Teks -- Yohanes 19:18 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 19:18 - -- 19:18 Dan di situ Ia disalibkan mereka dan bersama-sama dengan Dia disalibkan juga dua orang lain, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah.
Di temp...
19:18 Dan di situ Ia disalibkan mereka dan bersama-sama dengan Dia disalibkan juga dua orang lain, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah.
Di tempat penyaliban orang yang disalibkan dipaksa berbaring, dan kayu horizontal itu dipaku atau diikat pada lengannya. Kemudian kayu itu serta orang yang disalibkan diangkat, dan kayu itu dipasang pada bagian vertikal. Setelah itu kaki orang itu diikat atau dipaku pada kayu salib. Di bagian vertikal kadang-kadang ada satu potong kayu yang dipasang untuk menjadi semacam kursi, yang ternyata meningkatkan penderitaan orang yang disalibkan.
Keempat Injil menceritakan penyaliban-Nya, tetapi tidak memberi rincian mengenai dahsyatnya segala kesusahan orang yang disalibkan. Segala penderitaan penyaliban sudah dikenal di setiap bagian dari Kekaisaran Romawi.1311
Dalam Yesaya 53:12 dikatakan, "ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak". Mungkin itu sebabnya Yohanes begitu teliti menjelaskan posisi salib-Nya, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah. Menurut Markus mereka adalah penyamun, sama seperti Barabas.1312 Mungkin mereka sahabat Barabas. Hanya Lukas 23:40-43 mencatat bahwa satu antara kedua orang itu bertobat.
Hagelberg: Yoh 19:16-30 - -- 7. Yesus disalibkan (19:16b-30)
Matius, Markus, dan Lukas menceritakan lebih banyak peristiwa dalam perjalanan-Nya ke Golgota. Rincian kisah penyaliba...
7. Yesus disalibkan (19:16b-30)
Matius, Markus, dan Lukas menceritakan lebih banyak peristiwa dalam perjalanan-Nya ke Golgota. Rincian kisah penyaliban yang dicatat oleh Yohanes berbeda dengan (namun tidak kontradiktif) rincian yang dikisahkan oleh Injil Sinoptik, sesuai dengan tujuan dan beban masing-masing.
19:16b Mereka menerima Yesus.
Para tentara yang ditugaskan untuk menyalibkan Tuhan Yesus mengambil Dia dan mengantar Dia ke tempat penyaliban. Yohanes tidak mencatat vonis yang diucapkan oleh Pilatus, karena Yohanes menekankan pertanggungjawaban imam-imam kepala. Barangkali pada saat itu pasukan Roma memberikan cambuk verberatio yang dikisahkan dalam Matius 27:26 dan Markus 15:15.
Hagelberg: Yoh 19:18 - -- 19:18 Dan di situ Ia disalibkan mereka dan bersama-sama dengan Dia disalibkan juga dua orang lain, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah.
Di temp...
19:18 Dan di situ Ia disalibkan mereka dan bersama-sama dengan Dia disalibkan juga dua orang lain, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah.
Di tempat penyaliban orang yang disalibkan dipaksa berbaring, dan kayu horizontal itu dipaku atau diikat pada lengannya. Kemudian kayu itu serta orang yang disalibkan diangkat, dan kayu itu dipasang pada bagian vertikal. Setelah itu kaki orang itu diikat atau dipaku pada kayu salib. Di bagian vertikal kadang-kadang ada satu potong kayu yang dipasang untuk menjadi semacam kursi, yang ternyata meningkatkan penderitaan orang yang disalibkan.
Keempat Injil menceritakan penyaliban-Nya, tetapi tidak memberi rincian mengenai dahsyatnya segala kesusahan orang yang disalibkan. Segala penderitaan penyaliban sudah dikenal di setiap bagian dari Kekaisaran Romawi.1311
Dalam Yesaya 53:12 dikatakan, "ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak". Mungkin itu sebabnya Yohanes begitu teliti menjelaskan posisi salib-Nya, sebelah-menyebelah, Yesus di tengah-tengah. Menurut Markus mereka adalah penyamun, sama seperti Barabas.1312 Mungkin mereka sahabat Barabas. Hanya Lukas 23:40-43 mencatat bahwa satu antara kedua orang itu bertobat.
E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.