Teks -- Yohanes 12:30-50 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 12:31 - PENGUASA DUNIA INI AKAN DILEMPARKAN KE LUAR.
Nas : Yoh 12:31
Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah
dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke da...
Nas : Yoh 12:31
Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang (Wahy 20:10). Namun, pada saat ini Iblis masih aktif sebagai pemimpin atau "penguasa dunia ini" (Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; bd. Ef 2:2). Iblis mempunyai kuasa dan wibawa dalam dunia serta memakai hal-hal duniawi untuk menentang Kristus dan gereja-Nya. Oleh karena itulah "persahabatan dengan dunia ini adalah permusuhan dengan Allah" (Yak 4:4; juga lih. 1Yoh 2:15-16).
Full Life: Yoh 12:32 - MENARIK SEMUA ORANG DATANG KEPADA-KU.
Nas : Yoh 12:32
Kasih karunia Allah tidak bersifat eksklusif, yaitu untuk kalangan
tertentu saja, dan bukan untuk orang lain. Akan tetapi, karena m...
Full Life: Yoh 12:39 - MEREKA TIDAK DAPAT PERCAYA.
Nas : Yoh 12:39
Orang banyak itu tidak dapat percaya karena keputusan-keputusan
mereka terhadap Yesus membuat Allah mengeraskan hati mereka. Injil ...
Nas : Yoh 12:39
Orang banyak itu tidak dapat percaya karena keputusan-keputusan mereka terhadap Yesus membuat Allah mengeraskan hati mereka. Injil tidak pernah diam saja menghadapi seorang yang menolak untuk mendengar, bertobat dan percaya. Rasul Paulus mengatakan bahwa bangsa Israel "dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka" (Rom 11:20; bd. Mazm 95:8; Ibr 3:8). Sekalipun demikian pengerasan hati ini tidak permanen untuk setiap orang dalam bangsa itu. Setiap orang yang percaya akan menerima hidup kekal (ayat Yoh 12:44-50). Sebenarnya, banyak orang Israel percaya setelah hari Pentakosta (Kis 2:41).
Full Life: Yoh 12:43 - LEBIH SUKA AKAN KEHORMATAN MANUSIA.
Nas : Yoh 12:43
Karena lebih menyukai pujian sesama manusia, banyak orang mengambil
tindakan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Mereka bersed...
Nas : Yoh 12:43
Karena lebih menyukai pujian sesama manusia, banyak orang mengambil tindakan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Mereka bersedia untuk ikut dengan mayoritas (bd. Dan 11:32,34) dan mencari pendapat yang baik dari yang berkuasa atau orang banyak. Apakah rahasia untuk memperoleh kemenangan atas takut orang lain dan kerinduan untuk pujian? Iman kita (1Yoh 5:4); iman yang memandang Allah, Kristus, sorga, neraka, hukuman, dan kekekalan sebagai realitas tertinggi (Rom 1:20; Ef 3:16-19; Ibr 11:1-40). Mengaku ikut Kristus sementara menyenangi pujian manusia lebih dari kemuliaan Allah merupakan kemunafikan mutlak.
Jerusalem: Yoh 12:30 - Oleh karena kamu Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.
Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.
Jerusalem: Yoh 12:31 - dilemparkan ke luar Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manus...
Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manusia dari kekuasaan yang lalim itu. Bdk Yoh 3:35+ dan Mat 8:29+; Luk 8:31+; Rom 8:3; Kol 1:12-13.
Jerusalem: Yoh 12:32 - dari bumi Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Y...
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Yoh 8:28, bdk Yoh 6:62, pada hari kebangkitan, Yoh 20:17+. Sebab kedua kejadian itu hanya dua segi dari misteri yang sama, Yoh 13:1+. Setelah ditinggikan di sisi kanan Bapa, dalam kemuliaan, Yoh 12:23; 17:5+, maka Kristus akan mengutus Roh, Yoh 7:39, dan melalui Roh itu Ia memperluas kekuasaanNya atas dunia, Yoh 16:14; bdk Yoh 3:35+
Var: semuanya, atau: segala sesuatunya
Jerusalem: Yoh 12:32 - kepadaKu Setelah ditinggikan di kayu salib Yesus nampak di hadapan semua sebagai Juru selamat dunia, bdk Yoh 19:37. Inilah tanggapanNya terhadap orang Yunani y...
Jerusalem: Yoh 12:35 - percayalah kepadanya Harafiah: berjalanlah. Yesus mengajak orang-orang Yahudi, supaya percaya sebelum terlambat, bdk Yoh 7:34+.
Harafiah: berjalanlah. Yesus mengajak orang-orang Yahudi, supaya percaya sebelum terlambat, bdk Yoh 7:34+.
Var: ketika
Jerusalem: Yoh 12:41 - melihat kemuliaanNya Ini menyinggung penglihatan nabi Yesaya dalam Bait Allah, Yes 6:1-4. Penglihatan itu diartikan sebagai suatu nubuat berupa penglihatan mengenai kemuli...
setan sebagai pokok segala kedjahatan jang maharadjalela didunia.
Ende: Yoh 12:32 - Ditinggikan Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga
keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari
misteri ja...
Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari misteri jang sama, jaitu penebusan kita.
Jesus akan menarik kepadanja segala orang jang luhur hatinja, jang "dipanggil" untuk mengikuti djedjakNja diatas bumi, dan kemudian kedalam kemuliaan abadi. Bdl. Yoh 19:37.
Ende: Yoh 12:34 - Putera manusia Para pendengar mengerti baik, bahwa dengan nama ini Jesus
memaksudkan dirinja sendiri sebagai Mesias, jang benar-benar termasuk bangsa
manusia.
Para pendengar mengerti baik, bahwa dengan nama ini Jesus memaksudkan dirinja sendiri sebagai Mesias, jang benar-benar termasuk bangsa manusia.
Ende: Yoh 12:34 - Hidup selama-lamanja Demikianlah kepertjajaan orang Jahudi, sebab menurut
nubuat-nubuat, keradjaan Mesias tak akan berkesudahan. Lih. Yes 9:6; Maz 110:4 dan Dan 7:13.
Jesus sendiri sebagai tjahaja dunia. Bdl. Yoh 1:9; 8:12; 9:5.
jaitu hidup giat dalam menganut adjaran-adjaran Jesus.
Ende: Yoh 12:35 - Putera tjahaja jang seolah-olah lahir dari tjahaja, sehingga semata-mata
pentjinta tjahaja dan seluruh keadaannja diliputi tjahaja kemuliaan ilahi.
jang seolah-olah lahir dari tjahaja, sehingga semata-mata pentjinta tjahaja dan seluruh keadaannja diliputi tjahaja kemuliaan ilahi.
Ende: Yoh 12:38 - Supaja Bukannja bahwa Allah menghendaki atau menjebabkan mereka tetap
tegar hati, melainkan Ia dari kekal sudah mengetahui bahwa mereka akan bersikap
demikia...
Bukannja bahwa Allah menghendaki atau menjebabkan mereka tetap tegar hati, melainkan Ia dari kekal sudah mengetahui bahwa mereka akan bersikap demikian, dan sebab itu Ia bernubuat tentangnja. Dan setelah bernubuat demikian nubuat itu kemudian harus mendjadi kenjataan.
Ende: Yoh 12:39 - Sebab Disinipun kenjataan itu tjotjok dengan hal-hal jang pernah
ditundjukkan kepada Isaias dalam suatu penglihatan (Yes 53:1)
Disinipun kenjataan itu tjotjok dengan hal-hal jang pernah ditundjukkan kepada Isaias dalam suatu penglihatan (Yes 53:1)
Ende: Yoh 12:41 - Telah memandang Joanes ingat akan penglihatan Isaias dalam kenisah jang
diberikan dalam Yes 5:1-4, dan ia menafsirkannja sebagai suatu
pernjataan tentang Mesias.
Joanes ingat akan penglihatan Isaias dalam kenisah jang diberikan dalam Yes 5:1-4, dan ia menafsirkannja sebagai suatu pernjataan tentang Mesias.
Ref. Silang FULL: Yoh 12:31 - dunia ini // dunia ini · dunia ini: Yoh 16:11
· dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19
· dunia ini: Yoh 16:11
· dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19
Ref. Silang FULL: Yoh 12:32 - dari bumi // datang kepada-Ku · dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28
· datang kepada-Ku: Yoh 6:44
· dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28
· datang kepada-Ku: Yoh 6:44
· akan mati: Yoh 18:32; 21:19
Ref. Silang FULL: Yoh 12:34 - hukum Taurat // hidup selama-lamanya // Anak Manusia // harus ditinggikan · hukum Taurat: Yoh 10:34; Yoh 10:34
· hidup selama-lamanya: Mazm 110:4; Yes 9:6; Yeh 37:25; Dan 7:14
· Anak Manusia: Mat 8:20; M...
Ref. Silang FULL: Yoh 12:35 - lagi terang // terang itu // menguasai kamu · lagi terang: Yoh 12:46
· terang itu: Ef 5:8
· menguasai kamu: 1Yoh 1:6; 2:11
Ref. Silang FULL: Yoh 12:36 - anak-anak terang // antara mereka · anak-anak terang: Yoh 12:46; Luk 16:8; Luk 16:8
· antara mereka: Yoh 8:59
Ref. Silang FULL: Yoh 12:40 - menyembuhkan mereka · menyembuhkan mereka: Yes 6:10; Mat 13:13,15; Mat 13:13; Mat 13:15
· menyembuhkan mereka: Yes 6:10; Mat 13:13,15; [Lihat FULL. Mat 13:13]; [Lihat FULL. Mat 13:15]
Ref. Silang FULL: Yoh 12:41 - melihat kemuliaan-Nya // tentang Dia · melihat kemuliaan-Nya: Yes 6:1-4
· tentang Dia: Luk 24:27
Ref. Silang FULL: Yoh 12:42 - percaya kepada-Nya // orang-orang Farisi // jangan dikucilkan · percaya kepada-Nya: Yoh 12:11; Yoh 7:48
· orang-orang Farisi: Yoh 7:13; Yoh 7:13
· jangan dikucilkan: Yoh 9:22
Ref. Silang FULL: Yoh 12:43 - kehormatan manusia // kehormatan Allah · kehormatan manusia: 1Sam 15:30
· kehormatan Allah: Rom 2:29; Rom 2:29
· kehormatan manusia: 1Sam 15:30
· menjadi hakimnya: Yoh 5:45
· memerintahkan Aku: Yoh 14:31
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 12:30; Yoh 12:20-36; Yoh 12:30; Yoh 11:55--12:36; Yoh 11:1--12:50; Yoh 12:31; Yoh 12:31; Yoh 12:32; Yoh 12:32; Yoh 12:33; Yoh 12:33; Yoh 12:34; Yoh 12:34; Yoh 12:35; Yoh 12:35; Yoh 12:36; Yoh 12:36; Yoh 12:37; Yoh 12:37-43; Yoh 12:37; Yoh 12:37-50; Yoh 12:38; Yoh 12:38; Yoh 12:39; Yoh 12:39; Yoh 12:40; Yoh 12:40; Yoh 12:41; Yoh 12:41; Yoh 12:42; Yoh 12:42; Yoh 12:43; Yoh 12:43; Yoh 12:44; Yoh 12:44-50; Yoh 12:44; Yoh 12:45; Yoh 12:45; Yoh 12:46; Yoh 12:46; Yoh 12:47; Yoh 12:47; Yoh 12:48; Yoh 12:48; Yoh 12:49; Yoh 12:49; Yoh 12:50; Yoh 12:50
Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...
12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.
Hagelberg: Yoh 12:20-36 - -- 4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa...
4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)
Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa permohonan beberapa orang Yunani. Susunan ini tidak sembarangan. Sekali lagi musuh Tuhan Yesus mengucapkan suatu kebenaran, tanpa menyadari bahwa perkataan mereka mempunyai arti yang ironis. Dalam pasal 11:51-52 Yohanes menjelaskan bahwa perkataan Imam Besar merupakan nubuatan, tetapi dalam nas ini Yohanes tidak menjelaskan keironisan perkataan mereka secara terang-terangan. Namun kisah ini mengenai permohonan beberapa orang Yunani menyatakan bahwa memang "seluruh dunia mengikuti Dia", sementara ini diwaklili oleh beberapa orang Yunani.
Seolah-olah tanggapan Tuhan Yesus kurang tepat. Tampaknya tidak ada kaitan antara permohonan mereka dan tanggapan Tuhan Yesus. Namun ada kaitan. Bagi Tuhan Yesus, orang-orang Yunani itu melambangkan seluruh dunia yang harus dijangkau dengan berita kematian dan kenaikan-Nya. Lagipula mereka tidak akan dijangkau kecuali pengikut-pengikut Tuhan Yesus rela mengikuti teladan-Nya, dan tidak mengasihi nyawanya. Dengan demikian pokok-pokok yang diungkapkan dalamm nas ini memiliki kesatuan dan tujuan yang sangat tepat.
Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...
12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.
C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)
Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)
Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi n...
12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.
Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923
Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.
Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."
Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi n...
12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.
Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923
Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.
Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."
Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...
12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.
Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.
Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...
12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.
Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.
Hagelberg: Yoh 12:33 - -- 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926
Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.
Hagelberg: Yoh 12:33 - -- 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926
Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.
Hagelberg: Yoh 12:34 - -- 12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau menga...
12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?"
Mereka menekankan istilah kami dan istilah Engkau, sehingga ada nada perlawanan dalam perkataan mereka. Mereka mendengar dari Dia bahwa Dia akan "ditinggikan dari bumi", tetapi mereka membaca nas-nas seperti Mazmur 110:4; Yesaya 9:7; Daniel 7:14; dan Yehezkiel 37:25 bahwa Mesias hidup selama-lamanya. Mereka tidak mengerti.
Mereka tidak bertanya apakah Dia adalah Anak Manusia. Mereka tidak menanyakan identitas Anak Manusia, karena sudah jelas Dia mengklaim bahwa Dia adalah Anak Manusia. Mereka menanyakan tugas atau peranan Anak Manusia. Mungkinkah Anak Manusia mempunyai tugas yang lain dari pada Mesias? Jika Tuhan Yesus berkata bahwa Mesias (atau Anak Manusia) harus meninggal, seperti apa, Mesias yang semacam itu? Perkataan ini merupakan perkataan orang banyak yang terakhir dalam Injil Yohanes, dan mereka masih bingung.
Hagelberg: Yoh 12:34 - -- 12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau menga...
12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?"
Mereka menekankan istilah kami dan istilah Engkau, sehingga ada nada perlawanan dalam perkataan mereka. Mereka mendengar dari Dia bahwa Dia akan "ditinggikan dari bumi", tetapi mereka membaca nas-nas seperti Mazmur 110:4; Yesaya 9:7; Daniel 7:14; dan Yehezkiel 37:25 bahwa Mesias hidup selama-lamanya. Mereka tidak mengerti.
Mereka tidak bertanya apakah Dia adalah Anak Manusia. Mereka tidak menanyakan identitas Anak Manusia, karena sudah jelas Dia mengklaim bahwa Dia adalah Anak Manusia. Mereka menanyakan tugas atau peranan Anak Manusia. Mungkinkah Anak Manusia mempunyai tugas yang lain dari pada Mesias? Jika Tuhan Yesus berkata bahwa Mesias (atau Anak Manusia) harus meninggal, seperti apa, Mesias yang semacam itu? Perkataan ini merupakan perkataan orang banyak yang terakhir dalam Injil Yohanes, dan mereka masih bingung.
Hagelberg: Yoh 12:35 - -- 12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegela...
12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.
Dari pada menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah Ia jawab, Ia memperingati mereka. Mereka menghadapi suatu perjalanan rohani. Sebentar lagi mata hari akan terbenam, sehingga mereka harus berjalan cepat-cepat supaya tidak kemalaman. Kiasan ini berarti bahwa selama Tuhan Yesus masih di situ mereka harus cepat-cepat datang kepada-Nya. Nanti kalau Dia sudah pergi, lebih sulit bagi mereka. Setelah pasal 12:50, terang tidak ada lagi di antara mereka.
Hagelberg: Yoh 12:35 - -- 12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegela...
12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.
Dari pada menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah Ia jawab, Ia memperingati mereka. Mereka menghadapi suatu perjalanan rohani. Sebentar lagi mata hari akan terbenam, sehingga mereka harus berjalan cepat-cepat supaya tidak kemalaman. Kiasan ini berarti bahwa selama Tuhan Yesus masih di situ mereka harus cepat-cepat datang kepada-Nya. Nanti kalau Dia sudah pergi, lebih sulit bagi mereka. Setelah pasal 12:50, terang tidak ada lagi di antara mereka.
Hagelberg: Yoh 12:36 - -- 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersemb...
12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.
Sebagai Terang Dunia, Dia mendorong mereka untuk percaya kepada-Nya segera, berdasarkan apa yang telah mereka mendengar dan melihat. Dengan demikian perdebatan dengan orang banyak berakhir dalam Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 12:36 - -- 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersemb...
12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.
Sebagai Terang Dunia, Dia mendorong mereka untuk percaya kepada-Nya segera, berdasarkan apa yang telah mereka mendengar dan melihat. Dengan demikian perdebatan dengan orang banyak berakhir dalam Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 12:37 - -- 12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,
Pemakaian istilah tanda ...
12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,
Pemakaian istilah tanda dalam kalimat ini penting.931 Yohanes menyatakan suatu peralihan besar di sini. Sampai di sini Tuhan Yesus mengadakan banyak tanda di Israel, untuk membedakan antara mereka yang "buta" dan mereka yang "dapat melihat", atau dengan kata lain, untuk "menghakimi" mereka. Proses itu telah menimbulkan perselisihan di antara mereka. Ada yang percaya kepada-Nya, dan ada yang menolak Dia.
Yohanes menekankan mereka yang tidak percaya kepada-Nya. Tanggung jawab mereka ditekankan dalam ayat ini. Mereka layak dihukum. (Dalam ayat 42 mereka yang percaya diperhatikan.)
Hagelberg: Yoh 12:37-43 - -- 1. Nubuatan dari Firman Allah (12:37-43)
Yesaya dikutip untuk menjelaskan bahwa Tuhan Allah sendiri bertindak supaya mereka di Israel tidak mampu perc...
1. Nubuatan dari Firman Allah (12:37-43)
Yesaya dikutip untuk menjelaskan bahwa Tuhan Allah sendiri bertindak supaya mereka di Israel tidak mampu percaya. Yohanes memakai kesaksian salah satu nabi Israel untuk menghakimi bangsa Israel.
Hagelberg: Yoh 12:37 - -- 12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,
Pemakaian istilah tanda ...
12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,
Pemakaian istilah tanda dalam kalimat ini penting.931 Yohanes menyatakan suatu peralihan besar di sini. Sampai di sini Tuhan Yesus mengadakan banyak tanda di Israel, untuk membedakan antara mereka yang "buta" dan mereka yang "dapat melihat", atau dengan kata lain, untuk "menghakimi" mereka. Proses itu telah menimbulkan perselisihan di antara mereka. Ada yang percaya kepada-Nya, dan ada yang menolak Dia.
Yohanes menekankan mereka yang tidak percaya kepada-Nya. Tanggung jawab mereka ditekankan dalam ayat ini. Mereka layak dihukum. (Dalam ayat 42 mereka yang percaya diperhatikan.)
Hagelberg: Yoh 12:37-50 - -- D. Teologi ketidakpercayaan (12:37-50)
Dalam bagian ini Rasul Yohanes, dan Tuhan Yesus sendiri, menanggapi ketidakpercayaan mereka. Orang yang belum p...
D. Teologi ketidakpercayaan (12:37-50)
Dalam bagian ini Rasul Yohanes, dan Tuhan Yesus sendiri, menanggapi ketidakpercayaan mereka. Orang yang belum percaya, yang membaca Injil Yohanes, dapat berkata, "Jika sekian banyak orang Yahudi - mereka dari negeri-Nya sendiri - menolak Dia, mungkin Dia bukan Mesias." Masalah itu ditanggapi dalam bagian ini. Yohanes menjelaskan bahwa sikap orang Yahudi tetap sama, sejak dahulukalah. Musa juga menghadapi sikap yang sama, dan berkata "Sudah kamu lihat segala yang dilakukan TUHAN di tanah Mesir di depan matamu terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan terhadap seluruh negerinya: cobaan-cobaan yang besar yang telah dilihat oleh matamu sendiri, tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang besar itu. Tetapi sampai sekarang ini TUHAN tidak memberi kamu akal budi untuk mengerti atau mata untuk melihat atau telinga untuk mendengar" (Ulangan 29:2-4). Ketidakpercayaan bangsa Israel bukan merupakan bukti bahwa Yesus bukan Mesias. Sebenarnya ketidakpercayaan mereka telah dinubuatkan. TUHAN Allah tidak mengaruniakan iman kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 12:38 - -- 12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan keku...
12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?"
Dalam konteks Injil Yohanes, unkapan pemberitaan kami merujuk pada ajaran Tuhan Yesus, dan ungkapan tangan kekuasaan Tuhan merujuk pada tanda-tanda yang diadakan oleh Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:38 - -- 12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan keku...
12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?"
Dalam konteks Injil Yohanes, unkapan pemberitaan kami merujuk pada ajaran Tuhan Yesus, dan ungkapan tangan kekuasaan Tuhan merujuk pada tanda-tanda yang diadakan oleh Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:39 - -- 12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:
Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebena...
12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:
Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebenarnya ajaran yang searah sudah diungkapkan dalam pasal 6:44 yang berkata, "Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa...." Bagi Rasul Yohanes, tidak ada kontradiksi antara kedaulatan Allah kita (ayat 39-40) dan tanggung jawab manusia yang diharuskan untuk percaya (ayat 37, 42, dan 48).
Hagelberg: Yoh 12:39 - -- 12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:
Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebena...
12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:
Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebenarnya ajaran yang searah sudah diungkapkan dalam pasal 6:44 yang berkata, "Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa...." Bagi Rasul Yohanes, tidak ada kontradiksi antara kedaulatan Allah kita (ayat 39-40) dan tanggung jawab manusia yang diharuskan untuk percaya (ayat 37, 42, dan 48).
Hagelberg: Yoh 12:40 - -- 12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehin...
12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka."
Dalam ayat 37 tanggung jawab mereka ditekankan, sedangkan dalam ayat ini kedaulatan Allah ditekankan. Sekali lagi, Rasul Yohanes tidak mengaku adanya kontradisi antara tanggung jawab manusia dan kedaulatan Allah dalam hal keselamatan.
Carson932 menekankan empat pengamatan yang harus diperhatikan untuk menghindari kesan bahwa kedaulatan Allah terlalu keras:
1. Alkitab tidak mengadukan kedaulatan Allah dengan tanggung jawab manusia.
2. Tuhan Allah tidak mengeraskan hati orang-orang yang tulus, atau pun mereka yang netral. Ia mengeraskan hati manusia yang bersalah.
3. Kedaulatan Allah menimbulkan pengharapan, karena kita berdoa kepada Ia yang berdaulatan, bukan kepada dewa yang kurang mampu mengabulkan doa kita.
4. Dalam Yesaya 28:21-29 dinyatakan bahwa pekerjaan Allah memiliki tahapan, yang akhirnya menghasilkan tujuan yang mulia. Demikian juga Roma 9:22-33.
Dalam Roma 9:18 dan 2 Tesalonika 2:11 diajar bahwa Allah mengeraskah hati orang.
Hagelberg: Yoh 12:40 - -- 12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehin...
12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka."
Dalam ayat 37 tanggung jawab mereka ditekankan, sedangkan dalam ayat ini kedaulatan Allah ditekankan. Sekali lagi, Rasul Yohanes tidak mengaku adanya kontradisi antara tanggung jawab manusia dan kedaulatan Allah dalam hal keselamatan.
Carson932 menekankan empat pengamatan yang harus diperhatikan untuk menghindari kesan bahwa kedaulatan Allah terlalu keras:
1. Alkitab tidak mengadukan kedaulatan Allah dengan tanggung jawab manusia.
2. Tuhan Allah tidak mengeraskan hati orang-orang yang tulus, atau pun mereka yang netral. Ia mengeraskan hati manusia yang bersalah.
3. Kedaulatan Allah menimbulkan pengharapan, karena kita berdoa kepada Ia yang berdaulatan, bukan kepada dewa yang kurang mampu mengabulkan doa kita.
4. Dalam Yesaya 28:21-29 dinyatakan bahwa pekerjaan Allah memiliki tahapan, yang akhirnya menghasilkan tujuan yang mulia. Demikian juga Roma 9:22-33.
Dalam Roma 9:18 dan 2 Tesalonika 2:11 diajar bahwa Allah mengeraskah hati orang.
Hagelberg: Yoh 12:41 - -- 12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.
Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, di...
12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.
Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, dikatakan oleh Yesaya, pada waktu ia melihat kemuliaan-Nya, seperti kisah seluruh Yesaya pasal 6. Tentu, nama Yesus tidak disebutkan dalam Yesaya 6, tetapi dia yang menulis ayat 41 ini juga menulis Yohanes 1:1. Firman itu adalah Allah.
Hagelberg: Yoh 12:41 - -- 12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.
Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, di...
12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.
Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, dikatakan oleh Yesaya, pada waktu ia melihat kemuliaan-Nya, seperti kisah seluruh Yesaya pasal 6. Tentu, nama Yesus tidak disebutkan dalam Yesaya 6, tetapi dia yang menulis ayat 41 ini juga menulis Yohanes 1:1. Firman itu adalah Allah.
Hagelberg: Yoh 12:42 - -- 12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934,...
12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934, supaya mereka jangan dikucilkan.935
Carson936 mengamati bahwa pasal 1:10-13 mempunyai pola yang sama dengan pasal 12:37-42-43. Ketidakpercayaan yang umum disebutkan lebih dulu, lalu iman orang percaya yang menjadi kekecualian dikemukakan. Sebenarnya kontras itu, antara mereka yang menolak dan mereka yang percaya, merupakan suatu tema yang muncul berkali-kali dalam pasal 7-12. Nas ini merupakan puncak dari kontras itu, sehingga para pemimpin juga disebutkan.
Walaupun banyak di antara pemimpin yang percaya kepada Tuhan Yesus, hanya dua nama (yaitu nama Nikodemus dan Yusuf dari Arimatea) dicatat dalam Perjanjian Baru. Kasus Yusuf dari Arimatea menarik dalam konteks ini. Dalam pasal 19:38 dijelaskan bahwa dia adalah "murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi". Meskipun demikian, dia berani "meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus." Orang mengatakan bahwa seharusnya dia tidak "sembunyi-sembunyi" saja. Seharusnya dia berterus terang mengakui Tuhan Yesus. Setuju, tetapi sebaiknya kita yang tidak sedang menghadapi penganiayaan, tidak cepat-cepat menjelekkan dia. Lebih-lebih, jangan kita berkata bahwa iman Yusuf dari Arimatea bukan merupakan iman yang menyelamatkan. Hal itu tidak dikatakan dalam nas ini. Memang sebaiknya mereka berani mengakui Dia kepada musuh-Nya, seperti orang yang matanya dimelekkan dalam pasal 9, tetapi sebenarnya ketakutan mereka mudah dipahami.
Mungkin beratnya pengucilan lebih terasa oleh para pemimpin, yaitu mereka yang mempunyai jabatan dalam agama Yahudi. Tampaknya dikucilkan dari kursi depan yang disediakan bagi para pemimpin dianggap lebih berat daripada dikucilkan dari tikar yang terletak di belakang ruang ibadah.
Perlu ditekankan di sini bahwa nas ini tidak menyentuh masalah "iman yang menyelamatkan" atau "iman yang tidak menyelamatkan". Dalam Injil Yohanes, iman pada Yesus Kristus menyelamatkan. Ada iman yang lebih dihargai (misalnya iman yang muncul dari kesaksian), dan ada iman yang kurang dihargai (yaitu imanyang muncul dari tanda), tetapi iman pada Yesus menyelamatkan dari hukuman kekal.937 Aneh dan tidak adil, jika seandainya mengaku Yesus di depan orang yang mau membunuh orang Kristen, merupakan syarat keselamatan, atau bukti yang wajib bahwa iman kita cukup kuat untuk menyelamatkan kita dari hukuman kekal. Kalau begitu, orang yang diam di negara yang "Kristen" lebih mudah diselamatkan!
Benar dan baik, jika kita bersemangat mendorong setiap orang percaya, supaya dia menjadi murid yang teguh dan pengikut yang setia sampai mati. Namun kita tidak boleh memindahkan ketaatan (suatu bukti pemuridan) sehingga menjadi bukti iman dan keselamatan dari neraka. Jangan-jangan ketaatan menjadi standar yang menentukan keyakinan akan keselamatan.
Hagelberg: Yoh 12:42 - -- 12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934,...
12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934, supaya mereka jangan dikucilkan.935
Carson936 mengamati bahwa pasal 1:10-13 mempunyai pola yang sama dengan pasal 12:37-42-43. Ketidakpercayaan yang umum disebutkan lebih dulu, lalu iman orang percaya yang menjadi kekecualian dikemukakan. Sebenarnya kontras itu, antara mereka yang menolak dan mereka yang percaya, merupakan suatu tema yang muncul berkali-kali dalam pasal 7-12. Nas ini merupakan puncak dari kontras itu, sehingga para pemimpin juga disebutkan.
Walaupun banyak di antara pemimpin yang percaya kepada Tuhan Yesus, hanya dua nama (yaitu nama Nikodemus dan Yusuf dari Arimatea) dicatat dalam Perjanjian Baru. Kasus Yusuf dari Arimatea menarik dalam konteks ini. Dalam pasal 19:38 dijelaskan bahwa dia adalah "murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi". Meskipun demikian, dia berani "meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus." Orang mengatakan bahwa seharusnya dia tidak "sembunyi-sembunyi" saja. Seharusnya dia berterus terang mengakui Tuhan Yesus. Setuju, tetapi sebaiknya kita yang tidak sedang menghadapi penganiayaan, tidak cepat-cepat menjelekkan dia. Lebih-lebih, jangan kita berkata bahwa iman Yusuf dari Arimatea bukan merupakan iman yang menyelamatkan. Hal itu tidak dikatakan dalam nas ini. Memang sebaiknya mereka berani mengakui Dia kepada musuh-Nya, seperti orang yang matanya dimelekkan dalam pasal 9, tetapi sebenarnya ketakutan mereka mudah dipahami.
Mungkin beratnya pengucilan lebih terasa oleh para pemimpin, yaitu mereka yang mempunyai jabatan dalam agama Yahudi. Tampaknya dikucilkan dari kursi depan yang disediakan bagi para pemimpin dianggap lebih berat daripada dikucilkan dari tikar yang terletak di belakang ruang ibadah.
Perlu ditekankan di sini bahwa nas ini tidak menyentuh masalah "iman yang menyelamatkan" atau "iman yang tidak menyelamatkan". Dalam Injil Yohanes, iman pada Yesus Kristus menyelamatkan. Ada iman yang lebih dihargai (misalnya iman yang muncul dari kesaksian), dan ada iman yang kurang dihargai (yaitu imanyang muncul dari tanda), tetapi iman pada Yesus menyelamatkan dari hukuman kekal.937 Aneh dan tidak adil, jika seandainya mengaku Yesus di depan orang yang mau membunuh orang Kristen, merupakan syarat keselamatan, atau bukti yang wajib bahwa iman kita cukup kuat untuk menyelamatkan kita dari hukuman kekal. Kalau begitu, orang yang diam di negara yang "Kristen" lebih mudah diselamatkan!
Benar dan baik, jika kita bersemangat mendorong setiap orang percaya, supaya dia menjadi murid yang teguh dan pengikut yang setia sampai mati. Namun kita tidak boleh memindahkan ketaatan (suatu bukti pemuridan) sehingga menjadi bukti iman dan keselamatan dari neraka. Jangan-jangan ketaatan menjadi standar yang menentukan keyakinan akan keselamatan.
Hagelberg: Yoh 12:43 - -- 12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938
Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44...
Hagelberg: Yoh 12:43 - -- 12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938
Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44...
Hagelberg: Yoh 12:44 - -- 12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
Mereka ya...
12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
Mereka yang disebutkan dalam ayat 42-43 berdiam diri, tetapi Tuhan Yesus berseru. Dalam ayat ini Dia menekankan kesatuan Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Sesuai dengan kebiasaan Injil Yohanes, Allah Bapa disebut Dia yang telah mengutus Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:44-50 - -- 2. Wewenang di balik janji - dan ancaman - Yesus (12:44-50)
Dalam nas ini Tuhan Yesus meringkaskan dan mengulangi beberapa tema yang telah diuraikan, ...
2. Wewenang di balik janji - dan ancaman - Yesus (12:44-50)
Dalam nas ini Tuhan Yesus meringkaskan dan mengulangi beberapa tema yang telah diuraikan, dan menegaskan bahwa Allah Bapa sendiri ada di balik janji keselamatan-Nya, dan di balik ancaman hukuman. Dengan demikian Dia menantang orang untuk percaya kepada-Nya. Allah sendiri adalah wewenang-Nya.
Wewenang tersebut harus juga diingat oleh mereka yang lebih mengasihi kemuliaan manusia dari pada kemuliaan Allah.
Hagelberg: Yoh 12:44 - -- 12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
Mereka ya...
12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
Mereka yang disebutkan dalam ayat 42-43 berdiam diri, tetapi Tuhan Yesus berseru. Dalam ayat ini Dia menekankan kesatuan Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Sesuai dengan kebiasaan Injil Yohanes, Allah Bapa disebut Dia yang telah mengutus Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:45 - -- 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringka...
12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringkasan dan penegasan ini.
Hagelberg: Yoh 12:45 - -- 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringka...
12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringkasan dan penegasan ini.
Hagelberg: Yoh 12:46 - -- 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
Di akhir bagian i...
12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
Di akhir bagian ini Dia mengulangi apa yang dikatakan dalam Pendahuluan Injil Yohanes: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Tema ini dikembangkan dan diuraikan, terutama dalam pasal 9.
Hagelberg: Yoh 12:46 - -- 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
Di akhir bagian i...
12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
Di akhir bagian ini Dia mengulangi apa yang dikatakan dalam Pendahuluan Injil Yohanes: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Tema ini dikembangkan dan diuraikan, terutama dalam pasal 9.
Hagelberg: Yoh 12:47 - -- 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 ...
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
Sama seperti mata hari yang tidak terbit untuk mengadakan bayangan, Dia tidak datang untuk menghakimi orang.
Di atas Dia membahas obyek iman dari mereka yang percaya, sedangkan dalam ayat ini dan ayat 48 Dia membahas hukuman bagi mereka yang tidak percaya.
Hagelberg: Yoh 12:47 - -- 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 ...
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
Sama seperti mata hari yang tidak terbit untuk mengadakan bayangan, Dia tidak datang untuk menghakimi orang.
Di atas Dia membahas obyek iman dari mereka yang percaya, sedangkan dalam ayat ini dan ayat 48 Dia membahas hukuman bagi mereka yang tidak percaya.
Hagelberg: Yoh 12:48 - -- 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi ...
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.
Perkataan-Nya yang dapat menyelamatkan orang akhirnya menjadi hakimnya, jika orang tidak menerimanya. Oleh karena nas ini merupakan firman yang terakhir kepada mereka (yaitu orang banyak, bukan murid-murid-Nya), maka hukuman mereka mendekat, kecuali mereka bertobat.
Menurut pasal 5:45, perkataan Musa menjadi hakim mereka yang mendengarkannya tetapi tidak mentaatinya. Demikian juga perkataan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:48 - -- 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi ...
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.
Perkataan-Nya yang dapat menyelamatkan orang akhirnya menjadi hakimnya, jika orang tidak menerimanya. Oleh karena nas ini merupakan firman yang terakhir kepada mereka (yaitu orang banyak, bukan murid-murid-Nya), maka hukuman mereka mendekat, kecuali mereka bertobat.
Menurut pasal 5:45, perkataan Musa menjadi hakim mereka yang mendengarkannya tetapi tidak mentaatinya. Demikian juga perkataan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 12:49 - -- 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus...
12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
Tampaknya ayat 44-46 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang percaya, ayat 47-48 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang yang tidak percaya, dan ayat 49-50 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan Allah Bapa.
Pasal 1:18 berkata "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Pokok itu diulangi di sini, tetapi sebenarnya pokok tersebut diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.942 Bukan hanya perkataan-Nya yang menyatakan Allah Bapa, tetapi seluruh keberadaan-Nya menyatakan Allah Bapa, karena Dia adalah Firman Allah. Allah menjelma menjadi manusia.
Hagelberg: Yoh 12:49 - -- 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus...
12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
Tampaknya ayat 44-46 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang percaya, ayat 47-48 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang yang tidak percaya, dan ayat 49-50 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan Allah Bapa.
Pasal 1:18 berkata "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Pokok itu diulangi di sini, tetapi sebenarnya pokok tersebut diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.942 Bukan hanya perkataan-Nya yang menyatakan Allah Bapa, tetapi seluruh keberadaan-Nya menyatakan Allah Bapa, karena Dia adalah Firman Allah. Allah menjelma menjadi manusia.
Hagelberg: Yoh 12:50 - -- 12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh B...
12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."
Perintah Allah Bapa merupakan hidup yang kekal bagi setiap orang yang percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, karena perintah itu membawa Tuhan Yesus pada salib-Nya, menurut pasal 10:18 dan seluruh 12:20-33.943
Dia tidak hanya menjelma menjadi manusia untuk menyatakan Allah. Dia juga datang untuk mencurahkan dan menyediakan hidup Allah, yaitu hidup yang kekal, bagi manusia.
Ayat ini menjembatani bagian ini (di mana Dia mengatakan Firman Allah dan menyatakan Allah sendiri) dengan bagian berikut yang terpusat pada salib Tuhan Yesus, yang memperoleh hidup yang kekal.
Hagelberg: Yoh 12:50 - -- 12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh B...
12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."
Perintah Allah Bapa merupakan hidup yang kekal bagi setiap orang yang percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, karena perintah itu membawa Tuhan Yesus pada salib-Nya, menurut pasal 10:18 dan seluruh 12:20-33.943
Dia tidak hanya menjelma menjadi manusia untuk menyatakan Allah. Dia juga datang untuk mencurahkan dan menyediakan hidup Allah, yaitu hidup yang kekal, bagi manusia.
Ayat ini menjembatani bagian ini (di mana Dia mengatakan Firman Allah dan menyatakan Allah sendiri) dengan bagian berikut yang terpusat pada salib Tuhan Yesus, yang memperoleh hidup yang kekal.