kecilkan semua  

Teks -- Matius 4:1-22 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pencobaan di padang gurun
4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. 4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. 4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, 4:6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu." 4:7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" 4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 4:9 dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" 4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.
Yesus tampil di Galilea
4:12 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. 4:13 Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, 4:14 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: 4:15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, -- 4:16 bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." 4:17 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"
Yesus memanggil murid-murid yang pertama
4:18 Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 4:19 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." 4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. 4:21 Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka 4:22 dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Andreas the brother of Simon Peter
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Kapernaum a town located on the northwest shore of the Sea of Galilee.
 · Naftali region/territority and the tribe of Israel,the son of Jacob and Bilhah,the tribe of people descended from Naphtali,the territory of the people of Naphtali
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yordan the river that flows from Lake Galilee to the Dead Sea,a river that begins at Mt. Hermon, flows south through Lake Galilee and on to its end at the Dead Sea 175 km away (by air)
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai
 · Zebedeus the father of James and John, who were two of the twelve apostles
 · Zebulon the tribe of Israel that came from Zebulun whose territory was in Galilee,the man; son of Jacob and Leah,the tribe of Zebulun,the territory of the tribe of Zebulun


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Matius, Injil | Iblis (Penggoda) | Coba, Percobaan | Kristus, Sifatnya | Herodes | Iblis | Petrus | Galilea | Naftali | Nubuat Tentang Kristus | Yakobus | Yohanes | Suku Naftali | Suku Zebulon | Sangkal, Penyangkalan Diri | Firman Tuhan | Ikan, Penangkapan | Bakti, Berbakti Kepada (Memuliakan) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 4:1-11 - YESUS ... DICOBAI. Nas : Mat 4:1-11 Pencobaan Yesus oleh Iblis adalah usaha untuk membelokkan Yesus dari jalan ketaatan yang sempurna kepada kehendak Allah. Perhatika...

Nas : Mat 4:1-11

Pencobaan Yesus oleh Iblis adalah usaha untuk membelokkan Yesus dari jalan ketaatan yang sempurna kepada kehendak Allah. Perhatikanlah bahwa dalam setiap pencobaan Yesus tunduk kepada kekuasaan Firman Allah dan bukan kepada keinginan Iblis (ayat Mat 4:4,7,10). Pelajaran apakah yang dapat kita tarik dari peristiwa ini?

  1. 1) Iblis merupakan musuh terbesar kita. Sebagai orang Kristen, kita harus sadar bahwa kita terlibat dalam peperangan rohani melawan kuasa-kuasa kejahatan yang tidak nampak namun sangat nyata

    (lihat cat. --> Ef 6:12).

    [atau ref. Ef 6:12]

  2. 2) Tanpa Roh Kudus dan Firman Allah yang digunakan secara tepat, orang Kristen tidak mungkin mengalahkan dosa dan pencobaan. Berikut ini diberikan beberapa anjuran mengenai cara mempergunakan Firman Allah untuk mengatasi pencobaan:
    1. (a) Sadarilah bahwa melalui Firman Allah saudara mempunyai kuasa untuk melawan setiap ajakan dari Iblis (Yoh 15:3,7).
    2. (b) Tulislah (yaitu, menghafal) Firman Allah di dalam hati dan pikiran saudara

      (lihat cat. --> Yak 1:21).

      [atau ref. Yak 1:21]

    3. (c) Renungkanlah siang dan malam ayat-ayat yang telah saudara hafalkan

      (lihat cat. --> Ul 6:6;

      lihat cat. --> Mazm 1:2;

      lihat cat. --> Mazm 119:47-48).

      [atau ref. Ul 6:6; Mazm 1:2; 119:47-48]

    4. (d) Ucapkanlah ayat-ayat yang saudara hafalkan itu di dalam hati dan kepada Allah pada saat dicobai (ayat Mat 4:4,7,10).
    5. (e) Sadari dan taati dorongan Roh Kudus untuk mematuhi Firman Allah (Rom 8:12-14; Gal 5:18).
    6. (f) Pagarilah semua langkah ini dengan doa (Ef 6:18). Kami berikan beberapa ayat untuk dihafalkan ketika menghadapi pencobaan: Umum (pasal Rom 6:1-23; 8:1-39); Khusus: mengenai percabulan (Rom 13:14), berdusta (Yoh 8:44; Kol 3:9), bergunjing (Yak 4:11), tidak patuh kepada orang-tua (Ibr 13:17), keputusasaan (Gal 6:9), takut akan masa depan (2Tim 1:7), nafsu (Mat 5:28; 2Tim 2:22), keinginan untuk balas dendam (Mat 6:15), mengabaikan Firman Allah (Mat 4:4), kuatir akan hal keuangan (Mat 6:24-34; Fili 4:6).

Full Life: Mat 4:2 - BERPUASA EMPAT PULUH HARI. Nas : Mat 4:2 Setelah berpuasa "empat puluh hari dan empat puluh malam ... laparlah Yesus" lalu dicobai oleh Iblis agar Ia makan. Hal ini rupanya m...

Nas : Mat 4:2

Setelah berpuasa "empat puluh hari dan empat puluh malam ... laparlah Yesus" lalu dicobai oleh Iblis agar Ia makan. Hal ini rupanya menunjukkan bahwa Yesus berpantang makan tetapi tidak berpantang minum (lih. Luk 4:2). Diperlukan sebuah mukjizat apabila orang berpantang minum air selama empat puluh hari. Dalam menghadapi pencobaan sebagai wakil umat manusia (bd. Ibr 2:17; 4:15), maka Kristus hanya dapat menggunakan sarana yang tersedia bagi orang percaya yang dipenuhi Roh untuk melawan pencobaan

(lihat cat. --> Kel 34:28;

lihat cat. --> 1Raj 19:8;

lihat cat. --> Mat 6:16

[atau ref. Kel 34:28; 1Raj 19:8; Mat 6:16]

mengenai puasa). Adalah masuk akal untuk menganggap bahwa selama berpuasa empat puluh hari itu Yesus memperisapkan diri dengan cara berdoa dan merenungkan Firman Allah untuk melaksanakan karya yang dibebankan kepada-Nya oleh Bapa.

Full Life: Mat 4:6 - ADA TERTULIS. Nas : Mat 4:6 Iblis mempergunakan Firman Allah ketika mencobai Yesus untuk berbuat dosa. Adakalanya orang duniawi akan mempergunakan ayat Alkitab u...

Nas : Mat 4:6

Iblis mempergunakan Firman Allah ketika mencobai Yesus untuk berbuat dosa. Adakalanya orang duniawi akan mempergunakan ayat Alkitab untuk mencoba membujuk orang percaya melakukan sesuatu yang mereka ketahui adalah salah atau tidak bijaksana. Beberapa ayat di Alkitab, apabila tidak ditafsirkan sesuai dengan konteksnya atau tidak dibandingkan dengan ayat yang lain dalam Firman Allah, mungkin tampaknya bersikap mengizinkan kelakuan yang berdosa (lih. mis. 1Kor 6:12). Orang percaya harus benar-benar memahami Firman Allah dan berwaspada terhadap mereka yang memutarbalikkan Alkitab untuk memenuhi keinginan tabiat berdosa manusia. Rasul Petrus berbicara tentang orang-orang yang memutarbalikkan Alkitab sehingga membinasakan dirinya sendiri (2Pet 3:16).

Full Life: Mat 4:8 - SEMUA KERAJAAN DUNIA. Nas : Mat 4:8 Lihat cat. --> Luk 4:5. [atau ref. Luk 4:5]

Nas : Mat 4:8

Lihat cat. --> Luk 4:5.

[atau ref. Luk 4:5]

Full Life: Mat 4:10 - IBLIS. Nas : Mat 4:10 Iblis (dalam bahasa Ibrani artinya "penuduh" atau "musuh") merupakan penghulu malaikat yang diciptakan dengan sempurna dan baik. Ia ...

Nas : Mat 4:10

Iblis (dalam bahasa Ibrani artinya "penuduh" atau "musuh") merupakan penghulu malaikat yang diciptakan dengan sempurna dan baik. Ia ditunjuk untuk melayani takhta Allah; namun sebelum dunia dijadikan, ia memberontak dan menjadi musuh besar Allah dan manusia (Yeh 28:12-15).

  1. 1) Ketika memberontak kepada Allah, Iblis mengajak sekelompok malaikat yang lebih rendah tingkatnya (Wahy 12:4) yang sesudah kejatuhannya barangkali dapat dikenal sebagai setan-setan atau roh-roh jahat

    (lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

    Iblis dan banyak anak buahnya ini kemudian dibuang ke bumi dan angkasa di sekitarnya dan menjalankan pekerjaan mereka di lingkungan itu atas izin Allah.
  2. 2) Iblis, juga dikenal dengan nama "si ular", telah menyebabkan kejatuhan umat manusia (Kej 3:1-6;

    lihat cat. --> 1Yoh 5:19).

    [atau ref. 1Yoh 5:19]

  3. 3) Kerajaan Iblis (Mat 12:26) adalah suatu kerajaan kejahatan yang sangat teratur dan menguasai kerajaan angkasa (Ef 2:2), malaikat-malaikat yang telah jatuh (Mat 25:41; Wahy 12:7), umat manusia yang belum dilahirkan kembali (ayat Mat 4:8-9; Yoh 12:31; Ef 2:2) dan dunia ini (Luk 4:5-6; 2Kor 4:4;

    lihat cat. --> 1Yoh 5:19).

    [atau ref. 1Yoh 5:19]

    Iblis tidak mahakuasa, mahahadir atau mahatahu; oleh karena itu sebagian besar kegiatannya ditugaskan kepada setan-setan (Mat 8:28; Wahy 16:13-14;

    lihat cat. --> Ayub 1:12).

    [atau ref. Ayub 1:12]

  4. 4) Yesus datang ke bumi ini untuk membinasakan segala perbuatan Iblis (1Yoh 3:8), mendirikan Kerajaan Allah dan membebaskan kita dari kuasa Iblis (Mat 12:28; Luk 4:18; 13:16; Kis 26:18). Oleh kematian dan kebangkitan-Nya, Kristus sudah mulai mengalahkan Iblis dan dengan demikian memastikan kemenangan mutlak Allah atasnya (Ibr 2:14).
  5. 5) Pada akhir zaman Iblis akan dikurung di dalam jurang maut selama 1000 tahun (Wahy 20:1-3). Setelah dibebaskan ia akan berusaha untuk terakhir kalinya menggulingkan Allah; hal ini akan mengakibatkan kekalahan Iblis terakhir sehingga ia dicampakkan ke dalam lautan api yang menyala-nyala (Wahy 20:7-10).
  6. 6) Pada saat ini Iblis berperang melawan Allah dan umat-Nya (Ayub 1:1-2:13; Ef 6:11-18) serta berusaha untuk menjauhkan orang percaya dari kesetiaan kepada Kristus (2Kor 11:3) dan membawa mereka ke dalam dosa dan perbudakan kepada sistem dunia (bd. 2Kor 11:3; 1Tim 5:15; 1Yoh 5:16). Orang percaya harus senantiasa berdoa agar mereka dibebaskan dari Iblis (Mat 6:13), waspada terhadap segala tipu muslihat dan pencobaan Iblis (Ef 6:11), serta melawan dia melalui peperangan rohani, sementara tetap tegak di dalam iman (Ef 6:10-18; 1Pet 5:8-9).

Full Life: Mat 4:19 - PENJALA MANUSIA. Nas : Mat 4:19 Apa pun jabatan seseorang, apakah gembala sidang, pemberita Injil, utusan gerejawi, pengarang, guru, diaken atau orang awam, apabila...

Nas : Mat 4:19

Apa pun jabatan seseorang, apakah gembala sidang, pemberita Injil, utusan gerejawi, pengarang, guru, diaken atau orang awam, apabila ia tidak betul-betul berusaha menuntun orang kepada Kristus, maka ia tidak melakukan tugasnya bagi Allah (lih. Mat 28:19; Luk 5:10; Yoh 15:16; Kis 1:8; 1Kor 9:19).

Jerusalem: Mat 4:1-11 - -- Yesus dibawa ke gurun untuk dicobai selama empat puluh hari, sama seperti dahulu Israel di gurun dicobai selama empat puluh tahun, Ula 8:2,4; bdk Bil ...

Yesus dibawa ke gurun untuk dicobai selama empat puluh hari, sama seperti dahulu Israel di gurun dicobai selama empat puluh tahun, Ula 8:2,4; bdk Bil 14:34. Yesus mengalami tiga macam percobaan, sebagaimana ditonjolkan kutipan-kutipan dari Kitab Suci, yaitu: mencari makanan lepas dari Allah, Ula 8:3; bdk Kel 16; mencobai Allah untuk memuaskan keinginannya sendiri Ula 6:16; bdk Kel 17:1-7; memungkiri Allah untuk menyembah berhala yang menjamin kekuasaan di dunia ini, Ula 6:13; bdk Ula 6:10-15; Kel 23:23-33. Sama seperti Musa Yesus dalam puasa selama empat puluh hari empat puluh malam bergumul, Ula 9:18 bdk Kel 34:28; Ula 9:9; sama seperti Musa Yesus melihat "seluruh dunia/negeri" dari atas sebuah gunung yang tinggi, Ula 34:1-4. Allah menolong Yesus dengan mengutus malaikat-malaikat, Mat 4:11, seperti yang dijanjikan kepada orang benar, Maz 91:11-12, dan menurut Mar 1:13 Yesus dilindungi Allah terhadap binatang-binatang liar, seperti Allah melindungi orang benar, Maz 91:13, dan dahulu Israel, Ula 8:15. Mengingat latar belakang Alkitabiah itu Yesus nampak sebagai Musa baru (lihat Mat 2:16+, Mat 2:20 dan Kel 4:19), yang memimpin Keluaran yang baru, bdk Ibr 3:1-4; Mat 3:11, artinya: Yesus adalah Mesias, seperti disangka iblis sesudah Yesus dibaptis (Jika Engkau Anak Allah...), yang membuka jalan penyelamatan yang sesungguhnya, bukan jalan kepercayaan kepada dirinya, atau jalan yang gampang, tetapi jalan ketaatan pada Allah dan penyangkalan diri. Meskipun ceritanya mengingatkan Kitab Suci, namun peristiwa itu benar-benar terjadi, entahlah bagaimana dan kapan. Meskipun tidak pernah berdosa, Yesus dapat mengalami bujukan dari luar, bdk Mat 16:23, dan perlulah Ia digoda untuk menjadi pemimpin kita, bdk Mat 26:36-46 dsj; Ibr 2:10,17-18; Ibr 4:15; Ibr 5:2,7-9. Yesus mempertimbangkan suatu martabat sebagai Mesias politik dan pemenang, tetapi ia mengutamakan martabat Mesias yang rohani dan yang sama sekali menaklukkan diri kepada Allah.

Jerusalem: Mat 4:1 - Roh Kudus Ialah "nafas" dan daya pencipta Allah, yang membimbing para nabi. Iapun memimpin Yesus dalam menunaikan tugasNya, bdk Mat 3:16+; Luk 4:1+; kemudian Ro...

Ialah "nafas" dan daya pencipta Allah, yang membimbing para nabi. Iapun memimpin Yesus dalam menunaikan tugasNya, bdk Mat 3:16+; Luk 4:1+; kemudian Roh itu juga membimbing permulaan dan perkembangan Gereja

Jerusalem: Mat 4:1 - Iblis Yunaninya "diabolos" dan Ibraninya "Satan". Nama itu berarti: pemfitnah, penuduh, pendakwa, Ayu 1:6; bdk Wis 2:24. Tokoh itu diberi nama demikian oleh...

Yunaninya "diabolos" dan Ibraninya "Satan". Nama itu berarti: pemfitnah, penuduh, pendakwa, Ayu 1:6; bdk Wis 2:24. Tokoh itu diberi nama demikian oleh karena berusaha membuat manusia bersalah; ia dianggap bertanggung jawab atas segala-galanya yang menghalangi karya Allah dan karya Kristus, Mat 13:39 dsj; Yoh 8:44; Yoh 13:2; Kis 10:38; Efe 6:11; 1Yo 3:8, dll. Kekalahan Iblis menjadi tanda bukti kemenangan Allah, Mat 25:41; Ibr 2:14; Wah 12:9; Wah 20;2,10.

Jerusalem: Mat 4:3 - Anak Allah Sebutan alkitabiah ini tidak perlu selalu mengungkapkan "anak" dengan arti sesungguhnya dan sepenuh-penuhnya. Dapat juga berarti "anak angkat" saja be...

Sebutan alkitabiah ini tidak perlu selalu mengungkapkan "anak" dengan arti sesungguhnya dan sepenuh-penuhnya. Dapat juga berarti "anak angkat" saja berkat suatu pilihan dari pihak Allah yang menciptakan hubungan khas antara Allah dan makhlukNya. Dengan arti sedemikian itu para malaikat disebut "anak Allah", Ayu 1:16, atau bangsa terpilih, Kel 4:22; Wis 18:13, atau orang-orang Israel, Ula 14;1; Hos 2:1; bdk Mat 5:9,45, dll, atau para pemimpin mereka, Maz 82:6. Kalau sebutan itu ditrapkan pada Raja Mesias, 1Ta 17:13; Maz 2:7; Maz 89:27, maka tak perlu bahwa Mesias itu lebih dari seorang manusia. Tak perlu juga bahwa sebutan itu mempunyai arti lain di mulut iblis, Mat 4:3,6, di mulut orang yang kerasukan roh jahat, Mar 3;11; Luk 5:7; Luk 4:41, atau di mulut kepala lasykar, Mar 15:39; bdk Luk 23:47. Bahkan perkataan sorgawi yang terdengar waktu Yesus dibaptis, Mat 3:17, atau dimuliakan, Mat 17;5, pada diriNya tidak mengandung arti lebih mendalam dari kerelaan ilahi khas, yang dikurniakan kepada Mesias-Hamba Tuhan; juga pertanyaan yang diajukan Imam Besar, Mat 26:63, kiranya tidak memikirkan sesuatu yang lain dari pada Mesias-manusia. Hanya sebutan "Anak Allah" terbuka untuk suatu arti yang lebih mendalam sehingga dapat berarti juga anak yang sesungguhnya. Dan Yesus sendiri menyarankan arti lebih mendalam itu dengan menyebut diriNya sebagai "Anak", Mat 21:37, yang mempunyai Allah sebagai BapaNya secara istimewa, Yoh 20:17 dan bdk "Bapaku", Mat 7:21, dll, sehingga Yesus melebihi para malaikat, Mat 24:36. Sebab Yesus dengan Allah mempunyai hubungan unggul, baik dalam hal pengetahuan maupun kasih, Mat 11:27. Keterangan-keterangan semacam itu didukung keterangan lain mengenai harkat ilahi Mesias, Mat 22:42-46, dan asal-usul sorgawi "Anak Manusia", Mat 8:20+, dan diteguhkan oleh kejayaan kebangkitan. Maka ungkapan "Anak Allah" mendapat arti ilahi yang sesungguhnya, sebagaimana juga terdapat misalnya dalam surat-surat Paulus, Rom 9:5+. Selama Yesus hidup, murid-muridNya tidak menyadari arti ilahi semacam itu dengan jelas (Mat 14:33 dan Mat 16:16, yang menambah sebutan "Anak Allah" pada teks lebih tua seperti tercantum dalam Markus, tentu saja memperlihatkan kepercayaan yang sudah berkembang). Namun demikian kepercayaan yang mereka peroleh sesudah Paskah dengan pertolongan Roh Kudus, sungguh-sungguh bertumpu pada perkataan dan keterangan Yesus sendiri. Yesus benar-benar menyatakan kesadarannya bahwa Ia sungguh-sungguh Anak Bapa, sejauh keterangan semacam itu dapat dipahami dan diterima oleh orang sezamanNya.

Jerusalem: Mat 4:13 - Nazaret Var: Nazara. Ini barangkali asli juga oleh karena terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik. Ditemukan juga dalam Luk 4:16 menurut banyak naskah. ...

Var: Nazara. Ini barangkali asli juga oleh karena terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik. Ditemukan juga dalam Luk 4:16 menurut banyak naskah. Agaknya nama yang kurang lazim kemudian diganti nama yang biasa: Nazaret.

Jerusalem: Mat 4:17 - Kerajaan Sorga Kerajaan atau Pemerintahan Allah atas bangsa terpilih dan melalui dia atas dunia seluruhnya merupakan pokok utama dalam pewartaan Yesus, sebagaimana j...

Kerajaan atau Pemerintahan Allah atas bangsa terpilih dan melalui dia atas dunia seluruhnya merupakan pokok utama dalam pewartaan Yesus, sebagaimana juga dicita-citakan oleh teokrasi Perjanjian Lama. Kerajaan Allah itu melingkupi suatu "kerajaan orang kudus", yang rajanya ialah Allah, oleh karena kekuasaan serta pemerintahannya sebagai raja benar-benar diakui oleh mereka berdasarkan pengetahuan dan kasih. Kerajaan/pemerintahan Allah itu telah dirongrong oleh pemberontakan ialah dosa, sehingga perlu dipulihkan oleh turun tangan Allah yang berdaulat serta MesiasNya, Dan 2:28. Justru turun tangan itulah yang diwartakan oleh Yohanes Pembaptis dahulu, Mat 3:2, dan sekarang oleh Yesus sebagai sesuatu yang di ambang pintu, Mat 4:17,23; Luk 4:43. Yesus sendiri mewujudkan turun tangan itu bukanlah melalui suatu kemenangan laksana seorang pejuang atau melalui kemenangan nasionalis sebagaimana diharapkan orang banyak, Mar 11:10; Luk 19:11; Kis 1:6, melainkan dengan cara yang rohani belaka, Mar 1:34+; Yoh 18:36, sebagai "Anak Manusia", Mat 8:20+, dan "Hamba Tuhan", Mat 8:17+; Mat 20:28+; Mat 26:28+, melalui karya penebusan yang merenggut manusia dari genggaman dan kekuasaan musuh, ialah Iblis, Mat 4:8; Mat 8:29+; Mat 12:25-26. Sebelum perwujudanNya yang terakhir pada akhir zaman bila para orang pilihan hidup di dekat Bapa dengan kegembiraan pesta sorgawi, Mat 8:11+; Mat 13:43; Mat 26:29, Kerajaan itu sudah tampil dengan awal yang sederhana, Mat 13:31-33, dan tersembunyi Mat 13:11, sementara ditentang, Mat 13:24-30. Namun Kerajaan itu benar-benar suatu kenyataan yang sudah dimulai, Mat 12:28; Luk 17:20-21, dan lambat laun berkembang di dunia, Mar 4:26-29, melalui Gereja, Mat 16:18+. Dengan kekuasaan ilahi Kerajaan itu sudah ditegakkan sebagai Kerajaan Kristus melalui penghakiman Allah atas Yerusalem, Mat 16:28; Luk 21:31, lalu diwartakan di dunia semesta berkat perutusan para rasul, Mat 10:7; Mat 10:24; Mat 10:14; Kis 1:3+. Secara definitif Kerajaan Allah akan ditegakkan dan dikembalikan kepada Bapa, 1Ko 15:24, berkat kedatangan kembali Kristus dengan kemuliaanNya, Mat 16:27; Mat 25:31, sesudah penghakiman terakhir, Mat 13:37-43; Mat 13:47-50; Mat 25:31-46. Sementara perwujudan terakhir itu dinantikan. Kerajaan itu nampak sebagai suatu karunia belaka, Mat 20:1-16; Mat 22:9-10; Luk 12:32, yang diterima oleh orang-orang kecil dan rendah hati, Mat 5:3; Mat 18:3-4; Mat 19:14,23-24, yang mengorbankan segala sesuatu, Mat 19:12; Mar 9:47; Luk 9:62; Luk 18:29 dst, sedangkan ditolak oleh yang angkuh hati dan yang mementingkan dirinya, Mat 21:31-32,43; Mat 22:2-8; Mat 23:13. Orang hanya dapat masuk dengan berpakaian pesta, Mat 22:11-13, ialah hidup baru, Yoh 3:3,5. Ada juga orang yang tidak diperbolehkan masuk, Mat 8:12; 1Ko 6:9-10; Gal 5:21. Orang tetap harus berjaga-jaga supaya siap mana kala Kerajaan datang dengan tidak tersangka-sangka, Mat 25:1-13. Mengenai caranya Matius menyusun rangka karyanya di sekitar pokok utama "Kerajaan Sorga" itu, bdk pengantar.

Ende: Mat 4:1 - Oleh Roh Sebagai manusia ia didorong oleh Roh Allah jang memenuhiNja sebagai Putera Allah.

Sebagai manusia ia didorong oleh Roh Allah jang memenuhiNja sebagai Putera Allah.

Ende: Mat 4:2 - Berpuasa Jesus sebagai manusia hendak menjediakan diri untuk melaksanakan tugasNja, dengan berdoa dan memperkuat doa-doaNja dengan berpuasa, guna memperoleh be...

Jesus sebagai manusia hendak menjediakan diri untuk melaksanakan tugasNja, dengan berdoa dan memperkuat doa-doaNja dengan berpuasa, guna memperoleh berkat atas pekerdjaanNja dan kekuatan hati untuk bertahan dalam mengurbankan Diri sampai mati disalib. Sikap Jesus disini dapat dibandingkan dengan sikapNja di Getsemani.

"Digoda". Rupa-rupanja setan hendak membudjukNja untuk menampakkan Diri sebagai manusia dan Putera Allah dalam seluruh kemuliaan dan kekuasaanNja, jaitu sebagai seorang Mesias seperti jang diharapkan oleh orang-orang Jahudi. Sikap Jesus dimaksudkan mendjadi tjontoh-teladan bagi kita.

Ende: Mat 4:4 - Tersurat jaitu dalam V Mos. Ula 8:3.

jaitu dalam V Mos. Ula 8:3.

Ende: Mat 4:6 - -- Ini menurut Maz 90:11-12.

Ini menurut Maz 90:11-12.

Ende: Mat 4:10 - -- Dari (Ula 6:11).

Dari (Ula 6:11).

Ende: Mat 4:12 - -- "Dipendjarakan" Peristiwa jang bersangkutan ditjeritakan dalam Mat 14:3-12.

"Dipendjarakan" Peristiwa jang bersangkutan ditjeritakan dalam Mat 14:3-12.

Ende: Mat 4:15-16 - -- Kutipan ini diambilnja dari Yes 9:1-2. Tanah Palestina disebelah utara tasik Genesaret dewasa itu masih tanah "kafir".

Kutipan ini diambilnja dari Yes 9:1-2.

Tanah Palestina disebelah utara tasik Genesaret dewasa itu masih tanah "kafir".

Ref. Silang FULL: Mat 4:1 - untuk dicobai // Iblis · untuk dicobai: Ibr 4:15 · Iblis: Kej 3:1-7

· untuk dicobai: Ibr 4:15

· Iblis: Kej 3:1-7

Ref. Silang FULL: Mat 4:2 - puluh malam · puluh malam: Kel 34:28; 1Raj 19:8

· puluh malam: Kel 34:28; 1Raj 19:8

Ref. Silang FULL: Mat 4:3 - si pencoba // Anak Allah · si pencoba: 1Tes 3:5 · Anak Allah: Mat 3:17; Mat 3:17; Mat 14:33; 16:16; 27:54; Mr 3:11; Luk 1:35; 22:70; Yoh 1:34,49; 5:25; 11:27; 2...

Ref. Silang FULL: Mat 4:4 - mulut Allah · mulut Allah: Ul 8:3; Yoh 4:34

· mulut Allah: Ul 8:3; Yoh 4:34

Ref. Silang FULL: Mat 4:5 - Kota Suci · Kota Suci: Neh 11:1; Dan 9:24; Mat 27:53

· Kota Suci: Neh 11:1; Dan 9:24; Mat 27:53

Ref. Silang FULL: Mat 4:6 - Anak Allah // kepada batu · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3 · kepada batu: Mazm 91:11,12

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

· kepada batu: Mazm 91:11,12

Ref. Silang FULL: Mat 4:7 - engkau mencobai · engkau mencobai: Ul 6:16

· engkau mencobai: Ul 6:16

Ref. Silang FULL: Mat 4:10 - Enyahlah, Iblis // engkau berbakti · Enyahlah, Iblis: 1Taw 21:1; Ayub 1:6-9; Mat 16:23; Mr 4:15; Luk 10:18; 13:16; 22:3,31; Rom 16:20; 2Kor 2:11; 11:14; 2Tes 2:9; Wahy 12:9 &midd...

Ref. Silang FULL: Mat 4:11 - meninggalkan Dia // melayani Yesus · meninggalkan Dia: Yak 4:7 · melayani Yesus: Mat 26:53; Luk 22:43; Ibr 1:14

· meninggalkan Dia: Yak 4:7

· melayani Yesus: Mat 26:53; Luk 22:43; Ibr 1:14

Ref. Silang FULL: Mat 4:12 - telah ditangkap // ke Galilea · telah ditangkap: Mat 14:3 · ke Galilea: Mr 1:14

· telah ditangkap: Mat 14:3

· ke Galilea: Mr 1:14

Ref. Silang FULL: Mat 4:13 - di Kapernaum · di Kapernaum: Mr 1:21; 9:33; Luk 4:23,31; Yoh 2:12; 4:46,47

Ref. Silang FULL: Mat 4:14 - supaya genaplah · supaya genaplah: Mat 1:22; Mat 1:22

· supaya genaplah: Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]

Ref. Silang FULL: Mat 4:16 - terbit Terang · terbit Terang: Yes 8:23; Yes.9:1; Luk 2:32; Yoh 1:4,5,9

· terbit Terang: Yes 8:23; Yes.9:1; Luk 2:32; Yoh 1:4,5,9

Ref. Silang FULL: Mat 4:17 - Kerajaan Sorga · Kerajaan Sorga: Mat 3:2; Mat 3:2

· Kerajaan Sorga: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Mat 4:18 - danau Galilea // disebut Petrus · danau Galilea: Mat 15:29; Mr 7:31; Yoh 6:1 · disebut Petrus: Mat 16:17,18

· danau Galilea: Mat 15:29; Mr 7:31; Yoh 6:1

· disebut Petrus: Mat 16:17,18

Ref. Silang FULL: Mat 4:19 - ikutlah Aku · ikutlah Aku: Mat 4:20,22; Mat 8:22; Mr 10:21,28,52; Luk 5:28; Yoh 1:43; 21:19,22

Ref. Silang FULL: Mat 4:20 - mengikuti Dia · mengikuti Dia: Mat 4:19; Mat 4:19

· mengikuti Dia: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

Ref. Silang FULL: Mat 4:21 - dan Yohanes · dan Yohanes: Mat 17:1; 20:20; 26:37; Mr 3:17; 13:3; Luk 8:51; Yoh 21:2

Ref. Silang FULL: Mat 4:22 - mengikuti Dia · mengikuti Dia: Mat 4:19; Mat 4:19

· mengikuti Dia: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 4:1-11 - Pencobaan Kristus Yohanes Pembaptis berkata tentang Kristus, "Ia harus semakin besar, tetapi aku harus semakin kecil." Dan, ini memang terbukti,...

Matthew Henry: Mat 4:12-17 - Awal Pelayanan Kristus Awal Pelayanan Kristus (4:12-17) Di sini diceri...

Matthew Henry: Mat 4:18-22 - Kristus Memanggil Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes Kristus Memanggil Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes (4:18-22) ...

SH: Mat 4:1-11 - Menaklukkan bukan melakukan. (Senin, 29 Desember 1997) Menaklukkan bukan melakukan. Menaklukkan bukan melakukan. Kalau ditilik dan diperhatikan saksama, ada ...

SH: Mat 4:1-11 - Siapa takut? (Sabtu, 30 Desember 2000) Siapa takut? Siapa takut? Pernyataan awal perikop ini (1) menekankan pentingnya percobaan bagi p...

SH: Mat 4:1-11 - Strategi menghadapi tawaran Iblis (Kamis, 30 Desember 2004) Strategi menghadapi tawaran Iblis Strategi menghadapi tawaran Iblis. Jika Anda ditawari untuk memilik...

SH: Mat 4:1-11 - Lawan dengan firman! (Selasa, 29 Desember 2009) Lawan dengan firman! Judul: Lawan dengan firman! Setiap orang akan menghadapi pencobaan. Melalui pencobaan...

SH: Mat 4:1-11 - Menang dari pencobaan (Minggu, 6 Januari 2013) Menang dari pencobaan Judul: Menang dari pencobaan Frasa "Tuhan Yesus dicobai" dapat membuat kesalahpa...

SH: Mat 4:1-11 - Kebutuhan Fisik vs Kebutuhan Rohani? (Selasa, 3 Januari 2017) Kebutuhan Fisik vs Kebutuhan Rohani? Kata peirazo (1) bisa berarti pencobaan maupun ujian. Karena itu, peristiwa ...

SH: Mat 4:1-11 - Berfokus dan Bergantung pada Allah (Jumat, 1 Januari 2021) Berfokus dan Bergantung pada Allah Berpuasa dalam jangka waktu cukup lama tentu dapat membuat kondisi fisik manus...

SH: Mat 4:12-25 - Pelayanan pertama Tuhan Yesus. (Selasa, 30 Desember 1997) Pelayanan pertama Tuhan Yesus. Pelayanan pertama Tuhan Yesus. Yesus akhirnya meninggalkan Nazaret. Mun...

SH: Mat 4:12-25 - Pergumulan akhir tahun (Minggu, 31 Desember 2000) Pergumulan akhir tahun Pergumulan akhir tahun. Dengan kemenangan-Nya atas pencobaan, Yesus memasuki p...

SH: Mat 4:12-17 - Berani menyatakan apa yang benar (Jumat, 31 Desember 2004) Berani menyatakan apa yang benar Berani menyatakan apa yang benar. Menurut Alkitab, nabi merupakan pe...

SH: Mat 4:12-17 - Injil datang, terang tiba (Rabu, 30 Desember 2009) Injil datang, terang tiba Judul: Injil datang, terang tiba Ditangkapnya Yohanes merupakan tanda bagi Yesus...

SH: Mat 4:12-17 - Bagi bangsa-bangsa lain (Senin, 7 Januari 2013) Bagi bangsa-bangsa lain Judul: Bagi bangsa-bangsa lain Pelayanan Yesus pertama kali dilakukan di Galil...

SH: Mat 4:12-17 - Mengapa Menunda? (Rabu, 4 Januari 2017) Mengapa Menunda? Seorang pedagang tentunya memikirkan tempat yang strategis untuk memulai bisnisnya. Yesus bukan ...

SH: Mat 4:12-17 - Bertobatlah! (Sabtu, 2 Januari 2021) Bertobatlah! Yesus pindah dari Nazaret ke Kapernaum mungkin karena beberapa alasan. Apa pun alasannya, Matius men...

SH: Mat 4:18-25 - Alih profesi (Sabtu, 1 Januari 2005) Alih profesi Alih profesi. Ada banyak alasan seseorang alih profesi. Bisa disebabkan oleh kebutu...

SH: Mat 4:18-25 - Mau jadi yang mana? (Kamis, 31 Desember 2009) Mau jadi yang mana? Judul: Mau jadi yang mana? Ada dua perikop yang menjadi bacaan kita hari ini, yang ...

SH: Mat 4:18-25 - Saya mau ikut Yesus (Selasa, 8 Januari 2013) Saya mau ikut Yesus Judul: Saya mau ikut Yesus Ada dua kelompok orang yang mengikut Tuhan Yesus. Kelom...

SH: Mat 4:18-25 - Pengikut Sejati (Minggu, 3 Januari 2021) Pengikut Sejati Menjadi murid bukanlah pilihan yang mudah. Sebab, pada waktu itu, menjadi murid berarti ia harus ...

SH: Mat 4:18-22 - Panggilan Pemuridan (Kamis, 5 Januari 2017) Panggilan Pemuridan Pada umumnya, seorang murid yang mencari guru. Biasanya, seseorang mencari guru terkenal atau...

Topik Teologia: Mat 4:1 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Mengerjakan Apa yang Dikerjakan Manusia Roh yang Memimpin ...

Topik Teologia: Mat 4:2 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Keterbatasan Jasmaniah ...

Topik Teologia: Mat 4:3 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Anak Allah ...

Topik Teologia: Mat 4:4 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah ...

Topik Teologia: Mat 4:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan Nama-nama Setan Iblis ...

Topik Teologia: Mat 4:6 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Berpuasa Saat-saat Berpuasa Berpuasa pa...

Topik Teologia: Mat 4:7 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Berpuasa ...

Topik Teologia: Mat 4:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan Nama-nama Setan Iblis ...

Topik Teologia: Mat 4:9 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Pemanjaan / Penyenangan Did Ambisi ...

Topik Teologia: Mat 4:10 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Makhluk-makhluk Supranatural Setan Nama-nama Setan Iblis ...

Topik Teologia: Mat 4:11 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Iblis ...

Topik Teologia: Mat 4:12 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Mat 4:17 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Keselamatan Allah Memanggil Manusia untuk Bertobat ...

Topik Teologia: Mat 4:18 - -- Gereja Natur Gereja Gereja Memiliki Anggota Yes 44:5 ...

TFTWMS: Mat 4:1-2 - Kata Pengantar KATA PENGANTAR (Matius 4:1, 2) 1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang...

TFTWMS: Mat 4:3-4 - Pencobaan Pertama PENCOBAAN PERTAMA (Matius 4:3, 4) 3 Lalu datanglah si pencoba itu dan...

TFTWMS: Mat 4:5-7 - Pencobaan Kedua PENCOBAAN KEDUA (Matius 4:5-7) 5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota S...

TFTWMS: Mat 4:8-10 - Pencobaan Ketiga PENCOBAAN KETIGA (Matius 4:8-10) 8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke ata...

TFTWMS: Mat 4:11 - Kesimpulan KESIMPULAN (Matius 4:11) 11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malai...

TFTWMS: Mat 4:12-17 - Menetap Di Kapernaum MENETAP DI KAPERNAUM (Matius 4:12-17) 12 Tetapi waktu Yesus mendeng...

TFTWMS: Mat 4:18-22 - Pemanggilan Murid-murid Yang Pertama PEMANGGILAN MURID-MURID YANG PERTAMA (Matius 4:18-22) 18 Lalu merek...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun ...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (...

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Jurusela...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang ...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedj...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Injil Kerajaan 4:1-11 PENCOBAAN YESUS ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) BERAGAM PELAJARAN PADA WAKTU PENCOBAAN (Matius 4:1-11) Mungkin, dala...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Robert H. Mounce, Matthew, New International Biblical Commentary (Peabody, Mass.: Hendr...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Injil Kerajaan 4:12-25 PERMULAAN PELAYANAN YESUS ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) RENCANA ALLAH UNTUK MENGGAPAI YANG TERSESAT: PEMBERITAAN FIRMAN (Matius 4:12-25) ...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Leon Morris, The Gospel according to Matthew, Pillar Commentary (Grand Rapids, Mich.: W...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus...

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias,...

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan ant...

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.33 detik
dipersembahkan oleh YLSA