kecilkan semua  

Teks -- Imamat 14:4-57 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
14:4 maka imam harus memerintahkan, supaya bagi orang yang akan ditahirkan itu diambil dua ekor burung yang hidup dan yang tidak haram, juga kayu aras, kain kirmizi dan hisop. 14:5 Imam harus memerintahkan supaya burung yang seekor disembelih di atas belanga tanah berisi air mengalir. 14:6 Tetapi burung yang masih hidup haruslah diambilnya bersama-sama dengan kayu aras, kain kirmizi dan hisop, lalu bersama-sama dengan burung itu semuanya harus dicelupkannya ke dalam darah burung yang sudah disembelih di atas air mengalir itu. 14:7 Kemudian ia harus memercik tujuh kali kepada orang yang akan ditahirkan dari kusta itu dan dengan demikian mentahirkan dia, lalu burung yang hidup itu haruslah dilepaskannya ke padang. 14:8 Orang yang akan ditahirkan itu haruslah mencuci pakaiannya, mencukur seluruh rambutnya dan membasuh tubuhnya dengan air, maka ia menjadi tahir. Sesudah itu ia boleh masuk ke dalam perkemahan, tetapi harus tinggal di luar kemahnya sendiri tujuh hari lamanya. 14:9 Maka pada hari yang ketujuh ia harus mencukur seluruh rambutnya: rambut kepala, janggut, alis, bahkan segala bulunya harus dicukur, pakaiannya dicuci, dan tubuhnya dibasuh dengan air; maka ia menjadi tahir. 14:10 Pada hari yang kedelapan ia harus mengambil dua ekor domba jantan yang tidak bercela dan seekor domba betina berumur setahun yang tidak bercela dan tiga persepuluh efa tepung yang terbaik diolah dengan minyak sebagai korban sajian, serta satu log minyak. 14:11 Imam yang melakukan pentahiran itu harus menempatkan orang yang akan ditahirkan bersama-sama dengan persembahannya di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan. 14:12 Dan ia harus mengambil domba jantan yang seekor dan mempersembahkannya sebagai tebusan salah bersama-sama dengan minyak yang satu log itu, dan ia harus mempersembahkannya sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN. 14:13 Domba jantan itu harus disembelihnya di tempat orang menyembelih korban penghapus dosa dan korban bakaran, di tempat kudus, karena korban penebus salah, begitu juga korban penghapus dosa, adalah bagian imam; itulah bagian maha kudus. 14:14 Imam harus mengambil sedikit dari darah tebusan salah itu dan harus membubuhnya pada cuping telinga kanan dari orang yang akan ditahirkan dan pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanannya. 14:15 Imam harus mengambil sedikit dari minyak yang satu log itu dan menuangnya ke telapak tangan kiri imam sendiri; 14:16 ia harus mencelupkan jari kanannya ke dalam minyak yang di telapak tangan kirinya itu dan sedikit dari minyak itu haruslah dipercikkannya dengan jarinya tujuh kali di hadapan TUHAN. 14:17 Dari minyak selebihnya imam harus membubuh sedikit pada cuping telinga kanan orang itu, pada ibu jari tangan kanannya dan pada ibu jari kaki kanannya, di tempat mana darah tebusan salah dibubuhkan. 14:18 Dan apa yang tinggal dari minyak itu haruslah dibubuhnya pada kepala orang yang akan ditahirkan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu di hadapan TUHAN. 14:19 Imam harus mempersembahkan korban penghapus dosa dan dengan demikian mengadakan pendamaian bagi orang yang akan ditahirkan dari kenajisannya, dan sesudah itu ia harus menyembelih korban bakaran. 14:20 Kemudian imam harus mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian di atas mezbah. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu, maka ia menjadi tahir. 14:21 Tetapi jikalau orang itu miskin dan tidak mampu, ia harus mengambil domba jantan seekor saja sebagai tebusan salah untuk persembahan unjukan, supaya diadakan pendamaian bagi orang itu, juga sepersepuluh efa tepung yang terbaik diolah dengan minyak untuk korban sajian, dan satu log minyak. 14:22 Dan lagi dua ekor burung tekukur atau dua ekor burung merpati sekadar kemampuannya, yang seekor harus menjadi korban penghapus dosa dan yang seekor lagi menjadi korban bakaran. 14:23 Pada hari yang kedelapan ia harus membawa semuanya untuk pentahirannya kepada imam, ke depan pintu Kemah Pertemuan di hadapan TUHAN. 14:24 Kemudian imam harus mengambil domba tebusan salah dan minyak yang satu log itu, lalu imam harus mempersembahkan semuanya sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN. 14:25 Ia harus menyembelih domba tebusan salah dan imam harus mengambil sedikit dari darah tebusan salah itu dan membubuhnya pada cuping telinga kanan orang itu dan pada ibu jari tangan kanan dan ibu jari kaki kanannya. 14:26 Dan imam harus menuang sedikit dari minyak itu ke telapak tangan kirinya sendiri, 14:27 lalu sedikit dari minyak itu haruslah dipercikkan oleh imam dengan jari kanannya tujuh kali di hadapan TUHAN. 14:28 Kemudian imam harus membubuh sedikit dari minyak itu pada cuping telinga kanan dari orang yang akan ditahirkan, pada ibu jari tangan kanannya dan pada ibu jari kaki kanannya, di tempat mana dibubuhi darah tebusan salah itu. 14:29 Dan minyak selebihnya haruslah dibubuhnya pada kepala orang yang akan ditahirkan, supaya diadakan pendamaian bagi orang itu di hadapan TUHAN. 14:30 Lalu ia harus mempersembahkan seekor dari kedua burung tekukur atau anak burung merpati, yang dibawa orang itu sekadar kemampuannya, 14:31 yang seekor sebagai korban penghapus dosa, dan yang seekor lagi sebagai korban bakaran, di samping korban sajian. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang yang akan ditahirkan di hadapan TUHAN. 14:32 Itulah hukum tentang pentahiran seorang yang kena kusta yang tidak mampu." 14:33 TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun: 14:34 "Apabila kamu masuk ke tanah Kanaan yang akan Kuberikan kepadamu menjadi milikmu dan Aku mendatangkan tanda kusta di sebuah rumah di negeri milikmu itu, 14:35 maka pemilik rumah itu harus datang memberitahukannya kepada imam: Ada kelihatan seperti tanda kusta di rumahku. 14:36 Maka imam harus memerintahkan supaya rumah itu dikosongkan, sebelum ia datang memeriksa tanda kusta itu, supaya jangan menjadi najis segala yang ada di dalam rumah itu, dan sesudah itu barulah imam datang untuk memeriksanya. 14:37 Kalau menurut pemeriksaannya tanda pada dinding rumah itu merupakan lekuk-lekuk yang kehijau-hijauan atau kemerah-merahan warnanya, yang kelihatan lebih dalam dari permukaan dinding itu, 14:38 imam harus keluar dari rumah itu, lalu berdiri di depan pintu rumah, dan menutup rumah itu tujuh hari lamanya. 14:39 Pada hari yang ketujuh imam harus datang kembali; kalau menurut pemeriksaannya tanda kusta itu meluas pada dinding rumah, 14:40 maka imam harus memerintahkan supaya orang mengungkit batu-batu yang kena tanda itu dan membuangnya ke luar kota ke suatu tempat yang najis. 14:41 Dan ia harus mengikis rumah itu sebelah dalam berkeliling, dan kikisan lepa itu haruslah ditumpahkan ke luar kota ke suatu tempat yang najis. 14:42 Dan orang harus mengambil batu-batu lain, lalu memasangnya sebagai pengganti batu-batu tadi, dan harus mengambil lepa lain dan melepa rumah itu. 14:43 Tetapi jikalau tanda itu timbul lagi di dalam rumah itu, sesudah batu-batunya diungkit dan sesudah rumah itu dikikis, bahkan sesudah dilepa lagi, 14:44 dan kalau imam datang dan menurut pemeriksaannya tanda itu meluas di dalam rumah, maka kusta ganaslah yang di dalam rumah itu, dan rumah itu najis. 14:45 Rumah itu haruslah dirombak, yakni batunya, kayunya dan segala lepa rumah itu, lalu dibawa semuanya ke luar kota ke suatu tempat yang najis. 14:46 Dan orang yang masuk ke dalam rumah itu selama rumah itu ditutup, menjadi najis sampai matahari terbenam. 14:47 Dan orang yang tidur di dalam rumah itu haruslah mencuci pakaiannya; demikian juga orang yang makan di dalam rumah itu haruslah mencuci pakaiannya. 14:48 Tetapi jikalau imam datang dan menurut pemeriksaannya tanda itu tidak meluas di dalam rumah itu, sesudah dilepa, maka imam harus menyatakan rumah itu tahir, karena tanda itu telah hilang. 14:49 Kemudian, untuk menyucikan rumah itu, haruslah ia mengambil dua ekor burung, kayu aras, kain kirmizi dan hisop. 14:50 Burung yang seekor haruslah disembelihnya di atas belanga tanah berisi air mengalir. 14:51 Lalu ia harus mengambil kayu aras dan hisop, kain kirmizi dan burung yang masih hidup itu, dan mencelupkan semuanya ke dalam darah burung yang sudah disembelih dan ke dalam air mengalir itu, kemudian ia harus memercik kepada rumah itu tujuh kali. 14:52 Dengan demikian ia harus menyucikan rumah itu dengan darah burung, air mengalir, burung yang hidup, kayu aras, hisop, dan kain kirmizi. 14:53 Dan burung yang hidup itu harus dilepaskannya ke luar kota ke padang. Dengan demikian ia mengadakan pendamaian bagi rumah itu, maka rumah itu menjadi tahir. 14:54 Itulah hukum tentang setiap penyakit kusta, kudis kepala, 14:55 tentang kusta pada pakaian dan rumah, 14:56 tentang bengkak, bintil-bintil dan panau, 14:57 untuk memberi petunjuk dalam hal najis atau dalam hal tahir; itulah hukum tentang kusta."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · seorang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan


Topik/Tema Kamus: Hukum Musa | Imamat, Kitab | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Tahir Dan Najis | Kusta | Sakit, Penyakit Kusta | Rumah | Pohon Aras | Korban Tebusan Salah | Tangan | Gambaran, Teladan Kristus | Hari Silih | Penyakit Kulit yang Mengerikan | Korban Bakaran | Ukur, Ukuran | Zufa | Sembah, Persembahan Unjukan | Suci, Penyucian Atau Baptisan | Hisop | Imam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Im 11:1--16:34 - -- Bab-bab ini memuat "Hukum Ketahiran" dan bagian berikutnya, bab 17-26, menyatakan "Hukum Kekudusan". Kedua bagian Imamat itu saling melengkapi. Dua-du...

Bab-bab ini memuat "Hukum Ketahiran" dan bagian berikutnya, bab 17-26, menyatakan "Hukum Kekudusan". Kedua bagian Imamat itu saling melengkapi. Dua-duanya meninjau tuntutan-tuntutan Allah yang sama, tetapi dari segi yang berbeda. Yaitu dari segi negatipnya dan dari segi positipnya. Penetapan-penetapan yang tercantum dalam bab 11-16 bersumberkan larangan-larangan agama yang sangat tua usianya. Tahir dan halal ialah segala sesuatunya yang boleh mendekati Tuhan: najis dan haram ialah apa yang membuat orang tidak mampu ikut serta dalam ibadat atau yang tidak boleh dipakai dalam ibadat. Binatang halal ialah binatang yang boleh dikorbankan kepada Tuhan, Kej 7:2, sedangkan binatang yang disebut najis ialah binatang-binatang yang dianggap kudus oleh orang kafir atau yang menimbulkan rasa jijik ataupun yang dianggap jahat dan karenanya tidak diperkenankan Allah, bab 11. Bagian Imamat ini juga memuat penetapan-penetapan yang menyangkut kelahiran, bab 12, hidup seksuil, bab 15, dan kematian, Bil 21:1-11; bdk Bil 19:11-19. Penetapan-penetapan itu sebenarnya menyangkut bidang-bidang hidup manusia yang penuh rahasia dan yang secara khusus di bawah kekuasaan Allah. Penguasa kehidupan. Sebuah gejala pembusukan seperti sakit kusta, Ima 13:1+, juga menjadikan orang najis. Tetapi dengan menekankan kesucian hati, Yer 1:16; Yer 33:8; bdk Maz 51:12. para nabi melampaui ketahiran yang ditetapkan hukum ibadat Imamat ini. Dengan menuntut kesucian hati itu para nabi menyiapkan pewartaan Yesus, Mat 15:10-20, yang membebaskan pengikut-pengikutNya dari peraturan-peraturan yang di masa Yesus hanya secara lahiriah dilaksanakan, Mat 23:24-26. Namun demikian, peraturan-peraturan kuno mengenai tahir serta halal, najis dan haram itu tetap mengajar kita mengenai cita-cita kemurnian akhlak yang dimajukan dengan peraturan-peraturan yang bernada positip.

Jerusalem: Im 13:1--14:57 - -- Kata "kusta" dalam pengertian orang Ibrani di zaman dahulu mencakup berbagai penyakit kulit atau penyakit pada bagian luar tubuh, Ima 13:1-44. Ke dala...

Kata "kusta" dalam pengertian orang Ibrani di zaman dahulu mencakup berbagai penyakit kulit atau penyakit pada bagian luar tubuh, Ima 13:1-44. Ke dalam istilah "kusta" termasuk pula jamuran pada pakaian atau dinding, Ima 13:47-59; 14:33-53. Hanya para imam berhak menentukan apakah "penyakit kusta" ada atau tidak sudah sembuh tidaknya: mereka juga menetapkan tindakan yang harus diambil untuk mencegah "penyakit" itu dari menular. Peraturan-peraturan pegangan imam dalam hal itu, di sini dibukukan. Ini semua peraturan praktis yang berlatarbelakang adat istiadat primitip. Tetapi dalam agama Israel semua mendapat makna keagamaan, oleh karena peraturan-peraturan itu menetapkan apa yang "najis" (menghalangi hubungan dengan Tuhan). Upacara pemasukan kembali ke dalam masyarakat diganti dengan upacara yang diserupakan dengan korban penghapusan dosa, Ima 14:1-31, 49-53. Dalam rangka itu "dosa" berarti: dirusaknya daya hidup yang bersumberkan Allahnya Israel.

Jerusalem: Im 14:1-57 - -- Bab ini mempersatukan dua tata upacara pentahiran. Ima 14:2-9 adalah sebuah tata upacara yang tua sekali. Ia berdekatan dengan tata upacara air pentah...

Bab ini mempersatukan dua tata upacara pentahiran. Ima 14:2-9 adalah sebuah tata upacara yang tua sekali. Ia berdekatan dengan tata upacara air pentahiran yang termaktub dalam Bil 19:1dst+. Upacara ini berdasarkan keyakinan dapat diusir (bdk kambing jantan yang diserahkan kepada Azazel, Ima 16:1+). Ima 14:10-32 adalah sebuah tata upacara yang lebih bersesuai dengan seluruh kitab Imamat. Hanya upacara pengurapan, Ima 14:15-18, kurang sesuai oleh sebab dalam Imamat tidak ada sesuatu yang serupa.

Jerusalem: Im 14:10 - tiga persepuluh efa Ialah l.k. 13,5 liter.

Ialah l.k. 13,5 liter.

Jerusalem: Im 14:37 - tanda pada dinding Ialah bekas jamuran yang merusak kapur dan merubah warna dinding.

Ialah bekas jamuran yang merusak kapur dan merubah warna dinding.

Jerusalem: Im 14:49 - untuk menyucikan rumah itu Harafiah: sebagai korban penghapusan dosa rumah itu. "Dosa" itu memang tidak bersangkutan dengan tata susila. Tetapi kenajisan rumah disamakan dengan ...

Harafiah: sebagai korban penghapusan dosa rumah itu. "Dosa" itu memang tidak bersangkutan dengan tata susila. Tetapi kenajisan rumah disamakan dengan kenajisan manusia yang disucikan melalui korban penghapusan dosa. Upacara bagi rumah itu sama dengan upacara kuno buat seseorang yang kena "penyakit kusta", Ima 14:4-7.

Ende: Im 11:1--15:33 - -- Dalam pasal-pasal ini terkumpul pelbagai hukum dan aturan mengenai nadjis dan tahir, haram dan halal. Ada hukum-hukum jang berdasarkan tradisi-tradisi...

Dalam pasal-pasal ini terkumpul pelbagai hukum dan aturan mengenai nadjis dan tahir, haram dan halal. Ada hukum-hukum jang berdasarkan tradisi-tradisi kuno, lainnja memuat tradisi jang lebih muda. Hukum-hukum itu sering melandjutkan matjam-matjam tabu, sebagaimana djuga diketemukan pada bangsa-bangsa lain dan dalam agamanja. Tabu sedemikian itu aselinja bermaksud melindungi orang-orang terhadap daja-daja adjaib dan berbahaja jang dianggap tersembunji didalam barang-barang tertentu, ataupun berkenaan dengan daja hidup jang misterius dan karenanja ilahi, sehingga perlu dibarengi dengan kelakuan jang chas. Dalam agama bangsa Israil hukum-hukum sedemikian itu diberi makna lain, sehingga disangkutkan dengan ibadah dan membuat orang mampu atau menghalang-halangi dia ikut serta dalam ibadah jang mendekatkan manusia kepada Allah. Binatang-binatang jang dilarang itu umumnja adalah binatang jang dipakai dalam ibadah kaum kafir, entah sebagai kurban entah untuk dipudja. Binatang-binatang jang halal dipergunakan dalam ibadah Jahwe. Dengan demikian umat Allah dipisahkan dari bangsa-bangsa kafir dan kemurnian agama dilindungi. Hukum-hukum jang bertalian dengan hidup dan kelahiran serta kematian mengingatkan, bahwa Allah semata-mata Tuhan kehidupan. Kusta merupakan tanda kematian, sehingga menghalang orang mendekati pokok kehidupan, Jahwe. Semua hukum ini memang tidak menjangkut tatasusila kebaikan atau kedjahatan, namun terang mengingatkan kepada manusia ketidak mampuannja dan hak Allah jang mutlak. Demikian undang-undang ini sungguh mempunjai makna keigamaan djuga. Perdjandjian Baru membatalkan semua hukum itu, oleh sebab tidak membutuhkan alat itu lagi, meskipun apa jang diusahakan dalam hukum-hukum itu masih tetap ada.

Ende: Im 14:5 - air jang hidup ialah air dari mataair dan tidak dari sumur atau perigi (air mati). Air jang hidup itu luar biasa kuatnja!

ialah air dari mataair dan tidak dari sumur atau perigi (air mati). Air jang hidup itu luar biasa kuatnja!

Ende: Im 14:7 - -- Burung jang hidup itu membawa lari penjakit dan kenadjisannja. Penjakit dianggap berasal dari roh djahat jang bersajap. Burung itu merupakan pendjelma...

Burung jang hidup itu membawa lari penjakit dan kenadjisannja. Penjakit dianggap berasal dari roh djahat jang bersajap. Burung itu merupakan pendjelmaan roh djahat itu. Air jang bertjampur darah (merah) dan warna merah kirmizipun dianggap kuat untuk mengusir roh djahat. Warna merah umumnja mempunjai peranan penting dalam tachajul.

Ende: Im 14:8 - -- Kurang terang mengapa ia harus tinggal diluar kemahnja.

Kurang terang mengapa ia harus tinggal diluar kemahnja.

Ende: Im 14:10 - -- Tiga persepuluh Efa, ialah lk. 10-12 liter (issaron).

Tiga persepuluh Efa, ialah lk. 10-12 liter (issaron).

Ende: Im 14:10 - Log ialah lk. 60 liter.

ialah lk. 60 liter.

Ende: Im 14:12 - -- Kurban pelunas salah perlu dipersembahkan oleh karena selama sakit orang tidak ikut serta dalam ibadah dan dengan itu "merugikan" Allah.

Kurban pelunas salah perlu dipersembahkan oleh karena selama sakit orang tidak ikut serta dalam ibadah dan dengan itu "merugikan" Allah.

Ende: Im 14:17 - -- Kurang terang maknanja pelunasan itu. Entah untuk mentahirkan, entah untuk menguduskan, sehingga orang dapat ikut serta dalam ibadah.

Kurang terang maknanja pelunasan itu. Entah untuk mentahirkan, entah untuk menguduskan, sehingga orang dapat ikut serta dalam ibadah.

Endetn: Im 14:41 - dikukur diperbaiki menurut terdjemahan Junani, Syriah dan Targum. Tertulis: "mereka menjuruh rombak (kukur)".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani, Syriah dan Targum. Tertulis: "mereka menjuruh rombak (kukur)".

Endetn: Im 14:43 - diredjang diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan aj. Ima 14:40. Tertulis: "ia meredjang".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan aj. Ima 14:40. Tertulis: "ia meredjang".

Ref. Silang FULL: Im 14:4 - akan ditahirkan // dan hisop · akan ditahirkan: Im 14:6,49,51,52; Bil 19:6; Mazm 51:9 · dan hisop: Kel 12:22; Kel 12:22

· akan ditahirkan: Im 14:6,49,51,52; Bil 19:6; Mazm 51:9

· dan hisop: Kel 12:22; [Lihat FULL. Kel 12:22]

Ref. Silang FULL: Im 14:5 - belanga tanah · belanga tanah: Im 14:50

· belanga tanah: Im 14:50

Ref. Silang FULL: Im 14:6 - mengalir itu · mengalir itu: Im 14:4; Im 14:4

· mengalir itu: Im 14:4; [Lihat FULL. Im 14:4]

Ref. Silang FULL: Im 14:7 - harus memercik // tujuh kali // ke padang · harus memercik: 2Raj 5:10,14; Yes 52:15; Yeh 36:25 · tujuh kali: Im 14:51 · ke padang: Im 14:53

· harus memercik: 2Raj 5:10,14; Yes 52:15; Yeh 36:25

· tujuh kali: Im 14:51

· ke padang: Im 14:53

Ref. Silang FULL: Im 14:8 - mencuci pakaiannya // dengan air // menjadi tahir // dalam perkemahan · mencuci pakaiannya: Im 11:25; Im 11:25 · dengan air: Im 14:9; Kel 29:4; Kel 29:4; Im 15:5; 17:15; 22:6; Bil 19:7,8 · menjadi ta...

· mencuci pakaiannya: Im 11:25; [Lihat FULL. Im 11:25]

· dengan air: Im 14:9; Kel 29:4; [Lihat FULL. Kel 29:4]; Im 15:5; 17:15; 22:6; Bil 19:7,8

· menjadi tahir: Im 14:20

· dalam perkemahan: Im 13:11; [Lihat FULL. Im 13:11]; Bil 5:2,3; 12:14,15; 19:20; 31:24; 2Taw 26:21

Ref. Silang FULL: Im 14:9 - pada hari // seluruh rambutnya // menjadi tahir · pada hari: Im 13:5; Im 13:5 · seluruh rambutnya: Bil 6:9; Ul 21:12 · menjadi tahir: Im 13:6; Im 13:6

· pada hari: Im 13:5; [Lihat FULL. Im 13:5]

· seluruh rambutnya: Bil 6:9; Ul 21:12

· menjadi tahir: Im 13:6; [Lihat FULL. Im 13:6]

Ref. Silang FULL: Im 14:10 - Pada hari // domba betina // persepuluh efa // korban sajian // log minyak · Pada hari: Bil 6:10; Mat 8:4; Mr 1:44; Luk 5:14 · domba betina: Im 4:32; Im 4:32 · persepuluh efa: Bil 15:9; 28:20 · kor...

· Pada hari: Bil 6:10; Mat 8:4; Mr 1:44; Luk 5:14

· domba betina: Im 4:32; [Lihat FULL. Im 4:32]

· persepuluh efa: Bil 15:9; 28:20

· korban sajian: Im 2:1

· log minyak: Im 14:12,15,21,24

Ref. Silang FULL: Im 14:11 - harus menempatkan // Kemah Pertemuan · harus menempatkan: Bil 6:16 · Kemah Pertemuan: Bil 6:10

· harus menempatkan: Bil 6:16

· Kemah Pertemuan: Bil 6:10

Ref. Silang FULL: Im 14:12 - tebusan salah // persembahan unjukan · tebusan salah: Im 5:18; Im 5:18 · persembahan unjukan: Kel 29:24; Kel 29:24

· tebusan salah: Im 5:18; [Lihat FULL. Im 5:18]

· persembahan unjukan: Kel 29:24; [Lihat FULL. Kel 29:24]

Ref. Silang FULL: Im 14:13 - tempat kudus // bagian imam · tempat kudus: Kel 29:11; Kel 29:11 · bagian imam: Im 6:24-30; Im 7:7; Im 7:7

· tempat kudus: Kel 29:11; [Lihat FULL. Kel 29:11]

· bagian imam: Im 6:24-30; Im 7:7; [Lihat FULL. Im 7:7]

Ref. Silang FULL: Im 14:14 - kaki kanannya · kaki kanannya: Kel 29:20; Kel 29:20

· kaki kanannya: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]

Ref. Silang FULL: Im 14:15 - tangan kiri · tangan kiri: Im 14:26

· tangan kiri: Im 14:26

Ref. Silang FULL: Im 14:16 - tujuh kali · tujuh kali: Im 14:27

· tujuh kali: Im 14:27

Ref. Silang FULL: Im 14:17 - tebusan salah · tebusan salah: Im 14:28

· tebusan salah: Im 14:28

Ref. Silang FULL: Im 14:18 - akan ditahirkan · akan ditahirkan: Im 14:31; Im 15:15

· akan ditahirkan: Im 14:31; Im 15:15

Ref. Silang FULL: Im 14:19 - dari kenajisannya · dari kenajisannya: Im 14:31; Im 5:3; Im 5:3; Im 15:15

· dari kenajisannya: Im 14:31; Im 5:3; [Lihat FULL. Im 5:3]; Im 15:15

Ref. Silang FULL: Im 14:20 - orang itu // menjadi tahir · orang itu: Im 15:30 · menjadi tahir: Im 14:8

· orang itu: Im 15:30

· menjadi tahir: Im 14:8

Ref. Silang FULL: Im 14:21 - itu miskin // tidak mampu · itu miskin: Im 5:7; Im 5:7 · tidak mampu: Im 14:22,32

· itu miskin: Im 5:7; [Lihat FULL. Im 5:7]

· tidak mampu: Im 14:22,32

Ref. Silang FULL: Im 14:22 - burung merpati // korban bakaran · burung merpati: Im 5:7; Im 5:7 · korban bakaran: Im 15:30

· burung merpati: Im 5:7; [Lihat FULL. Im 5:7]

· korban bakaran: Im 15:30

Ref. Silang FULL: Im 14:23 - Kemah Pertemuan // hadapan Tuhan · Kemah Pertemuan: Im 15:14,29 · hadapan Tuhan: Im 14:10,11; Im 14:10; Im 14:11

· Kemah Pertemuan: Im 15:14,29

· hadapan Tuhan: Im 14:10,11; [Lihat FULL. Im 14:10]; [Lihat FULL. Im 14:11]

Ref. Silang FULL: Im 14:24 - tebusan salah // dan minyak // persembahan unjukan · tebusan salah: Bil 6:14 · dan minyak: Im 14:10; Im 14:10 · persembahan unjukan: Im 14:12

· tebusan salah: Bil 6:14

· dan minyak: Im 14:10; [Lihat FULL. Im 14:10]

· persembahan unjukan: Im 14:12

Ref. Silang FULL: Im 14:25 - kaki kanannya · kaki kanannya: Kel 29:20; Kel 29:20

· kaki kanannya: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]

Ref. Silang FULL: Im 14:26 - tangan kirinya · tangan kirinya: Im 14:15

· tangan kirinya: Im 14:15

Ref. Silang FULL: Im 14:29 - hadapan Tuhan · hadapan Tuhan: Im 14:18

· hadapan Tuhan: Im 14:18

Ref. Silang FULL: Im 14:30 - sekadar kemampuannya · sekadar kemampuannya: Im 5:7; Im 5:7

· sekadar kemampuannya: Im 5:7; [Lihat FULL. Im 5:7]

Ref. Silang FULL: Im 14:31 - korban bakaran // akan ditahirkan · korban bakaran: Im 14:22; Im 5:7; 15:15,30 · akan ditahirkan: Im 14:18,19; Im 14:18; Im 14:19

· korban bakaran: Im 14:22; Im 5:7; 15:15,30

· akan ditahirkan: Im 14:18,19; [Lihat FULL. Im 14:18]; [Lihat FULL. Im 14:19]

Ref. Silang FULL: Im 14:32 - kena kusta // tidak mampu · kena kusta: Im 13:2; Im 13:2 · tidak mampu: Im 14:21; Im 14:21

· kena kusta: Im 13:2; [Lihat FULL. Im 13:2]

· tidak mampu: Im 14:21; [Lihat FULL. Im 14:21]

Ref. Silang FULL: Im 14:34 - tanah Kanaan // menjadi milikmu · tanah Kanaan: Kej 12:5; Kel 6:3; Bil 13:2 · menjadi milikmu: Kej 17:8; 48:4; Bil 27:12; 32:22; Ul 3:27; 7:1; 32:49

· tanah Kanaan: Kej 12:5; Kel 6:3; Bil 13:2

· menjadi milikmu: Kej 17:8; 48:4; Bil 27:12; 32:22; Ul 3:27; 7:1; 32:49

Ref. Silang FULL: Im 14:37 - atau kemerah-merahan · atau kemerah-merahan: Im 13:19; Im 13:19

· atau kemerah-merahan: Im 13:19; [Lihat FULL. Im 13:19]

Ref. Silang FULL: Im 14:38 - tujuh hari · tujuh hari: Im 13:4; Im 13:4

· tujuh hari: Im 13:4; [Lihat FULL. Im 13:4]

Ref. Silang FULL: Im 14:39 - Pada hari · Pada hari: Im 13:5

· Pada hari: Im 13:5

Ref. Silang FULL: Im 14:40 - luar kota · luar kota: Im 14:45

· luar kota: Im 14:45

Ref. Silang FULL: Im 14:44 - itu najis · itu najis: Im 13:51

· itu najis: Im 13:51

Ref. Silang FULL: Im 14:46 - matahari terbenam · matahari terbenam: Im 11:24; Im 11:24

· matahari terbenam: Im 11:24; [Lihat FULL. Im 11:24]

Ref. Silang FULL: Im 14:47 - mencuci pakaiannya · mencuci pakaiannya: Im 11:25; Im 11:25

· mencuci pakaiannya: Im 11:25; [Lihat FULL. Im 11:25]

Ref. Silang FULL: Im 14:48 - itu tahir · itu tahir: Im 13:6; Im 13:6

· itu tahir: Im 13:6; [Lihat FULL. Im 13:6]

Ref. Silang FULL: Im 14:49 - dan hisop · dan hisop: Im 14:4; 1Raj 4:33

· dan hisop: Im 14:4; 1Raj 4:33

Ref. Silang FULL: Im 14:50 - belanga tanah · belanga tanah: Im 14:5

· belanga tanah: Im 14:5

Ref. Silang FULL: Im 14:51 - dan hisop // tujuh kali · dan hisop: Im 14:6; Mazm 51:9 · tujuh kali: Im 14:4,7; Im 14:4; Im 14:7

· dan hisop: Im 14:6; Mazm 51:9

· tujuh kali: Im 14:4,7; [Lihat FULL. Im 14:4]; [Lihat FULL. Im 14:7]

Ref. Silang FULL: Im 14:53 - ke padang // menjadi tahir · ke padang: Im 14:7; Im 14:7 · menjadi tahir: Im 14:20

· ke padang: Im 14:7; [Lihat FULL. Im 14:7]

· menjadi tahir: Im 14:20

Ref. Silang FULL: Im 14:54 - penyakit kusta · penyakit kusta: Im 13:2

· penyakit kusta: Im 13:2

Ref. Silang FULL: Im 14:55 - tentang kusta · tentang kusta: Im 13:47-52

· tentang kusta: Im 13:47-52

Ref. Silang FULL: Im 14:56 - dan panau · dan panau: Im 13:2

· dan panau: Im 13:2

Ref. Silang FULL: Im 14:57 - tentang kusta · tentang kusta: Im 10:10; Im 10:10

· tentang kusta: Im 10:10; [Lihat FULL. Im 10:10]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Im 14:1-9 - Pentahiran Penyakit Kusta Dalam pasal sebelumnya, para imam diberi petunjuk cara menetapkan seseorang ...

Matthew Henry: Im 14:10-20 - Pentahiran Penyakit Kusta Pentahiran Penyakit Kusta (14:10-20) ...

Matthew Henry: Im 14:21-32 - Pentahiran Orang Kusta yang Miskin Pentahiran Orang Kusta yang Miskin (14:21-32) ...

Matthew Henry: Im 14:33-53 - Tanda Kusta di Rumah Tanda Kusta di Rumah (14:33-53) ...

Matthew Henry: Im 14:54-57 - Kesimpulan Hukum Penyakit Kusta Kesimpulan Hukum Penyakit Kusta (14:54-57) ...

SH: Im 14:1-32 - Allah sumber kesembuhan (Minggu, 14 Mei 2006) Allah sumber kesembuhan Judul: Allah sumber kesembuhan ...

SH: Im 14:1-32 - Harga sebuah pendamaian (Rabu, 5 Maret 2014) Harga sebuah pendamaian Judul: Harga sebuah pendamaian Cara pentahiran untuk kenajisan yang berbeda di...

SH: Im 13:1--14:57 - Kekudusan yang memisahkan dan pengorbanan yang merekatkan (Minggu, 15 September 2002) Kekudusan yang memisahkan dan pengorbanan yang merekatkan Kekudusan yang memisahkan dan pengorbanan yang merek...

SH: Im 14:33-57 - Menjaga kesucian rumah (Senin, 15 Mei 2006) Menjaga kesucian rumah Judul: Menjaga kesucian rumah ...

SH: Im 14:33-57 - Jangan pandang enteng hukuman Allah (Kamis, 6 Maret 2014) Jangan pandang enteng hukuman Allah Judul: Jangan pandang enteng hukuman Allah Allah menuntut umat per...

SH: Im 14:57 - Hal Penahiran Sakit Kulit (Rabu, 3 April 2019) Hal Penahiran Sakit Kulit ”Jika Allah sungguh berkuasa, mengapa Ia mengizinkan pelbagai penyakit?” Pertanyaan ini...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Imamat (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Kekudusan Tanggal Penulisan: 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Imamat (Garis Besar) Garis Besar I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian (...

Matthew Henry: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tidak ada peristiwa-peristiwa sejarah dalam keseluruhan Kitab Imamat ini, ke...

Jerusalem: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Imamat (Pendahuluan Kitab) LEVITIKA PENDAHULUAN Dengan menjebut kitab ini "Kitab Levitika" maka hanja tradisi kuno sadjanlah jang diteruskan, mesk...

BIS: Imamat (Pendahuluan Kitab) IMAMAT PENGANTAR Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel d...

Ajaran: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa tela...

Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan MENGAPA IMAMAT?Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetap...

Garis Besar Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) [1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.54 detik
dipersembahkan oleh YLSA