kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 2:9 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Pendamaian (Korban Kristus) | Mati, Kematian | Daniel | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 2:9 - MENGALAMI MAUT BAGI SEMUA MANUSIA. Nas : Ibr 2:9 Kristus mengalami penghinaan dan menderita kematian bagi semua orang. Kematian-Nya bukanlah upaya "pendamaian yang terbatas", sebagai...

Nas : Ibr 2:9

Kristus mengalami penghinaan dan menderita kematian bagi semua orang. Kematian-Nya bukanlah upaya "pendamaian yang terbatas", sebagaimana dikatakan oleh kalangan tertentu. Karena Ia menanggung hukuman dosa seluruh umat manusia, maka kematian-Nya akan berfaedah bagi semua orang yang menerima Dia

(lihat cat. --> Rom 3:25).

[atau ref. Rom 3:25]

Jerusalem: Ibr 2:9 - oleh karena penderitaan maut Kristus dimuliakan justru oleh karena menderita dan kemuliaanNya itu menyatakan nilai kematianNya sebagai penebusan

Kristus dimuliakan justru oleh karena menderita dan kemuliaanNya itu menyatakan nilai kematianNya sebagai penebusan

Jerusalem: Ibr 2:9 - oleh kasih-karunia Allah Var (tetapi tidak kuat): tanpa Allah. Var ini kiranya sebuah sisipan yang mau menyinggung Mar 15:34, atau menandaskan bahwa keilahian Kristus tidak da...

Var (tetapi tidak kuat): tanpa Allah. Var ini kiranya sebuah sisipan yang mau menyinggung Mar 15:34, atau menandaskan bahwa keilahian Kristus tidak dapat menderita; hanya sebagai manusia saja Yesus menderita. Sisipan itu juga dapat diartikan sbb: Kristus menderita untuk semua, kecuali untuk Allah, bdk 1Kor 15:27.

Ende: Ibr 2:9 - Sebagai rahmat Allah Sengsara maut jang dialami Jesus mendjadi pokok rahmat bagi kita seperti diterangkan lagi dalam ajat berikut.

Sengsara maut jang dialami Jesus mendjadi pokok rahmat bagi kita seperti diterangkan lagi dalam ajat berikut.

Ref. Silang FULL: Ibr 2:9 - penderitaan maut // dan hormat // semua manusia · penderitaan maut: Fili 2:7-9 · dan hormat: Ibr 2:7; Kis 3:13; Fili 2:9; Fili 2:9 · semua manusia: 2Kor 5:15

· penderitaan maut: Fili 2:7-9

· dan hormat: Ibr 2:7; Kis 3:13; Fili 2:9; [Lihat FULL. Fili 2:9]

· semua manusia: 2Kor 5:15

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 2:9 - -- 2:9 Tetapi Dia...yaitu Yesus, kita lihat.... Ada suatu kontras yang menonjol di sini. Ayat ini menceritakan pengalaman kita. Kemenangan manusia, di...

2:9 Tetapi Dia...yaitu Yesus, kita lihat....

Ada suatu kontras yang menonjol di sini. Ayat ini menceritakan pengalaman kita. Kemenangan manusia, di mana segala sesuatu ditaklukkan kepada manusia, belum kita alami. Tetapi apa yang bisa dialami adalah bahwa Yesus menuju pada suatu kemenangan yang total. Yesus juga cocok dengan apa yang dikatakan di dalam Mazmur 8. Dia, melalui inkarnasiNya, dibuat "lebih rendah dari pada malaikat-malaikat." Dia, melalui salibNya, diberi "kemuliaan dan hormat."

Yesus adalah manusia yang sejati, dan Dia, karena pengorbananNya, sudah menjadi Perintis bagi manusia yang lain.

Hagelberg: Ibr 2:5-9 - -- 1. Dialah Perintis bagi manusia yang lain (2:5-9) Di dalam nats ini penulis surat ini mempermuliakan Tuhan Yesus sebagai Dia yang ditentukan untuk me...

1. Dialah Perintis bagi manusia yang lain (2:5-9)

Di dalam nats ini penulis surat ini mempermuliakan Tuhan Yesus sebagai Dia yang ditentukan untuk menjadi Raja atas segala sesuatu, sesuai dengan apa yang sudah dia katakan di dalam pasal satu. Inti 2:5-9 adalah bahwa Dia akan memerintah dunia yang akan datang sebagai manusia yang sejati. Untuk mengembangkan gagasan ini dia mengutip dari Mazmur 8:5-7. Di sini diceritakan bahwa Tuhan Yesus akan melaksanakan tugas yang diberikan kepada Adam dan Hawa di dalam Kejadian 1:26-28.

Sebagai kata pengantar untuk kutipan itu sekali lagi Tuhan Yesus dibandingkan dengan malaikat. Juga, si penulis mencatat bahwa "dunia yang akan datang" adalah pokok pembicaraan ini. Dia tidak membicarakan pengampunan dosa yang kita alami saat ini, bukan keselamatan dengan arti itu, tetapi keadaan dunia yang akan datang, dan peranan Raja kita di dalam dunia itu.

Mazmur 8:5-7

Mazmur 8 dan Ibrani 2:5-9 menceritakan "manusia" dan "anak manusia" dan bahwa "segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah kakinya." Apakah yang dimaksudkan adalah manusia secara umum, atau Tuhan Yesus sebagai "Anak Manusia," atau baik manusia maupun Tuhan Yesus? (Harus diingat bahwa dalam bahasa aslinya tidak ada huruf besar atau huruf kecil.) Istilah "anak manusia" ini biasa di dalam Perjanjian Lama dengan arti "manusia secara umum," seperti di dalam Mazmur 146:3 dan Bilangan 23:19. Rupanya yang dimaksudkan dengan kutipan ini adalah "manusia secara umum." Manusia, menurut Kej. 1:26-30, diciptakan sebagai gambar Allah, untuk mewakili Dia di muka bumi ini. Sebagai gambarNya, manusia diberi tugas untuk memerintah atas segala sesuatu yang ada di muka bumi. Bukan Kej. 1 saja yang menceritakan tugas dan peranan manusia itu, tetapi juga Mazmur 8. Menurut Mazmur 8 manusia diciptakan sedikit lebih rendah dari pada malaikat, tetapi juga manusia diberi kemuliaan dan hormat, karena Allah "membuat dia berkuasa atas buatan tangan" Allah. Segala-galanya telah diletakkan di bawah kaki manusia. Manusia diciptakan dan ditempatkan di Taman Firdaus untuk memerintah atas bumi ini. Masalahnya karena dosa manusia mengijinkan Iblis untuk campur tangan di dalam pemerintahan itu, sehingga sampai saat ini semua masih kacau, dan segala sesuatu belum di bawah kaki manusia.

Justru itu yang diamati dan disebutkan oleh penulis surat ini di dalam 2:8, di mana dia mengatakan, "Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepadanya." Manusia semua boleh ikut di sini dan mengaminkan perkataan ini. Segala penderitaan dan kesusahan manusia tersimpul di sini. Kita diciptakan untuk memerintah atas segala sesuatu di bumi ini, tetapi karena nenek moyang kita sudah mengajak Iblis untuk ikut campur tangan (dan karena kita semua sudah mengaminkan dosa Adam dengan dosa kita sendiri), maka pelaksanaan pemerintahan kita harus ditunda. Di Taman Eden Adam menyerah kepada Iblis. Keturunan Adam boleh ikut Anak Manusia yang sempurna di dalam peperanganNya, dan boleh ikut juga di dalam kemenanganNya pada waktu Dia kembali. Istilah "boleh" di dalam kalimat itu digarisbawahi karena ada persyaratan untuk ikut dalam kemenanganNya. Sebenarnya persyaratannya sudah dikatakan di dalam 2:1-4, yaitu bahwa "harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus."

Hagelberg: Ibr 2:9 - -- 2:9 Tetapi Dia...yaitu Yesus, kita lihat.... Ada suatu kontras yang menonjol di sini. Ayat ini menceritakan pengalaman kita. Kemenangan manusia, di...

2:9 Tetapi Dia...yaitu Yesus, kita lihat....

Ada suatu kontras yang menonjol di sini. Ayat ini menceritakan pengalaman kita. Kemenangan manusia, di mana segala sesuatu ditaklukkan kepada manusia, belum kita alami. Tetapi apa yang bisa dialami adalah bahwa Yesus menuju pada suatu kemenangan yang total. Yesus juga cocok dengan apa yang dikatakan di dalam Mazmur 8. Dia, melalui inkarnasiNya, dibuat "lebih rendah dari pada malaikat-malaikat." Dia, melalui salibNya, diberi "kemuliaan dan hormat."

Yesus adalah manusia yang sejati, dan Dia, karena pengorbananNya, sudah menjadi Perintis bagi manusia yang lain.

Hagelberg: Ibr 2:5-18 - -- C. Raja/Anak Allah sebagai Perintis yang Sempurna (2:5-18)

C. Raja/Anak Allah sebagai Perintis yang Sempurna (2:5-18)

Hagelberg: Ibr 1:5--4:16 - -- II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16) Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk ...

II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)

Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. PerananNya sebagai Raja menjadi dasar peringatan kita, karena, sebagai seorang Raja yang menang, Dia akan mengumpulkan orang-orang yang setia kepadaNya untuk diberi kepercayaan melayani di dalam pemerintahanNya. Bukan sembarang orang akan Dia pilih, tetapi hanya mereka yang setia kepadaNya pada zaman ini. Seperti seorang jendral yang memenangkan wilayah yang luas, perwira-perwira yang dia anggap baik dan setia akan diberi wilayah dan kekuasaan dalam pemerintahannya yang baru.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 2:5-9 - Tujuan Penderitaan Kristus Tujuan Penderitaan Kristus (2:5-9) ...

SH: Ibr 2:5-18 - Anugerah Keselamatan (Minggu, 3 Oktober 1999) Anugerah Keselamatan Anugerah Keselamatan Kerelaan Yesus yang seketika lamanya menjadi lebih rendah ...

SH: Ibr 2:5-18 - Kepemimpinan yang Sempurna (Rabu, 21 Juni 2023) Kepemimpinan yang Sempurna Sebagai komunitas, gereja membutuhkan kepemimpinan. Karena gereja berperan dalam peker...

SH: Ibr 2:5-9 - Hidup Harus Punya Tujuan (Rabu, 2 Agustus 2017) Hidup Harus Punya Tujuan Banyak orang saat ditanya tentang orientasi hidupnya, dengan bangganya ia menjawab, "kec...

SH: Ibr 2:1-4 - Keselamatan adalah Anugerah Terbesar (Selasa, 1 Agustus 2017) Keselamatan adalah Anugerah Terbesar Adalah hal yang wajar memberikan hadiah bagi orang yang dicintai atau dikasi...

Utley: Ibr 2:5-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 2:5-9...

Topik Teologia: Ibr 2:9 - -- Yesus Kristus Peninggian Kristus Maz 8:6-7 ...

TFTWMS: Ibr 2:9-13 - Kristus Menaklukkan Maut Kristus Menaklukkan Maut (Ibrani 2:9-13) Kebenaran yang harus menjad...

TFTWMS: Ibr 2:9 - Ia Merendahkan Diri-nya Untuk Kita IA MERENDAHKAN DIRI-NYA UNTUK KITA (Ibrani 2:9a) 9a Tetapi Dia, yang untuk wa...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) WAKTU UNTUK BERTOBAT (Ibrani 2:9, 10) Hal apakah yang bisa membuat o...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gerald F. Hawthorne, "Hebrews," in The New International Bible Commentary, ed...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA