Teks -- Markus 16:4-20 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 16:9-20 - PENAMPAKAN YESUS.
Nas : Mr 16:9-20
Sekalipun ayat Mr 16:9-20 tidak tercantum dalam dua naskah
Yunani yang tertua, ayat-ayat ini muncul dalam berbagai naskah tua lain...
Nas : Mr 16:9-20
Sekalipun ayat Mr 16:9-20 tidak tercantum dalam dua naskah Yunani yang tertua, ayat-ayat ini muncul dalam berbagai naskah tua lainnya, juga dalam sebagian terbesar naskah Yunani dari dunia kuno. Dengan demikian banyak sarjana berkesimpulan bahwa bagian apapun juga yang disokong sebagian besar naskah kuno kemungkinan besar adalah bagian dari naskah asli penulisan Alkitab. Dengan demikian ayat Mr 16:9-20 ini harus dipandang sebagai bagian dari Firman Allah yang diilhamkan.
Full Life: Mrk 16:17 - TANDA-TANDA INI AKAN MENYERTAI.
Nas : Mr 16:17
Lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA.
Nas : Mr 16:17
Lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA.
Full Life: Mrk 16:18 - MEMEGANG ULAR.
Nas : Mr 16:18
Memegang ular atau minum racun tidak boleh merupakan upacara agama
dan dijadikan ujian untuk membuktikan kerohanian seseorang. Ini a...
Nas : Mr 16:18
Memegang ular atau minum racun tidak boleh merupakan upacara agama dan dijadikan ujian untuk membuktikan kerohanian seseorang. Ini adalah janji yang diberikan kepada orang percaya yang menghadapi bahaya semacam itu ketika melayani Kristus. Adalah dosa untuk mencobai Allah dengan sengaja mendatangkan mara bahaya atas diri sendiri (Mat 4:5-7; 10:23; Mat 24:16-18).
BIS -> Mrk 16:20
Dalam beberapa naskah dan terjemahan kuno ada juga tambahan dua ayat ini.
Jerusalem: Mrk 16:8 - tidak mengatakan apa-apa menurut Mat 28:8 dan Luk 24:10,22 dst, dan Yoh 20:18 mereka toh mengatakannya juga. Kalau orang tidak mau menerima bahwa Markus sendiri juga mencerita...
menurut Mat 28:8 dan Luk 24:10,22 dst, dan Yoh 20:18 mereka toh mengatakannya juga. Kalau orang tidak mau menerima bahwa Markus sendiri juga menceritakan hal itu dalam lanjutan injilnya yang sudah hilang (lihat catatan berikutnya), maka perlu diterima bahwa Markus dengan sengaja berdiam diri, supaya jangan terpaksa menambahkan sebuah cerita tentang penampakan yang tidak mau ditambahkan pada injilnya
Jerusalem: Mrk 16:8 - Dengan singkat.....kekal itu Beberapa (sedikit) naskah dan terjemahan mengakhiri injil Markus dengan bagian ini, sehingga tidak memuat Mar 16:9-20. Lihat catatan berikutnya. Bagia...
Beberapa (sedikit) naskah dan terjemahan mengakhiri injil Markus dengan bagian ini, sehingga tidak memuat Mar 16:9-20. Lihat catatan berikutnya. Bagian ini kiranya dalam abad ke II Mas baru ditambahkan pada Markus.
Jerusalem: Mrk 16:9-20 - -- Bagian penutup Markus ini pasti termasuk ke dalam Kitab Suci dan diinspirasikan. Ini belum berarti bahwa ayat-ayat ini juga dituliskan oleh Markus. Da...
Bagian penutup Markus ini pasti termasuk ke dalam Kitab Suci dan diinspirasikan. Ini belum berarti bahwa ayat-ayat ini juga dituliskan oleh Markus. Dan sangat diragukan apakah sungguh-sungguh termasuk ke dalam injil, sebagaimana digubah oleh Markus. Memang ada kesulitan besar timbul dari keadaan naskah-naskah yang memuat Markus. Beberapa naskah, antara lain naskah yang paling penting, Vatikanus dan Sinaitikus, tidak memuat bagian penutup ini. Ada juga beberapa naskah yang memuat bagian penutup lebih pendek, seperti dalam terjemahan ini disajikan (lihat catatan di atas). Ada empat naskah yang menyajikan berturut-turut bagian penutup pendek dan bagian penutup panjang (Mar 16:9-20). Akhirnya ada satu naskah yang menyajikan bagian penutup panjang tetapi menyisipkan antara Mar 16:14 dan Mar 16:15 sisipan ini: Dan untuk membela dirinya mereka mengatakan: Dunia kejahatan dan ketidakpercayaan ini adalah di bawah kekuasaan Iblis(?). (Iblis) tidak mengizinkan bahwa apa yang di bawah roh-roh najis menangkap kebenaran dan kekuasaan Allah. Maka hendaklah sekarang menyatakan kebenaran(Mu). Begitu mereka berkata-kata (kepada Kristus). Dan (Kristus) menjawab: batas tahun-tahun kekuasaan Iblis sudah genap, tetapi lain-lain hal yang mendahsyatkan sudah dekat. Dan Aku diserahkan kepada maut bagai mereka yang berdosa, supaya mereka berbalik kepada kebenaran dan tidak berdosa lagi, dan begitu mendapat warisan di sorga yaitu kemuliaan kebenaran kebenaran yang rohani dan tidak jatuh binasa. Kutipan-kutipan pada para pujangga Gereja juga agak kacau dan sedikit tidak keruan. Boleh ditambahkan juga bahwa antara Mar 16:8 dan Mar 16:9 cerita terputus. Dari lain pihak sukar dapat diterima bahwa injil yang asli sungguh-sungguh dengan tiba-tiba berhenti dengan Mar 16:8. Karenanya sementara ahli mengandaikan bahwa bagian penutup asli hilang, entah karena apa. Maka orang menggubah bagian penutup yang sekarang ada Mar 16:9-20). Bagian ini merupakan ringkasan cerita-cerita tentang penampakan Yesus, dan gaya bahasa ringkasan ini berbeda sekali dengan gaya bahasa Markus. Namun demikian, bagian penutup yang sekarang ada (Mar 16:9-20) sudah dikenal dalam abad II Mas oleh Tatianus dan Ireneus. Inipun terdapat dalam kebanyakan naskah Yunani dan naskah-naskah terjemahan. Tidak dapat dibuktikan bahwa penggubahnya Markus, tetapi menurut Swete bagian penutup ini merupakan peninggalan sejati dari angkatan Kristen yang pertama.
Ende: Mrk 16:8 - Tidak mengatakan sepatah kata kepada siapapun Tentu sadja tidak ditengah
djalan. Pesanan "pemuda" itu memang mereka sampaikan kepada "para murid" dan
"Petrus". Bdl. Mat 28:8 dan Luk 24:9,22-24.
Tentu sadja tidak ditengah djalan. Pesanan "pemuda" itu memang mereka sampaikan kepada "para murid" dan "Petrus". Bdl. Mat 28:8 dan Luk 24:9,22-24.
Ende: Mrk 16:9-20 - -- Fasal terachir ini tidak terdapat didalam naskah purba. Orang menduga bahwa ini
baru ditambah kemudian, mungkin oleh Mk. sendiri, atau jang lebih masu...
Fasal terachir ini tidak terdapat didalam naskah purba. Orang menduga bahwa ini baru ditambah kemudian, mungkin oleh Mk. sendiri, atau jang lebih masuk akal -- oleh seorang penulis jang lain, barangkali atas nama Mk. sendiri.
Bagaimanapun djuga, bagian ini dari semula djuga diterima oleh Geredja Kudus sebagai termasuk Kitab Kudus dan diilham oleh Roh Kudus.
Ende: Mrk 16:12 - Dua orang Tentu sadja kedua murid jang menurut Luk 24:13-35 tengah
berdjalan ke Emaus.
Tentu sadja kedua murid jang menurut Luk 24:13-35 tengah berdjalan ke Emaus.
Ende: Mrk 16:17 - Dengan namaKu Itu dapat berarti: dalam persatuan denganKu, dengan kuasaKu,
atau "atas namaKu" sebagai wakil Jesus, ataupun "dengan menjebut namaKu",
sebagai tanda k...
Itu dapat berarti: dalam persatuan denganKu, dengan kuasaKu, atau "atas namaKu" sebagai wakil Jesus, ataupun "dengan menjebut namaKu", sebagai tanda kepertjajaan pasti, bahwa mukdjizat akan dikerdjakan Jesus.
Ende: Mrk 16:19 - -- Disini untuk pertama kali kita bertemu dengan gelaran "Tuhan" bagi Jesus.
Didalam geredja purba mulai digelari "Tuhan" dalam arti bahwa Ia sebagai
man...
Disini untuk pertama kali kita bertemu dengan gelaran "Tuhan" bagi Jesus. Didalam geredja purba mulai digelari "Tuhan" dalam arti bahwa Ia sebagai manusia duduk didalam kemuliaan Ilahi disebelah kanan Allah dan diberi kuasa mutlak atas Keradjaan Allah didunia. Itu mengandung arti, bahwa berwudjud Allah, tetapi lebih bahwa Ia "Tuhan", djadi penjelenggara mutlak, atas GeredjaNja dibumi.
Ref. Silang FULL: Mrk 16:7 - melihat Dia // kepada kamu · melihat Dia: Yoh 21:1-23
· kepada kamu: Mr 14:28
· melihat Dia: Yoh 21:1-23
· kepada kamu: Mr 14:28
· Maria Magdalena: Mr 15:47; Yoh 20:11-18
· tidak percaya: Mr 16:13,14; Luk 24:11
· luar kota: Luk 24:13-32
· sesudah kebangkitan-Nya: Luk 24:36-43
· segala makhluk: Mat 28:18-20; Luk 24:47,48; Kis 1:8
· akan dihukum: Yoh 3:16,18,36; Kis 16:31
Ref. Silang FULL: Mrk 16:17 - Tanda-tanda // mengusir setan-setan // yang baru · Tanda-tanda: Yoh 4:48; Yoh 4:48
· mengusir setan-setan: Mr 9:38; Luk 10:17; Kis 5:16; 8:7; 16:18; 19:13-16
· yang baru: Kis 2:4...
· Tanda-tanda: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]
· mengusir setan-setan: Mr 9:38; Luk 10:17; Kis 5:16; 8:7; 16:18; 19:13-16
· yang baru: Kis 2:4; 10:46; 19:6; 1Kor 12:10,28,30; 13:1; 14:2-39
Ref. Silang FULL: Mrk 16:18 - memegang ular // meletakkan tangannya · memegang ular: Luk 10:19; Kis 28:3-5
· meletakkan tangannya: Kis 6:6; Kis 6:6
· memegang ular: Luk 10:19; Kis 28:3-5
Ref. Silang FULL: Mrk 16:19 - ke sorga // kanan Allah · ke sorga: Luk 24:50,51; Yoh 6:62; Kis 1:9-11; 1Tim 3:16
· kanan Allah: Mazm 110:1; Mat 26:64; Kis 2:33; 5:31; Rom 8:34; Kol 3:1; Ibr 1...
· ke sorga: Luk 24:50,51; Yoh 6:62; Kis 1:9-11; 1Tim 3:16
· kanan Allah: Mazm 110:1; Mat 26:64; Kis 2:33; 5:31; Rom 8:34; Kol 3:1; Ibr 1:3; 12:2