan roh dari pada dengan daging, Gal 4:29, sehingga Ishak sebagai keturunan "rohani" Abraham melambangkan orang Kristen, Gal 4:28; bdk Rom 9:6 dst. Jalan pikiran fundamentil itu dijelaskan lebih lanjut dengan hal-hal lain yang dangkal dan sedikit banyak dicari-cari saja.
Jerusalem: Gal 4:23 - diperanakkan menurut daging Ialah menurut hukum alamiah, bdk Rom 7:5+, sedangkan Allah tidak campur tangan hendak melaksanakan janjinya.
Ialah menurut hukum alamiah, bdk Rom 7:5+, sedangkan Allah tidak campur tangan hendak melaksanakan janjinya.
Jerusalem: Gal 4:25 - Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab Var: Sebab gunung Sinai terletak di tanah Arab
Var: Sebab gunung Sinai terletak di tanah Arab
Jerusalem: Gal 4:25 - Yerusalem yang sekarang Yerusalem yang diperbudak oleh hukum Taurat diperlawankan dengan Yerusalem di zaman Mesias, bdk Yes 2:2, yang menjadi subur setelah lama mandul, Gal 4...
Yerusalem yang diperbudak oleh hukum Taurat diperlawankan dengan Yerusalem di zaman Mesias, bdk Yes 2:2, yang menjadi subur setelah lama mandul, Gal 4:27; bdk Yes 54:1-6; Wah 21:1+.
Ialah Sara.
Jerusalem: Gal 4:29 - -- Setelah Ismael serta orang Yahudi disejajarkan dengan Ishak serta orang Kristen, Paulus menyimpulkan pengetrapan lain lagi. Menurut beberapa tradisi Y...
Setelah Ismael serta orang Yahudi disejajarkan dengan Ishak serta orang Kristen, Paulus menyimpulkan pengetrapan lain lagi. Menurut beberapa tradisi Yahudi, Ismael "menganiaya" Ishak. Dan bagaimanapun juga menurut Kitab Suci Sara menganggap Ismael sebagai saingan anaknya sendiri dan karenanya menuntut bahwa Abraham mengusir Hagar, Kej 21:9.
Jerusalem: Gal 5:1 - -- Dengan kembali kepada sunat, orang melepaskan kemerdekaan yang dikurniakan melalui kepercayaan kepada Kristus, bdk Rom 6:15+. Dalam hal itu hukum Taur...
Dengan kembali kepada sunat, orang melepaskan kemerdekaan yang dikurniakan melalui kepercayaan kepada Kristus, bdk Rom 6:15+. Dalam hal itu hukum Taurat dan iman tidak dapat berdamai, Gal 5;2-6. Ada sejumlah naskah dan terjemahan yang menghubungkan Gal 5:1 dengan Gal 4:31:...anak perempuan merdeka dengan kemerdekaan yang dengan itu Kristus memerdekakan kita.
Jerusalem: Gal 5:5 - kebenaran yang kita harapkan Terjemahan lain: apa yang diharapkan oleh kebenaran.
Terjemahan lain: apa yang diharapkan oleh kebenaran.
Jerusalem: Gal 5:6 - oleh kasih Pokok pangkal hidup baru ialah iman, Gal 4:5; 5:5. Tetapi oleh Roh Kudus iman itu digabungkan dengan pengharapan, Gal 5:5, dan dengan kasih, Gal 5:6,1...
Pokok pangkal hidup baru ialah iman, Gal 4:5; 5:5. Tetapi oleh Roh Kudus iman itu digabungkan dengan pengharapan, Gal 5:5, dan dengan kasih, Gal 5:6,13-14; bdk Rom 5:5+; 1Ko 13:13+. Dengan mengamalkan kasih orang menyatakan imannya hidup, bdk 1Yo 3:23-24.
Jerusalem: Gal 5:7 - berlomba Ini suatu perbandingan yang disukai Paulus, bdk Gal 2:2; 1Ko 9:24-26; Fili 2:16; 3:12-14; 2Ti 4:7; Ibr 12:1.
Ini suatu perbandingan yang disukai Paulus, bdk Gal 2:2; 1Ko 9:24-26; Fili 2:16; 3:12-14; 2Ti 4:7; Ibr 12:1.
Jerusalem: Gal 5:10 - Dalam Tuhan aku yakin tentang kamu, bahwa kamu Terjemahan lain: aku yakin tentang kamu bahwa dalam Tuhan...
Terjemahan lain: aku yakin tentang kamu bahwa dalam Tuhan...
Jerusalem: Gal 5:11 - jikalau aku masih memberitakan sunat Seperti kiranya dibuat oleh para lawan Paulus; bdk Gal 1:10; 2:3+.
Seperti kiranya dibuat oleh para lawan Paulus; bdk Gal 1:10; 2:3+.
Jerusalem: Gal 5:12 - mengebirikan Ini kiranya menyindir pengebirian sebagaimana dilakukan bagi ibadat kepada dewi Kibel. Caci maki yang serupa terdapat dalam Fili 3:2.
Ini kiranya menyindir pengebirian sebagaimana dilakukan bagi ibadat kepada dewi Kibel. Caci maki yang serupa terdapat dalam Fili 3:2.
Jerusalem: Gal 5:13-25 - -- Hidup baru orang yang percaya digenapi dalam kasih, Gal 5:6; Rom 13:8; 1Ko 13:1+. Kasih itulah "hukum baru", bdk Rom 7:7+, dan menghasilkan buah Roh K...
Jerusalem: Gal 5:14 - sesamamu manusia Sesama manusia tidak lagi, seperti dalam Ima 19:18, hanya orang sebangsa, tetapi semua anak dari keluarga umat manusia, bdk Luk 10:29-37. Mereka semua...
Sesama manusia tidak lagi, seperti dalam Ima 19:18, hanya orang sebangsa, tetapi semua anak dari keluarga umat manusia, bdk Luk 10:29-37. Mereka semua disamakan dengan Kristus, Mat 25:40,45. Juga menurut Paulus hukum kedua tidak dapat tidak mengandung hukum pertama.
Jerusalem: Gal 5:16-25 - -- Ayat-ayat ini dengan jelas memperlihatkan bagaimana kedua prinsip perbuatan, yaitu "daging" dan "Roh", berlawanan satu sama lain, bdk Rom 5:5+; Rom 7...
Ayat-ayat ini dengan jelas memperlihatkan bagaimana kedua prinsip perbuatan, yaitu "daging" dan "Roh", berlawanan satu sama lain, bdk Rom 5:5+; Rom 7:5+. Orang Kristen yang dipimpin oleh Roh, Gal 5:18,25; Rom 8:14, memang secara wajar hidup menurut Roh itu, Gal 5:22-23, dan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang berasal dari "keinginan daging", Gal 5:16,24. Perbuatan "daging" itu bukanlah "kedagingan" oleh karena berpangkal pada "tubuh".
Jerusalem: Gal 5:20 - roh-pemecah Terjemahan Latin (Vlg) dan sejumlah naskah menambah (Gal 5:21) pembunuhan. Bdk Rom 1:29.
Sejumlah naskah menambah: kemurnian
Jerusalem: Gal 5:23 - hal-hal itu Orang beriman yang bersatu dengan Kristus tidak lagi mempunyai suatu hukum yang hanya menyuruh dari luar saja. Orang beriman menepati "Hukum Roh", Gal...
Orang beriman yang bersatu dengan Kristus tidak lagi mempunyai suatu hukum yang hanya menyuruh dari luar saja. Orang beriman menepati "Hukum Roh", Gal 5:18,23,25; 6:2; Rom 6:15; 8:2-4; Fili 1:9-10; bdk Yak 1:25; 2:8.
Ende -> Gal 3:1; Gal 3:2; Gal 3:3; Gal 3:4; Gal 3:6; Gal 3:9; Gal 3:10; Gal 3:12; Gal 3:13; Gal 3:14; Gal 3:14; Gal 3:14; Gal 3:15; Gal 3:16; Gal 3:17-18; Gal 3:19; Gal 3:20; Gal 3:23; Gal 3:23; Gal 3:24; Gal 3:27; Gal 3:28; Gal 3:29; Gal 4:3; Gal 4:6; Gal 4:9; Gal 4:9; Gal 4:10; Gal 4:12; Gal 4:12; Gal 4:13; Gal 4:14; Gal 4:15; Gal 4:16; Gal 4:17; Gal 4:19; Gal 4:24; Gal 4:27; Gal 4:28-31; Gal 5:1; Gal 5:3; Gal 5:5; Gal 5:7; Gal 5:9; Gal 5:10; Gal 5:11; Gal 5:13; Gal 5:13; Gal 5:14; Gal 5:15; Gal 5:16; Gal 5:17; Gal 5:18; Gal 5:24; Gal 5:26
Jang kematianNja disalib satu-satunja sumber keselamatan.
Ende: Gal 3:2 - -- Tentu sadja bagi merekapun penerimaan Roh Kudus diiringi kedjadian-kedjadian
adjaib, seperti diumat-umat lainnja. Baik batjalah Kis 8:17-18; 10:44-46;...
Tentu sadja bagi merekapun penerimaan Roh Kudus diiringi kedjadian-kedjadian adjaib, seperti diumat-umat lainnja. Baik batjalah Kis 8:17-18; 10:44-46; 12:6-11 dll.
Ende: Gal 3:3 - Dalam daging dengan mau bersunat dan diselamatkan oleh perbuatan-perbuatan
jang bersifat lahiriah dan tidak didjiwai Roh Kudus.
dengan mau bersunat dan diselamatkan oleh perbuatan-perbuatan jang bersifat lahiriah dan tidak didjiwai Roh Kudus.
Ende: Gal 3:4 - Kalau sungguh sia-sia Paulus tidak mau pertjaja, bahwa segala itu sebenarnja
sudah sia-sia.
Paulus tidak mau pertjaja, bahwa segala itu sebenarnja sudah sia-sia.
Ende: Gal 3:6 - Sebagai kebenaran Jang dimaksudkan disini, ialah kebenaran dalam arti
Perdjandjian Lama, bukan kebenaran ataskodrati dalam Kristus, seperti jang
diberikan oleh Permandi...
Jang dimaksudkan disini, ialah kebenaran dalam arti Perdjandjian Lama, bukan kebenaran ataskodrati dalam Kristus, seperti jang diberikan oleh Permandian. Batjalah uraian Kata Pendahuluan II fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).
Ende: Gal 3:9 - -- Ini dikatakan terhadap orang-orang Jahudi jang beranggapan, bahwa hal keturunan
djasmani dari Abraham mendjamin akan masuk keradjaan Allah.
Ini dikatakan terhadap orang-orang Jahudi jang beranggapan, bahwa hal keturunan djasmani dari Abraham mendjamin akan masuk keradjaan Allah.
Ende: Gal 3:10 - Dibawah kutuk selalu diantjam hukuman Allah, sebab terlalu sukar bagi
manusia memenuhi segala tuntutan hukum Jahudi.
selalu diantjam hukuman Allah, sebab terlalu sukar bagi manusia memenuhi segala tuntutan hukum Jahudi.
Ende: Gal 3:12 - -- Tekanan kalimat ini terletak pada kata "melaksanakan". Hukum taurat menuntut
perbuatan-perbuatan lahiriah sadja, bukan jang didjiwai kepertjajaan, dan...
Tekanan kalimat ini terletak pada kata "melaksanakan". Hukum taurat menuntut perbuatan-perbuatan lahiriah sadja, bukan jang didjiwai kepertjajaan, dan sebab itu tidak bermutu untuk keselamatan "Hidup" disini bukan berarti mempunjai hidup abadi, melainkan sebagai "tidak mati", atau "tidak dihukum mati".
Ende: Gal 3:13 - Mendjadi kutuk karena kita Atau: ganti kita. Itu searti dengan "didjadikan
dosa bagi (ganti) kita", dalam 2Ko 5:21. Jesus kelihatan disalib
sebagai "jang terkutuk". Ia menanggun...
Atau: ganti kita. Itu searti dengan "didjadikan dosa bagi (ganti) kita", dalam 2Ko 5:21. Jesus kelihatan disalib sebagai "jang terkutuk". Ia menanggung seluruh kutuk dosa manusia dengan segala akibatnja jang membebani umat manusia.
Ende: Gal 3:14 - Dalam Kristus Menurut Gal 3:16 Kristus adalah satu-satunja
keturunan Abraham jang mewarisi djandji Abraham, untuk menjampaikannja kepada
semua orang jang pertjaja a...
Menurut Gal 3:16 Kristus adalah satu-satunja keturunan Abraham jang mewarisi djandji Abraham, untuk menjampaikannja kepada semua orang jang pertjaja akanNja.
kita orang beriman semua, baik jang bersunat maupun jang tak bersunat.
Djandji jang berwudjud penerimaan Roh Kudus.
Ende: Gal 3:15 - Wasiat Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia
ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada
waktu...
Djandji Allah kepada Abraham dinamakan wasiat dalam arti, bahwa ia ditentukan untuk diwarisi turun temurun dan tetap tinggal rahasia sampai pada waktu jang ditentukan Allah. Rahasia itu dibuka oleh Kristus sebagai wakil segala ahli waris, dan Ialah jang membagikannja kepada sekalian ahliwaris masing-masing, jaitu kepada segala orang jang pertjaja akan Kristus. Bdl. Gal 3:29; 4:7 dan Rom 8:17
Ende: Gal 3:16 - Tidak dikatakan kepada kepada kaum turunan Itu menurut tafsiran Paulus jang
memang sah.
Itu menurut tafsiran Paulus jang memang sah.
Ende: Gal 3:17-18 - -- Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian
ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam dj...
Djandji-djandji itu diberikan sebagai anugerah, djadi tidak mungkin kemudian ditambahi dengan suatu sjarat seperti: Engkau akan diberi bagian dalam djandji itu, kalau engkau tetap melaksanakan segala perintah hukum. Kalau dengan sjarat itu, maka anugerah diubah mendjadi upah.
Ende: Gal 3:19 - Demi pelanggaran-pelanggaran Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita
batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja:
supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Huku...
Maksud ungkapan ini agak terang, kalau kita batja Rom 5:20-21 dan Rom 7:7-13. Maksudnja sebenarnja: supaja pelanggaran-pelanggaran diperbanjakan. Hukum merupakan suatu pudjian bagi orang Jahudi. Pelangggaran-pelanggaran itu tidak dikehendaki Allah, tetapi dibiarkanNja agar mereka lebih insjaf akan kelemahan dan dosanja, sehingga mereka lebih merindukan kedatangan Penebus dan rela mengikutiNja.
Ende: Gal 3:20 - -- Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung
dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedan...
Ajat ini sukar untuk ditafsirkan. Maksudnja barangkali ini: Djandji lebih agung dari hukum, sebab djandji diberikan langsung oleh Allah sendiri, sedangkan hukum dengan perantaraan machluk.
disini berarti pokok kepertjajaan, jaitu Indjil.
Ende: Gal 3:23 - Dipelihara didjagai, dipimpin dan disiapkan untuk kemudian dengan rela dan
dengan selajaknja dapat menjambut Mesias dan hukum keradjaanNja, ialah Indjil.
didjagai, dipimpin dan disiapkan untuk kemudian dengan rela dan dengan selajaknja dapat menjambut Mesias dan hukum keradjaanNja, ialah Indjil.
Ende: Gal 3:24 - Pengasuh Istilah asli berarti bagi orang Junani seorang budak-belian jang
diserahi tugas mendidik anak-anak tuannja, dan itu biasa dilakukan dengan
kekerasan.
Istilah asli berarti bagi orang Junani seorang budak-belian jang diserahi tugas mendidik anak-anak tuannja, dan itu biasa dilakukan dengan kekerasan.
Ende: Gal 3:27 - Mengenakan Kristus jaitu mengenakan sifat-sifat Kristus bagaikan suatu
selubung atau pakaian. Kiasan itu lazim dewasa itu. Djuga dalam bahasa Kitab
Kudus. Misalnja tersu...
jaitu mengenakan sifat-sifat Kristus bagaikan suatu selubung atau pakaian. Kiasan itu lazim dewasa itu. Djuga dalam bahasa Kitab Kudus. Misalnja tersua dalam Maz 35:26; 93:1; 104:1; 109:18; Ayu 29:14; Yes 51:9 dan lagi dalam Rom 13:14 dan Efe 4:22-24. Maksudnja disini: mendjadi erat bersatu dengan Kristus dan kelihatan sekedar sama rupa dan sama martabat denganNja.
Ende: Gal 3:28 - -- Sebab berselubungkan Kristus jang sama maka sekalian anggota umat merupakan
satu kesatuan dan masing-masing sama martabatnja. Martabat ini mengatasi s...
Sebab berselubungkan Kristus jang sama maka sekalian anggota umat merupakan satu kesatuan dan masing-masing sama martabatnja. Martabat ini mengatasi segala martabat dan kemuliaan keduniaan, sehingga segala perbedaan bangsa, kedudukan dalam masjarakat dan kelamin, pudar terhadapnja. Sebab itu perbedaan keduniaan itu djangan diperhitungkan atau diindahkan dalam pergaulan anggota-anggota umat bersama-sama.
Ende: Gal 3:29 - -- Tidak ada perbedaan martabat hakiki, tidak pula perbedaan hak asasi diantara
saudara-saudara jang bersunat dan jang tidak bersunat. Djangan dipentingk...
Tidak ada perbedaan martabat hakiki, tidak pula perbedaan hak asasi diantara saudara-saudara jang bersunat dan jang tidak bersunat. Djangan dipentingkan keturunan djasmani dari Abraham, sebab hal keturunan jang dimaksudkan dalam djandji, ialah keturunan rohani berdasarkan kepertjajaan. Hal ini lebih landjut diuraikan Paulus dalam bab 4 dari surat kepada umat Roma.
Ende: Gal 4:3 - Anasir-anasir dunia Menilik Gal 4:9 dan Gal 4:10 sudah
terang, bahwa jang dimaksudkan disini, ialah peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan
hukum dan adat-istiadat Ja...
Menilik Gal 4:9 dan Gal 4:10 sudah terang, bahwa jang dimaksudkan disini, ialah peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tak terhitung banjaknja, lagi diiringi antjaman-antjaman berat, sehingga benar-benar "memperhambakan" bawahan-bawahannja".
Menurut kepertjajaan orang "kafir" anasir-anasir dunia adalah roh-roh gaib jang memenuhi djagad raja dan menguasai nasib manusia. Paulus disini menjamakan sikap Jahudi terhadap kaum Jahudi dengan tahjul kekafiran itu. Dengan "kita" disini tentu sadja pertama-tama dimaksudkan orang Jahudi, tetapi Paulus agaknja ingat djuga akan orang Galatia jang bukan Jahudi, jang dahulu takluk kepada ketakutan tachjul orang "kafir". Paulus barangkali hendak memperingatkan mereka, bahwa menerima hukum Jahudi sama artinja dengan berbalik kepada tachjul kekafiran.
Ende: Gal 4:6 - Menjeru Abba, ja Bapa adalah terdjemahan dari "Aba", jang ditambah sebagai
keterangan. Terdjemahannja jang sebenarnja, lebih tepat dan lebih djelas dalam
bahasa kita, ialah...
adalah terdjemahan dari "Aba", jang ditambah sebagai keterangan. Terdjemahannja jang sebenarnja, lebih tepat dan lebih djelas dalam bahasa kita, ialah "Bapa" sadja. Seruan itu baru penuh berarti, kalau diutjapkan dalam bahasa kekanak-kanakan jang chusus dimasing-masing keluarga. Demikian halnja "Abba" pada orang Jahudi.
Untuk tepat mengerti kata "menjeru", baik kita ingat ungkapan jang lazim dalam Perdjandjian Lama, jaitu "menjeru Allah", maksudnja: pertjaja kepada Allah dan mengharapkan segala-galanja dari padaNja.
Ende: Gal 4:9 - Dikenal oleh Allah Ungkapan jang bertjorak bahasa Perdjandjian Lama ini
berarti: dipilih dan ditjintai Allah dari kekal.
Ungkapan jang bertjorak bahasa Perdjandjian Lama ini berarti: dipilih dan ditjintai Allah dari kekal.
Ende: Gal 4:9 - Anasir-anasir jang tak berdaja dan hampa Hukum taurat memberi perintah-perintah
dan larangan-larangan, tetapi tidak mampu memberi kekuatan hati untuk melakukannja.
Hukum taurat memberi perintah-perintah dan larangan-larangan, tetapi tidak mampu memberi kekuatan hati untuk melakukannja.
Disini beberapa anasir disebutkan jang menjatakan tachjul hampa.
Ende: Gal 4:12 - Djadi seperti aku jaitu hidup berdasarkan kepertjajaan tanpa pengamalan
hukum taurat.
jaitu hidup berdasarkan kepertjajaan tanpa pengamalan hukum taurat.
tidak berhukum taurat.
Ende: Gal 4:13 - Kelemahan dagingku rupanja suatu penjakit buruk jang memaksa Paulus tinggal
beberapa lama di Galatia.
rupanja suatu penjakit buruk jang memaksa Paulus tinggal beberapa lama di Galatia.
Ende: Gal 4:14 - Suatu pertjobaan jaitu untuk menolak Indjil. Dewasa itu, baik pada orang
Jahudi, maupun pada orang "kafir", tiap-tiap penjakit buruk atau tjatjat
dipandang sebagai sua...
jaitu untuk menolak Indjil. Dewasa itu, baik pada orang Jahudi, maupun pada orang "kafir", tiap-tiap penjakit buruk atau tjatjat dipandang sebagai suatu kutuk atau hukuman dari Allah atau dewa-dewa, sehingga seorang jang kena sakit demikian, sukar dapat diterima sebagai utusan Allah.
Ende: Gal 4:15 - Mentjungkil kedua belah mata suatu kiasan berlebih-lebihan, tetapi jang
menjatakan betapa keluhuran hati orang Galatia kepada Paulus waktu itu.
suatu kiasan berlebih-lebihan, tetapi jang menjatakan betapa keluhuran hati orang Galatia kepada Paulus waktu itu.
jaitu Indjil jang membebaskan.
Ende: Gal 4:17 - Memisahkan jaitu mendjauhkan dari lingkungan Indjil murni dan dari Paulus
beserta Kristus.
jaitu mendjauhkan dari lingkungan Indjil murni dan dari Paulus beserta Kristus.
Ende: Gal 4:19 - Kristus terbentuk didalam dirimu ingatlah 3:37 dan Bdl. Efe 4:11-13.
Kisah Hagar dan Sara digunakan Paulus sebagai pelambang untuk menerangkan
bedanja antara penganut hukum taurat dan...
ingatlah 3:37 dan Bdl. Efe 4:11-13.
Kisah Hagar dan Sara digunakan Paulus sebagai pelambang untuk menerangkan bedanja antara penganut hukum taurat dan penganut Indjil.
Ende: Gal 4:24 - -- Menurut tafsiran Paulus jang agak bebas, Hagar menjingkir ketanah Arab, lalu
kaum keturunan Ismael, anak Hagar itu, menduduki daerah itu. Mereka tetap...
Menurut tafsiran Paulus jang agak bebas, Hagar menjingkir ketanah Arab, lalu kaum keturunan Ismael, anak Hagar itu, menduduki daerah itu. Mereka tetap berdarah budak. Dan sebab gunung Sinai terletak diwilajah itu, maka hukum taurat berasal dari daerah perbudakan dan sebab itu penganut hukum berkedudukan budak.
Ende: Gal 4:27 - -- Ini tafsiran dari Paulus atas Yes 54:1. Jerusalem (Keradjaan Allah)
dari atas jang didjandjikan Allah kepada Abraham, tetap mandul selama hukum
taurat...
Ini tafsiran dari Paulus atas Yes 54:1. Jerusalem (Keradjaan Allah) dari atas jang didjandjikan Allah kepada Abraham, tetap mandul selama hukum taurat berlaku, sama seperti Sara sebelum diberikan djandji itu. Tetapi setelah djandji itu terpenuhi dalam Kristus, maka Jerusalem dari atas (Keradjaan Allah jang baru) mendjadi Ibu putera-putera Abraham, jang tak terhitung banjaknja.
Ende: Gal 4:28-31 - -- Paulus sampai pada kesimpulan fasal ini, jang akan lebih landjut diuraikannja
dalam bab berikut. Kesimpulan ini ialah: Insjafilah, bahwa kamu putera b...
Paulus sampai pada kesimpulan fasal ini, jang akan lebih landjut diuraikannja dalam bab berikut. Kesimpulan ini ialah: Insjafilah, bahwa kamu putera bebas. Djangan mau memperbudakkan diri kembali. Sementara itu Paulus teringat pula akan suatu segi lain dari pelambang Hagar dan Sara itu, ialah: seperti Ismael, budak itu, tidak dapat hidup berdamai dengan adiknja Isaak jang bebas, demikian penganut hukum taurat tidak dapat hidup berdamai dengan mereka jang nampaknja bebas dalam Kristus.
Aslinja: "untuk kebebasan".
memang suatu kuk berat, suatu beban jang tak terpikul.
Ende: Gal 5:5 - Kami menunggukan harapan kebenaran Harapan ini ialah penjelesaian kebenaran
dalam kemuliaan abadi.
Harapan ini ialah penjelesaian kebenaran dalam kemuliaan abadi.
Ende: Gal 5:7 - Berlari Istilah bahasa olah raga ini memaksudkan disini: giat berusaha untuk
merebut hadiah kebenaran, jaitu penjelesaian kebenaran.
Istilah bahasa olah raga ini memaksudkan disini: giat berusaha untuk merebut hadiah kebenaran, jaitu penjelesaian kebenaran.
disini berarti pengaruh djahat, seperti dalam Mat 16:6.
Ende: Gal 5:10 - Tidak berbeda Mereka pada dasarnja tentu sepaham dengan Paulus, lebih-lebih
kalau mereka membatja surat ini.
Mereka pada dasarnja tentu sepaham dengan Paulus, lebih-lebih kalau mereka membatja surat ini.
Ende: Gal 5:11 - -- Rupanja pengandjur-pengandjur palsu itu mengetengahkan djuga, bahwa Paulus
sendiri membenarkan hal sunat. Barangkali mereka mengingatkan pendengar-pen...
Rupanja pengandjur-pengandjur palsu itu mengetengahkan djuga, bahwa Paulus sendiri membenarkan hal sunat. Barangkali mereka mengingatkan pendengar-pendengarnja akan tindakan Paulus terhadap Timoteus, jang diberitakan dalam Kis 16:1-3.
Ende: Gal 5:13 - Landasan bagi tjinta-diri landasan dalam arti pokok bagi dorongan napsu,
untuk bertindak sewenang-wenang. Kebebasan itu dibatas dan harus dipimpin oleh
hukum tjinta-kasih.
landasan dalam arti pokok bagi dorongan napsu, untuk bertindak sewenang-wenang. Kebebasan itu dibatas dan harus dipimpin oleh hukum tjinta-kasih.
aslinja "bagi daging".
Ende: Gal 5:15 - -- Gaja kalimat ini jang agak berlebih-lebihan bunjinja, menundjukkan betapa
hebatnja pertjektjokan antara pengikut saudara-saudara palsu dan golongan-go...
Gaja kalimat ini jang agak berlebih-lebihan bunjinja, menundjukkan betapa hebatnja pertjektjokan antara pengikut saudara-saudara palsu dan golongan-golongan jang menolak andjuran-andjuran mereka.
Ende: Gal 5:16 - Menurut Roh Roh dalam fasal ini umumnja berarti: tjita-tjita rohani jang
dihidupkan oleh Roh Kudus dalam hati kita.
Roh dalam fasal ini umumnja berarti: tjita-tjita rohani jang dihidupkan oleh Roh Kudus dalam hati kita.
Bdl. Rom 7:14-23.
tak perlu dipaksa dengan antjaman-antjaman.
Ende: Gal 5:24 - Milik Kristus Barangkali lebih tepat: masuk Kristus, termasuk tubuh Kristus,
atau: ada dalam Kristus.
Barangkali lebih tepat: masuk Kristus, termasuk tubuh Kristus, atau: ada dalam Kristus.
Ende: Gal 5:26 - -- Mulai ajat ini selandjutnja dalam bab berikut Paulus memberi nasehat-nasehat
dan peringatan-peringatan atau ketentuan-ketentuan jang berkenan dengan
k...
Mulai ajat ini selandjutnja dalam bab berikut Paulus memberi nasehat-nasehat dan peringatan-peringatan atau ketentuan-ketentuan jang berkenan dengan kedjadian-kedjadian atau keadaan chusus dalam umat-umat Galatia, jang latar-belakangnja tidak kita ketahui. Sebab itu maksud Paulus jang sebenarnja sering kabur. Namun terkandung didalamnja andjuran-andjuran dan adjakan-adjakan jang tjukup umum dan bernilai bagi kita djuga, kalau kita merenungkannja.
Ref. Silang FULL -> Gal 3:1; Gal 3:2; Gal 3:5; Gal 3:6; Gal 3:7; Gal 3:8; Gal 3:9; Gal 3:10; Gal 3:11; Gal 3:12; Gal 3:13; Gal 3:14; Gal 3:15; Gal 3:16; Gal 3:17; Gal 3:18; Gal 3:19; Gal 3:20; Gal 3:21; Gal 3:22; Gal 3:23; Gal 3:24; Gal 3:25; Gal 3:26; Gal 3:27; Gal 3:28; Gal 3:29; Gal 4:3; Gal 4:4; Gal 4:5; Gal 4:6; Gal 4:7; Gal 4:8; Gal 4:9; Gal 4:10; Gal 4:11; Gal 4:12; Gal 4:13; Gal 4:14; Gal 4:16; Gal 4:17; Gal 4:18; Gal 4:19; Gal 4:21; Gal 4:22; Gal 4:23; Gal 4:26; Gal 4:27; Gal 4:28; Gal 4:29; Gal 4:30; Gal 4:31; Gal 5:1; Gal 5:2; Gal 5:3; Gal 5:4; Gal 5:5; Gal 5:6; Gal 5:7; Gal 5:8; Gal 5:9; Gal 5:10; Gal 5:11; Gal 5:12; Gal 5:13; Gal 5:14; Gal 5:16; Gal 5:17; Gal 5:18; Gal 5:19; Gal 5:21; Gal 5:22; Gal 5:23; Gal 5:24; Gal 5:25; Gal 5:26
Ref. Silang FULL: Gal 3:1 - orang-orang Galatia // yang bodoh // mempesona kamu // yang disalibkan · orang-orang Galatia: Kis 16:6; Kis 16:6
· yang bodoh: Luk 24:25
· mempesona kamu: Gal 5:7
· yang disalibkan: 1Kor 1:23
Ref. Silang FULL: Gal 3:2 - menerima Roh // hukum Taurat // pemberitaan Injil · menerima Roh: Yoh 20:22; Yoh 20:22
· hukum Taurat: Gal 3:5,10; Gal 2:16
· pemberitaan Injil: Rom 10:17; Ibr 4:2
Ref. Silang FULL: Gal 3:5 - melakukan mujizat // pemberitaan Injil · melakukan mujizat: 1Kor 12:10
· pemberitaan Injil: Gal 3:2,10; Gal 2:16
· melakukan mujizat: 1Kor 12:10
· pemberitaan Injil: Gal 3:2,10; Gal 2:16
Ref. Silang FULL: Gal 3:7 - dari iman // anak-anak Abraham · dari iman: Gal 3:9
· anak-anak Abraham: Luk 3:8; Luk 3:8
· Olehmu: Kej 12:3; 18:18; 22:18; 26:4; Kis 3:25
Ref. Silang FULL: Gal 3:9 - dari iman // beriman itu · dari iman: Gal 3:7; Rom 4:16
· beriman itu: Rom 4:18-22
· dari iman: Gal 3:7; Rom 4:16
· beriman itu: Rom 4:18-22
Ref. Silang FULL: Gal 3:10 - hukum Taurat // bawah kutuk // hukum Taurat · hukum Taurat: Gal 3:2,5; Gal 2:16
· bawah kutuk: Gal 3:13; Rom 4:15; Rom 4:15
· hukum Taurat: Ul 27:26; Yer 11:3
Ref. Silang FULL: Gal 3:11 - hukum Taurat // oleh iman · hukum Taurat: Rom 3:28; Rom 3:28
· oleh iman: Hab 2:4; Rom 9:30; Rom 9:30; Ibr 10:38
Ref. Silang FULL: Gal 3:13 - hukum Taurat // kayu salib · hukum Taurat: Gal 4:5
· kayu salib: Ul 21:23; Kis 5:30; Kis 5:30
Ref. Silang FULL: Gal 3:14 - dalam Dia // menerima Roh · dalam Dia: Rom 4:9,16
· menerima Roh: Gal 3:2; Yoel 2:28; Yoh 20:22; Yoh 20:22; Kis 2:33; Kis 2:33
Ref. Silang FULL: Gal 3:16 - kepada keturunannya // kepada keturunanmu · kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:...
· kepada keturunannya: Kej 17:19; Mazm 132:11; Mi 7:20; Luk 1:55; Rom 4:13,16; 9:4,8; Gal 3:29; 4:28
· kepada keturunanmu: Kej 12:7; 13:15; 17:7,8,10; 24:7
· puluh tahun: Kej 15:13,14; Kel 12:40; Kis 7:6
Ref. Silang FULL: Gal 3:19 - karena pelanggaran-pelanggaran // datang keturunan // perantaraan malaikat-malaikat // seorang pengantara · karena pelanggaran-pelanggaran: Rom 5:20
· datang keturunan: Gal 3:16
· perantaraan malaikat-malaikat: Ul 33:2; Kis 7:53
&middo...
Ref. Silang FULL: Gal 3:20 - Seorang pengantara · Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24
· Seorang pengantara: 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 9:15; 12:24
Ref. Silang FULL: Gal 3:21 - Sekali-kali tidak // hukum Taurat · Sekali-kali tidak: Gal 2:17; Rom 7:12; Rom 7:12
· hukum Taurat: Gal 2:21
· kekuasaan dosa: Rom 3:9-19; 11:32
Ref. Silang FULL: Gal 3:23 - bawah pengawalan // telah dinyatakan · bawah pengawalan: Rom 11:32
· telah dinyatakan: Gal 3:25
Ref. Silang FULL: Gal 3:24 - sampai Kristus // karena iman · sampai Kristus: Gal 3:19; Rom 10:4; Rom 4:15; Rom 4:15
· karena iman: Gal 2:16
Ref. Silang FULL: Gal 3:27 - dalam Kristus // mengenakan Kristus · dalam Kristus: Mat 28:19; Mat 28:19
· mengenakan Kristus: Rom 13:14; Rom 13:14
Ref. Silang FULL: Gal 3:28 - orang merdeka // atau perempuan // Kristus Yesus · orang merdeka: 1Kor 12:13; Kol 3:11
· atau perempuan: Kej 1:27; 5:2; Yoel 2:29
· Kristus Yesus: Yoh 10:16; 17:11; Ef 2:14,15
· orang merdeka: 1Kor 12:13; Kol 3:11
· atau perempuan: Kej 1:27; 5:2; Yoel 2:29
· Kristus Yesus: Yoh 10:16; 17:11; Ef 2:14,15
Ref. Silang FULL: Gal 3:29 - milik Kristus // adalah keturunan // dan berhak // menerima janji · milik Kristus: 1Kor 3:23; 1Kor 3:23
· adalah keturunan: Gal 3:16; Luk 3:8; Luk 3:8
· dan berhak: Rom 8:17; Rom 8:17
· me...
Ref. Silang FULL: Gal 4:3 - kita takluk // roh-roh dunia · kita takluk: Gal 4:8,9,24,25; Gal 2:4
· roh-roh dunia: Kol 2:8,20
· kita takluk: Gal 4:8,9,24,25; Gal 2:4
· roh-roh dunia: Kol 2:8,20
Ref. Silang FULL: Gal 4:4 - genap waktunya // mengutus Anak-Nya // seorang perempuan // hukum Taurat · genap waktunya: Mr 1:15; Rom 5:6; Ef 1:10
· mengutus Anak-Nya: Yoh 3:17; Yoh 3:17
· seorang perempuan: Yoh 1:14; Yoh 1:14
&midd...
Ref. Silang FULL: Gal 4:5 - untuk menebus // kita diterima // menjadi anak · untuk menebus: Rom 3:24; Rom 3:24
· kita diterima: Yoh 1:12
· menjadi anak: Rom 8:14; Rom 8:14
Ref. Silang FULL: Gal 4:6 - Roh Anak-Nya // dalam hati // ya Bapa · Roh Anak-Nya: Kis 16:7; Kis 16:7
· dalam hati: Rom 5:5
· ya Bapa: Rom 8:15,16
Ref. Silang FULL: Gal 4:8 - mengenal Allah // kamu memperhambakan // bukan Allah · mengenal Allah: Rom 1:28; 1Kor 1:21; 15:34; 1Tes 4:5; 2Tes 1:8
· kamu memperhambakan: Gal 4:3; Gal 4:3
· bukan Allah: 2Taw 13:9...
· mengenal Allah: Rom 1:28; 1Kor 1:21; 15:34; 1Tes 4:5; 2Tes 1:8
· kamu memperhambakan: Gal 4:3; [Lihat FULL. Gal 4:3]
· bukan Allah: 2Taw 13:9; Yes 37:19; Yer 2:11; 5:7; 16:20; 1Kor 8:4,5
Ref. Silang FULL: Gal 4:9 - dikenal Allah // memperhambakan diri // lagi · dikenal Allah: 1Kor 8:3
· memperhambakan diri: Gal 4:3; Gal 4:3
· lagi: Kol 2:20
Ref. Silang FULL: Gal 4:12 - kepadamu, saudara-saudara · kepadamu, saudara-saudara: Rom 7:1; Rom 7:1; Gal 6:18
· mengatakan kebenaran: Am 5:10
· mengikuti mereka: Gal 2:4,12
· di antaramu: Gal 4:13,14
Ref. Silang FULL: Gal 4:19 - Hai anak-anakku // dalam kamu · Hai anak-anakku: 1Tes 2:11; 1Tes 2:11
· dalam kamu: Rom 8:29; Ef 4:13
Ref. Silang FULL: Gal 4:22 - menjadi hambanya // dari perempuan · menjadi hambanya: Kej 16:15
· dari perempuan: Kej 21:2
Ref. Silang FULL: Gal 4:23 - menurut daging // karena janji · menurut daging: Gal 4:28,29; Rom 9:7,8
· karena janji: Kej 17:16-21; 18:10-14; 21:1; Ibr 11:11
· menurut daging: Gal 4:28,29; Rom 9:7,8
· karena janji: Kej 17:16-21; 18:10-14; 21:1; Ibr 11:11
· Yerusalem sorgawi: Ibr 12:22; Wahy 3:12; 21:2,10
Ref. Silang FULL: Gal 4:29 - menurut daging // menurut Roh · menurut daging: Gal 4:23
· menurut Roh: Kej 21:9
Ref. Silang FULL: Gal 4:31 - hamba perempuan // anak-anak perempuan · hamba perempuan: Rom 7:4; Rom 7:4
· anak-anak perempuan: Gal 4:22
Ref. Silang FULL: Gal 5:1 - telah memerdekakan // berdirilah teguh // kuk perhambaan · telah memerdekakan: Gal 5:13; Yoh 8:32; Gal 2:4; Rom 7:4; Rom 7:4
· berdirilah teguh: 1Kor 16:13; 1Kor 16:13
· kuk perhambaan: ...
· telah memerdekakan: Gal 5:13; Yoh 8:32; Gal 2:4; Rom 7:4; [Lihat FULL. Rom 7:4]
· berdirilah teguh: 1Kor 16:13; [Lihat FULL. 1Kor 16:13]
· menyunatkan dirimu: Gal 5:3,6,11,12; Kis 15:1
Ref. Silang FULL: Gal 5:4 - hukum Taurat // kasih karunia · hukum Taurat: Rom 3:28; Rom 3:28
· kasih karunia: Ibr 12:15; 2Pet 3:17
· kita harapkan: Rom 8:23,24
Ref. Silang FULL: Gal 5:6 - Kristus Yesus // sesuatu arti // oleh kasih · Kristus Yesus: Rom 16:3; Rom 16:3
· sesuatu arti: 1Kor 7:19; 1Kor 7:19
· oleh kasih: 1Tes 1:3; Yak 2:22
Ref. Silang FULL: Gal 5:7 - kamu berlomba // menghalang-halangi kamu · kamu berlomba: 1Kor 9:24; 1Kor 9:24
· menghalang-halangi kamu: Gal 3:1
Ref. Silang FULL: Gal 5:10 - aku yakin // mempunyai pendirian // yang mengacaukan · aku yakin: 2Kor 2:3; 2Kor 2:3
· mempunyai pendirian: Fili 3:15
· yang mengacaukan: Gal 5:12; Gal 1:7
Ref. Silang FULL: Gal 5:11 - masih dianiaya // batu sandungan · masih dianiaya: Gal 4:29; 6:12
· batu sandungan: Luk 2:34; Luk 2:34
· masih dianiaya: Gal 4:29; 6:12
Ref. Silang FULL: Gal 5:13 - untuk merdeka // dalam dosa // yang lain · untuk merdeka: Gal 5:1; Gal 5:1
· dalam dosa: Gal 5:24; Gal 5:24; 1Kor 8:9; 1Pet 2:16
· yang lain: 1Kor 9:19; 2Kor 4:5; Ef 5:21...
Ref. Silang FULL: Gal 5:16 - oleh Roh // keinginan daging · oleh Roh: Gal 5:18,25; Rom 8:2,4-6,9,14; 2Kor 5:17; 2Kor 5:17
· keinginan daging: Gal 5:24; Gal 5:24
· oleh Roh: Gal 5:18,25; Rom 8:2,4-6,9,14; 2Kor 5:17; [Lihat FULL. 2Kor 5:17]
Ref. Silang FULL: Gal 5:17 - keinginan daging // kamu kehendaki · keinginan daging: Rom 8:5-8
· kamu kehendaki: Rom 7:15-23
· keinginan daging: Rom 8:5-8
· kamu kehendaki: Rom 7:15-23
Ref. Silang FULL: Gal 5:18 - oleh Roh // hukum Taurat · oleh Roh: Gal 5:16; Gal 5:16
· hukum Taurat: Rom 2:12; Rom 2:12; 1Tim 1:9
Ref. Silang FULL: Gal 5:21 - dan sebagainya // Kerajaan Allah · dan sebagainya: Mat 15:19; Rom 13:13
· Kerajaan Allah: Mat 25:34; Mat 25:34
Ref. Silang FULL: Gal 5:22 - Tetapi buah // ialah: kasih // damai sejahtera · Tetapi buah: Mat 7:16-20; Ef 5:9
· ialah: kasih: Kol 3:12-15
· damai sejahtera: Mal 2:6
Ref. Silang FULL: Gal 5:23 - penguasaan diri // ada hukum · penguasaan diri: Kis 24:25; Kis 24:25
· ada hukum: Gal 5:18
Ref. Silang FULL: Gal 5:24 - menyalibkan daging // dan keinginannya · menyalibkan daging: Gal 5:13,16-21; Rom 6:6; Rom 6:6; Rom 7:5,18; 8:3-5,8,9,12,13; 13:14; Gal 6:8; Kol 2:11
· dan keinginannya: Gal 5...
· menyalibkan daging: Gal 5:13,16-21; Rom 6:6; [Lihat FULL. Rom 6:6]; Rom 7:5,18; 8:3-5,8,9,12,13; 13:14; Gal 6:8; Kol 2:11
· dan keinginannya: Gal 5:16,17