Teks -- Mazmur 33:1-3 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Mzm 33:1-22 - Puji-pujian kepada Allah Israel Jumlah ayat kidung pujian ini genap jumlah huruf (220 dalam abjad Ibrani bdk Maz 103+; Maz 33:9-10. Jalan pikiran lagu ini kurang berurutan. Sesudah p...
Jumlah ayat kidung pujian ini genap jumlah huruf (220 dalam abjad Ibrani bdk Maz 103+; Maz 33:9-10. Jalan pikiran lagu ini kurang berurutan. Sesudah pembukaan yang berupa ajakan dan memuji firman Tuhan serta karya ciptaanNya pada umumnya, Maz 33:1-6, kidung ini meluhurkan Allah Pencipta, Maz 33:6-9, serta penyelenggaraanNya yang tahu segala sesuatunya, Maz 33:10-19, sehingga orang dapat mengandalkan Tuhan, Maz 33:20-22.
Jerusalem: Mzm 33:1 - Bersorak-sorailah Aselinya "sorak" itu tidak lain kecuali pekik perjuangan yang dianggap waktu tentara menyerang, Kel 32:17; Yos 6:5; Hak 7:20; 1Sa 17:20,52; Ams 1:14; ...
Aselinya "sorak" itu tidak lain kecuali pekik perjuangan yang dianggap waktu tentara menyerang, Kel 32:17; Yos 6:5; Hak 7:20; 1Sa 17:20,52; Ams 1:14; 2:12; Hos 5:8; Yer 4:19; 49:2. Maksudnya ialah: menyambut Tuhan sebagai Raja dan Panglima bala tentara Israel, Bil 23:21; Zef 1:16; bdk 1Sa 10:24, dan tabut perjanjian yang merupakan panji-panjiNya, 1Sa 4:5; 2Sa 6:15. Tetapi sesudah masa pembuangan seruan itu mendapat pemakaian yang lebih luas dalam ibadat. Maka seruan itu meluhurkan Tuhan sebagai Raja Israel dan bangsa-bangsa lain, Maz 47:2,6; 89:16; 98:4,6 sebagai Penyelamat, Yes 44:23, dan Hakim, Yoe 2:1. Seruan yang sama meluhurkan juga Mesias sebagai wasir Tuhan, Zak 9:9. Sorak-sorai itu menyertai banyak perayaan, Ima 23:24; 25:9; Bil 10:5; 29:1; 31:6; Ezr 3:11; Ayu 38:7, dan mengiringi korban syukur, Maz 27:6; 65:13; 100:1; Ayu 33:26, dan perarakan, Maz 95:1,2; 10:1 dst.
Jerusalem: Mzm 33:3 - nyanyian baru Barangkali justru mazmur ini, yang diciptakan untuk kesempatan khusus, meskipun kemudian terus dipakai dalam macam-macam upacara. Nyanyian baru dicipt...
Barangkali justru mazmur ini, yang diciptakan untuk kesempatan khusus, meskipun kemudian terus dipakai dalam macam-macam upacara. Nyanyian baru diciptakan oleh karena yang lama tidak dapat menampung karya Allah yang baru.
Ende -> Mzm 33:1-22; Mzm 33:3
Ende: Mzm 33:1-22 - -- Mazmur ini terdiri atas 22 ajat menurut djumlah huruf abdjad Hibrani. Ia
merupakan suatu gita untuk memuliakan Allah Pentjipta (Maz 33:6-9) dan
umumnj...
Mazmur ini terdiri atas 22 ajat menurut djumlah huruf abdjad Hibrani. Ia merupakan suatu gita untuk memuliakan Allah Pentjipta (Maz 33:6-9) dan umumnja meluhurkan sabda Jahwe, jang mentjiptakan dan mengurus semuanja. Maz 33:20-22 merupakan suatu penutupan, suatu kesimpulan: orang dapat pertjaja pada Tuhan.
Barangkali pendahuluan dan penutupan ini dinjanjikan oleh suatu kelompok penjanji sedangkan Maz 33:6-19 oleh satu penjanji sadja.
Ende: Mzm 33:3 - lagu jang baru Barangkali mazmur ini ditjiptakan untuk kesempatan
tertentu. Tetapi kemudian dipergunakan djuga dengan tidak mentjoret kata2 ini.
Barangkali mazmur ini ditjiptakan untuk kesempatan tertentu. Tetapi kemudian dipergunakan djuga dengan tidak mentjoret kata2 ini.
Ref. Silang FULL: Mzm 33:1 - Bersorak-sorailah // itu layak // orang-orang jujur · Bersorak-sorailah: Mazm 5:12; Mazm 5:12; Mazm 101:1; Mazm 101:1
· itu layak: Mazm 147:1
· orang-orang jujur: Mazm 11:7
· Bersorak-sorailah: Mazm 5:12; [Lihat FULL. Mazm 5:12]; Mazm 101:1; [Lihat FULL. Mazm 101:1]
· itu layak: Mazm 147:1
· orang-orang jujur: Mazm 11:7
Ref. Silang FULL: Mzm 33:2 - dengan kecapi // dengan gambus · dengan kecapi: Kej 4:21; Kej 4:21; 1Kor 14:7; Wahy 5:8
· dengan gambus: Mazm 92:4; 144:9
· dengan kecapi: Kej 4:21; [Lihat FULL. Kej 4:21]; 1Kor 14:7; Wahy 5:8
· dengan gambus: Mazm 92:4; 144:9