kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 3:17-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu." 3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup. 3:21 Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka. 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." 3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Eden a place near where the Tigris and Euphrates Rivers meet (NIVsn),son of Joah (Gershon Levi) in King Hezekiah's time,a district along the Euphrates River south of Haran (NIVsn)
 · Hawa the first woman created by God; wife of Adam,wife of Adam; mother of all the people of the earth


Topik/Tema Kamus: Firdaus | Adam | Kebijaksanaan | Pentateukh | Sejarah Purba | Binatang | Bela | Ibu | Manusia | Tani, Pertanian | Hidup | Susah, Kesusahan | Kerub | Hawa | Dosa | Jatuh, Kejatuhan Manusia | Taman | Mati, Kematian | Eden | Bumi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 3:16-19 - SUSAH PAYAHMU ... AKAN KUBUAT SANGAT BANYAK. Nas : Kej 3:16-19 Hukuman yang dikenakan pada laki-laki dan wanita (ayat Kej 3:16-19), dan juga efek dosa atas alam, dimaksudkan untuk mengingatkan...

Nas : Kej 3:16-19

Hukuman yang dikenakan pada laki-laki dan wanita (ayat Kej 3:16-19), dan juga efek dosa atas alam, dimaksudkan untuk mengingatkan umat manusia tentang akibat-akibat mengerikan dari dosa dan menyebabkan mereka bergantung pada Allah dalam iman dan ketaatan. Allah bermaksud agar keadaan umat manusia dewasa ini bersifat memulihkan.

  1. 1) Usaha Hawa untuk membebaskan diri dari Allah dan bertindak terlepas dari suaminya dihalangi karena rasa berahi kepada suami. Tertariknya Hawa kepada Adam dan kepemimpinannya akan mendatangkan kesulitan dan penderitaan bersama dengan sukacita dan berkat (bd. Kej 1:26-27; 1Kor 11:7-9; Ef 5:22-25; 1Tim 2:11-14).
  2. 2) Karena kutukan Allah atas alam, Adam dan Hawa akan menderita secara jasmani, bekerja membanting tulang, berjuang dengan susah payah, dan akhirnya mati, baik mereka maupun keturunan mereka.

Full Life: Kej 3:20 - MEMBERI NAMA HAWA KEPADA ISTERINYA. Nas : Kej 3:20 Adam memberikan nama "Hawa," yang artinya "hidup," kepada istrinya karena dia adalah ibu pertama dari semua orang.

Nas : Kej 3:20

Adam memberikan nama "Hawa," yang artinya "hidup," kepada istrinya karena dia adalah ibu pertama dari semua orang.

Full Life: Kej 3:22 - TAHU TENTANG YANG BAIK DAN YANG JAHAT. Nas : Kej 3:22 Adam dan Hawa telah berusaha untuk menyejajarkan diri mereka dengan Allah dan menentukan sendiri norma-norma mereka (lihat...

Nas : Kej 3:22

Adam dan Hawa telah berusaha untuk menyejajarkan diri mereka dengan Allah dan menentukan sendiri norma-norma mereka

(lihat cat. --> Kej 3:5).

[atau ref. Kej 3:5]

Karena kejatuhan, manusia dalam arti tertentu terlepas dari Allah dan mulai membedakan sendiri antara yang baik dan jahat.

  1. 1) Di dalam dunia ini, penilaian manusia yang tidak sempurna dan sesat sering kali menentukan apa yang baik dan yang buruk. Ini tidak pernah dikehendaki Allah, karena Ia bermaksud agar kita mengetahui yang baik dalam ketergantungan kepada Dia dan firman-Nya.
  2. 2) Semua yang mengakui Kristus sebagai Tuhan kembali kepada maksud Allah semula bagi umat manusia. Mereka bergantung pada firman Allah untuk menentukan apa yang baik.

Full Life: Kej 3:24 - IA MENGHALAU MANUSIA ITU. Nas : Kej 3:24 Hubungan Adam yang sempurna dengan Allah telah hilang. Kini dia diusir dari taman Eden dan mulailah hidup bersandar kepada Allah di ...

Nas : Kej 3:24

Hubungan Adam yang sempurna dengan Allah telah hilang. Kini dia diusir dari taman Eden dan mulailah hidup bersandar kepada Allah di tengah-tengah pencobaan. Tambahan pula, Iblis sampai batas tertentu memperoleh kekuasaan atas dunia ini melalui kejatuhan Adam dan Hawa, karena PB berbicara tentang Iblis sebagai "penguasa dunia ini" (Yoh 14:30; bd. 2Kor 4:4; 1Yoh 5:19). Akan tetapi, Allah begitu mengasihi manusia sehingga Ia menetapkan untuk mengalahkan Iblis dengan memperdamaikan manusia dan dunia dengan diri-Nya dengan mengorbankan nyawa Anak-Nya sendiri

(lihat cat. --> Kej 3:15;

[atau ref. Kej 3:15]

bd. Yoh 3:16; Wahy 21:1-8)

BIS: Kej 3:20 - Hawa Hawa: Nama ini dalam bahasa Ibrani kedengarannya seperti kata yang berarti "kehidupan".

Hawa: Nama ini dalam bahasa Ibrani kedengarannya seperti kata yang berarti "kehidupan".

BIS: Kej 3:24 - kerub kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap dan melambangkan kehadiran Allah serta keagungannya.

kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap dan melambangkan kehadiran Allah serta keagungannya.

Jerusalem: Kej 3:20 - Hawa Nama Hawa - Ibraninya: Hawwah - dijelaskan dengan kata dasar hidup Ibraninya: hayah.

Nama Hawa - Ibraninya: Hawwah - dijelaskan dengan kata dasar hidup Ibraninya: hayah.

Jerusalem: Kej 3:22 - tahu tentang yang baik dan yang jahat Manusia yang berdosa telah mengangkat dirinya menjadi hakim atas apa yang baik dan apa yang jahat, Kej 2:17+, dan dengan demikian merampas hak istimew...

Manusia yang berdosa telah mengangkat dirinya menjadi hakim atas apa yang baik dan apa yang jahat, Kej 2:17+, dan dengan demikian merampas hak istimewa Allah

Jerusalem: Kej 3:22 - hidup untuk selama-lamanya Pohon kehidupan sebagai lambang dipungut dari tradisi yang sejalan dengan tradisi mengenai pohon pengetahuan. Pada hakekatnya manusia adalah sebuah ma...

Pohon kehidupan sebagai lambang dipungut dari tradisi yang sejalan dengan tradisi mengenai pohon pengetahuan. Pada hakekatnya manusia adalah sebuah makhluk yang harus mati, lih Kej 3:19. Namun demikian ia menginginkan kebakaran. Kebakaran itu akhirnya akan dianugerahkan kepada manusia Firdaus yang telah hilang karena dosa adalah serupa dengan Firdaus yang akan ditemukan kembali oleh manusia berkat kasih karunia Allah.

Jerusalem: Kej 3:24 - kerub Kerub adalah makhluk gaib, separuh manusia separuh binatang. Ini diambil alih dari tradisi Babel. Bdk Kej 25:18+; Maz 18:11+.

Kerub adalah makhluk gaib, separuh manusia separuh binatang. Ini diambil alih dari tradisi Babel. Bdk Kej 25:18+; Maz 18:11+.

Ende: Kej 3:20 - -- "Chawa" artinja: jang hidup, atau: jang memberi hidup. Meskipun manusia tidak luput dari maut, namun hidupnja masih terus berlangsung djuga dalam ketu...

"Chawa" artinja: jang hidup, atau: jang memberi hidup. Meskipun manusia tidak luput dari maut, namun hidupnja masih terus berlangsung djuga dalam keturunannja.

Ende: Kej 3:22 - -- Dulu manusia hanjalah mengalami apa jang baik sadja, dan belum mempunjai gambaran tentang apakah kedjahatan itu (Kej 2:25). Tetapi sekarang dia telah ...

Dulu manusia hanjalah mengalami apa jang baik sadja, dan belum mempunjai gambaran tentang apakah kedjahatan itu (Kej 2:25). Tetapi sekarang dia telah berkenan dengan kedjahatan, jang dialaminja sebagai sesuatu jang merugikan baginja. Demikian dalam arti tertentu ia "menjerupai" Tuhan, karena mengenal hakekat kedjahatan.

Bahwa pintugerbang kearah pohon kehidupan telah ditutup, merupakan lukisan lebih landjut dari siksaan maut jang telah didjatuhkan atas diri manusia. Pengarang menjelesaikan tjeritanja setjara konkrit dengan menggunakan gambaran-gambaran jang sesuai dengan lukisan taman-bahagia: firdaus adalah tempat kehidupan kekal; kerub-kerub (a. 24)(#TB Kej 3:24) pendjaga pintu-gerbang taman-bahagia itu. Pada tjandi-tjandi dan istana-istana radja didunia timur djaman dahulu pintu-gerbang dihiasi dengan artja-artja batu (seperti pada tjandi-tjandi Hindu di Djawa, apa jang disebut "kala"). Disini para pendjaga-pintu adalah machluk- machluk hidup, hamba istana Tuhan.

Ende: Kej 3:24 - -- Maksud pengarang mengadjarkan kepada kita kebenaran-kebenaran historis berhubung dengan keselamatan kita: keadaan jang sesungguhnja dari manusia perta...

Maksud pengarang mengadjarkan kepada kita kebenaran-kebenaran historis berhubung dengan keselamatan kita: keadaan jang sesungguhnja dari manusia pertama serta keturunannja, dan sikapnja terhadap Tuhan. Keadaan ini dilukiskannja berbentuk suatu drama dengan berbagai-bagai pelakunja. Djadi bentuk gambaran ini bukan dalam segala-galanja menepati apa jang terdjadi dalam sedjarah. Kesimpulan ini dapat kita ambil dari teks sendiri. Pertama-tama: bentuk literer, jang mengandung banjak motif-motif dan unsur-unsur mitologis dari kesusasteraan hikmah: taman kenikmatan, ular jang berbitjara, pohon kehidupan, dan pengertian tentang baik dan djahat. Ini termasuk djenis puisi. Selandjutnja pelaku-pelaku simbolis, jang memegang peranan dalam tjerita. Sifat simbolis ini ternjata dari nama-nama jang mempunjai arti umum: 'adam = manusia; chawa = jang hidup. Demikian pula halnja dalam fasal-fasal berikutnja: Kain, Abil, Enosj, dll, semua ini nama-nama buatan jang timbul dalam tradisi.

Achirnja maksud tersebut diatas ternjata djuga dari tjara penghimpun kitab Kedjadian menggabungkan fasal 1(Kej 1) dengan fasal 2-3(Kej 2-3) mendjadi kesatuan: gambaran olehnja tidak dianggap sebagai kissah-sedjarah jang menguraikan segala-sesuatu tepat sebagaimana tampak terdjadi. Maka dari itu ia tidak berkerabatan mentjampur mempersatukan lukisan-lukisan jang mengandung perbedaan-perbedaan satu sama lain.

Endetn: Kej 3:17 - kepada manusia diperbaiki. Hibrani: "kepada Adam". Begitu djuga dalam aj. Kej 3:21.

diperbaiki. Hibrani: "kepada Adam". Begitu djuga dalam aj. Kej 3:21.

Endetn: Kej 3:24 - -- Junani: "Ia mengusir manusia, dan ditetapkanNja dimuka tanah Eden, kemudian ditempatkanNja kerub...."

Junani: "Ia mengusir manusia, dan ditetapkanNja dimuka tanah Eden, kemudian ditempatkanNja kerub...."

Ref. Silang FULL: Kej 3:17 - dari padanya // maka terkutuklah // tanah // bersusah payah // seumur hidupmu · dari padanya: Kej 2:17; Kej 2:17 · maka terkutuklah: Kej 5:29; Bil 35:33; Mazm 106:39; Yes 24:5; Yer 3:1; Rom 8:20-22 · tanah: ...

· dari padanya: Kej 2:17; [Lihat FULL. Kej 2:17]

· maka terkutuklah: Kej 5:29; Bil 35:33; Mazm 106:39; Yes 24:5; Yer 3:1; Rom 8:20-22

· tanah: Kej 6:13; 8:21; Yes 54:9

· bersusah payah: Kej 29:32; 31:42; Kel 3:7; Mazm 66:11; 127:2; Pengkh 1:13

· seumur hidupmu: Kej 47:9; Ayub 5:7; 7:1; 14:1; Pengkh 2:23; Yer 20:18

Ref. Silang FULL: Kej 3:18 - rumput duri // di padang · rumput duri: Ayub 31:40; Yes 5:6; Ibr 6:8 · di padang: Mazm 104:14

· rumput duri: Ayub 31:40; Yes 5:6; Ibr 6:8

· di padang: Mazm 104:14

Ref. Silang FULL: Kej 3:19 - dengan berpeluh // mencari makananmu // akan kembali · dengan berpeluh: Mazm 104:23 · mencari makananmu: Kej 14:18; Ul 8:3,9; 23:4; Rut 1:6; 2:14; 2Tes 3:10 · akan kembali: Kej 2:7; ...

· dengan berpeluh: Mazm 104:23

· mencari makananmu: Kej 14:18; Ul 8:3,9; 23:4; Rut 1:6; 2:14; 2Tes 3:10

· akan kembali: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]; Ayub 7:21; [Lihat FULL. Ayub 7:21]; Mazm 146:4; [Lihat FULL. Mazm 146:4]; 1Kor 15:47; Ibr 9:27

Ref. Silang FULL: Kej 3:20 - nama Hawa · nama Hawa: Kej 2:20; Kej 2:20; 2Kor 11:3; 1Tim 2:13

· nama Hawa: Kej 2:20; [Lihat FULL. Kej 2:20]; 2Kor 11:3; 1Tim 2:13

Ref. Silang FULL: Kej 3:21 - lalu mengenakannya · lalu mengenakannya: Kej 3:7; Kej 3:7

· lalu mengenakannya: Kej 3:7; [Lihat FULL. Kej 3:7]

Ref. Silang FULL: Kej 3:22 - dari Kita // pohon kehidupan · dari Kita: Kej 1:26; Kej 1:26 · pohon kehidupan: Kej 2:9; Kej 2:9; Wahy 2:7; Wahy 2:7

· dari Kita: Kej 1:26; [Lihat FULL. Kej 1:26]

· pohon kehidupan: Kej 2:9; [Lihat FULL. Kej 2:9]; Wahy 2:7; [Lihat FULL. Wahy 2:7]

Ref. Silang FULL: Kej 3:23 - taman Eden // mengusahakan tanah · taman Eden: Kej 2:8; Kej 2:8 · mengusahakan tanah: Kej 2:7; Kej 2:7

· taman Eden: Kej 2:8; [Lihat FULL. Kej 2:8]

· mengusahakan tanah: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]

Ref. Silang FULL: Kej 3:24 - taman Eden // beberapa kerub // dengan pedang // pohon kehidupan · taman Eden: Kej 2:8; Kej 2:8 · beberapa kerub: Kel 25:18-22; 1Sam 4:4; 2Sam 6:2; 22:11; 1Raj 6:27; 8:6; 2Raj 19:15; 2Taw 5:8; Mazm 18:...

· taman Eden: Kej 2:8; [Lihat FULL. Kej 2:8]

· beberapa kerub: Kel 25:18-22; 1Sam 4:4; 2Sam 6:2; 22:11; 1Raj 6:27; 8:6; 2Raj 19:15; 2Taw 5:8; Mazm 18:11; 80:2; 99:1; Yes 37:16; Yeh 10:1; 28:16

· dengan pedang: Ayub 40:14; Mazm 104:4; Yes 27:1

· pohon kehidupan: Kej 2:9; [Lihat FULL. Kej 2:9]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 3:17-19 - Hukuman yang Diberikan kepada Adam; Akibat Kejatuhan Hukuman yang Diberikan kepada Adam; Akibat Kejatuhan (Kejadian 3:17-19) ...

Matthew Henry: Kej 3:20 - Pemberian Nama Hawa Pemberian Nama Hawa (Kejadian 3:20) ...

Matthew Henry: Kej 3:21 - Pakaian Kulit Binatang untuk Manusia Pakaian Kulit Binatang untuk Manusia (Kejadian 3:21) ...

Matthew Henry: Kej 3:22-24 - Adam dan Hawa Diusir dari Taman Firdaus Adam dan Hawa Diusir dari Taman Firdaus (Kejadian 3:22-24) ...

SH: Kej 3:8-24 - Berpakaian (Selasa, 4 Februari 2003) Berpakaian Berpakaian. Ketika Tuhan berjalan-jalan di taman, langkah-langkah Allah terdengar bag...

SH: Kej 3:8-24 - Hukuman dan anugerah (Minggu, 6 April 2008) Hukuman dan anugerah Judul: Hukuman dan anugerah Dosa menyebabkan perasaan bersalah dan takut menghant...

SH: Kej 3:1-19 - Dosa, hukuman, dan janji pelepasan (Senin, 25 April 2011) Dosa, hukuman, dan janji pelepasan Judul: Dosa, hukuman, dan janji pelepasan Kisah klasik kejatuhan ma...

SH: Kej 3:1-24 - Tergoda (Minggu, 22 April 2018) Tergoda Keberadaan manusia di Taman Eden tidak berlangsung abadi (24). Manusia tergoda oleh bujuk rayu ular, yang...

SH: Kej 3:1-24 - Menilai dan Memilih dengan Benar (Minggu, 21 April 2024) Menilai dan Memilih dengan Benar Setiap pilihan selalu mengandung konsekuensi, entah itu baik atau buruk. Tuhan t...

SH: Kej 3:20--4:16 - Dosa dan anugerah (Selasa, 26 April 2011) Dosa dan anugerah Judul: Dosa dan anugerah Dosa memang memiliki efek menular. Satu dosa dalam diri ses...

Utley: Kej 3:14-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:14-191...

Utley: Kej 3:20-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:20-212...

Utley: Kej 3:22-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 3:22-242...

Topik Teologia: Kej 3:17 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia adalah Lemah, Rendah dan Terbatas ...

Topik Teologia: Kej 3:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia adalah Lemah, Rendah dan Terbatas ...

Topik Teologia: Kej 3:20 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah Wanita Mengandung Anak-anak Kej 1:28...

Topik Teologia: Kej 3:21 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Peristiwa yang Diparalelkan dengan Kristus ...

Topik Teologia: Kej 3:22 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Allah Tritunggal dalam Kiasan-kiasan PL ...

Topik Teologia: Kej 3:23 - -- Dosa Disiplin Kemurahan Kej 3:21-24 Dosa Menyeb...

Topik Teologia: Kej 3:24 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Dosa Disiplin Kemurahan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, ja...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan...

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta ku...

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab in...

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA