Teks -- Amos 1:1-10 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Am 1:1 - AMOS.
Nas : Am 1:1
Amos adalah nabi yang tinggal di Yehuda, kerajaan selatan, namun
beritanya itu untuk Israel, kerajaan utara. Dia seorang awam saleh ya...
Nas : Am 1:1
Amos adalah nabi yang tinggal di Yehuda, kerajaan selatan, namun beritanya itu untuk Israel, kerajaan utara. Dia seorang awam saleh yang memperoleh nafkahnya dengan menjadi gembala dan petani pohon ara (bd. Am 7:14). Allah memanggil orang setia ini untuk menyampaikan suatu berita hukuman kepada Israel dan memberikan mereka peringatan terakhir. Kemungkinan besar pelayanannya terjadi pada tahun 760-750 SM. Nabi lainnya yang mungkin juga melayani pada masa itu adalah Yunus dan Hosea.
Full Life: Am 1:3--3:4 - KARENA TIGA PERBUATAN JAHAT ... BAHKAN EMPAT.
Nas : Am 1:3-2:5
Amos mulai dengan mengucapkan hukuman atas tujuh bangsa tetangga
Israel. Ia menyebut dosa-dosa khusus dari masing-masing bangsa it...
Nas : Am 1:3-2:5
Amos mulai dengan mengucapkan hukuman atas tujuh bangsa tetangga Israel. Ia menyebut dosa-dosa khusus dari masing-masing bangsa itu, bahkan juga dosa Yehuda, serta mencantumkan semua itu di bawah rumusan yang sama, "karena tiga perbuatan jahat ... bahkan empat" (yaitu, karena dosa mereka yang banyak, dan khususnya dosa yang disebutkan).
Full Life: Am 1:4 - AKU AKAN MELEPAS API.
Nas : Am 1:4
Frase ini (juga dipakai dalam ayat Am 1:7,10,12,14; 2:2,5)
menunjuk kepada hukuman Allah melalui pembinasaan berapi-api yang
dilaksana...
Nas : Am 1:4
Frase ini (juga dipakai dalam ayat Am 1:7,10,12,14; 2:2,5) menunjuk kepada hukuman Allah melalui pembinasaan berapi-api yang dilaksanakan oleh pasukan penyerbu. Kota-kota besar akan dibakar habis.
Full Life: Am 1:6 - OLEH KARENA MEREKA TELAH MENGANGKUT KE DALAM PEMBUANGAN.
Nas : Am 1:6
Sebagian besar dosa yang terdaftar adalah dosa keganasan dan
kekejaman (lih. ayat Am 1:6,9,11,13). Allah khususnya membenci dosa
penga...
Nas : Am 1:6
Sebagian besar dosa yang terdaftar adalah dosa keganasan dan kekejaman (lih. ayat Am 1:6,9,11,13). Allah khususnya membenci dosa penganiayaan terhadap sesama manusia, dan Dia akan menghukum dengan keras tindakan-tindakan bengis dan tidak berperikemanusiaan dan tanpa belas kasihan sama sekali (bd. Rom 1:18-32). Mengingat kebencian Allah akan kekejaman, maka penting sekali bagi umat Allah untuk selalu berusaha memperlakukan sesama dengan kebaikan, keadilan dan kasih.
Ialah sebuah kota di wilayah Yehuda, 9 km di sebelah tenggara Yerusalem
Yaitu Yerobeam II, raja kerajaan (utara) Israel
Jerusalem: Am 1:1 - gempa bumi Para ahli ilmu purbakala dalam penggaliannya di Hazor dan Galilea-hilir agaknya menemukan bekas-bekas gempa bumi itu. Kalau benar, maka gempa bumi itu...
Para ahli ilmu purbakala dalam penggaliannya di Hazor dan Galilea-hilir agaknya menemukan bekas-bekas gempa bumi itu. Kalau benar, maka gempa bumi itu terjadi pertengahan abad kedelapan seb Mas. Zak 14:5(LXX) menyatakan bahwa gempa bumi mengakibatkan tanah longsor yang menutup lembah-lembah. Catatan tentang gempa bumi ini tidak hanya bermaksud menentukan tanggal karya Amos. Para penerbit kitab Amos mengartikan gempa bumi itu sebagai penyataan Allah yang meneguhkan pemberitaan nabi Amos, bdk Amo 9:5; Maz 75:4; Mik 1:4, dll.
Jerusalem: Am 1:2 - dari Sion Entahlah ayat ini berasal dari Amos sendiri atau dari seorang penyadur berbangsa Yehuda, bdk Hos 1:7+. Ayat ini menegaskan bahwa kendati perpecahan, Y...
Entahlah ayat ini berasal dari Amos sendiri atau dari seorang penyadur berbangsa Yehuda, bdk Hos 1:7+. Ayat ini menegaskan bahwa kendati perpecahan, Yerusalem tetap tempat kediaman Tuhan dan unsur pemersatu segenap umat Israel.
Jerusalem: Am 1:3--2:16 - -- Bagian ini mengumpulkan berbagai nubuat yang dibawakan oleh Amos pada saat yang berbeda-beda. Nubuat-nubuat itu melawan tujuh bangsa (tambah Yehuda: t...
Bagian ini mengumpulkan berbagai nubuat yang dibawakan oleh Amos pada saat yang berbeda-beda. Nubuat-nubuat itu melawan tujuh bangsa (tambah Yehuda: tetapi ini merupakan suatu tambahan). Susunan nubuat-nubuat itu sama dengan memakai rumusan-rumusan yang sama pula. Semua bermaksud menampilkan keadilan Allah yang di mana-mana menghukum setiap ketidakadilan. Nubuat terakhir barulah mengenai bangsa Israel. Begitu ditekankan bahwa Israel dihukum sama seperti bangsa-bangsa lain, meskipun mereka sendiri sekali-kali tidak menantikan hukuman itu. Bahkan hukuman atas Israel menjadi penyataan keadilan Tuhan yang paling jelas.
Jerusalem: Am 1:3 - tiga... empat dua angka berturut-turut menyatakan jumlah yang tidak menentu, dapat banyak atau sedikit sesuai dengan konteksnya, bdk Amo 4:8; Yes 17:6; Yer 36:23 da...
Jerusalem: Am 1:3 - eretan pengirik dari besi Ini alat yang dipakai untuk mengirik gandum di tempat pengirikan. Kerap kali alat ini mengibaratkan pemusnahan mereka yang kalah, Yes 21:10 (harafiah:...
Jerusalem: Am 1:4 - Hazael Hazael dan puteranya Benhadad III menjadi musuh hebat bagi kerajaan Israel.
Hazael dan puteranya Benhadad III menjadi musuh hebat bagi kerajaan Israel.
Jerusalem: Am 1:5 - Bikeat-Awen... Bet Eden Sukar dikatakan mana kota-kota yang dimaksudkan. Nama-nama itu barangkali lambang saja untuk menyebut Damsyik (Bikeat-Awen berarti: lembah kejahatan; ...
Sukar dikatakan mana kota-kota yang dimaksudkan. Nama-nama itu barangkali lambang saja untuk menyebut Damsyik (Bikeat-Awen berarti: lembah kejahatan; Bet-Eden berarti: rumah kesenangan)
Jerusalem: Am 1:5 - Kir Menurut Ams 9:7 bangsa Aram berasal dari Kir. Menurut 2Ra 16:9 nubuat Amos ini digenapi setelah Tiglat Pileser merebut Aram pada th 733-732 seb Mas, K...
Jerusalem: Am 1:8 - Ekron Kota orang Filistin, bdk Yes 13:2, yang kelima, yaitu Gat, tidak disebut di sini.
Memang kota itu sudah dibasmi oleh Hazael, 2Ra 12:18 sehingga tidak ...
Jerusalem: Am 1:8 - sisa-sisa Kata "sisa" kemudian memang mendapat arti khusus, bdk Yes 4:3+, tetapi di sini dipakai dengan arti biasa saja: dari sebuah kelompok orang yang tertimp...
Kata "sisa" kemudian memang mendapat arti khusus, bdk Yes 4:3+, tetapi di sini dipakai dengan arti biasa saja: dari sebuah kelompok orang yang tertimpa malapetaka, hanya sejumlah kecil masih tersisa.
Jerusalem: Am 1:9 - perjanjian persaudaraan Ini agaknya menyinggung hubungan-hubungan baik antara Fenesia dan Israel di mana pemerintah Salomo, 1Ra 5:12 dan 1Ra 9:13: Raja Titus, Hiram menyebut ...
Ende: Am 1:1 - -- Menurut tjatatan, jang dibubuhi oleh si penjusun kitab ini, Amos tampil kemuka
pada djaman 769-743. Gempa bumi mana dimaksudkan tiadadiketahui.
Menurut tjatatan, jang dibubuhi oleh si penjusun kitab ini, Amos tampil kemuka pada djaman 769-743. Gempa bumi mana dimaksudkan tiadadiketahui.
Ende: Am 1:2 - -- Jahwe digambarkan sebagai singa, jang siap-sedia untuk menjergap mangsanja.
Gambaran ini menjatakan tjorak seluruh kitab, jang berisi antjaman. Mungki...
Jahwe digambarkan sebagai singa, jang siap-sedia untuk menjergap mangsanja. Gambaran ini menjatakan tjorak seluruh kitab, jang berisi antjaman. Mungkin ajat ini kemudian ditambahkan. Amos tidak bekerdja di Juda, meskipun berasal dari negeri itu. Tapi ada keterangan lain djuga. Lihatlah pendahuluan.
Bahasa kiasan jang berarti: kehilangan perhiasan jakni rumput.
Ende: Am 1:3--2:16 - -- Rentetan nubuat ini lawan bangsa2 kafir dan achirnja lawan Israil tersusun
setjara sama. Amos, orang Juda, jang tampil di Israil, dahulu mengikat hati...
Rentetan nubuat ini lawan bangsa2 kafir dan achirnja lawan Israil tersusun setjara sama. Amos, orang Juda, jang tampil di Israil, dahulu mengikat hati rakjat dengan meramalkan hukuman bangsa2 kafir, jang bermusuhan dengan Israil serta dibentji oleh rakjat. Setelah ia diterima sebagai nabi sedjati, ia lalu menjerang Israil sendiri dan nubuat2nja sekarang sukar dapat ditolak, setelah jang lain2 diterima.
Anggapan jang terdapat dalam semua nubuat itu ialah: Keadilan Jahwe tidak dapat tidak menghukum segenap kelaliman, dimanapun djua terdapat entah pada kaum kafir entah pada Israil.
Ende: Am 1:3 - -- Rumus "tiga empat kedjahatan" tidak menundjuk djumlah tertentu, tetapi berarti:
banjak.
Rumus "tiga empat kedjahatan" tidak menundjuk djumlah tertentu, tetapi berarti: banjak.
Ende: Am 1:3 - mengirik..dst Bahasa kiasan artinja kebengisan. Dengan pengeretan orang
mengirik gandum.
Gile'ad adalah daerah diseberang Jarden dan beberapa lamanja didjadjah oleh...
Bahasa kiasan artinja kebengisan. Dengan pengeretan orang mengirik gandum.
Gile'ad adalah daerah diseberang Jarden dan beberapa lamanja didjadjah oleh Hazael.
Ende: Am 1:5 - -- Aram (Damsjik) direbut oleh Tiglat-pelesar III 732 dan penduduknja dibuang.
Bik'at-Awen dan Bet-'Eden. Kota2 mana dimaksudkan tiada terang. Mungkin ha...
Aram (Damsjik) direbut oleh Tiglat-pelesar III 732 dan penduduknja dibuang. Bik'at-Awen dan Bet-'Eden. Kota2 mana dimaksudkan tiada terang. Mungkin hanja nama-lambang untuk Damsjik.
ialah Asjur.
Ende: Am 1:9 - djandji persaudaraan Sedjak Dawud dan Sulaiman ada perdjandjian antara
Israil dan Tyrus. Radja Ahaz menikahi puteri Tyrus, Jizebel.
Sedjak Dawud dan Sulaiman ada perdjandjian antara Israil dan Tyrus. Radja Ahaz menikahi puteri Tyrus, Jizebel.
Ref. Silang FULL: Am 1:1 - dari Tekoa // zaman Uzia // zaman Yerobeam // raja Israel // gempa bumi · dari Tekoa: 2Sam 14:2; 2Sam 14:2
· zaman Uzia: 2Raj 14:21; 2Raj 14:21; 2Taw 26:23; 2Taw 26:23
· zaman Yerobeam: 2Raj 14:23; 2Ra...
· dari Tekoa: 2Sam 14:2; [Lihat FULL. 2Sam 14:2]
· zaman Uzia: 2Raj 14:21; [Lihat FULL. 2Raj 14:21]; 2Taw 26:23; [Lihat FULL. 2Taw 26:23]
· zaman Yerobeam: 2Raj 14:23; [Lihat FULL. 2Raj 14:23]
· raja Israel: Hos 1:1; [Lihat FULL. Hos 1:1]
· gempa bumi: Za 14:5
Ref. Silang FULL: Am 1:2 - mengaum // dari Yerusalem // Ia memperdengarkan // dan layulah // gunung Karmel · mengaum: Yes 42:13; Yes 42:13
· dari Yerusalem: Yoel 3:16
· Ia memperdengarkan: Mazm 29:3; Mazm 29:3
· dan layulah: Yer ...
Ref. Silang FULL: Am 1:3 - jahat Damsyik // kembali keputusan-Ku · jahat Damsyik: Yes 7:8; 8:4; 17:1-3
· kembali keputusan-Ku: Am 1:6,9,11,13; Am 2:6
· jahat Damsyik: Yes 7:8; 8:4; 17:1-3
· kembali keputusan-Ku: Am 1:6,9,11,13; Am 2:6
Ref. Silang FULL: Am 1:4 - melepas api // istana Hazael // sehingga puri // Benhadad · melepas api: Yer 49:27; Yer 49:27; Yeh 30:8; Yeh 30:8
· istana Hazael: 1Raj 19:17; 1Raj 19:17; 2Raj 8:7-15
· sehingga puri: Yer...
· melepas api: Yer 49:27; [Lihat FULL. Yer 49:27]; Yeh 30:8; [Lihat FULL. Yeh 30:8]
· istana Hazael: 1Raj 19:17; [Lihat FULL. 1Raj 19:17]; 2Raj 8:7-15
· sehingga puri: Yer 17:27
· Benhadad: 1Raj 20:1; 2Raj 6:24; Yer 49:23-27
Ref. Silang FULL: Am 1:5 - palang pintu // dari Bet-Eden // ke Kir // firman Tuhan · palang pintu: Yer 51:30
· dari Bet-Eden: Yes 37:12; Yes 37:12
· ke Kir: 2Raj 16:9; 2Raj 16:9; Yes 22:6; Yes 22:6; Za 9:1
&middo...
Ref. Silang FULL: Am 1:6 - jahat Gaza // kembali keputusan-Ku // kepada Edom · jahat Gaza: Kej 10:19; Kej 10:19; 1Sam 6:17; Zef 2:4
· kembali keputusan-Ku: Am 1:3; Am 1:3
· kepada Edom: Kej 14:6; Kej 14:6; ...
Ref. Silang FULL: Am 1:8 - dari Asdod // mengacungkan tangan-Ku // sehingga binasalah // orang Filistin // Tuhan Allah · dari Asdod: 2Taw 26:6; 2Taw 26:6
· mengacungkan tangan-Ku: Mazm 81:15
· sehingga binasalah: Yes 34:8; Yes 34:8
· orang F...
· dari Asdod: 2Taw 26:6; [Lihat FULL. 2Taw 26:6]
· mengacungkan tangan-Ku: Mazm 81:15
· sehingga binasalah: Yes 34:8; [Lihat FULL. Yes 34:8]
· orang Filistin: Yeh 25:16; [Lihat FULL. Yeh 25:16]
· Tuhan Allah: Yes 14:28-32; Zef 2:4-7
Ref. Silang FULL: Am 1:9 - jahat Tirus // kembali keputusan-Ku // perjanjian persaudaraan · jahat Tirus: 1Raj 5:1; 9:11-14; Yer 25:22; Yoel 3:4; Mat 11:21; Mat 11:21
· kembali keputusan-Ku: Am 1:3
· perjanjian persaudar...
Ref. Silang FULL: Am 1:10 - sehingga purinya · sehingga purinya: Yes 23:1-18; Yes 34:8; Yes 34:8; Yer 47:4; Yer 47:4; Yeh 26:2-4; Za 9:1-4
· sehingga purinya: Yes 23:1-18; Yes 34:8; [Lihat FULL. Yes 34:8]; Yer 47:4; [Lihat FULL. Yer 47:4]; Yeh 26:2-4; Za 9:1-4