kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 9:14-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. 9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama. 9:16 Sebab di mana ada wasiat, di situ harus diberitahukan tentang kematian pembuat wasiat itu. 9:17 Karena suatu wasiat barulah sah, kalau pembuat wasiat itu telah mati, sebab ia tidak berlaku, selama pembuat wasiat itu masih hidup. 9:18 Itulah sebabnya, maka perjanjian yang pertama tidak disahkan tanpa darah. 9:19 Sebab sesudah Musa memberitahukan semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat, 9:20 sambil berkata: "Inilah darah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi kamu." 9:21 Dan juga kemah dan semua alat untuk ibadah dipercikinya secara demikian dengan darah. 9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. 9:23 Jadi segala sesuatu yang melambangkan apa yang ada di sorga haruslah ditahirkan secara demikian, tetapi benda-benda sorgawi sendiri oleh persembahan-persembahan yang lebih baik dari pada itu. 9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita. 9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri. 9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. 9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi, 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law


Topik/Tema Kamus: Darah | Janji, Perjanjian | Pendamaian (Korban Kristus) | Kristus, Imam Besar | Perjanjian | Imam Besar | Korban | Gambaran, Teladan Kristus | Surat Wasiat | Kemah Suci | Datang, Kedatangan | Mati, Kematian | Pahala Orang-Orang Kudus | Naik, Kenaikan Kristus | Mati, Kematihan Rohani | Sorga | Tebus, Penebusan | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Tempat Maha Kudus | Tritunggal | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 9:14 - DARAH KRISTUS. Nas : Ibr 9:14 Darah Kristus merupakan pusat dari konsep penebusan dalam PB (1Kor 10:16; 11:27; Ef 2:13; 1Pet 1:2; Wahy 7:14; 12:11). Di atas salib...

Nas : Ibr 9:14

Darah Kristus merupakan pusat dari konsep penebusan dalam PB (1Kor 10:16; 11:27; Ef 2:13; 1Pet 1:2; Wahy 7:14; 12:11). Di atas salib, Kristus mencurahkan darah-Nya yang tidak berdosa agar dapat menghapus dosa-dosa kita serta mendamaikan kita dengan Allah (Ibr 5:8; Rom 5:19; Fili 2:8; bd. pasal Im 16:1-30).

Dengan darah-Nya, Kristus mengerjakan hal-hal berikut:

  1. 1) Darah-Nya mengampuni dosa semua orang yang bertobat dan percaya (Mat 26:28).
  2. 2) Darah-Nya menebus semua orang percaya dari kuasa Iblis dan kejahatan (Kis 20:28; Ef 1:7; 1Pet 1:18-19; Wahy 5:9; 12:11).
  3. 3) Darah-Nya membenarkan semua orang percaya kepada-Nya (Rom 3:24-25).
  4. 4) Darah-Nya menyucikan hati nurani orang-orang percaya sehingga mereka dapat melayani Allah tanpa kesalahan dengan penuh keyakinan (Ibr 9:14; Ibr 10:22; 13:18).
  5. 5) Darah-Nya menyucikan umat Allah (Ibr 13:12; 1Yoh 1:7-10).
  6. 6) Darah-Nya membuka jalan bagi orang-orang percaya untuk langsung menghampiri Allah melalui Kristus untuk memperoleh kasih karunia, kemurahan, pertolongan, dan keselamatan (Ibr 7:25; 10:19; Ef 2:13,18).
  7. 7) Darah-Nya adalah jaminan untuk semua janji dari perjanjian baru (Ibr 10:29; 13:20; Mat 26:28; 1Kor 11:25).
  8. 8) Kuasa darah Kristus yang menyelamatkan, mendamaikan, dan menyucikan itu senantiasa tersedia untuk orang-orang pada waktu mereka menghampiri Allah melalui Kristus (Ibr 7:25; 10:22; 1Yoh 1:7).

Full Life: Ibr 9:15 - PENGANTARA DARI SUATU PERJANJIAN YANG BARU. Nas : Ibr 9:15 Pembahasan mengenai tugas Yesus sebagai pengantara perjanjian yang baru terdapat dalam lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PER...

Nas : Ibr 9:15

Pembahasan mengenai tugas Yesus sebagai pengantara perjanjian yang baru terdapat dalam

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Full Life: Ibr 9:28 - IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI. Nas : Ibr 9:28 Dibawah perjanjian yang lama, orang Israel menanti dengan ketegangan munculnya kembali imam besar mereka setelah ia memasuki tempat ...

Nas : Ibr 9:28

Dibawah perjanjian yang lama, orang Israel menanti dengan ketegangan munculnya kembali imam besar mereka setelah ia memasuki tempat yang mahakudus untuk mengadakan pendamaian. Demikian pula orang-orang percaya yang mengetahui bahwa Imam Besar mereka telah memasuki tempat yang mahakudus di sorga sebagai pembela, menanti-nanti dengan harapan yang sungguh-sungguh kemunculan-Nya kembali untuk membawa keselamatan sempurna

(lihat cat. --> Yoh 14:3;

[atau ref. Yoh 14:3]

2Tim 4:8;

lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

BIS: Ibr 9:18 - perjanjian perjanjian: Dalam Yunani kata yang sama berarti perjanjian atau surat warisan.

perjanjian: Dalam Yunani kata yang sama berarti perjanjian atau surat warisan.

Jerusalem: Ibr 9:14 - oleh Roh yang kekal Var: oleh Roh Kudus. Bdk Rom 1:4+.

Var: oleh Roh Kudus. Bdk Rom 1:4+.

Jerusalem: Ibr 9:15-28 - -- Bagian yang sejalan dengan Ibr 8:6-13 ini menyatakan bahwa kematian Kristus perlu guna pengantaraanNya. Kata Yunani "diatheke" dalam Kitab Suci yang b...

Bagian yang sejalan dengan Ibr 8:6-13 ini menyatakan bahwa kematian Kristus perlu guna pengantaraanNya. Kata Yunani "diatheke" dalam Kitab Suci yang berbahasa Yunani (LXX) menterjemahkan kata Ibrani "berith", artinya: perjanjian, pada hal dalam bahasa yang lazim "diatheke" berarti: "wasiat", bdk Gal 3:17. Seluruh bagian surat ini berdasarkan kedua arti kata Yunani yang sama itu. Perjanjian, Ibr 9:15,18-20, baru diteguhkan oleh "pembuat wasiat", Ibr 9:16-17. Selebihnya pengesahan sebuah perjanjian menuntut bahwa darah korban dicurahkan, Kel 24:6-8. Maka haruslah Kristus mati untuk mengikat perjanjian yang baru. Bdk Ibr 7:22; 8:6-10; 12:24; Mat 26:28+.

Jerusalem: Ibr 9:22 - segala sesuatu disucikan Misalnya mezbah, Ima 8:15; 16:19, para imam, Ima 8:24,30, kaum Lewi, Bil 8:15, umat yang berdosa, Ima 9:15-18, ibu, Ima 12:7-8, dll.

Misalnya mezbah, Ima 8:15; 16:19, para imam, Ima 8:24,30, kaum Lewi, Bil 8:15, umat yang berdosa, Ima 9:15-18, ibu, Ima 12:7-8, dll.

Jerusalem: Ibr 9:23 - benda-benda sorgawi sendiri Penyucian Tempat Kudus, baik di bumi maupun di sorga, tak perlu mengandalkan bahwa dahulu dicemarkan; upacara penyucian itu adalah upacara pentahbisan...

Penyucian Tempat Kudus, baik di bumi maupun di sorga, tak perlu mengandalkan bahwa dahulu dicemarkan; upacara penyucian itu adalah upacara pentahbisan dan pengudusan.

Jerusalem: Ibr 9:26 - hanya satu kali Korban Kristus adalah tunggal, Ibr 7:27+; ia dipersembahkan "pada zaman akhir" dan menutup sejarah dunia. Maka korban itu tidak menghapus dosa dengan ...

Korban Kristus adalah tunggal, Ibr 7:27+; ia dipersembahkan "pada zaman akhir" dan menutup sejarah dunia. Maka korban itu tidak menghapus dosa dengan "darah yang bukan darahnya sendiri", Ibr 9:25, melainkan dengan darah Kristus sendiri, bdk Ibr 9:12-14, maka daya korban itu adalah mutlak.

Jerusalem: Ibr 9:28 - -- Dengan kedatanganNya yang pertama Kristus masuk hubungan dengan dosa, Rom 8:3; 2Ko 5:21. Setelah penebusan sudah terlaksana maka penyataan baru dan te...

Dengan kedatanganNya yang pertama Kristus masuk hubungan dengan dosa, Rom 8:3; 2Ko 5:21. Setelah penebusan sudah terlaksana maka penyataan baru dan terakhir Juruselamat tidak berpautan lagi dengan dosa. Orang beriman menantikan kedatangan yang mulia yang disertai penghakiman itu, 1Ko 1:8+; Rom 2:6+.

Ende: Ibr 9:14 - Dalam Roh kekal Nilai kurban Kristus mahasempurna, sebab Ia mempunjai "Roh Allah jang kekal sebagai Putera Allah". Tetapi dapat ditafsirkan pula Roh (semangat) jang m...

Nilai kurban Kristus mahasempurna, sebab Ia mempunjai "Roh Allah jang kekal sebagai Putera Allah". Tetapi dapat ditafsirkan pula Roh (semangat) jang mendorong Kristus untuk mengurbankan Dirinja, hidup terus selama-lamanja. Pengurbanan disalib dilandjutkan "dalam Roh" (setjara rohani) selama-lamanja dan dengan itu Kristus dengan tak henti-hentinja mendjadi "pengantara" bagi kita.

Ende: Ibr 9:16 - Wasiat Istilah "Perdjandjian" diganti disini dengan "wasiat". Arti keduanja pada dasarnja sama, tetapi dengan istilah "wasiat" lebih ditindjau dari sudut, ba...

Istilah "Perdjandjian" diganti disini dengan "wasiat". Arti keduanja pada dasarnja sama, tetapi dengan istilah "wasiat" lebih ditindjau dari sudut, bahwa djanji-djanji Allah (kepada Abraham) barulah dapat ditepati, dan harta-harta keselamatan barulah dapat dianugerahkan sesudah terlaksananja Kurban Kristus.

Ende: Ibr 9:22 - Disutjikan Tentang hal-hal surgawi itu berarti: dikuduskan, dipentjilkan untuk kebaktian kepada Allah.

Tentang hal-hal surgawi itu berarti: dikuduskan, dipentjilkan untuk kebaktian kepada Allah.

Ende: Ibr 9:27 - Sekali lagi ialah pada achir zaman.

ialah pada achir zaman.

Ende: Ibr 9:27 - Menganugerahkan keselamatan Dimaksudkan keselamatan sempurna didalam surga, jang njata kemuliaannja dan dapat dinikmati dengan sepenuh-penuhnja. Dengan perkataan lain: Penjelesai...

Dimaksudkan keselamatan sempurna didalam surga, jang njata kemuliaannja dan dapat dinikmati dengan sepenuh-penuhnja. Dengan perkataan lain: Penjelesaian penjelamatan kita dalam hidup abadi.

Ref. Silang FULL: Ibr 9:14 - oleh Roh // mempersembahkan diri-Nya // hati nurani // yang sia-sia // kepada Allah · oleh Roh: 1Pet 3:18 · mempersembahkan diri-Nya: Ef 5:2; Ef 5:2 · hati nurani: Mazm 51:4; 65:4; Yer 33:8; Za 13:1; Tit 2:14; Tit...

· oleh Roh: 1Pet 3:18

· mempersembahkan diri-Nya: Ef 5:2; [Lihat FULL. Ef 5:2]

· hati nurani: Mazm 51:4; 65:4; Yer 33:8; Za 13:1; Tit 2:14; [Lihat FULL. Tit 2:14]; Ibr 10:2,22

· yang sia-sia: Ibr 6:1

· kepada Allah: Mat 16:16; [Lihat FULL. Mat 16:16]

Ref. Silang FULL: Ibr 9:15 - adalah Pengantara // suatu perjanjian // telah terpanggil // menerima bagian // yang dijanjikan // selama perjanjian · adalah Pengantara: Gal 3:20; Gal 3:20 · suatu perjanjian: Luk 22:20; Luk 22:20 · telah terpanggil: Rom 8:28; Rom 8:28; Rom 11:...

· adalah Pengantara: Gal 3:20; [Lihat FULL. Gal 3:20]

· suatu perjanjian: Luk 22:20; [Lihat FULL. Luk 22:20]

· telah terpanggil: Rom 8:28; [Lihat FULL. Rom 8:28]; Rom 11:29; [Lihat FULL. Rom 11:29]

· menerima bagian: Kis 20:32; [Lihat FULL. Kis 20:32]

· yang dijanjikan: Ibr 6:15; 10:36

· selama perjanjian: Ibr 7:22

Ref. Silang FULL: Ibr 9:18 - tanpa darah · tanpa darah: Kel 24:6-8

· tanpa darah: Kel 24:6-8

Ref. Silang FULL: Ibr 9:19 - Musa memberitahukan // anak lembu // seluruh umat · Musa memberitahukan: Ibr 1:1 · anak lembu: Ibr 9:12 · seluruh umat: Kel 24:6-8

· Musa memberitahukan: Ibr 1:1

· anak lembu: Ibr 9:12

· seluruh umat: Kel 24:6-8

Ref. Silang FULL: Ibr 9:20 - yang ditetapkan · yang ditetapkan: Kel 24:8; Mat 26:28; Mat 26:28

· yang ditetapkan: Kel 24:8; Mat 26:28; [Lihat FULL. Mat 26:28]

Ref. Silang FULL: Ibr 9:22 - dengan darah // ada pengampunan · dengan darah: Kel 29:21; Im 8:15 · ada pengampunan: Im 17:11

· dengan darah: Kel 29:21; Im 8:15

· ada pengampunan: Im 17:11

Ref. Silang FULL: Ibr 9:23 - yang melambangkan · yang melambangkan: Ibr 8:5

· yang melambangkan: Ibr 8:5

Ref. Silang FULL: Ibr 9:24 - yang sebenarnya // sorga sendiri // menghadap hadirat · yang sebenarnya: Ibr 8:2 · sorga sendiri: Ibr 9:12; Ibr 4:14; Ibr 4:14 · menghadap hadirat: Rom 8:34; Rom 8:34

· yang sebenarnya: Ibr 8:2

· sorga sendiri: Ibr 9:12; Ibr 4:14; [Lihat FULL. Ibr 4:14]

· menghadap hadirat: Rom 8:34; [Lihat FULL. Rom 8:34]

Ref. Silang FULL: Ibr 9:25 - tempat kudus // darahnya sendiri · tempat kudus: Ibr 10:19 · darahnya sendiri: Ibr 9:7,8

· tempat kudus: Ibr 10:19

· darahnya sendiri: Ibr 9:7,8

Ref. Silang FULL: Ibr 9:26 - sejak dunia // satu kali // saja menyatakan // oleh korban-Nya · sejak dunia: Ibr 4:3 · satu kali: Ibr 9:12,28; Ibr 7:27; Ibr 7:27 · saja menyatakan: 1Yoh 3:5 · oleh korban-Nya: Ibr 9:1...

· sejak dunia: Ibr 4:3

· satu kali: Ibr 9:12,28; Ibr 7:27; [Lihat FULL. Ibr 7:27]

· saja menyatakan: 1Yoh 3:5

· oleh korban-Nya: Ibr 9:12

Ref. Silang FULL: Ibr 9:27 - satu kali // itu dihakimi · satu kali: Kej 3:19 · itu dihakimi: 2Kor 5:10

· satu kali: Kej 3:19

· itu dihakimi: 2Kor 5:10

Ref. Silang FULL: Ibr 9:28 - satu kali // sekali lagi // menanggung dosa // menganugerahkan keselamatan // menantikan Dia · satu kali: Ibr 9:12,26; Ibr 7:27; Ibr 7:27 · sekali lagi: Mat 16:27; Mat 16:27 · menanggung dosa: 1Pet 2:24 · menganuger...

· satu kali: Ibr 9:12,26; Ibr 7:27; [Lihat FULL. Ibr 7:27]

· sekali lagi: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

· menanggung dosa: 1Pet 2:24

· menganugerahkan keselamatan: Ibr 5:9

· menantikan Dia: 1Kor 1:7; [Lihat FULL. 1Kor 1:7]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18) Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...

2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)

Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicarakan.

a. Pendahuluan pada pelayanan yang lebih baik (8:1-6)

Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18) Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia. Ayat...

C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)

Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.

Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

Hagelberg: Ibr 9:27 - -- 9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi... Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusi...

9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...

Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusia akan "dihakimi." Yohanes 5:24 berkata bahwa orang percaya "tidak turut dihukum," tetapi Roma 14:9-12 berkata bahwa "kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah." Orang percaya memang akan dihakimi, bukan untuk menentukan apakah kita masuk sorga, hal itu sudah ditentukan, dan kita "tidak turut dihukum" untuk menentukan itu. Kita akan dihakimi untuk menentukan nilai dari perbuatan dan pelayanan kita (I Kor. 3:12-15) sehingga mungkin kita "malu" atau kita "beroleh keberanian" (I Yoh. 2:28). Hal ini sangat berkaitan erat dengan beban dan tema utama dari Surat Ibrani, karena penulis surat ini terbeban supaya kita "beroleh keberanian" dan ikut dalam kemenangan Raja kita, dan tidak mundur sehingga nanti kita malu di hadapan Dia.

Kedatangan Kristus kedua kali banyak diceritakan di dalam bagian pertama, di mana diuraikan bahwa Dia akan datang sebagai Raja dari Allah untuk memerintah atas bumi ini. Tetapi hal kedatangan itu hampir tidak disebut di dalam bagian ini, di mana peranan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita diuraikan. Baru dalam nats ini, penulis surat ini berkesempatan. Karena dia sudah mengatakan, di dalam 9:26, bahwa Yesus sudah "menyatakan diriNya." Maka dia berkesempatan untuk berkata dalam 9:28 bahwa "Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi." Dia mengemukakan hal ini karena dia terbeban untuk mengingatkan kita bahwa "keselamatan" disediakan bagi mereka "yang menantikan Dia." "Keselamatan" ini adalah warisan kekal yang akan diberikan kepada setiap orang percaya yang menantikan kedatanganNya. Ada juga orang percaya yang tidak lagi menantikan kedatanganNya, tetapi justru menanti-nantikan keluarnya nomor undian! Bukan berarti mereka harus dicampakkan ke dalam neraka, tetapi swthria/soteria, kemenangan ini tidak disediakan bagi mereka.

d. Hasil dari imamat baru yang lebih baik (10:1-18)

Diskusi yang dimulai dengan pasal 7:1 akan diakhiri dengan bagian ini. Dia mau mengatakan bahwa imamat yang baru, dengan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar, membawa hasil yang lebih baik dari pada apa yang dihasilkan di bawah imamat Lewi. Secara negatif, pasal 10:1 menjelaskan bahwa Imamat Lewi, yang diatur di dalam "hukum Taurat, tidak mungkin menyempurnakan." Dengan memakai kata "menyempurnakan" maksudnya bukan "membuat supaya tidak berdosa lagi," tetapi maksudnya, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam nats ini, adalah membebaskan mereka dari beban kesalahan yang dulunya membuat mustahil mereka mendekati Allah yang hidup.

Hagelberg: Ibr 9:27 - -- 9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi... Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusi...

9:27 ...manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi...

Pasal 9:27 mengatakan bahwa setelah manusia mati, maka manusia akan "dihakimi." Yohanes 5:24 berkata bahwa orang percaya "tidak turut dihukum," tetapi Roma 14:9-12 berkata bahwa "kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah." Orang percaya memang akan dihakimi, bukan untuk menentukan apakah kita masuk sorga, hal itu sudah ditentukan, dan kita "tidak turut dihukum" untuk menentukan itu. Kita akan dihakimi untuk menentukan nilai dari perbuatan dan pelayanan kita (I Kor. 3:12-15) sehingga mungkin kita "malu" atau kita "beroleh keberanian" (I Yoh. 2:28). Hal ini sangat berkaitan erat dengan beban dan tema utama dari Surat Ibrani, karena penulis surat ini terbeban supaya kita "beroleh keberanian" dan ikut dalam kemenangan Raja kita, dan tidak mundur sehingga nanti kita malu di hadapan Dia.

Kedatangan Kristus kedua kali banyak diceritakan di dalam bagian pertama, di mana diuraikan bahwa Dia akan datang sebagai Raja dari Allah untuk memerintah atas bumi ini. Tetapi hal kedatangan itu hampir tidak disebut di dalam bagian ini, di mana peranan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar kita diuraikan. Baru dalam nats ini, penulis surat ini berkesempatan. Karena dia sudah mengatakan, di dalam 9:26, bahwa Yesus sudah "menyatakan diriNya." Maka dia berkesempatan untuk berkata dalam 9:28 bahwa "Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi." Dia mengemukakan hal ini karena dia terbeban untuk mengingatkan kita bahwa "keselamatan" disediakan bagi mereka "yang menantikan Dia." "Keselamatan" ini adalah warisan kekal yang akan diberikan kepada setiap orang percaya yang menantikan kedatanganNya. Ada juga orang percaya yang tidak lagi menantikan kedatanganNya, tetapi justru menanti-nantikan keluarnya nomor undian! Bukan berarti mereka harus dicampakkan ke dalam neraka, tetapi swthria/soteria, kemenangan ini tidak disediakan bagi mereka.

d. Hasil dari imamat baru yang lebih baik (10:1-18)

Diskusi yang dimulai dengan pasal 7:1 akan diakhiri dengan bagian ini. Dia mau mengatakan bahwa imamat yang baru, dengan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar, membawa hasil yang lebih baik dari pada apa yang dihasilkan di bawah imamat Lewi. Secara negatif, pasal 10:1 menjelaskan bahwa Imamat Lewi, yang diatur di dalam "hukum Taurat, tidak mungkin menyempurnakan." Dengan memakai kata "menyempurnakan" maksudnya bukan "membuat supaya tidak berdosa lagi," tetapi maksudnya, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam nats ini, adalah membebaskan mereka dari beban kesalahan yang dulunya membuat mustahil mereka mendekati Allah yang hidup.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 9:8-14 - Imamat Kristus Imamat Kristus (9:8-14) ...

Matthew Henry: Ibr 9:15-22 - Imamat Kristus Imamat Kristus (9:15-22) ...

Matthew Henry: Ibr 9:23-28 - Imamat Kristus; Kedatangan Kristus yang Kedua Kali Imamat Kristus; Kedatangan Kristus yang Kedua Kali (9:23-28) ...

SH: Ibr 9:11-14 - Kuasa Darah-Nya mengubah arah hidup kita (Minggu, 30 April 2000) Kuasa Darah-Nya mengubah arah hidup kita Kuasa Darah-Nya mengubah arah hidup kita. Di dalam seluruh Al...

SH: Ibr 9:11-22 - Kurban yang sempurna (Kamis, 3 November 2005) Kurban yang sempurna Judul: Kurban yang sempurna Perjanjian Sinai menggunakan domba dan lembu seba...

SH: Ibr 9:11-22 - Ikut Kristus Selalu Benar (Selasa, 22 Agustus 2017) Ikut Kristus Selalu Benar Bagaimana kita dapat memahami pengurbanan Kristus untuk menebus dosa manusia? Hai ini m...

SH: Ibr 9:11-28 - Beribadah, Bukan Ritual Saja (Minggu, 2 Juli 2023) Beribadah, Bukan Ritual Saja Kita mengenal berbagai macam jalan di Indonesia; ada jalan raya, jalan perumahan, da...

SH: Ibr 9:15-28 - Keajaiban dan misteri anugerah Ilahi (Senin, 1 Mei 2000) Keajaiban dan misteri anugerah Ilahi Keajaiban dan misteri anugerah Ilahi. Yesus Kristus adalah satu-s...

SH: Ibr 9:23-28 - Layak untuk surga (Jumat, 4 November 2005) Layak untuk surga Judul: Layak untuk surga Mengapa kurban-kurban dan tata ibadah dalam Perjanjian ...

SH: Ibr 9:23-28 - Inspirasi dalam Kehidupan (Rabu, 23 Agustus 2017) Inspirasi dalam Kehidupan Salah satu penyebab pembentukan karakter yang baik adalah adanya teladan yang baik. Pad...

Utley: Ibr 9:11-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 9:11-14...

Utley: Ibr 9:15-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 9:15-22...

Utley: Ibr 9:23-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 9:23-28...

Topik Teologia: Ibr 9:14 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Hidup Yos 3:10 ...

Topik Teologia: Ibr 9:15 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Si...

Topik Teologia: Ibr 9:22 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan ...

Topik Teologia: Ibr 9:24 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Penggenapan Lu...

Topik Teologia: Ibr 9:26 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Gereja Natur Gereja Gereja adalah Univers...

Topik Teologia: Ibr 9:27 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna Ajaran ...

Topik Teologia: Ibr 9:28 - -- Keselamatan Kristus dan Keselamatan Yes 63:8-9 ...

TFTWMS: Ibr 9:13-14 - Hati Nurani Yang Bersih HATI NURANI YANG BERSIH (Ibrani 9:13, 14) Kedua, darah Yesus member...

TFTWMS: Ibr 9:11-15 - Membawa Darah-nya Sendiri "Membawa Darah-Nya Sendiri" (Ibrani 9:11-15) Tampilan Kri...

TFTWMS: Ibr 9:15 - Perjanjian Baru PERJANJIAN BARU (Ibrani 9:15) Ketiga, dengan darah-Nya, Yesus telah memberi ...

TFTWMS: Ibr 9:16-24 - Yang Allah Perlu Lakukan Yang Allah Perlu Lakukan (Ibrani 9:16-24) Apa yang Allah perlu laku...

TFTWMS: Ibr 9:16-17 - Kematian Pembuat Wasiat KEMATIAN PEMBUAT WASIAT (Ibrani 9:16, 17) 16 Sebab di mana ada wasi...

TFTWMS: Ibr 9:18-20 - Darah Untuk Perjanjian Lama DARAH UNTUK PERJANJIAN LAMA (Ibrani 9:18-20) 18 Itulah sebabnya, ma...

TFTWMS: Ibr 9:21-22 - Darah Untuk Pengampunan DARAH UNTUK PENGAMPUNAN (Ibrani 9:21, 22) 21 Dan juga kemah dan sem...

TFTWMS: Ibr 9:23-24 - Darah Untuk Kemah Suci Sorgawi DARAH UNTUK KEMAH SUCI SORGAWI (Ibrani 9:23, 24) 23 Jadi segala ses...

TFTWMS: Ibr 9:25-28 - Satu Kali "Satu Kali" (Ibrani 9:25-28) Agama Kristen ditandai sebag...

TFTWMS: Ibr 9:25-26 - Satu Kali Kematian Kristus "SATU KALI" KEMATIAN KRISTUS (Ibrani 9:25, 26) 25 Dan Ia ...

TFTWMS: Ibr 9:27 - Satu Kali Kematian Manusia "SATU KALI" KEMATIAN MANUSIA (Ibrani 9:27) 27 Dan sama seperti man...

TFTWMS: Ibr 9:28 - Satu Kali Lagi Kedatangan Kristus "SATU KALI" LAGI KEDATANGAN KRISTUS (Ibrani 9:28) 28 Demikian pula...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "TANPA PENUMPAHAN DARAH TIDAK ADA PENGAMPUNAN " (Ibrani 9:13-22) ...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Neil R. Lightfoot, Everyone's Guide to Hebrews (Grand Rapids, Mich.: Baker Books, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kata Pengantar Ibrani 7:1-9:15 Dalam ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Ibrani 9:16-10:39 Dengan mempelajari bagian ini, ...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam ayat 16 Alkitab NIV member...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) DARAH-NYA SENDIRI (Ibrani 9:22, 25) Gereja atau pengkhotbah mana sa...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gareth L. Reese, A Critical and Exegetical Commentary on the Epistle to the Hebrews (Mo...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) CARA MENGHAPUS DOSA (Ibrani 9:26) Hukum apa saja yang ditetapkan oleh pemeri...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KETETAPAN TERAKHIR (Ibrani 9:27) Ketetapan yang kita semua akan alami adalah...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) HANYA SATU PENGHAKIMAN (Ibrani 9:27, 28) Mengapakah ayat ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) TIDAK ADA KESEMPATAN KEDUA (Ibrani 9:27, 28) Pernyataan tentang kem...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MENANTIKAN YESUS DENGAN SEMANGAT (Ibrani 9:28) Jika iman kita adalah sebagai...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.17 detik
dipersembahkan oleh YLSA