kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 6:29-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
6:29 Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." 6:30 Maka kata mereka kepada-Nya: "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan?
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Yesus | Iman | Hari | Yohanes, Injil | Lazarus | Tingkah Laku Kristen | Roti | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 6:29 - Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah Harafiah: Inilah pekerjaan Allah. Dengan "pekerjaan-pekerjaan orang-orang Yahudi", Yesus memperlawankan kepercayaan kepada Utusan Allah.

Harafiah: Inilah pekerjaan Allah. Dengan "pekerjaan-pekerjaan orang-orang Yahudi", Yesus memperlawankan kepercayaan kepada Utusan Allah.

Ende: Yoh 6:29 - Inilah pekerdjaan Allah Maksudnja:"Jang dituntut oleh Allah ialah supaja kamu pertjaja. Memang kepertjajaan ini mengandung pula tuntutan bahwa mereka harus taat kepada kepert...

Maksudnja:"Jang dituntut oleh Allah ialah supaja kamu pertjaja. Memang kepertjajaan ini mengandung pula tuntutan bahwa mereka harus taat kepada kepertjajaan itu. Bdl. Rom 3:28.

Ref. Silang FULL: Yoh 6:29 - kamu percaya // telah diutus · kamu percaya: 1Yoh 3:23 · telah diutus: Yoh 3:17; Yoh 3:17

· kamu percaya: 1Yoh 3:23

· telah diutus: Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 6:30 - Tanda // percaya kepada-Mu · Tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11 · percaya kepada-Mu: Mat 12:38; Mat 12:38

· Tanda: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

· percaya kepada-Mu: Mat 12:38; [Lihat FULL. Mat 12:38]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 6:22-59 - -- 6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

Hagelberg: Yoh 6:22-59 - -- 6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

6:22-59 Manna di padang gurun, dan Roti Hidup

Hagelberg: Yoh 6:29 - -- 6:29 Jawab Yesus kepada mereka, "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah,592 yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." Dengan ...

6:29 Jawab Yesus kepada mereka, "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah,592 yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

Dengan kata lain, pekerjaan yang dikehendaki Allah bukanlah pekerjaan manusia melainkan iman! Peranan manusia dalam rencana keselamatan manusia adalah percaya kepada Dia yang telah diutus Allah. Peranan Tuhan Yesus, Dia yang telah diutus Allah, lebih diuraikan dalam ayat 51, "...roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

Hagelberg: Yoh 6:27-34 - -- b. Manna yang benar (6:27-34)

b. Manna yang benar (6:27-34)

Hagelberg: Yoh 6:29 - -- 6:29 Jawab Yesus kepada mereka, "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah,592 yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." Dengan ...

6:29 Jawab Yesus kepada mereka, "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah,592 yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

Dengan kata lain, pekerjaan yang dikehendaki Allah bukanlah pekerjaan manusia melainkan iman! Peranan manusia dalam rencana keselamatan manusia adalah percaya kepada Dia yang telah diutus Allah. Peranan Tuhan Yesus, Dia yang telah diutus Allah, lebih diuraikan dalam ayat 51, "...roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

Hagelberg: Yoh 6:22-58 - -- 5. Khotbah Roti Hidup (6:22-58) Sesuai dengan kebiasaan Yohanes untuk membedakan agama lama dengan pribadi Tuhan Yesus, dalam khotbah yang keempat ini...

5. Khotbah Roti Hidup (6:22-58)

Sesuai dengan kebiasaan Yohanes untuk membedakan agama lama dengan pribadi Tuhan Yesus, dalam khotbah yang keempat ini ada kontras antara manna di padang gurun dan Tuhan Yesus yang adalah "Roti Hidup".

Ada tiga pendekatan pada penafsiran bagian ini.587 Ketiga tafsiran tersebut berpusat pada masalah kepentingan Perjamuan Kudus di dalam tafsiran nas ini. Ada penafsir yang berkata bahwa nas ini, terutama pasal 6:53-58, membicarakan Perjamuan Kudus. (Selain nas ini, Injil Yohanes tidak menyebutkan Perjamuan Kudus.) Pasal 6:55 merupakan dukungan yang paling kuat bagi pandangan ini. Namun tafsiran ini sangat sulit diterima. Jika nas ini membahas Perjamuan Kudus, maka pasal 6:53, yang berkata "...sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu", berarti bahwa keikutsertaan dalam Perjamuan Kudus merupakan syarat mutlak untuk keselamatan, sedangkan Injil Yohanes, dan seluruh Perjanjian Baru, mengajar bahwa syarat satu-satunya adalah iman dalam Yesus Kristus, dan bukan perbuatan mana pun. Selain alasan tersebut, menurut pasal 6:59 nas ini diucapkan oleh Tuhan Yesus "di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat". Di rumah ibadah itu mereka tidak mengerti sedikit pun mengenai Perjamuan Kudus, sehingga khotbah ini mustahil dimengerti jika pandangan ini diterima.

Tafsiran kedua adalah bahwa dalam khotbah ini, istilah "roti", "daging", "darah", dan "minuman" hanya melambangkan diri Yesus Kristus. Menurut tafsiran ini, dalam khotbah ini Tuhan Yesus menekankan bahwa manusia harus menerima Dia untuk memperoleh hidup yang kekal.

Tafsiran yang ketiga setuju dengan yang kedua, tetapi juga menerima kenyataan bahwa nas ini, jika dibaca orang Kristen, mengingatkan mereka tentang Perjamuan Kudus.

Namun jika nas ini dibaca orang Yahudi, mereka teringat pada manna dan Musa. Bukankah para pembaca pertama orang Yahudi, dan tujuan utama dari Injil Yohanes penginjilan terhadap orang-orang Yahudi? Nas ini merupakan khotbah Tuhan Yesus di rumah ibadah orang Yahudi. Di situ Dia meneruskan tema "Paskah Baru". Dia dapat memuaskan kelaparan lima ribu orang karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna kepada umat Israel. Dia dapat berjalan di atas air karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu menuntun umat Israel menyeberangi Laut Teberau, dan Dia, sebagai roti hidup, dapat menyelamatkan mereka, karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna itu kepada Israel.

Pada dasarnya, Perjamuan Kudus merupakan suatu kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Demikian juga ungkapan dan bahasan "Roti Hidup" merupakan kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Dua-duanya merujuk kepada Tuhan Yesus serta karya-Nya.

Sebenarnya tema mengenai "Roti Hidup" dapat juga dikatakan sebagai tema seluruh isi pasal 6. Dalam peristiwa-peristiwa pembebasan umat Allah dari Mesir, Tuhan Allah membuktikan bahwa Dia sanggup menyelamatkan umat-Nya. Dalam peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Injil Yohanes pasal 6, Tuhan Yesus membuktikan bahwa Dia adalah penggenapan dari peristiwa Paskah dan keselamatan umat Israel dari tangan Firaun yang diceritakan dalam Kitab Keluaran.

Hagelberg: Yoh 5:1--7:52 - -- C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52) Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi ti...

C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52)

Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi timbul. Apa yang tersirat dalam bagian yang sebelumnya, sudah menjadi nyata dalam bagian ini. Sesuai dengan pasal 1;10, mereka melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 6:30-31 - -- 6:30-31 Maka kata mereka kepada-Nya, "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engk...

6:30-31 Maka kata mereka kepada-Nya, "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan? Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari surga."

Tanda yang mereka alami pada waktu mereka makan roti dan ikan itu tidak memuaskan hati mereka, karena mereka hanya memikirkan kebutuhan perut! Seandainya hati mereka terbuka terhadap Dia, maka mereka pasti mengerti bahwa Dia telah memberi tanda yang mereka minta. Tetapi karena mereka tidak terbuka terhadap kenyataan rohani, maka mereka tetap minta tanda lagi. Mereka membohongi diri mereka dengan berpikir: "Jika Dia memberi satu mukjizat lagi, hanya satu lagi, aku pasti percaya." Bukan bukti yang diperlukan, tetapi kerelaan hati. Keadaan itu berlaku pada zaman itu, dan juga pada zaman ini.593 Bukankah hati kita seperti itu juga jika kita berpikir: "Tuhan, jika Engkau menolong aku dalam problema ini, aku akan lebih mengerti dan percaya bahwa Engkau tidak pernah meninggalkan aku..."?

Tuntutan mereka untuk suatu tanda sesuai dengan 1 Korintus 1:22, yang berkata, "Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat...." Namun permintaan mereka lebih masuk akal jika kita mengerti bahwa orang-orang Yahudi percaya bahwa Mesias akan datang dan mendatangkan manna secara terus-menerus bagi mereka.594 Mereka tidak puas dengan satu kali makan roti dan ikan. Mereka hanya mau percaya kepada Dia sebagai Mesias jika Dia mendatangkan Kerajaan-Nya serta manna secara terus-menerus bagi mereka.

Kata melihat dan percaya menyatakan bahwa mereka tidak memahami inti dari iman. Iman yang sebenarnya tidak harus didahului dengan bukti yang terlihat.

Hagelberg: Yoh 6:30-31 - -- 6:30-31 Maka kata mereka kepada-Nya, "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engk...

6:30-31 Maka kata mereka kepada-Nya, "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan? Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari surga."

Tanda yang mereka alami pada waktu mereka makan roti dan ikan itu tidak memuaskan hati mereka, karena mereka hanya memikirkan kebutuhan perut! Seandainya hati mereka terbuka terhadap Dia, maka mereka pasti mengerti bahwa Dia telah memberi tanda yang mereka minta. Tetapi karena mereka tidak terbuka terhadap kenyataan rohani, maka mereka tetap minta tanda lagi. Mereka membohongi diri mereka dengan berpikir: "Jika Dia memberi satu mukjizat lagi, hanya satu lagi, aku pasti percaya." Bukan bukti yang diperlukan, tetapi kerelaan hati. Keadaan itu berlaku pada zaman itu, dan juga pada zaman ini.593 Bukankah hati kita seperti itu juga jika kita berpikir: "Tuhan, jika Engkau menolong aku dalam problema ini, aku akan lebih mengerti dan percaya bahwa Engkau tidak pernah meninggalkan aku..."?

Tuntutan mereka untuk suatu tanda sesuai dengan 1 Korintus 1:22, yang berkata, "Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat...." Namun permintaan mereka lebih masuk akal jika kita mengerti bahwa orang-orang Yahudi percaya bahwa Mesias akan datang dan mendatangkan manna secara terus-menerus bagi mereka.594 Mereka tidak puas dengan satu kali makan roti dan ikan. Mereka hanya mau percaya kepada Dia sebagai Mesias jika Dia mendatangkan Kerajaan-Nya serta manna secara terus-menerus bagi mereka.

Kata melihat dan percaya menyatakan bahwa mereka tidak memahami inti dari iman. Iman yang sebenarnya tidak harus didahului dengan bukti yang terlihat.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 6:28-59 - Kristus Adalah Roti Sejati yang Turun dari Sorga; Kristus Menyambut Semua Orang yang Datang kepada-N Kristus Adalah Roti Sejati yang Turun dari Sorga; Kristus Menyambut Semua Orang yang Datang kepada-Nya; Perlunya Menyantap Kristus, Sang Roti Hidu...

SH: Yoh 6:28-40 - Roti Hidup (Sabtu, 14 Januari 2006) Roti Hidup Judul: Roti Hidup Manusia duniawi tidak mungkin mengerti hal-hal rohani. Hanya seseoran...

SH: Yoh 6:25-40 - Kepuasan yang sesungguhnya (Senin, 11 Januari 1999) Kepuasan yang sesungguhnya Kepuasan yang sesungguhnya. Kebaktian Kebangunan Rohani lebih disukai darip...

SH: Yoh 6:25-40 - Yesuslah jawaban (Minggu, 3 Februari 2008) Yesuslah jawaban Judul : Yesuslah jawaban Yesus menegur orang banyak yang mencari Dia karena ingin mendapa...

SH: Yoh 6:25-59 - Roti Sebenarnya (Jumat, 10 Januari 2020) Roti Sebenarnya Pertanyaan basa-basi dari orang banyak yang mencari Yesus membuka kesempatan untuk pengajaran yan...

SH: Yoh 6:22-40 - Iman, sebab dan akibatnya (Kamis, 10 Januari 2002) Iman, sebab dan akibatnya Iman, sebab dan akibatnya. Orang banyak mencari Yesus bukan karena mereka ingin...

SH: Yoh 6:22-29 - Lebih penting yang kekal (Senin, 13 Januari 2014) Lebih penting yang kekal Judul: Lebih penting yang kekal Mendadak populer, begitulah Yesus dalam perik...

SH: Yoh 6:30-59 - Roti hidup memberi hidup kekal (Selasa, 14 Januari 2014) Roti hidup memberi hidup kekal Judul: Roti hidup memberi hidup kekal Satu peribahasa Indonesia berbuny...

Utley: Yoh 6:26-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 6:26-34...

Topik Teologia: Yoh 6:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus ...

Topik Teologia: Yoh 6:30 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama ...

TFTWMS: Yoh 6:25-34 - Pemuridan Yang Mudah Pemuridan Yang Mudah (Yohanes 6:25-34) Pada titik ini dalam pelajar...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "MAKANLAH ROTI INI" (Yohanes 6:16-69) Pada suatu hari Min...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 6:16-69) Kita perlu memperhatikan satu jawaban ...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Diceritakan dalam Leon Morris, Expository Reflections on the Gospel of John (Grand Rapi...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.14 detik
dipersembahkan oleh YLSA