Teks -- Yohanes 15:27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Yoh 13:2--17:26; Yoh 15:18--16:4
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 15:18--16:4 - -- Dengan kasih timbal-balik di antara murid-muridNya Yesus mempertentangkan kebencian dunia kepada mereka. Nasib mereka nanti sama dengan nasib Guru mer...
Ref. Silang FULL -> Yoh 15:27
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 15:27 - -- 15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
Kesaksian Roh Kebenaran diperlukan secara mutlak, tetapi muri...
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
Kesaksian Roh Kebenaran diperlukan secara mutlak, tetapi murid-murid-Nya harus juga bersaksi. Kisah Para Rasul 1:21-22 dan 4:33 mengkisahkan hubungan yang erat antara kesaksian murid-murid-Nya dan kesaksian Roh Allah.
Kewajiban ini berlaku secara khusus atas mereka karena mereka dari semula bersama-sama dengan Dia. Mereka mengikuti Tuhan Yesus sejak permulaan pelayanan Tuhan Yesus, yang diceritakan dalam pasal-pasal awal ke empat Injil. Syarat ini mirip syarat yang diungkapkan dalam Kisah Para Rasul 1:21-22, bahwa pengganti Yudas harus "senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya."
Hagelberg: Yoh 15:17--16:4 - -- 2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)
Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dala...
2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)
Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dalam kasih Kristus, dan bahwa dengan sikap tersebut kita menghasilkan buah. Namun jika ada sikap dan buah tersebut, ada juga perlawanan. Dunia pasti membenci hubungan yang mantap antara murid dan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 15:27 - -- 15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
Kesaksian Roh Kebenaran diperlukan secara mutlak, tetapi muri...
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
Kesaksian Roh Kebenaran diperlukan secara mutlak, tetapi murid-murid-Nya harus juga bersaksi. Kisah Para Rasul 1:21-22 dan 4:33 mengkisahkan hubungan yang erat antara kesaksian murid-murid-Nya dan kesaksian Roh Allah.
Kewajiban ini berlaku secara khusus atas mereka karena mereka dari semula bersama-sama dengan Dia. Mereka mengikuti Tuhan Yesus sejak permulaan pelayanan Tuhan Yesus, yang diceritakan dalam pasal-pasal awal ke empat Injil. Syarat ini mirip syarat yang diungkapkan dalam Kisah Para Rasul 1:21-22, bahwa pengganti Yudas harus "senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya."
C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.