Teks -- Yehezkiel 40:1-20 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yeh 40:1--44:26 - PENGLIHATAN-PENGLIHATAN ILAHI.
Nas : Yeh 40:1-43:27
Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM,
dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tu...
Nas : Yeh 40:1-43:27
Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tujuannya ialah memberi semangat kepada bangsa itu bahwa kemuliaan Allah akan dipulihkan sama sekali pada masa yang akan datang, sehingga menghasilkan pengurapan dan berkat yang akan bertahan selama-lamanya.
Full Life: Yeh 40:5 - KELILING BANGUNAN ITU.
Nas : Yeh 40:5
Ada tiga penafsiran utama tentang penglihatan Bait Suci Yehezkiel
ini:
(1) Sebuah Bait Suci simbolik yang menggambarkan keadaan...
Nas : Yeh 40:5
Ada tiga penafsiran utama tentang penglihatan Bait Suci Yehezkiel ini:
- (1) Sebuah Bait Suci simbolik yang menggambarkan keadaan kekal yang dilukiskan dalam pasal Wahy 21:1-22:21;
- (2) sebuah Bait Suci simbolik yang melukiskan berkat-berkat kerajaan seribu tahun; atau
- (3) sebuah Bait Suci sungguhan yang akan didirikan pada masa kerajaan seribu tahun. Penafsiran manapun yang diterima, pokok-pokok ajaran yang terutama adalah
- (1) bahwa pada suatu hari kehadiran dan kemuliaan Allah akan dikembalikan kepada umat-Nya untuk selama-lamanya (Yeh 43:7), dan
- (2) bahwa berkat-berkat Kristus akan mengalir sebagai aliran yang semakin dalam (Yeh 47:1-12).
Full Life: Yeh 40:5 - TEMBOK, SELURUH KELILING BANGUNAN.
Nas : Yeh 40:5
Tembok ini akan menandai wilayah Bait Suci dan memisahkannya dari
bagian kota yang lain. Orang percaya yang tubuhnya kini menjadi ba...
Nas : Yeh 40:5
Tembok ini akan menandai wilayah Bait Suci dan memisahkannya dari bagian kota yang lain. Orang percaya yang tubuhnya kini menjadi bait yang hidup dari Roh Kudus (1Kor 6:19), harus menjaga agar dirinya tetap terpisah dari masyarakat yang berdosa di sekeliling mereka serta dikuduskan bagi Allah dan kepentingannya
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
Dalam naskah Ibrani ayat 14 tidak jelas.
Bahasa Ibrani mempunyai dua kata tambahan yang tak jelas artinya.
Jerusalem: Yeh 40:1 - Dalam tahun Bagian terakhir kitab Yehezkiel, bab 40-48, menyajikan semacam bagan terperinci pemulihan keagamaan dan kebangsaan umat Israel di Palestina. Nabi Yehe...
Bagian terakhir kitab Yehezkiel, bab 40-48, menyajikan semacam bagan terperinci pemulihan keagamaan dan kebangsaan umat Israel di Palestina. Nabi Yehezkiel berpangkal pada masa yang lampau yang ternyata dikenalnya baik-baik. Tetapi ia mencoba menyesuaikan hukum lama dengan keadaan baru dan iapun memanfaatkan pengalaman umat belum lama berselang. Maksudnya ialah mencegah umat Israel dari godaan dan kesalahan yang dahulu mengakibatkan keruntuhannya. Begitulah nabi Yehezkiel nampak sebagai organisator yang ingin mewujudkan pembaharuan yang sudah lama diharapkan dan diinginkan. Apa yang dahulu dijanjikan nabi Yehezkiel sehubungan dengan pemulihan umat dan mengenai perjanjian yang baru menurut bahwa jemaat Yahudi diorganisasikan secara lain dari dahulu. Memang di zaman nabi Yehezkiel segenap bangsa Israel perlu dibangun kembali. Karena itu Yehezkiel sempat memberi Israel semacam "piagam pembangunan" yang menjadi dasar segenap usaha dan pengharapan di masa kemudian dari Yehezkiel, mulai dengan Ezra sampai dengan kitab Wahyu yang berkata tentang "Yerusalem sorgawi". Umat Kristen agaknya mengartikan semuanya itu begitu rupa sehingga mengenai kekudusan yang dicita-citakan, Yeh 44:23; 43:7, dan kehadiran Allah, Yeh 48:35, sebagaimana yang terujud dalam Gereja Kristus
Jerusalem: Yeh 40:1 - tahun keempat belas Tanggal yang disebut dalam ayat ini ialah: bulan September/Oktober th 573 seb Mas. Tahun perayaan agama mulai pada musim semi, sedangkan tahun sipil m...
Tanggal yang disebut dalam ayat ini ialah: bulan September/Oktober th 573 seb Mas. Tahun perayaan agama mulai pada musim semi, sedangkan tahun sipil mulai dengan bulan pertama di musim rontok
Jerusalem: Yeh 40:2 - yang menyerupai bentuk kota Yang dimaksud ialah kota Yerusalem (baru), yang diperluas dan diperindah.
Yang dimaksud ialah kota Yerusalem (baru), yang diperluas dan diperindah.
Jerusalem: Yeh 40:3 - seorang yang kelihatan seperti tembaga Ialah seorang malaikat yang menjelaskan kepada nabi arti dan makna penglihatannya. Pada nabi-nabi belakangan memang sering kali tampil seorang malaika...
Ialah seorang malaikat yang menjelaskan kepada nabi arti dan makna penglihatannya. Pada nabi-nabi belakangan memang sering kali tampil seorang malaikat "penafsir", bdk Dan 8:16; 9:21 dst; Yeh 10:5 dst Zak 1:8 dst Yeh 2:2; Wah 1:1; 10:1-11, dll.
Jerusalem: Yeh 40:5 - hasta biasa Agaknya ada dua macam hasta yang berbeda-beda, yaitu: hasta biasa yang panjangnya enam tapak tangan, dan hasta besar, yang panjangnya tujuh tapak tang...
Agaknya ada dua macam hasta yang berbeda-beda, yaitu: hasta biasa yang panjangnya enam tapak tangan, dan hasta besar, yang panjangnya tujuh tapak tangan. Yehezkiel menyatakan bahwa hasta panjang itulah yang dipakai: satu hasta biasa tambah setapak tangan.
Jerusalem: Yeh 40:6 - pintu gerbang yang menghadap ke timur Pada pelataran luar bait Allah ada tiga pintu gerbang yang sama bentuk dan bangunannya. Hanya pintu gerbang di sisi timur dibicarakan secara terperinc...
Pada pelataran luar bait Allah ada tiga pintu gerbang yang sama bentuk dan bangunannya. Hanya pintu gerbang di sisi timur dibicarakan secara terperinci. Dalam apa yang dikatakan Yehezkiel ada beberapa hal yang maksudnya tidak jelas lagi bagi kita. Naskah Ibrani ternyata agak rusak dan keterangan-keterangan yang disajikan cukup tidak keruan juga. Namun jelaslah bahwa bangunan pintu-pintu gerbang bait Allah itu serupa dengan pintu-pintu gerbang berbenteng seperti yang ada pada kota Megido, Hazor dan Gezer. Pintu-pintu gerbang macam itu mulai dibangun sejak masa pemerintahan Salomo. Nabi jelas masih ingat akan kota Yerusalem pada masa sebelum pembuangan
Jerusalem: Yeh 40:6 - satu tongkat lebarnya Naskah Ibrani masih menambah: dan satu ambang pintu, satu tongkat lebarnya. Ini tidak ada dalam terjemahan yunani dan agaknya salah tulis (seorang pen...
Naskah Ibrani masih menambah: dan satu ambang pintu, satu tongkat lebarnya. Ini tidak ada dalam terjemahan yunani dan agaknya salah tulis (seorang penyalin dua kali menulis yang sama).
Jerusalem: Yeh 40:8 - #/TB Yeh 40:8-9 dalam naskah Ibrani tidak keruan. Sebagian dihilangkan dalam terjemahan Indonesia ini, oleh karena ternyata seorang penyalin menulis dua kali yang sam...
dalam naskah Ibrani tidak keruan. Sebagian dihilangkan dalam terjemahan Indonesia ini, oleh karena ternyata seorang penyalin menulis dua kali yang sama.
Jerusalem: Yeh 40:13 - dari dinding belakang... yang lain Naskah Ibrani diperbaiki. Tertulis: Dari atap kamar jaga yang satu sampai atapnya.
Naskah Ibrani diperbaiki. Tertulis: Dari atap kamar jaga yang satu sampai atapnya.
Jerusalem: Yeh 40:14 - -- Dalam naskah Ibrani maksud ayat ini tidak jelas. Terjemahannya dikira-kirakan saja.
Dalam naskah Ibrani maksud ayat ini tidak jelas. Terjemahannya dikira-kirakan saja.
Jerusalem: Yeh 40:16 - jendela-jendela dengan bidai Terjemahan ini tidak pasti. Bangunan pintu-pintu gerbang itu cukup berbelit-belit. Hanya melalui pintu-pintu itu orang dapat memasuki pelataran bait A...
Terjemahan ini tidak pasti. Bangunan pintu-pintu gerbang itu cukup berbelit-belit. Hanya melalui pintu-pintu itu orang dapat memasuki pelataran bait Allah. Bangunan yang berbelit-belit itu bermaksud supaya orang yang masuk mudah dapat diawasi. Dalam pandangan Yehezkiel orang asing dan orang fasik harus dicegah masuk bait Allah.
Ini ditambah menurut terjemahan Yunani.
Ende: Yeh 40:1--48:35 - -- Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam
nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilu...
Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilukiskan sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni: Jahwe hadir dalam baitullah dipusat umat, Jerusjalem, dan semua suku Israil sebagai kesatuan menetap dikeliling kediaman Allah itu dengan dikepalai oleh satu radja, wakil Jahwe, radja jang adil dan baik. Berkat anugerah Allah dari dalam BaitNja tanahnja luar biasa subur dan makmurnja.
Masa depan itu bukan sadja sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni djaman Dawud dan Sulaiman, tapi djuga djauh melebihinja. Masa depan, keradjaan Allah, jang terachir, dilukiskan sedemikian itu, oleh karena, sebagai orang Israil dan imam Jeheskiel hampir tidak dapat memikirkannja setjara lain. Semuanja achirnja hanja ibarat sadja. Kenjataan sesungguhnja masih djauh mengatasi pengharapan nabi. Pasal2 ini terbagi atas tiga bagian, jakni: Baitullah jang baru (Yeh 40:1-43:12), ibadah jang baru (Yeh 43:13-46:24), pembagian negeri jang baru (Yeh 40:47-48).
Tanggal itu ialah Sept./Okt.573.
Kota itu ialah Jerusjalem jang baru.
Ende: Yeh 40:5--42:20 - -- Naskah hibrani dalam gambaran baitullah ini memakai istilah teknis jang sering
sukar dimengerti. Malah orang2 Jahudi sudah lama tidak memahaminja deng...
Naskah hibrani dalam gambaran baitullah ini memakai istilah teknis jang sering sukar dimengerti. Malah orang2 Jahudi sudah lama tidak memahaminja dengan baik2.
Ende: Yeh 40:5 - jang sehasta.... ialah hasta chusus jang pandjangnja sehasta biasa dan
setelempap, demikian mendjadi tudjuh telempap, l.k. 52 cm. Teberau itu ialah
l.k.3,12 meter.
ialah hasta chusus jang pandjangnja sehasta biasa dan setelempap, demikian mendjadi tudjuh telempap, l.k. 52 cm. Teberau itu ialah l.k.3,12 meter.
Ende: Yeh 40:6-10 - -- Pintugerbang itu (dan ketiga lainpun dipelataran) bukan hanja pintu sadja, tapi
pintugerbang itu berupa gedung tersendiri jang ada pintu padanja diseb...
Pintugerbang itu (dan ketiga lainpun dipelataran) bukan hanja pintu sadja, tapi pintugerbang itu berupa gedung tersendiri jang ada pintu padanja disebelah luar dan disebelah dalam. Bangunannja sebagaimana jang dilukiskan disini agak berbelit dan sesungguhnja kurang djelas.
Endetn: Yeh 40:6 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "dan ambang pintugerbang itu: satu terberau".
Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "dan ambang pintugerbang itu: satu terberau".
ditambahkan menurut terdjemahan Junani.
Endetn: Yeh 40:12 - sebelah menjebelah (2X), diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "dari sebelah".
(2X), diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "dari sebelah".
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "memperbuat".
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "pada (sepandjang)".
diperbaiki. Naskah Hibrani pakai djamak.
Endetn: Yeh 40:16 - djenang2 diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Naskah Hibrani pakai mufrad.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Naskah Hibrani pakai mufrad.
diperbaiki menurut kiraan.
Ref. Silang FULL: Yeh 40:1 - sesudah kota // meliputi aku · sesudah kota: 2Raj 25:7; 2Raj 25:7; Yer 39:1-10; 52:4-11
· meliputi aku: Yeh 1:3; Yeh 1:3; Yeh 29:17; Yeh 29:17
Ref. Silang FULL: Yeh 40:2 - dalam penglihatan-penglihatan // sebuah gunung · dalam penglihatan-penglihatan: Kel 24:10; Kel 24:10; Dan 7:1,7
· sebuah gunung: Yer 31:12; Yer 31:12; Yeh 17:22; Yeh 17:22; Wahy 21:10...
Ref. Silang FULL: Yeh 40:3 - seperti tembaga // tongkat pengukur · seperti tembaga: Yeh 1:7; Yeh 1:7; Wahy 1:15
· tongkat pengukur: Yeh 47:3; Za 2:1-2; Wahy 11:1; 21:15
Ref. Silang FULL: Yeh 40:4 - kuperlihatkan kepadamu // Beritahukanlah // yang kaulihat · kuperlihatkan kepadamu: Ul 6:6; Ul 6:6
· Beritahukanlah: Yer 26:2
· yang kaulihat: Yeh 44:5
Ref. Silang FULL: Yeh 40:16 - pohon-pohon korma · pohon-pohon korma: Yeh 40:21-22; 2Taw 3:5; Yeh 41:26
· pohon-pohon korma: Yeh 40:21-22; 2Taw 3:5; Yeh 41:26
Ref. Silang FULL: Yeh 40:17 - pelataran luar // sekeliling pelataran // ada bilik-bilik · pelataran luar: Wahy 11:2
· sekeliling pelataran: Yeh 42:1
· ada bilik-bilik: Yeh 41:6
Ref. Silang FULL: Yeh 40:19 - lebar pelataran // seratus hasta · lebar pelataran: Yeh 46:1
· seratus hasta: Yeh 40:23,27
· lebar pelataran: Yeh 46:1
· seratus hasta: Yeh 40:23,27